1

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Pamz wrote:
Udah pernah liat kalender ini? kalo di gw sih tepat hehe...yg lain gimana?
http://farm5.static.flickr.com/4029/4545256140_a2486dfd6b_o.jpg

thelilsoldier, gw peminum kopi rutin sejak kerja kantoran;p baru berenti sejak tau hamil soalnya kafein menghambat penyerapan zat besi. Tapi klo sbelum hamil gw g tau efeknya.


dari 9 koresponden yang aku tanyakan 33% grafik ini benar
http://i1360.photobucket.com/albums/r650/elzahra77/Picture1_zps4fd37d06.jpg

2

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

@viieprawita: dulu sih saya masi tinggal di australia, di toko obat sama supermarket ada di sana. Mungkin di sini kaya guardian, century gt ada kali ya.
Cara pakainya kaya testpack, pakai pipis juga. Jadi diitung pake kalendar juga kapan kira2 masa suburnya trus cek +- 3-4 hari sebelum perkiraan masa subur. Cek terus tiap hari sampai gatis kedua setebal atau lebih tebal dari garis pertama. Jadi bedanya sama test pack, ovulation test selalu muncul 2 garis tapi garis kedua tipis. Nah pas mulai masa subur, tubuh kita produksi hormon tertentu lbh banyak dari biasanya. Makanya garis kedua nanti bakal menebal. Kalau uda tebal, itu saatnya "kerja" deh. Hehehehe... 1 pack biasa isi 7 biji. Dulu saya pake 3 biji aja uda jadi anak saya. Alat ini cuma buat pastiin bener2 kapan masa subur wanita aja sih. Apalagi kalau yang mens nya gak beraturan kaya saya, kalau itung pakai kalendar susah dapetnya.

3

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Wah hebat juga kalendarnya ya. Saya juga tepat tuh dapetnya perempuan. Lain kali kalo mau anak ke 2 bisa dipraktekan tuh. Hehehehe

4

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Aku tepat prediksinya..
Mudahan ntar anak ke2 tepat lagi.. Biar dapet cowo..pas sepasang

the happiest mommy in da world with a great husband and a lovely daughter.. :D

5

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

salam kenal semua..
aku juga lagi TTC dari september tahun lalu. Pernikahanku uda 2 tahun lebih. baca cerita temen-temen yang juga lagi usaha, selalu jadi penyegar dan penyemangat besar buatku.. (^-^)b

mau ngasi tips yang mungkin berguna, tentang ngecek ovulasi.. secara aku sempet hamil april lalu tapi janin ga berkembang, jadi gugur di minggu ke-6.. T-T

Ovulasi bisa didetect dari suhu basal dan cairan vagina. Setelah beberapa bulan (sebelum hamil itu), akhirnya aku pribadi berhasil ngeliat pola masa suburku..

jadi tiap hari bangun pagi aku ngitung suhu tubuh basal pake termometer digital dan ngecek cairan vaginaku tiap malam (deket-deket Maghrib, atau sebelum tidur).
Di saat ovulasi, suhu tubuh setelah tidur minimal 4 jam di hari itu akan turun jauh lebih rendah dari suhu saat mens. Dan, cairan vagina akan menjadi egg white atau mengental, lendirnya bisa sekitar 2 cm kalau direntangkan antara jempol dan telunjuk.

Pergerakan suhu basal, sejauh yang kucari tahu, menurun di saat mau mens dan lebih rendah lagi saat ovulasi..
jadi.. saat mens, suhu basal akan rendah, lalu mulai normal/meningkat sebelum ovulasi, lalu menurun jauh lebih rendah lagi saat ovulasi, dan meningkat makin tinggi sampai saat mens lagi. Kalau peningkatan suhu tubuh terus menerus makin tinggi setelah ovulasi melebih jadwal mens beberapa hari (1-2 minggu), bisa jadi berhasil hamil, temans.. itu yang kualami juga..

pergerakan cairan vagina juga begitu, dari kering di saat mens dan setelahnya, lalu sedikit basah (damp), lalu agak lendir dikit (sticky), lalu creamy, lalu menjadi basah (watery), lalu eggwhite di saat ovulasi.. tandanya eggwhite yaitu lendirnya bisa panjang.. :)

banyak aplikasi android untuk catat suhu basal dan cairan vagina untuk mempermudah pencatatannya.. jadi insyaAllah ga perlu pakai ovutest , sudah bisa mengenali pola masa subur sendiri..

setelah mengenali masa subur, jadi membantu mengatur "jadwal" dengan suami.. semoga berguna yah.
terakhir aku & suami ke dokter cuma untuk mengecek kondisi rahim dan analisa sperma. sampai sekarang suami masih consume vitamin untuk sperma dan kita terus berdoa sambil memperbaiki pola hidup biar lebih sehat.

mari kita tetap semangaaat dan tawakal.. :D

6

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

wah makasi ilmunya mom oren06 :D

7

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Baru tahu kalau cairan vagina pas seperti egg white atau bisa panjang itu berarti sedang ovulasi. Pengetahuan yg sangat berguna. Thanks for sharing oren06 :)

8

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

itu juga hasil baca-baca mbah Google :D gimana cara agar ga perlu bergantung dengan ovutest (sampe sekarang belum make ovutest, ngirit :) )
semoga bermanfaat.. ohya, untuk ngecek cairan vagina, umm.. cuci tangan dulu. takutnya malah jadi kuman..

9

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

haloo...numpang sharing juga yaa....

Bulan Oktober ini tepat 1 tahun perkawinan saya sm Mr. Molzki (nick name suami). Sebelum menikah kita memang sepakat mau menunda dulu sampe kira-kira 1 tahun pernikahan..soalnya saya masih terikat kontrak sebagai pelatih Color Guard di sebuah Universitas swasta di jogja yg kebetulan akan kejuaraan di Jakarta bulan Desember tahun lalu. Latihannya lumayan berat dan menyita waktu banget. Selain itu juga karena saya ikut lomba Lari di BII Maybank Bali Marathon kategori 21k alias Half Marathon..Mr. Molzki juga ikut kategori 42k alias Full Marathon.

Kita sebenarnya sepakat menunda karena gak pengen nanti si baby ditinggal2 ataupun kurang perhatian (mengingat kami berdua tinggal di Jogja jauh dr sodara2, krn saya asli Pontianak, Mr. Molzki asli Bali ). Tapi sebenarnya kami gak menunda dgn cara minum obat atau suntik atau apapun itu..Hanya bener2 bermodalkan perhitungan kalender saja.. Kalau seandainya hamil yah akan kami terima dengan senang hati titipan yg Tuhan berikan kepada kami.

Sekarang sudah pas 1 tahun pernikahan, saya dan Mr mulai bener2 memperhatikan apapun tips2 agar saya cepet isi..tapi sejauh ini belum bisa meninggalkan olahraga lari dan workout2 lain yg biasa saya jalanin sebelum/selepas jam kerja..rasanya kalo gak olahraga saya malah stress..sementara ibu dan ibu mertua saya stress krn saya gak bisa mengurangi kecintaan saya sama lari..hahahaah....

kadang saya udah capek di kantor kerja, ketika pulang ke rumah saya workout..setelah workout hasilnya saya merasa lebih fresh..badan maupun pikiran..kalo gak workout atau lari rasanya malah uring2an dan emosi gak jelas...

sejauh ini saya merasakan olahraga adalah cara saya untuk menghindari stress akibat banyaknya kerjaan di kantor..sekarang kebiasaan ini belum berubah, tapi kami berdua juga semakin intens meluangkan waktu buat "bikin dedek" gitu kata suami menyebutnya...hahahahaha...

eh tips yg bilang habis 'bikin dedek' tiduran dua jam itu kayaknya berlaku buat saya deh..soalnya kita selalu melakukannya malem hari..lebih romantis kata suami..ihiiiiir..jadi habis itu ya kaki angkat ke atas bentar sekita 30 menitan..trus bersih2..trus bobok deh..:D

semoga bulan depan test pack saya bisa berubah dari minus..menjadi plus..amiiiiiiiiiiin

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki

10

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

tika amiiinnnn.... semangat ya mbak tikaaa *nari pompom*

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

11

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

pinjem maghma dulu.......hahahaha

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki

12

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Buat semua mama yang lagi ttc mudah2an tetap semangat dan segera diberi momongan ya, aamiin...

Saya dulu setelah menikah 2 tahun juga baru dikasih momongan, memang selama 1,5 tahun di awal pernikahan sy dan suami tidak tinggal serumah, selama itu saya sudah konsultasi ke dsog dan sdh ikut program kehamilan sampai ditiup 2x, akhirnya setelah kami tinggal serumah sy ganti dsog dan ketika sy bilang kalau sdh hampir 2 tahun blm hamil dokternya langsung tanya: suami ngrokok nggak? sering tidur malam nggak? saya bilang: iya, dokternya langsung bilang: stop rokok, tidur cepat, sudah, pasti jadi... alhamdulillah, nggak lama setelah suami mengikuti saran dokter, saya hamil... teman sy ada juga yg sudah 10 tahun blm dberi momongan, begitu suaminya stop rokok dan tidur cepat, dia langsung hamil... memang sebenarnya kalau mau hamil intinya hidup sehat yaa...

13

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

jadi pengen sharing juga. kalo baca yang baru 3 bulan nikah, baru 6 bulan nikah blm hamil terus udah gelisah rasanya miris2 gimana gitu. saya 2 tahun nikah baru positif hamil. sampe bosen kalo telat dikit periksa testpack negatif, akhirnya males deh dan ilfil sama testpack, he3.
emang sih kendalanya suami nun jauh di sana, jadi ketemu paling sebulan sekali. tapi tuntutan keluarga yang tiap ketemu nanya: udah hamil belum, itu bikin stres ya?
akhirnya memasuki tahun kedua saya mulai curiga ada yang salah, pengen konsul SpOG untuk serius TTC. kebetulan temen saya juga ada yang susah hamil, dan baru aja sukses positif hamil anak kedua. saya langsung nanya2 siapa SpOG-nya. udah rencana mau konsul ke sana, gak taunya tiba2 nyadar kalo udah telat mens. tapi karena udah ilfil sama testpack akhirnya memutuskan paling gak kalo udah lewat dua periode baru periksa ke dokter. gak pake testpack2an ah, horor rasanya, mending langsung ke dokter di usg supaya jelas. ternyata alhamdulillah beneran hamil, dan waktu tahu udah 7 minggu. jadi....nggak sempet konsul2an SpOG deh. Sekarang Nizam udah 22 bulan, dan saya lagi hamil lagi anak kedua udah 18 minggu. Same story, baru ketauan pas 10 minggu. Bener sih intinya rileks aja, jangan terbebani dengan orang2 yang pada hamil cepet di sekitar kita, jangan pusing sama keluarga yang pasti nanyanya udah hamil blm niiih? begitu nyantai insya Allah malah dikasih sama Yang di Atas.

use drugs rationally for your babies and children
learn about common diseases in children
parents are best pediatricians for their children
t: @ni_nugroho

14

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

mbak Nizam_mommy
bener deh ya itu pertanyaan2 orang2 ttg udah hamil atau belum bikin stress....apalgi keluarga...rasanya tu kayak dianggap gak berusaha..yakalik kita ceritain kehidupan seksual kita sama semua orang..gak mungkin juga kan...
hahahahaha....

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki

15

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Pengen sharing soal ini..
Aku sama suami aku udah nikah 4,5 tahun :)
Tapi baru TTC setelah setahun setelah menikah. 3,5 tahun kami gonta ganti 5 dokter, nyoba 2x alternatif, 1x nyoba terapi Femmie Jus, tapi belum berhasil.

Dua bulan terakhir ini, atas saran Dr.Andon, aku diminta ngecilin lingkar pinggang. Rupanya terapi hormon sebelumnya bikin berat badan melonjak banget sehingga malah ganggu fisik buat hamil.

2,5 bulan lalu akhirnya nyoba pola hidup raw food dan olahraga. Pagi minum greensmoothies, makan seperti biasa tapi dibanyakin raw, olahraganya lari dan pilates.

Alhamdulillah, sekarang aku sudah hamil 6-7 minggu.

Buat tikatatum, aku bisa ngerasain banget jadi kamu yang ditanyain orang-orang. Udah 4x Lebaran aku harus berhadapan sama keluarga besar yang kerjanya nanyain itu mulu atau ngasih rekomendasi sana-sini. Capek banget, tapi sabar sabar aja ya :) pasti ada hasilnya kok :)

wonderfulifeinhijab.blogspot.com

16

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Faraway,
makasi mbak doanya..semoga semoga semoga....hehehehe

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki

17

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Faraway.., selamat yaaa, dan makasih postingannya yang pasti banyak bantu dan memotivasi yang lainnya.. Gw langsung kirim link thread ini ke temen gw..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

18

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

ZataLigouw
Thank you and you're welcome :)
semoga bermanfaat yah

wonderfulifeinhijab.blogspot.com

19

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

tikatatum kalau sudah biasa olahraga, nanti kalau hamil gak mesti ditinggalin kok olahraganya. kalo badannya emang udah terbiasa, dijalanin aja seperti biasa, mungkin hanya lebih pelan aja. temen gue kemaren ada yang lagi hamil 3 bulan ikutan half marathon di SCMS. bahkan karena dia tau hamil itu pas dia lagi training mau FM, dan pas tau dia lagi hamil tepat seminggu dia FM, dia tetap jalan terus tuh. cuma jadinya target FM nya di bikin gak ambisius aja.. yang penting finish.

jadi semoga cepat jadi TTC nya yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

makasi mbak Sinta...
semoga segera isi niiii...amin amin amin....

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki

21

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Hi moms,
Salam kenal....

Saya mau sharing tips-and-trick dari obgyn saya pada waktu saya dan suami konsultasi TTC.

Obgyn saya bilang gini :
Dalam sebulan perempuan itu ada masa suburnya, dan dalam rentang masa subur itu ada 1 waktu dimana sel telur sedang dalam tahap "puncak" dan sangat siap dibuahi. Ciri-cirinya sbb :
1. Hasrat "bikin dedek" meningkat
2. Mrs.V basah
3. Biasanya perut rada melilit.
(semoga bahasanya ga terlalu vulgar :D)

Nah... barangkali mama-mama sekalian sedang merasakan 3 gejala itu, hajaar sajaaaah... :D

Kembali lagi, itu hanya sekedar tips, berhasil atau tidaknya kita kembalikan kepada Tuhan. Tetap berdoa dan berusaha Moms..! ^^

mbak TikaTatum
Semenjak rutin "bergerak" alias olahraga, saya malah ngerasa lebih fit, jadi mungkin itu juga membantu kesuburan saya meningkat. Kayaknya mbak TIka gak perlu sampe berhenti total lari deh....
Semoga lekas sukses TTC nya mbak Tika.. ^^

best regards,
cici.anggitha/mamacita

22

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Halo mamas, selama ini jadi silent reader hehehe.

Mo ikutan curhat jg. saya udah nikah hampir 1,5 tahun. dari awal nikah saya dan suami emg niat untuk menunda punya momongan karna berencana untuk berhaji. Alhamdulillah setelah niat kami udah terlaksana, skrg lagi giat2nya bikin baby hehehe. selama nunda hamil kita ga pake obat2 ato kondom, sistem alami aja. tapi berhubung kebutuhan berhaji kemaren saya minum obat penunda mens, lutenyl. jadi bulan november kemaren siklus mens saya masih kacau balau. program kita baru dimulai 2 bulan terakhir ini. kita lagi rajin minum asam folat & vit e, olah raga juga.
mudah2an tahun baru bawa berkah buat keluarga kami.. amiinn

semangat mamas yang sama2 berjuang.. Insya Allah, yang di atas punya rencana yg indah..

happy go lucky | IG: @armeliamelkias | armeliamelkias.wordpress.com

23

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

amiiiin mbak Cicianggitha semoga segera menyusul ni aku..hehehehe

twit&ig : @tikatatum
enjoying married life with Mr. Molzki

24

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

Salam kenal Semuanya..

udah lama jd Silent Rider disini Akhirnya Kepingin Curhat jg,,sy jg lg TTC nihh ..

1thn 2 bulan ini belom di karuniai momongan,udh kedokter tp kata dokter aq ad erosi portio,yg nyebapin sperm lngsung mati sbekum msuk ke sel telur klo ke senggol si "erosi" itu..

cari 2"nd opinion ke dokter lain ,,malah di ketrawaiinn..oiyaa st sm suami long distance ketemu cuma sebulan sekali it jg nyocokin masa subur,, kata si dokter "ibuu rutin2 aja dulu di buat anak nya,mana bisa buat anak nya cuma 2 hari tp ga di buat nya 28 hari" hahahhaha..
masalah erosi portio it saya jg sempet tanya sm si dokter katanya "ga masalah ,tidak mengganggu kehamilan" apa moms ad yg ngalamin hal yg sama ??

selama ini sy minum Folavit,Oxyvit,Susu Hebalife, sama 2 siklus d kasih profertil..

Mudah2an Allah Segera memberi kita yg sedang Menantii..aminnnn

25

Topic: Trying to Conceive: Dos & Don'ts

hai salam kenal mba semua :)