1

Topic: Preeklamsia dan Premature

Tgantung kematangan paru2 si anak, kalo ben smpe 5bln baru bs nen lgsg.. :)

2

Topic: Preeklamsia dan Premature

iya mummyhilya babynya ga kuat lama2 kl nenen langsung, apalagi kl siang kebanyakan tidurnya, sudah ke konsultan laktasi, sekarang ibunya sudah bekerja makanya minumnya pake sendok. Mungkin memang penyerapannya kurang ya, karena banyak baby yg minumnya ga banyak tapi tetap cepat kenaikan bbnya.

3

Topic: Preeklamsia dan Premature

Dear Moms,

Andainya Milis ini udah ada sejak tahun 2004...bisa bantu banyak nih menjalani kehamilan pre-eklamsi.

dikehamilan yg pertama aku mengalami yg namanya kaki, tangan badan muka semua mulai bengkak. di uk 30 week, tensi juga yg awalnya 110/70, di uk 30 week itu naik menjadi 120/90.
ku kira itu hanya bawaan hamil ajah, pas di week ke 37 tiba2 ada yang nyelekit di area V, ku lihat bibir Vku menggelembung seperti balon yg terisi air, rupanya bengkakku sampai merata, langsunglah ke dokter DSOG (Di RSIA) cek tensi udah 140/90, pas lihat kondisiku dokter kaget, dan minta aku untuk test urin, ternyata + ada protein, tapi dokter gak bilang apa2 kl itu namanya pre-eklamsi (mungkin biar aku gak tegang kali yah, lagipula aku gak tahu dan gak baca2 informasi ttg Pre-eklamsia..)
dengan tenang dokter itu bilang, ibu besok di induksi saja yah, kalo kelamaan nanti bisa makin berat, ibu susah jalan.

Besoknya tepat tgl 15 oktober 2004 pagi jam 8 aku kembali ke RS dg membawa semua perlengkapan bersalin ditemani ibu dan suamiku, langsung deh aku masuk ke ruang bersalin untuk di observasi sekalian langsung tindakan induksi, perutkupun di pasang alat monitor denyut jantung baby. sampai siang bukaan masih saja 1 gak naik2, sekitar jam 1 aku ngerasa dada sesak, langsung di beri oksigen, bidan melaporkan ke dokter, dokter bilang induksinya tidak bisa diteruskan karena tensiku juga gak turun2 walau udah dikasih obat dan aku sesak nafas, dan mau tidak mau harus caesar, suamipun setuju, jadwal caesarnya pkl 10 malam..huuuu lama banget nunggunya..

perutku terus2an kontraksi, makin sore makin terasa sakit..kenceng banget perutnya, pas magrib suster masukkin jari, eh ketubanku ternyata dipecahin ma itu suster...duh mulesnya makin jadi, sampe lemes deh nunggu jam 10 malem berasa lamanya bukan main. sempet tidur sih disela2 kontraksinya.

pas jam 10 dokternya dateng...ayo langsung dibawa ke ruang operasi aja kata dokterku itu, masuklah aku ke ruang operasi yg dingin, disana udah banyak perawat dan dokter anastesi, aku dah lemas banget, mereka cek2 kondisiku, termasuk HBku, tiba2 dokter anastesinya mundur, dan yg lainnya juga mundur menjauh dari aku, wah ada apakah??? pas dokter kandunganku masuk, mereka bilang kalau HBku rendah banget, gak bisa di operasi di situ, harus ke RSCM yg fasilitas ICUnya komplit (RS Rujukannya).

wah aku panik banget, dah kebayang jauhnya, sedangkan perutku berasa mulesnya luar biasa, pas mereka mendorongku keluar dari ruang operasi dan mau menuju ambulance, aku teriak2 karena udah gak tahan..."DOKTER..MULESSSSS..udah gak TAHANNNNN...rasanya mau ee..(huuhuu udah gak ada malu deh)

Denger aku teriak gitu, dokter langsung ambil keputusan "Ya Udah kita usahain normal yah pake alat vacum, akhirnya aku di dorong masuk lagi deh ke ruang bersalin, ibuku dah khawatir banget ma aku, dan suamiku juga nunggu sambil nangis, sambil terus berdoa.

aku udah gak tahu diapain ma dokter, yg pasti aku disuruh ngeden dan para suster juga bantu mendorong anakku...pas jam 11 anakku lahir langsung di taruh di dada, tapi dia gak gerak dan juga gak nangis..wah panik..dok anakku gimana ini? dokter langsung ambil anakku dan masukkin selang ke mulutnya tuk nyedot cairan, baru deh bisa nangis..akhirnya gak jadi IMD, babyku beratnya 2,2 kg, setelah dimandikan dan di adzani oleh ayahnya langsung di masukkan ke inkubator. beneran plong pas lahir mulesnya ilang, hanya kemudian aku kaget merasakan sakitnya di jahit. bidannya bilang duh ini dokter guntingnya gimana sih, jadi susah jahitnya..glekkk..jadi nelen ludah deh sambil mencengkram tangan ibuku nahan sakitnya.

seusai melahirkan aku masih bengkak2 dan masih gak bisa bangun sendiri dari tempat tidur selama 1 minggu..sedih karena bikin repot ibuku. namun akhirnya bisa ku nikmati juga rasanya jadi ibu dan alhamdulillah anakku sehat dan sekarang sudah berusia 7 tahun.

semoga aja kehamilan yg selanjutnya gak terjadi lagi yg namanya pre-eklamsi...bikin jantung mo copot kata suamiku :)

4

Topic: Preeklamsia dan Premature

Aduh Bunda Rasyid aq super ngilu bayanginnya..ud dpecahin ketubannya mau dioper ke RS lain :( syukurnya smua sehat yaa... *hugs*

5

Topic: Preeklamsia dan Premature

Iya mum d1andra7 , pasrah deh kalo kehamilan pertama..masih blm ngerti apa2...
tapi kelahiranku yg ke 2 kemarin juga sebenarnya mengalami hal yg sama, bengkak tapi gak terlalu, darah tinggi juga pas di week 34, 140/90, dan pengapuran plasenta yg gak terdeteksi ma dokter DSOG lain (di RS deket rumah, beda dg kehaliran pertama), padahal sudah diketahui selama 2 minggu janinku gak ada kenaikan BB (di wk 37, dan 38) pas lahir di week 39 tepat tgl 26 oktober 2011, ketubanku udah ijo dan kering dibadan bayiku, dan dokter tidak menginfokan hal itu ke dr anak, jadi bayiku gak bisa diselamatkan krn keracunan ketuban...Alhamdulillah hal ini gak kejadian dg anakku yg pertama walau lahirannya penuh perjuangan.

hehe jadi panjang yah...hari ini aku konsul ke dr kandungan lain di RS yg lain yg ku percaya, dan menurut dokter disana kalau di kehamilan pertama preeklamsi, di berikutnya bisa juga terjadi dan kelahiran pre-eklamsia harusnya di percepat, jangan menunggu sampai due date....semoga hal yg menimpa kehamilanku yg ke 2 gak terjadi sama mommy di sini yah..

6

Topic: Preeklamsia dan Premature

hello holla para mamas

Serupa denganku..maret 2012 kemaren aku melahirkan di usia kandungan 35 minggu karena pre eklamsia dengan proses panjang kali lebar penuh derai air mata *lebay*..Anakku lahir dengan BB 2160 Panjang 44cm dan masuk NICU selama 9hari. Sekarang di usia 4bulan3minggu BB nya 8790 dan panjang 63cm. Tapi karena BBnya yang over jadinya anakku baru bisa miring2 aja, belum bisa tengkurep sendiri dengan lancar.

Mohon pecerahannya para mamas sekalian, apa yang harus kulakukan?

7

Topic: Preeklamsia dan Premature

baca potingan mamas semua jadi penegen ikut berbagi cerita nih,
aku juga melahirkan dua bayi kembarku premature, tepat di usia 32 weeks, dari usia 7 bulan DSA mengatakan bahwa salah satu bayi kembar kami mengalami hidrosefalus, sejak saat itu saya udah sangat kepikiran dan stress berat, akhirnya di usia kandungan 32 weeks saya mengalami kontraksi, rasanye perut udah kaku dan dokter memutuskan untuk cesar saat itu juga, karena kondisi rahim yang sudah sangat membesar dan dikhawatirkan janin dapat pecah ketuban di dalam. bayi saya lahir dengan berat 1.8kg panjang 42 cm, dan 1,7 kg dan panjang 42 cm, namun Allah berkehendak lain bayi peremouan kami yag sudah terdekteksi dini terkena hidrosefalus meninggal dunia dalam waktu 8 jam usai melahirkan. sedangkan bayi laki-laki kami tumbuh sehat hingga saat ini usia nya sudah menginjak 8 bulan. memang kalau dilihat ada beberapa perkembangan dia yang agak masih terlambat dari bayi seusianya. namun selama itu masih batas normal menurut DSA nya saya tidak pernah khawatir, karna setiap anak memiliki keunikan tersendiri.

8

Topic: Preeklamsia dan Premature

BundaRasyid, :( hiks, *peluk*
baru tau kalau kehamilan kedua bisa juga terjadi pre-eklampsia ya..

mamas, kalau begitu ada kemungkinan jika kehamilan pertama pre-eklampsia, kehamilan kedua bisa vbac ga yah..? *just wondering*

9

Topic: Preeklamsia dan Premature

Moms, ada yang tau ga gimaca caranya menghindari pre eklampsia?? Soalnya saya juga kena pre eklampsia waktu kehamilan pertama..

10

Topic: Preeklamsia dan Premature

biasanya kalo yang pertama preeklamsia, kemungkinan hamil berikutnya juga ada. Pre eklamsia sendiri belum ditemukan penyebabnya, karena itu susah juga buat kita menghindarinya, ya paling aman jaga makanan dan kontrol rutin ya

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

11

Topic: Preeklamsia dan Premature

ikutan cerita mom's pas melahikan anak pertama

waktu kehamilan 33w kami sekeluarga pergi mengunjungi rumah mertua yang kebetulan beda kota (perjalanan sekitar 4 jam) sebelum pergi sempat kontrol ke dokter dan dokter mengizinkan untuk berpergian.
perjalanan pergi alhamdulillah lancar. tiba waktu nya pulang, bangun pagi tiba2 kepala rasa nya pusing banget tapi mengingat besok harus masuk kantor kami memutus kan untuk tetap pulang. setengah perjalanan pusing nya udah gak bisa di tahan lagi dan pandangan udah kabur. suami memutuskan untuk mencari rumah sakit bersalin terdekat. setelah di periksa ternyata tensi saya udah 170/80 dan dokter memutuskan untuk dirawat. setelah semalaman di rawat disana dokter memberi 2 pilihan mau bersalin di rumah sakit tersebut dgn cara di beri obat (karna waktu itu saya belum perna merasakan kontraksi sama sekali) ato meneruskan perjalanan.
saya memutuskan meneruskan perjalanan. sebelum sampai rumah saya udah gak sadar kan diri.

Cerita selanjut nya berdasarkan cerita dari suami, orang tua dan teman2 (kan saya nya udah gak sadar)

diperjalanan (udah memasuki kota tempat saya tinggal) saya kejang2 suami, dan orang tua panik banget dan langsung menuju kerumah sakit terdekat tetapi rumah sekit nya menolak dengan alasan gak sanggup nangani saya kerna keterbatasan alat dalam keadaan marah suami saya mencari rumah sakit lagi (saya udah gak kejang tapi masih pingsan)tiba rumah sakit yang tempat saya bisa kontrol. sesampai nya di rumah sakit saya kembali kejang dan kata suami mulut saya mengeluarkan darah kerna saya menggigit lidah saya sendiri disana suami mulai nangis.
jam 6 sore tiba dirumah sakit dan masuk ICU untuk menstabilkan tensi (waktu itu tensi saya 210/110. jam 12 malam saya masuk keruang operasi. operasi berjalan sekitar 15 menit. waktu baru keluar baby nya gak langsung nangis setalah dibersihkan baru tangis nya kedengaran. alhamdulillah baby nya lahir dgn berat 2,60 panjang 48cm
setelah sehari semalam gak sadar kan diri, jam 5 mulai sadarkan diri. tapi ada masalah baru tensi saya masih tinggi (175/90) tapi trombosit saya lemah jadi membutuhkan 8 kantong darah. suami lansung menghungi teman2 kantor saya untuk mencari donor. alhamdulillah 8 kantong terkumpul dari teman2 kantor saya. setelah 2 hari di ICU akhir nya saya bisa di pindah kan ke ruang perawatan. yang paling menyedihkan baby saya lahir tanggal 20 november jam 12 lewat tengah malam dan saya baru bisa melihat serta menggendong nya tanggal 24 november jam 7 pagi. karna kondisi saya yang tidak memungkinkan.

alhamdulillah Drey sekarang udah 16m sehat dan pintar banget.
http://farm3.staticflickr.com/2868/9200059210_420295db19.jpg

cerita nya kepanjangan semoga mom's gak bosan bacanya

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

12

Topic: Preeklamsia dan Premature

weni,
bacanya jadi ikut berkaca-kaca.. Perjuangan yang panjang ya... Alhamdulillah sekarang Drey sehat.. Semoga selalu tumbuh sehat, cerdas dan mandiri ya Drey...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Preeklamsia dan Premature

iya perjuangan yang sangat panjang
makasih kak kira kara :)

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

14

Topic: Preeklamsia dan Premature

Hallo Mamas , aku pengen share juga dong ..

Sebenernya aku gak ada riwayat hipertensi, tp pas masuk kehamilan bulan ke 9 kok jadi hipertensi. Tanggal 16 april 2014 aku niatnya mau cek rutin aja. Ternyata tekanan darahku makin tinggi 160/100 ditambah lgi protein urine nya udah positif. Dokter langsung main "dor" aja deh suruh caesar. aku dinyatakan pre eklampsia berat. jujur, agak sedikit kecewa dengan penyampaian dokter yg langsung jeplak aja bikin syok. trus aku ma suami jg syok krn aku kira aku gpp krn gak merasa pusing, mual atau gimana gituu, cuma hipertensi aja trs kaki, tangan, muka, bengkakya agak parah. Mau gak mau keputusan hrs diambil saat itu juga, aku minta pulang dulu juga gak boleh dan hrs cepet2 ke RS besar pake ambulance. Perawat lgs pasangin keteter dan infus, sumpah dehh bagi yg pertama kali dipasangin infus dan keteter ngerasa hororrr banget..
Sampe di RS dimasukin dulu ke ruang HCU biar darahnya stabil dulu katanya sampe pagi. Pagi dicoba pake induksi balon sampe induksi infuksi 3 labu. masya Alloh sakitnya induksi bener2 bikin pasrah. gak teriak-teriak krn udah keabisan suara. cuma bisa dzikir aja. Dasar suami gue cuekk bebek ya, pas lagi ngerasain induksi yang ruarr biasa nikmatnya dia malah komen "Asiik, makin mules ya neng, uda bukaan 6 neng, asik bntr lagi dede keluar dong" sumpah dehh yaa sebel banget sama komen suami kyk gitu. niatnya menghibur gue tp sama sekali gak kehibur tuh, malah rasanya pengen teriak aja tp gak bisa krn saking sakitnya hahahahaaha

setelah bergulat dengan sakitnya rasa induksi dari pagi hinggal jam 3 subuh akhirnya dokter mutusin buat caesar. Antara lega dan kecewa. lega krn berarti 'penderitaan' ngerasaain induksi berakshir+kecewa krn gak bisa lahiran normal.

Alhamdulillah tepat pukul 04.15 anak pertamaku lahir, laki-laki dengan berat 2,4kg. sehat dan gak harus masuk NICU. aku kasih nama Naara Biru :)

15

Topic: Preeklamsia dan Premature

hallo mamas,

mau ikutan sharing ttg pre-eklampsi ya, kebetulan aku baru gabung..
maaf sebelumnya kalo panjaaanng, semoga gak bosen yaa..

awalnya di kehamilan trimester pertama, tensi-ki sempet 120/80, dikasih tromboaspilet (obat darah tinggi) sama obgyn-kum cuma aku sama sekali gak mau minum..

pas kandungan 14-15 minggu aku pindah obgyn, sejak kejadian kontrol dengan tensi 120/80 tensiku kembali normal ke 100/70 atau 110/70..jadi menurut obgynku gak perlu diminum obat darah tinggi-nya..

masuk trimester 3 aku menyadari badanku bengkak, cuma aku pikir "ah karena naik banyak nih" (total naik 18 kg sampe melahirkan)..setiap kontrol nanya ke obgyn dan suster juga dibilang hanya kakinya aja yang bengkak, karena terlalu berat menopang badanku yang semakin besar..
sempet tanya ke obgyn ttg pre-eklampsi, beliau bilang tidak ada tanda-tanda lainnya, tapi akhirnya nilai Protein Urine-ku dipantau setiap kontrol dan selalu negatif, tensi-ku pun normal 110/70 walopun Hb rendah (krn emang Hb-ku selalu rendah)..

Usia kandungan 29-27 weeks aku melakukan 4D USG dengan dr.Bambang Karsono dan menanyakan juga ttg pre-eklampsi, beliau juga dengan yakin bilang aku baik-baik aja, merunut ke hasil lab-ku di rekam medis RS..

sampai akhirnya di week 35 aku masuk RS karena vlek, ternyata aku keputihan didalam dan bibir V-nya udah luka, jadilah bed rest di RS selama 4 hari dengan prosedur vagina toilet 2x sehari dilanjutkan bed rest di rumah selama seminggu..
pulang kontrol di week 36, centil jalan2 ke mall, subuhnya vlek lagi gak berhenti sampe siang, masuk RS lagi, keputihan udah sembuh, akhirnya bed rest di RS 5 hari..
pulang dari RS, besok subuhny vlek tak berhenti sampe maghrib, akhirnya putusin buat balik ke RS (sempet gengsi karena baru minta release dan bed rest di rumah), dan GONG-nya adalah aku bleeding banyak kayak orang pipis pas mau berangkat..
sampe RS, suster telp obgyn, aku gak diinfus duvadillan (anti kontraksi) lagi, jadi kalo emang mau lahir ya sudah gak apa2..kebetulan dari week 35 itu nilai kontraksi aku udah tinggi banget tapj aku gak ngerasain apa2 dan udah sempet disuntik pematangan paru buat baby-nya 2x..
besoknya USG bb bayi-ku turun dan air ketubannku berkurang, nilainya cuma 7 sedangkan normalnya minimum 10..oh ya, pas dirawat week 36 juga sempat turun bb si bayi akhirnya kejar naikan bb bayi dan usg lagi dg 4D semua dalam keadaan sehat baik bayi, ketuban, dan placenta..
obgyn langsung rekomendasi buat SC saat itu juga, cuma karena semua persiapan udah mau normal, aku minta kesempatan untuk induksi, karena hasil CTG malam itu bagus maka dikasih kesempatan untuk induksi besok pagi..
besok pagi, tgl 26 sept 2012 jam 7 pagi, mulai diinfus induksi, CTG tiap 6 jam dan cek bukaan tiap 6 jam (aku udah bukaan 1 dari 36w)..gak ada hasil apa-apa, bukaan gak nambah, nilai kontraksi semakin tinggi, tapi aku gak merasakan sakit sama sekali..
menjelang malam bayi semakin melemah, gak ada reaksi, walaupun hasil CTG baik2 aja, sampai akhirnya besok subuh dinyatakan gawat janin..
jam 6 pagi suami ditelpon obgyn dan dinyatakan bayi harus dilahirkan, prosedur cito jam 8 pagi..

jam 8.45 aku masuk ruang operasi, jam 9 pagi tanggal 27 september 2012 lahir putri pertama kami, Sabai Ananditya Damarjati, dengan selamat dan sehat serta lengkap..
Sabai ditaro diatas dadaku, sampai akhirnya tensiku terus naik sampai ke angka 184/140..Dokter anestesi langsung menyuntikan obat untuk nurunin tensiku dan alhamdulillah turun sampai ke 140/120..Sabai dibawa keluar karena kondisiku yang gak stabil..
pas di ruang pemulihan, obgyn-ku, dr.Winur bilang bahwa yang menyebabkan bb Sabai di kandungan turun karena sebagian ari-ari-ku lepas, makanya makanan gak sampai dengan baik ke Sabai dan itu salah satu ciri-ciri pre-eklamspi..hasil lab protein urine-ku +1 disaat operasi berlangsung (waktu induksi, sehari sebelum melahirkan, protein urine-ku masih negatif) ..menurut beliau, kasus pre-eklampsiku tergolong wjarang sekali terjadi, aku 12 jam di ruang pemulihan karena suster gak berani masuki. aku ke kamar perawatan krn tensiku gak turun dari 140..sampai akhirnya obgyn-ku mau SC lagi dan liat aku masih disana sampai tengah malam baru dibawa ke kamar perawatan..
semoet denger obgyn ngobrol sama kolega, dia merasa kecolongan sama kasusku dan si koleganya pun kaget sampe bisa gak ter-detect lewat usg dan hasil lab..

setelah itu aku ditangani internis, 3 bulan masa penyembuhannya sampai tensiku kembali ke 100/70 -110/70(tensi normalku)..

Alhamdulillah sampai sekarang Sabai tumbuh sehat, umurnya 20 bulan, jarang sekali sakit, dan aku bisa kasih ASI sampai sekarang..

mau rencana hamil anak kedua dan mau coba konsultasi ke dr. Noroyono Herbowo di RSIA Bunda Menteng, konon beliau ahli pre-eklampsi di Indonesia..

semoga ibu-ibu hamil mulai peka terhadap komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsi ya..gak pernah terbayang aku bakal mengalami ini..

terima kasih ibu-ibu, mohon maaf kalau kepanjangan dan mudah-mudahan gak membosankan yaaa..

16

Topic: Preeklamsia dan Premature

Mom Vini, ikutan seru dan deg- degan baca artikelnya!
Untung semua selamat dan sehat yaa..itu yang paling penting di akhir. Tapi kebayang betapa paranoid dan takutnya tinggal di kamar perawatan lumayan lama kayak gitu.

17

Topic: Preeklamsia dan Premature

Dear Moms....
Aku mau share ttg kelahiran premature ponakanku Valencia....
tgl 29/5/14 dini hari, adikku ngerasa kontraksi dan ketuban merembes keluar, kami lgs membawanya ke rkz sby, smp di sana lgs diberi infus penguat karena kehamilan masih 29 minggu. Hasil usg menyatakan ketuban kurang, kemungkinan dipertahankan tipis, jatung janin normal.
tgl 30/5/14 pagi, hasil usg menyatakan ketuban habis, janin hrs dilahirkan, dgn resiko yg sangat besar, ibunya hrs diinduksi. Jam 9 malam bayi perempuan lahir normal dgn bb 1 kg panjang 35 cm. saat menjelang kelahiran kami sekeluarga dimintai persetujuan oleh rs jika nanti bayi lahir dan harus dirawat di nicu dgn biaya yang selangit. saat itu yang kami pikirkan hanya keselamatan sang bayi dan ibunya, kami pun menandatangani surat itu, dan banyak berdoa agar Tuhan selalu memberikan berkah.
sampai saat ini Valencia msh dirawat di nicu, semua organnya sempurna (paru tumbuh sempurna, sempat pda tp sudah menutup sempurna).
Semuanya berkat mukjizat Tuhan, saat kami harus membeli hmf yang mahal, dsa membantu dengan membeli lgs dari pabriknya sehingga dpt harga 50% lbh murah dari pasaran. saat kami hrs mencari prc golongan darah AB (yg biasanya langka) krn hb bayi menurun, stock di pmi sedang melimpah.
ASI ibunya juga melimpah, bisa kirim stok asi ke rs 5 botol kaca sehari, pdhl kebutuhan bayi baru 2 stengah botol sehari.
Dua kali sehari kami menjenguk Valencia di rs, walaupun hanya lewat jendela kaca (hanya ibunya yg boleh msk nicu), tapi kami selalu berbicara padanya betapa besar cinta kami dan doa kami untuknya.
Semoga Valencia bisa segera berkumpul di rmh kami (perkiraan dokter sekitar 1 bulan lg, jika berat badannya sdh 2kg)

18

Topic: Preeklamsia dan Premature

elisa_sby
merindiiing bacanya.. inget jaman ki-ka baru lahir. Semoga Valencia dan mamanya bisa segera pulih dan dapat berkumpul bersama keluarga.
Disini ada sharing mengasuh bayi prematur yang mungkin berguna buat Valencia agar cepat pulih. Sampaikan salam seluruh keluarga besar The Urban Mama untuk Valencia dan mama ya... stay strong. *kiss*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Preeklamsia dan Premature

Terima kasih Mbak Wiwid

20

Topic: Preeklamsia dan Premature

hai mamas, need motivation nih..
ak sekarang lagi hamil anak kedua (tespek positif tapi lom periksa ke dokter), anak pertama lahir normal tapi aku hipertensi kronik dan seminggu sebelum perkiraan lahir, aku kena preeklamsia, tapi bisa ngelahirin normal.
worry aja nih sama proses kehamilan dan kelahiran anak keduaku. bawaannya kawatir n debar2 mulu. trauma di tensi dsb. moms ada gk yang punya hipertensi kronis sebelumnya? dtunggu sharing nya :)
hiks hiks hiks...

21

Topic: Preeklamsia dan Premature

hi mom...
boleh sharing ngga yg pernah atau sedang mengalami preeklamsia?

skrg sy sedang hamil 9w anak kedua dgn riwayat kehamilan anak pertama lahir prematur 31w dgn bb 900gr.

22

Topic: Preeklamsia dan Premature

Hai mom, kalau ada masalah seperti ini bisa konsultasi via halodoc ya. dokter kandungan yang ahli bakal memberikan penjelasan dan diagnosa dengan tepat supaya segera mendapat penanganan. Soal obat pun, mereka siap antar 24 jam ke rumah masing-masing. nggak perlu takut karena dokter yang menangani ramah-ramah. Biar dapat penanganan tepat tanpa 'katanya'