1

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Prof Pur,

Anak saya alhamdulillah full asi, skrg umur 10 bulan, nah apakah perlu mengenalkan susu uht saat umur 1 thn? Sebenarnya lbh bagus mana uht atau sufor? Jika kebutuhan kalsium bs diganti dgn makanan saja, kira2 makanan apa yg kalsiumnya tinggi?
Sampe saat ini saya msh blm berani memberikan hasil olahan susu walau dicampur dgn makanan krn saya punya riwayat alergi, khawatir anak saya alergi juga

Terima kasih prof

Macie-nya Danish
@zput

2

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Prof, saya mau bertanya, berapa banyakkah susu UHT yang harus dikonsumsi untuk anak umur 7 tahun agar kebutuhan vitamin dan mineralnya tercukupi?

Terima kasih.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

3

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Prof, penasaran lebih bagus mana ya susu UHT dalam kotak atau susu bantalan gitu ya dok? Apa bedanya susu UHT, pesteurisasi dan susu olahan seperti susu KPBS gitu prof? terima kasih

4

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

hari ini akan ada live chat bersama Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, Msc, seorang guru besar dan pakar teknologi pangan yang juga menjabat sebagai Direktur SEAFAST IPB. Untuk mama yg kemarin sudah mulai bertanya tetap pantengin thread ini untuk menunggu jawaban dari ahlinya yaa.. Yang sedang online, silahkan langsung post pertanyaan mama seputar UHT disini. Prof. Pur akan membantu menjawab pertanyaan dari urban mama sekalian.

5

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ikutan nanya juga yah..

Siang Prof,,
Mau tanya apakah kemasan tetra pak itu bisa bocor?
Bagaiamana treatment yang benar cara meminum susu UHT atau pasteurisasi,,apakah kemasannya harus di cuci dulu..

katanya kardusnya itu rentan terkena kotoran pipisnya hewan (tikus contohnya) karena ditaruh di gudang.

terima kasih atas jawabannya.

6

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Dok, kalau mau minum susu UHT hangat, apakah bisa susunya direbus dulu atau bagaimana ya?
Lalu untuk umur berapa bayi sudah boleh minum susu UHT, juga bagaimana takaran minumnya.

7

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Halo Prof, mau tanya kalau susu UHT kan sekarang rasanya macam-macam. Kebetulan anak saya sukanya yang rasa coklat. Sebenarnya ada perbedaan kah dari segi gizi/manfaat dibandingkan yang plain? Apa saya sebaiknya memang pilih yang plain saja? Terima kasih sebelumnya ya Prof :)

"Yes you can't be the real Ultraman, dear. But you will always be my hero..."
twitter @ngiuphobia | www.LittleHouseofRena.com

8

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Selamat siang dok,

anak saya 1 minggu lagi ulang tahun pertama. Selama ini dia hanya mengkonsumsi asi saya, namun kuantitasnya semakin sedikit. Jika tepat usia 12 bulan saya kasih susu uht untuknya apakah akan baik2 saja?

terima kasih sebelumnya.

9

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ghaida_dhira wrote:
Prof Pur, mau tanya. Kalau susu pasteurisasi 1 liter yang sudah dibuka tahan berapa lama ya di kulkas? Apa bedanya susu UHT yg di kotak dan di botol plastik gitu ya? Bagusan mana yg dikemas dikotak kertas atau di botol plastik gitu Prof? Terima kasih


Mama Ghaida:
1. Walaupun belum dibuka, susu pasteurisasi tidak tahan terlalu lama. Silakan cek masa kadaluwarsa di kemasannya. Umumnya susu pasteurisasi bisa tahan pada suhu kulkas sekitar 2 mingguan (pada suhu sekitar 8-10C). Apabila sudah dibuka, maka susu pasteurisasi terbuka bisa bertahan sekitar 2-3 hari lagi (tergantung dari kebersihan kulkas juga).

2. UHT (Ultra High Temperature) adalah proses pengolahan dengan suhu tinggi tetapi waktu pemanasannya sangat singkat. Hal ini bisa diaplikasikan pada susu; dan setelah itu bisa dilakukan pengemasan, baik dengan kemasan botol maupun kemasan kotak/karton. Jadi, selama proses pemanasann dan teknik pengemasannya sama (misalnya sama-sama menggunakan teknologi aseptik), maka dari sisi gizi dan mutu susu akan sama saja. Namun demikian; perlu diperhatikan informasi pada label/kemasannya; mengenai komposisi gizi produk tersebut secara spesifik. Perlu disampaikan bahwa tidak semua susu steril dipanaskan dengan menggunakan teknik UHT.

10

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

pertanyaan melalui twitter @theurbanmama:

JulyMustika
, Apa susu UHT aman dikonsumsi oleh usia lanjut dengan riwayat diabetes, bila ya adakah manfaat bila rutin meminumnya?

Mengapa susu UHT aman disimpan lama tanpa pendingin padahal tidak mengandung pengawet?

11

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

pertanyaan melalui twitter @theurbanmama:

MilleniumMom, Bagaimana mengkombinasi susu UHT ke dalam menu sehari-hari anak? Ada info sebaiknya susu tidak diminum bersamaan dengan Jeruk/teh?

Bagaimana tips memilih susu UHT yang tepat untuk anak?

12

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Kira Kara wrote:
Prof,
Apa benar UHT dan Pasteurisasi ini kurang higienis untuk susu?? Tetangga saya ada yang anaknya sering sakit gondongan dan badannya panas, katanya karena terlalu sering minum susu UHT dan pasteurisasi.


Mama Kira Kara
UHT dan pasteurisasi adalah teknik pemanasan dengan tujuan untuk menjamin keamanan pangan. UHT adalah pemanasan pada suhu tinggi (suhu 140C) tetapi dengan waktu yang sangat singkat (2-4 detik) yang mampu membunuh mikroorganisme pembusuk dan penyebab penyakit, sedemikian rupa sehingga susu yang dihasilkan (steril) akan bisa mempunyai masa simpan yang lama, walaupun disimpan pada suhu ruang. Sedangkan proses pasteurisasi, adalah proses pemanasan dengan tujuan membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, namun tidak cukup untuk membunuh semua bakteri pembusuk. Karena itu, susu pasteurisasi tidak bisa disimpan pada waktu yang lama; umumnya hanya bertahan sekitar 2 minggu dan itupun perlu disimpan pada suhu dingin pada kulkas (sekitar 8-10C).

Jadi,secara teknologi, baik UHT maupun pasteurisasi adalah teknik pengolahan yang baik dan aman untuk susu. jadi mestinya tidak ada hubungan dengan gondongan. Untuk lebih detailnya mengenai gondongan silakan konsultasi langsung dengan dokter.

13

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ipeh wrote:
Prof, saya mau tanya beberapa waktu yang lalu saya beli susu UHT Mimi di Indomaret, sampai di rumah ketika anak saya minum langsung ngomong kalau susunya basi, saya cium iya ternyata baunya gak enak banget. Saya cek kadaluarsanya padahal masih lama. Kenapa ya Prof?


Mama Ipeh:
Produk susu steril UHT seharusnya bisa tahan lama; asalkan diperlakukan dengan baik selama distribusi dan penyimpanannya; sehingga kemasannya (kotak karton)tetap utuh, tidak bocor atau rusak. Disamping itu; produk susu steril UHT walaupun bisa disimpan pada suhu ruang atau suhu kamar (sekitar 30-36C) tidak boleh disimpan pada suhu yang tinggi (sekitar 40-50C). Jika susu tersebut disimpan pada suhu yang terlalu tinggi, bisa saja mengakibatkan kerusakan. Namun demikian, kejadian ini peluang kejadiannya sangat kecil.

Karena itu, industri pengolahan susu, distributor dan retail perlu melakukan penanganan dengan baik, termasuk mengendalikan suhu penyimpanan selama distribusi dan penyimpanannya. Demikian juga untuk konsumen rumah tangga; penyimpanan juga perlu dilakukan pada tempat yang bersih dan tidak pada tempat yang suhunya tinggi.

Jika mengalami hal seperti ini, disarankan untuk mengadukannya kepada produsen langsung, atau pun melaporkannya kepada BPOM, untuk bisa diteliti secara lebih detail.

14

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

mommy alika wrote:
Prof, anak saya 13bulan saya ksh uht krn bb nya mnrt Dr blm optimal (min ) 1kg utk usianya. Slama ini hanya Asix makan jg normal ga byk bgt tp sering. Wktu lahir bb nya dibawah normal. Apa perlu tambahan sufor atau cukup tmbahan uht aja ya Prof? Klau dikasih makan byk suka muntah kekenyangan jd sdkit2. Uht jg perhari msk plg byk 300ml.


Mama Alika
Saya lebih membahas hal-hal yang berkaitan dengan aspek teknologi pengolahan susu. Untuk hal ini, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter langsung

15

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

pertanyaan melalui twitter @theurbanmama:

ekadeu, Bagaimana cara membedakan susu dalam kemasan yang mengandung pengawet dan yang tanpa pengawet?

apakah susu UHT yang dipakai untuk campuran membuat cake/pudding hilang zat gizinya?

16

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

cindy wrote:
Mama Windy agar tidak OOT,untuk diskusi yogurt sila pindah kesini yaa :) http://theurbanmama.com/forum/topic2496-yogurt-for-toddler.html

Masih boleh ikut nanya kan ya?

Prof,beberapa kali saya membeli susu ukuran 1 liter di minimarket/supermarket mendapati gumpalan2 pada susu dan susu menjadi kental. Kira2 kalau seperti itu kenapa ya prof?
saat diicip rasanya jadi agak aneh,saat kardus diperiksa juga tidak ada bocor dan tidak penyok.

Thanks prof :)



Mama Cindy:
Secara umum, penggumpalan produk susu umumnya jarang terjadi; jika proses pemanasan (sterilisasi), distribusi dan penyimpanan dilakukan dengan baik. Hal ini merupakan tanggung jawab industri untuk memastikan bahwa proses pemanasan, distribusi dan penyimpanan dilakukan dengan baik.

Namun demikian, penggumpalan bisa disebabkan karena beberapa faktor. Umumnya penggumpalan disebabkan karena karena aktivitas enzim pada susu; yang akan memecah protein susu dan menyebabkan terjadinya penggumpalan. Hal ini umumnya tidak terjadi, namun jika susu susu yang diproses mengandung terlalu banyak enzim (misalnya karena adanya permasalahan pada kesehatan sapi), maka penggumpalan ini bisa terjadi.

Bisa juga; penggumpalan ini terjadi karena kerusakan pada kemasan yang akan menyebabkan produk menjadi tercemar, menyebabkan tumbuhnya mikroorganisme, dan bisa menyebabkan penggumpalan juga, karena terbentuknya asam.

Sekali lagi, kejadian seperti harusnya dikendalikan dengan baik ditingkat industri. Namun, sebagai konsumen, jika menemukan hal demikian, hendaknya secara aktif mengadukannya kembali ke Industri dan atau ke BPOM, untuk penyelidikan lebih lanjut.

17

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

MJs Mommy wrote:
Prof,
apakah susu UHT dan pasteurisasi benar2 berasal dari susu segar?
apakah dengan melalui proses pengemasan & penambahan zat2 lainnya aman diminum anak 1tahun?
setelah dibuka berapa lama susu ini boleh disimpan untuk diminum kembali?
apakah sebelum dibuka harus disimpan di kulkas atau boleh disimpan di tempat terbuka lainnya?
Terima kasih Prof..



MJs Mommy,
UHT (ultra high temperature) dan pasteurisasi adalah jenis teknologi pemanasan yang bisa digunakan untuk menjamin keamanan dan memperpanjang masa simpan susu. karena itu, teknologi bisa diaplikasikan pada berbagai produk; seperti sari buah, santan atau pun susu.

Jika diaplikasikan pada susu, maka jenis susunya juga bisa macam-macam, bisa susu skim, susu utuh (whole milk), bisa susu segar, bisa susu rekonstitusi (dari susu bubuk), atau bisa juga campurannya. Jadi; untuk mendapatkan informasi mengeni hal ini, konsumen perlu cermat membaca label.

Susu UHT, selama kemasannya masih utuh dan belum dibuka, mempunyai masa simpan yang sangat lama; bisa mencapai 1 tahun walaupun disimpan pada suhu kamar. Sedangan susu pasteurisasi (selama kemasannya masih utuh dan belum dibuka) bisa bertahan sekitar 2 minggu pada lemari es.

Setelah dibuka; maka dua-duanya menjadi tidak tahan lama, karena sdh tercemar dengan udara sekitar. Jika disimpan pada lemari es; susu yang telah dibuka masih bisa bertahan sekitar 2-3 hari.

Sebelum dibuka, untuk susu UHT bisa disimpan pada suhu kamar (suhu ruang) biasa. Tetapi, susu pasteurisasi harus disimpan pada lemari es.

18

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

selamat siang prof,
untuk susu uht yang sudah dibuka bisa bertahan berapa lama yah dalam suhu ruang? apakah perlakuannya sama seperti asi yang harus habis dlam 2 jam? saya biasanya mencicipi dulu susu yang sudah agak lama dalam suhu ruang sblm diberikan pada anak saya, bila tidak ada perubahan rasa, masih saya berikan. apakah bisa seperti itu atau ada batas waktu?
terima kasih

19

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

winyUmmukirana wrote:
Prof, susu UHT sebaiknya (manfaat maksimal)jika dikonsumsi dalam kondisi/suhu bagaimana? Apakah seperti aslinya (suhu ruang), dingin, atau hangat? Anak saya terbiasa minum UHT dingin, dalam kondisi pilek pun dia minum susu dingin. Kalau mau susu hangat dia maunya susu hangat yg dibuat dari susu bubuk. Terima kasih.


Mama Winy;
Untuk keperluan konsumsinya, suhu bisa disesuaikan dengan kesukaan atau kebiasaan; bisa dingin bisa juga suhu ruang. Dari sisi gizi dan keamanan pangan tidak ada perbedaan yang signifikan.
Yang disarankan tidak dilakukan adalah memanaskan susu dalam kemasan dicelupkan dalam air panas. Kalau mau panas atau hangat, bisa juga dituang kedalam gelas dan dipanaskan sebentar dengan microwave oven.

20

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

winyUmmukirana wrote:
Prof, susu UHT sebaiknya (manfaat maksimal)jika dikonsumsi dalam kondisi/suhu bagaimana? Apakah seperti aslinya (suhu ruang), dingin, atau hangat? Anak saya terbiasa minum UHT dingin, dalam kondisi pilek pun dia minum susu dingin. Kalau mau susu hangat dia maunya susu hangat yg dibuat dari susu bubuk. Terima kasih.


Mama Winy;
Untuk keperluan konsumsinya, suhu bisa disesuaikan dengan kesukaan atau kebiasaan; bisa dingin bisa juga suhu ruang. Dari sisi gizi dan keamanan pangan tidak ada perbedaan yang signifikan.
Yang disarankan tidak dilakukan adalah memanaskan susu dalam kemasan dicelupkan dalam air panas. Kalau mau panas atau hangat, bisa juga dituang kedalam gelas dan dipanaskan sebentar dengan microwave oven.

21

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

thelilsoldier wrote:
Mau nanya prof, anak saya minum susu uht seperti minuman rekreasi. Kalau lagi pengen ya minum, lagi gak pengen ya gak minum. Enaknya susu uht ini mudah dibawa jadi pas untuk bekal sekolah anak.

Pertanyaan saya, apakah ada treatment khusus untuk susu uht yang dibawa kemana-mana? Misalnya tasnya jangan diguncang-guncang.

Satu lagi, apakah susu pasteurisasi menggunakan tetrapak juga?

Thanks ya Prof.



Mama,
Kalau itu susu UHT (steril) dalam kemasan, maka bisa dibawa kemana-mana secara praktis. Tidak perlu treatment khusus; hanya perlu dipastikan jangan sampai merusak kemasannya (misalnya tergores, atau tertindih). Goncangan-goncangan yang mungkin terjadi selama perjalanan tidak akan memberikan pengaruh apa2.

Namun, kalau untuk susu pasteurisasi sebaiknya tidak dibawa jalan-jalan; karena susu pasteurisasi harus disimpan pada suhu dingin (lemari pendingin).

Susu pasteurisasi yang ada dipasaran ada bermacam-macam, termasuk kemasannya juga ada beberapa pilihan. Produk susu pasteurisasi dengan kemasan kotak karton juga ada beberapa macam, salah satunya adalah kemasan Tetra Pak. Silakan mencari informasinya pada label.

22

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

elzahra wrote:
susu UHT itu ada pengawetnya tidak ya?
waktu itu anak saya umur 1 tahun yang pertama pernah saya kasih UHT dan dilarang oleh kk ipar saya, katanya mengandung pengawet, lebih baik sufor?
Selama ini anak pertama (4,5 th) saya mix minum sufor dan UHT.

Terimakasih



Mama Elzahra,
Susu UHT adalah susu yang diproses dengan pemanasan yang sangat tinggi (140C) dalam waktu yang sangat singkat (2-4 detik). Proses ini, selain bersifat melindungi zat gizi, juga efektif sekali membunuh mikroorganisme (baik mikroorganisme pembusuk maupun penyebab penyakit. Karena itu, teknologi pemanasan UHT ini tidak memerlukan bahan pengawet, karena mikroorganisme telah dibunuh dengan panas. itu sebabnya; walaupun tanpa penambahan bahan pengawet, susu UHT tetap bisa tahan lama disimpan pada suhu ruang.

23

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

siang prof mau nanya, wkt sy liat kandungan susu uht yg ul*ra jaya yg kotak biru tertera susu skim di dlmnya. bd dengan susu ul*ra jaya yg m*mi. kl untuk anak2 bagusan yg mana ya prof?

24

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

mama_ningsih wrote:
Prof, penasaran lebih bagus mana ya susu UHT dalam kotak atau susu bantalan gitu ya dok? Apa bedanya susu UHT, pesteurisasi dan susu olahan seperti susu KPBS gitu prof? terima kasih


Mama Ningsih,
UHT (Ultra High Temperature) adalah salah satu teknik pengolahan suhu dengan panas yang sangat baik; dalam hal memberikan perlindungan thd sat gizi tetapi efektif memmbunuh mikroorganisme yang merugikan (pembusuk dan penyebab peyakit). Pada prakteknya; setelah pemanasan susu bisa dikemas dengan berbagai pilihan jenis kemasan yang ada. Dengan teknik pengemasan aseptik, bentuk kemasan yang ada juga bisa beraneka ragam; bisa berbentuk bata (kotak, box), bisa juga berbentuk piramida, dan ada juga yang bernetuk bantal. Jadi selama jenis susunya sama dan teknologi pemanasannya sama (sama-sama menggunakan teknologi UHT) maka produk yang susu yang dihasilkan akan sama saja.

Perbedaan antara susu UHT dan susu pasteurisasi adalah pada sebagai berikut:

Susu UHT diproses dengan panas yang sangat tinggi (140C) dengan waktu yang singkat (2-4detik) dengan tujuan utama membunuh mikroorganisme pembusuk dan penyebab penyakit; sehingga bisa tahan lama disimpan pada suhu ruang, tanpa perlu pendinginan.

Susu pasteurisasi diproses dengan panas juga; tetapi tujuan utamanya hanya untuk membunuh mikroba penyebab penyakit; sehingga pemanasannya tidak terlalu tinggi. Karena itu, susu pasteurisasi tidak bisa bertahan lama, perlu disimpan dalam lemari es (suhu dingin, sekitar 8-10C) untuk mampu bertahan sampai sekitar 2 minggu.

Mengenai susu KPBS, perlu dicek dari labelnya dan ditanyakan langsung ke KPBS.

25

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

janeesyfa wrote:
ikutan nanya juga yah..

Siang Prof,,
Mau tanya apakah kemasan tetra pak itu bisa bocor?
Bagaiamana treatment yang benar cara meminum susu UHT atau pasteurisasi,,apakah kemasannya harus di cuci dulu..

katanya kardusnya itu rentan terkena kotoran pipisnya hewan (tikus contohnya) karena ditaruh di gudang.

terima kasih atas jawabannya.



Mama Janeesyfa,

Kemasan Tetra Pak yang terbuat dari berbagai lapisan bisa saja bocor, jika tidak diperlakukan dengan benar. Kebocoran bisa terjadi karena terkena benda tajam, atau karena tertekan (tertindih) secara berlebihan sehingga sambungannya bisa rusak. Karena itu industri susu perlu mempunyai prosedur yang baku untuk bisa memastikan bahwa setiap produk susu yang dihasilkannya diperlakukan dengan baik; sesuai dengan prinsip-prinsip produksi yang baik.

Apakah perlu dicuci terlebih dulu?
Harusnya tidak perlu; cukup ditusuk dengan menggunakan sedotan pada bagian yang telah disediakan. Namun demikian, kebersihan tetap menjadi syarat penting, termasuk kebersihan sedotan, yang perlu diperhatikan. Karena itu, jika menyimpan susu (atau produk pangan apa pun)hendaknya dilakukan pada ruangan yang bersih dan tidak lembab, tidak bercampur dengan produk-produk lain yang tidak bisa dimakan(minyak tanah, dll).

Apakah kemasan karton lebih rentan terkena kotoran? Sebetulnya sama saja ... setiap kemasan mempunyai kerentanan yang sama terkena kotoran. Karena itulah maka kebersihan ruang gudang atau tempat penyimpanan makanan tetap harus dipelihara dengan baik.