1

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

pertanyaan melalui twitter @theurbanmama:

Hanun Hanan, dari dulu penasaran pengen tanya ini. Lebih komplit kandungan gizi UHT atau sufor? Dan kenapa katanya UHT lebih baik daripada sufor ya? Thanks.

2

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Selamat Sore dr. Yoga

anak saya 18m sekarang sudah full UHT namun yang rasa vanilla..dan kebetulan anak saya bakat asma..
semenjak full UHT anak saya mudah batuk..apakah karena kandungan gulanya pada UHT dengan perasa tambahan atau emang anak saya alergi susu sapi?
sebaiknya saya teruskan pemberian UHT atau ganti ke susu formula?

terima kasih :)

wife for baba...bubu for Alka-Albi...but still Daddy's little princess...

3

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

sLesTa wrote:
mau kasih pertanyaan ke dr. Yoga.

perbedaan UHT dan susu pasteurisasi kan dari proses pemanasan susunya. dan banyaknya bakteri yang hilang di susu UHT itu lebih aman untuk perut anak2, tapi apakah kandungan gizinya sama antara UHT dan pasteurisasi?

Saya lebih prefer memberikan anak saya susu pasteurisasi, karena rasanya pun lebih enak, lebih susu hehhe.. dan anak2 saya juga senang minum susu pasteurisasi. Saya jadi penasaran, apakah sebaiknya mereka mengonsumsi susu UHT saja atau tidak apa2 langsung ke susu pasteurisasi?


Dear Mama sLesta,
Susu pasteurisasi mengalami pemanasan dengan suhu tdk tinggi tetapi cukup untuk membunuh bakteri dan kandungan nutrisinya dengan demikian lebih terjaga. Apabila memungkinkan untuk mendapat susu pasteurisasi maka akan lebih baik. Perlu diingat bahwa untuk sampai ke tangan konsumen susu pasteurisasi harus terjaga suhunya, selalu dalam keadaan dingin, bahkan dalam perjalanan dari toko ke rumah. Susu pasteurisasi juga mempunyai masa kadaluarsa yang pendek, sehingga perlu dicermati tanggalnya.

4

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

pertanyaan melalui twitter @theurbanmama:

Bintang Alvita Wahyuningtyas,
Dr. Yoga, tentang susu UHT aku ada yang bingung, pas aku ke konselor laktasi ditanya kenapa minum susu sapi? susu sapi buat anak sapi, mending ibu minum susu kedelai. Jadi minum susu ini seberapa penting ya dok?
Terima kasih.

5

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

dr. Yoga,

Anak saya 10 bulan selama ini full ASIP selama saya kerja dan MPASI 3x makan berat & 2x makan buah.

Persediaan ASIP menipis sementara hasil perahan sudah tidak mencukupi. Apabila ASIP sudah habis, lebih baik diberikan susu formula atau fresh milk pasteurisasi atau UHT?

Apabial susu formula, kandungan apa yang harus diperhatikan sebelum memberikan susu formula?

Terima kasih

Follow our stories @ TheFamily.eksinads.com :)
Twitter ID: @eksinads

6

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

koeliz wrote:
Ikut tanya ke dr. Yoga ya...

1. Apa kandungan terbaik susu UHT hanya ada pada yg rasa plain, baik full cream maupun low fat? Bagaimana dengan susu UHT yang sudah dicampur perasa dan pewarna, apakah masih baik?

2.Karena banyaknya susu cair yang ada di pasaran, apa yang perlu dicermati untuk benar-benar memastikan bahwa susu itu memakai proses UHT, bukan susu bubuk yang dicairkan lalu dikemas dengan kotak?

3. Apakah bisa menggunakan satu jenis susu UHT saja, misalnya yang full cream/ low fat rasa plain untuk seluruh kebutuhan keluarga baik ibu (hamil, menyusui), balita , anak2, orang dewasa, dan lansia?

makasi dokter


Dear Mama,
Kandungan nutrisi susu plain dan rasa berbeda terutama di kandungan gula dan perasanya. Zat gizi lainnya sebagian besar sama. Mama bisa membandingkan hal ini di keterangan dalam kemasan. Perasa dan pewarna makanan yang diizinkan masih boleh dikonsumsi oleh anak dalam jumlah yang wajar, hal ini tidak mempengaruhi kandungan gizinya. Hal yang perlu dicermati adalah jumlah gula dalam susu dan minuman/makanan lainnya secara keseluruhan sehingga masih dalam batas yang diperbolehkan.
Susu untuk di atas satu tahun boleh menggunakan susu plain yang full cream, susu lowfat baru boleh digunakan untuk anak di atas 2 tahun, terutama jika mengalami obesitas. Untuk orang dewasa termasuk lansia dianjurkan lowfat.

7

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Dr yoga...
Sebaiknya brp ml ya susu UHT yg dikonsumsi anak umur 5 dan 8 tahun?

Anak saya yg umur 5 tahun sukaaa sekali susu UHT. Saya worry aja sih kl kebanyakan.

Terima kasih dok.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

putri.agustina wrote:
Delamat Pagi Dr. Yoga

Selama ini saya menggunakan susu UHT salah satu Brand dengan rasa vanila, apakah kandungan dalam susu UHT yg telah di beri rasa mengurangi kandungan gizi dalam susu?

efek dari pemberian susu UHT berasa mempengaruhi gigi anak saya menjadi karies, mohon saranya mengurangi karies gigi tersebut?

saya ingin beralih ke susu pasteurisasi pertanyaan saya spt nomor 1 apabila pasteurisasi telah di beli rasa mengurangi kandungan gizi?

terima kasih dokter

Dear Mama Putri,
Spt jawaban sebelumnya @sLesta rasa tdk mengurangi kandungan gizinya tetapi mendapat penambahan gula dan perasa. Karies gigi dipengaruhi makanan memang, diantaranya gula. Faktor lain yang mempengaruhi terjadinya karies adalah kebersihan mulut. Setelah mengkonsumsi susu sebaiknya ibu memberikan air putih untuk membilas dan biasakan menggosok gigi secara teratur.

9

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ndatha wrote:
Hi dr. Yoga,

Mau ikut nanya jg, bagaimana baiknya penyajian susu uht?
Kedua anak saya setelah stop asi minum uht plain. Dan biar lebih irit saya beli kemasan 1 liter, ketika udah dibuka langsung dimasukkan ke kulkas. Selama ini anak saya minum dg dituang ke gelas langsung tanpa dihangatkan terlebih dahulu. Tp apabila anak saya sakit ,susu uht saya hangatkan dulu dg cara merendam gelas susu di mangkok isi air panas. Apa dg cara menghangatkan seperti ini dapat mempengaruhi kandungan gizi?

Tks yaa :)

Dear Mama Ndatha,
Untuk anak usia berapa? Bila anak suka, boleh diberikan dingin, bila ingin dihangatkan seperti Mama lakukan juga boleh, pemanasan seperti itu tidak mempengaruhi kandungan gizinya

10

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Dr. Yoga,
Benar gak sih kalau susu yang mengandung AA dan DHA itu bisa membantu mencerdaskan anak? Kata tetangga saya susu UHT ini gak mengandung AA dan DHA. Cukup gak ya nutrisi susu UHT untuk anak? Anak saya usia 4 tahun.
Terima kasih :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

libra.mom wrote:
Dr. Yoga

Mau tanya kalau susu UHT sebelum diberikan dihangatkan di warmer boleh gak ya?Berpengaruh ke gizi UHT ga? karena Athar (11 bulan) bulan depan udah mau saya kenalkan UHT.. Biasanya minum ASIP selalu hangat jd gak suka kl susu gak hangat. Terimakasih.


Dear Mama Libra,
Warmer boleh digunakan untuk memanaskan UHT seperti memanaskan ASIP

12

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

ghaida_dhira wrote:
Hi dokter Yoga,
Beberapa hari yg lalu, anak saya 16bulan sempat diare dan ketika saya bawa ke dokter, dokternya nanya susu yg saya berikan. Dhira masih ASI tp krn stok ASI udah gak ada jadinya saya kasi UHT. Tp diminta berenti oleh dokternya krn mungkin gak cocok, padahal sih ini bkn pertama kali dia minum susu UHT. BB anak saya 7,4 badannya emang mungil, dan menurut dokter tsb saya BB dhira harus ditambah jadi disarankan untuk minum sufor. Kandungan ASI dibawah 1 tahun dan setelah 1 tahun katanya sudah beda, nutrisi yg dibutuhkan anakpun beda. Tolong pencerahannya ya dokter, saat ini Dhira minum sufor N*******, apakah saat ini saya tetap memberikan sufor krn BBnya tsb atau bagaimana? Terima kasih dokter.


dear Mama Ghaida,
Penyebab diare bermacam-macam, salah satunya memang kandungan laktosa. Bila Dhira tidak bermasalah dengan sufor standar yang bukan low lactose maka seharusnya tidak bermasalah dengan UHT. Tapi bila Dhira termasuk anak yang kurus maka jumlah kalori Dhira memang ditambah, salah satunya dengan memberi susu yang tinggi kalori bukan hanya susu formula. Makanan padat Dhira juga perlu mendapat perhatian.

13

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

elzahra wrote:
susu UHT itu ada pengawetnya tidak ya?
waktu itu anak saya umur 1 tahun yang pertama pernah saya kasih UHT dan dilarang oleh kk ipar saya, katanya mengandung pengawet, lebih baik sufor?
Selama ini anak pertama (4,5 th) saya mix minum sufor dan UHT.

Terimakasih


Dokter saya mau menambahkan pertanyaan,
susu UHT dan pasteurisasi lebih kental daripada ASIP ya dok, apa sich yang membuat kental susu UHT dan pasteurisasi?
Apakah kekentalan tersebut menandakan semakin baiknya gizi yang ada dalam susu?

Terimakasih Dok

14

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

elzahra wrote:
susu UHT itu ada pengawetnya tidak ya?
waktu itu anak saya umur 1 tahun yang pertama pernah saya kasih UHT dan dilarang oleh kk ipar saya, katanya mengandung pengawet, lebih baik sufor?
Selama ini anak pertama (4,5 th) saya mix minum sufor dan UHT.

Terimakasih


Dear Mama Elzahra,
Susu UHT mempunyai masa simpan yang lama karena proses pemanasannya yang membuat susu menjadi steril, bukan karena pengawet. Untuk ini akan ada diskusi khusus 2 minggu mendatang dengan ahli teknologi pangan.

15

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

MJs Mommy wrote:
siang dr. Yoga,
mau nanya..
1. mana yg lebih bagus diberikan ke anak 1 tahun keatas, susu UHT atau sufor..?
2. kriteria UHT yg bagaimana yg baik untuk diberikan kepada anak..?
3. untuk pengenalan susu UHT keanak apakah perlu dicampur terlebih dahulu (dicampur ASI, sufor atau air putih) agar perutnya terbiasa?
4. apakah normal bila pertama kali minum susu ,baik itu sufor atau UHT, pup anak agak encer?
Terima kasih dok..


Dear Mama Mjs,
Untuk menentukan jenis susu yang tepat perlu diketahui kebiasaan makan anak dan status gizinya. Anak yang gizinya baik dan mempunyai kebiasaan makan sumber zat besi yang cukup seperti daging merah maka ia boleh mendapat UHT. Secara umum UHT mempunyai kandungan yang sama, yang membedakan hanya apakah plain atau telah diberi rasa. Untuk pengenalan bisa diberikan dalam jumlah kecil terlebih dahulu atau dicampurkan ke dalam makanan seperti puding, sup krim dll. Bila pup menjadi agak encer selama beberapa hari awal, perlu dicermati apakah terdapat dehidrasi? Bila hanya beberapa kali saja mungkn ini periode adaptasi terhadap makanan baru.

16

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

The Urban Mama wrote:
pertanyaan dari twitter @theurbanmama:

Bunda_anin, dokter mulai usia brp bayi boleh dikasih susu uht


Dear Mama Anin,
Bayi di atas 1 tahun boleh diberikan UHT.

17

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

The Urban Mama wrote:
pertanyaan melalui twitter @theurbanmama:

Kurniaamelia, untuk anak umur 4th dan 6th mnm susu UHT berapa kotak/harinya?


Untuk anak seusia itu dianjurkan 400-600 ml per hari, Mama tinggal perhatikan volume satu kotaknya.

18

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

The Urban Mama wrote:
pertanyaan melalui twitter @theurbanmama:

Puji Murniati, dok, untuk anak dengan alergi protein,susu UHT msh bisa dikonsumsi?


Dear Mama Puji,
Alergi nya terhadap protein apa? Jika protein susu, maka tidak bisa mendapat susu UHT, ia harus mendapat susu khusus. Jika alergi terhadap protein lain yang bukan susu, ia bisa mendapat susu sapi termasuk susu UHT.

19

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

rahmi jegeg wrote:
Sore dr.yoga..
Mo ikutan nanya:
Biasanya di supermarket itu ada jg produk yg dikemasannya bertuliskan minuman mengandung susu. Nah itu maksudnya gmn ya dok, termasuk susu uht kah? Seringnya ditata 1 rak dgn susu uht lain.


Dear Mama Rahmi,
Minuman mengandung susu bukan susu, jadi bukan susu UHT, karena kandungan gizinya berbeda. Peruntukannya berbeda. Mama harus cermat dalam memilih.

20

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

mrs doyi wrote:
hai dokter Yoga,
anak saya, Kimi 13yo didiagnosis adb. berat badannya pun agak kurang. dokter anak kami menganjurkan pemberian sufor untuk booster berat badannya. kata beliau, jangan UHT karena banyak gulanya. Bagaimana menurut dokter Yoga? apa sufor memang lebih sedikit gula daripada UHT?

karena ragu, sejauh ini saya belum mengenalkan Kimi kepada sufor atau UHT. saya hanya memberi terapi suplemen besi dan makanan berkalori tinggi untuk booster berat badannya. mohon sarannya dokter Yoga. terimakasih :)


Dear Mama Doyi,
Bila Kimi memang mengalami anemia defisiensi besi (ADB) maka ia harus mendapat suplemen besi dan diperiksa ulang kadar Hb setelah 3 bulan. Susu UHT tidak cocok untuk anak yang mengalami ADB karena kandungan zat besinya rendah. Mama harus memilih susu yang difortifikasi dengan zat besi. Dan untuk makanan padat, pilih lauk dengan daging merah lebih sering.

21

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

Pertanyaan ke dr. Yoga

1. Mulai umur berapa, bayi sebaiknya dikenalkan dgn susu uht? Baby saya 7 bulan masih full asi, bagaimana perbandingan konsumsi susu uht dgn asi nantinya? (saat sudah cukup umur utk uht)

2. Apakah semua susu uht bisa dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui? Pengalaman mengkonsumsi susu uht saat hamil, bayi saya sepertinya " menolaknya", dan saya langsung muntah. Sedangkan saat menyusui, BAB bayi saya jadi agak coklat. Apakah ini berarti saya dan/atau bayi saya tidak cocok dengan susu tersebut?

Terima kasih untuk jawaban dokter.

Azanida
?adarezaniarifdah?

22

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

sukie wrote:
Halo Dokter :)

Banyak pertanyaan sudah terwakili oleh pertanyaan mama-mama di atas.
Tapi ada satu lagi nih. PErnah kan ada produk susu dikeluarkan oleh salah satu produsen susus ternama. Waktu itu diperuntukkan untuk usia 1 tahun ke atas. Saya terbiasa membelinya untuk anak saya Jojo (3yo) waktu itu masih 1.5 tahun. Lalu setelah lama-lama baru sadar, bahwa produk tersebut merubah labelnya dengan susu untuk 2 tahun ke atas. Saya tidak terlalu "ngeh" karena perubahan yang terjadi lebih banyak di gambar -gambar lucu dan edukatif di kemasannya.

Nah, yang mau saya tanyakan :
1. Kandungan apa yang biasanya ditentukan untk menentukan usia yang diperbolehkan untuk mengonsumsi susu UHT
2. Apakah ada efek negatifnya jika susu untuk usia 2 tahun diberikan untuk anak dibawah usia 2 tahun, mengingat produk susu UHT pada umumnya diperuntukkan untuk usia 1 tahun ke atas.

Terimakasih ya Dok :)


Dear Mama Sukie,
Kandungan natrium dan protein yang tinggi membuat usia di bawah 1 tahun tidak dianjurkan minum susu UHT atau susu sapi yang tidak dimodifikasi (wholemilk)
Setelah usia 1 tahun anak boleh minum susu sapi biasa, termasuk UHT. Untuk batasan di atas 2 tahun hanya berlaku untuk susu lowfat, lainnya tidak ada secara khusus. jadi boleh saja minum susu untuk 2 tahun selama itu bukan low fat. Untuk anak di atas satu tahun, susu merupakan bagian dari diet sehari-hari sehingga sebagian besar nutrisi seharusnya didapat dari makanan padat.

23

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

adelina wrote:
Selamat pagi dr. Yoga,
Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan karena anak pertama saya sudah full UHT dan anak kedua baru edisi mencoba UHT selain ASI (1,5y)
1.Berapa lama susu UHT yang sekali minum (125 ml) boleh berada di kondisi ruangan setelah diminum tapi belum habis? Apakah sama seperti ASI yang dalam 2 jam harus habis?
2. Anak-anak saya tidak ada yang suka dengan rasa plain, paling diicip sekadarnya saja. Kalo yang sulung suka rasa coklat, kalo yang bungsu rasa strawberry. Apakah komposisi rasa ini berpengaruh dengan kualitas susunya? Mengingat akan ada kandungan gula dan perasa tambahan dalam susunya.
3. Untuk anak umur 3,5 tahun, maksimal susu UHT dalam sehari berapa ya dok? Saya pernah mendengar bahwa lebih dari 2 tahun maksimal konsumsi susu 500 ml agar asupan makanan lebih banyak dari asupan susu. Untuk anak-anak saya, susu hanya diberi setelah makan besar saja dan sebelum tidur.


Dear Mama Adelina,
1. Ya, di luar kulkas susu bertahan selama 2 jam.
2. Kandungan gulanya perlu Mama batasi dari makanan/minuman lain sehingga total gula sehari tidak melebihi 10% kalori nya, kira kira 30 g.
3. Anjurannya antara 400-600 ml per hari

24

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

siska.knoch wrote:
Selamat pagi dokter yoga,

Sebagian sudah bertanya bagaimana jika susu uht dihangatkan terlebih dahulu, saya biasa menghangatkan di microwave. apakah kandungan gizi berkurang?
jika ya, bagaimana cara menghangatkan yg lebih baik menurut dokter?

terimakasih.

Dear Mama Siska,
Menghangatkan dengan microwave mempunyai efek tidak merata, perlu diaduk dahulu. Sebaiknya memakai warmer atau dengan mangkok seperti ASI.

25

Topic: Plus Minus Susu UHT dan Pasteurisasi

IvaniaYanienda wrote:
Hallo dokter yoga, konsumsi uht baiknya mulai usia brp ya? Oya, saya pernah baca, bahwa susu pedia**** hanya untuk anak yg sakit saluran cerna, sementara ini banyak ibu2 yg memberikan susu tsb untuk anak yg susah makan nasi, sayur dan buah. Bagaimana tanggapan medis untuk kasus tsb?tks :)


Dear Mama Ivania,
UHT mulai 1 tahun, P*** adalah makanan cair, penggunaannya berbeda dengan susu dan sebaiknya dibawah pengawasan dokter sehingga tepat jumlah dan indikasinya.