1

Topic: Alergi pada Bayi

Hi mo share aja..
Joanna dr lahir asix , dan br mulai makan 6 bln.. selama asix ga pernah ada keluhan aneh2.. cuma suka kadang2 muncul bentol beberapa tapi sebentar juga hilang, mulai masuk 6 bulan ke 9 makanan mulai banyak variasi.., dan karena makannya banyak dia minum susu cuma kalo malem dan subuh, mulailah muncul bentol2 kaya kaligata di kulitnya..
Pertama aku coba perhatikan asupan makanan apa yg jadi penyebabnya .. tapi lama2 udah mutih pun kok tetep muncul2 terus..., akhirnya aku bawa ke dokter kulit di limijati.

Dikasih pelembab dan salep racikan untuk menghilangkan merah2nya. Sama dokterpun cuma disuruh perhatikan aja.. mana yang jadi pencetus alerginya. Karena masih asi.., makananku pun jadi harus diperhatikan..
Seminggu lewat dr situ.. kulit Joanna masih sering kambuh bentol2 nya..., akhirnya aku cari2 info untuk test alergi..
Sempet kepikiran test yg pake gelombang krn ga bikin sakit katanya.., soalnya kalo yg di rs tuh testnya di tusuk2.., tapi setelah googling ternyata test pake gelombang itu.. sama dunia kedokteran belum diakui, jadi aku pikir drpd udah test mahal2 salah, mending aku test yang di dokter aja...

Akhirnya aku bawa Joanna test.., btw kalo mau test.. harus bersih dr obat alergi dulu selama 3 hari ya mom.. trus make sure di tangannya lagi ga ada bentol2..
Udah menyiapkan hati juga kalo sampe Joanna nangis ..
Tapi ternyata.. thank God ga nangis tuh..

Tapi ya itu ketauan pencetus alerginya ada beberapa.. pantesan, sering bgt kambuhnya.. tapi paling ga jadi jelas apa sebabnya..
Dokter cuma menyarankan pake sabun sabun yg phnya 5.5 kaya sebamed atau chicco, dan harus sering pk pelembab.. karena kulit yg kering akan cenderung bikin gatel..

Semoga setelah 2 taun daya tahan tubuh dan antibodynya makin kuat..., jadi alerginya ga sebanyak sekarang...

2

Topic: Alergi pada Bayi

Share juga...
baby aku 2.5 bulan... dari 3 minggu muka nya merah dan jerawatan gt... pas ke dsa cek rutin, cuma di suru lap pake air hangat aja... demikian pula cek ke 2 di 1.5 bulan lap lagi pake air hangat dan katanya nanti akan hilang dengan sendiri nya... akupun enggap ohh biasa aja ini... tapi pas cek ke 3x (gantidsa) dia minta diet susu dan di kasi cream. Katanya ini alergi, mama nya harua diet untuk cari tau apa sebab nya. Nah setelah banyak googling (jadi pusing sendiri) beda nya jerawat bawaan sama alergi tu apa... soal nya baby juga ada jerawat.

3

Topic: Alergi pada Bayi

Ikutan share yahh mom...

Baby ku 3 bln juga gitu alergian..cuma aq blom tw penyebabnya yg psti aq kurangin telur..ikan laut...susu sapi...sama seafood
Tapi yah itu krna aq org palembang gak afdol gituhh klo gak makan pempek hehee.
Yg suka bingung tuh turunan dr pantangan itu kadang klo aq makan kue yg trasa bgt susunya suka merah2 kadang2 gak. Pengen tes alergi deh cuma udah bisa blom yah bayi 3 bulan..klo dsa ny blang suruh pantang mkan aja,kurang puas deh dgn jawabannya

Jadi klo ngatesinnya pas kambuh aq pke minyak kelapa klo merah nya banyak banget bru aq olesin krem elocon tiipissss bgt

4

Topic: Alergi pada Bayi

Oh iyaa sampe 3 bulan ini kt dsa ny klo mandi gk usah pke sabun cukup pke air anget aja..nah brhubung skg dh lwat 3 bln bbrp hari mo aq coba pkein lactacyd

5

Topic: Alergi pada Bayi

Mom lizzee saya nyambungin dari curhatan momy, jadi...Anak ke-1 anak ke-2 saya waktu lahir kulit juga merah-merah, ada sedikit bintik-bintik kecil kaya jerawat kering warna putih, pas anak ke-1 diidungnya itu kaya banyak banget komedonya di hidung.
Kalau dulu sich awal-awal sampai 3 bulan hanya saya bersihkan dengan air hangat sering-sering, diluar mandi. Sabunnya juga bukan sabun khusus hanya sabun zwitsal, jhonson2 gitu.

Kalau menurut saya di bawah umur ¾ bulan itu masih bawaan lahir ya, nanti juga ilang sendiri koq

6

Topic: Alergi pada Bayi

Mau tanya dong moms, baby zishan 22 hr, asix, sering muncul bintik2 putih kaya bruntusan.. Kirain krn bekas asi.. Tp udh dibersihim pake kapas basah tiap abs mimik masi ada jg, dugaan sementara sih krn susu n telur.. Bener.. Pas aku stop makan mukanya bersih..ga bintik2 lg.. Nah skrg aku udh ga mkn yg mngkn bs bikin alergi, tp kok mukanya tiba2 muncul bintik2 lg yaa.. Trs ditambah ada kaya biang kerimget gt di kelopak matanya.. Ga gau biang keringet atau bkn.. Bentukmha sih kaya biang keringet.. Pls help dong.. Aku blm bawa ke dsa sih jd blm tanya.. Mngkn moms disini ada yg bs bantu or punya pengalaman sama.. Makasih :)

7

Topic: Alergi pada Bayi

@Mimosaa,sama mom..anakku sekarang 2m 3w, sejak usia 1m minumnya udah aku seling sufor..sejak itu di pipi anakku muncul bruntus dan teksturnya kasar..awalnya jg aku pikir kena asi, kata dsa ku sih ganti kulit biasa..yaudah awalnya aku tenang aja..

Tp selang bbrp hari muncul lagi bruntus di kelopak matanya, akhirnya aku kontrol ke dsa lain katanya alergi susu sapi..Yaudah aku langsung stop susu sapi nya n skrng anakku minum soya, selang seminggu kulitnya udah mulus lagi..

Tapi yang aku bingung, selain sufor kan anakku masih konsumsi asi nah aku pernah nekat konsumsi makanan yang mengandung susu sapi (bandel nih heheh) tapi anakku fine2 aja bruntusnya jg ga muncul2 lg..pub biasa ga grog2 dan semacamnya..jd kepikiran buat tes alergi biar bener2 yakin..

Untuk lebih yakinnya kontrol ke dsa aja mom maaf ya ga banyak membantu :)

8

Topic: Alergi pada Bayi

Dear moms,

Mau tanya dong, Biru anakku emang ada bakat alergi. Tapi dulu gak dijelasin sama dokter alergi apa *males ke dokter itu lagi* kalo lagi kambuh merah2 gitu agak gak paham juga sih apa penyebabnya soalnya aku udah berenti makan udang, dsb *katanya bakat alergi Biru dari aku* tapi diolesin salep dua kali juga udah pada ilang.

ehh skrg parah banget ruam di tangan dong. Udah hampir 3 hari dipakein salepnya gak mempan tetep merah. Tapi Biru gak nunjukin tanda2 gatel atau panas gitu, kalo tidur tetep nyenyak aja. Terus wajah, kaki sama badan gpp. kira-kira kenapa ya itu? Gak mau kalo ke dokter terus :(

9

Topic: Alergi pada Bayi

Halo mamas papas!

Mau sharing allergy storynya Cass, siapa tau bisa membantu yang bingung disini ya.

Pertama waktu Cass umur 2 bulan. Cass sempet cradled cap paraahh. Dimukanya juga keluar rash merah di bagian pipi, dekat telinga. Awalnya dikira kena asi. Jadi rajin lah ngelap muka anak setelah minum. Tapi setelah rajin di lap, masih nggak ilang-ilang. Kadang membaik, kadang kembali parah. Sampe banyak yang ngira anaknya nggak diurus.

Dari situ mulai curiga alergi. Di cek ke dokter, direkomendasikan ganti sabun mandi jadi hippoalergenic. Berhubung sebamed mahal, jadilah pake pigeon. Tapi nggak ada perubahan. Akhirnya setelah beberapa minggu ngalah beli sebamed. Pake sebamed bukannya membaik malah makin paraahhh.

Waktu itu umur Cass hampir tiga bulan. Rash full sebadan dari ujung kepala sampe ujung kaki. Akhirnya dokter sarankan untuk diet ketat. Hanya boleh makan daging-dagingan, buah-buahan, biji-bijian, sayur mayur AJA. Bayangin gabisa makan martabak... bayangin gabisa makan cheesecake.

Sempet down banget waktu itu. Sampai-sampai asi menipis. Dokter mulai kuatir produksi asi turun terus, bahkan berhenti, padahal anaknya masih perlu banyak. Akhirnya dirujuklah ke dokter alergi.

Dateng ke dokter alergi dengan semua gundah gulana, Cass udah rash merah bernanah sebadan, sampe pengen nangis sendiri kalo inget dia nggak bisa tidur saking gatelnya sebadan.

Dokternya Cass baik! Pas liat Cass dengan kulitnya yang acak-acakan dia masih senyum-senyum. Dia bilang, "Ini sebagian besar bayi alami. Beberapa lebih parah dari yang lain, beberapa lebih mending dari yang lain." Dan akhirnya dia jelasin lah panjang lebar tentang eczema Cass.

Diagnosa Cass saat itu eczema dengan infeksi, makanya sampai bernanah, karena sudah terinfeksi kuman dari luar. Diresepkan antibiotik untuk stop infeksinya. Dan sarannya, eczema yang terinfeksi jangan diobati sebelum kering. Sementara eczema yang kering diberikan 2 macam cream, moisturizer dan obat. Sabun mandi pun diganti.

Dalam kurang dari seminggu, semua eczema Cass kering dan bersih. Tapi waktu itu pantang makanan masih jalan terus.

Umur 3 bulan akhirnya Cass cek darah untuk tau alerginya. Dannn.... Cass alergi putih telur skala 5 dari 6. Cass juga terdiagnosa Minor Thallasemia dan Low Immune System.

Sejak saat itu Cass ikut terapi imun untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Sekarang (9m) Cass udah bersih sih sih dari alergi. Terapi imun masih lanjut, no egg diet masih lanjut. Sekarang lagi sibuk-sibuknya browsing segala macam eggless recipe untuk Cass. :)

Awesome's mama

10

Topic: Alergi pada Bayi

Mau share aja moms..
Anakku ASI alergi pipinya dulu merah2. Setelah aku pantang susu, telor, dan turunannya, alhamdulillah mulus kembali pipinya. Walaupun sekarang suka cheating makan telor, susu.. Hihii..
Semangat moms yg anaknya alergi.. Dipantang aja dulu, sambil pelan2 seminggu 2x dicoba makan pencetus alerginya..

11

Topic: Alergi pada Bayi

AORinaldi, Cass tes alergi di biomedika dengan rujukan dokter spesialis alergi. :) Mungkin untuk lebih jelasnya di cek ke dokter spesialis alergi tentang tes yang harus diambil karena cek darah cuma satu dari banyak tes alergi yang bisa dilakukan.

Awesome's mama

12

Topic: Alergi pada Bayi

Mommy Cass, mau dunks dibisikin dokter spesialis alerginya baby cass dimana say? #maaf kalo sedikit OOTD yaa mamods

13

Topic: Alergi pada Bayi

Iya MomCass. Butuh infonya nih buat dokternya, siapa tau cocok juga :)

Ozel's Mom . The Rinaldis . AOR

14

Topic: Alergi pada Bayi

hallo mommys,
ada yang punya pengalaman ga bayinya pipinya merah??
kadang ada kadang bersih banget.. udah bawa ke dokter kulit katanya siy ini dermatitis atopik n di kasih obat salep gitu.. kasian juga kalo tiap kali di salepin.. d cari penyebabnya sampe skarang gatau knapa krn bukan alergi juga..
gimana yah caranya biar ga timbul lagi?? karna kayaknya lumayan bikin gatel klo lagi meradang..

thx mommy

15

Topic: Alergi pada Bayi

Halo diazdhini !
Sama nih kita hehehe. Baby Ozel (3,5 mo) juga pipinya suka muncul merah-merah dan kynya dia risih sampe ky digaruk-garuk gitu pipinya, aku yang ngeliatnya juga kasian banget :(
Pas hamil Baby O aku sempet cek ke dokter kulit dan aku dikasih tau kalo aku dermatitis atopik dan karena itu genetik jadi mungkin menurun ke anaknya.
Dan waktu itu saran dokternya untuk mencegah munculnya biar ga perlu pake obat-obatan (karena bisa hilang timbul terus) lebih baik dicegah dengan pakai produk yang melembabkan kulit dan yang tertulis kalau bahan-bahan yang digunakan organic.

Tetep hilang timbul sih, tapi pas kambuh aku ga kasih apa-apa dan pas hilang bener-bener bersih kok..

Ozel's Mom . The Rinaldis . AOR

16

Topic: Alergi pada Bayi

kalo dari ayah-ibu atau kakek-nenek nya mungkin ada alergi serupa? bisa aja turunan dari kakek-nenek, jadi lebih baik tanyakan dulu kesana.

17

Topic: Alergi pada Bayi

Nemu thred senasib tu rasanya ga sendirian lagi. Baby ofie juga dibilang alergi. Awalnya kontrol ke dokter pas usia 10hari.kan lahirnya cuma 2200gram. Trus aq kasih susu bblr juga. Mana ofie ga bisa nyusu langsung ke aq krn inverted nipple. Akhirnya pompa2an. Ga bertahan lama, 2 mggu udah mlai sedikit produksinya. Dibilang ama dsa nafas grok2nya krn alergi susu sapi. Nggak disuruh ganti susu, cuma dikasih breathy aja. 5 hari kemudian aq coba pake nan ha. Agak berkurang dikiiiit bgd grok2nya. Aq bawa ke dsa bagian alergi.sbnrnya kurang sreg juga siih, mana udah tua susah komunikasinya.disuruh ganti nutramigen. Aq coba seminggu ook biasa2 aja.mana rasanya gag enak. Malah grok2nya kek tambah banyak.aq telp dsa itu katanya biasanya br keliatan hasil setelah 2 mggu. Setelah 2 mggu ada kurangnya cm gag menghilang, sebatas kurang ajah. Pas jelang 1m eh kok mukanya ada bruntus keringet malem.emang dia suka keringetan klo pas minum susu. Kadang merah kadang nggak. Udah pake nutramigen minggu ke3.cuma ofie keknya mulai gag suka ama rasanya...pengen soya tapi dsa itu gag nganjurin katanya klo alergi susu sapi cenderung alergi soya juga katanya... perubahan selama minum nutramigen: grok2 berkurang terutama pas minum susu n tidur, ngulet2 berkurang. Cuma klo baca2 di mbah gugel grok2 bisa karena organ pernafasannya yg blm sempurna n msh terlalu kecil...

18

Topic: Alergi pada Bayi

Wah..nemu thread ini. Baby Hallel 4m didiagnosa dokter food hipersensitif..jadi saya byk pantangannya. Baby Hallel naik BB nya seret, kt dokter krn food hipersensitifnya. Adakah mama yg BB bayinya jg seret? Gmn stlh mpasi, apakah naik BBnya banyak?

19

Topic: Alergi pada Bayi

Hi Moms,
waaahh... ternyata banyak bgt mommies yg baby nya alergian.. kirain anak aku aja yg kulitnya super sensitif krn alergian.
Just share dr awal lahir krn asi ku 3 hari blm keluar, disarankan pakai enfamil HA krn babyku bersin2 terus diduga alergi. Trus sejak asi keluar aku msh campur sufor krn asiku ga cukup, aku coba beli Enfamil yg biasa krn yg HA emg lebih mahal, taunya banyak bintik2 kecil di mukanya dan kata dsa itu beneran alergi susu sapi. Akhirnya ganti lagi pakai enfamil HA alhamdulillah sampai 5 bulan kulitnya udah mulus lagi tapi aku sempet sbulan ganti Nutri Baby HA (krn lebih murah dari Enfamil) eh malah banyak bintik2 merah di tangan .. kaki... kirain digigit nyamuk, ternyata kata dokter kena Eksim atau Eczema :'( sedih bgt akhirnya dikasih obat salep dan obat sirup.. sampai sabun juga ganti jadi Lactacyd baby buat muka dan Seba med buat badan.. seminggu kemudian alhamdulilah udah mendingan..
Skrg anaku udah 6 bulan udah MPASI, sempet aku ganti sufor biasa Chilmil dan sempet bintik2 lagi kulitnya.. teryata masih alergi susu sapi :'( dan saking sensitifnya itu kulit ga boleh makan jeruk, sayuran yg pantangan juga kayak tomat, jagung, dan seledri yg ga boleh... moga2 alerginya cepet berkurang seiring waktu tambah besar... :') kalo masih bintik2 alergian juga kapan2 pengen coba ke dokter spesialis alergi dokter widodo aaah.. denger2 rame bgt yaaa ? demi anak dehh.. hehe

20

Topic: Alergi pada Bayi

Bintik2 nya ky keringet malem ya, miss beatles? Aq bingung juga ini, antara keringet malem alias biang keringat atau alergi? Tapi munculnya setelah 3 mggu pk nutramigen malah...

21

Topic: Alergi pada Bayi

Iya bunda offie.. kayak biang keringet tapi ada di muka juga kayak pipi dan jidat... bahkan kata dsa ku snack bayi kayak biskuit Farley pun ga boleh krn ada susu sapi nya.. yg aman itu biskuit Baby Choice.. coba tanya dokter aja bun..

22

Topic: Alergi pada Bayi

Dan akhirnya ofie balik lagi ke nutramigen krn susu HA juga buat dia alergi...

23

Topic: Alergi pada Bayi

ikutan sharing mommies. babykey 3mo divonis dsa nya kolik karena alergi susu sapi dan seafood pas umur sebulanan. gejalanya uda ada dari umur 3 mingguan, dia nangis kejer trus mulai susah BAB. babykey dari lahir emang sufor campur asi. akhirnya pas imunisasi ke dokter divonis kolik dan dikasih obat piptal drops untuk dikasi setiap nangis kejer, yang ntah kenapa di babykey ini obat yang udahlah mihiil, g ngaruh apa2. bahkan yang katanya bikin ngantuk sama skali g bikin babykey ngantuk sedikitpun. babykey nangisnya emang pake jam banget, tiap jam 6 sampe jam 9 malam bakal nangis kesakitan tiap hari. bahkan sekalipun lagi tidur, dia bakal bangun buat nangis doang. puiiih

selang seminggu, setelah searching sana sini nyari dsa konsuler gastro, akhirnya nemu dan langsung cuss kesana saat itu juga. disana dokter langsung memastikan kalo babykey kolik karena konsumsi susu sapi, baik dari sufor ato dari mommynya yang suka banget ngemilin cake sgla macem, trus karena konsumsi seafood yang dalam case babykey karena mommynya smpet makan ikan laut. buat mastiinnya dokter selain ngeliat nangisnya yg emang khas kolik, juga karena dia sering kembung, tiap BAB bakal ngeden sampe muka merah padahal pupnya encer. akhirnya diresepin interlac which is bakteri baik buat ngebantu pencernaannya, mommynya harus banget stop produk susu dan seafood, sama stop piptal drop yang menurut dese g membantu penyembuhan sama sekali. menurut dsanya ini salah satu fase bayi yang pencernaannya belum sempurna, g perlu dikasih ini itu supaya ngantuk dan g nangis, cukup dipeluk nanti baik sendiri. hanya harus bersabar sampai pencernaan anaknya sempurna. sekarang akhirnya g kambuh lagi itu kolik *janganSampe* ahhh, anak senang, ibupun senang :D

24

Topic: Alergi pada Bayi

cyndewi wrote:
nah untuk kasus anakku apakah itu termasuk alergi alpukat? memangnya alpukat bisa pemicu alergi juga ya mams? info dong..tks ya

Iyaa anak q kemaren sore di cobaiin alpukat abisnya jarinya merah bengkak masih ga nyadar aq ampe ketakutan kiraiin gara2 di pegang kakaknya kekerasan pagi aku kasih alpukat lagi malah abis jari tangan kiri bengkak jari tangan kanan ikut bengkak kaki jari2 nyaa ruam itu cepet banget reaksinya setengah jam setelah makan hiks hiks baru. Anak ke 3 ini yang begini kakak nya alergi debu aja

25

Topic: Alergi pada Bayi

vevovi

hi mommy, salam kenal ^^

kebetulan kasus baby kita hampir sama.. gak tau kenapa tiba2 setiap kali dia (maaf) buang angin pasti dia nangis seperti digigit semut, mau pup juga mukanya sampe merah padahal pupnya gak keras. Selama ini baby ku asi eksklusif (sekarang dia udah 2 bulan), karena udah mau masuk kerja asip gak cukup jadi saya coba ksih dia susu mo**naga platinum, baru sekali coba.. badannya penuh dengan bintik2 merah. Saya stop ksih dia sufor itu. Di tambah lagi, ternyata dia jg ada bakat alergi dengan seafood khususnya udang. Saya lalu konsul ke dsa, dia di ksih interlac sama d sarankan untuk ksih sufor n*n ha. Interlac nya udah hampir abis.. tp knapa dia msih terus nangis klo mau buang angin.. hiks..
bintik2nya jg msih kadang muncul.. T_T
suka gemess deh klo dia tertidur pulas trus tiba2 terbangundan nangis kenceng hanya karena mau buang angin.