1

Topic: Flu Singapur atau HFMD

iya, HMFD lagi wabah banget, kemarin itu Kimchi suspect HMFD, tapi aku dan DSA nya sendiri masih sangsi itu HMFD apa bukan, krn dia memang sariawan, muncul bintik dimulut, dan sekitar kaki, tapiii.. dia gak demam sama sekali, makan masih gampang walau sesekali mengeluh sakit mulutnya, dan anaknya terbilang aktif. Cuma kata DSA nya, berhubung penyebabnya virus, jadi itu HMFD ataupun bukan, yaudah gak perlu diapa2in gak ada treatment khusus. Yang penting rajin cuci tangan aja. Krn sariawannya banyak, dikasih kenalog untuk anti inflamasi nya.
Kalo aku sendiri sih mikirnya, mungkin karena dia sudah di vaksin influenza, makanya efek HMFD ini ringan banget di dia.
Ayway, selain Kimchi, di grup birthclub juga ada bbrp yang kena HMFD loh, makanya mungkin memang lagi mewabah. So mungkin lbh jaga stamina aja, dan sebisa mungkin vaksin influenza

2

Topic: Flu Singapur atau HFMD

semalem suami cerita... temen kantornya ada yang kena HFMD. whoaaa, emang bener yaa spt yang tacang bilang. lagi mewabah.

sehat-sehat yaaa urban mama & family!

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Flu Singapur atau HFMD

udah mereda kah virusnya ? duh saya trauma banget sama HFMD ...
Stallion kena 2x dan saya berdoa jangan sampe ada ke 3x

Stallion's mommy

4

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Barusan kakak ku bilang kalo anaknya temennya kena HMFD, beserta temen2 sekelasnya, ada sekitar 8 orang :(

5

Topic: Flu Singapur atau HFMD

waduh, HMFD memang gampang menular....sering sering cuci tangan dengan sabun

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

6

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Hai Momies,
Iya sedang wabah HMFD, Azzam dan sepupunya sama2 kena.
Ada yang mau ditanyain nich moms. Kali aja ada yang punya pengalaman serupa . Anak aq demam sejak Rabu minggu lalu , mulai muncul bintik tangan kaki hari jumat . Minggu k dokter dan positive HMFD. Nah yang buat khawatir , Minggu malam smpai hari ini suhu badannya belum stabil panas nya . Jadi kadang bisa demam smpai 38,5 dan itu terjadi 2 malam ini . Kita berfikir karena tenggorokan dia sdg sariawan jadi ada masih demam. Tp baca beberpa artikel harusnya kalau bintiknya keluar demamnya akan berkurang .
Apakah memang saat masa penyembuhan demam masih berlangsung? atau sy perlu cek lagi ke dokter takutnya ada virus lain masuk .
Minta infonya ya moms, mungkin ada kejadian serupa .
Makasih

MommyAzzam
-Being A Mother Is the best Things in the world-

7

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Mommy Azzam bila demam masih berlanjut padahal sudah diberikan penurun deman sesuai aturan, sebaiknya cek ke dokter ya.

Semoga Azzam lekas sembuh :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

8

Topic: Flu Singapur atau HFMD

@Piouslady
Kalo untuk bagian dalam mulut bisa lebih gampang pake aloclair spray. Aku sedia dirumah, selain buat sariawan, bisa untuk luka di dalem mulut juga. Sensasinya kan dingin gitu ya, cepet juga recoverynya.

Kaya yang udah disebutin, ya HFMD cuma virus jadi gak perlu antibiotik. Bisa sekitar 7-10hari tergantung daya tahan tibuh anak. Mungkin banyak yang bingung sama bintil2 di tangan dan kaki dipakein obat apa, Mungkin bisa dibantu semprot/kompres Strong Acid aja. Tetep, yang terpenting cairan cairan cairan,jangan sampai dehidrasi. Kalo gak máu makan? Coba tawarin yang dingin-dingin kaya puding, eskrim kalo gak batpil, ato sus dingin. Kebayang ya kita ada sariawan 1 aja aduhaii rasanya ya huhuhu
Jangan lupa rajin cuci tangan, makan sayur,buah dan iatirahat cukup.
Sehat Sehat mamas semuaaa...

-Diva
IG&Twitter: @divadivavid
GarASI-KiTa BreastFriend, Mom of duo ARP

9

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Anakku juga kena HMFD, beberapa minggu yg lalu sempat banyak yg kena di daycare. Cuma dia juga nggak ada demam atau batpil, makan minum juga lahap seperti biasa, cuma tiba2 muncul bintik-bintik dan gatal-gatal aja di tangan dan kaki (termasuk telapak) dan bawah mulut. Pas dicek ke DSA, eh ternyata HMFD. Kata DSA sih, memang tiap anak beda-beda. Kalo imun anaknya lagi bagus, kenanya nggak parah-parah amat, bisa nggak demam juga. Tapi tetep aja menular, jadi dikarantina dulu nih di rumah selama 2 minggu. Nggak diresepin obat apa-apa, cuma Caladine cair kalo gatal.

Home is wherever I am with my children (anonymous)

10

Topic: Flu Singapur atau HFMD

Flu singapura lagi mewabah nih di Surabaya. Stallion (almost 4 years old), 2 hari lalu demam. Trus kmrn saya notice sptnya radang tenggorokan. Hari ini saya bawa ke dsa. Blm pasti apakah flu sgp / demam berdarah. Stallion dulu udah pernah kena 2x, somehow saya mengingat2 gejala pastinya.
Bintik2 baru keluar saat demam turun / hilang kan ya ?
Trus sariawan muncul di hari ke brp ya ...
Apa iya awal2 flu singapura sudah langsung batuk pilek ? Krn seingat saya, batuk pileknya baru muncul pas hari ke sekian / pas udah mau sembuh.

Stallion's mommy