1

Topic: Baby Names

RADEN ADITYA MAJID

RADEN: keturunan raja
ADITYA,bahasa sansekerta: bijaksana,pandai
MAJID,bahasa arab: dihormati,mulia
artinya,keturunan raja yang pandai dan bijaksana kelak akan dihormati serta mulia *amien* :)

2

Topic: Baby Names

hai moms!

ikutan sharing dong, bener2 need help ini mah

dari sebelum nikah pengen banget punya anak yg panggilannya ALSA , mau itu cewe apa cowo

tapiiiii pas skrg udah hamil dan tinggal nunggu lahiran (kira2 3 mgu lagi) lsg panik krg tyt nama ALSA ga ketemu2 artinya

akhirnya sm suami sepakat pake nama SALSABILA (means mata air di surga) jadi tetep bisa di panggil ALSA (memilih SALSABILA karena setelah 5 x usg kt dokter anaknya cewe)

nah tiba2 suami pengen pk nama RADISHA atau RADISYA , dan makin panik karena belum nemu juga artinya....

trus kmrn mimpi ada nama NAIRA , pas di cari artinya Sunshine

Nah kalo namanya : RADISYA NAIRA SALSABILA udah kedengeran bagus siy... tp RADISYA-nya belum nemu artinya...


Help... any suggestion ?

- to be mom is a gift -

3

Topic: Baby Names

duh..baca thread ini jd inget kalo blm punya nama buat si kecil..
*sambil cari inspirasi*

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

4

Topic: Baby Names

Tadinya pengen 3 kata doang biar isi form apa2 gampang, First name-Middlename-Last name.
First & Last name gampang karena ngikutin ayahnya: Mohammad & Zain (perhiasan).
Middle name-nya dapet stelah ubek2 buku nama2 bayi, browsing2, kamus bahasa arab dapetlah Al-Ghithrif artinya dermawan dan tujuanya pengen manggilnya AL. Karena cucu pertama dari keluarga gw, nyokap pengen sumbang nama, yaitu YASSER, artinya mudah.

Mohammad Yasser Al-Ghithrif Zain
Arti rangkaian namanya kira2 : Pengikut nabi Muhammad SAW yang dimudahkan segalanya (rizki, kesehatan, dll) sekaligus dermawan dan kelak menjadi penghias keluarga. amiiiin.

Tadinya ada yang manggil AL ada yg manggil Yasser, di postingan awal TUM dan artikel gw pun masih dipanggil AL. Tapi keknya dia lebih respon dipanggil Yasser hihihi... Yasutralah Yasser aja.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

5

Topic: Baby Names

salutt buat para mamas yg kreatif,,gw jg tadinya pengen se_kreatif mungkin tp di keluarga gw para opung alias kakek nenek berhak dapet jatah kasih nama cucu_na apalagi cucu pertama,,akhirnya didapatlah perpaduan nama anak pertama gw :
VANYA BERLIAN MAGDALENA
-Vanya dr bhs rusia artinya pemberian Tuhan yg terindah,,ini nama dari gw
-Berlian, sesuatu yg indah n berharga,,ini dari mertua gw
-Magdalena,,from The Bible artinya perempuan yg baik hati,,ini dr bokap gw,,
panggilannya Anya tp gw jg suka panggil dia Bebe,,,:)

6

Topic: Baby Names

Gw juga udah nemuin 2 nama nih buat baby kita nanti, udah ngga sabar pengen di ucapin begitu lahir nanti.

Terus kalo gw liat di Indo tuh jarang ya pemakaian nama keluarga bapak/ayahnya (marga/fam/surname) di belakang nama anak. Biasanya sih emang suku batak, manado sama ambon yang pake nama keluarga di belakangnya.

Menurut gw sih penting aja nama keluarga di pake karna pengalaman sendiri nama gw ngga ada nama keluarga di akte lahir, nah karna tinggal di luar negeri jadi nama kedua gw di pake jadi surname dan orang2 jadi bingung kok nama panggilan gw sehari2 dari nama surname. Sampe cape ngejelasin beberapa kali tiap orang tanya.
Tapi ya tiap keluarga kan punya ide dan pendapat masing2 untuk pemakaian nama keluarga ya.

7

Topic: Baby Names

asikkkk, akhirnya bisa ikutan juga..
Nama anak pertama gw :
Ammalila Dea Wiwoho
panggilannya Lila
Artinya : ga tau hehehe... Gw dan suami emang ga nyari nyari nama yang ada artinya.. Mungkin kalo di googling keluar ada kali ya artinya..
Dari bahasa apa juga gw ga tau.. :p
Milih nama ini karena kita berdua seneng aja dengernya..
yang jelas Wiwoho itu last name bapaknya.. :d

Enjoying Motherhood

8

Topic: Baby Names

Mau ikutan juga aaah.. ;)
Anak pertama ga tau kenapa, suami tuh 100% yakin kl anaknya bakalan cowok...dan dia udah 'ngetek' dia yg harus kasih nama...karna dia 'tergila2' banget sama The Godfather Trilogy...jadi anak pertama namanya HARUS VITO..dari DON VITO... :D karena dia bilang suka dg karakternya yg Family Man banget...
Trs udh kesepakatan kl anak Laki depannya pake Muhammad..Kalo perempuan Khadijah...Krn aku pengen ada kontribusinya..jadi nama terakhirnya aku yg cari.. setelah browsing dapet lah nama Adelard (Jerman) yang artinya Gagah Berani...
Jadilah Namanya.. MUHAMMAD VITO ADELARD...

Nah, anak ke 2 ini, krn si kakak udh gede.. (5th)...dia request supaya dia boleh kasih nama buat adiknya...gak tau dpt ide dr mana..dia minta adiknya dinamain Tanira....browsing sana sini..nyari arti nama itu kok ya gak nemu...ngerayu si kakak buat ganti jd Almira aja...artinya putri kl gak salah ya (Arabic)...tetep ga mau tuh.. ya wis, ngalah deh....tulisannya aku rubah biar gaya dikit, jadi Thanyraa..dan tambahin Al didepannnya biar enak nyebutnya..
Nah, krn sesuai kesepakatan, kl anak perempuan depannya Khadijah...jadilah itu nama depan adiknya...tadinya mau digaya2in dikit..jd Khadeeja atau Khadija..tp ayahnya maunya mmg kliatan 'klasik' gitu.. :D
Nama tengah aku yg cari..dapet nama Sarisha, dr bahasa Sansakerta yg artinya Mengagumkan...jadi deh nama si adek,
KHADIJAH SARISHA ALTHANYRAA

Ibunya Muhammad VITO Adelard, Khadijah Sarisha alTHANYRAA & EL - Zaidaan Athalla | @RheeaNanda | http://nandapurnama.wordpress.com

9

Topic: Baby Names

yaiy! pingin sharing juga..

dari awal kehamilan gak tau kenapa punya perasaan kalo babynya ini cowo.. dan di bulan ke-5 pas di USG ternyata memang benar cowo..hihi, insting ibu kali ya.. jadilah dari saat itu browsing nama-nama di web.. yg jelas nama depannya dari R, coz turunan dari papanya, sebenarnya udah gak terlalu kaku harus dipake tapi demi menjaga budaya dan silsilah keluarga jadilah tetap kami pakai..
Akhirnya terpikir untuk bikin nama singkatan, dan jeng..jeng.. jadilah nama bayi kami: R.A.F.A, which is stands for Raden Ardis Fawwaz Aydan.
Ardis: Bersemangat
Fawwaz: beruntung
Aydan: Cerdas,
Rafa: makmur
Do'a mama papanya, smoga bisa sesuai dengan nama yang diberikan.

Panggilannya Rafa, dan sampai sekarang kadang ada orang-orang yg msh bingung kok bisa dipanggil Rafa padahal gak ada di namanya..hihihi

.: mama rafa-riza :. :rolleyes:
@mmelzz

10

Topic: Baby Names

melz- samaa,.. nama anakku juga singkatan gitu. Ayahnya pengen banget kasih nama Kenes setelah tau babynya perempuan. Cuma bingung panjangnya apa yah? Karena dari dulu aku suka bangeet nama Keenan, akhirnya bikin nama panjang Keenandra Neshawnie, disingkat KeNes deh..

pamz- paaam, ini pamela ITB kan? aku inget nama anakmu Yasser.. masih inget kan Ana arsitek.. :)

11

Topic: Baby Names

mau ikutan crita nama anakku,GARNETZHIA SALWA VALLEDIANDRA RENATA.

Aq pengen salah satu kata nama anakku dr bahasa Arab sdgk suami maunya ada unsur geologi/mineral (suamiku geologist).yauda,aq minta cariin mineral,batuan yg plg keras.mksdnya,spy ntr anakku mjd org yg tangguh,kuat.dpt dh,Garneth.berhubung tiap usg,smp usg 4D,hasilnya ceweq.nama Garneth (cowoq bgt) dimodif menjadi Garnetzhia.krn ceweq dan aq pgn ada bhs arab,pilih Salwa,artinya madu yg pny byk manfaat.mdh2n anakku berguna bg masyarakat.berhubung sejak pcrn smp nikah,aq dan suami SLJJ,aq ga lgs hamil.akhrnya,hmp 1th nikah,aq ambil cuti ke Tembagapura (tempat suami kerja).kami pinjem rmh temen suamiku,di daerah Hidden Valley.sepulang dr sn,hamillah aq.jd nyomot nama Valley utk kenangan.oya,wkt awal2 cr nama,suamiku pgn nama Andra tp aq krg setuju.stlh itu,wkt qt mulai sambungin nama,dpt yg cocok,mjd Vallediandra.dan cita2 suamiku (lage? *suami byk maunya*) menggabungkan unsur2 nama kami sbg nama belakang anak,menjadi Renata.
Fiuh,panjang ya?klo ditanya artinya...lbh baik aq crita pemberian namanya.klo dikomen,kepanjangan ntr susah nulis d ktp,isi form dll....kujawab,mdh2n ntr sistemnya smkn canggih.jd namanya muat.kebetulan,aq mantan CS bank swasta (yg pny produk tab.anak2).anak2 skrg namanya panjang2 dan spellingnya susyee..
Hoho lupa,nama panggilan Zhiezhie.bkn Sisi,Cici or Desi...

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

12

Topic: Baby Names

kl nama anakku Fathiyya Yasmin
terinspirasi dari nama temen Nury Fathiya, dia anaknya cerdas.
Jadi, dipakailah nama itu untuk anakku ^_^

bundafathiyya.blogspot.com

13

Topic: Baby Names

Baca nama2 baby dari depan, seru2 ya. Tapi baru sampe tengah doang sih, blom smua. Perjalanan buat nama nya unik2. :) Sampe ada cerita yang lucu2 ttg nama, jadi ketawa2 sendiri.

Mo sharing juga ni. Dari seblom nikah, saya udah niat, mo ngasih nama Kanya buat cewe dan Satrio buat cowo. Saya emang pengen yang agak Jawa gitu. Tapi ternyata ditolak ama suami. :( Akhirnya suami beli buku nama yang tebel buanget. Bacain satu2 setiap ada yang sreg, saya sebut ke suami, ditolak. Dia pengennya yang ga pasaran lah. Pokonya banyak rikues, nolak smua pendapat saya, tapi setiap ditanya pendapatnya sendiri, bilang ga tau. Uuuh gemes banget.

Akhirnya dipinjemin buku nama ama kakak ipar. Nama2 yang berbau Arab gitu. Akhirnya dari situ dipilih beberapa nama, suami ikut sortir. Trus disepakatin ada 3 suku nama. Trus ga tau kenapa saya pengen banget ada nama Nadine. Bukaaan, bukan karena Nadine Candrawinata, tapi gara2 nonton Cinta Fitri. Hihihi... Ada anaknya Mischa, namanya Nadine, dan lucu banget setiap dia nyebut dirinya sendiri Nadine. Saya maksa2 suami ada nama Nadine, akhirnya dia setuju. Trus hasil sortiran dari buku nama Arab itu dapet Raisha dan Fahira yang mnurut kita bagus. Walo Fahira tu nama toko krudung di Pasar Baru Bandung, tetep dipilih. hihihi... Akhirnya disusun jadi Raisha Nadine Fahira :)

Tapi pas, Raisha lahir, dan ditanya siapa namanya? Suami jawabnya slalu RNF, Raisha N. Fahira. Dia ga mau nyebut Nadine-nya. Dasar...Nyebelin. Soalnya dia takut kalo nyebut Nadine orang berpikir si Putri Indonesia itu. Eh, kita juga baru sadar ternyata Fahira tu panjangan dari nama Jihan Fahira. hihi...Kepikirnya toko krudung doang.

Btw, ga jauh dari lahiran Raisha, ada temen yang lahiran juga, dan nama anaknya Bilqis Nadin Fathia. Huooo...Mirip ya...Bahkan nama Bilqis dan Fathia sebelomnya ada di daftar sortiran kita yang dari buku nama Arab itu. hehe...

Oya, nama Raisha tu baru kita tau akhir2 ini artinya. Ternyata artinya pemimpin, dari Rais (kalo buat cowo). Cocok juga, berarti bisa jadi pemimpin adik2nya. :) Emang nama tu kayanya takdir ya. Kita sebagai orang tua cuma dikasih jalannya aja.

@dyaharini

14

Topic: Baby Names

hay dyah, baru mo ngisi thread ini, ternyata ada dyah di atas sy.. hihi..

Kalo sy, dapet nama anak pertamanya ga sengaja.. suami sukaaa banget maen game Warcraft. Suatu saat dia lagi main, terus nemu nama heroes Naisha, sejak itu dia pengen banget namain anaknya Naisha. Pas dicari2 artinya, ternyata Naisha tuh ada di di beberapa bahasa, seperti India, Arab, Hebrew, dan artinya tuh Mercy. Karena artinya bagus, saya setuju2 aja pake Naisha.
Awalnya, suami pgn nama anak kami 2 suku kata aja, terus karena Naisha lahir waktu bulan Ramadhan, jadilah dinamai Naisha Ramadhani. Pas malem sebelum ngasihin persyaratan akte (mepet bgt kita ngasihinnya hampir 2 bulan), tiba2 kita memutuskan untuk nambahin satu suku kata lagi di tengah. Trus malem itu kita buka2 buku nama dalam bahasa Arab deh semalaman. Kita akhirnya masukin nama Syifa yang artinya penyembuh. Gitu deh, akhirnya nama anakku Naisha Syifa Ramadhani.

15

Topic: Baby Names

Hai moms,

bagus-bagus banget ya nama anak-anaknya..artinya juga bagus..
entah kenapa, untuk anak pertama ini aku "kalah" banget sm suami dan eyangnya (ibuku)
saking bingungnya mau kasi nama apa, karena setiap nama yang kuajukan dengan sukses ditolak dengan alasan mcm2 ..akhirnya aku nyerah..
nama sepenuhnya yang nentuin suamiku..(duhh, dia keras kepala banget waktu itu)
Akhirnya, jadilah nama babyku "Fumiko Anindya Vimala Anjani"
(yahh..aku tau..4 kata dalam nama bakalan susah buat bikin passport or surat2 penting lainnya..tapi lagi2 suamiku keukeuh)
Fumiko artinya keindahan yang berharga (suamiku japanese freak)
Anindya : sempurna, Vimala : murni, Anjani : putri yang cantik..
Arti lengkapnya putri yang cantik, sempurna dan murni, keindahan yang berharga bagi papi maminya..begitulah kira2..he3..
Dan aku langsung jatuh cinta sm nama itu..
*Tapi lagi-lagi "kalah" sm nama panggilan eyangnya...Akhirnya dari lahir smp sekarang dipanggil QUINN yang artinya pandai dan bijaksana..Well, we are'nt selfish parent for sure..and Quinn is pretty good names too..

16

Topic: Baby Names

Hihihi..lucu2 en unik2 nama baby2nya...

Jadi pengen ikutan sharing nama my lovely baby... ^^

nama anaku : Saadan Raditya Prawira
Saadan artinya kebahagian (bhs arab), raditya artinya sunshine (sansekerta), prawira artinya gagah berani (bhs jawa).
Jadiiiiiiiii artinya kurang lebih begini nih : seseorang yg gagah berani yg membawa kebahagian dan menjadi penerang buat keluarga.... amin.. ^^

17

Topic: Baby Names

dewi_joshin eeh baru ngeh Dewi nge-post di bawah ku. Baru tau ternyata namanya Naisha dari Warcraft. haha...si Rully yah, teuteup...
untung mintanya bukan yang aneh2. hihi...

@dyaharini

18

Topic: Baby Names

dyaharini, iya, untung bukan ogre namanya.. T_T

19

Topic: Baby Names

waahh..nama2nya unik2 ya..dengan cerita yang seru2 juga..
kalo nama anakku malah g ada cerita sama skali..cuma dicari2 aja apa yang bagus..

Azqeela Ayudia Nimeesha

dari awal pengen puny anak yang namany ada hurup Q dan L untuk nama panggilnya..nyari2..akhirnya nemunya nama Azqeela yang aku modif dari nama Azka dan Kayla..sedangkan Ayudia karena suka aja..untuk menambahkan..suami ngajuin nama Nimeesha yang artinya putri dalam bahasa afrika

jadilah..AZQEELA AYUDIA NIMEESHA (QEELA)

20

Topic: Baby Names

ikutan ahh..

namanya mola diambil dari ikan molamola, ikan artis yg byk dicari divers, pdhal gw sendiri juga belum pernah liat sendiri ikan molamola tuh kaya apa, tapi udah jatuh hati sama nama mola.. :)

sampe sebelum lahiran masih belum tau nama panjangnya apa cm 1 yg pasti namanya harus ada MOLAnya, hehehe

krn kami terlalu pelit buat bli buku nama, akhirnya jalan2lah kami ke toko buku sambil baca2 buku2 nama yang tersedia dsana,pulang2 dapet pencerahan nama panjang mola :

Mola Aolani Zahiya

Mola - diambil dari ikan molamola aka sunfish, hmm..krn namanya cuma mola kita beranggapan mola itu artinya matahari yang menerangi lautan (sunfish) *maksa

Aolani - heavenly cloud

Zahiya - pretty

21

Topic: Baby Names

Mau ikutan ah..
Aku dah punya 2 putri..
Sejarah ngasih nama anak pertama itu dimulai dr testpack,pas tau positif lsg berdua (sm suami) sibuk nyari (ngarang,red) nama.. Secara 2 2 ga ada inspirasi, pas kandungan 8 bln br hunting nama ke toko buku (baca doank, ga beli.. Wkwkwk) dptlah nama
GHINA ALIFATUNNISA
artinya: anak prempuan yg kaya dan lemah lembut. Berharap ga hanya ky materi, tp jg kaya hati, dan lembut.
Anak kedua lucu lagi.. Pas dah lahir ketar-ketir nyari nama, krn dikira babynya cowok, ga taunya cewek lagi.. Browsing internet.. Ampe buka lowongan sumbang nama..* taraaa... Si abi dpt nama
SHOFIYAH KHAIRA GHAZI.
Artinya : shofiyah =suci/bersih
khaira=kebaikan
ghazi=pejuang.
tdnya mau 2 nama shofiyah khaira aja, tp aku kekeh nambahin ghazi yg artinya pejuang.. Krn anakku yg kedua ini lahir normal,yg pertama sc..jd ku merasa yg berjuang untuk lahir itubukan bundanya aja,tp my baby jg.. Pdahal jarak yg pertama 1,8thn. Makanya aku kekeh bgtminta nambahin ghazi dibelakangnya.
Berharap anakku jg pejuang yg penuh kebaikan dan selalu suci/bersih hatinya. Aamiin.

22

Topic: Baby Names

bunda ghina, waaah bagus inspirasi Ghazi nya. share dong pengalaman melahirkan normal setelah sesarnya di thread VBAC. Saya pengen VBAC juga (walo belom hamil lagi sih)

@dyaharini

23

Topic: Baby Names

Ikutan berkisah ttg nama anak aah..

Namanya: Raissa Caiannika

Dikumpulin dari:
Raissa (French) = believer, thinker, rose
Raissa (Arabic) = female leader
Raissa (Old Greek) = adaptable, easy-going, rose, carefree
Raissa (Russian) = light, frivolous, obedient
Raissa (Irish) = the believer

Caia (Latin) = to rejoice
Caia (Roman) = the Goddes of Fire, Hearth, Health, Woman
Caya (Sanskrit) = illumination
Cahya, Cahaya (Indonesian) = light
Cai (Sundanese) = water
Aia (Minang) = water

Annika (Scandinavian) = sweet face
Anika (Japan) = God’s grace
Aneeqa (Arabic) = one who’s beautiful

Jadi maksudnya nama Raissa Caiannika artinya pemimpin cantik dan sholeha yang wajahnya senantiasa dibasuh oleh cahaya Ilahi.

Untuk kisah selengkapnya bisa disimak di: http://skippintroupe.com/2009/10/and-her-name/

Papanya nulis thesis nama anaknya sampai hampir 3 halaman. Hehehe.. :D

~ Lala ~
help! mama is bitten by the travel bug.

24

Topic: Baby Names

Ammar Zafran Hartana
Ammar : kuat imannya, baik pujiannya, lemah lembut
Zafran : kejayaan
Hartana : Gabungan nama Wawan Heruwanto & Lisna Ekowatiningrum, jadi nama keluarga

Harapannya agar putra kami menjadi anak yang kuat imannya, baik tingkah lakunya, lemah lembut & sukses kehidupannya.

25

Topic: Baby Names

moms ijinkan cerita asal usul nama mas Fadhil:
1. aku pgn nama anak cowok dari F or Z, kenapa?coz bapaknya ga bisa bilang "F" selalu jd "P", kalo "Z" jadi "J" (ha3).. so bapaknya yg cari..ketemu deh Fadhil
2. dari dulu sebelum merit, dah jadi cita2 kalo punya anak cowok, depannya dikasih " Muhammad", kalo cewe rencana laen lagi, nama depannya "Sitti"..he3 kayak jaman Urdu bgt ya
3. pas akhir2 kehamilan, mikir2 enaknya juga dikasih akhiran nama yang berarti pemberian Allah..nemu2 seh "Atha", tapi later on aku tambahin jadi "Athaala", yang artinya masih pemberian dari Allah, secara untuk hamil aku nunggu 8 bulan.

Jadilah dirangkai nama seperti ini :
"Muhammad Fadhil 'Athaala"
yang artinya anak laki2 yang merupakan pemberian Allah, dah merupakan keutamaan/yang mempunyai banyak manfaat. Harapan mamanya Fadhil jadi anak yang sholeh tentunya.amien3

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)