1

Topic: Anak Takut Berjalan

hai mamaaaassss.... aduh senengnya... ini pertama kali aku ikutan comment di thread toddler bukan baby lagi *hihihi, norak abis*.....

sharing yaaa, kalo si neng farah (12mos3weeks) merangkaknya agak lamaaa, sekitar hampir 8 bulan baru bisa merangkak, tadinya ngesot terus, padahal temen2nya udah pada bisa duduk. eh, setelah bisa merangkak, gak lama langsung duduk, berdiri2, merambat dan 11 bulan 2 minggu bisa jalan.... agak takjub juga... walau aku tipe yang selalu berusaha mengajari anak (bukan tipe yang ngebiarin "aah, ntar juga bisa sendiri")

kalo waktu itu aku gak ngasih anakku alat bantu tetah apapun, kaya babywalker, atau moonwalker atau apapun, tapi aku tetah pake tangan, aku beliin sepatu yang bunyi ncit-ncit walaupun waktu itu belum bisa jalan, baru rambatan. hasilnya si neng seneeeng banget di tetah...

trus karena beda 3 bulan sama kakak sepupunya yang udah jago jalan, sering2 ditemuin. dibilang "ayo Farah, belajar dari Mbak Nada, tuuh pinter ya jalannya" dan kakak sepupunya juga ngajak2 terus... :) diajak ke lapangan deket rumah, banyak bayi2 yang udah bisa jalan, diunjukin lagi... jalan2 sorenya juga gak pake stroller lagi, tapi pake spatu ncit-ncit dan di tetah, gapapa kotor, gak kotor gak belajar *iklan banget*

trus dicoba lepas, kita di depan dan dipancing pake makanan/mainan apapun yang menarik perhatian biar dia mau nyamperin kita. and it's all works :) senang rasanya training-ku berhasil. jangan lupa kasih hadiah kalo udah pinter belajar jalannya, biar makin semangat :)

semoga bermanfaat :)

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

2

Topic: Anak Takut Berjalan

Mamas..Arza sejak umur 11bulan 2minggu udah jalan tapi amsih males2an dan g pede..maunya dititah terus. Menjelang dia satu tahun tiap sore diajak ke lapangan deket rumah trus saya berdiriin dan saya menjauh. Awalnya teriak2 hampir nangis minta dititah tapi terus saya kasih semangat dan tepuk tangan (g pke joget2 karena banyak orang)..akhirnya mau nyamperin mamanya..Tapi saya menjauh dan akhirnya dia jalan terus..
Setelah 2 hari terapi lapangan, pas usianya satu tahun (6 Mei) Arza dah jalan terus kemana2..walopun posisi tangan masih di samping telinga.. Tapi gapapa lah coz awal2 bisa jalan tangannya diangkat tinggi banget, kayak lagi ditodong..hweheheh.

Soal sepatu, arza setia pake skidders trus nyobain sandal citcitnya yang lama ternyata g muat..beli yang baru g ada yang muat karena kakinya Arza besaar dan lebarr. Akhirnya Beli yang model sendal gunung merk Cool sama crocs abal2..
Tapi tiap hari selama kuranglebih setengah jam dibiarin jalan di rumput atau tanah tanpa alas kaki..katanya buat menguatkan saraf kaki.. CMIIW

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

3

Topic: Anak Takut Berjalan

Mamas, pada nonton film bebiez nggak nih? Ada scene bayi china yang belajar berdiri dari posisi duduk trus bisa deh berdiri dgn usaha sendiri atau si mary japan yang belajar jalan tertatih tatih tanpa digandeng. Ih, minggu minggu ini ngarep itu kejadian di baby ila12 mts. Sudah kayak kupu kupu sih hari ini menclok sini -jalan- menclok sana tapi ya itu posisi awal adalah berdiri. Semoga beberapa hari ke depan sudah berani ambil step duduk-berdiri-melangkah ya..jadi curhat di sini soalnya gemes, kakaknya dulu setahun sudah main bola sama teman mainnya.

hari ini adalah hari baik

4

Topic: Anak Takut Berjalan

rimaniss wrote: sharing yaaa, kalo si neng farah (12mos3weeks) merangkaknya agak lamaaa, sekitar hampir 8 bulan baru bisa merangkak, tadinya ngesot terus,
wrote:


hahahaha sama kayak hafidz, ngesotnya lama ampe kenceng banget karena sebenernya udah kuat merangkak. trus pas merangkak juga lama ampe bisa ngebut dan ngepot hihihihihi

kalo gw pikir, anak bayi dengan gizi baik pasti tubuhnya udah ada jadwal sendiri kapan bisa ini dan itu. masalahnya cuman di kepercayaan dirinya aja.

hafidz dari perpindahan merangkak-titah-jalan, gw suka perhatiin kalau dia gak merasa diperhatiin bisa tuh nyoba2 jalan 1-2 langkah. eh pas gw kegirangan dan nyemangatin malah dianya cengengesan trus merangkak ngebut lagi. karena belom lancar, kayaknya dia gak pd kalo latihannya diliatin ma gw hehehe. jadinya walopun sebelom 15bulan blm lancar jalan dan saudara udah ada yg nanya "udah jalan belom" gw jawabnya nyantai aja gak khawatir kalau anaknya gak mampu, cuma belom mau aja.

oya & betul kayak mama yg lain, banyakin ajak main sama temen2 seumuran yg udah jalan biar dia iri temennya udah lihat dunia lebih banyak krn dah jalan hehehehe oya sama kalau jalan2 pagi, jangan kebanyakan di gendong kain. ada anak tetangga kalau keluar rumah paaaasssti digendong kain. mba nya gak mau repot titah or lari2 ngejer.kasian anaknya kehilangan kesempatan nginjek bumi.

Bussy life...happy life...

5

Topic: Anak Takut Berjalan

Haii gue mau laporan akhirnya Fayra bisa jalan di umur 14 bulan 18 hari ! sampe hafal krn tanggal keramat, itu 3 hari sebelum wedding anniversary kita. that was our best anniversary gift. jadi emang seperti tiba-tiba ya, malem2 gitu pas dia lagi berdiri, ade gue megang kamus yang covernya warna-warni eh tiba-tiba dia jalan menuju tantenya trus kita ulang lagi dengan jarak yang lebih panjang dan akhirnya dia lancar kesana kemari dalam 3 hari.

tapi emang bener kata orang, fayra kan ga lewatin fase 1-2 langkah jatuh tapi ngedadak bisa langkah panjang gitu, dia jarang jatuh sih. Oya dan fase fayra kebalik, dia duluan bisa jalan baru 4 hari setelahnya bisa berdiri sendiri tanpa pegangan, biasanya harus dibantu dulu atau dia harus pegangan sesuatu dulu untuk berdiri. sama seperti ketika setelah duduk, dia bisa berdiri berpegangan duluan baru abis itu bisa merangkak. yah emang beda-beda tiap anak. semangat yaa mama, pasti akan segera datang waktunyaaa :)

6

Topic: Anak Takut Berjalan

Dinniw yeay! ikut seneng dengernyaaa, sekaligus menyemangatkan gue yg lagi sabar menanti yasser berani jalan sndiri:)

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

7

Topic: Anak Takut Berjalan

Dinniw wrote:
Oya dan fase fayra kebalik, dia duluan bisa jalan baru 4 hari setelahnya bisa berdiri sendiri tanpa pegangan, biasanya harus dibantu dulu atau dia harus pegangan sesuatu dulu untuk berdiri. sama seperti ketika setelah duduk, dia bisa berdiri berpegangan duluan baru abis itu bisa merangkak. yah emang beda-beda tiap anak. semangat yaa mama, pasti akan segera datang waktunyaaa :)


samaaaa, dl jg Atha begitu, jd dia ngerangkak dl, cari pegangan dl utk berdiri sendiri, br jln deh :D

8

Topic: Anak Takut Berjalan

Pamz, klo dl ak ngajarin atha gak tatih 2 tangan, krn klo tatih 2 tangan kan udh lancar jaya. Jd di ajarin tatih 1 tangan aja, alias di gandeng, nnti dia belajar keseimbangan dr situ.
Alhamdulillah 2 hr stlh latihan tatih 1 tangan, lsg bs jln. Dgn cara stlh stgh jln, kita lepas pegangan kita dari pergelangan tangannya, langsung dia tanpa sadar berjln sendiri. Malah stlh itu, dia cengar cengir kya yang takjub, "Wah, gw berani jalan sendiri".
Dan kuncinya jg selalu di semangatin, kya klo dia udh berhasil jln bbrp langkah, kita tepuk tangan, sambil teriak heboh "hore" or "anak pinter"..
Jgn ada keluar kata2x, "ah kamu mah males bgt sih utk jln aja". Krn kebuktian dr anak tetangga, ampe umur 17 bln, blm bs jln aja, msh ngesot..

9

Topic: Anak Takut Berjalan

Thank u UmanyaAtha, aku juga maunya gitu, tapi si yasser tampak gamang, klo kulepas satu tangan dia ngambek, milih duduk sambil menangis. Makanya aku sebanyak mungkin membiarkan dia duduk-diri sndiri sambil pegangan kursi meja ato apapun, kadang aku pura2 ga liat, soalnya klo dliatin dia jadi manja hehehe... Pengen kpn2 bawa ke tempat dimana banyak toddlers yg udah bisa jalan, biasanya anakku suka terpacu.
ho oh aku ga pernah bilang dia males, tp yg lain suka bilang gitu, mungkin maksudnya pgn bilang eh anak ini pinter lho, sebenernya udah bisa jalan tp males. Klo ada yg bilang gitu biasanya aku buru2 nimpalin 'ayo yasser udah pinter nih jalan sama ibu, tambah pinter klo bisa sendiri yaaa'

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

10

Topic: Anak Takut Berjalan

ikut share ya.. sama ama UmanyaAtha, setelah agak lancar ditatih 2 tangan, josh mulai aku tatih 1 tangan. pertamanya kitanya yg ngegandeng krn blm seimbang dia berdiri/jalannya, lalu lama2 dia belajar menyeimbangkan sendiri langkah2nya dan cuman megang 1 telunjuk kita - betul2 cuman megang ringan doank, bukan buat tumpuan/tahanan. sebetulnya sih dari 10bulan dia udah jalan2 sendiri di box-nya nyebrang2 gitu, tapi kalau di lantai blm berani (11m 1w baru berani jalan sendiri di lantai). jadi setelah dia lancar tatih 1 tangan, dari posisi dia berdiri dirangsang pakai barang2 kesukaan dia (kunci mobil, dompet, HP - yeah.. ni anak suka ama barang2 berharga :lol: ) jadi kitanya jongkok megang barang tsb deket2 aja dulu kisaran 2-3 langkah kecilnya. kalau dia duduk & mau merangkak untuk ngambil diberdiriin lagi & suruh jalan, lama2 dia mau. kalau berhasil langsung dipeluk & dipuji lengkap dgn tepuk tangan hihihi nah pas kebetulan waktu itu dia juga lagi suka masuk2in barang2 ke dalem tas trus dikeluarin lagi. jadinya tasnya aku taruh di jarak tertentu lalu anaknya dikasih kunci/dompet/mainan & suruh masukkin ke tas itu eeh ternyata malah lebih lancar & berani jalannya kalau dia lagi megang barang di tangannya (mungkin berasa sama kaya waktu ditatih megang telunjuk). lama2 dia berani jalan2 sendiri, malah sekarang tiap hari kabur keluar dari kamar. oya satu lagi.. kalau aku sih pas anaknya belajar jalan dan keliatan agak oleng/mau jatuh atau jatuh sekalipun sih aku biarin aja (tapi tetep jagain spy pas jatuh kepalanya ga kebentur) jangan langsung dibantuin atau malah membuat suara kaget/takut nanti malah bikin anaknya ga percaya diri. paling kalau udah jatuh kita bilang "ga apa2, ayo berdiri lagi. pintarr.." lama2 dia belajar kalau oleng dia berenti dulu jalannya & berusaha menyeimbangkan badan supaya ga jatuh baru lanjut jalan lagi. kalau jatuh juga dia belajar untuk bangkit berdiri sendiri & ga nangis kalau jatuh. sekarang sih josh (1year 2weeks) uda lumayan lancar jalannya cumaaann PR-ku tuh buat ngajarin dia kalau jalan harus sambil memperhatikan langkah/jalan di depannya soalnya dia kalau jalan liat lurus ke depan or malah ga liat jalan sama sekali krn bawa2 mainan, mana kalau jalan cepet2 pula jadilah suka kesandung sandal/sepatu yg diparkir didepan pintu

11

Topic: Anak Takut Berjalan

waaa...tenkyu mama2:) Siap! tips2nya akan segera kulaksanakan

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

12

Topic: Anak Takut Berjalan

ah... dinnniw udah laporan... akyu mo laporan sekarang deh :D
Lula pas umur 15,5 bulan udah berani jalan sendiri. Sampe gw video-in, gw youtube-in buat laporan sama keluarga gw. Namun apalah daya, besoknya di ngambek. Ga mau jalan sendiri. Balik nyari telunjuk lagi :( (baca:minta di titah lagi). Soalnya emang pas bisa jalan itu, dia sempet jatuh2 jadi dia traumatis.
Sedih banget, soalnya 1,5 minggu kemudiannya kita udah planning ke Bali sama temen2 dan sempet kebayang bakal seneng tuh lari2an di Bali. Ternyata tinggal kenangan... di Bali ya tetep minta dititah.
Alhamdulillah, sekitar umur 16m 1w gitu dia tiba2 berani jalan sendiri. Sempet dag-dig-dug, bakal trauma lagi ga ya??? sempet jatuh2 dikit tapi ternyata ga kapok jalan sendiri!!! :D wuuuiih... hepi bener dah.... Yak, tinggal sekarang deh, keringetan ngejar2 dia. Soalnya undah kombinasi jalan cepet (lari belum terlalujago), panjat2 sama obrak-abrik laci, buffet, rak dapur (-_-)'
Intinya, sabar aja ya mamas, DSA lula bilang, emang maksimum di 18 bulan udah bisa jalan sendiri. Kalau memang masih belum, baru konsultasi sama dokter yaaa...
Tiap anak emang beda2 sih, anak tetangga yang lebih cepet jalan dari lula, tipenya hati2. Melangkah satu persatu...klo anak gw emang tipe grasa-grusu...makanya kecenderungan jatoh lebih tinggi dan ya itu kecendrungan trauma jatuh lebih tinggi....
Jadi, Ciayo mamas!!!

still learning....day by day....

13

Topic: Anak Takut Berjalan

oia, lupa.... dalam proses pelatihan jalannya lula tidak ada buah pala dan belut yang jadi korban (baca:digunakan) :D

still learning....day by day....

14

Topic: Anak Takut Berjalan

Yasser made a progress yesterday. Dia mau dititah satu tangan!

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

15

Topic: Anak Takut Berjalan

MamaAlula gimana critanya Lula tau2 berani jalan sendiri? Mira sampe sekarang (15m) masih belum berani jalan sendiri, padahal dititahnya juga udah ga dipegang tangan, tapi dipegang leher baju/kaosnya yang belakang. itupun cuman sekedar dipegang aja, bukan yang kita sangga dari belakang. Dan karena ngomongnya juga udah banyak, tiap kali kita coba lepas Mira langsung cari pegangan sambil bilang "Takuut.." :(

16

Topic: Anak Takut Berjalan

dag dig dug juga nih Qilla 11m, kapan y mulai bisa ngacir sendiri (masih titah juga soalnya) mudah2an cepet y nak
jadi pengen nyoba terapi lapangan nih tfs bund piyut, enak pagi2 y bund, masih ada embun

--- nyanyian qilla sebelum tidur : nyanayyuunyununana" ---

17

Topic: Anak Takut Berjalan

linda ah... lula pun mengalami periode dipegangin kerah gitu...tapi ya ga pede dilepas pegangan. Akupun lupa diapain...
Tapi mesti gw akuin yg bener2 berani lepas dia itu bapaknya. Klo gw cenderung buru2 nangkepin pas dia oleng dikit. Soalnya dia cenderung grasa-grusu gitu jalannya
Seingat gw-pun dia berani lepas pas diawasin bapaknya dan ga ada dirikuw. Tau2 pas pulang arisan RT udah disambut lula dan papapnya yang lagi jalan2 gitu. Dan dia pede gitu jalan sendiri.

still learning....day by day....

18

Topic: Anak Takut Berjalan

MamaAlula wrote:
oia, lupa.... dalam proses pelatihan jalannya lula tidak ada buah pala dan belut yang jadi korban (baca:digunakan) :D


hahahaha bener rin, jadi inget desperate-resolution kita.untung blm sampe buah pala sama belut udah bs jalan. mama yang lain semangat yaaa percayalah akan tiba waktunya koq, entah setahap2 atau kaya hidayah dari langit *halah bahasa gue* gaada angin & ujan tiba2 fay jalan sendiri aja gitu

19

Topic: Anak Takut Berjalan

mw share ya, rakha bs jalan sendiri umur 14 bulan. tadinya malah pas 12 bulan udh bs jalan sendiri ga pk dititah sekitar 2 meter trus jatuh. tapi pas dy umur 12 bln lebih dy jatoh trus kepentok, abs itu trauma kali ya anaknya jadi ga mw jalan sendiri. klo mw jalan harus dipegangin. mending dy ngerangkak drpd jln sendiri.

sama gw udh gw bilangin 'rakha coba jalan sendiri yuk' tapiii dy nya nolak, sampe stress mamanya ga bs ngajak nyuruh anaknya jln sendiri lg, akhirnya yud dibiarin aja. toh mikirnya nanti pasti ada waktunya dy bakal jln sendiri.

eh kejadiannya pas dy sekitar umur 14 vulan, ade gw maen ke rumah trus cuma dibilang 'sini rakha samperin tante', lah trus dy langsung jalann *tepok jidatt*. akhirnya abs itu udh mulai berani jalan lg deh walopun jalannya msh suka grasa grusu, pengennya lariiii padahal jalannya msh belom lancar

i love you akha n ayang

20

Topic: Anak Takut Berjalan

MamaAlula gitu ya ceritanya. ngeliat anak tetangga yang lahirnya selisih 3 hari sama Mira udah bisa jalan sendiri, rasanya gimanaaa gitu :p. tapi emang kalo ngocehnya udah lebih banyak Mira sih, dia cepet banget niru segala ucapan orang. yah, coba bersabar deh, ditunggu sampe maksimal 18 bulan moga2 Mira sudah jalan.

21

Topic: Anak Takut Berjalan

kamil sekarang udah 11 mo, belum juga ada tanda-tanda mo jalan, ttiah jg g terlalu suka, maunya berdiri sambil pegangan di pinggiranya meja, kursi ato apapun yang bisa dijadikan pegangan buat dia..

klo untuk berdiri sendiri masih belum lancar, kadang bisa kadang kadang enggak.. tapi kelihatany cenderung gak mau, entah takut ato memang males..

lucunya kl dia bisa bener2 berdiri sendiri , kelihatan dari wajahnya excited banget coz bisa berdiri sendiri, kadang jg tangnnya ikutan bergerak2 jadi kayak orang nari..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

22

Topic: Anak Takut Berjalan

ada thread ini ternyataaa... :)

Laporan Aghnan juga baru bisa jalan sendiri itu 15 bulan lewat 2 minggu. Tapi itu juga baru 4 langkah abis itu kaya ciut trus duduk. Sekarang sih udah mulai lancar. Cuman somehow, kalau ketemu orang baru atau di tempat yang bukan rumahnya dia gak pernah mau sendiri. Selalu gandengan erat. Kenapa ya? Apa karena belum pede atau gimana ya?

Kalau konsultasi ke dsa nya sih gak perlu worried soalnya secara milestone sudah terpenuhi dan diimbangi kemampuan verbal dia yang memang unggul duluan. Cuman tetep aja ya sebagai Bunda kan kebat kebit juga. Gimana ya cara mancingnya yg enak. Hypnoparenting bakal ngefek ga ya?

23

Topic: Anak Takut Berjalan

Moms... ternyata Atha ga sendiri ya... Banyak juga anak seumuran atha yg belum pinter jalan... My son 13m. Kayaknya sih takut ato gak pede kali ya... Padahal dia selalu kudeketin dengan kakak sepupunya yg lebih tua 2m dari dia yg diumur 12m3w lalu udah pinter jalan. Tapi tampaknya ga ngaruh tuh ke dia ngeliat kakanya udah wara wiri seliweran ga bisa diem & atha tetep asyik dengan merangkaknya yg selalu ngebut.

24

Topic: Anak Takut Berjalan

Mo ikutan sharing ahh..
Fiera,13m blm bisa bener2 jalan sndiri tanpa pegangan apa2. Cuma uda bisa bdiri sendiri tanpa pegangan, uda bisa jalan sndiri ndorong bebiwalkernya fisher price yg bentuknya kyk mesin potong rumput itu hehhe (jd bukan bebiwalker klasik yg bulet itu)
Kalo pke bebiwalker itu,fiera bisa jalan ngebuuut dari r tamu depan sampe ruang blkg.
Uda titah juga..cuman ya itu td,blm bisa bener2 jalan sndiri... Mgkn bentar lg kali yaa *harap2 cemas* :D
Bener juga tips slh satu mom diatas... klo jalan pakein spatu yg bisa bunyi cit cit, itu ngaruh banget krn si anak jd pnasaran&pengen terus jalan..

25

Topic: Anak Takut Berjalan

ikutan share akh....
shanice 1y 2w..., udah pinter jalan, bolak balik tanpa pegangan ..(tapiiii hanya berlaku kalau di dalam boks-nya, ranjang bayinya, juga ranjang mamma pappanya..., soalnya kan bawahnya kasurr..jadi dia na gak takut kalo jatuh)
kalau dilantai, dia akan otomatis nngegelesot dan ngnerangkak. wuiiih...cepeet banget rangkaknya dah kayak lari aja.
ditetah...dia juga gk mau, kakiinya langsung dibengkokin dan ngeduduk di lantai. dikasih bangku2an mini buat didorong2 juga gk mau...maunya nngerangkak.
mamma pappanya jd bingung gimana ya ngnajarin dia jalan di lantai.
benernya siy dia udah bisa jalan...cuma kurang pede aja...takut jatuh....

jadi pengen nyobain dia pakein sepatu yang berbunyi. cuman tantangannya pasti sibuk dilepas2in ama dia. karna dia gak tahan kakinya dibalut2 ama segala macam...ya kaos kaki, ya sepatu. selama tangan dia masih nyampe..., pasti dilepas2in ama dia. abis itu...kaos kaki ama sepatunya jadi maenan buat dia...hehehe