1

Topic: Preeklamsia dan Premature

seerruuu ceritanya...

mau sharing juga ah...

waktu hamil minggu 24 di usg, semangat banget karena itu adalh USG kedua setelah yang pertama di minggu 12. Pas di USG, sonographernya berkali2 bolak balik ke daerah kepala janin mengukur sesuatu di tempat yang sama.. lagi, lagi, dan lagi... gw udah langsung feeling gak enak. Selesai USG, gw tanya apa semua baik2 aja, beliau jawab nanti dokter akan konsultasikan sama kamu... dhueenng!!! kenapa neehh...?!?!
(P.S: dokter dan sonographer gw 2 orang yang berbeda)

Setelah ketemu dokter dikasih tau da rongga cairan di otak kanan yang ukurannya berada di batas atas normal, yaitu 10mm, harus kita pantau takutnya rongga itu membesar. Tapi kikta gak bisa ngapa2in untuk imporove keadaan, only time will tell... huhuhuhu... hamil pertama, dapet kasus, langsung stress tiada tara... Googling sana sini, dapat banyak info ttg kondisi ini, kalo gak salah namanya ventriculomegally. Syukurnya semua info menenangkan hati, dan menjelaskan kondisi ini biasa, apalagi bayi laki-laki, dan akan resolve sendiri menjelang lahiran. Tapi tau kasus ekstrimnya bisa mengarah ke hydrocephalus, tetep aja deg-degan juga...

Minggu 31 USG lagi, berbekal mental menerima hasil ttg rongga cairan di otak itu. Alhamdulillah sonographernya bilang rongganya udah menmgecil jadi 8mm, jadi dah normal. Dia lanjutkan USG, dan tiba2 bergumam sendiri... "hmmm"... katanya gitu... waduh, kenapa lagi nih, pikir gw. Trus dia bilang dia mau panggil profesornya, ada yang mau ditanyakan. Alamaaakkk... deg degan lagi deh... datanglah si profesor, usg ini itu, ukur ini itu, trus dia nanya: "kamu ada bocor ketuban, gak?" Gw bilang nggak, tapi sambil nanya bocor ketuban itu gimana sih... (hihihi... kan gw gak tau jg.. :p...) akhirnya dijelasin sama dia dan kita berkesimpulan bahwa gw gak ngalamin ketuban bocor/rembes. Dia bilang water level gw rendah banget, cuman 5,5. Dia bilang anything below 8 is worrying, and anything below 5 is critical. Abis USG langsung disuruh CTG.

Pas ketemu dokter gw, dia jg kaget, dan langsung jelasin bahwa kalo sampe jatuh dibawah 5 we may have to deliver the baby.... (huuwaaaa... mo nangis... mana sendirian pula lagi gak dianter suami... hiks....) katanya lagi... most prabably by C-sect, because baby is breech and it's difficult to make him turn due to the low water level.... gubrakss...
serasa gak jadi pengen nangis, pengen pingsan aja... untungnya gw waktu itu kuat, atau shock jadi belum sempat mencerna info, cuman iya iya aja. Dokter sempet cek leaking dari kandungan gw dan hasilnya negatif. Gw tanya apa penyebabnya dan apa yg harus dilakukan untuk improve keadaan, dia bilang "for your case, no particular reson" jd ya gak tau juga harus diapain. Syukurnya keadaan lainnya normal, berat badan bayi, blood flow, detak jantung, semua ok, cuman air ketuban aja seret. Gw disuruh USG lg minggu depannya, sementara itu harus istirahat dan banyak minum sambil terus monitor pergerakan bayi. Kalo pergerakan bayi dirasa kurang, harus langsung ke emergency room buat cek. Gw jg langsung dikasih suntikan steroid buat matengin paru2 just in case harus lahiran prematur.

Minggu 32 USG lagi, alhamdulillah, walau masih rendah, water level gw naik ke 6,5. CTG juga masih normal. Dokter bilang kita monitor aja, mudah2an bisa sampe at least minggu 37, jd gak prematur.

Minggu 33 USG lagi, TURUN dong si water level itu, ke 4.8. Huhuhu... stresss!!!!! Even so, kondisi lainnya tetap normal, bayi aktif. Dokter tetap nyuruh bertahan dulu. Ekspektasi diturunkan dengan berharap bisa nunda sampe minggu 35, supaya nantinya bayi gak terlalu lama di NICU. Posisi bayi masih breech, melintang.

Minggu 33,5, water level naik ke 5,1. Dokter senang, apalagi gw... tapi dia tetap khawatir.

Minggu 34, water level TURUN lagiiii, ke 3,6. Lemas deh gw... tapi tetap dgn pertimbangan bahwa kondisi lainnya OK, kita bertahan dulu.

Minggu 34,5 tetep gak ada perbaikan. Water level tetap di sekitar 2-3. Tapi bayi aktif banget.

Minggu 35, pagi2 bangun tidur gw mengalami "ngompol" yang tidak bisa diidentifikasi apakah itu urine atau air ketuban yang rembes. Langsung meluncur ke RS, dicek, dan dinyatakan bukan air ketuban, alias gw cuman ngompol aja, mungkin karena weak bladder. Dibolehkan pulang setelah CTG 5jam. So, it was a false alarm.

2 hari kemudian CTG lagi. masih OK. Water level tetep segitu2 aja. Dokter bilang supaya gw siapin mental untuk lahiran by C-sect dalam minggu depan krn dia khawatir dgn kondisi bayi kalo kelamaan dalam ruang sempit.

Besoknya, pagi2 bangun tidur ngompol lagi... tetap gw tidak bisa mengidentifikasi. Gw observasi aja dulu, ternyata terjadi berkali-kali dan mulai terlihat seperti benang2 merah kayak darah. Langsung berangkat ke RS, oleh dokter dikonfirm bahwa air ketuban bocor, periksa dalam gak ada bukaan, CTG udah nunjukin kontraksi nyaris teratur, tp gw gak ngerasa. Setelah melihat gunung2 kontraksi di grafik CTG dan membandingkannya dengan yang kerasa di perut gw, gw baru tau bahwa sejak tadi malem gw udah ngalamin kontraksi, tapi gw gak ngeh, gw pikir cuman sakit perut karena pengen BAB... :p. Akhirnya dokter memutuskan gw harus lahiran hari itu juga, C-sect karena posisi bayi masih breech.

Panik, gak siap mental buat lahiran prematur, dan gak siap mental lahiran hari itu... gw pikir "soon" itu berarti dalam 2-3 hari, bukan hari itu juga... tapi berpikir positif aja, setidaknya abis lahiran kita gak usah stress dan khawatir menjalani hari-hari dari USG ke USG berharap keadaan akan improve sambil takut kalau2 malah got worse.

Akhirnya, jam 2 siang, Dzaki lahir, 2,39kg 47cm, sehat, nangisnya juga kuat. Dokter bilang gak perlu inkubator karena dia sehat. Pas pulang di hari ke 3, beratnya malah jadi 2.19kg. So, dari EDD yang 12 mei, Dzaki lahir sebulan lebih cepat di 11 April. Alhamdulillah sekarang Dzaki sehat, mimik ASInya kuat bener. Skr udah 2,5 bulan dengan perkiraan berat 4kg dan panjang 53cm.

...selesai.... :D

Semoga baby2 lain sehat semua yaa... :)... dan para mamanya juga tentunya...

^_^

2

Topic: Preeklamsia dan Premature

Cerita-ceritanya menegangkan dan seru, hebat-hebat mom nya

D_1_NI Wooow....Alhamdulillah dede Dzaki baik-baik aja :)
Gue ga tau ni ceritanya sampe baca your post today... ga bisa ngebayangi deh paniknya saat itu, brave mom!

Btw, untuk kelahiran pertama.....paling membingungkan adalah membedakan ketuban dan air maaf *i*is (bener2 deh ini pertanyaan selama beberapa bulan terakhir kehamilan)

3

Topic: Preeklamsia dan Premature

Feel blessed nemu thread ini setelah iseng2 browsing.. Aku baru aja lahiran seminggu lalu dan anakku prematur. Lahir di 29-30weeks dan beratnya cuma 1,6kg. Sekarang masih di rawat di NICU.

Cerita kelahirannya ya..
Selama hamil, aku gak ngerti kalo kandunganku termasuk rawan. Yang aku rasain, aku cepet banget bisa ngerasain gerak bayi dalam perut. Seneng2 aja sih. Ternyata setelah mudik ke sby, waktu itu 25w ketahuan kalo benernya kulitku tipis dan kemungkinan kandungan rawan.
karena gak ada riwayat flek atau keluhan lainnya, aku tetep aja beraktifitas kayak biasa, krn aku FTM. Selama 2 minggu, aku sibuk ngurusin renovasi rumah, soalnya suami pindahan kerja ke Sby jg. 2 hari setelah selesai renovasi, aku ngerasa kayak sakit2 di pinggang, Tanya ama nyokap, katanya "mama udah lupa nak kontraksi gimana rasanya" hehehe. Untung ada tante yang dateng berkunjung, dan lgsg nyuruh ke RS.Telp suami yang kebetulan msh di Jkt dan mama mertua lgsg ke rumah jemput ke RS.
Di RS, begitu USG, dokternya kaget krn kepala bayi udah dibawah dan kontraksi, "Ibu, saya harus periksa dalam ya" perasaanku udah gak enak, dan beneran udah bukaan 2. Langsung nangis dan ketakutan. "Ibu harus opname kalo kayak gini" Dokter dan susternya sigap banget, pasang infus duvadilan, tensi, cek detak jantung bayi. Besok paginya, pas aku pip, ada flek dikit, Kaget banget. cek dalam lagi sama bidan.Gak lama dokter, bukaanku udah 6! langsung dilariin ke ruang bersalin. Dokternya jelasin tentang NICU dan kemungkinan2 lainnya, sementara aku disuntik pematang paru2. Aku iya-iya aja, soalnya waktu itu aku lg sendirian. Suami msh di Jkt ngurus pindahan dan Mama mertua belum dtg. Aku ketakutan dan cuma bisa nangis pelan krn takut ngefek ke bayinya. Baru sekitar sejam di ruang bersalin, Mama Mertua datang. Aku berdoa semoga Allah ngasih jalan yg terbaik. Sejam kemudian, aku ngerasa kontraksi berkurang dan periksa dalam lg, Ternyata pembukaan masih 2 tapi mulut rahim sudah menebal lagi.Ternyata, bidannya salah dong, bukan bukaan 6 tapi masih tetep 2. dokternya bilang, mulut rahimku awalnya sudah 75%, kalo seandainya kontraksi terus, bisa memicu pecah ketuban dan pembukaan lengkap. Alhamdulillah, waktu itu sudah menebal dan bisa dipertahankan.
Baru ketahuan juga,aku kena Infeksi Saluran kemih yang memicu kontraksi itu. 4 hari di rs, akhirnya boleh pulang dan bedrest. Dokter pesen, kalo bisa 4 minggu aja dipertahankan udah bagus.
Ternyata, gak sampe 4 minggu, 2 minggu kemudian, aku ngalamin pecah ketuban dini. Sorenya aku cuma mules2 pengen BAB aja. Terus tulang punggung atas sakit bgt buat tidur. Aku paksain tidur. Eeh, Lagi tidur enak, tiba2 jam 1 malam, ada bunyi "duk!" dan bress.. air ketuban ngalir deras. Paniik banget! langsung pake pembalut dan nenteng tas doang ke RS. Asli gak sempet bawa apa2.
Nyampe RS jam setengah 3 pagi, dan langsung masuk ruang bersalin. Jam 4 udah pembukaan 8. Jam 5 sudah hampir lengkap. Dan ternyata obgyn ku hrs ke timor leste dan pake obgyn pengganti, Haduuuh, siapa aja deh dokternya yg penting bantuin lahiran. Alhasil, anaknya udah mau brojol, tapi hrs ditahan. Kebayang deh sakitnya kayak apaan tau. Mana air ketuban kan udah duluan pecah, jadinya sakit bgt. Gak lama dokter dtg dan lgsg mimpin buat ngejan. Rada kesusahan awalnya. Mana aku belom sempet senam hamil atau latihan nafas. jam 6 pagi, Setelah 3-4 kali ngejan, cress.. bluup! anakku lahir dengan berat 1,6kg. Aku gak nangis waktu itu, krn aku pengen mastiin anakku gak apa2. Untungnya dia nangis kenceng bgt. Lgsg ditangani DSA dan dibawa ke NICU. Sempet disuruh nyium pipinya dulu dan rasanya anget. Baru deh aku nangis dikit. Gak lama, dokternya nyuruh ngejan buat ngeluarin plasenta, tapi gak bisa. Plasentaku nempel dan terpaksa diambil oleh dokternya. Sakitnya pas dimasukkin tangan gituu, hidiiiih..

karena normal dan pemulihanku cepet. siangnya langsung nengokin anakku ke NICU. Dan situlah turning point yang bikin aku down. He's so tiny and fragile. Apalagi harus pake alat bantu oksigen krn dia suka lupa nafas. Dalam seminggu ini, dia harus transfusi darah, albumin dan disinar beberapa kali krn kuning.
Bener2 deh, kedepannya nyiapin mental dan fisik bgt, krn aku hrs mondar-mandir rumah - rs. Kaki bengkak, jahitan nyut2an dan badan sakit semua gak aku rasain. aku jg terus merah ASI untuk dia.
Baca2 sharing mommy disini bikin aku ngerasa tegar coz I'm not alone.. TFS yaa..

4

Topic: Preeklamsia dan Premature

rocha baca cerita kamu bener2 bikin gue berkaca2 nih. terharu bangeettt.. hebat deh, salut sama kamu! semoga si kecil cepet sehat dan keluar dari NICU ya. dan tumbuh jadi anak yang sehat. dirimu juga cepet pulih. sharing terus yaa..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Preeklamsia dan Premature

rocha - ceritanya mengharukan dan bikin tegang! serem banget waktu tiba2 bukaan 2 di wk 25... ga kebayang apa rasanya. semoga cepet pulih dan si kecil sehat ya...

mommyaira pernah tulis artikel yang isinya tips2 untuk caring premature baby. banyak yang udah kelewatan sih, soalnya rocha kan udah lahiran. tapi mungkin membantu dan lumayan untuk baca2 :)

good luck ya! kisses buat si kecil :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Preeklamsia dan Premature

rocha first of all, congrats yaaaa....big hug for you...babynya ditemenin sama kakak Aira ya (siapa namanya si mighty baby ini?)....dulu Aira juga begitu...keciilll, mungiiilll...kamu beruntung bgt sempet dikasih penguat paru2...insya Allah dia kuat dan bakal cepet pulang nemenin mamanya di rumah... ;)

coffee is one of my best friend...

7

Topic: Preeklamsia dan Premature

Rocha : terharu bgt denger ceritanya, saya aja wkt udh bukaan 8 truz dpt kbr hrs sesar udh shock minta ampun apalg kl hrs ngalamin ky mama Rocha. Wkt megumi lahir beratny 2,745kg aja ngeliatny kyny mungil bgt palg 1,6 kg y, salut bgt...
Yang sabar y mama, smoga diberi kekuatan, kesehatan dan kesabaran menghadapinya. Smoga babyny cpt sehat n keluar dr nicu y amiin, kita semua doin yg terbaik bwt mama n bayiny

8

Topic: Preeklamsia dan Premature

Slesta, makasiiih.. Amiiiin buat do'anya :)

thalia., makasih ya.. Insya Allah cepet sehat baby-ku..

Mommyaira,. TFS ya mom.. aku sukses nangis sesenggukan baca ceritamu, hehehe.. Smoga anakku bisa kayak kakak Aira.. Nama anakku Ganendra. Oia, waktu Aira cek ROP di minggu keberapa ya stlh lahiran? aku deg2an bgt dengan perkembangannya. Tiap hari ada kabar baik dan buruknya, hehehe.. Insya Allah nyoba untuk terus positive thinking

MilaBgr, thank you.. Amiin.. Smoga aku selalu diberi kesehatan dan kesabaran utk jagain anakku..

9

Topic: Preeklamsia dan Premature

Super mamas...aq ikutan sharing pengalaman lahirannya Ben ya *smbil nyolek mba thalia n mba rocha* , anakQ ben lahir saat usia kandungan 28w (versi dsog) tp versi dokter fetomaterna baru 26w, tau d mana yg bner :(

23 mei 2009
Hari ini papa dan mommy sng bgt krn akhirnya bs 'nengok' bebi tsyg yg lg asik bobo di dlm prut mommy. Dgn pnuh semangat, dtmani oleh papa-om aam-tante hippy, mommy kontrol ke RS langganan. Knp rame2 kontrol ny mommy? Krn rncna nya abis kontrol, qt mau ke acara bango food festival,hmm smbil tggu dsog ny dtg,mommy ud bayangn bkal makan mcem2 dsna,uugghh gk sbar pgn cpet2 smpe senayan!
Akhirnya masuk jg d ke ruang dsog, tng Ben, yg msk cmn papa-mommy kok, gak borongan ;) perasaan mommy yg td ny hepi , sng, excited, tiba2 berubah mjd khawatir saat dsog bilang kalo air ketuban mommy berkurang.

Dsog : ibu minum air ny jrg ya?
Mommy : gak dok, sy mnum ny byk smpe bolak balik ke toilet kalo lg kja (ngerasa tersinggung krn mommy emg ud kaya onta, mnum mulu smpe jd 'beser')
Dsog : ok..kalo gtu, ibu jrg makan sayur ya?
Mommy : *diem* (merasa tertohok, krn selama hamil,mommy plg anti sama yg namanya sayur!! sayur yg bs masuk cmn buncis ama brokoli, itupn jaraaaang bgt makannya)
Papa : *ngerasa dpt angin* oohiya tuh dok, susah bgt niy makan sayurnya..sll ada aja alasan nya
Mommy : *ngelirik papa dgn tatapan mau nyubit*
Papa : berkurangnya seberapa byk dok?
Dsog : wah saya gak bisa blg brp jumlah pastinya pak, krn alat USG ny hanya terbatas. Saya beri surat pengantar utk konsul ke dokter fetomaternal y pak (sebut beliau dokter X). Beliau praktek di RS ini jg kok pak, setau saya, bsk beliau praktek. Nt bpk hub susternya aja lgsg ya
Papa : klo air ketuban berkurang itu knp pak?
Dsog : bs byk faktor pak, slh satunya krg konsumsi air, sayur, bs jg mmg dr bayinya
Papa : trus kalo air ketuban bkurang ky gtu, bahaya gak dok?
Dsog : air ketuban itu media hidup nya bayi pak *titik!!*
Papa : *diem*
Dsog : ywd pak, utk detail ny nt konsul ke dokter X ya pak
Papa : OK

*selama papa berdiskusi dgn dsog, mommy cmn diem smbil ngelus2 perut n bpikir: hmm,ms iya gara2 krg mkn sayur ya? Wah abis d ni dmarahn papa ntr lg dluar ruangan dokter..gmn caranya kabur ya...*

Daaaan betul skali..sesampainya dluar,mulailah ceramah ala papa mngenai ptg ny sayur dr mulai kluar ruangan smpe ke senayan smpe plg krumah, bs dbayangkn dnk betapa 'menyenangkan' ny kunjungan mommy ke pesta jajanan bango :(( huhuhu..tnyata dokter X ny besok gak praktek, ijin sehari ada urusan keluarga, jd dsruh dtg mggu dpn ny tgl 31mei..

31 mei 2009
Bgkt pagi2 buta *versi mommy yaitu jam stg7 krn dokter X praktek dr jam7 n mommy dpt giliran nmr2* belom sarapan krn telat bangun dan papa jg belom ke gereja. Mommy yakin klo air ketuban mommy akan bertambah krn selama smggu, papa 'cekokin' mommy dgn sgala macam sayur dtambah air putih yg lebih lg vol nya *bs dbayangn kn betapa 'beser' ny mommy di kantor?*. Rencananya abis kontrol, mommy-papa mau ntn bioskop smbil nyari hadiah krn bsk mommy ulangtahun *yipppiieee*.

*masuk ruang praktek dokter X*
Dr.X : dari surat pengantar dsog, air ketuban ibu katanya berkurang ya.ayo bu naik, saya periksa dulu
Mommy : dok, ini skalian 4D kn y dok?bs tlg skalian di-print kn dok, bt nt kenang2n anak saya..trs klo dr USG ini yg bs kliatan apa aja dok? Bisa kliatan mukanya ky sapa gak dok? Trs bisa keliatan bilik-serambi jantungnya kn dok? Trs blablablablabla....

*mommy asik ngoceh sndr soalnya dr.X lg seru maenan USG smbil matut2 ngeliat ke layar..sdgkan papa dgn serius ngeliat jg ke layar pdhl mommy brani jamin,papa gak ngerti apa yg dliat , haiyo ngaku :p*

Dr.X : ibu suka ngerasa basah gak CD *ups maap* ny? Kaya mngompol
Mommy : gak *apa hub ny ya,kok yg dtanyain ky gnian*
Dr.X : ibu ud pnh dperiksa dlm sm dsog ibu?
Mommy : periksa dalam?buat apa dok?
Dr.X : bt tau ketuban itu merembes ap gak?
Mommy : *clueless jd hanya bs terdiam*
Dr.X : ywd kl gt ibu skrg lgsg ke gdung sblh, ke VK *yg blkgn mommy baru tau VK itu artinya RUANG BERSALIN!!*
Mommy : bt apa y dok? *msh gk paham jg niy mommy*
Dr.X : bt tau ketuban itu emg keluar alias merembes ato tdk,kl tnyata gk keluar brarti bayi ibu ada kelainan ginjal
....
..
.
Papa - mommy : *bengong*
.
..
...
Papa : trs kalo ketuban ny emg kluar gmn dok? *yg akhirnya stlh dtes dgn alat cocor bebek&kertas lakmus terbukti kalo ketuban mommy emg merembes,saking kecil lubangnya sampai gak kedeteksi..air ketuban ny kluar brgn dg BAK, jd slma niy mommy bukan 'beser' tapi itu ketuban yg keluar*
Dr.X : ya hrs dlahirin bayi nya
Mommy : hah dilahirin??? Kn saya baru hamil 28mggu dnk,bkn ny lahiran itu 40mggu?? *syoook berattt*
Dr.X : bu, klo ketuban merembes brarti ada kontak dgn dunia luar,kuman bs masuk,bisa infeksi.yg kena infeksi dua2nya si bayi dan ibu sndr. Dan lg air ketuban ibu hnya tersisa di area kepala bayi, sisanya udah tdk ada air ketuban bu, sulit utk bayi ibu bs bertahan.
Mommy : kalo dilahirin, bayi sy bisa idup kn dok?
Dr.X : fifty-fifty bu, qta gk kn pnh tau, tp kl dbiarin ibu maupun bayinya gak kn btahan

*msh dlm kondisi syok, mommy duduk dikursi roda yg didorong suster utk menuju gedung sebelah*

1 juni 2009
Hooreeeeyyy hari ni mommy ulangtahun yg ke-25!!!daaan pcya ato gk, ini bukan hsl rekayasa n tdk dsengaja kl bayi mommy pun akhirnya hrs dilahirkn melalui operasi caesar *atas dasar hasil tes darah mommy yg menunjukan bahwa leukosit mommy sudah sgt tggi, dgn kata lain sudah ada infeksi* . Pada pukul 14.10 lahir lah bayi mommy yg plg ganteng *walaupn mommy baru ktmu bsk ny krn Ben hrs lgsg dbawa ke NICU* dgn berat 1.195gram dan pjg 37cm..very tiny..papa pun smpe gak pcya, krn kpala Ben hanya sebesar kepalan tangan papa!!!
Ben..kado terindah di ulangtahun mommy yg ke-25

2 juni 2009
Jam baru menunjuk angka 6.30 tp mommy ud lgsg loncat n jalan sndr ke kmr mandi bt mandi - keramas (mommy bner2 gk ngrasain yg namanya sakit jaitan bekas caesar, yg ada di kepala cmn pgn ngliat my baby yg dr sejak dilahirkan, mommy belum liat), jam besuk NICU sbnr nya jam 11 tapi mommy ud siap sejak jam7, papa yg baru bgn pn gak pcya kalo mommy udah bs jln2 sndr *smpe jln kluar ke kmr bayi bt ngintipn bayi org ?Hë•?•hë•?•Hë•?•hë? nekat*. Akhirnya saat jam11 pas, mommy masuk ke nicu, oh my God, itu baby yg slama niy nendang perut mommy..soooo tiny..sooo fragile dgn suntikan n infusan plus kabel monitor dseluruh bdn nya..kabel2 itu lebih besar dr bdn dia...sedih?? Psti..ngilu?? Psti!! Mommy cmn bs terpana stgh gak pcya, knp bayi skecil ini hrs kluar dr comfort zone nya? Tp dlm hati kcil mommy yakin, dia akan bertahan, psti!!

Selama ben drawat di nicu-perina, bgtu byk tindakan yg dilakukan. Mulai dari bedah thorax krn ben tdk sanggup bernafas sndr, paru2 kanan ny tidak mampu mengembang. Hingga terkena sepsis (yg mnyebabkan ben mjd kuning) selama 3bln. Transfusi darah 3x krn Hb yg sgt rdh .tapi mommy tetap yakin dan trus bdoa, ben psti mampu..ben psti kuat! Akhirnya stlh 3bln lebih 2hari , ben diijinkan pulang *saat itu bb ben baru 1.9kg*, mommy-papa sng bukan main..mommy pkir itu akhir dr segala ksedihan mommy..tnyata mommy SALAH BESAR!!! 2mggu kemudian, ben kembali masuk rs, krn hernia dan isk yg dsebabkan krn fimosis..saat usia ben 3.5 bln (bb ny saat itu 2.4kg) , ben di operasi hernia dan disunat, mommy hanya bisa trus bdoa smoga Tuhan mberikan yg tbaik bagi kami. Puji Tuhan, operasi bjalan lancar, hanya saja ben sempat tdk sadar dan paru2ny gagal bernafas *lagi* efek dari bius total. Bahkan dokter anestesinya pun blg kalo dia lebih memilih menganestesi 10org ibu2 caesar drpd 1 bayi kecil yg punya histori spt ben..tp Tuhan maha segalanya...Tuhan msh mengijinkan mommy-papa utk merawat dan mendidik ben *semoga seterusnya amien*, ben saat ini usia nya 14bln..tp mommy msh merasa kejadian itu baru tjd kemarin...dan berkat kebesaran Tuhan jg, mommy msh diijinkan menyusui ben hingga saat ini dan mdh2n seterusnya sampai ben minta disapih *amien*

*maaap dongeng nya panjang ya ;) *

10

Topic: Preeklamsia dan Premature

rocha wrote:
Mommyaira,. TFS ya mom.. aku sukses nangis sesenggukan baca ceritamu, hehehe.. Smoga anakku bisa kayak kakak Aira.. Nama anakku Ganendra. Oia, waktu Aira cek ROP di minggu keberapa ya stlh lahiran? aku deg2an bgt dengan perkembangannya. Tiap hari ada kabar baik dan buruknya, hehehe.. Insya Allah nyoba untuk terus positive thinking


Bukan Mommyaira, tapi mau bantu jwb ya..ben dulu dcek ROP dari usia seminggu sampai 40mggu usia kandungan (rutin tiap mggu). Mudah2n Ganendra dberi kekuatan, kesehatan..mba jg hrs tenang ya biar asi ny lancar..aq pcya, Tuhan tdk akan mencoba umat-Nya melebihi kemampuan qt, knp qt yg dberi cobaan ini? Krn mnrt Tuhan qt MAMPU utk menghadapi nya..semangat ya mba !! *hugs*

11

Topic: Preeklamsia dan Premature

hu..hu..tegang deh baca thread ini...

d1andra7,tks God Ben udh gpp..btw emang beneran gara2 kurang mkn sayur? (pengetahuan baru nih)

rocha,semoga bayi Ganendra cpt sehat dan keluar dari NICU yah..

@medyratri

12

Topic: Preeklamsia dan Premature

d1andra, ya ampun.. baru tau cerita kelahiran Ben yg km cerita di blogku ya mom.. and you're a great mommy! bahkan lebih kecil dari Ganendra yah si Ben, tapi Ben hebat ya.. Penyemangatku skrg, ngeliat dia bisa senyum pas tidur. Gak inget deh semua sakit pasca persalinan kemaren.. hehehe. Dan yg bikin terharu lagi, anak2 kita kecil dan fragile, tapi daya juang hidupnya gede, jadi mommy-nya sangat terpacu jg ya mom? Oia, pas dirumah ada perawatan khusus juga gak? TFS ya.. *hugs*

Medy amiiin.. makasih yaaa..

13

Topic: Preeklamsia dan Premature

Medy wrote:
hu..hu..tegang deh baca thread ini...

d1andra7,tks God Ben udh gpp..btw emang beneran gara2 kurang mkn sayur? (pengetahuan baru nih) .



Puji Tuhan mba,ben skrg ud gpp,,walaupun bdn ny tmasuk kecil untuk ukuran 14 bln (11bln usia koreksi) tp yg ptg sehat d...ud kebal kupiing dikomentarin org2 knp baby ny mungil, ?Hë•?•hë•?•Hë•?•hë? awal2 sih motorik ny sgt telat, sampai aq terapi ke klinik tumbuh kembang..syukurnya, skrg ud ngejar...

waaah kl soal sayur mba, aq jg gk tau ngaruh apa gk, krn mnrt dktr fetomaterna, gk bpengaruh byk..cmn ambil positifnya aj, kl hamil gizi hrs seimbang ;)

14

Topic: Preeklamsia dan Premature

Rocha wrote:
d1andra, ya ampun.. baru tau cerita kelahiran Ben yg km cerita di blogku ya mom.. and you're a great mommy! bahkan lebih kecil dari Ganendra yah si Ben, tapi Ben hebat ya.. Penyemangatku skrg, ngeliat dia bisa senyum pas tidur. Gak inget deh semua sakit pasca persalinan kemaren.. hehehe. Dan yg bikin terharu lagi, anak2 kita kecil dan fragile, tapi daya juang hidupnya gede, jadi mommy-nya sangat terpacu jg ya mom? Oia, pas dirumah ada perawatan khusus juga gak? TFS ya.. *hugs*.


Iya mba, makanya sampe skrg aq msh suka deg2n kl dgr ad bayi prematur...been there done that :) Ganendra pasti kuat, qt hrs yakin dia bs mba, krn hub kontak batin antara bayi dan ibu ny msh kuat bgt..aq pnh nangis sesenggukan dluar ruangan nicu, krn gak sanggup aj liat anakQ pnh alat, dcekokin obat, diambil darah tiap hari sampe bengkak tgn ny,.pcya ap gk,. Ben jg lgs ikutn nangis di dlm inkubatornya..stlh aq coba tenangin diri, ben pun brenti nangisnya..bonding ny msh kuat bgt mba, krn blom waktuny ud 'dpisahin' dr mamanya :)

Kl nt ud lepas oksigen, mba bs mnta 'metode kangguru' ato skin to skin contact tp slama kangguru, mba jgn pnh skali2 mkir negatif apalagi melototin monitor saturasi o2 ny..mba hrs ajak ganendra ngbrol, blg 'enak kan dipeluk mama, ayo ade cpet smbuh y, nt mama peluk trs',.slama skin to skin contact, qt hrs beri afirmasi positif, bs jg bdoa , nyanyi..bkin baby qta senyaman mgkn, krn slama diinkubator, dia stres brat mba..mgkn mba bs search 'metode kangguru' sama 'pengaruh inkubator thd bayi'..kl utk sementara ini, skin to skin ny, ckup letakin punggung tgn ke dada baby, itu sm aj dgn dpeluk *aq diajarin suster nicu* oiya, di inkubatornya dpasangin musik klasik aj mba, utk mngurangi stres nya

Trs krn prematur < 32mggu, babay belom punya refleks hisap dan menelan, mk ny dpsangn NGT, selang minum yg lgsg ke lambung..dan mnumnya pun btahap..dari 6cc/jam dan naik sdkt2 utk ngecek residu. Residu itu akan tjd kl pencernaan ny blom mampu menyerap jml input yg dksh. Kl soal asupan ny, asi ttep yg tbaik. Aq bkn kontra sufor ya, tp aq liat sndr, ben dksh asi pun gk mampu mcerna apalagi dksh sufor? Akhirnya aq harus pantang sgala macem makanan : daging sapi n turunan nya (tmasuk susu,keju,dairy product), kacang2n, ikan, coklat, santan, pedas, seafood..nt stlh usia 32w *usia seharusnya dperut* pelan2 bkal dksh asi lewat pipet trs dcoba pake dot yg khusus prematur utk liat efek hisap-telan..ben baru bs nen lgsg usia 5bln lbh.

Soal dirumah :
- kdg bayi prematur suka lupa nafas, hrs srg diawasin, caranya? Liat aja perut ny naik trun gk.. Dulu aq sm suami gantian tdr ny, spy bs ngawasin..kl mau lebih aman *dia gk kn lupa nafas* tdur ny tengkurep tapiiiiii hrs extra pengawasan krn tengkurep pnyebab nmr 1 sids
- siapin lampu sorot, ky lampu dmeja belajar ama buli2 panas *duh tau gk ya mksd aq yg mana* , jd bgtu bdn baby ny dingin, lgsg klilingan ama buli2 panas n dsorot lampu..jgn kna matanya, ckup bdn nya..kl ud trasa anget, matiin
- sebisa n sesering mgkn lakuin metode kangguru
- posisi bantal membentuk huruf u, kelilingi bayi. Tujuan ny supaya dia spt ngrasa dpeluk. Kdg bgtu dia bergeser trs gak ad bantal dia psti nangis n stres krn inget ny msh drahim ibu yg ukuran ny pas bodi :p
- bkal srg mnta dtimang2 krn alasan di atas..cmn nyari rasa aman n nyaman
- mnum susu ny bs per 1jam skali krn kemampuan mnum ny blom sempurna, cpet cape pdhl msh haus
-dengerin musik klasik spy tenang
- hampir smua bayi prematur, motoriknya tlambat..tp kl yg niy gk usah kwtr mba, kn ada klinik tumbuh kembang..qt bs mnta petunjuk n arahan dr mrka..
- jgn biarin bayi prematur nangis sampai mngejan *takut hernia, slaen faktor utama ny emg klep yg bkom tbentuk, tp dgn nangis mngejan bs memperparah*

Krg lbh sih gt mba,.maap y pjg bgttttt...nt kl ad yg aq ingt lg, aq tmbahin d...mdh2n ganendra cpet sembuh yaaa..kl bole tau kondisi skrg lg pake ventilator, bubble cpap ato ud mampu bernapas sndr? Mnum ny brp cc/jam...smgt y mba!! Mba hrs jg kesehatan jg,..he needs u more than everything ;)

15

Topic: Preeklamsia dan Premature

d1andra7 - (hmm, perasaan tadi subuh udah post, tapi kok ga ada ya...) huaaa, ceritanya seru dan menegangkan! tapi cara ceritanya lucu... hihihi. tetep aja sih mulai dari bagian 2 juni, mata berkaca2 juga. barusan abis liat foto ben yang sekarang di blog, ga kebayang ya betapa fragilenya dulu...

pengen nanya: selama 5 bulan pertama, ben ga pernah nenen langsung kan? jadi selama itu, untuk stimulasi biar ASInya tetep keluar beneran cuma lewat pompa doang? hebat banget...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Preeklamsia dan Premature

thalia wrote:
d1andra7 - (hmm, perasaan tadi subuh udah post, tapi kok ga ada ya...) huaaa, ceritanya seru dan menegangkan! tapi cara ceritanya lucu... hihihi. tetep aja sih mulai dari bagian 2 juni, mata berkaca2 juga. barusan abis liat foto ben yang sekarang di blog, ga kebayang ya betapa fragilenya dulu...

pengen nanya: selama 5 bulan pertama, ben ga pernah nenen langsung kan? jadi selama itu, untuk stimulasi biar ASInya tetep keluar beneran cuma lewat pompa doang? hebat banget...


?Hë•?•hë•?•Hë•?•hë? maklum mba, pgn jd penulis tp gk ksampean :p aq ud lama gk update blog, ben kmrn batpil jd lg super duper rewel *ups oot*

Iya mba, aq bner2 cmn mompa aja. tapinya aq disiplin per2jam hrs mompa, mau lg dimall, di rs nengok ben ato tgh mlm, pokok ny wjb bgn, mompa nth brp pn dpt nya. Awal2 asip aq smpe blimpah ruah, smpe jd ibu susuan 2bayi prematur tmn pjuangan nya ben..tp jgn slh..stlh ben operasi hernia, aq stres brat, asiQ smpe mampettt pettt cmn dpt 5-10cc tiap mompa..walhasil kejar tayang..smpet kpikiran ksh sufor, tp dmarahn dsa ny ben..lgsg tnangin diri, akhirnya masa2 kejar tayang berakhir d..tnyata asi emg tgantung mood n pkiran qt ya... Puji Tuhan masa2 itu terlewati jg...

17

Topic: Preeklamsia dan Premature

@d1andra7 wuuuiiii...ada yg lebih mungil dari Aira...hebaaatttt...saluuutttt buat dirimu mbk...your baby will b a fighter...cuz he had been through sooo many things....kiss2 buat baby ben yaaaa....

@rocha yang dijabarin sama d1andra7 bener bgt mbk...dan kalo Aira wkt itu periksa matanya usia 3 bulan dan beratnya sekitar 3,5 kg...dengan pertimbangan biar kalo dibawa2 keluar agak lama dia udah kuatlah...ngeri aku wkt itu bawa2 Aira periksa mata pas masih baru2 pulang...orang keluar inkubator 30 menit aja langsung biru hehehe...

Untuk makanan, semua hal itu tergantung pada masing2 bayi...sesuaikan saja..kalo memang dia belum bisa atau alergi..cari alternatif makanan yang memang mampu dia konsumsi...

Dan, ya, beberapa baby prematur memang mengalami perkembangan motorik...Aira sampai sekarang pun di usianya yang sudah 13 bulan belum bisa merangkak layaknya bayi normal, masih pake jurus ulat keket gitu deh hehe...dan insya Allah dalam waktu dekat Aira mau mulai fisioterapi.. :)

Kayanya seru ni kalo kapan2 ada kopdar buat baby2 prematur hehehe

Semangat terus ya moms....

coffee is one of my best friend...

18

Topic: Preeklamsia dan Premature

@mommyaira : makasi mom, smua jg krn mukjizat dan kuasa Tuhan...aira jg hebat mom, mommy ny jg jauh lbh hebat... :) yuks qt kopdar yuks...
Oh kalo ben cek matanya di nicu mom, jd dokter mata nya @mggu (hari slasa) sll rutin dtg ke nicu-perina utk cek rop smua bayi prematur. Ben jg baru bln kmrn bs merangkak bner n mulai titah2,.dulu2 ny jg ky tentara kalah perang ?Hë•?•hë•?•Hë•?•hë?

19

Topic: Preeklamsia dan Premature

@d1andra7...hwaaaa enak kalo gitu...kalo dulu RS tempat Aira dirawat gk punya Retcam nya...terus mereka juga gk ada kerja sama dengan Jakarta Eye Center atau AINI...jadilah kita harus tunggu sampe dia cukup kuat untuk dibawa2 periksa mata yang nyaris makan waktu seharian itu hehehe....iyaaa bener...kaya tentara kalah perang....kalo lututnya nekuk tangannya lurus...tapi kalo ngesot pake tangannya lututnya gk gerak....jadinya malah lucu ngeliatnya...cuma dia semangat sekaleee maju2 gitu ....

coffee is one of my best friend...

20

Topic: Preeklamsia dan Premature

@mommyaira : hihihi...aira hebat ya...ud pgn explore dunia skitarnya..mom tgl dmn? Aq bw ben ke klinik anakku didaerah kelapa gading,.lmyn bgt si ben ikut terapinya dr umur 8bln (cmn bs telentang gk bs miring2 sm skali) smpe skrg 14bln (ud bs mrangkak, bdiri sndr n titah2)... *aq gk lg promosi yaaaa cmn sharing* hehe

21

Topic: Preeklamsia dan Premature

@d1andra7, aku tinggal di Duren Sawit Jakarta Timur mbk...alhamdulillah barusan dapet jadwal fisioterapinya harii Kamis besok di RS Harum daerah Kalimalang, kebetulan juga fisioterapisnya ini rekanan dengan beberapa dokter yang menangani Aira di RS Harapan Kita...lumayan deket rumah hehe...hwaaaa baby ben hebaaattt, udah tambah gk bisa diem pastinya ya mbk....kalo Aira pas 8 bulan kebetulan udah guling2 ke sana kemari...cuma kok gk kuat nopang badannya untuk merangkak....emang harus ekstra sabar ya...

Oya, boleh tanya ya mbk (secara dirimu duluan fisioterapinya)...apa selama proses terapi di rumah, Ben juga butuh penanganan khusus yang membutuhkan perhatian dan banyak waktu, terutama dari mamanya (dalam arti tidak bisa didelegasikan)...i'm a working mom...lagi menimbang2...kalo memang proses terapinya juga membutuhkan perhatian khusus itu...yaaaa mungkin aku bakal resign...

coffee is one of my best friend...

22

Topic: Preeklamsia dan Premature

@mommyaira : qta tetanggaaaaan yaaaaa...aq daerah pondok kelapa mba!!! Hahahaha...dunia kcil amet ya *maap oot*

Mba, aq td ny working mom,.tp bgtu tau ben motoriknya terlambat dan yg sgt menentukan itu stimulasi slama drumah *jd pas terapi itu cmn evaluasi ama dtunjukn cara stimulasinya* akhirnya aq resign..pdhl posisi n gaji saat itu lg di atas angin bgt apalg bt usia aq yg baru 26th..tp kl ingt pjuangn ben slma di nicu..kynya lbh baik aq drmh..walopn skrg jd mngencangkn ikat pnggang skenceng2nya hahaha

Tp wm ato ftm itu kn pilihan idup msg2 org ya...kalo mba emg hrs ttep kja, stiap terapi, org yg jaga aira, ntah nenek ny ato bs ato art, hrs diajak jg..biar mereka tau gmn cara stimulasi nya..krn yg plg mnentukan saat drumah sih mba bdasarkn pngalamnQ..

23

Topic: Preeklamsia dan Premature

@d1andra7 kyaaaaaaaaa, ternyataaaaaa....halllaahhhh...sama Unsada sebelah mana??? (tambah oot, wkwkwkwk)

Hmmmm, gitu ya mbk....oke2...coba nanti aku liat dulu...huufffff, jujur berat nih...lagi enjoy2nya soalnya...tapi ya jelas pasti aku milih anak kalo emang itu yang terbaik buat dia.... :)

coffee is one of my best friend...

24

Topic: Preeklamsia dan Premature

hai mommys..
Baca cerita2 itu bikin aku flashback ke 4bulan lalu baby Raph udh bisa liat ayahbundanya di usia kehamilan 30 minggu...rasanya kaya mimpi...
Smua gitu mendadak & ga pake firasat apapun deh...

10 April 2010 (jam 4pagi)...tiba2 berasa ngompol, trs ke kamarmandi ganti clana (masih ngerasa bego bgt krn udh gede kok ngompol)..trs lanjut tdur lg..ga lama ngompol lg, trs ganti celana lg (makin ngerasa bego aja dong)...ketiga kalinya akhirnya gw penasaran *masa sih gw sebego itu bisa ngompol, hihi*..Akhirnya gw coba *sorry* cium & ternyata bukan bau ompol..& kaya ada yg bisikin, tiba2 aku curiga kalo ini ketuban...
Langsung aku sms dsog, & beliaun menyarankan langsung periksa ke kamar bersalin (dalam hati bilang "what? masa iya gw udh hrs masuk kamar bersalin?")
Jam 10.00 baru sampe RS Hermina (dtg ksini krn kebetulan dsog pas lg praktek dsini), trus cek sana sini, & air "ompol" itu dinyatakan positif sebagai ketuban (huaaaaaaa....kok bisa ya???) & gw hrs dirawat..Atas persetujuan dokter,kami minta pindah ke RS di kelapa gading, RS awal kami..dsana masuk ke ruang isolasi krn kandungan mau dtahan dulu paling nggak untuk nyuntik pematangan paru, sambil terus cek darah & denyut jantung bayi.

11 April 2010...Jam5 sore setelah hasil cek darah terbaru keluar, dsog lgsg telp suami & ternyata itu minta persetujuan untuk operasi SC jam8 malem, karena ternyata leukosit gw naik trs & udh tinggi bgt..
Duuuhhh, gw udh pasrah sm Tuhan (kata orang2 gw tenang bgt pas dibilang mau operasi..mgkn krn gw udh siap dr kemarin kali ya..
Jam8 malem, gw udh masuk ruang operasi, sebelumnya gw dijanjiin sm dokter bedahnya kalo gw ntar boleh liat babynya dulu..tp ternyataaaa..jam 20.21 gw denger anak gw nangis & tangisannya makin lama makin jauuuuhhhh...dlm keadaan msh lumpuh separo, gw teriak2 manggil siapapun yg ada di dkt gw, gw minta ketemu sm anak gw...tp dokternya nyamperin gw & blg "maaf bu, bayinya laki2 tp hrs langsung dbawa ke NICU krn kecil bgt, cm 1.7kg"..gw makin histeris & ga lama gw liat ada perawat yg nyuntikin sesuatu ke infus gw & akhirnya gw tertidurrrrr..

13 April 2010...Jam 08.00...Akhirnya gw bisa lihat bayi yg blom pernah gw lihat sejak lahir & OMG...Subhanallah anak gw ganteng (walopun kecil bgt)...dgn selang2 dseluruh tubuhnya dia tetep lincah muter2 di dlm inkubator...
Sejak hari itu kami terus pantau perkembangannya, yg berat badannya sempat turun smp 1.6kg sgala..

1 Mei 2010...Setelah 3mggu, akhirnya baby Raph boleh pulang dgn BB 1.8kg, krn dianggap udh sehat & udh lolos uji bisa tahan di suhu kamar biasa..
Smp rumah, dgn keterbatasan kami ttg perawatan bayi prematur, yg kami lakukan cuman ngganti bolam lampu kamar jd 18W & suhu AC 30^..(huhu kebayang kan panasnya kaya apa pas siang)..

3 hari kemudian kami kontrol lg, trs baby Raph disuru cek lab & ternyata bilirubin tinggi (14)..hiks..dokter agak bingung krn harusnya bayi usia di atas 3mggu udh ga kuning lg..krn sebelumnya full asi, akhirnya dokter suruh coba berhenti asi krn mencurigai anak gw kena "breastfeeding jaundice" (kuning karena asi). besok & besoknya lg cek darah & ternyata bener, bilirubin turun drastis...ya ampuuunnn gw seketika bersyukur tp jg streesss berattt, masa sih asi gw malah jahat buat anak gw..???

9 Mei 2010...sembuh dr kuningnya, hari ini anak gw agak aneh krn seharian tdur trs, mau diminumin males bener, mau melek jg berat bener matanya..trs coba cek temp, kok suhunya makin naik..
Akhirnya malemnya dibawa ke UGD, setelah ditimbang ternyata beratnya malah jd 1.9kg (padahal 3 hari sebelumnya udh mencapai angka 2kg)..
DSA akhirnya menyarankan dia rawat inap lg...huhu semaleman aku nangis bombay...gimana nggak, baru seminggu sama anak kok udh dipisahin lg...
Setelah dcek, ternyata anak gw kena infeksi saluran kencing (krn efek dr ketuban gw yg udh pecah duluan)...setelah dikasi antibiotik, langsung deh dia membaik & beratnya makin naik, bahkan bisa smp 2.5kg (yippiieee)..
Tapiiii...pas dirawat, DSA menyarankan anak gw jg dcek ginjalnya, krn ISK takutnya akan berpengaruh ke ginjalnya.. & ternyata bener, dr hasil USG, ternyata ginjal kirinya sedikit ga normal (lubang yg menghubungkan antara ginjal dgn saluran kencing lebar banget, which is memungkinkan bakteri masuk lbh mudah ke ginjalnya)..Tp alhamdulillah tingkat keparahannya baru di level2, jd ga ada tindakan yg hrs diambil kecuali menjaga kebersihan daerah sekitar alat kemaluannya..

Dan sekarang baby Raph udh hampir 4 bulan, beratnya udh hampir 6.5kg & alhamdulillah sehat2..
Cuma gw ada satu penyesalan dr gw, yaitu asi gw udh ga maksimat buat baby Raph..
Karena stres pas dia kuning krn asi, plus dia masuk RS lg, gw jd ga pernah mompa asi lg, & alhasil pas baby Raph diperbolehkan nyusu lg, asi gw udh dikit keluarnya..Jd smp skrg baby Raph lebih banyak minum sufor drpd asi...hikssss....
Buat para mommy yg tetep bisa kasih asi buat bayi prematurnya, gw salut banget deh, cos gw udh gagal soal itu...

Sekian dulu, maaf ya ceritanya panjang bener...^_^

always do my best for baby Raph

25

Topic: Preeklamsia dan Premature

wihhh keren2 y baca pengalaman n perjuangan moms semua...
salut dech...

sekedar sharing yg dialami oleh kk gw waktu taun 2008 dia jg sm tekena pre-eklamsia tp sayangnya tak terdeteksi lebih awal sehingga pas udah masuk icu keadaanya udah lumayan parah dengn keadaan penglihatan sudah buram n tensi 200/160 kandungan 7m bb baby diperkirakan masih 7ons...brhub babynya masih kecil doktr waktu itu masih mempertahankan agar jgn dilahirkan dulu tp tetep kk gw tidak mengalami perubahan sehingga harus dilakukan c-sect secepatnya krn keadaan kk gw yg lumayan kritis..14 april 2008 baby najya lahir premature hnya 9ons n kk gw setelah lahiran hrs 3hr pemulihan tensi krn turunnya sedikit2 menuju tensi normal
tp tuhan brkehendak lain setelah baby najya ( almrhum) brtahan 3hr hrs dipanggil yg maha kuasa..n sampai hari inipun gw nulis pengalamn ini hati gw masih bergetar krn gw ikut ngrawat baby najya dimandiin sampai dikebumikan
pas taun 2009 kk gw hamil lg tp kali ini kehamilannya dideteksi lebih awal dan super hati2 krn pre-eklamsia nya sewaktu2 bs terjadi lg pola makan jg dijaga jgn byk makan yg asin asin disuruh makan eskrim tiap hari supaya bb babynya gede n yg paling penting dijaga jgn sampai stress krn ngaruh ke tensi tp ternyata emang bnr pas mo lahiran kk gw tensi mendadak 180/160 meskipun sewaktu hamil sangat dijaga
tp alhamdulillah pas lahiran mom&baby sehat smpai skr meskipun lahir bb babynya 2.3kg

dr pengalaman kk gw itu pas kehamilan pertama gw rada ketakutan n sangat hati2 dgn tensi
alhamdulillah kehamilan gw tdk ada masalah dgn pre-eklamsia tp tetep hrs c-sect jg krn ketubannya pecah duluan :P

being ftm frm wm is a "dagdigdug" journey :D