Parenting / Pre-School

Articles

Atasi Ketagihan Gadget pada Anak dengan Playon

Atasi Ketagihan Gadget pada Anak dengan Playon

Protes dari si sulung dan kecenderungan Dre jadi tantrum karena gadget pun saya anggap sebagai peringatan. Sebagai ganti atas aktivitas bermain gadget yang berlebihan, saya mengajak si bungsu untuk melakukan aktivitas bermain yang sama-sama menggunakan motorik halus, sepert mewarnai dengan krayon.

Melawan Korupsi Lewat Buku Cerita Anak

Melawan Korupsi Lewat Buku Cerita Anak

Berkaitan dengan penanaman nilai antikorupsi, ada sebuah gerakan bernama Indonesia Membumi (Indonesia Menggagas dan Menerbitkan Buku Melawan Korupsi). Ini adalah sebuah gerakan yang dirancang KPK dan Ikapi (Ikatan Penerbit Indonesia) yang bertujuan melawan korupsi melalui buku bacaan, terutama buku cerita anak.

Menumbuhkan Minat Baca Anak: Cukup 10 Menit per Hari

Menumbuhkan Minat Baca Anak: Cukup 10 Menit per Hari

Walaupun saya sendiri suka membaca, dulu saya tidak pernah banyak mencari tahu tentang membaca untuk anak. Ketika hamil, jujur saja yang saya cari tahu hanya hal yang berhubungan dengan persiapan mental seperti cara menghadapi baby blues, ASI lancar, bepergian membawa bayi serta persiapan-persiapan seperti pakaian, kereta bayi, mainan, dll.

Tidak Ikut Sekolah Usia Dini

Tidak Ikut Sekolah Usia Dini

Berangkat dari rasa ingin tahu, saya berusaha menambah pengetahuan parenting dari berbagai sumber. Khusus untuk hal pendidikan usia dini, dimulai dengan mengumpulkan informasi tentang apa yang sebetulnya anak-anak butuhkan sesuai dengan tahapan usianya.

Berburu Dinosaurus di Jogja

Berburu Dinosaurus di Jogja

Aksa sangat suka dinosaurus, jadi saya mengajak Aksa berburu dinosaurus di Jogja. Jika si kecil juga pecinta dinosaurus dan Urban Mama sedang liburan di Jogja, mungkin bisa mengajaknya ke tempat-tempat wisata ini.

Ruang Depan Ramah Anak

Ruang Depan Ramah Anak

Saya menyiapkan satu ruang khusus di rumah yang diberi nama RDRA (Ruang Depan Ramah Anak). Ruang ini menjadi tempat putri saya, Hasna (2 tahun 8 bulan), bisa membongkar semua mainan dan bermain sepuasnya. Aktivitas homeschooling anak usia dini juga banyak kami lakukan di RDRA.

Ayo Bermain dengan Alam!

Ayo Bermain dengan Alam!

Coba Urban Mama perhatikan, sehari-hari kita pasti lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan daripada di luar, kan? Kesadaran dan kepekaan anak akan pentingnya menjaga alam juga menjadi sangat minim. Ini menjadi tantangan bagi kami yang tinggal di apartemen dan membuat saya lebih memperhatikan hubungan si kecil dengan alam.

DIY Toddler Travel Doodle Pad

DIY Toddler Travel Doodle Pad

Kaitlynn suka sekali menulis atau mencorat-coret kertas. Saya lalu mendapatkan ide untuk membuat travel doodle pad agar ia bisa mengisi waktu luang di pesawat. Cara membuatnya sangat mudah, bahan-bahannya juga sangat mudah didapatkan.

Pentingnya Vaksinasi MR untuk si Buah Hati

Pentingnya Vaksinasi MR untuk si Buah Hati

Baru-baru ini pemerintah mencanangkan program bulan vaksinasi MR (Measles Rubella) gratis, tepatnya dari bulan Agustus hingga September 2017 di seluruh pulau Jawa. Tidak ketinggalan Joel akhirnya ikut vaksinasi MR ini di dokter anak.

Kumpulan Cerita Keluarga: Sayang Kakak Sayang Adik

Kumpulan Cerita Keluarga: Sayang Kakak Sayang Adik

Saya jadi cari tahu tentang buku-buku cerita anak yang bisa dibacakan kepada mereka sebagai contoh untuk belajar menyayangi satu sama lain. Saya dan anak-anak senang sekali saat mendapat kiriman buku cerita Sayang Kakak Sayang Adik. Buku ini benar-benar seperti yang saya harapkan. Hampir semua cerita yang ada di dalam buku, dan mudah ditemu dalam keseharian ketiga anak saya.