Parenting / Pre-School

Articles

Jangan Takut Main di Luar Rumah

Jangan Takut Main di Luar Rumah

Apakah anak kita sering main di luar rumah? Apakah urban mama khawatir jika anak sedang bermain di luar? Kotor? Tidak aman? Panas? Hujan? Ternyata bermain di luar rumah itu banyak sekali manfaatnya.

Peran Ayah dalam Proses Belajar Anak

Peran Ayah dalam Proses Belajar Anak

Sejak punya anak, saya dan suami sepakat untuk terlibat bersama dalam mengurus dan membesarkan anak, meskipun secara kuantitas saya lebih banyak waktu bersama dan dekat dengan anak dibandingkan suami, karena ia setiap hari harus berangkat ke Jakarta untuk bekerja. Tidak pernah terbayang jika tidak ada Iyay ketika kami melewati bulan-bulan pertama setelah saya melahirkan.

Road Trip Bersama si Kecil

Road Trip Bersama si Kecil

Memang, banyak hal yang harus disiapkan kalau ingin melakukan road trip bersama balita. Tapi seru, lho! Bagi kami, road trip bersama anak jadi ajang waktu berkualitas bersama keluarga, karena kami bertiga sama-sama terus berjam-jam sepanjang jalan.

Mari ke Museum!

Mari ke Museum!

Selama ini image museum adalah tempat penyimpanan benda purbakala yang tampak suram dan sepi. Jangankan anak-anak, mungkin orang dewasa pun bosan membayangkannya. Padahal minat dan kecintaan anak akan museum justru dibangun dari antusiasme orangtua dalam mengenalkannya kepada anak.

Melatih Atensi dengan Bermain untuk Anak 3-6 Tahun

Melatih Atensi dengan Bermain untuk Anak 3-6 Tahun

Kali ini saya akan membahas tentang tiga permainan praktis yang dapat dilakukan untuk melatih open attention maupun focused attention pada anak, khususnya usia 3-6 tahun. Sering kali keluahan orangtua adalah “Anak saya kok belum bisa tenang di kelas, padahal temannya yang lain sudah bisa tenang.”

Mengajak Si Kecil ke Pameran Seni

Mengajak Si Kecil ke Pameran Seni

Saya dan suami suka sekali mengunjungi pameran seni dan desain, dan sekarang anak kami sudah pasti ikutan juga. Namun tidak sedikit orangtua yang khawatir saat ingin mengajak anaknya ke pameran, terutama kalau si kecil masih berusia di bawah 5 tahun. Kali ini saya punya sedikit tips untuk para mama-papa yang mungkin ingin membawa si kecil main ke pameran-pameran seni atau produk.

Mainan Favorit untuk di Dalam Rumah

Mainan Favorit untuk di Dalam Rumah

Sebagai orangtua, rasanya sulit untuk tidak membelikan mainan bagi anak-anak. Selama empat tahun ini saya mencoba mengamati, sebenarnya mainan seperti apa saja yang bisa menjadi investasi terbaik dalam menghibur anak-anak di rumah, terutama kalau cuaca sedang hujan sehingga tidak bisa mengajak mereka main di luar.

Staycation di Ancol

Staycation di Ancol

Beberapa waktu lalu kami memutuskan untuk staycation di Ancol. Mengapa harus menginap? Alasannya karena jarak yang cukup jauh dan jalanan yang pasti macet sehingga rasanya akan lebih puas jika sekalian staycation. Tujuan utama kami adalah mengunjungi Dunia Fantasi dan dari pengalaman sebelumnya, setelah itu pasti capek sekali kalau harus menempuh kemacetan di jalan.

Membuat Bekal Sekolah Anak

Membuat Bekal Sekolah Anak

Begitu putri saya masuk SD, dalam surat edaran sekolah disebutkan bahwa setiap hari orangtua harus menyiapkan bekal makanan untuk anak-anak. Langsung terbayang foto-foto bekal yang sering dipasang oleh para mama di media sosial, tampak sedap dan menggiurkan sekali. Namun membuat bekal seperti itu, apa tidak repot?

Delapan Manfaat Susu yang Jarang Kita Ketahui

Delapan Manfaat Susu yang Jarang Kita Ketahui

Selepas usia dua tahun, seratus persen kebutuhan nutrisi manusia bisa didapatkan dari makanan. Namun, bukan berarti kita tidak perlu minum susu lagi. Karena banyak sekali kandungan nutrisi dalam susu yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Page 1 of 3612345...102030...Last »