1

Topic: Penyebab Slow Growth

meyss8 latch-on atau pelekatannya udah baguskah? kadang kalau ada mslh dgn pelekatan, entah krn memang blm pas atau krn sebab lain, misal tongue-tie bisa juga bikin babynya malas menyusu

2

Topic: Penyebab Slow Growth

Mama Kinarian, di bulan pertama sudah pernah diperiksa sama DSA, gak tounge-tie. Latch-on oke kok, at least menurutku ya, hehe. Putingku gak pernah lecet, gak pernah sakit wkt dia nenen. Bibirnya sih gak nyampe dower, kadang musti dibantu ditarik dagunya dulu. Anakku gak bisa lama krn ketiduran. Bingung juga nih, udh 3 bulan kok tidurnya masih banyak.

3

Topic: Penyebab Slow Growth

oh, syukurlah kalo tdk ada masalah dgn latch-on, bayi 3 bulan kebutuhan tidurnya sih masih sekitar 15 jam sehari ya, coba dihitung aja, kalo dulu babyku jg pernah nambah bb-nya dikit (tepatnya brp gram lupa) tp di bulan berikutnya dia kaya ngejar gitu, jd kalau bb 2 bulan itu dijumlah lalu dirata2, pertambahannya msh normal, mudah2an baby meyss8 kaya gitu juga ya, bulan depan nambahnya banyak, amin :)

4

Topic: Penyebab Slow Growth

Duhhh.. iya amin mudah-mudahan gitu Mom.
Oya OOT nih, gimana caranya supaya yg muncul di atas avatar itu bisa pake nama (bukan username). Kayak itu: Mama Kinarian. Hehehe..

5

Topic: Penyebab Slow Growth

meyss8 ada di FAQ kok: http://theurbanmama.com/forum/post9470.html#p9470

Amahnya Altair & Aisha :)

6

Topic: Penyebab Slow Growth

meyss8
"mama kinarian" itupun juga username lhoo.. Semua yang nampak memang username kok :) Dan username di theurbanmama memang bisa memakai spasi.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Penyebab Slow Growth

Oooo.. wah tapi barusan liat FAQ... skr udh gak bisa ganti username ya. :D

8

Topic: Penyebab Slow Growth

halooo salam kenal..baru tau ada thread ini,seneng banget deh..crita ya...anak sy tongue tie dan di insisi..kasih susu pake selang gitu..ngotot pake asi pdhl lemakny sedikit (akibat asupan makan ga beres) dan akhirnya campur demi anak tercukupi susunya..meskipun gitu, BB nya naik tp selalu dbawah chart (apa mungkin karena malam saya ga kasih sufor, hanya nenen aja).. Umur 6 bulan beratnya 6.4kg disuru sama DSA nya makan berat 3x,ga dikasih zat besi karena udah campur sufor...skrg coba atur menu kaya kalori (fyi anak saya alergian) non alergi..semoga bulan depan bagus BB nya..(kata ortu saya, saya waktu baby jg slim,kliatan montok pas 1 thn keatas pas mulai makan makanan dewasa)

9

Topic: Penyebab Slow Growth

dear moms,
ikutan curhat ya.. Saya termasuk yang cukup stress kalau melihat growth chart WHO ini, karena BB anakku jauh di bawah percentile di usianya yang 8 bulan BB anakku cumann 5,5 kg/PB=64 cm; sebenarnya concern ini sudah saya ungkapkan ke Dsa sejak anakku umur 3-4 bulan karena selalu BBnya dibawah percentile (dulu berat lahir 2.7 kg/PB=48 cm); tapi Dsa-nya santai2 aja, cuman dikasih supplemen, katanya wajar kalo baby mulai mobile, misalnya sudah bisa guling guling merangkak dst, memang Clarissa sudah lancar guling2 di usia 3 bln, maka otomatis pertambahan BBnya melambat Plus di tambah dia gak banyak tidur karena sangat aktif. Tetapi apakah kita sebenarnya perlu kawatir dengan BB yang kurang ini? apalagi jauh di bawah percentile.. so far anaknya aktif, ga pernah sakit, milestone ok, cepat belajar, dan secara genetik bapak ibunya kecil juga.

Clarissa makan mpasi; sehari 3 kali, setiap makan porsinya 120-140 ml ;breakfast(oatmeal+buah+dessert) lunch(daging/ati/ayam+sayur2an+dessert) dinner(ikan+sayur2an+dessert); dessertnya juice/pure buah/yogurt buah; plus ASI di
antaranya .. baru mau ditambah formula karena produksi ASI mulai menipis.

Kira-kira berapa banyak ya porsi yang pas untuk anak usia 9 bulan supaya dia bisa ngejar BBnya, 120 ml apakah kurang? karena pingin ditambahin lagi tapi setiap kali abis makan perut anakku jadi gembul banget padahal pup lancar tiap hari, sehari 2 kali; anakku sendiri gak pernah nolak makanan.. dikasih apa aja, dan berapa aja dia mangap dan selalu abis, makanya selalu semangat
masak buat dia.

10

Topic: Penyebab Slow Growth

hai annette, kalo keliatannya perut jadi gembul, mungkin porsi dikurangin dikit tapi pemberiannya dipersering??

anak gw yg kecil jg gitu soalnya, imut dan lansing hehehe, tapi makannya lumayan dan aktif banget, cuma ya itu karena aktif, kalo makan kebanyakan dikit seringkali muntah saat dia lari2 atau loncat2an, akhirnya gw kasih makan lebih sedikit namun dipersering..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

11

Topic: Penyebab Slow Growth

mommies..

Ada g yg ngalamin sama dengan bayi ku, sharing ya..

Bayiku baru berumur 46 hari , lahir dengan berat 3.19 kg kemudian turun menjadi 2.9 kg dan setelah sebulan BB nya sekitar 3.47 kg. Selama sebulan kenaikannya hanya (kalo dihitung dari berat turunnya) sekitar 500 gram.
Apakah kenaikan sebesar itu termasuk dalam slow growth?
(bayiku setelah 2 hari usia lahir billirubinnya cukup tnggi = 12.3)

Terimakasih,

12

Topic: Penyebab Slow Growth

momyyy...

ada yang pernah ngalamin drop confidence sama SPa ga?

mau curcol ni, dari kemaren kan athaya batpil dan stiap athaya batpil mesti jdinya ga mau makan..semalem ke dokter di timbang ternyta beratnya turun athaya skrg 14mos berat cuma 8.3kg :( , dokternya tnya masalah susu tmbahan yg di kasih, udh gitu tau aku masih ASI dokternya blg, berarti ASI ku yang ud berkurang kualitasnya sehingga tidak bisa menambah berat badan athaya :( ,langsung saat itu juga drop...dokternya sampe blg ASI sampe 2 thn itu emank untuk bbrapa negara2 miskin yang tidak mampu beli susu tambahan.. (huaaa pdhl ini dr athaya yg cocok ud sekitar 9 blnan pake dokter ini) tpi setelah dngr dia ngmng gt ko jd ilfil beneran deh. trus apa artinya AIMI ASI yang menyarankan ASI sampe 2 thn?? dokternya nyaranin untuk pemberian ASI 30% aja sisanya susu yang mau di minum anaknya ( athaya sukanya susu sapi perah asli).

trus gimana ya moms caranya naikin berat badan anak, padahal athaya juga makannya lahap klo ga lg sakit,dan tingkahnya juga masih normal seperti anak biasanya..ga lemes atau sakit2an.. :(

soalnya athaya emank minum susu nya dari dulu ga bnyak kaya anak lain yg mnm sufor *sampe sehari [email protected]*

share dunk mom..cara naikin berat badan tanpa harus mengurangi ASI??

working mommy, wife, and mother of my princess Athaya

13

Topic: Penyebab Slow Growth

Dear mommies,
Anak saya 4,5m bb nya 6,7kg panjang 65cm full ASI
Bb lahir 2,8 tb 46cm padahal awal2 dia sempet naik 1,5kg, 1kg pas masuk 4 bulan ini dia cuma naik 400gram kemarin saya timbang bb nya tetap 6,7kg anaknya aktif, ada alergi (nurun dari bapaknya) kalo pagi suka bersin2. Saya cerita ke dsa nya tapi kata dsa nya masih normal, minta vitamin tapi ngga dikasih karena katanya dirasa ngga perlu. Gimana ya mom biar bb anak saya naik? Waktu saya perah foremilk (yang bening itu) cuma sedikit keluarnya selebihnya hindmilk semua jadi bentuk ASI nya masih putih kental, salahnya dimana ya moms? Udah bingung banget harus pakai cara apalagi :(

14

Topic: Penyebab Slow Growth

hai Dina,
sependek pengetahuanku, BB bukan satu-satunya tolok ukur untuk menentukan apakah anak termasuk slow growth atau bukan. Masih ada tinggi/panjang badan, lingkar kepala. Misal BB anak bulan ini hanya naik sedikit, atau bahkan gak naik, tapi tinggi badannya ternyata naik drastis. Kalau seperti itu bukan berarti anak perkembangannya lambat kan? :)

Setuju sama dokternya, alergi tidak akan berkurang dengan vitamin. Agar alergi tidak kambuh memang yang utama adalah menghindari alergen. Untuk anak 4 bulan ASI itu udah paling bagus. Kalau dirasa asupan ASI tidak kurang, perkembangan motoriknya bagus, mungkin memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan.. Dinikmati saja, sambil terus dipantau perkembangannya.

Untuk melihat apakah ASInya cukup atau tidak bisa dengan melihat intensitas pipisnya, katanya kalau dalam sehari bayi pipis lebih dari 6x, artiya ASInya cukup. Melihat perkembangan motorik bisa dari KPSP atau dilihat di buku panduan kesehatan yang dari Rumah Sakit biasanya juga ada.
So, tetep semangat ya mama... semoga sedikit membantu :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Penyebab Slow Growth

Thanks mom Kira Kara untu kinfo KPSP , sangat membantu. sekalian ikut share link nya juga ya

http://tumbuhkembang.net/alat/kuesioner-pra-skrining-perkembangan-kpsp/

16

Topic: Penyebab Slow Growth

Thank you mom kira kara buat penjelasannya & mamakenz buat link nya..iya mom pipisnya lebih dari 6x dalam sehari kata dsa nya juga normal kok cuma agak takut aja soal bb nya yang ngga nambah ngga kaya' bulan2 sebelumnya tapi kemarin juga suami ngasih tabel perkembangan ternyata juno bb, tb & lingkar kepalanya ada di ukuran bayi 6m..liat di kpsp nya juga sesuai..pokoknya semangat ngASI yaa mom, wah jadi dapet pengetahuan baru..thank you mom semoga anak kita sehat2 selalu yaa :)

17

Topic: Penyebab Slow Growth

hai mamas semua,,sy anggota baruuu,,,gara2 g sengaja nemu forum ini,dan setelah dibaca2 seruu amat yah :D jd nambah2 ilmu jg kira2 hrs ngelakuin apa. si bungsu 4y dengan bb 13 kg (haduh) kmaren smpet batpil, batuk yg lama sekitar 2 minggu..aku udah worrry bgt... hari itu ketemu dokter cewe, dibilang ini gk normal bobotnya (sy jg tau dok) :D... akhirnya sy nyoba ngobrol deh ama tu dokter, kira2 kemungkinan nya apa,mulai dr flek paru (krn baru kali ini batuk lama), adb, dan lainnya...akhirnya diminta screening setelah sehat. baru sempet skrg setelah seminggu.... dengan dokter yg kebetulan beda karna beda hari, menurut tu dokter malah gak ada apa2, cm kurang makan + bawaan gen ortunya yg memang langsing..tp sy teteup kekeuh minta tes,,darah+urin+rontgen..alhamdulilah hasilnya baikkkk ;) dan dibekali nuthricol,,mudah2an membaikk yah mamas... dannn si bungsu yg 1y mulai gtm nya on off sejak tumbuh gigi umur 7m,, bb 8kg,, berat lair 2,7.. gk sudah2 y stres bundanya ini...

18

Topic: Penyebab Slow Growth

bunda_faykal
Alhamdulillah semua tes hasilnya baik ya... Usia 4 tahun BB 13Kg, persis salah satu kembar saya. kalau di KMS posyandu itu masih normal lhoo... sangat normal malah. Kembar saya yang satunya malah lebih kecil lagi, 4 tahun BBnya 11,5kg sajah. Tapi insyaallah normal juga meskipun konsisten dibawah garis merah KMS. Perkembangan motorik kasar, motorik halus, sosialisasi, bahasa dan komunikasi semua sesuai usianya.
Dan *toss* mungkin memang karena genetik. Bundanya waktu kelas 1 SMP BBnya pun hanya 25Kg sajah.. jadi no wonder kalo sekarang anaknya pun mungil-mungil.
Yang penting di monitor terus perkembangannya. Insyaallah baik-baik saja :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Penyebab Slow Growth

Moms.. tanya dong kalau penambah nafsu makan untuk bayi 10 bulan apa ya? baby Athar 10 bulan bb 9kg tb 72 cm. Sejak bulan lalu susahhh bgtt makannya, pdhl biasanya lahap bgt.. jadi agak kuatir bulan depan gak nambah beratnya.. Skrg aja neneknya udah komen kok agak kurusan kayanya..hikss

20

Topic: Penyebab Slow Growth

ikut share ya mom...
anak gw cewek, besok tepat 13 bulan. 2 minggu lalu periksa dokter krn kena campak (pdhl udh dpt imunisasi campak wkt 9bln), beratnya cuma 7,7kg dan panjangnya 73cm. ASIX 6bln pertama kemudian tambahan sufor di usia 8bln smp skrg.

waktu itu pernah ke klinik alergi wkt 7 bulan kata dokternya ini pertambahan beratnya kurang (grafiknya stagnan dari mulai 5bln). trus dikasih list makanan yg boleh dan yg gak boleh smp umur setahun, biar maksimal pertumbuhannya. (anak gw emang alergian. kalo gw makan udang pas nyusuin dia lgsg bentol2).

Akhirnya umur 8bulan udh mulai campur sufor. tapi sebenernya dia gak terlalu doyan sufor. minum sufor cuma dikit krn sukanya makan. walau masih bubur kasar karena gigi baru 3. makannya banyak tapi pupnya banyak juga sehari bisa 2-3kali. anaknya aktif banget. blm berani jalan sendiri tapi udh bisa rambatan & mau dititah kemana2. udh bisa manggil "bapa.. bapa..." sambil nunjuk bapaknya.

Sama dsa nya cuma dikasih tambahan kalsium aja. minta test mantoux / tb, tapi kata dokternya gak perlu. jadi galau nih mau ganti dsa. tapi dia udh cocok sama dsa yg ini.

trus utk kategori gagal tumbuh sebenarnya gimana ya patokannya? kalo berat badan 1 tahun memang gak mencapai target krn harus 3x berat lahir (lahir 3kg berarti setahun hrs 9kg).
tapi kalo tinggi badan lumayan sih, karena setahun minimal 1,5 kali panjang lahir. (lahir 47cm setahun 73cm)

apakah gagal tumbuh (berat badan anak) berpengaruh kepada perilaku tumbuh kembang juga? krn yg gw lihat tumbuh kembang anak gw termasuk baik, responsif & aktif.
trims moms...

keep calm & wear flip-flops

21

Topic: Penyebab Slow Growth

libra.mom
Untuk bayi 10 bulan, makan adalah proses pengenalan. Bukan menjadi kebutuhan utama. Kebutuhan utamanya masih tetap ASI. Kalau dia lagi GTM, mungkin karena ada sesuatu, misalnya numbuh gigi, gak enak badan, kolik, dll. Selama minum ASInya masih oke, mungkin memang tidak ada yg perlu dikhawatirkan. CMIIW.

imoskimos
Sependek pengetahbuan saya, diagnosa gagal tumbuh bukan hanya didasarkan pada pertumbuhan BB saja. CMIIW. tetapi juga perlu didasarkan pada asupan makanan pada anak, kebiasaan BABnya, kondisi sosial keluarga, emosi, dan pertumbuhan motoriknya. Kalau memang asupan makanannya cukup dan dilengkapi gizi seimbang, BABnya rutin dan bagus, keluarga sedang tidak ada masalah, pertumbuhan motoriknya masih dalam rentang usianya, dan apalagi ada penambahan tinggi badan sih sepertinya memang gak ada masalah. CMIIW.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

22

Topic: Penyebab Slow Growth

huwaahh akhirnya gw masuk ke thread ini lagi..5 tahun yang lalu menggalau sama crey, karena fayyadh slow spurt..dan skrng kembali dgn masalah yg sama tapi anak yg berbeda..ihiks..sedihhh

fawwaz 9 month 3 weeks, kemarin baru dari DSA buat imun campak, pas ditimbang..jenjengg...beratnya malah turun dari bulan lalu, bbnya dia skrng 7,6 TB 69 (TBnya gak nambah drai bulan lalu)

huwaahhh langsung sutris..padahal makannya OK,makan berat sehari 3 kali, buah sehari 3 kali, cemilan sehari sekali..terusss kemana itu semua? gerakannya menurut gw biasa ajah..gak yg warawiri banget..fawwaz itu termasuk yg woles banget..

terus kata DSAnya porsi makannya ditambah, 1 kali makan jadi 250ML, baru gw cobain hari ini (beneran gw itung digelas ukur porsinya) dannnn fawwaz malah GTM seharian ini..ya ampunn nakk emak makin senewen :(


bunda faykalsama bangett sama gw..sutrisnya gak sudah2..hahahha fafa 4y BBnya juga 13,5 udah di screning hasilnya normal semua
fayyadh 6 thn BBnya 16kg..yg ini belum screening krn emaknya udah kadung pasrah..

Tapi emang kalo genetik itu udah harga mati ya?maksudnya ampe turunan2nya pun akan kurus selalu..soalnya gw dulu jaman SMP berat cuma 20 kg, SMA 35kg..dan laki gwpun demikian juga adanya

sekian curcolnya...
PR besar banget nih untuk mengejar ketertingalan BBnya...hikss hiksss

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

23

Topic: Penyebab Slow Growth

Ikutan ya Mamas,
Babyku skrg hampir 10 bulan beratnya cm 7.7, panjang 66 cm. Sejak 2 bulan lalu pertambahannya emang gak bagus, sejak itu jg disuruh tambah frekuensi makannya jd 3x makan berat plus 2x snack (biasanya buah aja sih yg kukasih), sebulan ini lmyn lah naik 400 gr, bulan sblmnya cm naik 200 gr, hiks. Agak bingung sebenernya, krn salah satu dokternya bilang gpp krn bayiku prematur 35 mg, jd standardnya beda dgn bayi yg lahir normal. Mamas ada yg pny link dimana cari chart buat bayi prematur gak? Dulu pernah dpt trus ilang, skrg nyari2 blm dpt lg. Oiya, babynya temenku ada yg berat baby-nya gak naik2, setelah bbrp bulan konsul dan cari2 2nd opinion, ternyata babynya kena ISK silent, jd memang agak susah deteksinya katanya. Jd ternyata penyebab BB gak nambah2 tuh bs macem2 jg ya

24

Topic: Penyebab Slow Growth

ZataLigouw,
anakku jg kalo abis makan trus beraktifitas yg berlebihan suka muntah lg, jd berasa sia2 makanannya, pan lumayan susah nyuapinnya. biasanya kalo anaknya lg mau makan emg sengaja dikasih makan banyak, hihihi..mumpung mau..alhasil pas lari2an trus batuk2 trus ujungnya muntah deh. jd harus porsi dikit2 ya.

Kira Kara,
nasib kita sama bund,
anakku yg cowok 2Y6M jg susah beranjak naik BBnya, sempat stagnan berbulan2 di angka 8kg (usia 8-14 M), maklum emg makannya susah, picky eater bgt, asip/sufor jg minumnya porsi dikit. waktu itu ga bs makan daging2an n telur krn alergi dan kurang mahir mengunyah. jd tiap hari sayur n buah aja, paling sayurnya ditambah kaldu n ikan. sedih kalo ingat saat itu, makan banyak tp ga jd daging. skg BB alhamdulillah dah 13kg, naik lumayan sejak copot empengnya n doyan makan ayam goreng, minum sufornya jg kuat. kalo dibandingkan sama sebayanya emg relatif dibawah ya BBnya, apalagi kalo dilihat di kurvanya, dulu anakku termasuk bayi besar lahir BB 3,6kg. tp sekarang aku ngga terlalu galau lg, soalnya anaknya aktif bgt, perkembangannya jg bagus dan memang anaknya termasuk superaktif. apalagi dulu ortunya jg pd langsing2 waktu kecilnya :D.

nah adiknya 12m jg stuck di 7kg. tp emg berat lahirnya pas2an bgt cm 2,5kg. jd mungkin BBnya mengikuti growth chartnya kali ya. berkali2 konsultasi ke DSA cm disuruh perbaiki menu makanannya. masalahnya si adik jg lg masanya susah makan, mau sih cm dikit bgt, minum asip jg dikit bgt sehari maksimal 4 botol aja. bawaan anak2ku kali ya susah bgt makan n minumnya pas usia under 1Y. berharapnya nanti setelah mahir makannya BB lebih bagus lg.

karralma,
ISK silent cirinya apa ya mom?

25

Topic: Penyebab Slow Growth

Mom Anita,
Kata temenku itu, justru krn ciri2nya gak keliatan itu makanya disebut silent, gak ada ciri yg menonjol terlihat. Ketauannya dari tes urine atau tes darah gt klo gak salah. Klo anaknya temenku itu jg emang susah bngt makannya katanya sih.