1

Topic: Penyebab Slow Growth

mom, anaku 6.5mo bb nya 6kg.
nyusunya mayan banyak,,
sejauh ini stiap konsul dsa, slalu dijawab, perbanyak nyusunya, perbaiki makannya, hindari pencetus alergi, kurangin makan pedes

maap y ga bantuu

2

Topic: Penyebab Slow Growth

mom ditta knp yah itu? padahal susunya udh banyak? ud mulai mpasi yah?

3

Topic: Penyebab Slow Growth

vaniezh sudah di plot di growth chart? selama masih diatas angka 0 berarti normal kok

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

4

Topic: Penyebab Slow Growth

klo Kata dsa ku, anaku alergi protein susu sapi,, nah itu bsa menghambat penyerapan nutrisi,, sm klo kita makan pedes jg ngefek kyknya, makanya aq disiplin untuk pantang protein susu sapo

5

Topic: Penyebab Slow Growth

ditta,
ini makanan pedas yg dimaksud yg dimakan ibunya kan ?
apa hubungannya kah dengan BB anak ?

@dina_noermadi
== it will be a bumpy ride but I will enjoy it as the way it is ===

6

Topic: Penyebab Slow Growth

vaniezh
kebanyakan MPASu-nya kali mom...jadi pas minum susu udah kekenyangan?
tadi iseng ngitung pake WHO Anthro, ini baby boy atau baby girl? kalo cewe mah masih oke BB segitu, tinggal diliat penambahannya aja tiap bulan, cakep ngga. kalo cowo, emang udah di bawah P10 sih... tapi kalo dari awalnya emang segitu (penambahan BB/bln baik), tetap pantau dulu aja. kayaknya usia 5 bulanan emang ada masanya bayi2 itu udah rada "bosen" nyusu ya? :)

bundaliffa
di atas angka 0 maksudnya apakah? ini pake z-score atau persentil ya? AFAIK kalo pake z-score di bawah angka 0 juga masih normal kok, selama tidak di bawah garis -2. tapi kalo pake persentil sebaiknya di atas P3 atau P5 ya?

7

Topic: Penyebab Slow Growth

Mau ikutan nimbrung nih....babyku juga dari bulan 3 -4 lambat bgt BB nya naik, skrg udah 5mth 6,6 kg cma naek skitar 1kg an aja slm 2 bulan normal nggak yah? Minum asinya juga dikit bgt...klo minum kepalanya sering dieleng geleng ama nendang2..pdhl udah lbh dr 3 jam nggak minum....emang hsia 5mth kyak gitu kah mommies?

8

Topic: Penyebab Slow Growth

dina noermadi prastyawan
klo kt dsa ku, pedes itu bisa bikin penyerapan nutrisi di lambung kurang efektif, bikin bb susah naik,
klo anak yg alergi susu sapi, kn jg ga boleh kena protein susu sapi samsek (eliminasi) klo kitanya ga disiplin, bisa ada area steri di usus / lambungnya, area steril itu ga bisa nyerap nutrisi samsek, ktnya sih gt.

bb anaku smp 8mo 6.3kg,, hiks hiks,,, udh 3 mo naiknya dikit bgt,, udh ke dr, widodo kemaren, setelah ikut treatmentnya, anaku nafsu makannya jd membaik, tp bb blm naik sih, tp terlihat lebih sehat dan seger anaku...

9

Topic: Penyebab Slow Growth

ditta
Bisa di share g terapi dr.wdodo-nya seperti apa?
Thanks :)

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

10

Topic: Penyebab Slow Growth

anak saya jg lg macet neh kenaikan BB ny bahkan bulan ini turun...pdhl makanny bagus n nimun asip jg ga masalah..
dikasih apa aja dia hap hap aja...eeeehhhh kemarin timbang kok malah turun 300gr.
sedih bgt.....
anak saya 10m BB 8,7kg..bulan lalu 9kg. pdhl wktu msh "bayi" gendut bgt ampe punya "dua dagu"..huhuhuuuuu

11

Topic: Penyebab Slow Growth

mamah_nizam,
usia 10m dengan BB segitu masih bagus lhoo.. Lagi aktif banget kali yaaa.. :)
Untuk memenuhi kebutuhan energinya mungkin bisa di boost dengan makanan yang tinggi kalori.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Penyebab Slow Growth

mamah_nizam, iya setuju sama Kira Kara, mungkin lagi aktif2nya ya jadi dia melangsing :)

menurut aku berat segitu juga ideal. Anakku yang 28 months juga gitu, bbrpkali turun dikit padahal makan dan susunya lancar2 aja. tapi emang lagi aktif banget, yang liatnya aja sampe capek ;)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: Penyebab Slow Growth

kira kara n Zataligouw
thanks ya masukannya...agak tenang jadinya,iya bener jg sih kayany lg aktif2ny...
heeee....

14

Topic: Penyebab Slow Growth

Betullll...
Anaknya lg ngurangin BB,meringankan tubuh... Uda ga sabar mo blajar jalan itu,mom... :D

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

15

Topic: Penyebab Slow Growth

Maaf mom.. Growth chart WHO sama gak kayak KMS?? Saya bingung klo yang pake "percentil" dan "Z score" apa.. Misal anak saya berat lahirnya 2.7kg TB 48
Umur 1 bulan 3.5kg Tb ;58cm
Umur 2 bulan 4.5kg
Itu ada d batas normal gak ya mom?? Abis koq anak saya keliatan kecil

16

Topic: Penyebab Slow Growth

TFS sebelumnya ya Mamas
kasus ku sama juga nih
Bayi ku Audi umurnya udah 8 bln skrg
sudah dari umur 6 bulan bb nya kurang banget
sampai kemarin pas cek ke nutrisionis
umur : 7,5bln
bb : 5,850kg
pb : 66,5cm
didiagnosa gagal tumbuh dan kurang gizi T-T
udah tes darah katanya defisiensi tp sdh dikasih mamam hatiu ayam setiap hari selama sebulan, jd kata DSA nya sdh gak defisiensi
sudah tes urine, alhamdulillah negatif infeksi nya
sdh dicoba makannya dikasih butter, EVOO, sufor nya juga khusus BBLR (krn kalau asi sdh nggak ngejar *dobelnangis*)
kemarin di resepkan infantrini peptisorb tp udah cari2 ke seantero apotik belum nemu
kembangnya sih kata dokternya sesuai milestones tp ya itu masih ogah2an merangkak padahal kalau otot kaki nya sih kuat, Audi lebih prefer jalan paling suka di titah (masih parno tapi, katanya bayi lebih baik lewat fase merangkak dlu)
Mamas ada yg pernah dapat diagnosa atau baca tentang kurang nafsu makan, bb kurang dan hipersensitifitas saluran cerna (alergi) nggak?
ada yang bisa ngasih saran buat nambah nafsu makan dan bb yg berhasil nggak?
ditunggu sharing nya ya Mamas, thanks

17

Topic: Penyebab Slow Growth

r.Intan PM ya mom..
Oya biar nggak OOT. Anak pertamaku dulu susah makan, sepertinya karena proses weaningnya kurang sempurna. Sempet pake Pediasure selama beberapa bulan tapi yang ada malah makin kesininya dia jadi sembelit. Akhirnya stop Pediasure dan tetep minum sufor (Nutrilon Royal 3,4).
Sekedar sharing, temen kantor ada yang anaknya setahun nih bulan depan ini. Beratnya sekarang nggak nyampe 9kg. Tapi lingkar kepala normal, panjang badan juga normal, dokter bilang ngga apa2 tuh mom. Memang gen-nya kecil, soalnya kalo liat ibunya emang imut2 sih :)
Mungkin mom bisa cari 2nd opinion dulu ke nutrisionis lain. Siapa tau ada alternatif penanganannya. HTH.

18

Topic: Penyebab Slow Growth

Sorry ya.. mgkn di page2 sebelumnya dah ada yg jawab ataw nanyain hal ini.. tp jujur ga sanggup saya harus buka satu2.. hehe.. saya maw nanya.. anakku 19 bulan BB 8.6 TB 72. Anaknya aktif sekali.. tp yg bikin sedih bnyk yg blg tralu kecil badannya.. bahkan kalo saya ke dokter slalu dibilang di bawah chart.. saya takut pertumbuhannya nanti tidak maksimal. Makannya memang susah sekali.. dr mpasi pertama sampe bulan lalu hanya makan bubur cerel*c. Karna kalau dikasi agak kasar dikit pasti dimuntahkan. Trs kalo saya masakin dia tdk maw karna mgkn rasanya tdk terbiasa di lidahnya. 1 bln kmrn saya paksakan lgsg nasi dan dia sudah mulai mau makan nasi dengan kuah kaldu. Daging ataw sayur meskipun sudah lembut masih dimuntahkan. Giginya baru 6 sampe saat ini. Calcium tambahan sudah saya berikan setiap hari. Yang saya ingin tau, sebenrnya dengan BB dan TB anak saya sekarang sangat kurang kah? Berbahaya utk pertumbuhan kedepannya kah? Terima kasih utk jawaban urban papa mama semua..

19

Topic: Penyebab Slow Growth

Mamas, anakku 5m dan baru aja ditimbang beratnya cuma 5,8 kilo. Padahal dia sehari2 nyusu terusss malahan kurang mainnya. Padahal kata orang2 umur 5m justru lg seneng2nya main. Dia berat lahir 3,18 kg. umur 5 bulan berat segitu normal gak ya? Biasanya dia perbulan naik 600 gr tp baru kali ini naiknya cuma 390gr. Kebapa begitu ya? Dia susah banget ndutnya. Huhu..

20

Topic: Penyebab Slow Growth

NanaNiw Berdasar tabel berat badan anak menurut usia versi WHO, bb anak usia 1 tahun 7 bulan untuk laki-laki antara 8,9-13,9 kg sedangkan utk anak perempuan antara 8,2-13,5 kg, jd kalau anaknya perempuan berarti msh normal, tapi kalau laki-laki berarti kurang :( Doyan minum susu nggak ya? Kalau pengalaman sy dengan keponakan, sampai 1 tahun lebih makannya masih diblender krn kalau sedikit kasar langsung dimuntahkan, tapi dia seneng sekali minum susu jd bb-nya bagus. Kalau boleh kasih saran mulai pelan-pelan dikenalkan dgn makanan selain Cerelac saja mom, dan divariasi juga supaya dia mulai tertarik dgn rasa makanan yg beragam. Mudah2an pola makannya segera membaik ya.

21

Topic: Penyebab Slow Growth

lydiiaaaa
Sependek pengetahuan saya, grow chart berbeda dengan KMS. KMS adalah ukuran untuk BB bayi ideal rata-rata.
Sementara growth chart adalah chart yang digunakan untuk memantau pertumbuhan bayi berdasarkan persentil. Meskipun anak ada di persentil kecil, tapi konsisten dan tidak mengalami penurunan yg signifikan berarti anak masih memiliki pertumbuhan normal.
Silahkan di gugling agar tahu perbedaannya detailnya.

NanaNiw, nayanggita
coba browsing tentang growth chart deh. Anak dengan usia sama tapi dengan BB berbeda belum tentu perkembangannya dianggap tidak normal. Karena anak lahir dengan BB berbeda2 dan perkembangan yang juga berbeda. Tidak semua anak dengan BB dibawah tabel itu tidak normal.

Aku sedih kalo tiap kali ke posyandu selalu dibilang anaknya kurang gizi. Padahal makannya bagus, perkembangannya bagus, tapi hanya karena BBnya dibawah garis jadi dikategorikan kurang gizi.. :(
In fact, kembarku adalah anak-anak dengan slow growth dan super mungil di usianya. Tapi dengan kemampuan dan pertumbuhan yg tidak kalah dengan yang lainnya. Di usianya yang skrg 3,5th BB si kembar antara 11-12 Kg. Mungil banget kaaannn?! :D
Tapi, mereka tetap anak-anak hebat lho.. (ini krn emaknya yang narsis kayaknya) hehe...

Ayo mama, jangan menyerah.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

22

Topic: Penyebab Slow Growth

Mama Kinarian,


Iya anakku laki nih.. sedih tiap kali dibilang beratnya dibawah rata2.. iya ini lg berusaha kasi makan selain cerelac.. doakan smoga smakin membaik ya mom..

23

Topic: Penyebab Slow Growth

kira Kara


Anaknya cewe ataw cowok ya mom? Brarti yg penting anaknya aktif gt aja ya.. soalnya smua pada blg berat waktu lahirnya besar.. 3.4kg.. jd harusnya 1 tahun minimal 3 kali lipat berat lahir.. skrg dah 1 taon 7 bulan beratnya 3 kali berat lahir aja blm nyampe.. jd kadang stress gt mom.. ini lg usaha kasih makan macem2.. selama ga ditolak saya kasi.. tp seringnya ditolak.. hux.. makasi mom supportnya..

24

Topic: Penyebab Slow Growth

NanaNiw
bukan hanya aktif atau tidak sih patokannya. Tapi kalo aku lebih sreg memakai growth chart. Di growth chart akan kelihatan anak kita ada di persentil berapa. Selama persentilnya tidak jatuh/drop banget selama masa pertumbuhan ya memang tidak perlu khawatir.
Ki-Ka cewek semua, dan dulu lahir dengan BB 1,5kg - 2kg. memang dari lahir sudah BBLR. Sebenarnya lebih bagus kalau bisa catch up BB normal. Tapi apa daya Kara selalu menempati posisi rendah. sepertinya faktor genetik berperan besar. hehe... Karena bundanya pun badannya petite :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

25

Topic: Penyebab Slow Growth

Hai Moms, mau curhat juga. Anakku cowok 3m 8d, berat 5,6kg. Berat lahir 3,5kg.

Aku lagi khawatir banget karena selama 3 minggu terakhir kenaikan BB-nya cuma 100gram. Padahal biasanya bisa 500-800 gram per bulan.

Sejak kontrol pertama, DSA kasih target naik 1kg per bulan, tapi gak pernah bisa. Itu aja udah bikin stress. Ehh terakhir kemarin malah cuma naik 100 gram dalam 3 minggu. Huhuhuhuu..

Sejak awal Feb dia minum ASIP krn aku kerja. Disiapinnya 300-400 ml (sanggupnya cuma mompa segitu dan kejar tayang). Minumnya susaaaaah banget. Gak bisa pake cup. Bahkan botol pun hanya mau nyedot kalau dia hampir ketiduran. Jadi pengasuhnya musti nunggu dia ngantuk dulu baru kasih ASIP. Untuk menghabiskan 1 botol @100ml butuh waktu 1/2 - 1 jam. *sigh*

Sejak awal anakku nenennya juga cuma sebentar. Bulan-bulan pertama paling lama 15 menit, makin ke sini makin bentar.. 10 menit.. 5 menit. Gak dapat hindmilk deh.

Dia juga gak suka kalau nenen di PD yang udah gak kenceng. Aku jadi bingung. Maunya pompa dulu supaya dia lgs minum hindmilk, tapi dianya gak suka karena ya itu, gak kenceng lagi PD-nya dan alirannya kan gak sederas sblm dipompa.

Gimana ya Moms? Help please..