1

Topic: Penyebab Slow Growth

Kira Kara wrote:
saya disarankan untuk menggunakan growth charts untuk anak prematur. GC untuk anak prematur berbeda dengan anak normal. Memang biasanya pada anak prematur ada keterlambatan.....senasib sama saya, sebellll banget kalo ke DSA atau posyandu dibilangnya gizi buruk. bikin sakit hati ajaa...


Liebe Wiwied,
emang nyebelin ya kalau orang2 gampang memvonis gizi buruk, padahal tuh, kalo urusan nutritional status, gizi buruk itu didefinisikan kalo Z-scorenya < -3 kok, dan kemungkinan anak kita kan ngga akan sampai segitu :), jadi, cuekin aja kali ya omongan yang negatif kaya gitu, soalnya yang bicara gizi buruk, mungkin juga ga ngerti apa definisi gizi buruk itu sendiri.

kalo ttg growth chartnya, itu pakai pembanding dari data WHO yang baru kan ya mama Wiwied? karena kalo KI-KA masih disusui, reference data WHO akan lebih fair menilai pertumbuhannya. semoga KI-KA makin bagus growth dan development nya yaa..

2

Topic: Penyebab Slow Growth

meiza wrote:
Tolooooong mamas.. SOS..udah saatnya aku panik nih sama BB arza. 13,5 bln berat 8.5kg tinggi 77 cm. makan dalam sehari paling bnyak cuma 1 kali (jadi kalau sudah makan siang banyak, makan malamnya ngga banyak dan sebaliknya)...nah.abis makan apapun minumnya ASI, langsung nenen, ...DSA nya arza ngga khawatir sih..


Liebe Meiza, hmm..boleh ikutan ngerespons yaa..
krn saya ndak tau gimana status mikronutrisi nya Arza, jadi saya beranggapan baik baik aja, so saya hanya melihat nilai TB/BB nya Arza ya :).

tadi saya sdikit ngitung2 data2 Arza, dg TB dan BB segitu (dan asumsi Arza lahir skitar Feb 2011, laki2) plus pakai WHO standard 2005, weight-for-age z-score nya masih masuk ke wilayah mildly underweight (-1.49), height-for-age nya normal (-0.26), dan weight-for-height nya juga masuk ke wilayah mildly wasted (-1.88). jadi kalau saya subjektif menilai, kondisinya Arza sebenarnya ndak terlalu mengkhawatirkan, tapi memang harus ada yang dilakukan agar status nutrisinya makin menjadi baik dan tidak menjadi makin turun.

Tentang susahnya makan Arza, mungkin diteliti lagi Meiza gimana kebiasaan makan Arza selama ini dan dicari strategi untuk memperbaikinya (semisal, kurangi makan keju bila makanan utama belum diasup; makan dalam porsi kecil2 namun disebar dalam frekuensi lebih banyak di sepanjang hari, kenalkan variasi makanan lebih banyak supaya bisa mengidentifikasi makanan2 yang sehat yang Arza suka) juga kalo bisa diciptakan situasi yang menyenangkan buat Arza saat makan. Trus untuk ningkatin kalori makanannya, untuk sementara mungkin dalam makanannya Arza, tambahkan sedikit minyak untuk meningkatkan kalorinya.

Maaf ya Meiza, ga bisa banyak bantu nih, semoga yang lain bisa menambahkan :).

Topic: Penyebab Slow Growth

mom meiza, bisa coba kasih evoo/unsalted butter di campur ke makanan arza...nathan dikasih itu..lumayan bb nya ada peningkatan walaupun masih agak kutilang (kurus tinggi langsing), skrg bb nathan (12m3d) 9,8kg tinggi 77cm...ni jg lg GTM, biasa kelar makan 20mnt, ni bisa hampir 1 jam baru kelar...
butuh kesabaran ekstra...semangat mom..

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

4

Topic: Penyebab Slow Growth

inayati
oiya?? syukurlaaaahhh kalo masih batas normal..
makasih mama, udah diitungin
soalnya pernah nginput ke grow chart dari website asing, hasilnya percentile dibawah nol.. masih harus belajar lagi ny ngitung grow chart dengan benar

[email protected]@[email protected]@n
sudah coba evoo.. tapi ngga significant tuh hasilnya.. betul sekali.. mesti sabaaar... semangaaaat

5

Topic: Penyebab Slow Growth

meiza wrote:
Tolooooong mamas.. SOS..

udah saatnya aku panik nih sama BB arza.
13,5 bln berat 8.5kg tinggi 77 cm

makan dalam sehari paling bnyak cuma 1 kali (jadi kalau sudah makan siang banyak, makan malamnya ngga banyak dan sebaliknya)

makan ngga teratur

minum ASI, UHT/dancow mau sedikit,, jus ngga mau, coklat mau, suka gadoin keju...

nah.abis makan apapun minumnya ASI, langsung nenen,,

DSA nya arza ngga khawatir sih.. cuma pesen makaannya lebih banyak dan dikasih vitamin ferriz..


Meiza,
kasus makan tidak teratur ini juga pernah saya alamin. Mulai 1 bulan terakhir saya mencoba "bereksperimen" dengan mengatur pola makan KIRA-KARA.
Kalau makan siang sedikit, makan malam banyak, atau sebaliknya, kemungkinan jadwal makan siang dan makan malam terlalu berdekatan. ada baiknya jadwal makan siangnya sedikit diajukan atau jadwal makan malamnya diundur.
Saya juga memberlakukan rules "tidak boleh makan cemilan/susu sebelum makan utama." Jadi bangun tidur, makan pagi dengan menu makanan utama, setelah itu baru boleh maem cemilan (biasanya fave KI-KA pudding buah/cake). Demikian juga waktu siang hari. Kalo siang hari yagn dicari cemilan, cemilannya saya "simpen" dulu, saya kasih makanan utama untuk makan siang, setelah itu baru saya kasih cemilannya. Dan berlaku juga untuk sore/malam hari. Karena sudah lebih dari 1 tahun, konsumsi susu juga saya batasi perhari 450/500ml, karena KI-KA minumnya sufor.
Alhamdulillah menunjukkan peningkatan nafsu makan. Semoga nanti waktunya timbang badan, juga menunjukkan peningkatan yang signifikan.
HTH.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Penyebab Slow Growth

Inayati wrote:

kalo ttg growth chartnya, itu pakai pembanding dari data WHO yang baru kan ya mama Wiwied? karena kalo KI-KA masih disusui, reference data WHO akan lebih fair menilai pertumbuhannya. semoga KI-KA makin bagus growth dan development nya yaa..


Iya, awalnya saya pake GC standard WHO, tapi sekarang saya tambahin pake yang khusus premature. jadi saya punya 2 GC. Jadi saya bisa pantau dari segala sudut pandang.. hahaha..
semoga KI-KA segera bisa catch up ketertinggalannya.. ^_^
thanks for support yach... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Penyebab Slow Growth

kira kara okeeeeehjhhh nice tipssss.. aku coba ah.. jarak makan yg panjang.. aku sebenernya bisa kasih makan arza jam 7 malem. soalnya dia tidur jam 9.. tapi sama mamaku ngga boleh.. nah, kalo arza kan mium asi, malah kalo makan nasi minumnya susu.. hehehe..biar gendut gendut gendut.
tapi setelah makan dia jingkrak jingkrak gak berenti.. bensin diisi, dihabisin lewat gerak.. gmn ngga kurus..

8

Topic: Penyebab Slow Growth

Hugs buat mamas di sini..
Minggu lalu ke dsa buat kontrol 3 bln dan kebetulan baby sy mencret. BB waktu lahir 3.1kg dan kemaren usia 3 bln di 5.475kg.. drop dari persentil 50 ke sekitar 25.

Mana sy lihat di sini kebanyakan pada udah masuk MPASI ya baru kelihatan slow growth. Baby sy masih full asi tapi udah ada di persentil bawah, padahal biasanya menurut dsa, ini masa2 bayi tumbuh pesat.
dsa menyarankan untuk menawarkan ASI lebih sering ke bayinya dan disuruh merah lebih sering supaya bisa ngasih asip ke bayi lebih sering lagi.

Masalahnya ini udah masuk kerja, dan kerjaannya gak diem di kantor tapi keliling, so merah asi challenging banget (bukan merahnya melainkan nyimpen hasil perahannya yg agak susah)

Udah minta mbak di rumah ngasih asip lebih banyak, tapi 75ml aja baby nya udah muntahin asip nya jadi keliatannya memang baby ku miminya sedikit tapi sering aja (10 kali mimi setiap harinya).

Sekarang agak terhibur sama postingan piyut, eka, sidta dll..
So far sih perkembangannya bagus, malah long wiken kemaren udah bisa tengkurep sendiri, celotehnya makin banyak dan sering, jadi harusnya gak perlu terlalu khawatir yah.. tapi tetep deg degan, moga2 berikutnya bb nya bisa lebih banyak naiknya..

9

Topic: Penyebab Slow Growth

wah, obefya, itu msh juah lbh baik dr aku. babyku jg lahir 3.1, tp pas sebulan bb-nya ga naik, malahan turun jd 2.9 hiks.. DSA bilang krna pencernaannya mgkn blm sempurna, penyerapan lemaknya kurang trus dikasi vitamin aja. skrg 2.5mos, beratnya jg baru 4.25, tapi itu pun uda bersyukur bangeeeet.
bt-nya tuh karena dituduh asi-nya ga bergizi, padahal DSA uda bilang bukan, sejelek2nya sekurang2nya asi, klo normal pasti naik koq. tp emg skrg aku campur sufor sih, supaya bantu ngejar naik bb dulu

10

Topic: Penyebab Slow Growth

Jxmom, semoga bb babynya naik.. kalo bisa sih tetep asix ya :), kemaren walaupun dimuntahin tetep ditawarin lagi tuh si asip sehingga sekarang ada peningkatan sekali minum bisa sampe 85 ml.
Baby ku 3m3wk ini berat kemaren sekitar 5,9 kg, masih kurang dari 200gr per minggu nya, tapi tetap semangat asix

Ada hubungan ngga yah karena gw jarang makan daging dagingan? Makan lebih suka ikan dan seafood aja disamping sayuran. Maksudnya kandungan lemak di asi jadinya kurang..

11

Topic: Penyebab Slow Growth

Obefya,
Kalo saya pernah dapat dari DSA KI-KA, persentil atas/bawah itu bukan patokan anak sehat atau tidak sehat.. Persentil hanya merupakan indikator rank BB/TB anak dibandingkan anak yang lain. tinggi rendahnya persentil tidak berarti seorang anak lebih sehat atau memiliki pertumbuhan atau masalah berat badan. Tidak ada persentil yang ideal. Idealnya seorang anak akan mengikuti pola garis pertumbuhan yang sama atau hampir serupa setiap bulannya. Pertumbuhan yang baik bila tidak ada perubahan pola garis yang drastis. bila turun drastis mungkin ada beberapa penyebabnya, bisa karena sakit atau organ-organ yang belum sempurna pada bayi yang baru lahir.
Selama bayinya konsisten naik BBnya mungkin masih wajar.
CMIIW ya Mamas...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Penyebab Slow Growth

babyku zee 9m BB nya juga kecil cuma 7kg. anaknya sih aktif banget dah merangkak ke sana kemari, mulai mau berdiri juga. selama ini maem 2x bubur lahap banget, yoghut atau cemilan 1x, dan buah 1x. rata2 smua habis. baru dua minggu ini menambahkan evoo dan santan di buburnya, tp kok sepertinya tidak ada perubahan samsek.

di usia 9 ini boleh dikasih apalagi ya? klo spirulina itu bolehkah? sodara ada yg jual kapsul isi spirulina aja tanpa madu. itu bisa buat nambah BB ?

apa mungkin dipengaruhin aku juga ya, dari dulu aku susah gemuk walo makannya kayak tukang becak, hehehe

13

Topic: Penyebab Slow Growth

Kira Kara wrote:
Obefya,
Idealnya seorang anak akan mengikuti pola garis pertumbuhan yang sama atau hampir serupa setiap bulannya. Pertumbuhan yang baik bila tidak ada perubahan pola garis yang drastis. .


benar banget kesimpulannya. itu juga yg slalu dokter anak saya nasihatkan. selama trend pertumbuhannya bagus dan tidak turun naik yang drastis, smua masih di wilayah hijau, alias tidak perlu khawatir :)

14

Topic: Penyebab Slow Growth

hii moms
seneng bgt liat perjuangan Momas yg luar biasa...banyakkk bgt usahanyaaa,,, HEBAT!!!!!!!

cuma mau sharee
Dega bb lahirnya 2,3kg , tb 44 cm..
Now 14m BB 8,3kg, TB 81 cm
segala mcm udah dicoba buat boost BB nya,, keju,olive oil,madu, alpukat dll...
dega punya DSA lbh dr 1 ( yg blh ngasih obat cuma 1 tapii .. :D ) & ahli gizi
tp ya begitu... fase GTM, GMM , teething gantian dtg
makannya butuh 1-2 jam buat ngabisin semangkuk kecil

tapiii.... smua terbayar liat dega sehat, tumbuh kembang nya optimal..
umur 10 bulan dega udah jalan ..
NOW 14m dia udah bisa nyanyi Cicak-Cicak di Ding Ding *dega says

Masih sangat berusaha naikin BB dega pastinya,,
tapi setuju sama Mommas semua... perkembangan anak beda-beda..
disini keliatan bgt ibu-ibunya berusaha cari tau knp anaknya sedikit bermasalah...
bukan mengeluhkan saja..

HEBAT
SEMANGAT buat mommas semuaaaa

#Menyemangati diri sendiri juga,,, angka 10 kg msh jauhh ;p

15

Topic: Penyebab Slow Growth

Banyak juga yang seperjuangan yah... *terharu*
Diego juga agak seret nih naik BBnya...makannya juga ga semulus kakaknya dulu, pdhl kalo masukin barang ke mulut semangat 45... :(
Tapi ya sudahlah, lha wong anaknya super lasak emang... walopun sebulan cuma nambah 300gr kurang2 dikit ya ndak apa deh yang penting sehat... *menghibur diri*


Obefya wrote:

Ada hubungan ngga yah karena gw jarang makan daging dagingan? Maksudnya kandungan lemak di asi jadinya kurang..


Sepanjang yang saya baca sih apa yang kita makan (selama itu makanan sehat yang normal) ngga banyak ngaruh ke jumlah/banyaknya kandungan lemak. Jadi ya ngga ngaruh2 banget ke kenaikan BB bayi. Hanya memang jenis lemaknya (nabati atau hewani kah) di ASI beda2 tergantung ibunya sering makan apa.

16

Topic: Penyebab Slow Growth

huhuhu ternyata banyak juga yang ngalamin hal yang sama. Babyku IUGR,
bb lahir 1798 gr
bb 4M9D 4360
pas umur 1-3bulan naiknya bisa 700 g sebulan setelah itu mulai melambat ke 400 g T_T padahal dia harus catch up biar paling g bisa masuk persentil bawah huhuhuhu

tapi sempet curiga juga sih larinya ke tinggi badannya karena kayaknya kok cepetan tingginya ya...waktu lahir 41 sekarang udah 56,5.

btw mamas ada yang pernah diresepin Human Milk Fortifier sm dsa ny? kemarin aku disaranin untuk nyampur ini di asipnya biar lebih "kaya kalori" katanya. Mau coba tapi agak ragu :(

17

Topic: Penyebab Slow Growth

mommy baby aq juga harus di boost berat badannya 7m2w baru 5.7kg. baca2 resep untuk boost bb, akhirnya aq kasih keju dan butter. mau tannya, kalau merek keju yg unsalted itu apa ya?
makasih ya mommy

Cherry Riandiana

18

Topic: Penyebab Slow Growth

amie chan, duh kelewat baca postingannya. gimana ? udah jadi diberi HMF ? quote dari IDADI sih gini ya,

Kandungan gizi ASI bayi prematur lebih tinggi dibandingkan dengan bayi matur (cukup bulan), sehingga pertumbuhan bayi prematur pada awalnya seringkali cukup baik. Komposisi ASI bayi prematur akan berubah menjadi serupa ASI bayi matur dalam waktu 3-4 minggu, namun pada saat itu masa kehamilan bayi juga sudah cukup bulan sehingga ASI-nya sesuai dengan kebutuhannya. Untuk
bayi yang pada usia kronologis 4 minggu masa kehamilan belum mencapai 37 minggu selain ASI perlu ditambahkan Human Milk Fortifier (fortifikasi ASI).


Fortifikasi ASI mengandung protein bovine whey-predominant atau hidrolisat, karbohidrat yang khususnya terdiri atas polimer glukosa/maltodekstrin, mengandung natrium, kalsium, fosfor, magnesium, beberapa mikronutrien serta vitamin. Dari Cochrane Reviews, didapatkan bahwa fortifikasi multikomponen ASI meningkatkan retensi nitrogen, memperbaiki pertumbuhan, serta kandungan
mineral tulang. Fortifikasi dimulai jika toleransi minum > 100 mL/kgbb/hari atau bayi sudah mencapai pemberian minum secara penuh. Untuk nutrisi yang optimal, bayi prematur membutuhkan asupan nutrisi 180 mL/kgbb/hari. Pemberian Human milk fortifier atau ASI yang difortifikasi umumnya dihentikan saat bayi akan pulang dari perawatan rumah sakit.


silakan ke thread bayi mungil ya

cherry r, ada beberapa yg kadar garamnya rendah, kalau yg unsalted bener-bener sepertinya tidak ada ya. coba diamond yang ngga terlalu asin, maksimalnya 30gr/hari.

less ego, more heart

19

Topic: Penyebab Slow Growth

Makasih Sidta infonya. aq kira diamond itu unsalted butter. kalau pake prociz bisa gak ya? kalau unsalted butter maksimal pemberiannya berapa ya per hari?

Cherry Riandiana

20

Topic: Penyebab Slow Growth

sidta akhirnya g jadi dikasih HMF nya :) slain agak susah dicar (dan agak berat di kantong) baby Sachi juga ud hampir MPASI. Jadi ayah bundanya mikir coba boost lewat makanan aja.

Akhirny ke dsa lain *lagi* yang untungnya ga judmental soal bb babyku. Sejauh ini dia cuma nyaranin menambah makan langsung 3x di umur 6M3W buat ngejer bbny.

Cuma makin kesini kok curiga anaknya lebih ke tinggi daripada berat ya...soalnya makannya lahap tapi penambahan BBnya tetep ngepas.
Yah gpp lah asal sehat.

21

Topic: Penyebab Slow Growth

amie_chan, sama aku jg boost BB lwt makanan aja. Kmrn DSA ngizinin kasih MPASI sblm 6 bulan karena anakku uda bisa duduk mantap & emg uda mulai suka ngeliatin & ngeraih makanan (5m1w mulai dicoba kasih dikit2). Lumayan jg dlm 1 bln sejak terakhir timbang bisa naik 750gr. Skrg 5m3w beratnya 6,1 kg.
Skrg MPASI-nya terutama dikasih alpukat, tepung beras merah dicampur buah2an lain. Trus dikasih jg EVOO 1/2 sdt. Ntar klo 6 bln, masak gasol-nya uda boleh pake kaldu2 supaya nambah lemak jg. Menu-nya semua udah dikonsultasikan & yg disarankan sm DSA-ku (yg kebetulan dokter konsultan laktasi jg), jd aga tenang kasihnya. HTH ya..

22

Topic: Penyebab Slow Growth

wahhhh bersyukur banget nemu thread ini,,,
udh 2 hari ini khayandra (4mo27d) bb 5.8kg 62cm muntah2 dan diare,, muntahnya nyembur banyak banget, mencret kadang berapas kadang cair, dan dihari ke2 badannya panas 38dcl.. lemes banget.. ga mau senyum, kyknya muanya cuma bobo aja,,,, sedih bgt liatnya,, akhirnya diputuskan ke dsa aja,, tkt dehidrasi,, ternyata bB khay ga naik bulan ini,, bbnya 5.8kg, bb lahirnya 3.2kg, n dy ada di percentil bawah,,,sedih deh,,, untung dapet dsa yg baik banget,,, dijelasin klo diarenya bukan karena virus tp karena alergi protein susu sapi,,, n dsa nya juga menganalisa kenapa bb nya ga naik,, kemungkinan besar karena alergi protein susu sapi yg bikin penyerapan di ususnya kurang maksimal.. alhasil aq ga boleh makan produk turunan susu dan kacang tanah. diresepin elsazym dan smecta....smoga babyku cpt sembuh n bb nya naik kembali..

aq rada preasure ttg bb babyku soalnya sering dibandingin sm mertuaku , bb anaku sm bb anaknya kk iparku,,,

23

Topic: Penyebab Slow Growth

Aq mulai khawatir sm kenaikan bb Shasha (6m 3w). BB lahir 3.39kg, TB 53cm. Dlm wkt 2minggu,bbnya naik jd 3.56kg. Rinciannya sbb:
Usia 1bln: 4.56 kg,53.5cm
Usia 2bln: 5.56kg, 58cm
Usia 3bln : 6.14kg, 60cm
Usia 4bln: 6.855kg, 64.5cm
Usia 5bln: 7.05kg, 64.5cm
Bln lalu cm naik sktr 2ons. Yg bln ini blm imunisasi,rencana sore ini. Tp bbrp hr ini uda nimbang2 di rmh,hasilnya bbnya ga naik. Cm 7kg jg. Waduh,,aq kan takut jg kalo ga bbnya ga naik. Smp saat ini msh asix,mulai makan jg pk BLW. Smp usia 4bln,kdg2 aq sk pumping utk stok asi kalo aq pergi2 tnp Shasha. Tp sjk 5bln,uda ga pnh lg. Krn ga pernah ninggalin dia. Nyusunya jg rajin dan lama. Apa asiku uda mulai berkurang yah? Kalo soal perkembangan motorik,Shasha cukup bagus. Bbrp hr ini uda bs duduk sndr dr posisi tengkurep. Trs jg mulai merangkak dikit,melompat tepatnya.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

24

Topic: Penyebab Slow Growth

natallia
Tapi klo diriku lihat foto2 di FB-mu,shasha kelihatan gemuk dan besar lho say.. :)

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

25

Topic: Penyebab Slow Growth

mommy baby ku jg nih bb nya kurang skg 5m3w bb nya 6,8 kg, kl susu susah bgttt, minum 40-50 cc langsung ga mau lg.. hiksss aku ud mulai mpasu sih, pagi dikasih bubur susu, siang dikasih buah,, trus skg lagi nyoba susunya dicampur air tajin, yah angot2an.. kadang minum kadang ga.. hikss... gmn yah mom caranya spy dy mau nyusu? ud coba macem2 botol susu jg ga ngepekk..