1

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Mamas, diriku mulai khawatir nih kok Lana giginya 4 terus ya? belom numbuh-numbuh juga. Gigi pertama tumbuh waktu Lana umur 11mos23days (Gigi atas 2 biji), pas umur setahun tumbuh lagi gigi bawah (2 biji juga). Nah sekarang Lana 16mos giginya belom numbuh lagi, bahkan belom ada tanda2 buat numbuh. Normal kah? *garuk2kepala*

2

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

MIka tumbuh gigi pas 6 bulan disertai dengan serangan batpil+demam, lengkap sudah, hehe, tapi anehnya di Mika, dia kalo numbuh gigi langsung 2, jadi 6 bulan numbuh 2 langsung dibawah, trus 8 bulan numbuh lagi 2 diatas, trus 10 bulan numbuh lagi 2 dibawah, 12 bulan numbuh lagi 2 diatas. sekarang total dah 8 gigi. sekarang mika 13 bulan dan belum numbuh lagi nih, coba ntar 14 bulan numbuh lagi ga ya 2?hehe

BundanyaLana, Tenang aja peh, tiap anak perkembangannya beda-beda, kalo menurut gw sih masih wajar. mungkin Lana duluan dimananya gitu, ngomongnya duluan atau apa gt yang duluan. di observasi terus aja. anaknya temen gw baru 15 bulan numbuh gigi dan langsung banyak, so santai aja bun.....

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

3

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

BundanyaLana,
Lana pertama numbuh gigi hampir umur setaun ya? lama juga ya...

sekarang Keona udah 8.5 bulan satupun giginya belom nongol...
oh well...berarti ditunggu aja ya...

there's no place like home...

4

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

piw sama nih..nara juga uda 10 bulan jalan 11 awal bulan depan...satu gigipun belom nongol atau terlihat mau nongol :S

5

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Thanks ya Mamas....jadi tenang deh stelah baca2 tret ini.....kemaren2 sempet kuatir...apa quinna kurang asupan kalsium yah.....

Piw n NisaNara....samaan euy....quinna juga dah maw 8 m blom ada tanda2 maw nongol giginya......

6

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Iyasih Dit, kata nyokap gue jg dulu telat tumbuh giginya tapi ga setelat Lana ini. Lana bisa manjat duluan sih makanya giginya telat :)

7

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Jadi inget semalam istri gue cerita kalau anak sepupunya sampai umur 2 tahun gak bisa ngomong (cuman hah-huh-hah-huh aja), eh pas bisa ngomong sampai sekarang cereweeeet bawaannya.

Siapa tau telat numbuh gigi ntar numbuh langsung komplit, hahaha...

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

8

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

hai all,
ada yang lebih parah, kakakku aja mpe 1.5tahun belum nongol satupun, mama trus ke dokter, kata dokternya : "oooh lha ini ibunya dulu waktu hamil kurang kalsiuumm"
gitu,...hi9

tapi ada faktor turunan kok, aku aja baru nongol gigi pertama umur 1 tahun kok..

urbanpapa
eh eh ada juga nih anak temenku sekali numbuh gigi langsung 5!
hehe tetep ga sekstrem kata2 urbanpapa ya, masak sekali langsung komplit.

9

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Yeayy tadi pagi waktu sikatin giginya Lana, ada putih kecil nongol diatas sebelah kiri. Gigi ke-5 tumbuh diusia 16mos16days :)

10

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

BundanyaLana, kayaknya si lana sama kayak si albert deh... numbuh giginya telat, tapi nyokap gue udah bilang jauh2 hari sih, soalnya gue baru numbuh gigi setelah bisa jalan dan ngomong...
bener aja... sampe umur setahun masih tenang2 aja tuh gak bergigi... setelah itu tumbuh satu per satu, perlahan-lahan, sampe sekarang (21 bln) giginya baru 7, di depan semua, padahal anak-anak lain udah lengkap! Tapi minggu kemarin sempat demam dan rewel banget, trus gue lihat gusinya putih2 semua, mungkin mau borongan sisanya numbuh semua... semoga deh...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

11

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

wah ternyata Aqeela ada temennya juga.. maksudnya yang sama2 di atas setahun baru numbuh gigi. Aqeela numbuh gigi pertama waktu umur 1thn 1minggu. dan baru lengkap di umur 3 thn.

12

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Iyaya ternyata faktor turunan juga, kata nyokap malah lebih bagus klo anak telat tumbuhgiginya, usia giginya jg bisa lebih panjang, tau bener apa nggak :) Albert jg ya telat, kan kasian juga klo langsung borongan gitu tumbuhnya, tkut susah makan gak sih? Bener loh anak tetangga 18mos giginya udah kompliit, gerahamnya udah ada jadi klo makan ngunyahnya jago, kadang suka mengiri sih, bukan krn giginya udh sempurna tp gampang makannya itutuh :(

13

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

bundanyaLana naia juga termasuk lambat keluar gigi. tapi masih considered normal sih, di umur 10 bulan dia baru tumbuh gigi. tapi langsung 4. trus numbuh lagi pas dia umur 14-15 bln, langsung 6. pas dia umur 2 thn, lengkap deh 16 gigi, cuma sisa 4 gigi geraham aja.

nah karena naia kalo tumbuh gigi gitu selalu borongan, gue sih kuatir dia bakal sakit, susah makan dll. ternyata enggak. kayak gak ngaruh aja gitu di dia. tetep mau makan dan gak pake sakit. jadi emang tiap anak tuh beda2 banget.

dan dari sini juga gue curiga, ni anak kalo giginya udah tumbuh semua, pasti makannya makin menggila. dan bener banget!! kalo dulu mau ini itu tapi karena ga bisa ngunyah trus dilepeh dan jadi susah makan, sekarang sejak punya gigi banyak.. semuanya masuk.. dan gak brenti2!!!

jadi sebenernya kalo ada anak yang gak mau makan atau GTM, alesan utama mungkin aja karena emang giginya ga lengkap jadi blm bisa ngunyah/ngancurin makanannya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Slesta, iya bener jg sih Lana akhir2 ini rada susah makannya, dan klopun makan cuma beberapa sendok terus dilepehin mungkin karena susah ngunyahnya kali yak..

15

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

BundanyaLana - iya sih, kalo numbuh giginya cepet, lebih susah ngejaga biar giginya masih tetep siap pakai pas SD... mesti belajar sikat gigi lebih cepet, mesti ati2 ama susu dan ASI (apa lagi pas masih ASI sebelum bobo), etc.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Wah..banyak temennya!!! Reyu jg tumbuh gigi pertama pas 11 bln...yup..duluan jalan dan ngomong hahaha. sampe sekarang (12bln) baru full 1 gigi hehehe ada tanda2 mau tumbuh lagi sih.

Slesta wah bener jg yah, mudah2an Reyu jg tipe kyk gtu, gigi kumplit makan makin mantap hehehe...iya sekarang banyak maunya...cuma kadang ngunyahnya lama..tp rata2 tetep bisa ditelem sih klo dia emang pengen makan :)

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

17

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

bundanyalana, thalia urusan gigi cepet rusak ini lah salah satunya yang bikin gue jaraaaanng banget ngebolehin naia makan yang manis2 kayak permen, ice cream ato coklat. bolehnya cuma sesekali aja, itu pun cuma dikit. dan abis itu make suureee mesti sikat gigi!! dan ini biasanya rada pake sistem paksa gue yang nyikatin. heheh.. untungnya anaknay sih ga trauma, tapi jadi sok tau maunya sikat gigi sendiri aja, kalo gak marah2. padahal itu sikatnya malah digigit, bukan nyikatin giginya *tepok jidat*

sakiruns iya mudah2an ntar reyu begitu yaa.. soalnya gue ngerasain nih sekarang enak banget ngasih makan naia. mentang2 giginya udah banyak, semuanya pengen dimakan ama dia *maruk*

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

heh iya juga kali ya semoga kalau uda bergigi nafsu makannya meningkat, nara ampe sekarang masih belom bergigi (mau 11 bln) makannya ya gtu deh...mood2an. Kadang mau ngasih yang tekstur aga keras malah susah tapi kalau lembut ntar males ngunyah..nyeh @[email protected]

19

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Tadi malem pas lagi bersiin lidah n gusinya Aysha (2d to 10m),koq ada yg keras di bagian bawah..tnyt ada yg udah nongol tu gigi di bawah..alhamdulillah ga pake panas..walo aga rewel klo lg makan..
Selain teether,ada lg ga ya yg bisa buat gusi adem pas numbuh gigi gitu?perasaan pernah ada yg bilang (lupa dimana)..klo ada semacem gel yg buat adem..addoohh luppaaa.. :p

~Aysha's mom~

20

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

mia - oh, gue pernah tuh dikasih teething gel ama dsa aina... katanya kalo mulai rewel makan, cobain aja pake, tapi jangan kebanyakan ya.

tapi ternyata makein pea-size gel ke gusi anak yang lagi nyeri dan belajar MPASI at the same time itu susaaaah. either gelnya langsung diisep2 trus ditelen (ga sempet menyentuh gusi) atau jari kita dikuyah2, dikira teether. ribet... akhirnya kita ga pernah pake juga, soalnya kok kayaknya aina nelen banyak banget gelnya... hehe. yah, begini lah kalo ga jago makeinnya :P

anyways, setau gue Orajel bikin teething gel. ga tau ya di indonesia dijual bebas apa engga.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Dan Nara akhirnya teething *chicken dance* (11.5m btw) tapi ko yang nongol gigi atas duluan ya? Kirain gigi pertama nongol dari bawah. Ajaib juga nih bayi...bentar lagi mirip kelinci deh hihih

22

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

sabqi teething at 9mo16days.. yg muncul gigi bawah duluan, 2 biji. munculnya barengan lgsg 2. Alhamdulillah ga pake panas, ga pake batpil. Agak rewel aja, malem2 kebangun dan nangis sesenggukan. Sekarang kalo nenen, pake deg2an dan tebakan dulu. Digigit..ngga..digigit..ngga.. Seringnya digigit, mamas.. ihiks.. Alhamdulillah rasanya luar biasa bgt.. :'(

Can't stop falling in love with SABQI

23

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

NisaNara
dulu Soren juga tumbuh gigi atas duluan pas 10.5bln.. seneng banget, mpe nyanyi2 setiap waktu "mutiara putih Soren nongol...". Trus datanglah loper koran, nganter national geo magazine.. baca-baca... lha kok ada cerita suku apaaa gitu di afrika yang membunuh bayi2 yg gigi atasnya tumbuh duluan. Makdang!

24

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Nisanara & Sisca, sama keponakanku juga numbuh gigi atas duluan, dan kebetulan gue suku Bugis, orang2 bilang kalo gigi atas duluan yang numbuh bagus katanya, anaknya bakalan menjadi orang hebat. Sampe sekarang gue masih mikir apa hubungan gigi dan masa depan. Tapi kalo mitosnya baik2 segera diAmin-in aja :) *bertolak belakang banget ya sama cerita di afrika*

25

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

BundanyaLana
wah, kalo mitosnya bagus aku juga suka, Bun! Btw, udah 13 bulan, giginya baru akan 4... penantian panjang, ga sabar pen ngajak soren mam bakso urat!