1

Topic: Tips Belanja Hemat

Doh, bingung isi trit ini. Soalnya tiap ke supermarket, niyat awal cm buat blanja mingguan/bulanan, tp pulang pastiii aja ada barang di luar kbutuhan yg di bawa pulang, heu.. :(
Klo mama2 disini bawa suami biar hemat, klo aku kebalikannya. Klo aku blanja sendiri, kadang suka males sendirian di supermarket, jadi belanja sebutuhnya aja langsung cawww deh.. tapi klo bawa suami n anak, yg ada tiap shaf dr barang2 di supermarket qta lewati. gak akan ktinggalan 1 shaf pun! ntar ada aja tangan2 iseng diantara kami berdua yg masukin barang2 non kebutuhan ke keranjang. heuheuheuhuehue *jangan ditiru*

Tips hematnya, klo utk sayur2an blinya di pasar tradisional aja, klo sayuran segar/hijau beli di tkg sayur krn lebih segar.
belanja toiletries bulanan aja. cemilan disesuaikan.
udah sgitu dulu. soalnya aq bukan ibu hemat nih.. dooohhh maluuu :P

2

Topic: Tips Belanja Hemat

hampir sama sih dengan yang lain, triknya:
- makan sebelum belanja
- bikin list belanja
- bagi-bagi budget per kategori, budget untuk keperluan harian di-breakdown detail, setelah itu dibaca lagi dan ditandai mana yang urgent dan mana yang bisa ditunda.
- untuk keperluan kebersihan, deterjen, sabun, shampoo, dll, pake yang ukuran besar, dan beli untuk persediaan saat item tersebut sudah kurang dari 1/4-nya. ini untuk menghindari 'terpaksa' belanja item yang habis.. bisa-bisa pulangnya udah bawa item yang habis plus teman-temannya.

menurutku program weekend tanpa mall itu bisa bantu ngirit lhoo.. terus salah satu kegiatannya masak bareng dirumah.. ngirit dan fun..

untuk makan di hari kerja, lebih milih masakan rumah, selain lebih murah, tentu saja lebih higienis dan sehat.

saya termasuk yang sengaja gak stock cemilan, soalnya kalo udah kebeli pasti dihabiskan.. sungguh gak bagus untuk kesehatan tubuh dan kesehatan kantong.. hahahaa..

kalo aku untuk pengkategorian rekening biasanya sbb:
- untuk investasi/tabungan: rekening joint account, jadi bisa saling mengingatkan.
- masing-masing punya rekening untuk kebutuhan pribadi: baju, sepatu, dan konsumsi pribadi lain, tiap bulan ada yang masuk ke rekening ini, silahkan dipake sesuai keinginan masing-masing, jadi kita tetap punya kebebasan belanja.
- rekening belanja, rekening yang ini boleh dihabiskan setiap bulannya.
- rekening cadangan: rekening ini lebih untuk jaga-jaga kalau kebutuhan mendadak buanget dan untuk tampungan untuk annual cost.

Saya bukan pengguna CC, belanja besar maksimal 2 x sebulan, sisanya belanja kecil-kecil lebih sering di tukang sayur atau di pasar tradisional, selain lebih murah, tentu saja mensejahterakan masyarakat kecil.

Oh ya, meski gajiannya bulanan, tapi untuk budget sengaja di breakdown per 2 minggu, jadi bisa lebih terkontrol, pas tengah bulan bisa keliatan apakah kita on-track.

Visit My Blog: Me and My World
@nurdessy

3

Topic: Tips Belanja Hemat

Oh ya, mau share juga.. Utk yg mau nyatet pengeluaran, bisa ke www.ngaturduit.com, web ini dikembangkan oleh Aidil Akbar dan tim.. Aku udh coba pakai.. Cukup memenuhi kebutuhan kita utk pencatatan keuangan rumah tangga..

Visit My Blog: Me and My World
@nurdessy

4

Topic: Tips Belanja Hemat

Moms sekalian ada yg udah nyoba belanja ke BULOGMart?

Apakah lebih murah?

Lihat di websitenya sih kayaknya menarik kalo nantinya barangnya lebih komplit dan ada diberbagai daerah, secara pemerintah yg kontrol harga kebutuhan2 pokok.

Nemu websitenya di sini:

http://www.bulogmart.com


_nita_

Hari ini masak apa ya?

5

Topic: Tips Belanja Hemat

*jleb*
Dari sejak nikah sampe sekarang, punya 2 buku Kas ( yang ada kolom debit kredit ), khusus buat nyatet pengeluaran.
Tapi..dua duanya.. cuman keisi 5 lembar doang..wakakakakka.

Padahal cukup efektif buat bikin mlek mata, duit di ;buang' kemana aja.
Setelah diingat ingat, alesannya pasti ga sempet nyatet, terus lupa. Padahal kayaknya deep inside, ga nyatet gara2 ngerasa bersalah abis belanja sesuatu, dan mikir.. "hmm..bulan depan aja deh mulai catet lagi :P"

Anyway, walopun belum berhasil sempurna dilaksanakan, kalo dilihat polanya, tips belanja hemat yang pas buat gue :

1. Catet pengeluaran tiap ngeluarin duit.
2. Jangan bawa cash, pake Debit. Soalnya terhindar dari jajan2 centil di mang2 bakso, ato stall2 crepes quickly dan lain lain di mall.
3. Belanja habis makan malem, perut kenyang, napsu belanja yang ga penting selalu memudar.
4. Belanja pas mau tutup. Berbekal catetan belanja, bergerak langsung ke lorong2 section nya. Sangaat efektif, Apalagi kalo pas lagi ngambil sayur ada pengumuman " pengunjung yang terhormat, 15 menit lagi kami akan menutup toko...dst.. ". Langsung gerak cepet, kayak supermarketweep.
5. Ide yang belanja suami kayaknya oke tuh, soalnya tiap nitip belanja ke suami, pasti yang dibeli passss banget.
6. Buat barang2 yang pasti dipake tiap bulan ( UHT, minyak, dll,) begitu ada promo, langsung beli banyak.

Yang parah... gue ga bisa ga ke mall, soalnya kantor di Gandaria City. MAmpus ga. Dan belanja ke LotteMart bisa 3 hari sekali.-_-". Tapi tetep merasa untung soalnya blanja pakedebit CI*B Ni*#a, ada cashback 5%. :P

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

6

Topic: Tips Belanja Hemat

mamas, gimana ya caranya menaati catatan belanja, bener2 stick sama catatan itu aja, soalnya kadang2 ada aja printilan kecil yg keambil, over budget deh belanjanya

7

Topic: Tips Belanja Hemat

suasti, hahaha itu problem ibuk2 ya...kyak yg ditulis Tickzie, bawa tunai jgn debet, dr rmh udh dikira2 perlu uang brp..tinggalin semua cc, kartu debit dan temen2nya..trus belanjan jgn pas laper alias perut keroncongan. Pernah baca tips iji di majalah danntnyt emang bener, kl lg laper jg lbh laper mata hahahaha..moga2 sukses ikut catetan pas belanja brktnya yaa

mother | wife | baker wanna be

8

Topic: Tips Belanja Hemat

Tips yg bawa uang secukupnya n ga bawa semua kartu boleh dicoba tuhh...

Tapi yg paling susah kan kalo belanja ol, pasti laper mata, akhirnya transfer deh... hiks >_<

9

Topic: Tips Belanja Hemat

tips yang saya lakukan sampai sekarang adalah tidak belanja di supermarket besar, biasanya cuma beli kebutuhan rumah tangga di toko2 ritel kecil di dekat kompleks. soalnya kalau beli di supermarket besar jadinya belanja macem2 akhirnya waktu ke kasir, olala.... tekor dah... hehehe....
trus beli susu dama pampers di toko susu.

10

Topic: Tips Belanja Hemat

novi haryanti "tidak berbelanja di spm besar" kedengarannya ide bagus.klo pulang suka bawa barang2 yg ga dibutuhkan.apalagi klo udh mampir di stall barang2 jepang.padahal tiap minggu kesitu,tetep aja nyangkut lama di bagian itu dan ujung2nya bawa pulang barang yg ga penting :D misua suka ngomel2 deh klo aku nyangkut disitu.

Tp mo belanja di minimarket dkt rmh jg kadang ngeselin.contohnya diapers bs lebih mahal 10rb sampe 15rb dari spm besar. *sigh*

-You can`t spell CARENZA without Care-
@Thesusanos

11

Topic: Tips Belanja Hemat

diaper dan susu biasanya lebih murah di toko susu atau baby store gitu.. bedanya jauh.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Tips Belanja Hemat

setuju sama mom Kira Kara,

Ke gerai susu biasanya harganya jauh lebih murah, bisa selisih sampai 20 rb, lumayan kan berhemat :)

edited by mod

13

Topic: Tips Belanja Hemat

Kalo mau belanja di hypermarket or supermarket besar, sekarang aku browsing dulu katalog onlinenya buat cek harga n liat merk mana yanglagi diskon. Trus di daftar belanjaan udah di tulis jumlah item yang mau dibeli sesuai perkiraan kebutuhan sebulan.

Soal taat-tidak taat sama daftar belanja, sekali lagi, balik lagi sama motivasi n disiplin kita buat jadi smart shopper.

BTW, bawa suami ikut belanja buatku juga efektif. Soalnya kalo kelamaan, dia manyun2 gitu, jadi reminder buat nggak belanja lama2 hehehehe.

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

14

Topic: Tips Belanja Hemat

winda.reds iya banget.. bawa suami tuh semacem satpam plus alarm bahwa kita udah melenceng dari tujuan ke supermarket. hahaha..

-You can`t spell CARENZA without Care-
@Thesusanos

15

Topic: Tips Belanja Hemat

hallo bunda bunda...this is my first launching...
haduw aq menyerah deh ama yg namanya berhemat,pusiiing ngaturnya
tiap kali belanja udh dgn sgala cara,mulai pake daftar belanjaan,ninggal segala kartu atm mpe bawa uang di pres,tapi tetep ajah nge los yang namanya belanja.hufth...
ada ide yang lebih canggih g buat berhemat...scara semenjak ada suun*this my little boy kalo liat barang2 baby jadi gemess pgn nyomot ajah g liat harga..parrah deh,apa mungkin gara2 ini anak pertama ya...apa bunda2 ada yang punya pengalaman yang sama?

16

Topic: Tips Belanja Hemat

baby Su un,
Haiii.. I'Ve been there before.. haha.. belanja kebutuhan anak-anak sampe gak inget harga, gak inget uang di dompet, gak inget kebutuhan dan keinginan.. haha.. apalagi dengan 2 anak kembar cewek yang lagi menggemaskan. Rasanya kalo liat baju-baju lucu, kalap.. Sepatu-sepatu cute, langsung melotot.. hihihi..
Kartu ATM ditinggal, bawa uang press, tapi CC tetep dibawa, sama aja bohong donk.. Selalu ada excuse untuk belanja melebihi budget. hehe..
Intinya sih ada di motivasi. Seberapa besar motivasi kamu untuk stick to the shopping list!
Saat ini motivasi saya, saya ingin investasi untuk punya dana pensiun. Apalagi saya dan suami sama-sama bekerja di perusahaan swasta yang gak dapat dana pensiun. Gak mau kan hanya demi sepatu-sepatu yang menumpuk yang baru 2 kali pakai terus udah kekecilan, masa pensiun kita jadi terabaikan.. hehe.. Jadi sepatu dan baju secukupnya saja. Bentar juga udah kekecilan dan bisa beli-beli lagi.. hihi..
Semangat tentuin motivasi yuukk!! :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Tips Belanja Hemat

ha? hemat? bahasa apa itu??

hahahhaahahaha sembah sujud makk... astaga, tadi aja niatan sih cuma beli breastpump, ujung'nya beli kaos kaki, baju, gendongan, botol asip..hehehehe

tapi setuju, paling bener emang bawa suami. biarlah beliau yang kasih kartu tilangnya :D

18

Topic: Tips Belanja Hemat

Ikutan dong...

Kalau dulu selalu ada agenda belanja bulanan ke carefour..selalu degdegan smpai dikasir,sekarang ga lagi, dalam rangka penghematan persiapan menanti kelahiran calon baby, jd mulai deh semua pengeluaran dirinci dan uangnya dimasukkan ke amplop masing2, ke supermarketnya kalau stok habis saja, dan uangnya ambil dr ampol sesuai barang yang habis ex:sabun habis ngambil uangnya di amplop perlengkapan mandi...dan teruuuss untuk menghemat, belanja sayur dan buah tak lagi di supermarket tapi di pasar tradisional selain lbh murah jg memberdayakan buah lokal *alasan biar hemat :P (secara lagi hamil konsumsi sayur dan buah super duper banyak dan macem2 , kalau di supermarket semua overbudget)

19

Topic: Tips Belanja Hemat

Klo yang lain tips hematnya bawa suami klo belanja, di gw ga bissaa.. soalnya suami gw (sama gw jg) doyan ngemil jadi klo belanja bulanan selalu nyetok cemilan.. hiks udah boros ga kurus2 ney :(
Jadi bagi gw tips hematnya adalah sering2 liat forum investasi, biar inget klo sekolah anak mahal jadi harus hemat, hehehe..pisahin tabungan yg khusus belanja & investasi.. trus simpen token yang khusus tabungan biar ga sering2 belanja online.. Klo lagi pengen banget pandangan aja gambar2 barang di onlineshopnya sampe puas & bosen biar ga jadi beli wkwkwk

NimoStore ==> Work isn't a place it's an activity..

20

Topic: Tips Belanja Hemat

aiiih senasib sama mynimo,
akhir-akhir ini suami juga doyan banget liat mainan anak-anak. Tiap kali belanja bulanan, yang kalap mata liat mainan selalu ayahnya ki-ka >_<
jadinya sempat agak males deh ngajak si ayah kalo belanja.. apalagi aku lagi getol2nya niat nabung. huhuhu... :D *sok banget*

setujuuuu, musti dipisah rekening untuk menabung dan rekening belanja. kalo untuk tabungan jangka pendek aku cari rekening yang ATMnya agak susah aksesnya dari rumah/kantor. Biar ada alasan males aja kalo mau ambilnya.. hehe.. nah rekening belanja sudah bisa ditebak, pasti ada di rekening yang ATMnya mudah dijumpai dan tokennya selalu nangkring di tas :D hehe..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

21

Topic: Tips Belanja Hemat

Mom Kira Kara .. betul, suamiku jg seneng banget beli mainan buat anak.. cuma ke in*****t aja pulang2 bawa mobil2an, kecil & cuma satu sey, tp klo dikumpulin jadi banyaaaakkk...
Jadi klo belanja bulanan/mingguan memang harus benar2 dilist jngan sampai ada yang lupa & kurang biar belanjanya skalian.. soalnya klo ada yang kurang ya mesti belanja ke in*****t dan akhirnya suami beli mainan lagi dech..huuuaaa...

NimoStore ==> Work isn't a place it's an activity..

22

Topic: Tips Belanja Hemat

iya betul,beliin mainan itu semacem penebus dosa klo udah pergi ninggalin anak di rmh. dan akhirnya sebentar aja anaknya udah bosen.
si hubby kadang cm ngeliat balon aja dibeliin,pdhl pas sampe di tangan anaknya langsung dipecahin x_x

ini menghemat mainan anak termasuk OOT ato ada thread sendiri ya,mods? maap kalo salah :p

-You can`t spell CARENZA without Care-
@Thesusanos

23

Topic: Tips Belanja Hemat

Kira Kara, mynimo, thesusanos bener banget tuh...dulu aku juga pernah ngalamin tiap pergi-pergi, pas pulang ujung-ujungnya bawa mainan untuk mengurangi rasa bersalah. Kalo sekarang usah ga pernah lagi sih. Awalnya karena ga sengaja sering crafting bareng anakku. Eh ternyata dia suka banget. Jadi sekarang dia ga pernag mau beli mainan. Maunya bikin aja hahaha, lega

Kalo gue, dari dulu tiap belanja selalu tergantung dengan produk yang lagi promo. Ada beberapa gw pake satu merk tertentu, tapi beberapa yang lain gw tergantung ada diskon apa enggak. Minyak goreng, detergen, softener, sabun cui piring, cairan pel, dan sabun mandi, gw ga tergantung ama 1 merk tertentu. Tergantung diskon aja. Lumayan banget jadinya. Sabun mandi b***e dan l*******y misalnya, sering banget kasi diskon banyak. Dari 19rb jadi 11rb misalnya. Minyak dari 24rb jadi 19rb. Minggu lalu gw beli detergent buy 2get1. Jadi 24rb, gw dapet 3 pouch. Mayan banget...

Kalau misalnya tengah bulan terpaksa ada yang abis dan harus dibeli, gw prefer belanja ke warung deket rumah aja. Soalnya kalo belanja di warung, gw ga punya keleluasaan untuk liat-liat dan ambil-ambil kaya di supermarket. Jadi akhirnya cuma beli yang butuh aja.

Gw juga menghindari belanja sambil jajan. Lebih suka delivery kalo jajan-jajan. Sebelum telepon gw udah cek harga paket. Yang paling ekonomis itu yang gw ambil. Selain itu, jadi ga tergoda untuk beli karena impulsif.
Sejauh ini, lumayan sih hasilnya hehe :)

lifetime traveler

24

Topic: Tips Belanja Hemat

Dari kuliah dulu aku termasuk yg strict belanja... List belanjaan wajib ada, bahkan sejak punya anak, g sungkan bawa kalkulator kecil utk ngitung selisih harga & cari diskonan :D Cuek aja di hypermart itung2an, misal ada beberapa merk sabun cair yg kayanya oke, penting buat bandingin, harga segini utk volume seberapa... kadang2 ada yg keliahatanny lebih murah, tp tyt volumenya lebih sedikit. itulah gunanya kalkulator.
Apalagi kalo ada produk yg beli 1 dapat 1. Biasanya utk beberapa produk aku nggak strict di merk tertentu. Yg strict biasanya utk perlengkapan bayi. Kalo kaya perlengkapan pembersih rumah, dterjen baju kami, minyak goreng, sabun, sikat gigi, beli banyak yg lg diskon...
Kadang2 di superindo/hypermart ada program hemat kalo bayar pake kartu debit tertentu, itu jg kami manfaatin...Kalo sekarang diskon pake kartu A, kami bayar pake yang A, kalo besok2 ada diskon pake kartu B bayar pake yg B...lumayan bisa diskon sampe 10-15%...
Belanja jg menghindari kondisi lapar, pasti jd membengkak di cemilan... Oya,aku belanja kebutuhan rumah tangga menghindari sabtu & minggu, jd justru pas pulang kerja, biar belanjanya pengen cepet2 aja, krn udah capek dan keburu kangen anak :) Kalau hari libur kan waktuny sela, jd berisiko belanja macem2 diluar list...
Sekarang suami ikut2an sering nyari diskonan:D

25

Topic: Tips Belanja Hemat

kalo cara gw slalu bikin list sebelum belanja plus perkiraan dana yang keluar, jadi bawa duit cash ngepas aja, bawa cc limit terimut cuman buat jaga2 blanja kebutuhan sehari-hari.