1

Topic: Jam Tidur Bayi

diannyakakak wrote:
Moms, mo nanya..kalau anakku zia 8m2w kebangun tiap 2-3 jam waktu malem buat minta nyusu.. Itu termasuk gangguan tidur bukan ? Dianya sih gak bener2 kebangun melek gitu, kalo aku susuin palingan 5 menit juga udah tidur lagi ..


Ibu, unutk bayi antara usia 6-12 bulan, pada malam hari masih terbangun antara 2-3 kali. Tetapi bila hanya sebentar dan hanya menyusu serta kembali tertidur, tidak menyebabkan gangguan tidur. Coba perhatikan asupan makanan / minuman menjelang tidur atau sepanjang siang dan malam hari, mungkin kurang mencukupi kebutuhannya, sehingga malam hari sering terbangun karena lapar

2

Topic: Jam Tidur Bayi

raficka wrote:
Hai mamas... Mau tanya dong, anakku barra ( 2m 20d ) kalo bobok siang suka gak nyenyak.. Sering kaget2an, jadinya suka kebangun.. Tp ini kalo siang aja.. Sudah dikasi suara2 yg statis kaya' suara air, suara vacuum cleaner dll itu tp tetep aja masih suka kagetan... Pengennya ditengkurepin tp karena barra blm bs bobok sendiri, jd kalo abis digendong dan ditengkurepin suka kebangun... Bingung deh jadinya gimana..
Karena kasian suka gak nyenyak bobok siangnya, akhirnya suka digendong.. Tapi pengen biasain bobok sendiri.. Gmn ya mamas? TIA


untuk bayi usia 2 bulan, cara tertidurnya belum sempurna, bayi masih mencari-cari cara terbaik untuk memulai tidur / jatuh tertidur. Perkenalkan berbagai metode / cara untuk memudahkan bayi tertidur. Bisa ditengkurapkan, digendong, diayun, ditepok-tepok atau di pijat. Untuk posisi tidur tengkurap sudah dapat dilakukan, asalkan kemampuan anak untuk angkat kepala dan memindahkan kepala ke kiri dan kanan sudah cukup trampil

3

Topic: Jam Tidur Bayi

syahdiar wrote:
hi mamas, mau tanya dong

klo untuk 12m tidurnya berapa lama ya?
babyku zee udah mau 12m, berat badannya cuma 8kg masih asi dan mpasi tidak masalah, dia doyan makan macem2.

udah konsul ke dokter katanya mungkin tidurnya kurang. zee biasa tidur pagi jam 9an itu 30-50menit, tidur siang jam 12an atau jam 13 sama juga 50menitan. tar sore tidur lagi jam 5an hanya 30menit. trus tidur malam jam 20.30an sampai pagi jam 6 pagi. Bangun nenen bisa 3-4kali, tapi ya mau tidur lagi. apa masih kurang tidurnya?

trus kata dokternya, untuk tumbuh kembang dibutuhkan tidur yang sangat nyenyak, jadi kata dokter mungkin babyku tidurnya kurang nyenyak sehingga tumbuh kembangnya gak maksimal.

ada yang ngalamin juga? please share


mom...sudah tepat sekali apa yg disampaikan oleh dokter ibu. Salah satu fungsi tidur adalah mencapai pertumbuhan yg optimal, dalam hal ini adalah pertambahan tinggi badan. Tinggi badan selain nutrisi yg mempengaruhi adalah hormon pertumbuhan, hormon ini akan dikeluarkan tubuh pada malam hari, pada fase tidur dalam, dengan tanda bila bulu mata disentuh tidak bergerak.
jadi yg penting diperhatikan adalah tidur malam. Sekitar 10-12 jam dan hanya disertai terbangun 1-2 kali saja, bahkan sebenarnya usia 9 bulan bayi sudah dapat tidur sepanjang malam, tanpa terbangun. Perhatikan lingkungan kamar bu, apakah bising ? lelbab ? panas atau tidak nyaman. Buat suasana kamar tidur senyaman mungkin

4

Topic: Jam Tidur Bayi

The Urban Mama wrote:
[quote=raficka]Hai mamas... Mau tanya dong, anakku barra ( 2m 20d ) kalo bobok siang suka gak nyenyak.. Sering kaget2an, jadinya suka kebangun.. Tp ini kalo siang aja.. Sudah dikasi suara2 yg statis kaya' suara air, suara vacuum cleaner dll itu tp tetep aja masih suka kagetan... Pengennya ditengkurepin tp karena barra blm bs bobok sendiri, jd kalo abis digendong dan ditengkurepin suka kebangun... Bingung deh jadinya gimana..
Karena kasian suka gak nyenyak bobok siangnya, akhirnya suka digendong.. Tapi pengen biasain bobok sendiri.. Gmn ya mamas? TIA


untuk bayi usia 2 bulan, cara tertidurnya belum sempurna, bayi masih mencari-cari cara terbaik untuk memulai tidur / jatuh tertidur. Perkenalkan berbagai metode / cara untuk memudahkan bayi tertidur. Bisa ditengkurapkan, digendong, diayun, ditepok-tepok atau di pijat. Untuk posisi tidur tengkurap sudah dapat dilakukan, asalkan kemampuan anak untuk angkat kepala dan memindahkan kepala ke kiri dan kanan sudah cukup trampil[/quote]

menyambung pertanyaan bunda raficka dok, bayi saya 3m 10d. sama juga bobo siangnya sebentar sekali klo engga digendong ato engga sambil mimik langsung. klo abis ditimang sampai bobo lalu ditaro, bbrp menit kemudian bangun dan nangis (sy jg sudah masuk kerja juga skrg). saya pikir pemberian asip 100 ml per penyajian dan maks tiap 2 jam sdh cukup bikin dia kenyang. kt kakak saya klo dibiasakan digendong terus nantinya si bayi ga bisa2/terlambat miring sendiri ato tengkurep krn ga bergerak bebas, apa benar gitu dok? so far anaknya sih aktif banget klo lagi main.tp klo ga digendong pasti tidurnya kurang banget, jd baiknya gimana ya dok?

5

Topic: Jam Tidur Bayi

The Urban Mama wrote:

mom...sudah tepat sekali apa yg disampaikan oleh dokter ibu. Salah satu fungsi tidur adalah mencapai pertumbuhan yg optimal, dalam hal ini adalah pertambahan tinggi badan. Tinggi badan selain nutrisi yg mempengaruhi adalah hormon pertumbuhan, hormon ini akan dikeluarkan tubuh pada malam hari, pada fase tidur dalam, dengan tanda bila bulu mata disentuh tidak bergerak.
jadi yg penting diperhatikan adalah tidur malam. Sekitar 10-12 jam dan hanya disertai terbangun 1-2 kali saja, bahkan sebenarnya usia 9 bulan bayi sudah dapat tidur sepanjang malam, tanpa terbangun. Perhatikan lingkungan kamar bu, apakah bising ? lelbab ? panas atau tidak nyaman. Buat suasana kamar tidur senyaman mungkin


ah, jawaban ini menguatkan tekadku. KI-KA 26bl masih suka bangun tengah malam buat mimik susu. meski udah mimik susu di gelas, tapi tetep 1x kebangun tengah malam. Awalnya saya gak tega buat mengajaknya tidur lebih panjang, krn memang BBnya yang memprihatinkan. Kalo susunya dikurangi, khawatir BBnya bisa drop. Tapi kalo memang pertimbangannya seperti quote diatas, saya jadi lebih mantep untuk memaksimalkan waktu tidurnya dan memanage asupannya di pagi dan siang harinya. Thanks TUM, thanks Dok.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Jam Tidur Bayi

Karaflowers:wah,babynya udah 1tahun ya skrg hehee...saya ngalamin persis karaflowers.Keanu dulunya ga pernah tdr siang(cuma pas nen aja),tp klo malem ga terbangun sm skali.pas 6 bulan ke atas,tidur siang 2 kali lamaaa..tp malem bangun1-2 kali n tidurnya bs melintasi kasur guling2 gitu.saya bingung jg waktu itu.tp skrg udh 10bln baby nya,saya kira wajar klo dia siang tidur,krn cape blajar berdiri/merangkak.siang tdr banyak,malem jd suka kebangun.n malem suka ga tenang tdr nya,krn dia udah bs bergerak.jd emang masa2 exciting jg dia merasa bs gerakin tubuhnya.saya coba gmana caranya spy tidur malemnya lamaan,caranya
1.Sore kasi snack rada kenyang
2.Atau,makan malem rada banyak
3.Atau,pas sbelum tidur kkasi jus buah
Abis makan malem biasanya masi main 1/2-1jam.jadi kombinasi antara perut kenyang n cape main,lumayan skrg klo malem bangunnya 1kali,tadinya 2kali.moga2 dlm wkt dekat bs sleeping trough d nite :p

7

Topic: Jam Tidur Bayi

[email protected]@[email protected]@n wrote:
bu dokter mo nanya ni...anak q tu kalo terbangun dari tidur ny dan ga ngeliat ada mama nya tidur di sebelah ny, bisa nangis kencang gitu..kaya gini udah dari bayi sampe sekarang (16m), padahal ga ada ditakut-takutin dok..jadi misal nya dia udah tidur dan aq tinggal trs terbangun pasti langsung nangis, gimana cara nya ya dok supaya ga seperti itu lagi? apalagi kalo udah terbangun gitu, buat nyambung tidur lagi bisa lama..:(


mama Nathan, pada usia 16 bulan, merupakan masa dimana anak sudah mengenal dunia luar, anak akan merasa "tidak aman" bila berada di lingkungan luar rumah yg tidak aman. Jadi saat ini perlu sekali segera memberikan respon bila anak menangis mencari ibunya unutk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Memang seharusnya snak sudah dapat mengerti bahwa selama di rumah masih merupakan lingkungan yg aman, jadi ibu dan keluarga harus mambangun dan menanamkan rasa percaya diri pada anak dengan segera memenuhi kebutuhan nya segera.

8

Topic: Jam Tidur Bayi

BundanyaLana wrote:
Dokter anak saya perempuan 3,6yrs, sejak bayi anak saya selalu keringetan kalo tidur apalagi di bagian kepala jadi rambut seperti basah kuyup. Dan samapi sekarang masih seperti itu. Kamar kami suhunya 24-25'c. Normal gak ya dokter? Terima kasih


Produksi keringat pada anak mamang beragam, ada yg banyak dan ada yg sedikit. tetapi keringat yg banyak tidak berkaitan dengan penyakit tertentu pada anak. Yg penting bila anak berkeringat, segera keringkan dan ganti bajunya.

9

Topic: Jam Tidur Bayi

elisakulsum wrote:
[quote=The Urban Mama][quote=raficka]Hai mamas... Mau tanya dong, anakku barra ( 2m 20d ) kalo bobok siang suka gak nyenyak.. Sering kaget2an, jadinya suka kebangun.. Tp ini kalo siang aja.. Sudah dikasi suara2 yg statis kaya' suara air, suara vacuum cleaner dll itu tp tetep aja masih suka kagetan... Pengennya ditengkurepin tp karena barra blm bs bobok sendiri, jd kalo abis digendong dan ditengkurepin suka kebangun... Bingung deh jadinya gimana..
Karena kasian suka gak nyenyak bobok siangnya, akhirnya suka digendong.. Tapi pengen biasain bobok sendiri.. Gmn ya mamas? TIA


untuk bayi usia 2 bulan, cara tertidurnya belum sempurna, bayi masih mencari-cari cara terbaik untuk memulai tidur / jatuh tertidur. Perkenalkan berbagai metode / cara untuk memudahkan bayi tertidur. Bisa ditengkurapkan, digendong, diayun, ditepok-tepok atau di pijat. Untuk posisi tidur tengkurap sudah dapat dilakukan, asalkan kemampuan anak untuk angkat kepala dan memindahkan kepala ke kiri dan kanan sudah cukup trampil[/quote]

menyambung pertanyaan bunda raficka dok, bayi saya 3m 10d. sama juga bobo siangnya sebentar sekali klo engga digendong ato engga sambil mimik langsung. klo abis ditimang sampai bobo lalu ditaro, bbrp menit kemudian bangun dan nangis (sy jg sudah masuk kerja juga skrg). saya pikir pemberian asip 100 ml per penyajian dan maks tiap 2 jam sdh cukup bikin dia kenyang. kt kakak saya klo dibiasakan digendong terus nantinya si bayi ga bisa2/terlambat miring sendiri ato tengkurep krn ga bergerak bebas, apa benar gitu dok? so far anaknya sih aktif banget klo lagi main.tp klo ga digendong pasti tidurnya kurang banget, jd baiknya gimana ya dok?[/quote]

Untuk menidurkan bayi ada beberapa cara, salah satunya adalah digendong. tergantung dari apa yg ibu perkenalkan pada bayi saat akan tidur. Ibu bisa coba merubah cara menidurkan bayi, misalnya dengan menepuk-nepuk, disentuh / dipijat, didendangkan lagu dll. Tidak harus selalu digendong Untuk bayi 3 bulan, pemberian ASI dapat 3 jam sekali, tidak perlu 2 jam sekali, karena itu terlalu cepat. Sesekali ibu pijat sebelum bayi tidur

10

Topic: Jam Tidur Bayi

otty wrote:
Dok, sebetulnya ada aturan ga sih, mulai umur berapa bayi udah bisa tidur malam agak panjang (tanpa kebangun karena mau minum)? Soalnya pernah denger, kalo di atas 6 bulan (karena udah mulai MPASI) seharusnya bisa tidur tanpa minum ASI (atau max 1x aja). Bener gitu ga ya?


Untuk tidur sepanjang malam, biasanya dapat tercapai pada usia di atas 9 bulan., Pada usia 9 bulan, bayi dapat tidur sepanjang malam, atau terbangun 1 kali dalam semalam untuk menyusu / minum susu. Untuk menciptakan pola tidur yg baik pada malam hari, ciptakan suasana tenang di kamar tidur, lampu redup dengan suhu ruangan yg nyaman.

11

Topic: Jam Tidur Bayi

eka wrote:
mau ikutan nanya ya bu rini..

anak saya, enzo (4.5thn) dan dante (3thn) aktif sekali. kalau terlalu capek, tidur malamnya jd terganggu, sering tiba2 nangis kencang gitu, spt mimpi buruk. tp seperti setengah sadar juga, nangis tapi matanya tertutup.
bagaimana mengatasinya ya, apakah harus dibangunkan atau gimana ya dok?

makasih penjelasannya ya dok :)


Benar sekali ibu, itu yg dinamakan teror tidur. Biasanya terjadi bila anak beraktivitas terlalu banyak di siang hari. Untuk mengurangi kejadian teror tidur, usahakan sore dan malam hari mengurangi aktivitas fisik anak, seprti berlari, teriak-teriak dan kejar-kejaran. Untuk menenangkan anak, lakukan pijatan lembut menjelang bayi tidur

12

Topic: Jam Tidur Bayi

The Urban Mama wrote:
[quote=eksinads]@slesta shinta, nanti ini dibalas oleh seorang professional ya? Karena saya pengen bener-bener nanya pola tidur anak saya :P heuheuh

Alika 5bulan, 2 minggu.

1. Kalau siang, Alika bobo hanya 30 menit sekali bobo. Wajar gak ya? Jadi jam 7.00 pagi mandi, setelah itu bobo 1 jam. Tapi bobo siang selanjutnya hanya berlangsung 30 menit. Jadi selama 12 jam saya kerja, bobonya 1 x 1 jam, 2-3 x 30 menit. Total 2-2.5 jam. Kalau malam sih tidurnya 8-9.5jam. Cukup gak ya tidur totalnya per 24 jam? Trus kenapa ya hanya tahan tidur selama 30 menit?

2. Sekarang Alika bobo masih harus digendong2 sampe tidur trus baru ditaro. Sebenernya ini praktek yang kurang bagus gak sih buat anak bayi? Apakah harus dilatih untuk bisa tidur sendiri? Mulai berapa bulan & bagaimana cara melatihnya? Beberapa teman saya melatih dengan membiarkan anaknya menangis sambil ditemani. Sampai anaknya capek sendiri lalu ketiduran. Bolehkah metode ini dijalankan? Apakah ada dampak psikologis pada bayi? Kalau boleh, mulai berapa bulan boleh dilakukan?

Thanks ya Shinta :) Semoga mendapatkan jawabannya hehehe


Untuk kecukupan tidur bayi usia 5 bulan antara 10-12 jam dalam 24 jam. Tidur siang memang seharusnya tidak 30 menit, antara 1-11/2 jam, bisa 1-2 kali. Coba perhatikan lingkungannya, apakah panas ? apakah bising atau suasanya kamar tidur yg tidak menyenangkan. Bila kondisi itu terjadi dapat menyebabkan anak mudah terbangun. Salah satu cara supaya anak tidur lelap adalah dengan memijatnya sebelum tidur[/quote]

Bu dokter, apakah mungkin karena masih haus ya? Karena Alika punya masalah dengan kurang minum (pipis flek, kepala agak cekung). Jadi apakah ini penyebab tidur hanya 30 menit? Karena kurang nyenyak?

Terima kasih ya Bu Dokter...

Follow our stories @ TheFamily.eksinads.com :)
Twitter ID: @eksinads

13

Topic: Jam Tidur Bayi

kakang sekarang udah 6bln 2mgg.Pola tidurnya sekarang ini bangun pagi kadang jam 6 atau 6.30 , Main sampe jam 8-9an. Trs mandi. beres mandi, biasanya ngantuk. Bobo sampe jam 12an. Bangun, main smpe jam 13.30, trs tidur. Bangun Jam 15.30. Main sampe malem jam 19.00 kadang jam 21.00 baru bisa tidur. Biasanya sih supaya tidur malemnya cepet, lampu kamar dimatiin, sambil dinen-in. Malem biasanya bangun 2-3 kali buat nen, tapi karena kita co-sleeping, jadinya sih ga terlalu masalah juga. Sama halnya dengan urban papa, Kakangnya yang nyari sendiri nen-nya.

14

Topic: Jam Tidur Bayi

Waaahh pengalaman mamas disini hampir sama dengan ku sekarang. Aku juga mau sharing nih..
Dhira (2m 8d) kalo siang tidurnya sebentar-sebentar bangun, ami-nya gak bisa mengerjakan pekerjaan rumah deh untungnya masih ngungsi dirumah neneknya. tapi kalau sudah pindah ke rumah sendiri kan repot ya?? pasti rumah jadi pabalatak deh, maklum blum menemukan ART :(
Kalo malam kadang2 saja suka rewel dan sering bangun tiap 1 jam sekali, kalo sudah bangun dinenenin trus tdur lagi deh..
Untuk jam tidurnya sih kira2 10-12 jam dr 24 jam..
Sekarang sih masih nyari2 jalan gimana caranya Dhira bisa tidur siang gak kebangun sebentar2 dan tidurnya gak harus digendong..

Dhira's Ami

To be a wife and a mother is a gift from the god
:cool:

15

Topic: Jam Tidur Bayi

Halo semuanya... Salam kenal yaa. Mau nulis disini nih, soalnya buka threat ga ada yang ngerespon... Hehehee. Bayi saya (Ander, 2 bulan 3 hari) kalo malem ga pernah tidur dari sekitar jam 12 sampai jam 8 pagi. Siang juga tidur cuma sebentar, paling 2-3 jam terus bangun lagi, baru sore-nya tidur. Kadang dia waktu tidur mendadak terbangun sambil nangis teriak kencang seperti kesakitan. Sampe aku buka semua bajunya, aku pikir digigit serangga tapi ternyata ga ada apa-apa, dan ini terjadinya cuma di sore atau malam hari, kalo siang dia lebih tenang bobo-nya. baca forum ini jadi agak khawatir, kalau tidur bayi aku seperti itu nanti perkembangannya terganggu... Kadang bayiku malah suka bohong, pura-pura mau muntah sampe 'hoekk' gitu kalo malem pas kebangun, padahal ga muntah, ga ada apa-apa. Kenapa dia ya? Aku tanya ke orangtuaku malah dibilang didoain aja takutnya diganggu makhluk halus. Aku tanya ke dokter, jawabannya cuma 'bayi biasa begitu'. Tapi kok bayi temanku ga begitu ya tidurnya? Mohon tanggapannya, apa normal bayi 2 bulan begitu? terimakasih..

16

Topic: Jam Tidur Bayi

quirinna waahh jadi kalo malem begadang dong ya? kenapa gak dibalik aja waktu begadangnya? jadi kalo siang jangan biarin dia tidur, tidur hanya kalo udah malem/gelap aja. harusnya bisa dirubah seperti itu. pelan2 tapi yaa.. karena beda jaraknya jauh banget.

misalnya, cobain yang biasanya siang tidur 3-4 jam, dikurangi jadi 2 jam dulu, trus 1 jam, lalu kalo bisa gak tidur siang sama sekali.

trus kalo tidur gitu ada ritualnya gak? maksudnya masuk kamar yang dingin, gelap, sepi, atau bagaimana?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

17

Topic: Jam Tidur Bayi

Haloo, hehe thx sarannya mba sLesTa... Pengennya sih gtu jadwal tidur diubah,tp mungkin karena malemnya begadang,siangnya dia jadi 'batu' bgt kalo bobo,udh digendong,dibisik2in biar bgn,kadang kuelap mukanya,eh cuma melek bentar trus tidur lagi,hadehh. Malah pernah kupaksa bangun biar mandi,eh dia tidur pas masuk bak, ckckckk

Kalo tidur ga ada ritualnya sih moms, aku juga biasa tdr dgn lampu nyala, dan klo masuk kamar dingin,biasanya memang dia jg klo siang mainnya d kamar,hehe. Soalnya males ke ruang depan,mamanya bawaan mau ngadem mulu d kamar :-P Gimana ya,tergolong aneh ga sih anakku? thx yaa

18

Topic: Jam Tidur Bayi

quirinna aneh sih gak, tapi emang sepertinya ritual tidurnya itu gak bisa bikin dia ngebedain mana malam & siang.

hanya untuk contoh yaa.. gue di rumah itu kalo siang gak pake AC. sengaja sih biar anak2 gak terekspos sama AC sehari penuh. plus di singapore emang mahal juga listriknya hihi.. nah, kalo siang, semua jendela di buka, dan brisik lah. ada suara tivi, ada suara tetangga, etc. dan terang benderang. kalo tidur siang pun, bisa tidur tapi bangun2 atau gak bisa lama, karena pasti kaget ada suara2. tapi lama2 karena udah di jadwal, bisa tidur 1-2 jam kalo emang waktunya tidur.

kalo malam, masuk kamar yang udah dipakein AC, lalu lampu digelapin (pake lampu kecil aja), semua elektronik di matiin, jendela di tutup, jadi sepii.. tivi juga gak nyala. jadi kalo udah gelap gitu, dia tau waktunya udah tidur. biasanya setelah lampu dimatiin, within half an hour udah pada tidur. kalo kakaknya biasanya minta cerita dulu, baca buku, baru tidur deh.

kalo anak2 udah tidur dan udah deep sleep, baru gue dan papanya nyalain tivi, ngobrol atau ya balik kerja lagi.

mungkin bisa dicoba untuk ngebedain malam & siang itu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

19

Topic: Jam Tidur Bayi

Ooh gtu ya? Tapi bayi Ander baru 2 bulan,apa lingkungan sekitar pengaruh ya? Bagus juga infonya,tp kalo dipikir2 emang ada benernya juga sih,soalnya aku malah ga sengaja jd nyiptain malem tuh sibuk,soalnya akhir2 ini malem aku nyuci, masak, dll, soalnya siangnya aku teparr,tidur sama baby. Mungkin nanti malem kucoba deh,tapi nanya lg nih, hehehe *plakk kalo tidur dgn lampu redup untuk bayi 2 bln ga bikin SIDS itu ya? Pernah dnger bayi ga boleh di tempat gelap takut lupa napas kalo pas melek lg gelap... thanks 4 sharingnya ya mom... :-D

20

Topic: Jam Tidur Bayi

Quirinna wrote:
Ooh gtu ya? Tapi bayi Ander baru 2 bulan,apa lingkungan sekitar pengaruh ya? Bagus juga infonya,tp kalo dipikir2 emang ada benernya juga sih,soalnya aku malah ga sengaja jd nyiptain malem tuh sibuk,soalnya akhir2 ini malem aku nyuci, masak, dll, soalnya siangnya aku teparr,tidur sama baby. Mungkin nanti malem kucoba deh,tapi nanya lg nih, hehehe *plakk kalo tidur dgn lampu redup untuk bayi 2 bln ga bikin SIDS itu ya? Pernah dnger bayi ga boleh di tempat gelap takut lupa napas kalo pas melek lg gelap... thanks 4 sharingnya ya mom... :-D


quirinna, baby-nya asix ya? baby-ku dl jg gt, siang tidur dikit2 krn kagetan (moro reflex) dan malem diatas jam 12 rewel ah ih uh. aku konsul ke dr. tiwi & disuruh diet dairy products, seafood, kacang2an (beserta turunannya) krn makanan2 tsb bpngaruh ke asi & untuk bbrp baby, bikin perut baby gak nyaman. reaksinya emang biasanya timbul diatas jam 12 mlm.
diet tsb coba dilakukan slama 3 minggu & setelah itu boleh makan makanan alergen itu scara btahap & liat reaksi bayi.
it works for my abey, tidurnya lebih nyenyak skarang.
hope it helps yaaa..

21

Topic: Jam Tidur Bayi

quirinna justru dari kecil itu mesti diajarin, jadi nanti pas gede dia akan terbiasa.

hihi masa bisa lupa napas sihhh?? gak lah.. SIDS itu masih unknown kenapa. tapi kebanyakan yang meninggal masih bayi itu karena caretakernya yang careless. misalnya ninggalin anak bayi tidur tengkurap. yang belom kuat ngangkat kepalanya jadi pas kebangun, idungnya ketutupan kasurnya, gak bisa napas.. jadilah SIDS. dan banyak juga yang bilang karena exposure to nicotine.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Jam Tidur Bayi

fe_nst Thanks infonya ya mom, aku sebulan pertama sih masih campur sufor, tapi sebulan terakhir ini udah full asi... Oh ngaruh ya makanan ibu-nya? Soalnya aku tanya ke dokter katanya mamanya makan apa aja boleh asal jangan minum kopi, gitu... Tapi mungkin nanti dicoba deh kalo bisa bikin baby tenang... Apa aja yang dipantangin? Yang ditulis itu atau ada yang lainnya lagi ya? Thanks before yaa

sLesTa Hooo, berarti lebih kearah karena selebor dong ya penyebab SIDS... Ehehe, soalnya denger2 karena baby sering lupa nafas (-_-!) Malem ini dicoba deh faktor lingkungannya diubah, mudah2an berhasil, hehehe...

Thanks infonya ya mommssss...!

23

Topic: Jam Tidur Bayi

Halooo, mau update nihh...

Dah dua malem ini dicoba supaya bayi Ander bobo dengan lampu redup dan suasana hening, dan siangnya jadilah dia nempel ke gw, malah sampe baby box-nya gw keluarin ke ruang depan, jadi dia main2 sendiri disitu, tidur siang disitu, kadang kaget2 kalo denger mesin cuci nyala. Sempet jantungan juga sih liatnya, takutnya Ander jadi bener-bener kurang tidur kalo siang terganggu gitu tidurnya. Tapi ternyata, it works! Malemnya (dah 2 malem ini) baby Ander boboo antengg dari sekitar jam 11, bangun cuma buat nyusu, trus langsung bobo lagi.
Hari pertama sih masih bangun dan nangis2, but, at least dia tidur. Jam 2 dia bangun, kira2 satu jam baru terus tidur lagi sampe jam 5 pagi, bangun, tapi enaknya udah ga ngamuk pas bangun, cuma ngajak main, fyuuhh leganyaaa.
Hari kedua, ev'rything's under control... Ander cuma bangun buat nyusu, terus gw sendawain, dan dia LANGSUNG TIDUR...! Hohoho, bahagianya dirikuu... Ternyata bener kata sLesTa, lingkungan itu ngefek bangett bikin jam tidur buat baby... Thanks ya, forum ini bener2 nambah pengetahuann...

24

Topic: Jam Tidur Bayi

quirinna yay! baby Ander pinteerr banget!! senang dengernya kalo berhasil. semoga begitu terus yaa.. biar anak dan mamanya bisa mendapatkan tidur yang cukup.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Jam Tidur Bayi

Hallo semuanya, mau tanya juga.

Bayiku (Cherish, 6 bln 11 hari) pas lahir malam pertama di rumah lampu kamar kita matikan saat tidur (tidur dalam satu ranjang), trus hari ketiga kita menyalakan lampu saat tidur sampai sekarang, dan ternyata setelah baca beberapa thread di depan kok ternyata kebiasanku kurang baik ya? dulu saat hamil emang pernah baca hrus matikan lampu tapi karena tdk tahan wejangan dan nasihat orang tua dan famili bahwa lampu hrs nyala jd kita menyerah deh.

Kalo sekarang kita matikan lampu kamar apakah sudah terlambat untuk membentuk kebiasaan dan dampaknya apa ya bagi perkembangannya? Semalam udah coba, dia keliatan lebih tenang dan tdk banyak gerak, tp nyamuknya minta ampun (blm dpt solusi untuk yang ini,hehehe) dan tdk terbangun saat mlm trus bangun pagi hari jam 05.30. Oh iya Cherish termasuk anak yg gampang banget tidurnya g perlu digendong, kalo udh ngantuk di taruh aja ,rewel dikit,semacam cerewet gitu trus sambil pegang2 mainan/selimut dan terlelap deh.

Terima kasih semua.