1

Topic: Europe with kids

Bedasarkan tweet td siang sama fanny, kynya bagus kl dibuka topiknya disini. jd ceritanya bulan sept kita ada rencana mo ke paris. mamas di eropa boleh ga share tempat2 mana aja yg bagus buat dikunjungin n child friendly pastinya. hatur nuhun buat sharingnya, hehehe..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

2

Topic: Europe with kids

ayo-ayo.. share dong tips2 trip to europe-nya..
jangan lupa upload juga photo2nya yaa..

oh ya, Liz juga pernah cerita tentang jalan2 ke disney Paris di sini:
http://theurbanmama.com/activities/233/to-disneyland-paris-with-celia.html

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Europe with kids

helllo mamas
aku coba sharing dikit yah..kebetulan tahun lalu aku ama raihan traveling berdua,ngunjungin papa yang lagi sekolah di jerman.kami juga sempat main ke paris dan amsterdam ..

aku bahas tentang perjalanan & akomodasi dulu yah..

Gak tau disengaja atau enggak. tapi pihak airlines yang aku tumpangin selalu ngasih 1 kursi kosong disebelah aku (Pulang-pergi)..padahal aku belinya cuma 1 kursi loh,raihan masih terhitung infant waktu itu..
liat deh raihan kegirangan dapat 1 kursi kosong disebelahnya heheh

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/DSC01110.jpg

untuk mamas yang traveling dengan baby/todler selalu dipilihin tempat di dereta paling depan (dikelas ekonomi)..
pengen deh someday travelling bisa naik kelas bisnis, jadi bisa bobok disini
ngareppppppp :D

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/DSC01175.jpg

berhubung perjalanan jauh.biar gak bosan. bebaskan si kecilmelakukan aktivitas yang dia suka (dengan atas pemantauan kita tentunya) waktu itu raihan milih nonton tv atau jalan2 di cabin

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/DSC01126.jpg

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/DSC01120.jpg

untuk lindungin telinganya dari suara bising,tekanan udara atau buat gaya2an aja :D.mamas jangan lupa nyiapain ear band, sayang raihan gak betah makenya hiks :(

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/DSC01122.jpg

kalo ngantuk.disiapin bassinet alias ranjang bayi..tapi ini khusus buat baby dengan berat s/d 11 kg aja..waktu itu sang pramugaari bener2 make sure kalo raihan gak lebih dari 11 kg, soalnya katanya kalo bassinetnya rusak ntar gaji dia dipotong :D

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/DSC01155.jpg

mama kita udah sampai mana yah
http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/DSC01162-1.jpg

kemarin aku naik E**I***S, pas di transit di dubai..mereka nyediain stroller buat kita pakai, sambil menuggu penerbangan selanjutnya,jangan khawatir keabisan.stoknya banyak koq *pengenbawapulangatu* :D

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/DSC01137.jpg

buat carissaharnie, jika di paris nanti rencananya menggunakan kendaraan umum dhi subway, sangat tidak disarankan membawa stroller..karena stasiun subway di paris tidak stollerfriendly (menurut aku yah), di statsiun subway sangat jarang lift/eskalator. kebayang gak sih gotong2 stroller sambil naik tanga pyuihh :(
carrie adalah pilihan tepat

beda sama bus atau trem di Jerman dan belanda belanda..yang selalu nyaman buat emak2 alias mamas kayak kita2 yang berpegian membawa stroller
http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/IMG_9685.jpg

buat hotelnya, pada saat booking jangan lupa menginfokan kalo kita bawa baby..jadi mereka akan menyediakan cot

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/IMG_9692.jpg

charissaharnie, di museum Luvre/da vinci code paris. ada lift khusus untuk bayi berstroller dan manula.ini previlegge buat mamas karena kalo naik eskalator biasa dijamin bakalan ngantreeeeee

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/IMG_9252.jpg

menurut aku yah..untuk tempat wisata paris juara 1 deh (dibanding jerman dan amsterdam), hanya saja kalo soal kebersihan, kayaknya kurang diperhatiin..di stasiun subway terlihat jorok dan bau pesing. dan sebelum kesana, kami diwanti2 temen katanya di paris banyak copet (alhamdulillah gak kejadian

dari yang aku temuin.toilet2 di eropa selalu lengkap, ada 4 bilik untuk pria,wanita,penyandang cacat dan untuk si kecil

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/Copy-of-171020091716.jpg

another tips :
* sediain dompet koin, dan selalu standby1 euro didalamnya.trolly dibandara atau di swalayan baru bisa jalan kalo dimasukin duit 1 euro
* buat yang perutnya sangat indonesia seperti saya., yang gak bisa gak ketemu nasi barang sehari.sebaiknya bawa rice cooker kecil.berasnya bisa beli di toko2 asia (banyak koq)
* haram hukumnya, kalo gak bawa tripod

segitu dulu tips dan trik diperjalanan. untuk tempat2 wisatanya nanti nuysul lagi...

sebelum selesai kami permisi ,mau numpang narsis hehehe :D

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/IMG_9092.jpg

http://i855.photobucket.com/albums/ab113/mama_raihan/All%20about%20raihan/2.jpg

Say Good Bye to LDL..Thanks Allah !

4

Topic: Europe with kids

mama raihan - wah, mantap! lengkap banget cerita dan tipsnya! hmm, jadi pengen jalan2 ke europe... tapi kapan ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Europe with kids

karena judulnya europe with Kids (bukan khusus Paris), jadi ikut nimbrung juga ya. Pernah ke Paris tapi waktu itu belum nikah, boro-boro punya anak jadi gak gitu merhatiin fasilitas buat bayi ataupun stroller. Tapi inget banget kalo soal stasiun metronya yang seringnya gak ada eskalator atau lift. Siap-siap naik turun tangga sampe gempor. Tapi ada temen yang pernah tinggal di Paris, katanya orang-orang sana sih cuek aja pake stroller, begitu ketemu tangga strollernya digotong. Untung hal ini, umbrella stroller tak ada duanya deh. Sangat memungkin kan untuk menggendong anak sambil tangan yang satunya menggotong stroller.

Kebetulan juga baru bulan kemarin ke Belanda. Lumayan baby friendly tapi tiap kereta dan tram selalu ada undakan tangganya (dua atau tiga steps gitu) jadi lumayan olah raga gotong-gotong stroller juga. Tapi orang-orang disana helpful sekali, belum diminta udah pada nawarin bantuan.

Hampir tiap stasiun ada lift menuju setiap platform tapi gak jarang juga liftnya rusak. Lagi-lagi, kalo begini ceritanya harus ada acara gendong anak sambil gotong2 stroller naik/turun berpuluh-puluh anak tangga. kalo travelling sendiri, akan membantu sekali kalo punya baby carrier biar babynya bisa dibawa di carrier sementara tangan dipake buat angkat stroller.

Di belanda itu stroller bugaboo dan quiny dimana-mana. Tapi teteeeeppp...kalo udah ketemu lift mati gitu. Umbrella stroller lah jawaranya. Bisa buka tutup pake satu tangan. Liat ada ibu-ibu yang bingung gimana dia bisa melipat quinny zap-nya sambil menggendong anak.

Oh iya, bandara Schiphol itu baby friendly sekali. Ada baby loungenya. Di tiap bilik di baby lounge ada baby crib sama mini shower buat mandiin si bayi. Ada high chair dan microwave buat menghangatkan makanan bayi.

Trus juga di Schiphol stroller bisa dibawa sampai gate keberangkatan.

Jerman pada umumnya sangat baby friendly tapi buat saya kota paling baby (and disable) friendly se-eropa adalah Munich. Semua stasiun U-bahn atau kereta ada lift dan eskalatornya. Semua gedung ada akses buat kursi roda/stroller.

tertarik ke finlandia? Di sini kalo bawa stroller gratis loh kalo naik kendaraan umum. Tiap bulan di kota-kota besar ada yang namanya Baby Movie, dalam artian nonton sambil bawa bayi (atau anak dibawah 3 thn). Filmnya bukan film bayi tapi film orang dewasa yang lagi ngetop saat itu. Dimaksudkan buat para ortu yang setelah punya bayi jadi kangen nonton di bioskop. Di Baby Movie ini bayi-bayi boleh dibawa sertai tanpa takut dimarahi kalo bayinya nagis. Malah ada fasilitas diaper changing juga. Satu lagi, di Finlandia fasilitas baby changing sering ditemui di kamar mandi cowo dan cewe, jadi kalo mau belanja tinggal lempar bayinya ke si bapak buat ganti popok.

Oh iya pengalaman juga kayanya pada umumnya di Eropa kalo bawa bayi (dan stroller) selalu diutamakan kalo lagi ngantri di bandara (dan bahkan museum). Sering dikasih akses khusus yang gak pake antri. Kalo masuk pesawat pun selalu pertama, seneng deh.

Satulagi, biasanya di Eropa pusat perbelanjaannya itu dalam bentuk shopping street, bukan mall. Nah, kalo situasi begini emang susah cari WC apalagi nursing room. Tapi biasanya di tiap shopping street ada satu gedung (atau toko) yang agak besar (atau menyerupai mall), nah biasanya disitu ada fasilitas baby-caring. Saya sebut baby caring karena gak khusus buat nursing aja jadi biasanya bapak-bapak sering ikut masuk juga. Di beberapa tempat baby caring ada pojokan tertutup buat nyusuin, tapi gak semua.

kalo gak ada baby caring room, biasanya hampir di tiap WC ada fasilitas baby changing, tapi ya sederhana sekali. Cuma dikasih meja aja buat tempat naro bayinya. And nothing else.

Kira-kira segitu dulu sharingnya. Kayanya sih penjabaran gue disini lebih tepatnya disebut "europe with baby" ya karena memang belum punya toddler jadi belum ngeh perbedaan fasilitas buat toddler dan buat bayi. Maaf kalo kepanjangan. Maaf juga gak pake foto, ini kompinya lamban bener, bisa tewas kalo pake acara upload foto.

6

Topic: Europe with kids

Rhanie - asik bgt si yg mau ke Paris! Daku mengiriii.. Btw,tar meet up ama Liz,Fanny & Sitha dong.
mama raihan - iya nih tipsnya ok bgt.Ada foto2nya pula. Keren! Kpn ya punya foto backgroundnya eiffel :p
seerika - waaa byk shopping street ya. Shopping street itu emang lebih seru dibanding mall2 gitu ya..

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

7

Topic: Europe with kids

Mamaraihan, raihan kecil2 udah foto di paris, irii kapan ya bisa bawa lana kesana *mimpi*
K'amnah udah dibogor ya? Bisa kopdar kita *maap oot*

8

Topic: Europe with kids

Wiiihh mantaff reviewnya mama raihan :)
Ikutan ngimpi juga, kapan yaaahh.. One of those days yaahh, one of those days heheh..

Reborn since El was born
@inicrey

9

Topic: Europe with kids

seru banget kayaknya. tipsnya juga ok. Raka blm pernah jalan jauh, paling jauh ke Bangkok kekeke.. *nabung, nabung, nabung*

And thelilsolder is back. Fire!

10

Topic: Europe with kids

wah asiknya foto2 di atas! tfs! ngajak kids ke european countries... mahaaaaaaal.... beruntunglah anak2 yang tinggal di eropa, ke asia murah meriah hehehehe....

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

11

Topic: Europe with kids

@ thalia..aku juga seumur2 baru sekali ke eropa..norak banget yah heheh
@seerika: iya benger banget tuh..disana ibu dengan baby berstoller, diistmewain banget.kami pernah wisata ke gedung parlemen Jerman..liat antriannya bikin aku "mengkerut". tapi ternyata ada jaln tol buat mamas berstroller. asik asik.
@ Nyanya.percaya deh foto background eiffelnya nyanya nanti bakalan keren abiss
@ bundalana..aku udah dibogor loh..nanti ketemuan yah kalo aku udah hapal jalan dan jalur angkot hehe (maaf OOT)
@ crey..aku juga sama seperti crey..kalau ada yang dipengenin, selalu di ucapin berulang2..aku percaya banget.perkataan yang baik adalah doa..dan alhamdulillah selama ini kebukti loh
@ bunda raka..aku pengen ke bangkokkkkk
@ toto..daku berhayal pesawat A*r A**a buka jalur ke eropa..amin amin

Say Good Bye to LDL..Thanks Allah !

12

Topic: Europe with kids

mamaraihan tipsnya seruu ada foto pula! hebat bgt yah raihan diajak perjalanan indo-eu..lama banget bukan terbangnya..?
seerika baby movie?? gile pengertian bgt yah sm parents with babies yang pgn nonton? ckckck..kagum gw *sambil ngiri*

13

Topic: Europe with kids

emm, sodara2.. maafkan krn ternyata saya lupa sudah membuka topik ini, makanya gak ditengok2, hehehe..

buat ibu2 yg udah share makasih byk, ini lg dicatet satu2 tipsnya. nampak berguna bgt apalagi soal stroller di subway, hehehe..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

14

Topic: Europe with kids

mamaraihan..kebetulan banget...kami mau pake airlines yg sama. raihan waktu itu umur berapa dan berat berapa? pilar sebenernya nanti 1 1/2 tahun, tapi karena long flight dan beratnya lewat 11 kilo, kami putusin pake seat sendiri aja. bassinet pun pasti ga muat karena pilar udah hampir 90cm panjangnya.
oya, airlinesnya berangkat dari jakarta kan tengah malem ya..gimana menyiasati waktu tidurnya? lalu transit di dubai juga dini hari gitu dan aga lama ya.. dikasih strollernya bisa posisi tidur ga mba? looks like ngga ya :( rencananya emang kami ga bawa stroller, mau bawa carrier aja biar ringkes..
trus, how to deal dengan jetlag dan perbedaan waktu buat raihan?

thanks for sharing yaa..

15

Topic: Europe with kids

mamaraihan & seerika udah lengkap bener ya.. nambahin aja, sejauh ini di swiss/tempat2 yg udah dijalanin klopun bw stroller trus gak ada lift/liftnya rusak, orang2 mau kok bantuin ngangkat stroller lewat tangga. kadang tanpa kita minta, kadang kita minta tolong dulu..
klo tentang jetlag, karena sejak lahir dzana blum pnah terbang yg long haul jd blum bisa bantu. nungguin jwbn smbl liat2 thread ini jg, soalnya sept rencana ngunjungin ompung2nya dzana :)

16

Topic: Europe with kids

charissarhanie
duhmaap baru bales sekarang. sebenernya lo mo kemana aja sih Ran? Paris doang atau ngiterin bbrp negara di europe jg?

gue ada link nih buat travelling with kids here

kalau mo ke disneyland, baca di sini

kalau mau ke funpark, di sini lumayan banyak. ada juga plopsaland dengan tokoh2 yang beken buat anak2 di sini.
banyak juga liveshow yang buat gue lumayan spektakuler.. hehehe

di belanda juga ada efteling yang bagus juga dengan konsep negeri dongeng.

ini foto si nengpas di efteling
http://farm5.static.flickr.com/4082/4814716656_983b4f79a8.jpg


ini pas di kinderboerderij (peternakan anak)
http://farm5.static.flickr.com/4095/4814717004_d48edb3c69.jpg

dan ini di planckendael. loh kok ada bajaj dan becak? :))http://farm5.static.flickr.com/4079/4814105107_8d4ee6a742.jpg

pastinya juga harus ke antwerp zoo!!

17

Topic: Europe with kids

arymia kalo berangkat tengah malem gitu malah enak. harusnya pilar udah tidur kan? jadi biarin aja dia di stroller, trus tar tinggal diangkat pas mau boarding. digendong aja gak usah di taro di seat selama dia tidur. kalo bisa dapet duduk yang pembatas tangan, bisa ditaro dengan posisi tidur, jadi sebaiknya jangan minta duduk di paling depan (soalnya yang paling depan biasanya pembatas tangan ga bisa diangkat).

hope that helps!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Europe with kids

Talking about Paris, gw siap dengan 'kabar buruk' tentang Paris & trik2nya ala emak2 kampung kaya gw :
- Kalo di paris ada pengemis yg tanya you speak english?', jangan dicuekin ato dijawab pake bahasa inggris. Jawab aja 'tidak' ato 'teu'..hihi...pokoknya jangan dijawab pake bahasa inggris. Otherwise, bakal diikutin mulu.
- Public toilet susye bener yak carinya?? Jadi kalo nemu toilet, diusahaain pipis.
- ati2 copet
- Bau pesing di metro euy..hehe *ga nyangka euy...paris getolooooo*
- Bawa peralatan P3K untuk yg perutnya ala kampung kaya gw : rice cooker kecil, small electric stove bersama lauk pauk yg bisa tahan lama & tinggal diangetin kalo mau makan seperti rendang, empal, sate.

Menutur gw rata2 eropa baby friendly ko..asalkan :
- carrier harus dibawa, banyak kejadian yg kadang ebih efektif kao bayi kita bawa di carrier
- siapin receh euro
- bawa mainan favorit anak
- usahain ga travelling pas winter...kurang asik euy...apalagi kalo ga tahan dingin..yg ada ntr baby-nya flu & emaknya kerokan...hihihi

Kalo tertarik ke Norway, especially kota Trondheim ga perlu bingung2 laahhh...kontak eike ajah..kikikikik
Kalo di Norway, public transporation mengakomodir tempat buat stroller & semua toko ada jalan landai untuk stroller.

19

Topic: Europe with kids

fanny - OMG, efteling!!! brings back memories! gara2 baca ini, jadi inget dulu waktu SD kesono. banyak fairies and toadstools. masih ada foto2nya, tapi malu, soalnya gue item dan dekil... hu hu hu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

20

Topic: Europe with kids

arymia:kebetulan gue mudik ke indonesia ini juga naik em*r*t*s
waktu di dubai, ngambil strollernya sih lumayan jauh ya (dari pas turun pesawat), tapi spt yg mama raihan bilang, banyak bener.. jadi jangan takut kehabisan (stroller) ditaruh hampir disetiap tempat-tempat yg strategis

pas transit di dubai waktu itu, awalnya dpt mclaren volo, krn gak bisa direbahin, diganti sama yg bisa direbahin... gak sampai tiduran banget sih, tapi lumayan, kareem bisa tidur nyenyak (dibantu sama bantal leher)

charissarhanie: betul banget yg dibilang mama raihan, paris itu subwaynya gak stroller friendly. gue dulu (waktu masih single) pernah kesana sama temen dan keluarganya, bawa umbrella stroller, walhasil kebagian bantuin gotong kalo mau naik subway, lumayan, tangan jadi berotot :D
pas kesana lagi sama nyokap, kebanyakan naik bus atau jalan, soalnya nyokap pake kursi roda

dirimu kapankah mau ke europe-nya? kalo mampir ke jerman dan pengen ke bremen, hubungi gue aja.. kalo gue belum pindahan, silahkan nginep dirumah :)

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

21

Topic: Europe with kids

slesta, masih dilema juga nih gimana nidurin pilar selama di seat. karena ekonomi kan ga bisa full reclined :( kalo digendong emaknya yg gempor, long flight ya, 8 jam dan 6 jam kalo ga salah :(
trus, seat paling depan sandaran tangan ga bisa diangkat ya? padahal plan b gue adalah naikin sandaran biar pilar bisa rebahan, dan bapaknya nyari seat lain yg kosong (if any)..hmm have to check.

sefa, ada juga ya stroller yg bisa rebahan di dubai airport? good. karena transit di dubai kan dini hari gitu, dan agak lama, jadi kalo pilar masih bobo bisa di stroller itu.

trus emang bener, metronya paris ga stroller friendly, curam2 lagi..makanya kita mau pake carrier aja :) lebih gampang kalo metronya penuh, dan buat ngelewatin loket2 tiket otomatis itu..

charisaranie, samaan dong bu september.. moga2 belum terlalu dingin ya, jadi bisa lebih enjoy liburannya!

22

Topic: Europe with kids

sorry baru bisa buka lg, dari komp kantor rada susah soalnya, hehe..

mamaraihan
makasih byk ya tipsnya, apalagi ttg stroller di subwaynya. pertanyaan bodoh, kl completely ga bisa parle francaise bisa survive ga sih di paris? ko gue rada jiper ya?

fanny
kita sih sbnrnya flightnya ke paris, tp dr situ rencananya pengen kemana2 lg secara total kita punya 3+4days di parisnya. maunya sih ke yg deket2 macem belgia/belanda. kl disneyland sih pasti didatengin secara si oneng fans berat mickey mouse.

tdnya pengen ke stavanger/copenhagen, tp kynya ga memungkinkan deh kl bawa anak kecil loncat sana loncat sini. btw, ko gue horor sih denger 'peternakan anak'? :p

tisyonk
tdnya pengen ke stavanger nih, sayang ga diapprove sama emir krn takut anak kecil cape. btw, ini tisa istrinya kintha kan ya? *takutsalah*

sefa
ok deh nanti dikabarin kl muternya mampir kesana. ini aja udah dimarahin liz, soalnya kita di parisnya pas weekdays doang, ahahaha..

arymia
sept juga ya? bukan apa2 sih, kmrn milih sept soalnya pas sebelum keira 2thn jd masih dapet tiket infant, hihihi.. jadinya naek emirat*s ya, coba advance check in aja (kalo bisa) biar dapet seat enak. kita sih pake qat*r, jadinya transit di doha. rencana sih bawa stroller tp yg 5kgan aja, kl carrier sih selalu bawa.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

23

Topic: Europe with kids

charissarhanie,
Iya bu..saya tisa istrinya kintha. Kenal kintha ya?

Moms,
Ada yg pernah transit di Istambul ga? bagi lika liku bandara istambul buat baby dong. Secara gw bakal mudik bawa bayi 10 bulan yg total flightnya (ditambah ngendon di airport) selama 20jam lebih...phew... *seka keringat*

24

Topic: Europe with kids

tisyonk
ahahaha, bener berarti. soalnya liat foto di artikel ko bapaknya ibham kayak yg kenal. gue ama kintha dulu satu kelas satu angkatan. kintha mungkin lebih deket sama emir krn satu jurusan juga. dunia (internet) emang sempit ternyata :)

*duh maap, OOT nih*

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

25

Topic: Europe with kids

arymia mo ngingetin ajah, jangan lupa bawa selimut tipis/kain tipis. berguna banget bisa buat selimutan atau kalau nggak ngalesin stroller pas di dubai. abis namanya stroller pinjeman, you never know.
kalau gue suka nilep selimut gratisan di pesawat.. hehehe

eh gue pernah liat yah ada ibu2 bawa anak kecil umur 2 tahunan di pesawat. waktu itu kita duduk jejeran di yang paling depan. trus dengan santainya, itu ibu nyuruh anaknya tidur aja gitu di lantai. dan anaknya nurut lagi dan bobo pules!!! gue cuma bengong. walaupun sebenernya kalau dipikir, enak juga yah. bahkan bobonya bisa 'lurus'... nggak belipet2 kalau pas di kursi... atau pake acara jatoh (kayak alyssa april kemaren..:( !!)

thalia item dan dekil?? hahaha

charissarhanie hehe maksudnya peternakan buat anak2! wakakaa! eh kalau lu ke belgi kalau bisa ketemuan yah.

sefa
gue mo ke koln oktober. jauh yah dari bremen?