1

Topic: Europe with kids

charissarhanie Hiks, gue udah denger beberapa cerita kurang menyenangkan tentang turis di Paris yang ga bisa bahasa Perancis (wow, it rhymes!). Temen gue beberapa bulan lalu ke sana, dicuekin aja gitu... Malah ada yang bilang "English, no good" trus temen gue ditinggal. Halah. Entah temen gue yang sial aja selalu nemu orang2 yang jutek ato gimana. Akhirnya dijawab sama polisi, tapi dengan jutek juga. Yah mendingan lah, daripada dijutekin doang tapi ga dibantu kan hehehe...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

2

Topic: Europe with kids

fanny hahah.. jadi inget waktu gue ke jepang kemaren. jadi waktu itu pulangnya itu emang jam siang2 gitu.. jam2nya naia lagi aktif2nya. sementara gue udah ngantuk banget, jadi gue biarin aja dia maen di lantai gitu kan. trus semua maenannya, selimut 2biji, bantal ama naia dibawa ke bawah, trus maen selimut2an ama bonekanya, dan dia malah bobo di bawah!! gue karena udah ketiduran ga sadar gitu.. pas bangun gue ngakak dia lagi comfy banget boboan di bawah. gak bobok beneran sih, tapi emang kayaknya lebih comfy buat dia daripada di atas. jadi lebih sibuk maen di pojokan (gue duduk di pinggir yang deket jendela, kebetulan cuma ada 2 seats dan semuanya buat gue & naia, walopun sebenernya naia msih diitung infant jadi ga dapet bangku) hihi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Europe with kids

Charissaranie, udah hampir 2thn ya? Rencananya mau digendong terus selama flight bu?

4

Topic: Europe with kids

charissarhanie: Utk Paris dan sekitarnya, kl menurut suamiku, mungkin bisa mengunjungi juga Parc Asterix dan La Mer de Sable. Cuma pas aku tanya kira2 utk anak usia 2 thn gimana, dia bilang sptnya kurang pas.

Kalau aku liat di internet, di area Ile de France (Paris dan sekitarnya), cukup banyak natural parks, zoos dan farms for kids.

Temanku pernah rekomendasikan Futuroscope. Tp di Poitiers, agak jauh dr Paris.

Di satu majalah yg kubaca, satu tempat yg direkomendasikan adl Aquarium SeaLife. Tp mungkin kek Sea World yah. Mungkin.

Atau, mau lihat France Miniature. Lucu kali ya... Kek Taman Mini, hehe...

Sorry, as I told you before, aku kurang tahu Paris (cuma tahu KBRI, toko Gopal yg jual produk Indofood, Eiffel dan satu resto yg jual nasi goreng ikan asin - enak bok). Aku ke Disney aja blm pernah, hehe... Cuma anak pertamaku yg udah ke sana sama suamiku saat aku di rumah menyusui si kecil, halah...

Ttg Paris, memang sih ngga selalu seindah image-nya di luar sana. Intinya tetap waspada aja. Dulu ex-colleague pernah bawa customer mengunjungi HO+factory di Perancis, plus jalan2 dong ke Paris, eh... kecopetan di metro. Dia pake tas pinggang, duit cash semua isinya (duit kantor pula buat entertain si customer).

mama raihan; Seru euy foto2nya... ^_^ Foto memang suvenir perjalanan yang luar biasa yah.

O iya charissarhanie, kl mau ke tempat yg stroller friendly, mending ke kotaku di Lyon... *promosi*. Waktu seniorku yg tinggal di Paris sempet main2 ke Lyon dan bawa anak usia setahunan, dia terkesan bgt sama fasilitas umum di sini yg stroller friendly. Dua jam naik TGV dari Paris. Tp ngga ada Disneyland sih di sini. Dan September aku dah pindah dari sini T_T *hate to leave this beauuutiful city*

Mungkin yg hrs dibawa juga adalah travel seat pengganti high chair kalau anakmu msh pakai. Pengalamanku, bbrp resto di Perancis ngga provide high chair. Tp yg parah waktu aku ke Swiss, blass, ngga ada satu resto pun yg kami kunjungi yg menyediakan high chair (untung bawa sack n seat).

Tempat ganti popok dan nursing room yang aku rekomendasikan di sini adalah yg di Galeries Lafayette dan IKEA. Silakan mampir buat numpang ganti popok si kecil... *mungkin dikau udah ga butuh ya, secara si kecil udah 2 tahun kan?*

Ttg bahasa Perancis, mungkin ada baiknya tahu bbrp istilah dan percakapan dasar. Dulu aku punya French Phrase Book khusus traveller, sizenya kecil bs masuk saku. Berguna banget kalau ada colleague yg dikirim training or meeting ke Perancis. Berguna buat mereka maksudnya... Soale pada pinjem ke aku.

seerika: Baby movie, sptnya di Lyon ada deh. Soalnya dulu pernah baca di majalah dan kepingin ikutan. Sayangnya pelem Perancis gitu... Yg ada malah tidur kalik *nasib gagap bahasa*

LizCherie belum nongol nih... ^_^

5

Topic: Europe with kids

ini nongol, sori blm bisa nafassss *sambil tunjuk tangan*
Kalo gue saranin naik kapal yg keliling tuh enak, ini gue pernah cerita di blog

ke musium nat history

di sebelah musium ada parc dan kebon binatang
tapi bonbinnya ngga gede ya... cuma banyak bangau merah muda yg cantik2

ke tuilleries parc yg di sebelah kompleks musium louvre, bagus n kid friendly

cerita jalan2 celia

Ntar dilanjut yah

Waah mamaraihan seru cerita jalan2nya.... foto2nya bagus2.

Iya meetup yuk Sitha, Fanny dg Ranie

@LizCherie

6

Topic: Europe with kids

Wah.. ma kasih banget ada tret ini.. jadinya tau tempat2 menarik laennya di Eropa...

Kalo ada yg mau ke Inggris, apalagi ke oxford, aku bisa jadi tour guide kalian :)

7

Topic: Europe with kids

charissarhanie: ditunggu kabarnya, semoga setelah september ya :)

fanny:
dari koeln ke bremen lumayan jauh juga sih kalo naik kereta biasa, kalo naik ICE kalo gak salah 2 jam-an gitu

ihiks, oktober gue masih di jakarta, baru sampe bremen lagi tgl 22 september

btw, oot nih.. fan, elo kenal sheila susan ya? kalo iya... dia itu sahabat gue

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

8

Topic: Europe with kids

Mau ikutan share yah.. Sebenernya mama raihan udah top banget tuh reviewnya, lengkaappp hehehe..

Aku paling nambahin dikit aja yah, kebetulan aku tinggal di Sweden, kalo aku selama ini utk travelling di Europe ga pernah bawa stroller, karena ga punya umbrella stroller jg dan males aja bawa2.. Jadi aku kemana2 paling cuma ngandelin carrier, aku pake ergo carrier.. Kalo dipta (17mos) capek atau mau bobo ya digendong, kalo gak ya suruh jalan sendiri, tp kalo blm bisa jalan mgkn emang lbh baik sedia stroller ya..

Kalo utk Paris (aku ga tau kl kota lain di prancis) dan Italy dan kepengen naik public transport aku kurang nyaranin bawa stroller.. suka kasiaan gt liat ibu2 pd gotong2 stroller (pdhl strollernya udah yg super enteng tu kayaknya) tp krn tangga yg tinggi dan curam, rada ngeri aja gt, resikonya besar. Kalo di Belanda OK bawa stroller krn cukup strollerfriendly, Jerman apalagi.. Kalo ada yg rencana mau ke Skandinavia jg oke banget tuh bawa stroller.. mau bawa yg paling berattt skalipun jg gak masalah, krn fasilitas lengkap..;)

Kalo ttg highchair, iya sih memang lbh bagus kalo bawa travel seat ya.. buat jaga2 aja kalo ada restoran yg ga sedia HC, tp selama ini aku bawa travel seat belum pernah kepake..hehehe

Oia utk airlines, aku sempet terkesan sama KLM, karena bbrp kali naik KLM setiap ada org yg duduk disebelah kami pasti disuru pindah sama pramugarinya, katanya biar aku,suamiku dan anakku bs leluasa duduknya.. Kalo waktu naik SQ memang dari awal kayaknya udah disiapin supaya sebelahku ga ada orgnya (GR aja :P) hehehee

Buat mamanya pilar, colek dulu aahh ;)
Maap yaa kalo ga ngebantu.. n met kenal buat smuanya ;)

9

Topic: Europe with kids

sefa1208 Gue jadi penasaran, bukannya Oktober itu setelah September ya? Kalo lo udah nyampe di Jerman akhir September, berarti Oktober lo di Jerman kan? *siap2 push up 1 jari karena OOT*

yang selalu kangen sama si pipi gembil

10

Topic: Europe with kids

mamadiptaa, helooow! kemana aja jeng? *maap oot*

tos bu, kita juga niatnya bawa ergo aja, pasti super ribet kalo bawa stroller pake metro di paris. salam buat dipta yaa..

oya, tanya dong..travel seatnya ga kepake karena emang disedian highchair kah?

11

Topic: Europe with kids

dipdut - wah, tip2 ttg stroller di berbagai negara ini useful banget! thanks ya! btw, kalo anaknya udah 3-4 taunan jalan2 di paris/italy, enaknya gimana ya? kalo gendongan kayak ergo gitu kan udah keberatan (dan kegedean).

btw, ada info ttg spain, especially barcelona?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

12

Topic: Europe with kids

Thal,
Gue ada cerita wiken di barcelona. HTH

Denger2 ada airline low cost (AA) yg ke london?. Tapi serem kali ya kl naik low cost jauh2 :-)

@LizCherie

13

Topic: Europe with kids

Liz - yay, thanks! baca2 dulu yaaa...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Europe with kids

thalia
i think barcelona is awwwwwwwwsomeee!
cinta banget deh gue ama kota ini!
kita ke sana 2 tahun lalu and luuuv it! foto2nya ada di facebook gue kalau mo liat.
Ibu2 yang di luar europe, kalau ke sini, ke barcelona ajah! hehe

mamas yg di europe, mau juga dong kasih tau tempat2 oke yang pernah dikunjungin. sapa tau bisa saling mampir gitu.

Sefa
yup gue kenal sheila susan, salam yah. kok dia menghilang sih dari dunia perinternetan. btw, lo pernah ke moviepark/europepark Sef? review dong.

15

Topic: Europe with kids

fanny - iya, itu on top of our list. mestinya kesana waktu honeymoon, tapi apa daya ga punya duit... dan ampe sekarang blum kesampean. someday... someday... hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

16

Topic: Europe with kids

*knockknock* Nimbrung...

kalo Paris...kayaknya infonya udah hampir lengkap tuh Ran..kalo gwe sih kepikiran bakal tetep bawa carrier soalnya emang metronya g stroller friendly..

ho ya ran...kalo mau kesini..kayaknya cukup lah 2-3 harian (lama ya..?)..kalo Kopenhagen aja sebenernya bisa di putari cukup satu hari sih...kecuali mau main dulu di TIVOLI..ya 2 hari lah...gwe nyaranin jalan2 juga kota sebelah...Malmo...menyenangkan...:) , trus trus...kalo pergi septemberan...hmm..bawa jaket yang tahan angin ya Ran..soalnya udah mulai berangin dan cenderung dingin anginnya..mungkin kalo dikira2 kayak di lembang lah..(kurleb 20 der celciusan).

Tisyonk...menggoda sekali ya Trondheim...:)

mbak Sefa, awal Juni kemaren aku ke Bremen, tp dgr dari temen mbak Sefanya lagi pulang ke Indo.. :)

Bahagia deh...ternyata banyak orang di Eropa...jadi semangat ngajak jalan2 Bhumi..... :)

17

Topic: Europe with kids

Wahh ada yg tetanggaan ma aku hehehe.. Mba winD di CPH ya? Aku mayan sering mba bulak balik sana la wong aku tinggal di Lund (sebelah malmo) kalo mau beli KFC ke cph dulu huakakak gaya bgt yak :p kapan2 ktemuan yukss ;)

iyaaa kalo copenhagen bs sekali puter kayaknya deh, tp kalo bawa anak emang mnding msuk TIVOLI, sayang dilewatkan..

@thalia : kalo ergo stauku bs sampe BB 18kg tp mgkn ga nyaman ya krn besarnya, bs sih diakalin bawa umbrella stroller tp ya jgn sampe pas naik
turun tangga tuh si anak lg bobo didlm stroller krn ribet pasti ngangkatnya (gmn ya crnya kr2.. Blm dpt ide jg euy huhu)
maaap :(

@mia : kapan pilar dibawa ke prancis? Abis lebaran yaaa? Duh senangnyaaa heehehe eh ngubrul yukk mi, kangen nihh

18

Topic: Europe with kids

WinD dan dipdut, aku juga mau ke cph lagi ah kapan2. udah janjian sama suamiku mo napak tilas suatu hari nanti soalnya kita dulu ketemu di cph... hahaha lebay.
rencananya 10 th anniversary di sana :-)
pastinya mo ke tivoli, abis udah 4 kali ke cph nggak pernah ke tivoli, pernah sekali malah ke kristiania (eh masih ada nggak sih tuh tempat, salah yah nulisnya)?

19

Topic: Europe with kids

puspita_jewel wrote:


seerika: Baby movie, sptnya di Lyon ada deh. Soalnya dulu pernah baca di majalah dan kepingin ikutan. Sayangnya pelem Perancis gitu... Yg ada malah tidur kalik *nasib gagap bahasa*



wah, sayang. Seru banget padahal baby movie ini. Lucu aja nonton film sambil liat tingkah polah para bayi. Tapi emang sih nonton film-nya sendiri jadi kurang konsen.

fanny wrote:
mamas yg di europe, mau juga dong kasih tau tempat2 oke yang pernah dikunjungin. sapa tau bisa saling mampir gitu.


Brugge, di Belgia. Kota kecil ini cantiiiiiiiiik sekali.
Dan satu lagi favorit gue: Istanbul. Cantik. Romantis. Relatively cheaper (dibandingkan kota2 eropa lainnya, terutama eropa barat). Belanja asik. Makanannya enak2. Plus touristic spots nya banyak banget. Gak pernah bosen kalo ke sana (hayaaah, kaya sering aja!!)

Satu yang gue kepingin banget tp belum kesampean: Astrid Lindgren's Village di Vimmerby, Swedia. Gue suka banget buku2nya Astrid Lidgren yang latar belakangnya desa-desa kecil Swedia gitu. Pengen ngerasain kehidupan kaya tokoh2 di bukunya Astrid Lindgren

Kalo soal stroller memang sering jadi dilema. Mau dibawa takut repot harus digotong-gotong. Tapi kalo gak bawa suka kasian anaknya tidur dimana kalo ngantuk. Gue sendiri sih selama ini selalu bawa stroller karena anak gue belum bisa duduk (kalo gue makan bingung taro mana) dan capek juga bok kalo harus digendong terus biarpun judulnya pake carrier (gue pake manduca).

Sekarang belajar utk nge-plan dengan baik rencana harian selama lagi traveling biar malam sebelumnya kita uda tau apakah stroller harus dibawa atau ditinggal di hotel aja. Kalo mau ke museum, theme park atau shopping street ayo dibawa strollernya. Tapi kalo mau kunjungan ke kota tua apalagi pake acara manjat2 menara tua, sebaiknya stroller ditinggal aja.

20

Topic: Europe with kids

mbak Dipdut...aku suka Lund....ayooo kita ketemuan..kayaknya seru nih..dan mbak Fanny...ditunggu ya...mari kita ke Tivoli..aku juga blom pernah hehehe dan Christiania...masih ada mbak..yang lagi g ada itu si Little Mermaidnya... :)

21

Topic: Europe with kids

winD
Bala bantuan dr Indo pasti uda datang yah...udah kembali cuap2 di internet lagi euy...hihihi :P
Ayo dong..Bhumi maen ke Trondheim..ntar gw suruh Ib'ham ngajarin Bhumi nyelam deh...kikikikik :P

22

Topic: Europe with kids

hahaha...bala bantuan sdang liburan di eropa daratan Tisy...ini curi2 sembari si anak kecil terlelap...*emaknyateler*. Hoooo....ngomong2 nyelam...udah g sabar nih mengajak Bhumi main air...ayo kakak Ib'ham ksini dooonk!!

maaf OOT sedikit....*kabuuur*

23

Topic: Europe with kids

Mba fanny : hua cph kota kenangan toh hihihi kalo ke cph kbr2in mba sapa tau bs ktemuan :)

Mba winD : iya nanti kalo aku main ksana lg kuksh tau ya mba, lha cuma nyebrang laut dikit inih yaa hehehe 2minggu lalu aku cm nangkring di kastrup aja mba, lg pas mau ke belanda.. Ga sempet mampir cph nya.. Tp asik nih kl udah ada temen, kan bs mampir2 hihihi ;)

seerika : iyaaa bener istanbul! One of my fave jg tuh, kotanya cantikkkkk bener kl aku blg, trus buat shopping pernak pernik lucu dsn antik jg asik dan murah2 pulaaa, makanannya jg enak2 benerrr!! hmmm trus kayaknya ga ada org jelek deh di istanbul, ga tau knp mnrtku org paling ganteng-cantik tuh dr turki..IMO yaaa hehehehe

24

Topic: Europe with kids

thalia wrote:


btw, ada info ttg spain, especially barcelona?


Kalo Barcelona, aku blm pernah, pengen ke sana tadinya tapi kurang waktu, tapi aku pernah ke kota2 di daerah andalucia spt Malaga, Granada, Sevilla dan Cadiz. Yang aku suka Granada cantik kotanya, ke sana enaknya April ada festival. Tourist attractionnya di situ Alhambra. Kalo pas festival, di square biasanya cewek2 dan anak2 pada pake traditional dress, nari2. Kalo di Sevilla, biasanya pas festival (namanya feria), di kotanya sepi, tapi ada suatu area yg besar, kayak ada kota tua, tiap keluarga punya tenda (namanya caseta), di situ juga ada amusement park, kereta kuda jaman dahulu dan mereka juga pake baju tradisional. Ini linknya kalo ada yg tertarik http://www.andalucia.com/festival/seville-feria.htm

Untuk akomodasi di spain, ada yg murah, cari yg namanya pension setara dgn losmen kali yah. Ada yg family friendly ada yg utk anak2 muda/backpackers. Aku waktu ke sana sendiri jadi belum tau pension utk family, coba ceki2 tripadvisor.

Liz, Temannya temanku pernah naik Air Asia, katanya sih yah seperti low cost airlines lainnya, jadi makanan mesti beli yah. Kalo lagi sale, katanya murah sekali. Dia ke Indo cuma £50. Tapi kalo gak sale, jatuhnya gak murah2 juga, hampir sama, jadi mendingan pake airlines yg udah bereputasi.

Fanny wrote:
mamas yg di europe, mau juga dong kasih tau tempat2 oke yang pernah dikunjungin. sapa tau bisa saling mampir gitu.


Mampir ke Oxford dong.. promosi nih.. Yg suka harry potter, bisa liat dining hall-nya di christ church college. Ada yg pernah nonton film golden compass, scene-nya yg permulaan jg banyak di oxford.
Terus bisa ke Bleinhem palace, tempat kelahiran Winston Churchill. Anak2ku suka banget ke sana, sangat child friendly, ada maze gede, tempat main anak, butterfly garden, naik kereta kecil.
Yang suka shopping, bisa berkunjung ke Bicester Village. Di sana bisa cari barang2 bermerk spt Jimmy Choo, Gucci, dsb dgn harga miring. Ibu2 belanja, anak2 bisa bermain di tamannya, tapi mesti dijagain yah mungkin bapak2nya jagain anak sambil nikmatin kopi starbucks.. hihihi..

25

Topic: Europe with kids

Indie
would love to go to England.. tapi mesti pake visanya itu loh yang bikin gagal mulu.. (nasib... punya paspor ijo. hiks)
jadi untuk sementara ini schengen area aja dulu :)

Spaintuh bener2.. cantik yah! kayaknya di mana aja.. hehe
gue suka banget ke sana..
ada yang bilang bilbao juga bagus banget dan bersiiiiih banget. jadi pengen ke sana.
tahun lalu gue ke Menorca, salah satu island disana. (sodaranya ibiza dan mallorca, tapi kalau dua pulau itu famous for party, menorca lebih buat family dan gak serame ibiza).
ni juga recommended banget buat mamas yang pengen beach vacation.
ntar fotonya aku posting dr rumah yah.