1

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

wah mommymola, penasaran gmn cara ngajarin mola 6mo turun sendiri dari tempat tidur yah? mau dong share nyaa.
ini mantengin thread ini krn td pagi baru kejadian anakku Izy 6mo jatuh dr tempat tidur pas mamanya lg sibuk mau ngantor :((
jatuhnya dr t4 tidur agak tinggi lg posisi tengkurap dan langsung nangis jejeritan.. udah panik ajah mau ke dokter cm akhirnya aku tenangin usap2 punggungnya n di nenenin bentar alhamdulillah diem. tapi ga bs lama2 udah harus ditinggal ngantor huhu jadinya aku nangis di mobil gak tega dia ditinggal sm BS nya.

mau nanya dong mammas apakah udh pernah dishare step by step penanganan pertama kali kalo bayi jatuh itu seperti apa?
coba ngeklik link yg dikasi ttg artikel malah gak bisa dibuka not found :(

thx mammas

2

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

noeroelch di thread ini kan dibahas tuh semua pertolongan untuk bayi jatoh.

1. cek dimana yang kena jatoh
2. kasih trombhopop atau obat2an sejenis supaya meminimalisir memar. kalau kena di area kepala, mesti observasi. katanya yang bahaya kalo kena di samping, tapi menurut gue dimana pun kalo kena kepala, takut kenapa2.
3. observasi ada muntah atau panas gak badannya. kalo sampe panas & muntah2, langsung bawa ke dokter.
4. kalo abis itu langsung happy & ceria lagi, observasi aja untuk panasnya, kalo ga kenapa2.. berarti aman. gak perlu ke dokter

oiya, most of the times, anak jatoh itu dan sampe nangis bukan karena sakit, lebih karena kaget. sebagai orang tua, kita ga perlu panik, biasanya si anak hanya perlu dipeluk aja. seringkali, abis dipeluk, trus langsung ketawa2 lagi.

buat gue, anak jatoh itu jadi pelajaran buat dia (dan mamanya) supaya hati2.. dan biar tau kalo manjat2 itu bisa jatoh, jadi tau kalo sakit itu kayak apa :) *emakkejam* soalnya kadang capek ngasih tau ampe bebusa gak didengerin. begitu jatoh, baru tau deh kalo sakit, dan langsung takut mau manjat2 lagi hihihi..

tapi kalo masih bayi, ya dijagain aja sih. apalagi kalo di bawah 2thn yang tempurung kepalanya masih lunak. suka serem kalo sampe jatoh kena kepala.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Halo moms,
mau share aja, kemarin babyku Zahra (6.5m) jatuh dr tempt tidurku
dgn posisi jatuh tengkurap, lgs nangis kejer hu..hu
akhrnya aku gendong peluk2 nangisnya bhenti n aku kasih minum n tertidur.
setelah agak tenang baru aku cek trnyt jidat sebelah kiri agak benjol n merah.
krn ak ga punya obat memar, aku kasih aja minyak telon. begitu bangun eh dianya udh
ceria n aktif lagi, aku cek ternyata merah dan benjolnya udh hilang, ga deman n ga muntah.
Alhamdulillah.. lain kali mamanya yg harus hati2.
thanks.

4

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

dan akhirnya..setelah lama ga jatuh yg parah2 amat, tadi si benji jatuh dengan kepala menghantam lantai sampe benjol. nangis dong, ada kali 10menit gitu. setelah nangis reda, disusui langsung tenang. kek ga terjadi apa2. tapi benjolnya itu lhooo, sekarang agak biru lebam. kata nyokap sih gpp, semua anak juga pernah benjol. pendapat ibu2 semua gmn? oya benji ga ngantukan, ga lemes, ga muntah, masih mau makan.

Mommy ? Superben

5

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

immaria..ilyasaku juga pernah benjol tuh mom. Ga tau ya, kenapa hari itu dia apes banget, jatuh dan kejedot ditempat yang sama, yaitu dahi bagian kiri. Benjolnya sih ga tll besar, tapi sampai biru-hitam warnanya. Aku ga kasih apa-apa sih waktu itu di luka memarnya itu, dan hilangnya lumayan lama..hampir 2 mingguan baru ilang

6

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

indriani: ilyasa ga dikasih apa2 tuh benjolnya? Kemarin si benji juga ga diapa2in benjolnya hilang sendiri. Udah parno aja sayanya

Mommy ? Superben

7

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Moms..mau pengakuan dosa nih ;( Hiks2..

Cairo barusan jatuh dari sofa (landing di karpet tebel) untuk kedua kalinya:( Yg kedua ini gw yg super duper bego bgt..gw disebelahnya tapi malah cengo liat TV. Gw udah pegangin kaki dia, tapi krn dia muter2 kelepas dan gw ga sadar krn lagi liat berita tiba2 gedubrak..and within seconds jatoh lah dia di karpet. Nangis2..gw cek ga kenapa2 sih langsung gw kasih minyak tawon jidatnya.

Bener2 ga bisa ditolerir deh gw...asli walaupun baru bangun tidur, ngantuk there is no excuse to let your baby fall (again). Hiks2 sedih banget gw..sekarang saya mau loncat dari jembatan dulu yah ;(

8

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

indriani budi utami wrote:
immaria..ilyasaku juga pernah benjol tuh mom. Ga tau ya, kenapa hari itu dia apes banget, jatuh dan kejedot ditempat yang sama, yaitu dahi bagian kiri. Benjolnya sih ga tll besar, tapi sampai biru-hitam warnanya. Aku ga kasih apa-apa sih waktu itu di luka memarnya itu, dan hilangnya lumayan lama..hampir 2 mingguan baru ilang


tanya dong,
kemarennya Lycka sempet jatuh dan ternyata ada biru-biru dikeningnya, karena emang ga punya minyak oles, jadinya cuman aku kasih minyak telon :(
tapi pas saat itu aku pencet2 sih dia ga berasa sakit gitu, semoga emang gapapa.
apakah ilyasa ga dikasih apa2 dan ga ada keluhan lain ya?
Lycka sih abis jatuh itu sempet yang masih lemes gitu, tapi masih mau makan dan ga panas. besok paginya juga udah semangat lagi (kejadiannya malem, lagi jam tidur dia tau2 bangun lagi)

9

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

etoy yaah...kalo baru 2x aja dah loncat dr jembatan, saya yg dah ngalamin >5x musti diapain dunk? :(

10

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Avee Haduuh lebih dari 5x?? Jatuh dari mana aja? Wah kl gitu kita loncat bareng2 yuks hehehe..ya ngga lah kl gw kan dasar dodolnya gw aja, ada di sebelahnya tapi malah meleng krn ngantuk. Umur 7 bulan masa udah dua kali jatuh, gimana nanti gede.

And is it okay kl gw ga cerita ke suami gw *Oopsie..tapi anaknya udh gw cek ke dokter kok dan gpp. Abis gw takut diomelin :( Cemen banget yah gw hehe

11

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

etoy paling sering mah dari tempat tidur...dan kagak pake karpet di bawahnya... kalo konsul ke DSA (meski dgn sedikit geleng2 kepala) selalu dibilangin, "babies are generally quite resilient..."
biasanya saya slalu crita ke suami...dgn catatan bliau sdg senang hatinya... :p but this could be one of the things that's better left unsaid anyways... hehe...

12

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

iyu..kalau yang jatuh dan meninggalkan bekas lebam di jidat itu mmg aku ga kasih apa-apa kok, karena ga ada bekas luka robek/lecetnya.
Lebamnya hilang antara 1-2 minggu kemudian.

Kalau sakit di bekas yg lebam itu sih pasti sakit ya, cuma kayaknya ga tll sakit jd diabaikan saja sama anakku. Alhamdulillah ga ada panas/muntah stlh kejadian itu sih, jd aku anggap dia baik2 saja. Kalau yg aku baca2 sih lebih menghawatirkan kalau jatuhnya di kepala bagian belakang drpd di kepala bagian depan. Dan sepertinya memang benar, dl ilyasa pernah jatuh di kepala bagian belakang. Ga ada lebam/memar, tapi malamnya langsung demam. Aku pernah juga cerita ttg itu di thread ini. Berharap itu ga terulang lagi, deg2an banget kalau anak sampe demam karena jatuh :(.

Smg Lycka sehat terus ya, ga ada jatuh2 lagi ya Sayang :)

13

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

moms, anakku dari bayi sering jatuh telentang hingga kepalanya benjol sebelah kiri. setiap jatuh ga ada muntah, panas, pingsan atau gejala aneh lainnya. nangis aja. udah 3x ke DSA yg berbeda, dibilang gapapa, ntar benjolnya bakal hilang sendiri. sampe anakku umur 4th, kepalanya masih benjol walau ga gede banget (tapi kalo dipegang berasa) n ga keliatan karena ketutupan rambut. terakhir aq maksa rujukan DSA utk CT-scan n udah di-scan kepalanya setelah aq sukses diomel2in DSA karena ga becus ngurus anak n diceramahin ttg ketidakrelevanan antara CT Sacn usia 4th dg kejadian jatuh 3th yg lalu. hasil CT scan bilang bagus, ga ada kelainan apapun. tapiiiii..aq kok tetep ngerasa waswas ya? perlu ga ya aq ke dokter syaraf utk konsul masalah benjolan ini?
plis masukan n share kalo pengalaman yg mirip (mudah2an ga ada yg ngalamin kayak anakku.)

a mother of two

14

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

pagi moms,
perkenalkan aku baru di forum ini, anak ku Prama sudah umur 12 bulan 3 minggu.

mom, anak saya hari minggu jatuh dari kasur. Habis jatuh langsung nangis kencang. Lalu diusap2 kepalanya dan menyusu kemudian langsung reda nangis nya. Jatuhnya kena kepala bagian kanan. Selama 2 hari ga ada gejala apa2. Hari ke 3 kepala anak saya yg bekas terbentur terasa lembek. Saya khawatir kenapa2 sama anak saya, setelah di bawa ke dokter anak, di anjurrkan ke dokter spesialis saraf otak, dari sana anak saya di beri tahu untuk di lakukan CT scan, ternyata anak saya belum bisa di lakukan CT scan karena ga bisa diem. Kata Dokter ini di sebut subgaleal hematoma. karena pecah nya pembuluh darah halus di bawah kulit dan bukan di dalam tengkorak (otak) kata dokter sih biasanya akan kempis sendiri dalam waktu 2mingguan, dan akhirnya di suruh observasi saja seminggu kedepan. kalau tidak ada gejala seperti muntah2, tidur melulu, lesu dan tidak aktif, katanya kemungkinan besar tidak kenapa-kenapa, dan alhamdulillah nya sampai hari ini nafsu makan masih sama seperti sebelumnya dan tetap aktif sampai sekarang.

Moms ada yang punya pengalaman seperti saya tidak? sharing-sharing yah...

oya, ada solusi supaya anak kita yang tidak bisa diem bisa di CT scan tidak?

15

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

hai mom semua salam kenal..
aku baru aja ngalamin tadi pagi gendis (17bulan) kepleset dan kepala bagian blakang terbentur lantai, gerak gerik gendis msh lincah (alhamdulilah) tp td sempet anget dikasih su2 2botol dan tidur skrg sdh gak anget bdnya tp telapak kaki msh anget. Aku khawatir bgt nih,takut knp2 apalg setelah browsing di mbah google klo kepala bagian blakang tempat saraf2 penglihatan..
trims moms klo ada saran yg bisa buat aku lbh tenang.. :)

16

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Kenzie kecil dulu pertama jatuh dr tempat tidur umur 5 bulan dalam keadaan telungkup...brak...jatuh di depan mata...histeris n ikut nangis...pas di bw ke ugd eh gak ad dokter spesialis anak..adanya dokter umum..di tanya ad muntah?pingsan?ato memar semua itu gak ad puas tp krn kurang puas cari dokter spesialis anak...dbawa ampe 2 kali sekaligus keesokan harinya observasi..ternyata kt dokternya gpp..dilihat dr pupil matanya..respon baik..gak perlu ad ct scan kt dokter nya...hbs itu kapok bgt rasanya trauma...tei dan terrnyata sejalan dengan umurnya yg bertambah...kenzie kecil makin sering jatuh..n ini barusan yg kedua kalinya jtuh dr tempat tdur lumayan tinggi sekitar 1 meter posisi telentang..kaya nya rada bengkak..krn merah gt..trus dkompress n dksh salep trombopob gak demam n gak muntah...tp ttp khawatir..butuh saran perlu ct scan gak ya?

17

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

sependek pengalaman saya, selama tidak muntah, semua bagian tubuh dapat berfungsi normal (tangan kaki leher dpt digerakkan normal tanpa sakit), sepertinya tidak perlu ct scan. hanya logika awam saya saja. kalo mual/muntah artinya ada bagian otak atau organ dalamnya yg cedera. sedang apabila ada bagian tubuh yg sakit saat digerakkan kemungkinan terkilir/patah tulang atau hanya memar. semoga kenzie baik2 ya.. katanya anak yang pernah jatuh akan lebih cepat belajar mencari cara agar tidak jatuh lagi. dan biasanya lebih lincah dan motorik kasarnya berkembang lebih cepat. jadi di-aminin saja deh.. :) Tumbuh sehat dan cerdas ya kenzie..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

18

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

thanks mom semoga aj emang kenzie gak kenapa2..shok bgt liat jatuh dengan suara sekeras itu..di depan mata lagi..rasanya ngenes bgt...btw..bs pada share gak resiko ct scan itu ap buat anak?krn bnyak dsa gak mau sc scan klo emng gak bener2 butuh bgt..ato urgent?selain dr faktor biaya...

19

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

dewi dan kirakara

Moms, kl mau lebih yakin mending lgs dibawa ke dokter bedah saraf krn urusan kepala emang spesialisasi mrk. Nanti bedah saraf yg akan saranin apa perlu di ct scan apa tdk dan kl emang perlu di ct scan, mrk akan jelasin resikonya apa aja. Jadi dewi jg bisa tenang.

Pengalaman teman sih, anaknya jatuh tapi gak muntah jd teman mikirnya gpp. Besoknya anaknya gak mau minum susu n bawaannya mau tidur terus, teman mikir msh gpp. Setelah 2 malam, taunya kesadarannya mulai turun trus lgs dibawa ke ugd dan dokter bedah sarafnya lgs nyuruh operasi saat itu juga krn kesadarannya turun terus krn ada pembuluh darah dikepala yg pecah. Menurut dokternya sih muntah itu tdk bisa dijadikan patokan tp hrs diobservasi scr umum selama seminggu apa ada perubahan yg drastis

20

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

miss Lia,setuju sekali.. terima kasih pencerahannya.

Saya juga pernah baca, kalau setelah jatuh bawaannya pengen tidur terus atau tidak seceria biasanya juga bahaya.. Baca deh artikel ask expertnya urban mama berikut:
Pertolongan Pertama Bagi Bayi Yang Jatuh
Semoga semakin membantu :)

dewi050284,
Kalau tidak salah, CT scan memiliki paparan radiasi lebih tinggi dari sinar X biasa. Sering melakukan CT scan justru meningkatkan resiko terkena kanker. Itu kenapa kalau memang tidak diperlukan, dokter tidak akan merujuk untuk CT Scan. CMIIW ya Mamas...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

21

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

alhamdullilah sudah dbawa ke dsa tp bukan ahli saraf mom..trus diperiksa fraktur ato nggak..ternyata gak ad..trus dkasih obat noocephal piracetam syrup..apakah ad yg punya pengalaman di kasih obat itu?kt dr nya sih vitamin..tp ko lambangnya obat keras gt..katanya buat saraf pasca trauma...apalagi kenzie yg sering jatuh..

22

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Allysa juga di 7blnnya udah jatoh 2x huhuu :'( pertama pas 6,5bulanan. Salah bundanya juga sih ga aware. Subuh2 allysha udh bangun terus maen2 sendiri di atas ranjang,awalnya masih nemenin maen terus "lep" aku ketiduran,ga nyampe 10 menit tiba2 ada yg ngejerit nangis. Panik bangeett. Padahal udh pake barikade bantal,untungnya dia nendang2 dan bantalnya jatoh duluan jadi aja badannya jatoh ke bantal dulu,terus jeduk ke pipinya,dan untungnya ga ada benjol cuma nangis doang,dinen in 3menitan udh ketawa2 lagi. Eehh,bunda masih bandel Allysha bobo bareng di ranjang,jatoh lagi deh kemaren2 ini *nangis* padahal udh diajarin turun sendiri dan ditaro kasur di bawah,eh jatohnya ke arah ranjang yg ga ada kasur bawahnya. Untung lagi dia jatohnya sesuai ilmu yg diajarin,turun pake kaki dulu cuma karena kuda2nya belom kuat jeduk deh kepala sampingnya ke tas aku yg ada di sampingnya. Yaampun,sekarang ga ada deh allysha bobo di ranjang,maen dan bobonya di kasur bawah terus. Tapi,berhubung suamiku lagi ngambil spesialis bedah saraf,jd ya aku lebih tenang. Dianya apalagi,kalo bayinya jatoh dan masih nangis dia tenang2 ajah cuma suruh nen in doang. Aduuh.

23

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Ini kayaknya Ayu rono yg aku kenal deh...hihi ketemunya disini :p

Dewi050824
Blm pernah make obat itu tp kl dsanya bilang vitamin kyknya gak mungkin obat aneh2 deh. Mungkin ada lambangnya krn obat itu tdk blh diberikan tanpa resep dokter. Kita2kan suka tuh kl ngerasa cocok ama satu obat yg dikasi dokter trus main minum lg tanpa konsul ke dokternya.

24

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

ho ho ho liat thread ini langsung inget Gwen pernah meluncur bebas dengan strollernya waktu umur 3 bulanan (posisi masih cuma bobo terlentang)
ceritanya mama sy mau ajak Gwen jalan2 keluar rumah, karena baru pindah rumah, dia lupa kalau teras depan rumah sy skrg itu bekas kebun yg di keramik semua, modelnya agak menurun gitu, jadilah abis keluarin stroller, ga di rem, terus balik badan mau tutup pintu besi, tau2 denger gubrakkkk!!!!

stroller meluncur sampai ujung batas rumah (tanpa pagar), trus ke trotoar itu ada beda tinggi kira2 1 bata, trus stroller terbalik, Gwen nyungsep telungkup, diatasnya stroller juga telungkup menutupi Gwen

panic attack dah, langsung teriak2 bangunin sy sambil nangis2 (mama sy yg nangis2, Gwen malah cengar cengir sambil idungnya besot2, jidat, pipi benjud besot, lutut besot benjud, telapak tangan besot2)

langsung tebirit2 ambil senter liat pupil mata (hasil mak2 sering baca2 jadi berguna juga di saat emergency), trus cek kepala (di pijat2 ringan, lihat ada yang bikin anak jerit/ meringis ga), trus lihat luka2 luar, dibersihin, trus terbirit2 ke tukang urut bayi langganan

saran penting, seberapapun parah/ ringannya anak terjatuh, kalau memungkinkan secepat mungkin urut ke tukang urut bayi (yg terbukti recommended dr yg kita kenal ya), krn kemungkinan anak untuk keseleo sangat amat besar, dan tanda2 keseleo sulit terdeteksi dini, kalo tunggu beberapa jam baru keliatan tapi udah keburu sakit luar biasa dibandingkan kalau langsung di urut

selesai urut, untuk meyakinkan, karena baru sekali mengalami, buru2 ke rs, mau minta scan (mak2 dodol, padahal scan kalau ga penting sekali amat tidak disarankan tuh)
pas sampe rs, dsa ternyata uda selesai, buru2 telp, minta tlg liat Gwen dulu, akhirnya dia mau, ktemu dsa tercinta di tempat parkir pula, trus diketawain, gara2 Gwennya cengar cengir sama si om dsa, mamanya yg panik pake daster sama sendal jepit sama rambut uwel2an ho ho ho

akhirnya di kasih tips sbb :

saat jatuh jangan langsung angkat anak, observasi dulu (teori gampang huh!!), anak harus menangis kencang, sadar, dan melakukan gerakan aktif (misalkan minta gendong, celingak celinguk sambil nangis gitu)
apabila anak pingsan, bengong, shock, jangan diangkat sendiri, telp ambulans secepatnya (teori lagi, tau sendiri deh ambulans di indo ya)

kalau anak tidak shock, observasi gerakan pupil dengan senter, sekeliling kepala, dan sekujur tubuh ditekan2 perlahan

bersihkan luka (kalau ada), jangan berikan thrombopop utk luka memar, lebih baik minyak tawon di usap2 tekan2, krn thrombopop sifatnya (aduh lupa istilahnya) mencegah penggumpalan darah, ini berbahaya apabila dalam waktu 1 x 24 jam ke depan anak terbentur lagi dan ada luka terbuka di sekitar area yg diberi thrombopop, akan terjadi bleeding yg lebih hebat dr semestinya

setelah itu perhatikan, apakah dia kembali bermain??nafsu makan??muntah??

kalau tanda2 tersebut tidak muncul dalam maks 3 hari ke depan bearti semuanya baik2 saja :)

semoga pengalaman Gwen bisa membantu :)

25

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Need help
Felice (6m1w) jatuh dr ranjang dan posisi jatuhnya kepala sebelah kiri (antara belakang sama samping) benjol besar sekitar 5 x 7,5cm (benjolnya spt lembek2 gt daerah kepala yg jatuh). Saat jatuh, anaknya nangis lmyn kenceng, trus kususuin, lalu bobo pulas.
Krn mamanya takut felice knp2 krn bobonya pulas banget, akhirnya kubangunin, dan aktivitasnya normal mau tengkurap2 gt.

Krn masih bnr2 worried, felice diajak ke DSA dan disuruh CT scan. Cm mama papanya ngotot ga mau ct scan. Jdnya disuruh selama seminggu coba observasi, klo ada gejala yg aneh2 segera hubungi DSA trus hrs dibawa ke UGD (spt muntah, tdr terus, demam, kejang, dst) dan untungnya tdk ada gejala aneh tsebut.
Oh iya, benjolnya disuruh kasih thrombophop, cm dikasih sampai 5 hari, benjolnya ga turun2 trus dicoba saran tante buat gosok minyak kayu putih, benjolnya baru kempes.

Permasalahannya,
Tiba2 seminggu kemudian (wkt 6m2w),kepalanya sesekali suka oleng ke kiri. Bbrp kali kuamatin biasanya klo sdh bnr2 ngantuk baru mulai oleng gt. Sempat dicek sama dokter saraf anak, dokternya suggest ct scan jg, tp secara aktivitas sih katanya spt ga ada apa2. Kami masih ngotot blm mau ct scan jg (berpikir dampak radiasinya)
Tambahan lg, setelah kuamatin lg, mata seblah kiri, sejajar dgn alis sptnya agak biru (kmrn dikirain urat).

Berbagai cara dan saran dari teman kami coba, salah satunya di bawa ke dukun bayi didaerah kalibata. katanya dukun bayi, daerah antara pundak dan leher bagian belakang ada yg bengkak dikit.
Tapi kok sdh 2 minggu, masih saja sesekali kepalanya oleng ke kiri. Ada yg bisa bantu ini kenapa?

Aku bener2 worried sama feeling guilty banget setiap liat felice kepalanya oleng ke kiri terus
Ada yg bisa sharing knp dgn bayi saya?

Maap agak panjang ceritana