1

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

namila
Kok bisa ya? karetnya udah diiketin ke-4 sudut bed-nya sampe kejepit di bawah bed belum?

Trus berat bayimu berapa kg? soalnya di brosur tertulis bisa nahan laju jatuh bayi dgn berat maximal 10 kg.

Anakku Nendra (10 bulan) bobotnya udah 9,5 kg, msh aman2 aja tuh nyangkut di kelambu kl pas jatuh, padahal ukuran kelambunya sama dgn ukuran bed. Kebetulan aku punya 2 size kelambu Javan utk dipasang di 2 bed uk. 120x200 cm & 160x200 cm..

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

2

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

rosalia, sudah bu sudah dipasang rapi itu karet di keempat sisinya. Baby ila itu 8,7 kg beratnya. Gak tahu juga kok bisa jatuh juga padahal byk yg mereview dan positif...apa ukuran ngaruh ya pada lenting kawat2nya? ada yg pakai 2x2 gak mamas?

hari ini adalah hari baik

3

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Mia Septiana wrote:
corry iya nih bersambung :P tp dia sih seumuran kita2..hehe..
oia..aysha setelah jatuh itu juga jadi pilek..apa emang siklus abis jatoh jadi pilek *sok tau* ? sampe puncaknya td malem agak "slam" (bner ga sih nulisnya?) jadilah muntah...sempet parno sih..ini muntahnya jangan2 gr2 jatoh kemaren (takut gegar otak :( ) apa bisa jadi gr2 pileknya itu..kt orang2 sih gr2 si "slam" itu..
ntar sore mau ke dsa sih..parno :( :(


huhuhu... baby josh (5m 24d) minggu 5dec kemaren juga abis jatoh telentang. ga langsung nangis tp mukanya uda merah mau nangis gitu. pas diangkat baru nangis keras tp cuman bentar uda diem lg. trus aku kasih susu selang sebentar tidur. tapi cuman 15-20 menitan bangun lg. 3 hari aku observasi aktif spt biasa. aku cek kepala & badannya tiap hari ga ada yg memar/bengkak/benjol. Ga muntah, ga panas. jd ga dibawa ke dokter. Tapii... sekitar 4 atau 5 hari pasca jatuh kok jadi nggrok-nggrokkan ya nafasnya kaya yg lagi pilek gitu & kaya ada dahak di tenggorokan. kalau malam kadang kebangun kayanya idungnya buntu tapi ga ada ingusnya yg keliatan. apa ngga apa2 ya moms? apa emang suka pilek ya kalau abis jatoh?

4

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

vony_82 yang waktu itu kejadian abis jatoh trs pilek sempet ditanyain ke dsa sih,ktnya sih gpp,pileknya bukan gara2 jatoh..

oia sekalian mau cerita, baruuu aja kejadian nih aysha jatoh ke "got" yang kering dengan posisi telentang dan punggungnya kena ujung atasnya got gitu, jadi yg masuk ke gotnya cuma kakinya aja,untung kepalanya sempet di tangkep sam ART. tadi kebetulan lagi maen di halaman belakang, ART sambil nyuapin yoghurt. nah entah kenapa,kakinya njelimet,jadi posisi jatohnya jadi telentang.tapi yg serem pasti punggungnya sakit banget secara kena ujung tembok gitu. pas gue liat bekasnya merah dan kaya ada pola lurus. gue sih anggap itu pasti keras banget,karena posisi tembok sisi satu laginya itu posisinya di bawah dari lantai tempat aysha berdiri. tapi aysha cuma nangis ga lama, trs mau lari2 n ngoceh lagi. Perlu ga ya gue cek ke dokter, parno banget takut luka dalem ataw kena tulang rusuknya gitu.. :(

~Aysha's mom~

5

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Hikzz...baby-ku 6m kemaren baru jatuh dari dipan..
jantung ini rasanya copot lihat dia udah tergeletak di lantai :((
dia jatuh dari dipan single bed, yg bawahnya masih ada kasur yg bisa didorong..untungnya kasur bawah aku tarik sedikit..tapi tetep aja dia jatuh ampe lantai,..jadi kayanya dia terguling 2x..duh..sampai sekarang kalo bayangin masih ngeri..padahal nggak ngeliat dia jatuhnya kaya apa.
I felt so careless...
setelah di cek, nggak ada benjol atau memar sih..
dia nggak muntah dan demam juga...
waktu itu nangis..tapi sih nggak kenceng amat..mungkin krn langsung aku gendong dan dekap kali yah
langsung aku susuin..habis itu ceria lagi.
yg aku mau tanya nih...apa sih tanda2 pendarahan dalam?
kalo aku baca2 kan salah satunya ubun2 menonjol..kalo farrel sih kagak..cuma ada tanda2 lain nggak?
thank's ya mommie..for the share..

6

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Mia Septiana, iya akhirnya dibawa ke dokter juga si joshnya tp katanya memang bukan karena jatoh nggrok2annya tapi karena alergi. nah loh makin pusing nyari alerginya kenapa soalnya bareng2 banget eventnya: pas udara lg dingin bgt kalo malem, pas dirumah juga suami mulai dagang mie (baca: banyak debu dari tepung), pas dia juga mulai ganti sufornya plus mulai mpsufor. PR nih buat nyari tahu alerginya dari yg mana.

7

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

eh...javan bed canopy lagi diskon tuh,kmren liat web nya disc 20% plus free ongkir.sik asikk....pengen belii :D
secara babyku udah jatuh 4 kali dari tempat tidur.
terakhir jatuh kepala dulu (kayak orang salto) alhasil malamnya panas tinggi,trus besoknya dibawa ke tukang pijat bayi jadi mendingan.hiks....
sedih banget deh ingatnya... :(

~ bebe sayang adek.. ~

8

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Moms, lagi deg-degan nih...

Tadi pagi Ilyasaku jatuh telentang dari posisi berdiri, kepala belakangnya terantuk lumayan keras ke lantai semen di teras rumah, sudah gitu ketindih temannya lagi. Langsung nangis kejer lumayan lama, padahal anakku termasuk anak yang jaraaaang banget nangis kalau jatuh. Kejadiannya berlangsung cepat sekali, pas aku meleng sebentar kejadian deh. Aku ga tahu persis awal2nya kenapa, tapi kuduga sih anakku mau meluk temannya, dan temannya ga mau, trus didorong dan mereka jatuh berdua. Kebiasaan anakku nih, kalau sama temen cewek suka meluk2.

Habis dia jatuh dan nangisnya reda, kuobservasi reflek matanya, dan alhamdulillah semuanya normal.
Siang kucek lagi suhu badannya, dan alhamdulillah masih normal, 36.7 degC

Tapi yang bikin deg-degan, tiba2 waktu jam 9 malam suhu badannya jadi 38.7 degC. Malam ini dia tidur cepat, jam 9an sudah minta tidur, biasanya jam 23.30 bo :)
Barusan jam 2 pagi bangun, minta minum dan alhamdulillah suhu badannya sudah 38.2 degC.
Rencananya besok mau ke dokter, mudah2an sih gapapa.

Sebenarnya dulu waktu umur 8 bulan juga pernah tidur dari tempat tidur dengan posisi telentang, dan malamnya badannya juga anget. Tapi paginya suhu badannya sudah normal lagi, jadi rencana ke dokternya aku batalkan. Hari ke dua setelah jatuh sudah ga ada demam sama sekali dan dia juga aktif seperti biasanya, jadi akhirnya aku ga jadi ke dokter.

Hmm, saking tegangnya sampai susah tidur nih *ibu2 paranoid*

9

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Wah, thread ini membantu sekali dan cukup melegakan hatiku, ternyata bayi jatuh itu hal yg agak lumrah (meskipun tetep harus dihindari sebisa mungkin).

Sabtu kemaren alya (9m) jatuh dari tempat tidur dgn posisi sujud, bikin panik orang serumah. Trus jidatnya memar merah biru, setelah dikasih thrombophop, memar hilang dan alhamdulillah badannya gak panas.

Kemarin langsung beli deh javan canopy, hari ini mo dicoba pasang, mudah2an berhasil menahan alya jatuh kayak pengalaman rosalia...:)

10

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

hiksss... zi (8m 3w) baru aja jatuh
udah gt, bkn aku yg pertama kali lht, ktnya posisinya sich udah tengkurap gt, nangisnya kenceng bgt, tp sbntr sich, abis itu udah ketawa2 lg, trus aku mimikin & skrg udah main2, tp ttp aja takut knp2. aku jadi ngerasa bersalah. cuma kita ga tau kok bisa jatuh, krn bantal2 yg ngalanginnya ttp di posisi semula, ga geser sama sekali. hmm....
mdh2an gpp ya :(

11

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

netta moga2 gpp ya..observasi aja dulu 3 hari kalo baik2 aja insya Allah aman :) nah masalah bantal yg ga geser, bisa aja emang anaknya manjat itu bantal hehehe sering banget kejadian ama aysha, ga sampe jatoh soalnya ketauannya udah posisi aysha tidur diatas bantal sebadan2nya hehe..jadi emang ga jamin sama sekali itu bantal jadi penghalang..semoga ga kejadian lagi ya :)

~Aysha's mom~

12

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

netta...bener kata Mia observasi aja 3 hari kedepan, kalo anak beraktifitas seperti biasa, Insya Allah nggak apa-apa. Anakku juga waktu umur 9 bulan jatuh dari kasur lumayan tinggi. Untungnya selalu sedia trombopop (dari pengalaman kakaknya yg sering jatuh). Sama juga nih, biasanya aku juga jagain pake bantal/guling. Tapi setelah kejadian itu nggak cuma bantal/guling yang aku taro di ujung-ujung kasur, tapi dibawah/dilantai disekeliling kasur aku taro juga tuh selimut, bantal, kasur bekas boks bayi. Yah..biar tenang aja kalo ninggalin anak tidur. Sama banget waktu kejadian bantal/guling itu juga nggak bergeser.

My World is My Family

13

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

mia & izoel
oo..gt ya, aku juga curiganya sich dia naik ke atas bantal2 itu, hmm... pinter aja dech bayi2 ini :)
kayaknya sich emng mesti taruh kasur tipis di bawahnya ya
ok dech aku bakal observasi 3 hari ini, mdh2an baik2 aja, kl memar alhamdulillah ga ada..

14

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

izoel, netta ah iya bner simpen kasur tipis di bawah, gue udah nerapin itu juga kalo lagi dirumah ortu soalnya tempat tidurnya lumayan tinggi..daaann gue nemuin aysha udah pindah bobonya ke bawah 2x..dalam malem yang sama! hehehe..tapi ya itu gue bilang pindah ya bukan jatoh soalnya aysha ga keganggu tidurnya sama sekali, ga kebayang kalo ga ada kasur lagi di bawah hehe :P

~Aysha's mom~

15

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

akhirnya saya bergabung di thread ini, sudah wanti2 sama mbak dirumah jgn sampe kenzie jatuh, awasi baik2, bla..bla..bla..
ternyata Tuhan berkata lain, kenzie jatuh dalam penjagaan saya, krn si BS pulkam, maka saya bercuti ria untuk jaga kenzie sekaligus relaktasi asi... kejadiannya pagi hari (gak biasanya kenzie blm bangun smp jam 7 pagi itu), spt biasa sy sibuk menyiapkan sarapan buat kenzie dan bpknya, spt gluduk (petir) tiba2 bunyi gedebug (bpknya tidur pulas disbelah anaknya pdhl) disusul tangisan histeris dari kenzie, owaaalaah ternyata kenzie lg mimpi jadi kodok dan lompat dari kasur... panik melanda, shock menimpa bpknya... kejadian tsb meninggalkan gundukan spt telur di dahi kenzie... huffttt, sabtu kelabu... saya langsung panggil tukang urut bayi langganan, dan bawa kenzie ke dokter untuk cek ricek... alhamdulillah kenzie baik2 saja dan tetap ceria...
akhirnya saya pindahkan kasur kebawah (lantai) yg dialasi karpet, kemudian sekelilingnya saya pasangi playmate... mudah2an kejadian tsb gak terulang lg... sedikit lega setelah baca2 thread ini dan cerita pengalaman dari teman2 kantor, "saya gak sendirian"...

thanks for share ya moms...

16

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

mamas, anakku baru kepleset kejeduk bufet, gusi nya berdarah (bagian celah antara 2 gigi atas tengah :(
what sould i do?? please heelp...
TIA

*shakashakesmyworld*

17

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

fifu..mom, aku dulu cuma kubersihin bekas darahnya pakai tisu/lap yang bersih. Habis itu sisa darahnya kubersihin pakai air. Selebihnya sembuh sendiri. Cepat kok keringnya kalau luka di gusi/bibir.

18

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

thank u indriani iya, akhirnya td mlm cuma aku kompres pake air dingin... terus mimik. terus tidur... nangisnya cuma sebentar si... tapi pertama kali ngeliat anak berdarah itu... lumayan jg ya...
td pagi sempet ada darah lagi pun sedikit... tapi trus lsg brenti sih... lagi2 cm aku kasi air dingin aja... mudah2an gapapa deh... thanks yah :)

*shakashakesmyworld*

19

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

mom mau tanya neh..kmrn anak ku jatuh dari kursi n benjol di jidatnya, trus ke apotik cari thrombopop ga ada, dia kasih bioplaceton..ktnya bisa untuk memar juga, aku dah olesin 2 x (kmrn mlm n pagi ini). mom ada yg pake bioplaceton juga buat memar?bnr ga seh moms? sharing ya..tks.

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

20

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

dinimaya wrote:
mom mau tanya neh..kmrn anak ku jatuh dari kursi n benjol di jidatnya, trus ke apotik cari thrombopop ga ada, dia kasih bioplaceton..ktnya bisa untuk memar juga, aku dah olesin 2 x (kmrn mlm n pagi ini). mom ada yg pake bioplaceton juga buat memar?bnr ga seh moms? sharing ya..tks.

Salam Kenal mommies semua..
Bioplacenton bukan untuk ngilangin bekas luka ya mom? Saya dulu pake untuk luka2 yang baru mengering setelah kecelakaan..

21

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

oh gitu ya..ya sudahlah mencari thrombopop saja..tks ya mom

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

22

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

Pas 5,5 bulan, anakku jatoh dr ranjangku yg kira2 tingginya 1/2 meter :( selama ini, anakku co-sleeping krn masih asix. Aku dan suami ga tau gimana kejadiannya dan uda berapa lama dia di lantai. Tau2 malem2 dia "manggil" (semacem rengekan kalo mau minta nenen), dan aku kaget banget pas nengok ke sebelah ga ada anaknya. Pas diliat, dia lagi tengkurep di lantai!! Ga abis pikir gimana proses jatohnya, mungkin jatoh diatas bantal yg uda gelundung duluan krn ditendang dia. Gemeter abid p gendong dia..ketakutan kenapa2. Nyesellll abis..sejak itu dia kalo tidur kayak dibentengin. Hehehe

23

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

hi vanilla..sama fadhil juga pertama kali jatuh dr box nya, mgkn 80 cm ada kali ya..umur 6 bln..pas jatuh ke lantai pula..gara2nya ditinggal ke toilet oleh emaknya..maklum karena di rumah lg sendiri jd deh Fadhil disimpen di box..nah bodohnya aku..naro bed covernya di pinggiran box..trus Fadhil tarik n voila glundung deh ke lantai..aku yg lagi di toilet kaget n teriak..emang ya jatuhnya cepet bgt..smp ga bisa nyelametin si bayi..yee fadhil jd nangis,tp pas digendong langsung berhenti nangisnya n ketawa2..duh ampun..deh..trus yg pertama dilakukan pijat..tp pas aku baca seh ga boleh ya..3 hr kemudian br ke dokter rehabilitasi medik,buat mastiin aja..alhamdulilah ga knp2, tidak benjol, tidak ada yg patah ato apalah..syukurlah..dokter pesen kalo jatuh lg yg harus diwaspadai adalah panas. rewel, muntah, ga mau mkn (perilaku yg ga biasa dr sehari2nya). sekarang seh tingkat ketinggian box nya diturunin n kasur tidur, dipannya dicopot..tp masih aja suka glundung dr t4 tdr, terutama kalo dia nunggu aku lg sholat..sabar..sabar gitulah bayi yg aktif..

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

24

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

moms..mo nyambung cerita ttg jatuhnya anakku yang berlanjut dengan demam cukup tinggi di malam harinya. aku cerita di post no 58.

Jadi krn demam setelah jatuh, pagi harinya biarpun demam sudah turun (suhunya sdh 37 deg C), kubawa juga Ilyasa ke dokter untuk memastikan bahwa jatuhnya dia tidak mengakibatkan cedera serius.

Sama dokter dipesenin kalau demam masih berlanjut sd 3 hari harus dibawa ke dokter lagi. Dan kalau ada muntah, diikuti dengan kemunduran seperti jadi lemes, ga mau main, makan, atau tidak sadar harus langsung dibawa visit dokter lagi hari itu juga. Dokter tidak menganjurkan obat apapun selain obat turun panas. Obat anti muntah tidak diberikan krn bisa mengurangi gejala.

Alhamdulillah habis demam di hari pertama itu anakku sdh aktif lagi seperti biasa.

25

Topic: Pertolongan pada Bayi Jatuh

huhuhuhu.... setelah jatuh pertama posisi telentang 2,5 bulan yg lalu (post 53) kemarin sore josh jatuh lagi dari kasur yang mayan tinggi (sekitar 80-90cm) dengan posisi ala superman (tengkurap, satu tangan ke depan). ceritanya papanya lagi gantiin popok josh abis pup, pas uda selesai & nunduk ke samping buat naroh popok kotornya di lantai tiba2 dia uda jatuh aja disamping papanya. kayanya dia langsung berguling & mau ngambil/meraih barang di nakas samping tempat tidur makanya posisinya ala superman gitu. duh kok ya cepet amat ya baby tu geraknya.. paling juga cuma sedetik nunduk kok uda jatoh lagi.. untungnya di tempat dia jatuh itu ada lembaran2 kapas gulungan gede, yg uda ga padat lg krn uda ga ada kertas pembungkusnya. jd sepertinya sih kepalanya ga langsung kena ke lantai..
Pas kejadian aku masih ngantor & pas ditelp dikasih tau langsung ijin pulang. aku cek badan & kepalanya sih gpp ga ada memar ga ada benjol. dipencet2 badan & kepalanya juga keliatannya ga ada yg sakit (well ga bisa dijadiin indikasi juga sih soalnya anaknya mayan tahan sakit, kalau disuntik aja ga pernah nangis). yg penting ga muntah, ga demam, masih super duper aktif. cenderung hiperaktif malah kalau menurut aku sih. abisnya setelah jatuh itu sore & malemnya dia teriak2 kadang kaya orang marah2 gitu. pas abis mandi sore teriak2 sambil mukulin & jambak2 papanya.. *apa kesel krn jatuh dlm penjagaan papanya gitu ya? jadi balas dendam :p* trus dari jam setengah 9 malem ditidurin ga mau malah main sambil teriak2 sampai hampir jam setengah 12 & akhirnya nangis krn cape & ngantuk. baru deh mau tidur.
Ada yg ngalamin anaknya hiperaktif atau teriak2 juga ga setelah jatuh? ga apa2 kali ya moms..?