1

Topic: Asuransi Jiwa

yg penting untuk ambil asji itu kepala keluarga alias suami :D
kalo istri ma asuransi kesehatan aja

2

Topic: Asuransi Jiwa

Hi mamas,

Mau sharing dikit soal asuransi nih. Kemarin ditawarin ama asuransi pru****** u suami yg katanya bukan unit link walaupun setelah aku liat proposalnya ternyata unit link. Usia suamiku 36 thn+merokok dgn UP 3M, dan rawat inap 1jt/ hari+biaya pembedahan max 10jt, preminya 60jt/thn. Mau pingsan liat preminya

Trus aku nanya2 ke manu**** term life dgn UP 3M+rawat inap 1jt/hari+biaya pembedahan 40jt preminya hanya 22jt/thn

Trus sun**** termlife dgn UP 3M preminya hanya 16,5jt. Untuk termlife, sun**** plg murah preminya
Memang sih pru***** bilangnya kita hanya perlu bayar slama 10thn tp dgn syarat nilai tunai(investasi) kita tdk minus, seandainya minus maka kita harus kembali membayar premi agar asuransi kita tetap aktif.

Akhirnya aku dan suami ambil sun****+manu**** msg2 dgn UP 1M, yg pertama krn suami malas check kesehatan dan kita merasa lbh aman jika mempunyai asuransi di 2 tempat yg berbeda (critanya dont put ur eggs in one basket) trus selisih preminya dgn pru***** bisa diinvestasikan di t4 lain. Skr sih masih nyari2 jg info siapatau ada asji yg lbh bagus. Ini salah satu kelebihan termlife menurutku, kita bisa pindah kapan aja kl unit link rugi besar jika ditutup sebelum 5thn

3

Topic: Asuransi Jiwa

@ulil: kl dari yg aku pelajari sewaktu ikut workshop pak aidil akbar, yg penting punya Asji tuh org yg punya penghasilan+tanggungan. Jadi menurutku, suamimu wajib punya Asji krn udah punya tanggungan yaitu kamu apalg sbg irt, kl seandainya terjadi sesuatu yg tdk diinginkan sama suami blm tentu kamu bisa lgs bekerja kembali jd Asji itu gunanya membantu sampai kamu minimal bisa bekerja kembali

4

Topic: Asuransi Jiwa

ulil benar kata miss_lia & sefty kalau yang kerja masih suami, dan belom ada anak, asji bisa dibikin untuk suami aja. tapi mesti di review lagi tiap tahunnya, ketika ada perubahan, misalnya udah ada anak atau kamu sudah kerja, dll, mungkin pertanggungannya mesti ditambah. kalau kamu juga akhirnya bekerja dan membantu untuk pemasukan keluarga, berarti kamu pun mesti dibikinkan asjinya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Asuransi Jiwa

Makasih mbak semua masukannya. I will try :)) mmm tapi mau nanya lagi kalo asji sama dana darurat buat aku skrg penting mana? *maap nanya terus* :D

Learn...Learn..and Learn about everything

6

Topic: Asuransi Jiwa

@Ulil,
Kalo aku mendahulukan asuransi jiwa dulu, karena asji itu kan "melindungi" penghasilan sehingga apabila terjadi apa-apa dengan suami (knock on wood) bakal ada uang pertanggungan yang akan membantu kita melanjutkan hidup.
Untuk dana darurat sendiri aku memulai dengan nominal yang kecil kok, tapi konsisten dilakukan setiap bulannya dan ditambahin klo kebetulan lagi dapet bonus dari kantor sampai sebesar nilai yang kita anggap cukup.
Jadi sebenarnya keduanya bisa dijalankan kok...

7

Topic: Asuransi Jiwa

all,
lagi jungkir balik juga nih mikirin asji murni buat suami..
tapi kata adek iparku, mending cari yang asji murni, big no no yang unit link. tapi sejauh ini, gak nemu deh yang asji murni yang mana..
ada yang udah pakai? dan preminya berapa ya?
tia

delenaholic

8

Topic: Asuransi Jiwa

Hi mamas,

Bulan depan Insya Allah saya akan kembali bekerja setelah 1.5 thn jadi SAHM ketika hamil & mengurus anak saya yang kedua.

Tahun ini saya sudah menutup Pru+Unlinknya saya setelah kepending bertahun2 niat nutupnya (saya customer sejak 2007). Suami masih pake Pru (life)+Unlink karena dia males ribet nutup2nya :p

Pertanyaan saya:

[list=*]

  • Di kantor nanti saya akan dicover health insurance. Anak2 saya juga nanti akan dicover health insurance kantor, walau ada limitnya dan ga segede saya. (mereka sendiri saat ini udah punya health insurance masing2 sih, yg pertama Pru yang kedua Manu - pgnnya dua2nya Manu, tapi hubby belum sempet aja ganti Pru anak pertama ke Manu *tepokjidat*). [/*]
  • Apa saya masih perlu ambil health insurance di luar coverage kantor? Kalo Life, saya rasa tidak perlu, karena income suami (dia entrepreneur) yang dipake porsi terbanyak untuk pengeluaran RT, paling nanti uang gaji saya akan dipake buat ikutan gantian bayarin SPP sekolah, les dan keperluan anak2 - tapi tanpa saya bantu juga sebenernya gpp (jd mendingan saya pake buat diri sendiri ya? *ditendyang*). [/*]


    Minta info apa saya masih perlu pake Askes (dan mana yang bagus Askes Matahari Hidup dan ManuHidup?), ato mendingan inves di Reksadana aja ya? Thanks in advance ya mamas:)

  • 9

    Topic: Asuransi Jiwa

    daydreamer,

    Menurut saya yang perlu dicari tahu terlebih dulu secara detail untuk dijadikan bahan pertimbangan:

    - berapa besar coverage yang diterima dari kantor untuk anak-anak (misalnya: seandainya sampai harus rawat inap, berapa penggantian harga kamar per malam yang dicover oleh asuransi kantor)

    - apa-apa saja yang di-cover, apa ada perkecualian kondisi-kondisi tertentu?

    - apa ada persyaratan tertentu untuk coverage-nya? (misalnya: untuk penyakit tertentu baru di-cover kalau sudah > 1 th. terdaftar di asuransi tersebut)

    - Lalu, semisal anak-anak sampai harus dirawat inap (mudah2an jangan sampai terjadi), kira-kira RS mana yang akan mom tuju? Ingin ambil kelas berapa? Berapa harga kamar dari kelas yang ingin diambil tersebut per malamnya? Apa harga tersebut masuk dalam range coverage asuransi kantor?

    Nah, kalau itu semua sudah tahu, baru bisa menentukan apakah memang butuh ambil health insurance di luar kantor, atau tidak. Kalaupun akhirnya memutuskan ambil insurance lagi di luar kantor, menurut saya lebih baik ambil yg sesuai kebutuhan, kalau butuhnya untuk kesehatan, sebaiknya ambil yang murni asuransi kesehatan, jadi lebih baik jangan dicampur-adukkan dengan investasi.

    Mudah2an bisa bantu sedikit yah, mom :)

    10

    Topic: Asuransi Jiwa

    Ulil
    kl aku saraninnya punya dana darurat dl min 1bln baru buat asji+askes trus sambil perlahan ditambah dadarnya sesuai dgn kebutuhan kita

    drevasusantidh
    Asji murni contohnya seperti termlife atau wholelife tanpa embel2 investasi. Kl mau tau soal premi bs lgs nanya keagennya krn beda2 berdasarkan usia dan merokok/tidak

    11

    Topic: Asuransi Jiwa

    untuk whole life itu ada investasinya, jadi wholelife bukan asuransi murni juga

    12

    Topic: Asuransi Jiwa

    Mamas,
    kalo ada yang punya informasi Asuransi jiwa untuk yang mau ambil kredit, please share yaa.. Butuh informasi mulai dari besarnya premi, UP dan macem2nya.. bisa pake yang termlife gitu gak ya? TIA :)

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    13

    Topic: Asuransi Jiwa

    Mommas, mungkin sudah ada yg posting sebelumnya. maaf yah kalo ditanyakan lagi.. masih hunting asji yg sesuai denganku. umur 26th (tulang punggung / pemegang aset suami. hihi). dan kebalikan yg lainnya, aku malah berpikir untuk kasih misua askes. baru dapat info (boleh ga sih kasih detail angka?):
    - alli*nz (yang unitlink) uptnya kecil, 200juta dgn premi 300rb.
    - ditawarin unitlinknya Commonwea**h, cukup menarik. premi 12juta/tahun (wow) dibayar selama 10 tahun, proteksi hingga umur 99th. upt 2M (WOW).
    - manuhidup, asji murninya berpremi 3jt sekian per tahun dibayarkan selama 20th,proteksi 20th juga. setelah 20th naik jadi 12jt sekian/th dan tidak ada kenaikan UPT. UPT min 1.75M.

    yg manuhidup dan CW kayaknya menarik yaaah? aku sebenernya sudah mencoret ax* (terutama yg ditawarkan bank biru) dan asji yg logonya pakai ikat kepala itu. karena selalu dikejar2 agen2 nyebelin, dan ditelfon2 pihak bank biru berkali2 sampai percakapan terakhir aku putuskan di tengah jalan karena masnya ngotot. Dan...preminya si ikat kepala mahal, UPT ala kadarnya.
    kalo mau invest, entah kenapa aku lebih milih properti, LM or reksadana (hasil gaoel di TUM :D ) daripada unitlink. kecuali beneran ada UL yg bisa kasih UPT kaya CW...hehehe.

    so mommas, kalo ada pengalaman dengan merk-merk di atas bagi-bagi inpoh dooong... targetku sih UPT min 1.5M dengan max premi 6jt/tahun. tapi ya kalo bisa dibayarnya cuma berapa tahun, perlindungan sampai usia tuaaaa banget (min 99th). Or, kalo ada yg mau share asji yg sesuai keinginanku... boleh koq dibisikin ke PM :)

    Mamod, kalo ga boleh kasi detail angka premi dihapus aja gapapa...

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    14

    Topic: Asuransi Jiwa

    oiya mommas, maaf ada pertanyaan bodoh nih.. hihi. Termlife itu gimana ya? penjelasan kelas terinya gitu maksudnya, coz cari2 di google malah makin ga dong sama maksudnya. hehe.

    miss_lia wrote:
    Hi mamas,
    Trus aku nanya2 ke manu**** term life dgn UP 3M+rawat inap 1jt/hari+biaya pembedahan 40jt preminya hanya 22jt/thn

    Trus sun**** termlife dgn UP 3M preminya hanya 16,5jt. Untuk termlife, sun**** plg murah preminya


    mom, itu 22juta dan 16.5juta/th untuk 1 orang sajakah? atau bisa untuk sekeluarga ya? kemarin aku tanya ke manu, yg pure asji koq ga bisa kasih rider askes. hiks

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    15

    Topic: Asuransi Jiwa

    indriBracov
    jawab yang termlife dulu yah. sederhananya, asji termlife itu, kita bayar premi x tahun, maka proteksinya x tahun juga. misal, bayar premi 5tahun, maka, kita mendapat perlindungan selama 5 tahun juga.

    sedangkan asji wholelife, kita bayar premi selama jangka waktu tertentu, namun mendapat perlindungan sampai usia maksimal 99th.

    cukup jelas yah bedanya.

    sekarang untuk kebutuhan. indri maunya punya asji yang melindungi sampai tua, tapi hanya ingin bayar sekian tahun aja. itu artinya mau belinya asji whole life yah.

    terus pengen mengcover sekaligus kesehatan suami. nah ini perlu diperjelas. kesehatan itu penyakit kritis aja, kecelakaan, atau kesehatan secara keseluruhan termasuk rawat inap karena penyakit apapun. karena ada rider untuk kecelakaan, penyakit kritis, atau rawat inap. uang pertanggungan masing-masing rider pun beda-beda. tergantung indri butuh berapa. tapi yang pasti, indri maunya asji + rider.

    kalau uda ketemu pengennya gimana, baru ceki preminya. dibanding2kan antara produk2 yang indri temukan. mana yang preminya paling murah tapi bisa mengcover kebutuhan2 indri.

    buat perbandingan. saya beli asji untuk suami saya. tidak merokok. usia 32tahun. termlife 20th. up 1M. rider kecelakaan hingga 500jt dan penyakit kritis hingga 500jt. plus waiver (fungsinya kl suami saya tidak bisa melanjutkan membayar premi karena alasan kesehatan, pembayaran selanjutnya digantikan oleh pihak asuransi). preminya kisaran berkembang dari 5jt-10jt per tahun.

    kenapa pilih termlife 20th, alasannya sederhana. harapannya, 20th ke depan, aset kami sudah cukup banyak dan ga punya utang :D
    jadi, kalau2 ada apa2 dengan suami, secara finansial, aset kami sudah cukup. tapi tentunya akan ada evaluasi berkelanjutan di tahun-tahun ke depan.

    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog

    16

    Topic: Asuransi Jiwa

    aku cintak padamu mrs doyi...
    sudah kau rumuskan pertanyaanku kalo ketemu agen asuransi musti tanya apa aja. katanya sih kalo sama agen kita harus super aktif mencecar 1000 pertanyaan dan menuntut pengetahuan yg baik dari si agen ituh. cuman aku sering ga tau yg mau ta tanyain apa... masih buta sekali soal pengelolaan keuangan dan proteksi.
    pernah sih baca (kalo ga salah artikel di TUM) lebih baik ambil yang termlife, karena diperkirakan usia kita juga ga bakalan nyampe 99. adakah masukan lain kenapa termlife daripada wholelife selain harapan usia 20tahun mendatang aset sudah cukup?

    Thank you... :)

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    17

    Topic: Asuransi Jiwa

    indribracov,

    kalau saya pribadi, alasan lain kenapa milih termlife selain berasumsi harapan aset sudah cukup, juga karena setelah 20th mendatang, lagi-lagi harapannya, anak-anak sudah cukup dewasa dan mandiri (usia anak sudah akan di atas 17th). jadi kalaupun ada apa-apa, secara finansial, saya dan anak-anak sudah bisa moving on. ngga tergantung dari suami. alasan personal sekali sih ya... :D

    lagipula, kasarnya gini, kalau ternyata suami saya umurnya panjang. katakanlah baru meninggal di usia 90th. saya jg sudah tua. anak-anak (asumsinya) sudah berkeluarga & punya penghasilan sendiri. ketika suami saya meninggal dan uang pertanggungan asji cair, what it really for. fungsi uang pertanggungan yang cair tidak akan terlalu penting lagi, karena toh kewajiban suami saya sebagai pencari nafkah utama sudah lunas sejak berpuluh-puluh tahun sebelumnya.

    oia, yang pasti di atas kertas, asji termlife lebih murah :D

    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog

    18

    Topic: Asuransi Jiwa

    mams mau nny, seandainya memang ingin memilih unitlink, bisa kasih saran perusahaan asuuransi mana yg lbh baik dipilih, mgkn slain pru

    19

    Topic: Asuransi Jiwa

    tengkyu again yah mrs doyiiii... ga capek2 ngejelasin. pertimbanganku akan jadi pertimbanganku juga deh. daku semakin galau...

    wide.. aku post di atas yg unitlink. siapa tau malah situ cocok.

    IndriBracov wrote:

    - ditawarin unitlinknya Commonwea**h, cukup menarik. premi 12juta/tahun (wow) dibayar selama 10 tahun, proteksi hingga umur 99th. upt 2M (WOW).


    tapi ya mahal yaaah...hehehe :/

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    20

    Topic: Asuransi Jiwa

    Hai-hai yg dpt tawaran asurasi jiwa termlife siapa ya? Dapat sunli** dan all****, murah sunli** byr preminya dgn kondisi yg sama...

    21

    Topic: Asuransi Jiwa

    oh, iya. aku juga pernah nanya ke Allianz yang unitlink. untuk aku yg umur 26 tidak merokok dgn premi 300ribu + biaya materai 9ribu / bulan, UPTnya 200juta.
    Aku forward ringkasan manfaat ilustrasi di sini gapapakah mamod?
    - Bila Tertanggung hidup sampai usia 100 tahun, Manfaat yang dibayarkan adalah sebesar Nilai
    Investasi.
    - Bila Tertanggung meninggal dunia sebelum mencapai usia 100 tahun, Manfaat yang di
    bayarkan adalah Nilai Investasi + 100% UP.
    - Manfaat akan dibayarkan bila Tertanggung meninggal atau cacat karena kecelakaan (Accident death & disabilty) sebelum mencapai usia 65 tahun. >> upt 150jt
    - TPD: Manfaat akan dibayarkan bila Tertanggung menderita cacat tetap total karena sakit atau
    kecelakaan sebelum mencapai usia 65 tahun.
    CI + , UPT 150jt
    - Manfaat akan dibayarkan bila Tertanggung pertama kali terdiagnosa menderita 1 dari 49
    penyakit kritis sebelum mencapai usia 70 tahun.
    - PAYOR B.BASIC Pembebasan Premi Berkala jika Pemegang Polis terdiagnosa CI+ atau TPD dan Allianz
    membayarkan sebesar Premi Berkala tsb s/d usia Pemegang Polis mencapai 65 tahun.

    proyeksi investasinya kisaran 5-18%/tahun

    HTH yah

    aku sendiri masih penasaran sama Simas dan Avrist (kata temenku yg kerja di broker asuransi Avrist bagus, sama kantornya mereka diasuransikan ke sini)

    Kalo ada yg punya pengalaman dengan simas ato Avrist mom? :p

    a wife of a crazy, amusing, charming comedian
    a mother of a cute, magnetising princess :cool:

    22

    Topic: Asuransi Jiwa

    nadya.reza
    asji term sunl**e emang paling murah, nad. asji aja yah. ga pake rider apa2. kl memang cuma butuh asji tok, pake sun aja. tapi kl pake rider2an, sun termasuk mahal.

    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog

    23

    Topic: Asuransi Jiwa

    Mgkn cmn tmbh rider cacat total aja... Diatas sun harganya beda dikit apa ya?

    24

    Topic: Asuransi Jiwa

    IndriBracovthanks mom spertinya sy slh masuk kamar, mksd saya asuransi kesehatan yg unitlink, soalnya kmaren sekalian baca2 thread askes

    25

    Topic: Asuransi Jiwa

    biubu mau minta pendapat donk..
    kira-kira aq butuh asji ga ya? aq kerja, penghasilanku aq pake buat belanja bulanan (tapi aq juga dapet uang belanja dari suamiku) jd aq nambahin dana belanja itu, kalo kurang. terus buat beli kebutuhan aq pribadi,baju/ printilan anaku, dan printilan suamiku. sisahnya ditanggung suamiku semua..

    nah, suamiku blm sukses aq racun untuk asji, karena dy memang kurang tertarik dengan produk asuransi,, cuma rada galau aja, karena merasa tidak terproteksi...

    mohon pencerahannya