1

Topic: Asuransi Jiwa

otty : pinter bgt seh mamanya Nara..i see now..tks ya
Meara ; tks ya atas penjelasannya..skg punya istilah baru neh BTID he3.
all mamas in TUM are smart..

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

2

Topic: Asuransi Jiwa

oiya, kmaren dapet ilmu lg mamas, bahwa selain mempertimbangkan nominal premi dan uang pertanggungan yg diperoleh, perlu banget mempertimbangkan kemampuan perusahaan asuransi membayarkan klaim.

istilahnya gini, misal ada 100 orang klien perusahaan tsb meninggal dunia di waktu bersamaan masing2 ternyata UP nya 1 M, seberapa besar kekuatan keuangan perusahaan tersebut membayarkan klaim ke seluruh klien. Itu penting banget kan, soalnya jgn sampe jg klaim nya gagal bayar

setahuku ada ratingnya gitu, cm aq lupa namanya hihihi. tar klo udh nemu aq update :)

update: namanya RBC (risk based capital). tinggal cari aja yg RBC nya semakin besar semakin baik

3

Topic: Asuransi Jiwa

hime
TFS ya :)

Mungkin ada mamas lain yg mau menambahkan info RBC masing2 provider asuransi? hehehe

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

4

Topic: Asuransi Jiwa

ah, baru kepikiran soal RBC abis baca post hime. tfs ya.. :)

*langsung googling*

ada yg bisa jelasin cara baca angka RBC gimana ngga? misalnya perusahaan A punya RBC 250%. maksudnya 250% thd apa ya? terus taunya angka ini bagus dan cukup ato ngga drmn?

5

Topic: Asuransi Jiwa

jadi RBC ini ada batas minimalnya dari pemerintah itu 120%, tujuannya adl misal semua klien perusahaan asuransi tsb membatalkan polisnya secara bersamaan (bareng2 semua gitu istilahnya) perusahaan asuransi mampu bayar semua kewajibannya.

kalau semakin besar RBC nya berarti perusahaannya makin kuat, tapi katanya terlalu gede buangettt misal 500% gitu jg ga bagus sih.

CMIIW ya mamas

6

Topic: Asuransi Jiwa

wah kenapa pada ngebahas RBC disini? ini kerjaan gue ngitungin RBC insurance companies di singapore kemaren.. sekarang udah gak sih.

RBC ini perhitungan dari capital risk atas investasi mereka. jadi diitung dari portfolio. misalnya mereka punya dana untuk life insurance. nah dana ini kan sama mereka di investasikan lagi ke berbagai macam instruments, dari equities, bonds, derivatives, etc. nah untuk mendapatkan angka RBC itu diliat dari masing2 investasi ini. misalnya kalo equities, dia punya risk lebih tinggi, jadi client mesti punya capital tertentu untuk mengcover investasinya itu. lalu kalo dia invest ke bond, itu diliat, bondnya itu milik govt atau corporate, rating nya berapa, term to maturity nya berapa lama, lalu diitung capital risk nya berapa. nanti setelah semuanya diitung, dapet deh angka RBC nya.

dan formula untuk ngitung rbc ini beda2.. jadi tergantung dari ketetapan pemerintah batas minimal capital risk yang diminta berapa.

justru gue malah ga pernah denger dengan reference % itu. misalnya RBC-nya itu 120%, itu 120% dari apa? from assets? kok gede banget ya? karena itung2an ini tergantung dari batas well-capitalized percentage yang ditentuin ama pemerintah.

tapi yang hime bilang itu bener. ini untuk ngitung capital mereka against their risk of investments, jadi kalau sampe ada apa2 dengan investments mereka, mereka punya capital untuk bayar polis.

tapi imo, ini lebih untuk melihat sehat atau tidaknya perusahaan, dari mata bank & regulators. don't think it's a necessary measurement dari mata consumers sih.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Asuransi Jiwa

wah seru seru topik disini , kalau gak salah saya pernah baca RBC ketentuan pemerintah minimal 120% . jd semua perusahaan asuransi harus punya kemampuan membayar klaim sebesar 120% dr total klaim seluruh nasabah . namun bila RBC terlalu besar mis sampe 400-500% itu juga tidak bagus , menandakan perusahaan tsb tidak bisa memanfaatkan dana yg ada , investor tidak suka dgn perusahaan asuransi yg RBC nya terlalu gede krn dianggap tidak kompeten menginvestasikan dana perusahaan .

8

Topic: Asuransi Jiwa

oh gituuu, i see.. tenkyu slesta & juliyana.
abisan kan memang ada aturan dr pemerintah yg 120% itu, kalaupun konsumen lihat dari situ berarti bisa juga kan ya :)

9

Topic: Asuransi Jiwa

aQeeLa wrote:
Lapor!

Akhirnya kemaren ambil Asji-nya Sunlife
UP 1M
term 20th
wanita 26th non-smoker
premi 1,85jt setahun

Sekian, terima kasih :)
Oh ya, agenku ini baik banget, dan dia juga melayani sampai Jakarta-Semarang, siapa tau ada yg minat *bukan promosi loh*



new comer nih :) lagi nyari2 asji jg buat suami beruntung banget ketemu thread ini.mama aqeela boleh minta email/nomor agennya ga?salam kenal jg buat semua urban mama&papa.makasih

10

Topic: Asuransi Jiwa

Gue rasa si agen itu harusnya ngasih diskon premi buat aqeela, soalnya jadi banyak yang tertarik hihihi...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

11

Topic: Asuransi Jiwa

Aku juga waktu itu sempet ngehubungi agennya aQeela, hehe. Trus aku juga dapet agen Sunlife yg base Jakarta dari temenku, tawarannya lebih murah agennya aQeela itu lho :D Tapi sayang gak jadi dengan berbagai pertimbangan. Akhirnya aku ambil si proactive plus untuk pria 29th, UP 1.1 M, tambah waiver of premium, & jangka waktu 20 th dengan premi 3,5jta/th.

*berakhir-sudah-pencarian-asji*

12

Topic: Asuransi Jiwa

boleh di share pertimbangannya apa knp akhirnya memilih AsJi dr Manulife mb Lislis_Suharmadi?

TIA ya

13

Topic: Asuransi Jiwa

BTW katanya AIA murah juga lho, ngebandingin sama temen (secara kasar, karena umurnya beda dikit) masih lebih murah daripada Sunlife (gue pake Sunlife).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

14

Topic: Asuransi Jiwa

pertanyaan yg sama ama hime pada Lislis_Suharmadi , pertimbangannya apa ketika memilih manulife?

otty eh beneran tuh aia lebih murah? selama ini klo nemu agen aia selalu nawarin yg UL, jd ilfil duluan :(

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

15

Topic: Asuransi Jiwa

cinta Iya gue bandingin sama2 term life sih lebih murah.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

16

Topic: Asuransi Jiwa

otty iya niy aqeela perlu dapet diskon tuh dari agennya dia :lol: btw kalo otty sendiri gimana pengalaman pake sunlife?trus AIA yang murah nama produkny apa?coz selama ini taunya ya UL
Lislis_suharmadi ditunggu penjelasannya ya knp akhirnya milih manulife,apa karna ga ada premium off waiver??

17

Topic: Asuransi Jiwa

mommyrere Wah pengalamannya gimana ya, soalnya kan emang baru bayar premi 1x jadi baik2 aja... Namanya juga buka polis, semua agen mah pasti baik hihi...

Yang AIA ga tau apa produknya soalnya gue ga pake itu.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Asuransi Jiwa

Oalah, daku disebut-sebut ternyata.. maaf reply lama.
Sebetulnya AIA preminya lebih murah dibanding Manulife/Sunlife. Detailnya :
Pria 29 th, Jangka waktu 20 th.
Manulife : UP 1.1M, premi dasar 3.052.000, WP 468.000 = 3.520.000
AIA : UP 1M, premi dasar 3.140.000, WP 31.714 = 3.171.714
Sunlife : UP 1M, premi dasar 3.390.000, WP 135.600 = 3.525.600

(Ketauan kalo si Manu mahal di WP)

Manulife kenapa UPnya 1.1 M karena terganjal dengan minimum premi dasar 3jt. Jadi kalo tetep UP di 1M, preminya <3jta.

Sebetulnya udah mau milih AIA, tapi si proposalnya datengnya telat dan suamiku sudah proses medcheck tuk Manulife. Ternyata medchecknya lolos dan suamiku ribet kalo harus medcheck lagi buat AIA karena dah harus ditugasin ke lapangan, ya sudah ambil Manulife akhirnya. Pertimbangan lain, kata temen2ku reputasi Manulife untuk asuransi jiwa katanya bagus *malessurveysendiri*

Note: manulife kalo UPnya <= 1M gak perlu medcheck, lebih dari itu harus medchek tipe C (lengkap pake EKG segala). AIA UP <1M pun tetep harus medcheck, tipenya disesuaikan dengan umur dan nilai UP itu sendiri.

mommyrere, Produk si AIA namanya executive term

Sempet tanya2 juga dan dapet proposal AXA Mandiri, tapi si agentnya gak well known tt produknya, jadi males buat tanya2 lagi. Waktu itu dapet proposal dgn jangka waktu 10 th, preminya sekitar 2,8jutaan. Mikir kalo 20 th pasti jauh lebih mahal drpada AIA/Manu *sotoy*

Oia mamas, menurutku kalo mau ambil dengan jangka taun pendek-pendek <5 th better ambil selain Manulife, kecuali Manulifenya yg Proactive tapi preminya naek per tahun. Si Sunlife atau AIA kan gak ada premi minimumnya jadi cocok banget kalo mau ambil dengan jangka waktu pendek.

cmiiw yaaaaa

19

Topic: Asuransi Jiwa

akhirnya terjawab sudah ama Lislis_Suharmadi jadi ada pencerahan :)

otty klo proses pengajuan sunlife ribet gak sih? kira2 brp lama prosesnya? aku ngajuin di cigna kok udah sebulan lebih belum ada konfirmasi, tiap kali aku telp katanya masih proses underwriting *sebel sendiri jadinya, kyk gini nih ya klo program dari telemarketing ya?!*

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

20

Topic: Asuransi Jiwa

cinta Sama sekali ga ribet, gue cuma butuh waktu total 2 minggu kayaknya dari mulai minta ilustrasi sampe dapet kabar kalo disetujui (setelah med check).

Kalo ga salah prosesnya cuma:
- gue menghubungi si agen, trus dihubungi balik pas proses diskusi maunya asji yang gimana
- gue dapet ilustrasi via email
- menentukan ilustrasi mana yang gue setujui, konfirmasi ke agen
- janjian buat med check up, dikirimin surat pengantar
- hasil med check dikirim langsung ke kantor asuransi
- dapet konfirmasi pengajuan polisnya disetujui, melakukan pembayaran premi pertama
- dapet kiriman polis dan tanda terima premi pertama

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Asuransi Jiwa

otty oh gitu jd baru pertama..
Lislis_suharmadi jadi karna itu alasannya
share ya kemaren pencairan asji akhirnya berakhir juga :D dapet sunlife dengan pria usia 28 tahun tidak merokok UP 1M untuk 10 tahun udah dapet premium of waiver kena 2.5 juta pertahun dan kemaren pas di underwriting ternyata dibebaskan untuk ga medchek krn katanya usia masih muda(suenengnya :) ) aku juga udah tanya-tanya kalo mau diperpanjang nanti ada kemungkinan ditolak oleh pihak underwriting ga?katanya ga,paling premi aja yang naik gitu...

22

Topic: Asuransi Jiwa

mommyrere Masa bisa dibebaskan dari med check dengan alasan gitu? Soalnya setauku itu tergantung UP yang kita minta, di atas berapa gitu harus med check ga perduli usianya. Tapi itu kata agenku sih, ga tau juga kalo ternyata beda2 :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

23

Topic: Asuransi Jiwa

Otty iya kata agent ku awalnya dia bilang gitu juga,karena UP yang diminta besar jadi harus medcheck tapi kemarin pas di proses sama pihak underwriting aku dikabarin sama agentku itu katanya dibebaskan medcheck salah satu alasannya karna usia masih muda.mungkin pas lg ada promo juga kali ya..ga tau juga sih...

24

Topic: Asuransi Jiwa

mommyrere wrote:
otty oh gitu jd baru pertama..
Lislis_suharmadi jadi karna itu alasannya
share ya kemaren pencairan asji akhirnya berakhir juga :D dapet sunlife dengan pria usia 28 tahun tidak merokok UP 1M untuk 10 tahun udah dapet premium of waiver kena 2.5 juta pertahun dan kemaren pas di underwriting ternyata dibebaskan untuk ga medchek krn katanya usia masih muda(suenengnya :) ) aku juga udah tanya-tanya kalo mau diperpanjang nanti ada kemungkinan ditolak oleh pihak underwriting ga?katanya ga,paling premi aja yang naik gitu...



mommyrere mau dong no kontak agennya..tampaknya oke berat nih..
thx

25

Topic: Asuransi Jiwa

mama2 yg cantik..klo setau ku RBC suatu perusahaan asuransi tingkat persen nya itu dari resiko..... klo yang ditetapin BI kan 120% dari resiko, jd wajib bagi setiap perusahaan insurance menyetor tiap tahun nya.....hihi slm kenal smua...