1

Topic: Morning Sickness

hi,
ada yang pernah ngalamin morning sickness?

share dong pengalamannya ;) bagaimana mengatasinya...

thanks.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Morning Sickness

All day sickness malah...mual-muntah-makan..bgitu aja siklusnya hehe.. Kalo lagi parah banget ga mikir harus makan yg bergizi,,pokoknya apa aja yg penting bisa ditelen, abis itu hantem minum susu (untung susu masi bisa keminum). Trus aku selalu sedia permen karet atau permen mint. Ato makannya dibarengin sama minum yg angeeet banget, lumayan enak di perut. Pernah baca di bukunya Miriam Stoppard, keju ngurangin mual (asal bukan cream cheese), dan di aku emang bener, padahal sebelum hamil aseli ga suka keju.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

3

Topic: Morning Sickness

di kehamilan ini, 1-2 bulan pertama = all-day sickness, bulan ke-3 & 4 = evening sickness, hehee...

selama sickness itu, makanan yang bisa "kemakan" hanya roti, pisang, madu, kurma, susu, bubur oatmeal (havermut) & biskuit crackers Hup Seng. Makan sayur malah muntah2 (padahal sblm hamil suka bgt makan sayur), malah beralih-mahzab jadi pemakan-daging :lol:
Waktu mualnya menyerang, aku langsung minumin teh encer anget &... air jahe anget pake madu (ini yang paling ngefek menumpas mual2 sickness-nya :D ). Lumayan, mual hilang, perutpun legaaa.

Tapi dokternya bilang makan aja apa2 yg bisa masuk; mendingan ada makanan yang masuk tapi awet di perut, daripada dimasukin tapi kemudian keluar lagi :P

4

Topic: Morning Sickness

hamil anak kedua selalu mual kalo naik mobil. pernah survey lokasi naik mobil kantor, setiap berhenti di satu lokasi wajib mampir toilet karna jackpot. jadi kalo lokasi yang dikunjungi ada 5 ya jackpot 5 kali. hehehe...
cara ngatasin : bawa tas kresek kalo naik mobil :p hihihi...

mamagaya
- mom of triple A -
@ilzie

5

Topic: Morning Sickness

Hi all,

waktu hamil yang pertama mualnya baru kerasa jam 10an siang - trus sempet all day sickness gt di bulan2 ke 3-4, setelah itu sih alhamdulillah lancarrrrr

hamil yang sekarang mualnya malem!
jadi klo jam 9 udah tidur nanti jam 12an pasti kebangun karena mual .. huhuhu .. akibatnya pgi2 teler deh mau ke ktr, ngantuksss

My little xerox's is waiting home for me

6

Topic: Morning Sickness

hai all,,

klo aku semua trgantung menu sarapan. klo cocok,,bs melewati hari dng tenang. tp klo g cocok,,bs mual mumun seharian. sarapan yg cocok g sll yg trll macem2. prnah lg pgn telor ceplok n kecap aja,,sukses menjalani hari. tp pnah jg pas lg g cocok makan bubur ayam,,seharian penuh mual mumun. smp malem pun msh kbayang2 eneg-nya si buryam smp aku ogah makan.
klo suda mual,,senjata utama adlh minyak kayu putih. dr dada, leher, belakang telinga smua diolesin kayu putih. klo perutnya kosong, br minum teh anget.

skrg masuk trimester 2,,mual mumun suda bnyk brkurang n nafsu makan balik normal. :)

..::a yummy mommy wannabe::..

http://soundofmee.wordpress.com

7

Topic: Morning Sickness

hi moms,

ikutan sharing yaa...

karena harus berangkat untuk kerja setiap pagi, aku terbiasa untuk srapan dan terbiasa 'sibuk' setiap pagi. sampai di kantorpun langsung fokus ke kerjaan dan tau-tau udah kelaparan saat waktu makan siang tiba.

tapi begitu pulang ke rumah dan siap untuk tidur malam, baru deh kerasa mual-mual. mual-mual ini juga aku rasakan saat weekend tiba, kalo gak ngerjain apa2 dan cuma baring2an aja.

jadi buatku namanya bukan morning sickness, tapi hyperemesis.

kalau kerasa mual-mual dan hilang selera makan--tapi kan tetep harus makan-- aku makan biskuit/crackers dan buah2an, dan minum air jahe anget, sari kacang ijo atau jus buah.

mual-mual ini bikin stress (alhamdulillah aku gak pernah sampai muntah) , makanya kalo udah kerasa mual-mual aku nyibukkin diri dengan ngobrol2 di telpon sama temenku, atau liat-liat katalog tas dan sepatu :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

8

Topic: Morning Sickness

hi mums

sharing ya:
gw dapet tips ini dari seorang ibu2 bule tanpa sengaja. kita ktemu gitu ngobrol2 basa-basi dan voila, malah dapet tips manjur.

pas bangun pagi, jangan langsung duduk atau bangun. sambil rebahan, kunyah crackers atau biskuit 1-2.


  • udah gitu baru duduk dan bangun. this works for me. waktu hamil Rafe, 3 bulan pertama gw mabok berat ampe turun 3 kilo lebih. nyobain tips itu lumayan berkurang jauh.[/*]
  • permen jahe, atau sup ayam dengan irisan jahe... works like charm juga[/*]
  • keep busy. ini sih dari pengamatan aja. jalan-jalan atau do a project. ngamatin temen2 dan dr cerita nyokap serta nyokap temen yang ga mabok, rata-rata mereka itu working mom. logikanya mungkin gini, karena sibuk jadi walo rada-rada enek ga kepikiran dan kerasain. terbukti sih pas hamil, setiap dibawa jalan-jalan atau mikir, mabok malah berkurang hahaha....[/*]


klo semua tips ga ngaruh....nikmatin aja, namanya juga hamil :)
semoga berguna ya!

"Be a Miracle!"

9

Topic: Morning Sickness

Wah... setuju, mommyrafe... yg makan-biskuit-sblm-bangun & jahe-jahe itu jg manjur bgt ke aku. Apalagi pas dibuatin sup ayam-presto pke jahe sama ibuku, badan lsng seger & mualnya ilang :D. Nyesep2 kuahnya aja udh terasa seger krn ada aroma jahe yg tipis & ngangetin...

10

Topic: Morning Sickness

Kalo pasti ngalamin morning sickness sih waktu hamil kemarin belon pernah ya.Soalnya mual nya datang sesuka hati. Tapi yang pasti gak boleh terlambat maem. Jadi setelah bangun tidur, jangan langsung bangun dari tempat tidur. usahakan minum yang hangat dan manis plus cemilan.

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

11

Topic: Morning Sickness

G-Mom wrote:
Kalo pasti ngalamin morning sickness sih waktu hamil kemarin belon pernah ya.Soalnya mual nya datang sesuka hati. Tapi yang pasti gak boleh terlambat maem. Jadi setelah bangun tidur, jangan langsung bangun dari tempat tidur. usahakan minum yang hangat dan manis plus cemilan.


wah sama nih kayaknya. aku sekarang sudah 8 minggu. biasanya mual kalau terlambat makan, jadi kayak masuk angin gitu. kalau bepergian naik mobil terlalu lama juga mual, kalau udah gitu ya.. hanya bisa pasrah aja sih, sambil ngemut permen.

excited mommy to be

12

Topic: Morning Sickness

Oh ya, yang jelas teori kalo mual-mual itu bisa dihilangin dengan yang asem-asem itu sempat gw baca bahwa itu gak sepenuhnya bener lho. Justru asem nya itu bisa memicu asam lambung dan akibatnya kita justru bertambah mual.
Waktu itu sih disaranin ngemil yang sehat dan kalo bisa buah-buahan seperti apel.

Menjadi Ibu adalah pilihan kerja profesional yang paling tulus...tanggung jawab,memberi kasih dan pelajaran kpd anaknya dengan masa kontrak kerja sepanjang dunia dan akherat..it's a amazing
Our Story Lafamilledewijaya

13

Topic: Morning Sickness

Pengalamanku sih bukan morning sickness, tapi all day sickness! rasanya bloated dan penuh aja. Ternyata teorinya adalah karena metabolisme badan kita lagi melambat dan bener2 memerah makanan secara optimal banget utk bayinya. Jadinya makanan rasanya turunnya lamaaaa banget. Trus jadi sensitif gampang muntah, kayak, kalo gosok gigi bisa muntah, atau kalo kebanyakan minum. Tapi ini sementara kok, masuk bulan ke empat udah beres semua.

a frantic housewife :p

14

Topic: Morning Sickness

chaerani
ternyata ada juga yang muntah kalo gosok gigi...
saya juga kalo gosok gigi bawaannya pengen muntah...kesel juga kan kalo yang satu ini ga bisa dihindari...masak gak gosok gigi... :P

dan bener kata mommyrafe, keep busy...mungkin karena saya kerja jadi kalo berasa mual pun harus dilawan...ga boleh manja...bahkan suka lupa sama mual kalo lagi sibuk banget...

there's no place like home...

15

Topic: Morning Sickness

Siapa sih yg judulin morning sickness, mestinya all day sickness.
Saya mual mual selama hampir 9 bulan. Air putih rasanya nggak enak banget. Nyoba macem macem dari crackers, melba toast, jahe, tusuk jarum nggak ada yg bisa berehentiin mualnya.
Sama dokter dikasih delcatin nggak sepenuhya memberhentikan mual mualnya tapi seenggak enggaknya bisa makan tanpa dikeluarin lagi.

16

Topic: Morning Sickness

moorooie,
kebyk an orang mual2 emang di pagi hari..tapi pengalaman gue jg sama kok ama lo.
mual nya terus2an..sempet muntah2 biarpun cm minum doang *sigh*
ampe dimarah2in krn makannya ga kyk org hamdun *makan dikit tp naik 20kg wakakka*

sempet enakan cm selama trimester 2 aja..trimester 3 mulai suka mual tapi ga separah awal2 hamil.

biasanya si kl mual gt gue minum yg anget2..kadang2 jahe atau teh. kan katanya teh ga blh sering2 jg ya. trus makannya yg berkuah2..mayan ngurangin sih :)

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

17

Topic: Morning Sickness

Biasanya mual kalau sikat gigi...atau engga pas stress kerjaan...ga tau deh relevansinya :p

hehehe
tapi yg bikin kesel kan katanya morning sickness trimester awal...lah iki kok yo ampe 6 bulan masih juga...
tapi yaa dibawa enjoy ajeee :)

18

Topic: Morning Sickness

secara umum morning sickness gue gak terlalu parah, tapi sempet beberapa kali gue sakit dan harus minum antibiotik. dan kalau abis minum obat ini yg bikin gue muntah2.
tapi gue inget disela2 memeluk wc abis jackpot, gue ngelus2 perut sambil tersenyum bangga dengan 'kelakuan' anak gue. ah lebay banget :)

19

Topic: Morning Sickness

Gw hamil 2 kali dan dua2nya ga pake morning sickness, tapi evening sickness... :) Jadi sekitar jam 4 or 5 sore mulai deh tuh gw mual2 dan teler. Kayaknya bayi2 gw ngasih alarm 'ayo ma, udah kerjanya, kita pulang...' hehehhehe........ Sampe rumah gw langsung tiduran krn badan jd lemes bgt sama makan buah buat ngurangin eneg. Biasanya setelah rebahan 2-3 jam rada enakan sih.

20

Topic: Morning Sickness

Gue sempet morning sickness waktu trimester 1, walopun mual biasa aja n tetep bisa makan. Waktu trimester 1 juga gue ngotot minta road trip ke Solo, amazingly selama jalan2 ga ada mual sama sekali! Begitu OTW balik ke hotel, mual lagi :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Morning Sickness

sekarang gw hamil minggu ke 13, dari awal sampai dua hari yang lalu gw bebas mual+muntah tiba2 aja sejak dua hari sampai sekarang gw muntah2 hiks.... pagi ini aja udah 4 kali muntah, ampuun deh...
gw kira mual muntah ini cuma ampe tiga bulan dan gw gak mengalami morning (noon, night) sickness ria ini...ternyataaa....

22

Topic: Morning Sickness

Dear moms, saya juga mau share pengalaman nih, usia kandungan sekarang baru 8 minggu, saya baru ngeh kalau saya hamil itu pas umur 6 minggu, kirain telas haid biasa, tapi dari tanda2 kehamilan udah nunjukin kalau saya hamil, nah suatu malam perut rasanya kembung, kepala pening dan muntah-muntah itu berlangsung selama 4 hari (hari ke 5 mual baru testpack hasilnya positif :)
selama 4 hari mual muntah itu setiap masuk magrib, badan rasanya demam, tapi obat saya cuman 2 dipijat punggung dan tengkuk pakai minyak gosok cap tawon (ini obat andalan keluarga kami produksi makassar) dan perut dibalur minyak kayu putih, minum air hangat habis itu baru bisa tidur deh...selebihnya sudah tidak pernah muntah lagi,hanya saja masih suka eneg kalo kelamaan duduk di depan komputer browsing sana sini dan ngeblog, melukis (ini hobby saya banget), cium aroma nasi yang baru matang, cium bau kucing suka pening, dan cium bau kamar mandi :( <--- ini yang parah sampai sekarang masih pusing kalau cium bau kamar mandi, walhasil buat mandi saya mandi di halaman rumah belakang , halaman terbuka tapi samping kiri kanan dan belakang rumah sudah tertutup tembok rumah tetangga :). Yang menjadi masalah sekarang adalah nafsu makan yg sangat berkurang :( sebelumnya saya orangnya doyan makan, ngemil wisata kuliner sana sini, tapi sekarang hilang lenyap entah kemana, yang bisa bikin makanan enak masuknya kalau makan bubur hangat, nasi pakai abon sapi, kerupuk dan makanan hangat berkuah seperti sop. (sebelumnya saya penggila coto <-- sekarang malah enek membayangkan coto ) Mudah-mudahan selera makan saya bisa cepat pulih, biar asupan gizi makan terpenuhi :D

a.k.a @yufinats
doodling and blogging freak wanna be a good mama n wife :)
and http://yufinats.blogspot.com
and also our journal :) http://beebondiary.blogspot.com

23

Topic: Morning Sickness

G-Mom wrote:
Oh ya, yang jelas teori kalo mual-mual itu bisa dihilangin dengan yang asem-asem itu sempat gw baca bahwa itu gak sepenuhnya bener lho. Justru asem nya itu bisa memicu asam lambung dan akibatnya kita justru bertambah mual.
Waktu itu sih disaranin ngemil yang sehat dan kalo bisa buah-buahan seperti apel.


Kalau pengalaman saya kemarin awal hamil malah sempat bertanya-tanya kok saya malah nggak pingin makan yang kecut2 kayak kebanyakan ibu2 hamil muda lainnya yah, iseng-iseng beli permen asem...eh...malah mual :(
malah yang enak kalau ngemut permen mint atau jahe :)
Salad buah juga sempat membantu ketika mual dulu mbak :)

a.k.a @yufinats
doodling and blogging freak wanna be a good mama n wife :)
and http://yufinats.blogspot.com
and also our journal :) http://beebondiary.blogspot.com

24

Topic: Morning Sickness

Ngomongin morning sickness, alhamdulillah gak ngerasain hal itu pas hamil Lana. Gak ada yg namanya gak suka makan ini, gak suka bau itu. Malah pas hamil doyan bgt makan, apalagi yg namanya mie ayam gerobak& cemilan.

Beda banget dgn teman sekantor yg kebetulan hamil juga, sampe trimester k2, dia empat kali masuk Rs krn emesis akut (bener gak ya spellingnya?).

25

Topic: Morning Sickness

Aku juga nih..minggu ke enam baru kerasa mual2nya.. Tiap jam 8 malem pasti meriang terus mual2. Kadang sampai muntah, kadang cuma mual aja.
Paling sering kebangun tengah malem kalo kebelet pipis..habis piipis minum air putih langsung mual lagi. Baru bisa tidur kalo sudah dikasih minyak kayu putih sambil diurut urut pelan2..