1

Topic: Tips Belanja Hemat

pengumuman aja nih, besok jangan lewatkan kalo gitu acara live Q&A di forum bersama fitri dari QM Financial temanya ttg "Responsible Shopaholic" lohhh... :)

besok, jumat, tgl 16 juli yaa... dari jam 10.30 sampai 13.00 WIB

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Tips Belanja Hemat

Thalia,tengkyu info webnya..

Fanny,lol..current acc emg bisa minus si,ud od di spending terus..hi..hi..

Meryl,hua..sama deh duit dagangan kdg suka kepake. Khilaf....ha..ha..tp skrg udh gak krn udh pake acc sendiri.

Gw ga terlalu sale person..tp bhub gw doyan mkn enak tp ga bisa masak..yah kesitulah spending terbesar gw, food! he..he..

@medyratri

3

Topic: Tips Belanja Hemat

jangan sering2 keluar rumah, jadi belanja kl pas barang2 kebutuhan abis aj...pasti jadi ga beli yang macem2..biasa kl ke mall mulu tuh banyak godaan :p

4

Topic: Tips Belanja Hemat

san-san wrote:
jangan sering2 keluar rumah, jadi belanja kl pas barang2 kebutuhan abis aj...pasti jadi ga beli yang macem2..biasa kl ke mall mulu tuh banyak godaan :p


wahhh setuju sis...kl ke mall akhirnya pulangnya bawa tentengan yg ga perlu..even ke supermarket pun pasti udahannya beli yg ga kepuguhan hehehehehe

atau kl mau simple kasih list belanja ke suami..mereka mah lempeng aja .. ngikutin list belanja trus cabut deh

Love ur parents. We are so busy growing up. We often forget they are also growing old.

5

Topic: Tips Belanja Hemat

sama banget.. kami paling bisa hemat kalo yg ke supermarket suami dgn list belanja dr saya. tapi saya kan bisa akses online shop dr rumah.. nah ini yg bikin gelap mata :))

6

Topic: Tips Belanja Hemat

mencoba cara belanja baru:
diluar belanja bulanan, untuk makan sehari2 pingin nyoba belanja mingguan daripada tiap hari ke warung.

ibu yuna * mbok e yuna * mamak Q

7

Topic: Tips Belanja Hemat

Mamas,selama ini saya LDL dengan suami trus insya allah dalam waktu dekat mo serumah..need share dari para mamas nih..
[list=*]

  • Klo belanja mingguan tuh beli sayuran apa aja ya moms?[/*]

    [list=*]
  • Para mamas bikin menu mingguan kah?[/*]

    [list=*]
  • Klo belanja sayuran mending di supermarket atau pasar ya?[/*]

    thanks

    Find Me @Mama's Mall
    Qibi Zaqibi
    ARISAN BUKU YUUK
  • 8

    Topic: Tips Belanja Hemat

    piyut pengen jawab tapi rasanya gak relevant karena gue ga tinggal di indonesia heheh..

    tapi yang mungkin gue bisa share adalah untuk jawab pertanyaan pertama. karena sayur itu ga lama tahannya, biasanya sih kalo gue belinya mendadak. jadi dalam 1-3 hari mesti abis, ini maksudnya sayur2an ijo kayak bayam gitu. tapi kalo yang bisa tahan lama kayak wortel, kentang, buncis, biasanya sih gue beli mingguan.

    tips dari gue kalo mau beli sayuran gitu (yang berdaun), mesti langsung dipetikin trus ditaro di plastik kedap udara ato di koran dan taro di kulkas. mayan bikin tahan lama.

    gue sendiri ga bikin menu mingguan, tapi ya masakan mingguan itu tergantung dari sayur apa yang gue dapet pas belanja mingguan :)

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    9

    Topic: Tips Belanja Hemat

    piyut gw juga ampir sama tuh ama Slesta, cuma bedanya kalo sayur hijau2an, gw beli di tukang sayur yg lewat depan rumah skalian kl ada yg abis duluan bisa dibeli, nah utk daging sapi or ikan gw beli dipasar 1 kg utk seminggu (biasanya langsung di rebus pake panci presto, trus masukkin kulkas deh), kalo ikan & ayam abis dibersihin trus masukin tupperware n freezer.
    sayur yg tahan lama gw beli mingguan dan skrg gw lg doyan bgt kepasar, walow bisanya cuma weekend pagi, irit dan bagus2 jg ternyata kualitasnya.
    kalo ke supermarket, beli utk MPASI (salmon or dory), keperluan toiletries, sembako kecuali beras, dan perawatan RT.
    Gw jg ga ada menu mingguan, sama kaya Slesta, pusing kl saklek ke menu trutama kalo ada salah satu bahan yg ga ada.

    10

    Topic: Tips Belanja Hemat

    slesta & bunizza
    Oke..thanks ya.. jadi sayuran yang berdaun2 gitu mending beli segar ya..
    Trus thanks juga buat sarannya:simpan sayuran dalam koran,,ntar dicoba deh...

    Find Me @Mama's Mall
    Qibi Zaqibi
    ARISAN BUKU YUUK

    11

    Topic: Tips Belanja Hemat

    piyut

    Mau nambahin aja..untuk sayur sih aku prefer beli di pasar atau tukang sayur. Kalo di supermarket itu biasanya harganya bisa jadi 2 kali lipat dari harga dipasar, kecuali untuk sayur yang gak dijual banyak dipasaran baru deh belinya di supermarket..hehehhe selain lebih segar, harganya bisa dapet lebih murah juga..hehehhehe ;P

    met belanja ya mom....

    Ibunya Thaariq & Shafiyah

    12

    Topic: Tips Belanja Hemat

    adudududu.....rasanya kaya ditampar baca trit ini. soalnya selama hampir dua tahun menikah, manajemen keuangan gw sama suami amburadul banget. Palingan cuman di bagi2 ajah, gaji dia buat bayar yg gede2, kaya bayar kontrakan,belanja bulanan, bayar cicilan sana sini dll...sementara gaji gw buat beli yang printilan dan shopping (baju, tas sepatu dll) hehehe....*licik ya :D. punya tabungan pun kalo akhir bulan suka dikorek-korek :p

    13

    Topic: Tips Belanja Hemat

    piyut
    kalo saya sih, belanja sayur diusahakan fresh tiap 2 atau 3 hari sekali.. atau kalo ada tukang sayur ya malah bagus, bisa beli sayur tiap hari.
    soal menu mingguan, kayanya justru ribet ya kalo bikin menu mingguan. jadi begitu liat isi kulkas ya mix and match aja mau masak apa, hihi..

    tips belanja hemat dari saya.. menimbun sembako saat harga murah :D
    jadi kalo pas ada promo kartu kredit di supermarket, dibela-belain belanja buanyakkk buat persediaan. maksudnya belanja sembako yang tahan lama dan pasti kepake, mis. minyak goreng, beras, deterjen, sabun mandi

    *asal jangan lupa langsung lunasin tagihan kartu kreditnya di bulan itu juga, hehe.. ;)

    14

    Topic: Tips Belanja Hemat

    Mamas,sore tadi aku rekap pengeluaran bbrapa bulan ini stlah pindah ke rumah sendiri.Dan terrrnyataaa...belanja bulanan itu banyak juga ya cost nya??
    Krna suami super sibuk jadi yang belanja dan ngurus dll di rumah ya diriku.Biasanya aku terima beres.
    Sayangnya walau udah niatan aku gak pernah tu yang catet catet pengeluaran dr yang besar sampe yang kecil..alhasil stlh bbrp bulan suami kaget kok bisa pengeluaran buanyak banget sampe melebihi budget berjuta-juta.dan aku nggak punya bukti kuat itu duit kemana aja.hiks :(
    Jadi karena terlena aku belanja ini itu,makan disini di situ,seenaknya lah berasa dana masih tebel :p .Ternyataa dana bulan depan ikut kesedot bo..
    Masalah nya bukan pd jumlah dana,tapi kita berdua udah niat mo mencoba berubah bergaya hidup hemat,ngurangin life style yang banyak ngeluarin duitlah pokoknya,biar anak gak ikut2an haha.Dimulai dari biaya/belanja bulanan itu tersebut..
    So..bisa dikatakan tanpa pencatatan dan kecermatan pengeluaran bisa dibilang kemarin aku gagal :( . Dan sekarang sedang mencoba untuk berbenah (lagi) supaya lebih cerdas memanfaatkan rezeki yang diberi Allah dengan tepat.doain ya!
    (Hehe panjang juga ya curhatnya... :p )

    Ps : bener deh,menahan diri untuk nggak beli barang yang *kayanya* ga perlu itu syusyah buu..harus berkali-kali nyebut..nyebuut..

    Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

    15

    Topic: Tips Belanja Hemat

    satu tips hemat yang saya lakuin selama tinggal di sini adalah belanja buah2an di Hari Sabtu siang/sore. Maklum semua toko/supermarket di bremen (di Eropa pada umumnya) tuh tutup tiap hari minggu, jadi untuk menyiasati buah2aan yang gak laku sebelum toko tutup di hari sabtu sore adalah dengan memberikan diskon gede2an. buah mangga yang biasanya 1.1 euro jadi 0.65 euro..buah sharon yang biasanya 0.65 euro/biji jadi 0.35 euro..gitu juga pisang,kiwi,apel dll..dan buah2anya masih kondisi bagus yah..
    seneng..seneng..seneng..hihihi

    Say Good Bye to LDL..Thanks Allah !

    16

    Topic: Tips Belanja Hemat

    bener banget tuh yg dibilang CNAP: nyatet pengeluaran. suami saya yg ngajarin. dia orangnya detail bgt. jadi kadang minggu ke-2 dia kirim SMS isinya presentase pengeluaran terhadap pemasukan. hehe. dengan mencatat, kita bisa evaluasi pengeluaran2 seperti apa yg sebenernya ngga penting.
    eh tapi kalo barusan punya rumah baru, lagi2 bener yg dibilang CNAP, pengeluaran jadi tambah terus buat beli barang2 baru.padahal ya udah berniat belinya ngga sekaligus banyak lho :'(

    17

    Topic: Tips Belanja Hemat

    piyut,
    Sama kyk yg lain, kalo belanja sayur di tk sayur yg lewat. Bisa pesen juga, misalnya besok mau belanja sayur/buah/daging/ikan apa,jd si mbak sayurnya tar nyariin di pasar. Dan kalo titip gitu, dipilihin yg bagus dan segar. Ngambil untungnya jg mrk ga gede koq gw percaya. Ya daripada gw capek2 ke pasar, mendingan beli di mbak sayur, memang harganya agak lbh tinggi sedikit drpd harga pasar, tp cm beda tipis. Itung2 biaya pesan antar-nya deh. Lagian kalo punya anak kcl kyk gw ini agak ribet bawa anak2 ke pasar, secara mrk pastinya pgn ikut aja hehe..

    Kalo belanja di supermarket beli yg ga ada di mbak sayur, trus kalo buah2an jg cari yg hrg promo.

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    18

    Topic: Tips Belanja Hemat

    CNAP, kalo nggak sempat nyatet pengeluaran, simpan aja nota ato struknya. jepret sesuai tanggal, masukkan kotak (in my case, kaleng biskuit). beres! kalo suami minta penjelasan, tinggal tunjukkan struknya.
    tapi cara ini memberi kita PR baru untuk rajin minta struk waktu belanja, bahkan untuk sekedar isi bensin. -mengingat kejadian minggu lalu yang ngomel ke kasir al*a karna nggak diberi struk dgn alasan belum reffil tinta "kan gak pernah ada yang minta, bu"-

    oya, tapi sebaiknya tetap rutin mencatat untuk tau ratio pengeluaran-pemasukan

    19

    Topic: Tips Belanja Hemat

    Tips belanja hemat:
    Bawa uang cash instead of CC/Debit card :DD
    So far...berhasilnya kadang2 doang. Secara bawa uang cashnya juga 'sangat lebih' karena takut kekurangan.hehehe

    20

    Topic: Tips Belanja Hemat

    Tips belanja hemat:
    Bawa uang cash instead of CC/Debit card :DD
    So far...berhasilnya kadang2 doang. Secara bawa uang cashnya juga 'sangat lebih' karena takut kekurangan.hehehe

    21

    Topic: Tips Belanja Hemat

    Tips Belanja Hemat khusus utk OS :
    ditunggu sampe 3x24 jam, klo tuh barang masih terbayang2 dan diliatin trs, berarti emang harus dibeli. trs biar dpt murah, ajak teman2 utk patungan biar bs beli harga grosir (ini cara gila)
    trs jangan sering ngider OS yaaaaa

    Tips Belanja Hemat khusus utk grocery items buat working moms:
    1. kategorikan tempat belanja dan belanja banyak saat sdg promo
    jadi sy belanja fresh item cuma di superindo (jd ayam, daging, sayur mayur, buah ) cuma disuperindo. kalau belanja barang kering dan tahan lama di hypermart (soalnya suka ada promo) dan kalau promo lgs beli banyak.
    2. kurangi frekuensi pergi belanja
    jadi buat frekuensi belanja cuma 1x seminggu atau 1x 2 minggu atau bahkan 1x dalam 1 bln. niscaya yg dibeli jd cuma barang2 penting aja hehehe
    3. acara makan diluar diminimkan jadi cuma 2x seminggu. itu sdh mayan mengurangi budget makan2 hehehehe

    22

    Topic: Tips Belanja Hemat

    bener banget tuh apa yang dikatakan sama RIEDA aku dari jaman SMA selalu terapin metode catat mencatat (my moms suka pengen tau pengeluaranq, coz pernah dulu uang saku bulanan belum sampek pertengahan dah abis dengan perincian yang gak jelas hehe) jadinya kebawa deh sampek sekarang (apalagi misuaku orang yg ketat banget masalah keuangan, hehe) tapi kalo masalah belanja, mending ndirian aja sambil bawa catatan, kalo belanja bareng, malah suka ambil barang yang gak jelas (coz dalam hati suka bilang" ah, nyantai aja, kan suami ikut belanja jadi tau pengeluarannya buat apa") so, mending belanja ndirian dengan bawa catatan, bisa ngerem,,
    kalo belanja sayuran setuju banget sama EKA aku juga selalu mengandalkan tukang sayur langganan (kasian tiap hari triak2 coz banyak tetangga yang dah belanja di pasar,hehe)
    sama ma SLESTA juga kalo masalah masakan, (sama mulu' yak??hehe) tergantung m tukang sayurnya bawa apaan di gerobaknya, tapi bedanya kalo hari sabtu n minggu aku sengaja kagak belanja, tapi makan di luar sama misua, biar gak bosen aja, kan tiap hari dah makan masakan istri, lagipula sekalian jalan-jalan berdua (kayak jaman pacaran gitu,hehe)tapi dengan satu syarat, jalan-jalannya kagak pake belanja, so belanja ya belanja, jalan-jalan ya beda lagi urusannya.. :D

    :D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
    YM: coshi mickley

    23

    Topic: Tips Belanja Hemat

    WAh kebantu banget sama tips2 nya makasih mummies, :)
    Masih amburadul nih keuanganku, :P ngga jelas pengeluarannya buat apa aja, apalagi kalo udah liat ols, ngga berasa ngeluarin uang deh kalo transfer2, kayaknya aku lebih konvensional yah? soalnya kalo bayar cash kan keliatan jumlahnya....

    24

    Topic: Tips Belanja Hemat

    hihi, sepakat sama bunda habibah!Udah 4 bulan ini jd FTM, dan tiada hari tanpa online. sekuat tenaga supaya jangan ngeklik paypal button buat submit payment!Kemaren baru aja belanja dwi bulanan, berusaha keras untuk "patuh" sama catatan belanjaan yang udah dibikin dari rumah. Biasanya sih dulu belanjanya random aja, kalo ada yang abis berangkatlah ke minimart ato supermarket terdekat. akhirnya malah jadi kebablasan. harusnya cuman belanja sabun sama odol doang, eh bawanya jadi 1 troli penuh. Makanya sekarang sih, belanjanya per2bulanan aja, semua barang konsumsi yang rutin pakai distock agak banyak. jadi pas belanja lagi, barangnya emang udah bener2 abis, and ga tergoda buat beli yang laen2.

    25

    Topic: Tips Belanja Hemat

    Ikutan cerita ah,
    saya dan suami sama-sama gak suka window shopping atau jalan ke Mall. Liat orang sekedar jalan di mall aja udah pusing.. jadi amat sangat jarang jalan ke mall, kecuali benar-benar ada keperluan, seperti nonton bioskop, atau beli sesuatu yang barangnya hanya ada di 1 counter di Mall. Itupun setelah beli barang, langsung ngacir pulang. Jadi ke Mall bisa dihitung sebelah tangan dalam 3 bulan. (kok mendadak merasa jadi manusia batu ya.hehe)

    Untuk belanja rutin, berikut yang saya lakukan:
    - bawa list belanja, dihitung dari rumah perkiraan total belanja, plus bawa kalkulator kalo belanja bulanan.
    - bawa uang cash. Kalkulator berfungsi menghitung total belanjaan saat sblm ke kasir. In case ada diskonan, sisa diskon bisa dialihkan ke cemilan ato barang incaran. (ato ditabung??) haha
    - Sengaja memberi budget khusus untuk cemilan bulanan, krn gak mungkin 1 bulan ga ada cemilan. Kalo gak dibudgetkan bisa memakan alokasi budget yang lain. Budget standard dan realistis sesuai kemampuan.
    - belanja kebutuhan dapur, harian, beli di pasar, dan ada budget hariannya.
    - beli susu hanya 1 kaleng/kardus, krn belinya deket rumah jd kalo habis langsung beli. hanya untuk beli susu, bukan barang yg lain. kalo ini mending beli sendiri, krn kalo minta suami yg beli, uang kembalian bisa melayang.. hihihi
    - Belanja bulanannya bareng suami dan ki-ka, jadi kalo kelamaan ada yang ngerecokin.. hehe..

    sekian dari saya, semoga tidak menambah derita isi dompet.

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's