1

Topic: Exclusively Pumping

happy pumping to All Mom,,,stay positif ya mams

karena it helps a lot, when your mind is always positif on pumping,,,bener skrg lagi bikin target Edo asi sampai 9 bulan,,,alhamdullilah sdh jalan 7 bulan,

God sent an Angel which is call Mother

2

Topic: Exclusively Pumping

Salam kenal Bunda-bunda...bisa kasih masukan supaya produksi ASI meningkat dan kapan jadwal memerah ASI? Dan bagaimana cara memerah ASI yang benar? Memang sekarang anak kedua. Tapi dulu yang pertama tidak eksklusif ASi...nah untuk yang kedua ini mau eksklusif ASI. Mohon bantuannya....Terima kasih.

Mamanya Raihan dan Sinta.....alhamdulillah sudah sepasang.

3

Topic: Exclusively Pumping

Niniek...
salut banget sama perjuangannya... aku juga sempet exclusively pumping 3hari kemaren karena baby kuning dan harus disinar. jadi tiap hari harus pumping terus dianterin ke RS. awal-awal rasanya stress banget. karena ASI belum lancar keluar sedangkan tiap 2 jam harus setor 40ml. waktu itu jumlah 40ml rasanya buanyaaaaaaakkk banget. maklum, baru lahiran.

tapi sekarang, hikmahnya banyak. ASI jadi jauh lebih deres, pompa ASI beneran kepake secara optimal, dan cadangan asi jadi banyak :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

4

Topic: Exclusively Pumping

wah..wah..ternyata dah ada threadnya sendiri e-ping ini..senangnya..
sy jg e-ping sejak anak sy umur 2,5 bulan sekarang dah hampir 6 bulan (big thanks to ndatha yang lewat sharingnya, bikin saya tetep semangat pumping)
Tapiiii emang bener banget yah,,kl e-ping itu bener2 harus konsisten jadwal pompanya,,coz saat ini produksi ASI sy lg turun..Hiks..hiks...(sampe2 stok ASIP tinggal 4 botol lg d freezer)...gara2nya ya itu, dari seminggu sebelum puasa, saya dan suami memutuskan utk belajar "mandiri", jadilah kita pindah k rumah sendiri (yang rencananya baru akan diisi setelah anak sy lulus ASIX 6 bulan)..karena keasikan dan kecapean pindahan trus langsung di sambung puasa,,jadilah saya sering ketiduran sampe jadwal pompa pun kelewat..Alhasil tanpa disadari hasil pumping saya berkurang,,yang asalnya bisa 10 botol ex-UC sehari sekarang cuma 6-7 botol aja..
Dan kebayang deh kejar tayangnya buat ttp ASIX sampe minimal Daniesh 6 bulan...
so..buat2 mommy2 yang e-ping ttp disiplin ama jadwal pumpingnya y..jangan kayak saya ini yg sempet males2an,,
oiya buat mommy yang udh berhasil e-ping, tips2nya dong biar produksi ASI bs meningkat lagi..

..How Wonderful My Life is since U in My World..

5

Topic: Exclusively Pumping

novita dewi ambarwati n Ibunya Daniesh, kebetulan Edo sudah lulus ASIX 6 bulan. sekarang Edo sdh 7 bulan.

ak sendiri kadang ada masa2 produksi asip turun, yaitu pas jam 7 n 10 malam. tiap orang beda aku rasa, tapi biar asip kembali banyak paling aku banyakin aja makan sayur n buah. dan paling penting nggak stres, dibawa happy aja dan disyukuri berapapun hasil pompaan kita, :)

dengan nggak ada beban insyaallah asip kembali moncer,
untuk jadwal mompa aku biasanya 3-4 jam. kalo bisa 2 jam sekali lebih baik.

teknik memerah kalo aku biasa aja novita dipijat dulu, baru pompa, jangan lupa rajin dirawat alias dipijat pas mandi trus dikompres air hangat+dingin,

HTH ya Moms

God sent an Angel which is call Mother

6

Topic: Exclusively Pumping

mrs doyi, iya rajin pompa, lama2 jadi bukit itu stoknya. :) mothers know best

God sent an Angel which is call Mother

7

Topic: Exclusively Pumping

Hi semua... salam kenal nama ku Citta, selama ini cuma jadi passive reader, gak nyangka ada threadnya e-ping, jd pgn ikutan sharing. Ceritanya mengapa bisa e-ping panjaaanng skali jadi scr singkat dan aku bagi tips2 utk mempertahankan produksi ya.

Aku e-ping sejak Adnan dibawa pulang dari RS. Selama 3 hari Adnan cuma ngemut2 doang dan tnyata latch onnya gak bener.
Penyebab: puting inverted/flat spt punya boneka Barbie, Adnan ngamuk kehausan dan kelaparan, berusaha latch on lepas terus. Kami panik krn Adnan sdh sedikit kuning dan takut dehidrasi, kash botol+sufor , yup sejak itu bye-bye puting (actually lack of puting) mama.

Berbekal mini electric yg sdh dibeli sejak hamil tua, aku memompa tiap hari dgn harapan puting akan ketarik keluar sambil ngelatih Adnan nyusu lgs. Yg ada dia ngamuk dan nyakar2 dada ku sambil nendang2 tiap kali ditempel ke PD. (Bayangkan, newborn bs nyakar dan nendang ibunya saking marahnya! Lumayan sempet bikin post partum depression :p)

Usaha2 lain: beli nipple shield, klinik laktasi carolus, home visite konselor laktasi
Hambatan utama utk ngelatih Adnan menyusui lgs: tidak sanggup menghilangkan botol dan memberikan susu lwt media lain spt sendok/cangkir krn ngurus Adnan sendirian, suami gak tega dgr Adnan marah2 saat disendokin susu, aku gak sanggup ngasi susu pakai sendok di malam hari dmana bayi baru lahir bs bangun tiap 1-2 jam.
Sekarang aku udh exclusive pumping 5 bln dan Alhamdulilah surplus 2-3 kantong tiap hari.

Kesan dan Tips:
Tidak benar bahwa pendapat umum tentang exclusive pumping adalah: karena dipompa saja dan tidak dihisap lgs oleh bayi maka akan ASI cepat "kering". E-ping is possible tapi memang hrs lebih tekun dan disiplin.

3 bulan pertama adalah waktu plg krusial utk "membangun"/ establish supply. Mnrt mbah google, kalau mau pny produksi ASI yg cukup scr jangka pjg, hrs mompa/merah scr disiplin tiap 2 jam di 3 bln ini dgn hospital-grade pump. Sesudah 3 bulan ini sudah cukup aman utk bereksperimen menurunkan frekuensi memompa dari 2 jam jadi 3-4 jam sambil melihat apakah produksi harian total akan berkurang.

Aku gak tau kalau Medela Indonesia ternyata menyewakan hospital grade pump spt Symphony yg klaimnya hisapannya hampir sebaik hisapan bayi jadi aku pakai Mini Electric ku. Awal2 krn aku megang Adnan sendiri jadwal mompa gak mgkn bs tepat waktu, plg saat dia bobo (which is only for 15 mins kalo ditaro trus nangis minta digendong lagi)

- Karena jadwal mompa ku yg berantakan itu, selama 3 bulan pertama Adnan minumnya ASIP campur sufor krn perahan ku per sesi hanya 30-50 ml sdgkan Adnan minumnya sdh 60-90 ml tiap 2 jam. Stres = produksi ASI berkurang, jadi motto nya:
Berapapun jumlah ASI yg saya hasilkan, itu adalah pemberian yang paling berharga untuk anak saya, jadi saya akan tetap memerah/memompa meskipun tidak cukup untuk dia.
Feed your baby! Don't make your baby go hungry. Sufor is not the best food/normal food/chemical food or whatever lactivists may call it but without it, many babies would starve and die.

-Mungkin berkat motto2 tsb, jadi gak dibawa beban. perlahan2 produksi ku mulai meningkat, yaitu saat Adnan berusia 6 minggu dan 2 bulan.

-Konon teknik memerah marmet yg plg baik tapi pegel dan tidak praktis utk dilakukan exclusive pumper spt aku yg awalnya hrs merah/mompa 8 kali/hari. Jadi yg dulu aku lakukan: Pompa sisi kanan (diiket corongnya ke BH pake karet rambut) perah sisi kiri 15 menit. Ganti sisi, pompa sisi kirim perah sisi kanan 25 menit.

-Info dan forum exclusive pumping yg paling lengkap dan oke di ivillage message boards "exclusively pumping"

-Saat Adnan berusia 3 bulan, aku nekat beli Freestyle, BP Medela yang double dan bisa HANDSFREE! karena aku baca di forum2 E-ping double pumping dpt meningkatkan produksi karena PD kanan dan kiri dihisap bersamaan, tubuh kita mndapat kesan seolah2 kita pny bayi kembar sehingga mengirim sinyal utk memproduksi ASI lbh bnyk. Jadi ternyata meskipun sudah lewat 3 bln pertama yg penting itu , masih ada harapan utk meningkatkan produksi ASI. Selain itu memompa secara handsfree itu membuat hidup jauh lebih enak. Aku bisa multitasking memompa sambil browsing, bekerja, main sama anak, cuci piring, main sama Adnan di bouncernya. Actually aku pernah memompa sambil menyetir karena telat bangun utk mompa sebelum berangkat kerja.

-Sejak memakai double pump dalam waktu seminggu, dari yang hrs ditambal dgn sufor, Alhamdulillah udh bisa nyetok ASI dan tidak perlu beli sufor lagi sampai bisa jadi donor ASI. Pompanya memang mahal, tapi dibandingkan budget membeli sufor premium yg sebulan bisa sejuta, 4 bulan jg udh "balik modal". Hasilnya pun lebih oke pula dpd sufor yg terbaik.

-Kalau produksi dirasakan berkurang, coba menambah frekuensi pompa misalnya tadinya tiap 3-4 jam jadi tiap 2 jam, hasilnya akan terlihat setelah bberapa hari. Selain itu, yang sangat dianjurkan di forum e-ping ivillage adalah power pumping/cluster pumping: pompa 10 menit, istirahat 10 menit, pompa 10 menit, istirahat 10 menit selama 1 jam. Hal ini meniru pola menyusi anak saat sdg growth spurt sehingga merangsang PD utk menambah produksi.

-Untuk menjaga produksi, usahakan payudara diperah pakai tangan sesudah selesai memompa utk mengeluarkan tetes2 ASI yg diakhir. Payudara yg dikosongkan scr baik selalu memberikan sinyal utk produksi lbh bnyk lagi. Catatlah hasil pompa ASI setiap hari, jadi kalau blm mencapai target/trend harian, tinggal nambah sesi memompa lagi atau power pumping. Aku pribadi, let downnya lambat, kalau memompa hny 15 menit dapetnya pas2an, tapi kalau bisa 30 menit bs surplus utk hari tsb.

-Tiap org memiliki karakteristik pabrik ASI yg beda2 ada yg bisa memompa tiap 4 jam dan produksi hariannya tidak turun, ada yg ttp hrs memompa tiap 2-3 jam atau memerah lebih lama seperti aku utk mencapai target.

-Jgn sungkan memompa dimana2, di mobil, di kamar mandi di pantry di salon, di rumah temen, di pesawat, di balik cubicle demi menjaga produksi ASI kita, kan ada nursing apron :D

- Jgn pernah merasa minder tidak bisa menyusui anak scr lgs, atau hrs campur dgn sufor atau takut anak kita tidak bisa bonding atau pada akhirnya kita tidak sanggup melakukan e-ping ini. Kita telah berupaya yang terbaik utk anak kita.
Sorry panjang banget
Hope that helps!

Oh ya.. blkgan ini aku banyakin skin to skin sama Adnan, dan dia skrg jadi sering minta nenen pakai nipple shield kalau ngantuk/sebelum tidur. Teteup ngamuk kalo aku coba lepas nipple shieldnya (padahal nenennya udh sambil tidur) tapi kalau haus berat, dia msh memilih botol. Kyknya transfer ASI dari PD ke Adnan krg efisien kalau pakai nipple shield, jadi nenen pake nipple shield hanya utk ngempeng saja sepertinya.

8

Topic: Exclusively Pumping

jellybe4ns,, hebattt, speechlesss, keren moms,,,,,

my angel is si pipi tumpah,,,,

9

Topic: Exclusively Pumping

niniek
ho oh niy... semangat mompa...!!!

jelllybeans
tfs... hug hug... jadi nambah ilmu baru dan charge semangat... :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

10

Topic: Exclusively Pumping

Group hug!! :D

11

Topic: Exclusively Pumping

produksiku merosot drastis setelah kegiatan 3 minggu keluar kota..hiks!
tapi setelah denger curhatan panjang jellybe4ns, i'm inspired again..!!
muach, muach, jellybe4ns..thousands love and thanks!

12

Topic: Exclusively Pumping

Horeeee ada thread ini!
Gak nyangka aku akhirnya gabung juga sama klub mama e-ping, tapi aku e-ping separuh sih, krn wiken dan bbrp malam ttp nyusuin langsung.

Kalo baca2 disini rata2 alesannya nipple confusion ya? aku alesannya krn pisah sama baby, iya sih sebaiknya menghindari dot tapi pe-er ngajarin yg ngasuh buat pake sendok/gelas gak sempet dikerjain, jadi berdoa aja walaupun sehari2 pake dot mudah2an gak nyampe nipple confusion yaaaa... *doa khusyuk*

Problemku nih, kenapa kalo di kantor produksinya lebih banyak daripada di rumah ya? dulu kupikir kalo di rumah kan ada anak, jd konsetrasi kebagi..tapi skrg di rumah udah gak ada anak, gak ngerjain kerjaan rumah pula, hasil perahannya tetep gak sebanyak kalo di kantor... Masa mau merah terus di kantor ya..heu.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

13

Topic: Exclusively Pumping

maaak, kalau dikantor sambil memakan apa saja kan? kl di rumah udah cape bgt dan biasanya gak sambil "giling" hihihi. coba mompanya tengah malem, setelah bobo, pasti dapet banyak! *Amiin*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Exclusively Pumping

colek mummyhilya, hahaha tau aja sehari2 memamah biak di kubikel, kibor sering kemasukan remah-remah :p Iya belum coba nih tipsnya Niniek soal alarm tengah malem, tau2 kebangun udah subuh aja baru pumping..tapi sekarang udah gak masanya pd netes2 atau LDR tiba-tiba lagi euyyy....kalo dulu pas baju kerasa basah jadi kebangun.

Sekarang bangun tidur 5 jam aja pd tetap kempes walaupun dipompa ada isinya...

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

15

Topic: Exclusively Pumping

soRella wrote:
colek mummyhilya, hahaha tau aja sehari2 memamah biak di kubikel, kibor sering kemasukan remah-remah :p Iya belum coba nih tipsnya Niniek soal alarm tengah malem, tau2 kebangun udah subuh aja baru pumping..tapi sekarang udah gak masanya pd netes2 atau LDR tiba-tiba lagi euyyy....kalo dulu pas baju kerasa basah jadi kebangun.

Sekarang bangun tidur 5 jam aja pd tetap kempes walaupun dipompa ada isinya...


ketahuan ya jadi suasana pas mompa juga ngaruh ke produksi asip, kalo dikantor enjoy sambil nyamil jadi banyak, kalo di rumah rasanya sdh capek, n secara ak exclusively pumping, kalo susu di botol Edo sdh habis, ketar-ketir,,,juga hadeuh blum waktunya mompa ini, itu baby sdh kayak mesin penyedot aja mimik asip nya...jadinya pas mompa ngag relax (ak bgt nih),

eh ternyata samaan ya kita, PD ak juga kadang even 5 jam nggak mompa tetep kempes nggak sampai netes gitu asinya, tapi kalo dipompa tetep kluar, even skrg produksi berkurang banyak, (mulai kemarin Edo officially pake tambahn sufor). jadi ya Edo full asi nya hanya sampai 7 bulan 10 hari. gugur sudah full asi sampai 9 bulan :(

God sent an Angel which is call Mother

16

Topic: Exclusively Pumping

dear moms,, salam kenal ya..
just want to share...
berdasarkan pengalaman pribadi utk meningkatkan ASI konsumsi habbatussauda (jintan hitam). dulu sebelum konsumsi 1xpumping per 3 jam dpt 50 ml, setelah konsumsi dpt 120-150 ml.
smoga membantu ya....

17

Topic: Exclusively Pumping

Azidnie iya bisa kok dicoba aja cluster pumping dan memperbnyk frekuensi memompa tiap hari. Akan butuh waktu utk meningkatkan produksi lagi tapi dibawa tanpa beban saja :)

Seneng bgt dengan support dan semangat ibu2 disini. Msh inget bgt di hari2 awal mulai e-ping aku sering kesini utk baca-baca, it helps a lot to know you're not alone. Dpt inspirasi bnyk seperti memompa di mall dan di mana2 dari Bunda Ndhis, Ndatha dan Niniek. Dulu klo mau pergi jalan2 stres pgnnya cepet pulang utk memompa, blm terpikir utk bawa breastpump dan memompa di jln. Sekarang mau pergi seharian hayo aja asal ada breastpump n coolerbag
Sama persis seperti Bunda Ndhis, dulu kalo liat ibu2 menyusui di mall rasanya pgn nangis, kalo ngeluarin botol utk ngasi Adnan susu dan diliatin orang pikiranku langsung defensif walaupun mungkin orang tsb gak ada maksud apa2. Soalnya pernah ngalamin ditanya2, diceramahin dan disalah2in pula ama ibu2 lactivist kepo yang sdg lewat. Saat itu aku sdg menjemur newborn Adnan yg kuning didepan rumah dan memberikan botol, yg saat itu isinya sufor krn asi perah ku blm cukup. Saking speechlessnya gw gak bisa membela diri, cuma bisa nahan airmata dan cepet2 masuk rumah. Gilaa dia pikir g orang uneducated yg malas memberikan ASI kali ya, sakit bgt hati g waktu itu.

Baru aja minggu lalu di nursing room ada ibu2 tua yg sedang ngeliatin anaknya menyusui ngeliat aku memakai nipple shield krn Adnan minta diboboin, nanya2 terus komentar "Sayang sekali gak bisa menyusui langsung" Aku cuma senyum sambil ngebatin dlm hati "Gak apa2 gak bs menyusui langsung, anak saya dan cucu ibu sama2 minum ASI kok"

Memang yg paling ideal utk situasi kita adalah mengatasi bingung puting dan menyingkirkan sebab2 lain bayi tidak bisa menyusui seperti tongue tie, tapi kembali ke slogannya The Urban Mama: There is always a different story in every parenting style!

18

Topic: Exclusively Pumping

Buat para e-ping mommy,,tetep semangat y,,,alhamdulillah minggu kemaren tgl 15 september, daniesh lulus ASIX..walo dari 2,5 bulan exclusive pumping,,setuju banget kata Jellybe4ans :kembali ke slogannya The Urban Mama: There is always a different story in every parenting style!

..How Wonderful My Life is since U in My World..

19

Topic: Exclusively Pumping

Congrats Ibunya Daniesh! Adnan 2 minggu lagi 6 bulan.... can't hardly wait! Sesudah itu melanjutkan perjuangan sejauh yg diizinkan Pencipta pabrik asi deh :)

20

Topic: Exclusively Pumping

Adnan 6 bln exclusive pumping hari ini :)

21

Topic: Exclusively Pumping

jellybe4ans, horee .. selamat makan Adnan ..

less ego, more heart

22

Topic: Exclusively Pumping

Jellybea4ns, selamat "lagi" buat Adnan,,,hehehe..

..How Wonderful My Life is since U in My World..

23

Topic: Exclusively Pumping

jellybe4ns
infonya lengkap banget.
ceritanya mirip2 sama aku
aku 3 bulan pertama eping nambah sufor
tapi setelah itu ternyata volume ASI masih bisa nambah dan cukup ASIX
salut sama perjuangannya. ternyata kualitas pompa pengaruh juga ya.

24

Topic: Exclusively Pumping

Mom-mom! ikutan share yah :)

btw thanks buat jellybe4ns infonya lengkap banget terutama soal power pumping/cluster pumping, saya mau praktekin ah hari ini :) produksi lagi menurun nih.

Momss, kalo cerita saya kaya gini..

semenjak saya hamil, saya udah lakuinn segala macem cara supaya nipple saya keluar. saya memang inverted nipple. tapi tetep tuh ga keluar sama sekali. karna masalah inverted nipple ini, kael (now 5mos) ga bisa menyusi langsung dari PD. jadi karna takut kelaparan waktu awal2 di RS kael terpaksa harus campur formula. waktu itu saya tetep latihan menyusi dan positif thinking haruss bisa ASIX apapun caranya.

long story short,asi saya deres di hari ke 5, dan saya beli pompa elektrik, tapi karna masi kejar tayang, terpaksa saya harus campur sufor dulu. tapi thanks God, saya campur sufor cuma 9 hari. hari ke 10 saya udah e-ping! mulailah sejak jadi eping mom itu 2-3 jam sekali saya pumping, kael bobo saya pumping, begitu aja terus kerjaan saya, walaupun mata uda 5 watt, tetep pumping. berkahnya asinya memang jadi lebih deres.

karna saya pengen ASIX, kira2 kael umur 2bln saya mulai was-was karna abis pumping slalu diminumin ke kael, sayapun gapunya stok ASIP yg cukup, dan bulan depan saya uda kerja.
akhirnya pake nipple shield dan mencoba2 menyusi pake nipple shield...susaaaaaaaaaahh dan seringkali nyerah karna ga sabar.
tp pelan-pelan akhirnya mulai bs juga dan kael mau menyusu langsung pake nipple shield.

problem barunya. saya harus pumping untuk stok sementara kael juga langsung menyusui walau pake nipple shield, kendalanya adalah kalau saya pumping sebelum kael menyusu..harus ada jeda sampe PD produksi asi lagi dan disusuin ke kael, tapi kalau saya pumping stelah kael menyusu pasti ASIP nya hasilnya sedikit.

jadi akhirnya saya milih pumping waktu kael bobo! saya pumping jam 6 pagi sekitar 15-20 menit, setelah itu sekitar jam 7an kael sudah menyusu, setelah kael bobo.. saya istirahat sebentar (sukur2 kalo bs nyolong2 tidur sebentar) jam 9 saya pumping lagi, kael bangun saya menyusi lagi, kael bobo sayanya pumping lagi.. begituu aja terus kegiatan saya.

sampe akhirnya saya masuk kantor lagi, setelah cuti 3bln, saya punya stok ASIP dikulkas kira 40 botol, walopun skrg stlh kerja stok ASIP menurun jadi 20 aja :p

karna produksi menurun, saya mau coba tips dari jellybe4ns untuk power pumping. selain itu saya juga masih terus-terusan konsumsi daun katuk dengan kuahhhh banyak, kacang ijo, sayur bayem, kacang-kacangan lain, buah-buahan,dan sayur ijo lain ini terbukti booster buat produksi asi kita.

buat ibu2, yang eping, semangat!!! jangan menyerah!!capek dan lelah memang, tapi terbayar kalo liat anak kita sehat dan tentunya hemat ga mengganggu perekonomian dunia hehehe *lebay*

saya sendiri sampe skrg dikantor masih pumping 3 jam sekali, walo suka meleset karna kerjaan/meeting!tp tetep usaha :)

perkembangan baiknya setelah hampir 3-4bln ini nyusuin pake nipple shield, kael sudah mulai bisa pelan-pelan nyusu tanpa nipple shield (udah crancky banget pake nipple shield,sering dimain-mainin PDnya, jadi nipple shieldnya copot2 terus)
nah baruuu aja tadi maleemm, kael nyusu langsung dari PD tanpa nipple shield!!!! *

makasih buat momi yang pada sharing perjuangan menyusui dan pumping, tips2nya berguna banget buat saya. :)

itu share saya momi2, maaap ya kalo kepanjangan hehe

25

Topic: Exclusively Pumping

jadi tambah semangat pumping nih baca thread ini.. ketemu mama2 seperjuangan.. aku e-ping karen inverted nipple.. jadi baby marsha kalo nyusu langsung udh keburu ngamuk dluan n sbntar2 nangis.. trus pas di hari ke 5-nya marsha masuk RS di blue light karena kuning yg sebabnya karena nyusunya kurang.. akhirnya mulai hari ke 5 itu aku pumping.. dari yang dapetnya cm 40ml karena stress liat marsha di sinar trus terpaksa ditambah sufor krn tiap 2 jam dy harus mnum 90ml.. sampe akhirnya bisa relax trus tiap pumping dapet 125ml.. skrg alhamdulillah ud ningkat lagi kalo pumping bisa dapet 160-200ml.. malah kalo dari tengah malem mpe pagi kebablasan lupa pumping pagi2 dapet 300ml..

yang paling susah dari eping tuh disiplin waktu pumpingnya ya.. yang terasa beraaattt banget kalo mlm :D

tp jadi semangat liat perjuangan mama2 dsini dan sll ingat baby marsha harus dapet asi bundanya.. alhamdulillah bsk baby marsha 3w ud punya tabungan 37botol asip yg isinya 100-125ml.. mdh2an terus nambah..


tetep semangat mama...