1

Topic: Breastfeeding

cluelessmom,
selama msh menyusui, ttp hrs dirawat pd-nya ya..
urut pd, terutama di daerah bawah ketiak yg biasanya terlupakan.
krn kondisi tiap busui kan mmg selalu berbeda ya..
jd ttp hrs dijaga kesehatan pd-nya ya :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Breastfeeding

cluelessmom setuju dg pendapat ibu eka, saya aja kalau sekarang seharian (>12jam) ngantor dan gak nyusuin langsung, masih berasa sakit loh. walaupun gak banget spt dulu, tp tetep ngerasa membatu dan sakit. padahal lagi hamil, anakku juga udah 12bulan +. emg selama masih nyusuin harus rajin pijat dan kompres PD. :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

3

Topic: Breastfeeding

sorry dikompres pakai apa ya mom?

mummyhilya wrote:
cluelessmom setuju dg pendapat ibu eka, saya aja kalau sekarang seharian (>12jam) ngantor dan gak nyusuin langsung, masih berasa sakit loh. walaupun gak banget spt dulu, tp tetep ngerasa membatu dan sakit. padahal lagi hamil, anakku juga udah 12bulan +. emg selama masih nyusuin harus rajin pijat dan kompres PD. :)

4

Topic: Breastfeeding

Salam kenal semua...
Ibu saya bilang mulai dari hamil dan udah ada perubahan pada pd-nya mesti sering2 dirawat dan dibersihin pake air hanget biar nti klo dah mulai menyusui gak terlalu sakit... tapi lom tau apa nti ngaruh pas pertama kali menyusui...
oh ya... untuk rencana ASi eksklusif apa mesti qt share ama dokter kandungan qt? tentang IMD nya juga ta?

5

Topic: Breastfeeding

widhi-mlg mungkin bisa baca2 juga ttg ASI keluar saat hamil. biasanya urban Mama juga sharing ttg mesti gimana untuk ngerbersiin puting, etc. semasa hamil sebagai persiapan ASI nantinya.

kalo mau share ke dokter, share ttg IMD. ASI exclusive nanti bisa di share dengan dokter anak.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Breastfeeding

widhi-mlg..mo nambahin yang dijelasin slesta :). Kalau di RS tempatku melahirkan kmrn, ketika mau lahiran mmg kita pesen ke dokter kandungan kalau kita mau IMD, dan juga pesan ke dokter anak & suster kalau kita mau memberi anak kita ASI ekslusif, jadi kalau ada masalah (spt ASI kita tidak langsung lancar keluar, bayi kuning dll), suster tidak akan memberi tambahan susu formula/larutan glukosa tanpa sezin kita sbg orang tuanya.

7

Topic: Breastfeeding

Dear Mamas, salam kenal semua, biasanya aku cuma jadi pengamat tp skrg pengen curhat dikit, sukur" ada yang sharing kalo pengalamannya sama.

Babyku umur 21D atau 3weeks sampai hari ini belum mau nyusu langsung. Dulu pas IMD cuma skin to skin contact aja kira" 15 menit trus diangkat sama Dsa nya :( ... Dari day 1 sampai day 4 aku coba latihan nyusu, hasilnya tiap nempel ke puting dia ketiduran, sampe suster" yang bantu bangunin pada gagal. Kalau ngga ketiduran dia nangis atau teriak" aja di depan puting.. Sampai akhirnya day 5 aku coba pumping ASIku lalu kukasih pake cup feeder, itupun hanya keluar 10-15ml skali pumping. pas kontrol pertama udah terlambat babyku keburu tinggi bilirubinnya akhrnya nginap di klinik 2 hari.
Aku terus berusaha melatih supaya babyku mau nyusu langsung. Untungnya setelah datengin konselor laktasi hasil pumping ku naik jadi 80-100ml sekali pumping. Aku tetap jejelin ASIP di akhir sesi menyusu yang masih selalu berakhir gagal, karena ngga tega liat tangisannya, ngga rela harus nginapin dia di klinik untuk disinar lagi. Sewaktu usianya 2weeks aku coba pakai sambungan puting/nipple contact medela ternyata dia mau nyedot meski ngga sampai 5 menit udah marah", feelingku mengatakan mungkin dia ngga sabaran karena biasanya dengan usaha yang sedikit bisa minum banyak (sekarang sekali minum ASIP 80-100ml).
Aku heran knp bisa begini, dari awal babyku ngga pernah dikasih sufor dan ngga pake dot. Namun sekarang bbrp kali sesi makan akhirnya aku pake dot juga karena kelelahan tiap 3 jam habis untuk melatih dia nyusu, minumin ASIP sampai dia kenyang, pumping setengah-1jam...
Saran yang kudapat rata" adalah dicoba terus masukin puting ke mulut bayi, namun entah kenapa optimisme itu mulai terasa kayak mitos atau cerita khayalan hiks...
Sekarang rasanya udah harus siap dengan kenyataan kalau babyku cuma bisa diberi ASIP, tapi apa bisa sampai 6bln ya... Apakah kalau menggunakan nipple contact kita bisa dapat rangsangan yang diperlukan untuk produktivitas ASI yah?
Sorry ya Mamas kalau kepanjangan :p

8

Topic: Breastfeeding

pipilepiu, sebenernya dengan ASIP pun memungkinkan banget untuk kasih ASI. mungkin mau coba baca-baca pengalaman mamas yang eping, atau tentang tongue tie, ada threadnya juga.
tentang penyebab bayi yang suka tidur bisa baca-baca artikel ini

kebetulan tidak punya pengalaman serupa jadi cuma bisa bantu dengan kasih link aja. semoga mamas yg lain bisa share ...

semangat ya :)

less ego, more heart

9

Topic: Breastfeeding

hai, selama ini jg silent reader dari mulai hamil sampe skrg baby B sudah 2 bulan :)

pipilepiu, percaya atau ga, baby B mulai menyusu langsung sesdah umur 1 bulan loh dan sampe sekarang masih menyusu langsung. Tiap hari aku ga berenti "maksain" baby B buat nyusu langsung, dgn alasan iri sama mama2 yg menyusui langsung anak2nya dan jg ga ada babysitter jd malas sering melanda kalo harus cuci botol susu :p

Baby B sempet minum sufor karena asi ga keluar, keluar sesudah hari ke-4 (aku melahirkan c-sect). sesudah pulang ke rumah, aku pompa 1 hari dapet paling2 500-an cc, dan kadang2 malam dibantu sufor karena baby B lapar dan ga mau nyusu langsung.

Sekarang masih menyusui langsung walau kondisi nipple kanan belah dan sempet berdarah, sekarang baby B latch nya mulai membaik walau aku blm ketemu konselor laktasi. Sempet nyari tp ybs ga ada di tempat.

jadi jangan nyerah ya :) walau pake acara gigit baju tiap kali baby B latch on, tp tetep semangat kasi asi. ekspresi baby B waktu minum asi langsung tuh sangat2 imut & ga ada tandingannya deh rasa bahagianya ;)

10

Topic: Breastfeeding

pipilepiu..bener kata alcyone, jgn menyerah dulu ya, sabar ya mba :). Bisa menyusui anak kita langsung sampai dia tertidur karena kekenyangan (eh ternyata di ASI ada Zat yang bisa bikin ngantuk lho, tapi lupa namanya), rasanya tak terbayar dengan apapun.

Sekedar cerita ya, walaupun aku SAHM, tapi aku juga mompa ASIP, untuk minumnya anakku kalau kutinggal nganter kakaknya ke sekolah. Nah, tadinya kan aku mau bersikeras pakai metoda minum dr cup feeder, apa daya ARTku dan mama mertua lebih memilih minumin lewat dari botol+dot. Nah, dl waktu anak pertama, untuk cuci-steril botol biasanya aku yang ngerjain, nah skrg krn sdh capek, untuk anak ke-2 ini kdg mslh cuci botol+dot kupercayakan sj pd orang lain. Dan krmn krn botol+dot yg kurang bersih, anakku kena disentri :(. Sedih banget bayi 3 bulan BAB berdarah. Alhamdulillah cuma 2 hari disentrinya.

Mmg ciptaan Allah paling sempurna, nenen langsung dari mamanya sudah praktis, paling higienis pula.

Tapi kalau sdh diusahakan dgn segala cara ttp gagal, tidak salah juga kok kalau Eping. Yang penting anak kita ttp bisa mendapat ASI

11

Topic: Breastfeeding

pipilepiu, semngat ya.. sedih baca ceritanya. ayo ayo jangan patah semangat!

12

Topic: Breastfeeding

Mbak Sidta n mamas lainnya, tfs yaa.
Aku udah liat tentang epingnya, bener" mengharukan kisah" mamas yang eping, tapi sekaligus membangun semangatku kembali..
Tapi memang ya perjuangan untuk asix terkadang bukan hanya masalah breastfeeding itu sendiri, aku juga ngalami cerita klise dikomentarin keluarga suami; minumnya babyku kurang lah, aku malas nyusuin lah...
padahal kalau mereka mau menyempatkan diri melihat kegiatanku sehari" hampir ngga mungkin aku nyoba nyusuin tiap 2 jam karena waktunya habis utk latihan nyusu, minum asip, pompa, mencoba utk menjaga suply ASI spt masak sayur hijau, minum yang banyak, trus juga menenangkan babyku kalau lagi rewel atau pekerjaan rumah lainnya..
Belum lagi mereka tidak tahu bahwa disaat babyku menangis sampai serak menolak puting sebenarnya hati ini sangat teriris, merasa gagal jadi ibu pun sempat kurasakan bahkan sempat menggugat 'kenapa aku dpercayakan seorang anak namun memberi makan dia saja aku tak bisa... :'(
Anyway, sekali thanks alot Mamas, setelah membaca tentang eping aku jadi semangat lagi, semoga bisa asix 6 bln, dengan cara apapun deh akan kujalanin. Doakan kami Mamas :)

13

Topic: Breastfeeding

pipilepiu...semangat ya sayang :)
Aku putingnya datar, untuk konselor laktasi & bidan di RS tempat aku melahirkan sangat membesarkan hatiku. Memang awalnya baby Audrey ngamuk2 kalau mau nyusu. Udah semangat 45 kelaperan,ehhh, puting mamanya ga bisa dicaplok. Sedih banget, bener kok miris rasanya liat pipinya belepotan ASI yang udah ngucur-ngucur, tapi nggak ada yang masuk ke mulutnya :(

Aku diresepkan nipple shield-nya Medela. Stress loh aku begitu pulang ke rumah. Setiap mau nyusuin harus ada suami / mama yang megangin nipple shield supaya ga jatoh2, secara kalau mau nyusu perang dulu sama Audrey karena dia justru narik nipple shield-nya dan ga mau dilepas. Ada masa-masanya kalau nyusuin malem-malem, pengennnn bgt nangis.

Setelah 1 bulan, karena beberapa teman punya pengalaman serupa bisa lepas dari nipple shield, aku memberanikan diri juga. Deg-degan banget. Apa bisa ya Audrey yang udah terbiasa pake puting silicone sekarang ketemu puting ibunya? Waaaa,perjuangan!! Masukin puting ke mulut kecilnya sussaaahhhhhhh....Nyokap pun sempat nggak mendukung usaha ini karena ga tega liat cucunya ngamuk-ngamuk..

Tapi puji Tuhan, sekarang Audrey 3M, udah lancar menyusui langsung. Untuk rangsangan produksi ASI, memang paling baik ya bayi yang menyedot langsung ke PD, tapi percaya deh, asal kita mompa, dan tetap usaha supaya bayi mau nyusuin langsung, lama-lama produksi ASI akan menyesuaikan..

Kalau boleh pinjem pesan dari sahabatku yang pro ASIX "tetek itu bodoh.semakin kita perbudak, justru semakin banyak produksi ASInya" :P

Semangat yaaa

14

Topic: Breastfeeding

pipilepiu, coba fokus ke menyusui aja, manjain diri dan rileks. makan enak, denger musik, nyusuin sambil nonton DVD dsb. tenangkan diri dulu, soalnya kalau kita gak nyaman bayi juga akhirnya galau ... :)

kalau memungkinkan coba cari bantuan untuk ngurus rumah, baju-baju bayi dan masak atau pesan katering aja yg gampang, istilahnya enggak ada kegiatan lain selain urusan ASI.

jadi inget dulu ASI-nya banyak karna nyaris ga turun dr ranjang kecuali ke kamar mandi ... disupport total sama ibu sampai makan aja disuapin ..

kalau butuh curhat kesini aja ya, nanti dikasih peluk virtual

semoga berhasil yaaa :D

less ego, more heart

15

Topic: Breastfeeding

pipilepiu *BIG hugs* setuju sama mamas diatas, semangat ya, buuu!! emang menyusui itu butuh perjuangan lahir batin. ga mudah memang, tapi mungkin. :)
bener kata Sidta, santai rileks aja... makan beli dulu/ pesan katering, kalau perlu nyalon, spa, ajak baby dan suami/mama/mertua/adik. pokoknya rileks dulu ya, say.. semangat!!!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

16

Topic: Breastfeeding

Mamas sekalian aku mau ikutan curhat dong..

Masalahku mirip sm pipilepiu. Bayiku (8hari) krn berat lahirny rendah jadi harus masuk inkubator dan aku br bisa menyusui langsung pas hari ke 5. Selama itu dia diminumin susu pakai dot. Dsa ny sih blg utk melatih reflek hisapny. Awalny sih g ada masalah pas aku nyusuin. Babyku bisa ngisepny cuma memang dia lama bgt nenny sampai akhirny dia kenyang. Tapi dua hari ini dia kayak g sabaran gt. Tiap aku dipanggil susterny utk nyusuin pas aku sodorin pdku awalny dia mau ngisep sebentar tapi terus dia kayak g sabaran dan nangis kejer. Akhirny terpaksa ditenangin dgn diminumin ASIP sedikit pakai sendok atau dot, cuma habis itu dia mau lanjut nyusu langsung lg.

Kira2 kenapa y mamas? Sedih rasany.. :(

17

Topic: Breastfeeding

Mums, lagi nungguin si bebi nongol nih, :)
biar asi-nya begitu lahiran keluar gimana ya mum?
kalo nursing tea bole nggak diminum pas hamil?

18

Topic: Breastfeeding

Amie_chan, kasusnya mirip ama baby B, walau baby B ga prematur. Makanya tiap hari aku paksain, latihan, 1 bln kemudian baru mau latching. Kayaknya faktor nenen perlu usaha, kl botol kan udah netes ga perlu usaha keras buat ngisep susunya. Baby B juga nangis berlinangan air mata wkt itu T.T sampe merah semuka2

19

Topic: Breastfeeding

habibah sering2 dibersiin puting nya sebelom lahiran. gue gak tau ya boleh ato gak minum nursing tea, tapi rasanya sih ga perlu. perbanyak makan kacang2an, sayuran dan air, ketika lahiran nanti juga wajar kok kalo asi ga langsung keluar. yang penting, anak tetap disusui, karena air ludahnya itu merangsang terproduksinya asi.

sebaiknya sekarang belajar dengan benar bagaimana cara menyusui yang benar, jadi nanti pas lahiran bisa menghindari hal2 yang tidak diinginkan kayak latching on yang salah yang berakibat puting lecet, dll. yang bikin pengalaman memberikan asi jadi tidak menyenangkan (yang mudah2an tidak membikin jadi stop)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Breastfeeding

Akyone selama itu babyny minum asi pakai apa mom? Disendokin kah sambil tetep latihan? Iya sih kayakny musti sabar y..hari ini pdku ditolak sama sekali sama babyku..makin sedih rasanya T_T

21

Topic: Breastfeeding

Selama itu pake botol susu, tp sebelum kasi botol susu, aku paksain nenen dulu, ampe nangis kejer br kasi asi pompa pake botol susu, jd tetep pompa, tetep paksain nenen. 1 bln deh kl baby B, dari awal yg nolak, sampe mau tp lom bisa latch, sampe latch tp ga bertahan lama, akhirnya bisa jg.
Sesudah ditinggal phei yek yg ngurus selama 1 bln, aku ajak ngobrol baby B, kasi tau kl maminya ga ada yg nemenin, kl pake botol musti pompa,musti cuci2 botol, jd B mau dunks nyusu langsung. Eh, ga lama lgs bs latch & sampe skrg nenen langsung. Ayo, optimis pasti bisa. Moga2 cepet mau ya. Tiap mau nyusu latihan aja :)

22

Topic: Breastfeeding

hello habibah, salam kenal ya. aku baru join nih.
kalo pengalamanku kemarin, kebetulan asi lgs keluar, tapi cuma seiprit, sedikit sekali, kalo dipompa cuma dapet 10ml.
nah setelah 5 hari kemudian, asi tiba2 melonjak drastis, menjadi 20ml, kemudian 30ml, hingga sekarang babyku sudah 2.5 bulan, kalo dipompa sudah bisa 150-180 ml.
kalo menurutku rahasianya adalah:
1. makan makanan bergizi, recomended banget, makan pare buuu..
kacang2an juga.
2. sering2 disusui langsung babynya
3. sering dipijet

to pipilepiu, tetap semangat ya bu, menurutku semuanya ada di pikiran kita, ketika kita optimis, pasti kita akan menemukan caranya.
dulu selama 2 mgg pertama babyku juga susah nyusu, karena uda kebiasaan disendokin dari asi perah, akhirnya 3 harian full aku paksa.
dari mulai menysui salah satu PD (yang kiri), karena yang kiri lebih mudah untuk babyku. yang kanan biasanya aku pompa aja. setelah yang kiri bisa, gantian yang kanan deh.
emang sih, pas belajar ga cuma babyku yang nangis.. aku juga.... hehehehehehe...
tapi tetap optimis, mba.. karena dengan menyusui langsung maka asi kita juga tambah banyak.

gbu dear

maminya rafael wira pramudya

23

Topic: Breastfeeding

sLesTa n litlemitsu
makasih banget ya tipsnya, :) aku juga mau optimis nih, baby-ku harus dapet yang terbaik, >.<

24

Topic: Breastfeeding

alo mamas....seneng bgt ya baca sharingnya...bermanfaat banget buat nambah pengetahuanku susu-menyusu....
aq juga punya pengalaman yg butuh masukan dari mamas semua yg udah expert dalam hal breastfeeding....waktu melahirkan checa (anak ke2) dua bulan yg lalu, proses persalinanku bisa dibilang lancar bgt, tp no body's perfect...secara asiku sih memang udah keluar di hari pertama setelah lahiran, bahkan pas hamil juga pernah keluar cairan bening gitu.

nah, dari abis lahiran smp sekarang sih memang asiku udah mulai bertambah banyak, tp setelah aq mulai kerja koq rasanya segitu2 terus ya (kalo mompa paling cuma 80-100ml) itu berkala 2-3 jam sekali. sampe sekarang juga masih segitu2 aja, kira2 apa penyebabnya ya? n bgmn caranya supaya aq bisa menghasilkan asi yg lebih banyak lagi? o iya, sekalian nanya sama yg udah pengalaman, sejak usia brp bln ya payudara qt mulai mbludak asinya?
thanks atas masukannya....^.^

25

Topic: Breastfeeding

mama mama Obefya, babybubebo, kucing kecil...diskusi untuk per-asip-an ada threadnya sendiri yaaa, disini membahas untuk menyusui langsung, problematika dsb..kalo soal stok asip, teknik merah, ada di thread Manajemen Asip *biar gak oot* :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com