1

Topic: Breastfeeding

dear moms,
saya mau tanya nich tentang cara penyimpanan asi... apakah boleh menyimpan asi yang sudah beku (sudah menjadi es) dipintu frezeer? makasih yaa infonya

2

Topic: Breastfeeding

wuryan, harusnya gak boleh karena pintu kulkas itu paling sering berubah suhunya akibat buka-tutup, tapi thread lengkap penyimpanan asip ada di thread Manajemen ASIP, mampir kesana ya :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

3

Topic: Breastfeeding

ooo gt yaa.. makasih yaa...

td baca jg katanya klo ubun2 cekung pertanda bayi kurang minum?apakah benar?anakku usia 5 bulan lebih 6 hari berat dah hampir 9 kl ubun2 nya cekung.. sehari klo ak tinggal minumnya 700ml apakah ini pertanda kekurangan minum ya mba..

makasih yaa infonya

soRella wrote:
wuryan, harusnya gak boleh karena pintu kulkas itu paling sering berubah suhunya akibat buka-tutup, tapi thread lengkap penyimpanan asip ada di thread Manajemen ASIP, mampir kesana ya :)

4

Topic: Breastfeeding

.. bingung mo cerita di sini apa di thread 'treatment untuk bayi yang terkena batuk pilek'.. (bu mods.. maaf ya, disemprit aja kalo salah kamar)..

Reno (4 m) udah sminggu ini batuk pilek, tp skrng tinggal grok2nya aja sih.., cumaa.. minumnya masih susah banget.. mungkin karena idungnya buntu jadi susah nyedotnya. stiap disodorin kendi, cuma dikenyot 2x, langsung buang muka :( akhirnya dipaksain kasih asip pake sendok. Lama2 kok khawatir juga ya? mungkin gak ya sampe nanti sembuh pun, dia udah gak mau nyusu dari kendinya lagi? padahal aku butuh dia buat ningkatin produksi asi (yang sekarang lagi turun karena stress dia sakit) huhu.. :(

working mom with full time mom's spirit..

5

Topic: Breastfeeding

astrid_ibureno yang pertama jangan stres dulu yah, kalo anak sakit kita pasti sedih, panik, tapi percaya deh kalo mamanya stres anaknya bisa kebawa juga, jadi susah sembuh. kalo reno belum mau mimik ya diperah dulu aja biar asi produksi terus. selanjutnya bagaimana tentang treat anak batpil lgsg aja baca di threadnya, banyak infonya kok...mungkin reno merasa ga nyaman banget dengan hidungnya so coba diatasi dulu hidung mampetnya.

6

Topic: Breastfeeding

wuryan aku pernah dikasih tau suster wkt di RS sih begitu ya, trs pernah baca juga dimana gitu..rata2 krn dia pada saat itu lagi kehausan, ya diperbanyak aja intakenya. 700ml/hari udah banyak banget, aku rasa sih bukan kurang ya, tapi mungkin jeda minumnya terlalu lama dari minum sebelumnya jd anaknya ud keburu haus, cmiiw.

astrid_ibureno, kalo mau sambil treatment, sambil menyusui sambil diuap aja bu, bisa pake telon/vicks baby/bawang merah. Taro lah di pinggir kasur, jadi Reno hirup uapnya juga, mungkin klo idungnya udah plog dia jg enak nyusu.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

7

Topic: Breastfeeding

lina_radityo, soRella....
kayanya emang harus diberesin dulu mampetnya yaa.. karena kalo abis diuap (biasanya pake air panas + minyak kayu putih), dia jadi mo minum.. mudah2an yang aku takutin untuk kedepannya gak terjadi. thx yaa.. *meluncur ke thread sebelah biar reno cepet sembuh* :)

working mom with full time mom's spirit..

8

Topic: Breastfeeding

Mama-mama sekalian.. Mo tanya nih...

Ada yang punya pengalaman melahirkannya dengan SC gak?
Trus selama di RS perawatan post SC itu buat managemen ASIXnya gimana ya? Bayinya langsung bisa sukses disusuin langsung ama Mama ato gimana? Soalnya kan mesti ada pengaruh dari anestesi selama SC itu ya ke produksi ASI... Boleh dong dishare cerita breastfeedingnya...

Maaf ya mom Mods klo ternyata postku ini salah thread. Abis bingung mau dimasukin thread mana.. Semoga gak salah kamar :D

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

9

Topic: Breastfeeding

jeng ietha aku sc dan smp skrg alhmdlh asix. Sebelum lahiran, tegaskan dulu ke bidan/dokter anak/suster kl kita mau asix, biar gak dikasih sufor. Setelah sc kan kita di-imd, kan yg dianestesi perut ke bawah jd PD tetep gak kebas. Unfortunately, sy dulu gak berhasil imd, krn proses kelahirannya lama banget jd babynya stress. Dan after observasi 6-8 jam, baby dikasih ke kita utk disusui. Alhmdlh kami (sy&hilya) sukses! Walopun lama dan sulit krn blm blh duduk ibunya.:) it really was beautiful...

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

10

Topic: Breastfeeding

Di trit ini sudahkah ada yang sharing mengenai mastitis? Kenapa bisa terjadi mastitis ya? Itu sedang terjadi pada saya, di puting payudara ada putih putih, informasi dari salah satu postingan di asiforbaby adalah hindmilk yang menyumbat, tak guna dikorek maupun dipecah. Nampak seperti nanah di lubang di puting dan bagian(kelenjar) yang menggumpal di dalam payudara itu rasanya sakiiiit. Sekarang saya gunakan saran dari ybs untuk rajin pijat yang bener, tetap disusukan dan kompres panas dingin. Kalau sampai demam mungkin saya akan lanjut ke dokter. Setelah diingat ada kejadian malam malam saya merasakan payudara tsb penuh hingga mau meledak rasanya dan langsung di pompa hingga kempes. Kedua payudara selalu disusukan bergantian(kecuali malam itu saking capainya hanya sebelah yang saya susukan), breastpad selalu diganti tiap mandi. Jadi kenapa ada mastitis ya? Buibu yang berpengalaman dgn mastitis mohon sharingnya, penyebab dan penyembuhannya..terimakasih.

hari ini adalah hari baik

11

Topic: Breastfeeding

Mamod, minta ijin ngelink diskusi mastitis yang saya sebut diatas, silahkan delete kalau nggak berkenan..
http://health.groups.yahoo.com/group/asiforbaby/message/40942?var=1
Nah, tidak disebut penyebabnya..jadi kenapa ya?

hari ini adalah hari baik

12

Topic: Breastfeeding

namila, beberapa kali udah disinggung sih tentang mastitis, tapi memang belum terstruktur dengan baik :) . yuk mari dibahas aja ...

penyebab mastitis ada 2
1. infektif; karena ada kuman yg masuk ke saluran air susu di puting payudara melalui perantaraan mulut atau hidung bayi saat menyusu
2. non infektif, saluran air susu tersumbat atau karena posisi menyusui yg kurang sempurna ..

yg kedua kayanya Tickzie pernah ngalamin deh, n udah share disini juga ...
btw, boleh lho nanti submit artikel ttg mastitis .. jika berkenan .. :)

less ego, more heart

13

Topic: Breastfeeding

Sidta, iya sdh dengar infeksi dan tersumbat itu..nebaknya sih ya kejadian malam malam itu yang membuat efeknya mastitis. Kesumbat mungkin, mungkin karena di pompa juga mestinya disusuin mungkin. Pengalaman saya menyusui kakaknya hingga 26 bulan nggak senyeri ini. Kalau penuh, bengkak, jadi meriang dikit sesekali dulu mengalami nah yang terakhir ini hingga ada putih putih hindmilk( need more sharing nih) itu di putingnya. Jadi kesinpulan sementaranya sih, merawat memijat payudara penting ting ting jangan sok pintar, dulu sudah pernah menyusui tahunan lantas mengabaikan perawatan..pelajaran berharga nih.
Berkat kejadan ini juga mulai menyisir trit breasfeeding ini... Ternyata banyak yang bilang posisi breasfeed favorit adalah tidur(page 6/7)..baru nyampe sana disambi soalnya.
Btw yang disebut mamod sidta postingan tickzie di cari itu nggak ketemu dgn fasilitas search atau saya yang salah ya nyarinya?

hari ini adalah hari baik

14

Topic: Breastfeeding

@ Sidta : heeii! baru baca..hmm..pantesan kuping benging kayak ada yang ngomongin :P heu..heu..submit artikel..waah.. harus kursus tata bahasa dulu :p
@ Namila : haiii.. linknya di sini , post 1210 halaman 49, :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

15

Topic: Breastfeeding

Tickzie, baru cek trit ini *ngurusin pd yang sakitnya maknyus* tks infonya tadi langsung ke tkp. Beneer, kalau sudah mastitis gini pojok favorit ya kamar mandi. Sambil pringas pringis mijet payudara.
Alhamdulillah, sdh mulai kembali normal. Ya itu rajin pijet dan disusuin. Kalau saya pijetnya pakai shower panas dingin bergantian jadi nggak repot kompres. Enaaak rasanya nyeri nyut nyutan kayak sengat lebah berkurang.

hari ini adalah hari baik

16

Topic: Breastfeeding

halo mama semua :)

kebetulan lagi bahas masalah mastitis, aku mau nambahin aja..
aku pernah 2x ngalami PD bengkak dan nyumbat, tapi ga sampe demam sih, jadi mungkin tergolong mastitis ringan ya..

treatment-nya.. selain kompres panas dingin dan terus disusuin, aku ikutin saran ibuku, yaitu kompres pake daun dadap serep. hihihi.. disini ada yang pernah gitu juga ga ya? dadap serep itu sebenernya terkenal sebagai obat tradisional untuk demam.

caranya :
lembaran daun diplintir-plintir trus ditempelin ke PD.
satu PD bisa banyak daun, sampe numpuk-numpuk gapapa.
beberapa saat kemudian, tuh daun jadi mengering. berarti saatnya ganti dengan daun yang baru. gitu seterusnya.. sambil diselingi kompres panas dingin dan disusukan.

syukurlah, setelah beberapa jam, PD yang tersumbat itu bisa kempes lagi dengan dipompa. padahal tadinya mampet, ga bisa keluar ASInya dengan cara apapun.

semoga membantu :)

17

Topic: Breastfeeding

sedang mengalami bengkak dan mendapati satu aliran asi yg tersumbat di puting sampe jd butiran putih gitu..lari ke thread ini dan ternyata sedang dibahas..thank god..

ternyata setelah dikompres panas-dingin itu emg ga langsung sembuh ya, moms? barusan dicoba kompres dan agak 'melentur' sih..tp tetep butiran putih di puting itu msh ada :( nanti akan coba rajin2 pijat dan kompres deh..mudah2an ga sampe demam. amin. *berdoa dg khusuk

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

18

Topic: Breastfeeding

Prastawa, imo tetap 3 langkah dilakukan hingga pd normal yakni pd yang nyeri dipijat+kompres panas dingin bergantian, tetap disusukan bukan di pompa(walaupun nahan sakitnya jadi kayak kuda lumping gedebukan), dicari posisi menyusui yang bener(bibir bayi dower atas bawah bukan mingkem) dan kalau bisa rehat dulu dari menyusui sambil tiduran. Semoga cepet membaik ya...nah, saya jadi curiga nih sama perah pakai breaspump apakah berkaitan dgn timbulnya mastitis karena masalahnya saya lancar jaya menyusui kakaknya dulu bahkan hingga 26 bulan, no pumping no mastitis. Ada yang mau urun pengalaman?
Oya, putih putihnya jangan dicungkil ya nanti beneran infeksi tuh dan kalau timbul demam berlanjut mesti butuh pertolongan dokter.

hari ini adalah hari baik

19

Topic: Breastfeeding

elfandrani, aku juga dikasih daun dadap sama mak urut, tp waktu itu efeknya cuma kaya kompres dingin. Sumbatannya bandel:(. Banyak siy yg pada berhasil pake daun dadap ini.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

20

Topic: Breastfeeding

namila
omaigot! untung ga keburu dcungkil..krn pengalamannya tanteku, dia ngeluarin tu yg nyumbat putingnya segede beras katanya. untuuuuunggg aja gw ga nekat.

Alhamduliilah udah kempes ni skrg, trearment terakhir yg lumayan pengaruh bgt adalah dikompres NaCl trus disusuin semaleman ke baby.

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com

21

Topic: Breastfeeding

hihihi lagi seru bahas mastitis, ya.. semoga cepet sehat ya, bukibuk.:D
mamas, i need an answer. bbrp hari ini asi saya kok jadi lebih berbau amis,ya? walaupun teksturnya jadi lebih kental dari biasanya. dan di kulit hilya agak2 kaya biang keringet gitu.. seems to be allergic. padahal saya gak makan yang aneh2, loh.. emang sih amisnya gak menyengat, tapi saya jadi gak pe de, nih. apakah ada pengaruhnya karena saya sedang menstruasi? please help.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

22

Topic: Breastfeeding

Prastawa, Larutan nacl begitu? Dari apotik atau bikin larutan sendiri dari garam dapur? Iya sih garam dapur juga antiseptik alami tfs ya. Syukurlah kalau sudah kempes. Kalau saya kemarn kempes sudah tapi sakitnya masih jari treatmen penormalan masih dilanjutkan hingga putih putih lenyap dan sensasi sakit di putingnya sdh lenyap.

hari ini adalah hari baik

23

Topic: Breastfeeding

Pengalaman menyusui arlan 4,5 bln termasuk berkesan dan penuh perjuangan.dr awal kelahiran arlan aku berniat full asi,tp di hari ke 5 pulang rs arlan rewel nangis dr jam5 sore sampe jam 2 malam.aku susui tp ttp nangis.ga tega aku buka susu formula.sesudah minum sufor dia tidur tenang.paginya dia ga mau menyusui sama aku,tiap disodorin pd langsung nangis histeris.akhirnya aku temui dia bingung puting.sejak saat itu dia minum asi dr botol.di bulan pertama masi suka dikasi sufor maximal 3x / hr krn produksi asi yg blom max.sambil ngasi asi dlms. Botol aku terus mencoba memberi asi secara langsung ke arlan.hasilnya selalu menangis histeris.hasil diskusi dgn ahli laktasi dan para org tua dan kerja keras tak kenal lelah umur 2 bulan 2 minggu arlan uda mau menyusui langsung di pd aku.awal2 stiap menyusui arlan seperti menggerutu/ngomek pake cara bayi gt.lama2 uda engak.mala skrg dia mau 5 bulan aku agak bingung pengen dia bisa minum asi dlm botol krn mertua ku mengeluh dia ga bisa kasi susu arlan pake sendok/feeder cup krn uda tua kecdpatan tgn mengalahkan kegesitan anakku jd tumpah2.sampe skrg arlan ttp susah minum dr botol.cuma digigit2.bagi moms yg ngalamin baby nya ga mau nyusu langsung krn sempet keenakan pake botol jgn give up mreka bisa mau lg asal kita nya sabar dan telaten untk coba ngasi pd.kalo ga mau,gpp besok dicoba lagi.sekian critanya mudah2-an bisa jadi semangat buat moms lainnya

24

Topic: Breastfeeding

Arlansmom, bayi saya 4,5bulan juga nolak minum dari botol...uda 2minggu ini dicoba dengan berbagai model botol termasuk botol sendok, tp kadang bisa kadang ga mau...cuma digigit2 aja.. jadinya saya kerja cuma bisa setengah hari de, daripada hui puasa..hehe

utk arlan sendiri, apa sampe trauma liat botol susu mom ??

25

Topic: Breastfeeding

mamas mw tanya dunks terutama yg babynya seumuran, Megumi (1W to 11M), sekarang2x kl nenennya bentar trus sambil maen, paling isep2x bentar trus maen, hrs d panggil dlu br isp2x lg, gtu terus. Paling khusyuk nenenny kl malem mw tidur aja, normal g y?kwatir kurang minum asi aja, apalg dya termasuk yg minum asipnya sedikit (max. cuma 80ml). Standarny bayi 11M minum asi (langsung + asip) brp kali y?kl aku liat d buku panduan hermina (ada jadwal makan n minum susu), minum asip 3-4x/hari.

N kl baby kita udh 1thn, masih hrs mompa 3jam sekali g y kl d kantor?
TIA