1

Topic: Breastfeeding

gilz iya! setuju! mending ke konselor laktasi di sentra laktasi aja,mom. dulu gue ngerasa ud bener meresnya, ternyata diajarin di carolus gimana cara meres yg bener dan efektif. my way is not so right..:( tetep semangat ya, mum. btw, apakah dikau mengalami inverted nipples? dulu ibuku juga begitu pas menyusui gue (secara anak pertama, ya, bo) lecet smp berdarah2 krn inverted nipple. best way is to meet lactation counselor. tetep semanagt, ya, mom.:)
soRella selamat ulang bulan juga, arraf! *maap oot*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

2

Topic: Breastfeeding

mummyhilya
Thanks supportnya yah
:).aq rada khawatir krn slm ini kn topup sufor.takutnya kepedean cukup,ga taunya kurang.
ceicalia
Linknya uda kubaca.aq jg lg perbaikan gizi (ky anak kos),minum mamasoya+sari kurma jg.pede deh.trims ya :)

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

3

Topic: Breastfeeding

gilz

Kalau lecet sedemikian lama, selain perlekatan yang kurang pas perlu dipekirkan juga kemungkinan infeksi jamur. Saran saya sih ke klinik laktasi atau konselor laktasi. Klo gak salah di Bandung ada konselor laktasi Aimi yang juga dokter sehingga bisa sekalian dapat resep kalo emang jamur

4

Topic: Breastfeeding

Halo mamas,aduh mudah2an gak salah thread ya... Gini,anak ke2 saya Arkan (4months) kalau nenen suka keluar lagi asinya lewat hidung. Memang dari NB klu gumoh keluar dari hidung juga. Tapi saya tdk terlalu khawatir karena itu wajar pada bayi. Nah yg bikin saya agak bingung ya masalah asi yg keluar lwt hidung ini. Mohon pendapatnya dong mamas, itu wajar gak? Soalnya hal tsb tdk terjadi ketika saya menyusui anak pertama saya dulu... Thax b4 yaaa

5

Topic: Breastfeeding

mama-tee, ada beberapa mamas yg sharing soal ASI keluar lewat hidung .. tapi sharingnya di thread mengatasi bayi gumoh ...
silakan dibaca dulu ya, semoga gumohnya Arkan bisa segera teratasi ..

less ego, more heart

6

Topic: Breastfeeding

to quit or not to quit breastfeed....

moms ... ahir ahir ini kok punya perasaan mau stop asi in si kecil ezekiel yah he is only 5 m.o ,sepertinya semua org udah ga mendukung utk asiin lagi ... dibilang udah besar .. udah ga butuh asi ... repot dll ..

karena dia skrg udah mix formula juga kalo siang ... malam full asi bukannya tetap lebih baik dia dapat asi moms?

ahir ahir ini juga PD sebelah kiri susah sekali LDR nya ... jadi si kecil nangiss terus dan ahirnya aku pindahin ke kanan terus .. kenapa yah momss.. ada yg punya problem sama ?....
juga sepertinya produk asi menurun jauh .. karena baby ga kenyang keliatannya ...
i need your help moms,

7

Topic: Breastfeeding

Bonita, nggak usah terlalu dipikirkan y mbak omongan2 orang. gpp klo ezekiel mix sufor. nikmati aja breastfeeding-ny. si kecil butuh ASI bukan cuma untuk perutnya lho, tapi jiwanya juga. menyusui kn memperkuat ikatan batin juga :). kalo ASI masih ada, walopun sedikit, dan ezekiel masih suka nenen, lanjutkan. biarkan sufor mengisi celah di perutnya, tapi setidaknya ezekiel masih bisa menikmati kedekatan ketika menyusu. nanti klo memang sudah pas-pasan banget ASI-ny, insy berhenti sendiri kok.
aku juga sempet mix sufor, karena ASI udah dikit bgt. Asa biasanya sufor dulu sedikit, baru nenen, kalo kurang ya tambah sufor lagi. dengan gitu biasanya dia bisa lebih tenang nenen dan kami menikmatinya. bisa sambil becanda gitu .. :) g pernah mikir ASI-ny cukup/g, karena kn ada sufor jg klo kurang. alhamdulillah sampai skrg Asa 20 bulan, kami masih bisa menikmati nenen ...
semangat ya ...

less ego, more heart

8

Topic: Breastfeeding

bonita,
same here, my baby is 6 mths old, and dah sebulanan asi naik turun. ketauan bgt dari hasil asip g, secara g mompa kalo kerja. jadi dah tambal sulam sama stock freezer yg dah bisa dibilang jg tinggal nunggu hari abis. tapi kalo g sih masi prinsipnya asi sampe tetes terakhir. soalnya my baby belom siap stop nyusuin. kasian sih kadang kalo pas dikit dia bisa rewel, yha sama pindah kiri kanan. kalo g yg kiri yg lebih banyak, yg kanan dipompa bisa cuman 30ml.
tp menurut g sih masi lebih baik selama ada asi yha dijalanin aja, apalg kalo nyusuin langsung. biar dikit pasti masi better than nothing.
g lg mau nyoba nursing tea sih, sama jus pare lg rutin, moga2 bantu yha.
quitting asi is not an option for me sih, waduh, bisa geger dunia, ini aja kalo lg nyusuin g copot ( padahal maksudnya mau pindah pd), dia guling2an ke arah g sambil nangis2 memelas, ngga tegaaaaa

9

Topic: Breastfeeding

Bonita
Coba deh ketika sedang menyusui matanya sambil dipejamkan. Relax..... dan sambil berdoa "tolong berikan ASI yang melimpah untuk anak saya"
Before i knew what LDR was, i used to pray every time i breastfed my daughter.. And it works!

HTH :D
cheer up yaaaa

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

10

Topic: Breastfeeding

Btw, udah ada link khusus donor ASI belum ya? *sambil clingak clinguk*
Atau langsung via twitter?
Sayang nih daripada ASInya kebuang

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

11

Topic: Breastfeeding

aqeela cek di bagian donations deh. itu kan bisa digunakan untuk donor ASI.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Breastfeeding

sLesTa
thx mamod... meluncuuuurrrrr....

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

13

Topic: Breastfeeding

pengalaman breastfeedingku rasanya cukup lancar...

Arza lahir jam 11.45 siang 16 feb 2011 kemarin di rmh skit bersalin daerah panglima polim. Sayangnya gak bisa IMD karena Arza lahir agak kebiruan (tp alhamdulilah dia sehat). setelah observasi bayi selama 6 Jam, pukul 19.30 suster datang ke kamarku bawa Arza buat dikasih ASI. Suster memencet putingku dan kluar cairan kuning bening (colostrum), langsung deh menyusui Arza. Tapi namanya juga baby newborn baru beberapa jam lahir, nyusu dikit langsung tidur. Besok-besoknya Arza rooming in, jadinya bisa menyusui dia kapan aja dan papanya bisa puas gendongin dia (walhasil bau tangan Arzanya).

Sempet ngalamin mastitis dua kali, pertama di rumah sakit. malam ketiga itu pd bengkak tp ga sampe meriang sihh.. langsung dipijit susternya di ruang mnyusui di kamar bayi. pertama disuruh pompa dlu terus di kompres panas dingin, and then dipijet sama susternya. ampun, sakit bangeeeet..
hari ke empat di rmh sakit puting lecet, pakai medela pureland dua kali langsung sembuh (it's so help).

mastitis kedua, hari pertama dirumah. Menggigil sejadinya, pd bengkak dua-duanya. untungnya ak dilungsurin breastpump pigeon, setelah mompa dan agak kempes langsung di kompres. Tapi ga ada obat mastitis yg paling ampuh selain isapan si bayi itu sendiri. Pas Arza nyusu, sakitku hilang semua.

to be continue...... hehehe

14

Topic: Breastfeeding

Benji pertama kali ngerasain sufor duluan daripada asi. Pihak RSB terlanjur ngasih sufor dengan pertimbangan akunya belum pulih setelah di SC. Padahal aku baca2 SC kan ga menghalangi proses menyusui langsung. Alhasil, setelah aku dipindah ke kamar inap, pas mo nenenin si Benji malah protes2. Kita akhirnya tetap ngasih sufor. Pulangnya, aku ga menyerah ngajarin Benji nenen. Walaupun tetap diselingi sufor, dia akhirnya berhasil nenen, malah hampir selalu ketiduran pas nenen dengan mimik puas :D . Akunya makin pede, dan finally masuk usia 3 bulan Benji distop sufor karena dianya dah ga mau sama sekali. Sampe sekarang (Benji 5m+) tetap asi. Memang sih, kalo bayi terlihat ga puas, protes, ato marah2 kita mikirnya asi ga cukup. Yang aku tau nih, tanda asi ga cukup ya bayinya dehidrasi, en pertumbuhan bb-tb nya kurang. Jadi bayi sering protes bukan berarti asi ga cukup. Hasil asip juga ga bisa jadi patokan asi cukup/kurang sih, cuma menunjukkan seberapa banyak yg mampu kita perah, bukan asi total yg diproduksi PD. Mungkin aja waktu itu kita merahnya ga rileks, kecapean, dll yg menghambat keluarnya asi. Menyusui baik langsung maupun asip imo, yg penting pede, rileks, sambil doa mudah2an bener asinya cukup diminum bayi, yg hasilnya bisa dilihat melalui peningkatan bb-tb bayi. Mungkin ada pendapat lain juga yaa :)

Mommy ? Superben

15

Topic: Breastfeeding

thanks semua momss... aku decided untuk lanjutin asi lagi ...:) thanks buat support nya ..im thinking about trying the nursing tea ... :) ,setelah baca dukungan dari moms ...jadi lebih semangat lagi ...terima kasih yahh momsss.:) ,soalnya sebener nya asi ku masih ada lumayan banyak ... cuma yg sebalah kiri ajah ,si kecil suka ga mau .. mungkin ga nyaman posisi nya ... tapi kalo malam dia mau .... ,... karena stress juga mungkin jadi pengaruh dgn produksi asi ku ... ...:) once again thankkss momss

16

Topic: Breastfeeding

Bonita..ayo mom, semangat :). Btw aku juga sejak ilyasa 10-11 bulan juga menyusui dengan 1 PD kok, tapi yang kiri krn dia menolak PD yang kanan. Dan ternyata walau cuma dari 1 PD bisa juga kok, produksi di PD kiri jadi meningkat tajam krn dinenen terus. Sempat bingung juga trus PD kanan ini buat apa, tapi diluar dugaan akhirnya malah bisa menyapih dia dr PD kanan yang selama ini dia tolak. Surprise juga :)

17

Topic: Breastfeeding

Bonita
Aku dulu juga kalo menyusui cuma sebelah kiri aja, kalo dikasih yang kanan nangis2 kekejer.. Dalam sehari cuma sukses nyusuin yang kanan 1x aja. Akhirnya menginjak usia Rara 2 bulan saya nyerah, gak tega ngliat Rara nangis kalo disusuin yang sebelah kanan. Tapi yang kanan tetep rutin dipompa, biar produksinya gak turun drastis..

(waktu itu puting sebelah kanan gak semenonjol yang sebelah kiri, walaupun secara teori menonjol atau gaknya gak mempengaruhi kemampuan menyusui bayi but in my case ternyata tetep pengaruh)

Menginjak Rara usia 6-7 bulan (udah mulai bisa duduk) sering saya sodorin PD yg sebelah kanan. Dan alhamdulillah mau tanpa adegan nangis2 sebelumnya.. Mungkin karena reflek hisapnya udah bagus ya, dan Rara juga udah tau harus "nyosor" ke arah mana, hehe..

Sekarang di usianya yang 1 tahun Rara malah tambah iseng. Kalo ngliat saya pulang kantor buat mompa (sambil duduk di kursi) nanti Rara langsung merangkak dengan full speed. Abis itu sambil berdiri di depan kursi dia mainin pompanya, dan kadang2 mimik langsung. Dan itu bikin proses mompanya semakin cepet loh (krn LDRnya juga tambah cepet)

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

18

Topic: Breastfeeding

mummies please advise. dalam waktu dekat ini (which is abt a week from now) saya akan pergi ke LN untuk dinas. Ngga lama sih, sekitar 3-4 hari gitu. awalnya berencana buat bawa my hilya, tapiiiii karena ini dinas, ya, meaning bakalan seharian full meeting dan workshop, agaknya kasihan kl maksain bawa baby. jadinya hilya mau ditinggal aja. masalahnya stok asi akhir2 ini agak2 kejar tayang gitu, mompa dpt 400-450, minumnya 500. *fiuuh* untungnya sabtu -ahad saya tetep pumping, walau hasilnya plg bnyk dpt 300.
pertanyaannya, kl pk nursing tea itu seberapa efektif utk menaikkan produksi? berapa % kenaikannya? apakah rasa ASI jadi brubah?

TIA ya, mamas:)
-ibunya hilya yg sedang gundah gulana-

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: Breastfeeding

mummyhilya
i wish i could donate my ASIP for hilya.. sayangnya aku di jogja :( lagi bingung nih nyari orang yang mau ASIPku, kalo dibuang sayang banget..

Btw, mau nanya nih..
Mamas yang udah lewat S2 ASI, konsumsi anak selama working hour kira2 berapa ml ya? Kok keliatannya intake ASInya Rara dikit banget.
Terus frekuensi pompa?
*mudah2an gak salah kamar ya*

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

20

Topic: Breastfeeding

aqeela klo berdasarkan pengalaman anak pertama dulu sih memang makin gede konsumsi asipnya berkurang, kan udah mulai makan + minum yg lain. Kadang sempet punya pikiran kok minum asipnya dikit :D tp so far anaknya fine2 aja sih, jd ya gak masalah.
Bahkan aku sampe ngasih jus buah aja pake asip :D
Tapi yg pasti setiap anak itu beda2 kebutuhan asipnya....

Dulu anak pertama aku pumping dikantor sampe anak umur 2th tp mulai umur 18bln dirumah udah gak pumping lagi, pumpingnya cuma dikantor aja :)

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

21

Topic: Breastfeeding

cinta
Rara mau minum ASIP kalo mau bobo aja. Selebihnya cuma dibuat mainan :( Selama aku tinggal kerja bobo 2x, pagi ama siang. Total ASIP yang diminum maksimal 250ml. Itu maksimal loh ya.. Kadang2 200ml aja gak nyampe..
Sedangkan aku mompa sehari 2x bisa dapet 450ml-an. Dan sekarang sedang bingung mencari saudara sepersusuan :) Freezer udah penuh dan tampaknya MIL akan keberatan kalo saya beli kulkas baru

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

22

Topic: Breastfeeding

Mamas,needs sharing nya..di awali saat anakku pav (4mos) hrs blue light wkt umur 1mo,berhubung dia di RS sndr tiap hari aku sll mompa unt stok dia disana..stlh pulang rutinitas balik lg dan krn aku SAHM sll menyusu lsg. Nah, udh 2bln ini entah knp my right boobs is bigger than my left..udh dicoba.unt pompa,lbh srg nyusuin dari kiri tp tetep yg kanan sptnya produksi lbh bny..udh gitu yg kiri jd kempot dan kempes plus sptnya isinya berkurang.. Knp ya,mam? Dan gmana ngatasinnya? Atau memang wajar? Berhubung ini ga tjd wkt anak pertama,skrg jd bingung *dan kuatir ga lulus asi*

tx in advance, dear mamas :)

mother | wife | baker wanna be

23

Topic: Breastfeeding

mami Yo hehe sama nih masalahnya, lebih gede sebelah :P tapi gue yang kiri, dan itu emang ngaruh banget jdnya ke produksi asi, yg kiri jauuuhhh lebih banyak daripada yang kanan. klo lagi penuh banget, kanan maksimal banget 100cc, kalo yg kiri bisa ampe 200cc sendiri, jomplang banget kan ya padahal udah sering dibiasain aysha mimi di PD kanan, tetep aja ga ngaruh. tapi ga usah takut, gue masih bisa asi sampe skrg aysha 20 bln ko,sampe umur setaun full asi..oia dan gue WM.. :)

~Aysha's mom~

24

Topic: Breastfeeding

mia septiana,iya..kl yg kanan diperes bisa 150cc, yg kiri 50cc sajah..berarti emang gpp dan ga ngaruh ke produksi susunya ya..tx alot,mom :)

mother | wife | baker wanna be

25

Topic: Breastfeeding

mami Yo hehehe iya, sebel juga sih keliatannya ga oke banget gede sebelah :D :D cuma ya udah pasrah aja yang penting asi nya tetep keluar, walo lebih sedikit..yakin ajaa :)

~Aysha's mom~