1

Topic: Breastfeeding

Breastfeeding itu benar-benar perjuangan...

Pernah ada ucapan dari salah seorang anggota keluarga, kalau caesar pasti ASInya susah. Sempet khawatir kalau Malik ga akan dapat supply ASI yang cukup. Alhamdulillah, kolostrum udah keluar dari akhir masa kehamilan. Jadi, aku ga terlalu mengalami masalah dengan supply ASI di awal kelahiran. Malah PD sempat bengkak luar biasa di hari kedua gara-gara stok banyak tapi Malik minumnya masih dikit dan aku belom belajar mompa.

Hari ketiga di rumah sakit, Malik harus di blue light karena kuning. Suster 'memaksa' untuk mompa setiap dua jam sekali. Yang namanya sedih karena dipisah sama anak dicampur stress karena pressure untuk stok ASI setiap dua jam sekali, akhirnya PD jadi lembek minta ampun dan kok ya agak menciut. 4 kali perah masih dapat 50ml sekali perah, setelah itu...gada yang keluar sama sekali. stresssss.....akhirnya menyerah dan mulai cari donor ASI. daripada Malik ga minum sama sekali...

Setelah pulang ke rumah, masalahnya beda lagi. ada anggota keluarga yang bukannya memberi sugesti positif, malah sebaliknya, dia beranggapan ASI aku pasti ga lancar dan kurang karena ga sampai netes-netes kaya dia waktu hamil dulu. Emang sih, ASI aku ga sampai banjir gitu...bahkan washable breastpads yang aku beli ga pernah disentuh sama sekali. tapi Alhamdulillah banget selalu ada kalau Malik minta nyusu. sampai Malik usia 6 hari, PD aku tetep lembek dan letoy kaya gada isinya...sempet nangis gara-gara kepikiran apa bener ASI aku ga lancar yah.

akhirnya aku sharing pengalaman sama beberapa temen deket, salah seorangnya bilang..."ASI itu mind games". jadi, kalau kita positive thinking ASI kita banyak...ya insyaAllah, ASI kita pasti banyak. akhirnya aku bertekad kuat buat merah dan positive thinking pasti bisa. Hari pertama merah dapat 40ml, hari kedua dapat 60ml, hari ketiga dapat 80ml dan hari ini Alhamdulillah banget dapat 130ml. walau baru merah sekali sehari tapi yah yang penting usahanya dulu. semoga ke depannya bisa lebih sering merah dan bisa dapat lebih banyak.

Moral of the story:
1. ASI itu mind games, kita harus positive thinking.
2. jangan terlalu terpengaruh sama pendapat negatif orang sekitar, kalau kita yakin kita bisa, InsyaAllah kita bisa.

There is no such thing as "the best way" in parenting, it is either my way or your way.

www.me-and-mr-d.blogspot.com
@CutFika

2

Topic: Breastfeeding

Piyut, Va' skg 11 bulan, dan selama ini aku juga SAHM bwt dia... Sampai sekarang anaknya kalau tidur juga bangun tiap 3 jam-an kok bwt nenn..

Tapi entah kenapa aku si ngerasanya bukan karena dia laper, tp lebih karena dia kebiasaan aja.. Jujur dulu waktu 4-6 bulan aku kalau malem bangunin dia tiap 3jam buat nenn, krn aku males kalau harus mompa :(
Akhirnya sekarang aku liat anaknya jadi terpola ngelilir malem tiap 3jam an cuma buat nyari nenn bukan karena makannya kurang :( (peer banget ni buat ngerubah kebiasaan ini)

Jadi kalau di Va' dia bangun minta nenn tiap malem karena kebiasaan dan faktor kenyamanan dia, kalau dia ngelilir dan aku ga ngasih2 nenn dia sadar aku pasti lagi pergi atau engga deket2 dia...


Untuk Top Up, kalau ternyata memang dirasa perlu...it's okay di top up.. Tohh Mommy always know the best :)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

3

Topic: Breastfeeding

PiNkmomma

Wah,,thanks banget ya..iya nih, kayaknya arza juga karena kebiasaan ajah coz nenen-nya cuma bentar banget dan kadang cuma diendus atau dicium bentar PD-nya trus lanjut bobo lagi. Kayaknya dia cuma pingin make sure klo mama-nya ada di smaping dia..

Jadi sekarang,,..Gimana ya cara ngerubah kebiasaannya yang ini?

iya,,bener banget yang dibilang Icut soal positive thingking. Sempat kepikiran buat top up sufor trus aku sugesti diriku klo asiku masih cukup..masih cukup banget..dan Alhamdulillah mulai kerasa kencang dan penuh lagi walopun cuma yang kanan...:).

Mamas,,kok PD-ku yang kiri kayak g ada isinya ya? Arza g mau nyusu dari yang kiri, cuma mau yang kanan.Ada yang ngalamin seperti ini?
thanks

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

4

Topic: Breastfeeding

Icut
bener bgt (aku juga sc), malah pas detik-detik akhir kehamilan payudaraku juga lembek dan ga kaya ibu-ibu di kelas senam hamil yg dr umur kehamilan 8 bulan udah suka netes, malah mamaku bilang "gil,km mimi kamu lembek ini ada asi nya ga" alhamdulillahnya godiva dtng aku lsng susuin dan di dlm pikiranku ga pernah kelintas asi nya ga keluar krn ada yg bilang isapan bayi itu ngerangsang Payudara untuk terus produksi asi, selama d RS godiva aku bolehin buat campur ASI dan sufor tp setelah pulang kerumah sampe skrng godiva (2m3w) alhamdulillah full asi dan biar payudara aku lembek tp asi tetep banjir, yang penting semangat terus ya icut buat susuin kan yg penting asi ada pas malik butuh jd ga perlua berlebihan hehehehe btw aku udah ga pernah mompa krn godiva selalu ga mau mimi pake dot. Dan setuju banget klo asi itu mind games :)

umineko
yes betul bgt lama sembuhnya klo lecet krn terus dimimiin, btw skrng aku juga lg lecet yg udah putih ky sariawan udah 1 minggu ga sembuh" tp rasa sakitnya agak berkurang krn terus"an dimimiin percaya deh mending lecet dr pada payudara bengkak dan kita demam gara2 ga dimimiin, klo aku sakitnya berkurang pake minyak kletik gitu di panasin diatas lilin trs pake kapas ditotolin ke yg sakitnya terus ajah tar agak berkurang soalnya aku pak olesan2 gt juga ga sembuh2

5

Topic: Breastfeeding

Umineko Icut gue juga lahirnya almost normal (c-section, maksute)... dan PD gue tetep kenceng2 aja, tapi.... pas DSA anak gue visite ke kamar, karena konsul baby Hilya pas lahir hipotermia, dia bilang, kok gak kenceng, ya, bu.. langsung kempes, deh tuh PD.
Untungnya pas disusui, Hilyanya udah bisa (menurut gue) jadi mulai produksi lagi. emang kalo bayi baru lahir, nyusunya lama, sambil bobo2 an dulu.. nangis2 dulu, dll. Kalo gue dulu sempet bengka, meriang, sengkelan di ketiak pas Hilya umur 4 hari. nangis2 krn ga bisa merah, dipompa cm dapet 30ml, dan... LECET buanget.
nyembuhin lecetnya kata orang2 dikasih asinya, tapi di gue gak ngaruh. jadi, ya, nyusuin sambil meringis2. jangan kuatir, lama2 kapalan dan jadi gak sakit, kok (semoga menyemangati, ya).
palingan sakit dan lecetnya itu 2minggu. :p tetap sabar dan semangat, ya, mummies:) mungkin bisa dicoba pake minyak kelapa, vco, ato VPJ :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

6

Topic: Breastfeeding

suciww emang segitu, buk. kalo pertama memompa, dengan BP, dapetnya duikiit banjet. gw dapet 30 cc itu 2 PD selama 1 jam, pake keringetan, nangis2 sedih, meringis2 sakit. hehehe
pas belajar di Carolus, ya... pas diajari dokternya, yang keluar cuma sepantat gelas, itupun dari tetesan, bukan pancuran (duh, bahasanya, tapi ngerti, kan mam?) Malah dulu baby Hilya (now 2m3w) kalo bobo kadang >3jam, kl dibangunin nenen malah nangis jejeritan (kt suami, udah jangan membangunkan macan tidur). jadi, ya, kan bayi itu bisa minta ya, dan kapasitas produksi pabrik sesuai demand consumer.. hehehehe
Jhia you, suci!!!!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: Breastfeeding

piyut, kebalikan nih ama aku, Oiy (3d to 7m) cuma mau nenen dari PD kiri. Sebelumnya, aku tandem nursing, kakaknya nenen kanan, adik yang kiri. Setelah kakak sapih, si adik keterusan gak mau nenen sebelah kanan, alhasil PD-ku gede sebelah, gak enak banget deh diliatnya, sampe musti disumpel biar gedenya sama :P
Udah kucoba perah, supaya yang kanan juga dapet sinyal untuk terus produksi, tapi gak pernah bisa full, tetep lembek. Help dong mamas.. takutnya semakin gede, Oiy gak cukup dengan ASI dari 1 PD aja.
Thanks in advance. Sori piyut ya, ga bantuin malah ikutan nanya

8

Topic: Breastfeeding

mummyhilya : trus sekarang gimana mom ? Udah bisa mancur ASI-nya ? Heheheh.. Kayaknya anugerah banget ya bisa keluar ASI yg banyak.. Pengennn..

Btw, mau tanya2 lagi dong
Bayiku kan skrg udah mulai ngangkat2 leher dan gerak2 kalo lg disusuin.. Itu bikin posisi mulut-nipple bergeser (kadang2 sampe copot2.. Ouccchh sakitttt) dan ga kembali ke posisi latch-on yg bener. Itu berisiko bikin lecet/berdarah ga' sih ? (Inget pengalaman awal breastfeeding yang menyakitkan..)
Kalau dilepas trus dimasukiin lg nipplenya suka susah dan ga bs sempurna posisi latch-on nya.. Any tips to share,moms ?

Enjoying Motherhood

9

Topic: Breastfeeding

suciww iya, alhamdulillaah, sekarang udah mengucur dengan lancar.. after all those things. Waktu masih blm umur sebulan, hilya nyusunya ampun2an gak brenti2, kt mertua sih, mungkin kurang susunya.. malah beliau mau nyusruh pk empeng-which is a big NO buat gw.
dg tangis air mata dan darah *lebay*... lama2 sakitnya bisa ditolerir. yang penting mindset kita harus yakin kl bisa :)
Tips nya... pake bantal buat ganjel. hihihi (bansui atau bantal apaa aja..)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

10

Topic: Breastfeeding

mamas...Jeff udah almost 6m. sampe sekarang asix. Kalo ga salah pernah dibahas mengenai asi yang keluar awal kandungan lemaknya lebih rendah. Biasanya aku kalo batas alarm harus menyusui itu maks 5 jam, pasti udah "keras".
Seringnya sih lebih dari 5 jam. Yang terjadi adalah di PD ini membatu. Pas menyusui/pumping yang keluar pertama itu encer sekali deh mamas...baru kira kira pertengahannya agak kental. Kata mamaku better asi perasan pertama yang encer itu dibuang aja, soalnya kan udah kena rembes di breastpad. Kepikiran juga sih untuk buang, tapi sayang ngebuang asip yang agak encer itu. kadang bisa 100 ml yang encer doang kalo lagi bengkak bengkaknya. Aku pikir kan kalo dicampur sama perasan sampe abis kan lumayan jadi lebih banyak. toh kan kecampur. Kadang suka aku pumping dl sebelum disusui supaya yang encernya kebuang dulu baru jeff bisa mimik yang agak kental. Bener ga sih mamas itu yang encer baiknya dibuang dulu? karena jeff kadang kalo minum sedikit berarti minum yang asi pertama yang agak encer itu dong? sedangkan aku kadang ngerasa dosa juga buang2 asinya. please need advice ya mamas...

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

11

Topic: Breastfeeding

mommie jeff Duh kalo gue sih, ASI udah susah2 dipancing supaya keluar masa dibuang?? *emak pelit* :D

Emang betul ASI yang keluar di awal teksturnya lebih encer, karena berfungsi untuk menghilangkan haus (ini namanya foremilk). Yang keluar belakangan lebih kental dan berfungsi untuk mengenyangkan (namanya hindmilk). Kalo bayinya cuma minum sebentar2 dan kenaikan BBnya kurang, bisa diakalin dengan mompa foremilk dulu (tapi disimpen, jangan dibuang) dan baru disusuin supaya langsung dapet hindmilk. Dengan cara ini bayi bisa langsung minum hindmilk dan bisa ngebantu kenaikan BB. Gue sih ga pernah ngebuang ASI, sayang euy... Jadi menurut gue sih ga usah dibuang, gpp kok :)

Bahasan lebih lanjut tentang ASIP/mompa bisa di thread manajemen ASIP aja ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Breastfeeding

otty...ooo begono ya, berarti tetep disusuin aja ya walaupun (menurut gue) jeff masih belom sampe minum itu hindmilk. soalnya belakangan ini jeff minumnya sedikit.
tapi kalo gue pompa duluan si foremilk itu justru jeff minumnya banyak. mungkin agak kempesan kali ya PD gue...ga membengkak kaya melon. kikikikik....thanks ya:)
masih mau nanya lagi nih....kayanya kalo ini harus pindah thread..:)

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

13

Topic: Breastfeeding

mommy jeff tidaaaaaaaak, jangan dibuang*lebay* eh btw, itu 5 jam lebih itu anaknya bobo ato gimana, mom? terus.. supaya gak 'membatu" mending max. 3jam sekali kalo jeff ga mau ya diperah aja, bisa disimpan untuk kesempatan lain atau bahkan mungkin bisa didonorkan.
Sayang banget ngebuang ASI..hiks hiks

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Breastfeeding

mommie jeff Kalo udah membengkak emang kurang nyaman juga buat bayinya, gpp dipompa dulu tapiii jangan dibuang :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Breastfeeding

Eh iya, mama mo tanya...kalo bayi 3 bulan bobo >3jam, masih harus dibangunin buat menyusu/minum asip gak sih? atau tunggu sebangunnya dia aja?

Kalo pas nuborn kan bobonya banyak tapi sebentar2 ya, nah..Arraf dari sejak 2 bulan sampe sekarang menjelang 3 bulan bobonya suka lama, bisa nyampe 3-4jam kalo siang...kalo malem malah bangunnya cuma sekali. Gue kadang ngecek ubun2nya cekung atau enggak, kalo cekung gue bangunin tapi kan katanya otak bayi tumbuh pd saat tidur, jadi gimana ya?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

16

Topic: Breastfeeding

soRella

kayanya kalo pas siang, ga perlu dibangunin deh, kecuali udah lebih dari 4 jam, kalo malam si sebaiknya disusuin aja, biasanya bayi walopun matanya merem, tp kalo ditempelin pd tetep ngisep ko, kalo gak disusuin semaleman ntar malah bengkak pdnya.

17

Topic: Breastfeeding

mummyhilya...aku syuka emak emak lebay...hahahaha...
Jeff kalo malem ga nenen 3 jam sekali. biasanya bablas tidur dari jam 8 sampe jam 2 an baru nenen, trus aku nenenin lg jam jam 5 sebelum berangkat kantor sambil tetep merem dianya. Klo dikantor dan lagi deadline kadang suka bablas lebih dr 6 jam. waduuuhhh...membesar sempurna deh...sakitnya juga mantep. ooohh nasib si emak perah ini:)

Berarti ga usah dirutin kata opung nya jeff ya...gue pikir pikir juga mana ada sih asi dr pabrik basi ya? ada ada aja tuh emak...thanks again otty , mummyhilya
gue emang rutin ngedonorin kok...jadi makin semangat deh "menabungnya"

soRella, mau bantu jawab bayi minum asi itu sesuai demand aja. jadi kata DSA ku bayi punya insting menangis kalo haus, ngantuk dan tidak nyaman. jadi kalo bayi belum menangis ga usah dibangunin untuk minum. kecuali kalo lebih dr 6 jam (untuk new born) CMIIW.
jeff juga dulu waktu tidurnya berubah ubah. setahuku kalo ga salah ada bahasannya di thread lain. coba dicari deh..HTH ya..

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

18

Topic: Breastfeeding

sorella anak kita kayanya lahirnya deketan dweh.. Hilya lahir 5 desember, Arraf kpn? *oot* beideweih, anakku jg suka gt, kok. Bobo siangnya kdg dari jam 11 sampe jam3 gak kubangunin, kasian.. Kan babies butuh nutrisi cukup, stimulasi dan tidoorrr yang cukup. Jadi,ya..kubiarin aja bobo *ibu pemales* soale kl dipaksa dibangunin kdg suka ngamuk,kan kasian kl dia jejeritan gitu... Kalo malem, spt kt mommy jeff, kl 3 or 4 jam ga nenen, disodori PD aja, biasanya mau kok. Sambil bobo sambil mimi cucu. :)
hope it helps. Keep smiling, no worries :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: Breastfeeding

moms,mgk ga klo bayinya uda 9bln,produksi asi qt bs meningkat?critanya gn:
Zhiezhie(8m24d)susunya uda campur sufor sejak 1.5bln (krn BB ga naik2 dan aq msh blm ngerti asi,blm tau TUM),wkt mulai mpasu,konsumsi sufornya smkn byk.klo aq perah asiku,cm dpt max 80ml (2PD),ini dapetinnya susah bgt.uda ga pnh dpt LDR.Skrg,uda hmp 2minggu,minum sufornya susah (uda cb gnt uk.dot) aplg sejak sakit (uda 1minggu),sufor ga mau (uda coba pk gelas,straw mug),mkn jg susah.maunya nenen mulu.aq khawatir asiku ga cukup bwt dia.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

20

Topic: Breastfeeding

natallia no worries, mum. walopun kl diperah dikit, teorinya asi bakalan tetep ada kl babynya suckling. justru isapan baby itu yg merangsang produksi asi. jgn kuatir mum..:)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

21

Topic: Breastfeeding

Moms, katanya klo lecet2 itu cuma 2 bln pertama, aku udah ampir 4 bln selalu lecet sampe belah gt dan yg terakhir agak bernanah gt PD kiri ampe sakit banget dan akhirnya stop dl dan diobatin gentamycin slm 3 hari (dipompa dl) dan mimiin cm dr PD kanan ajah dan setelah sembuh eh ga lama kemudian belah lg sampe browsing cara dan posisi menyusui yg bener, tapi aerola udah masuk semua..ada saran biar mengurangi lecet dan puting belah? klo pake VCO itu dioleh ajah di yg luka dan wkt mau mimiin hrs di lap dl atau boleh lsng mimiin? thx mom

22

Topic: Breastfeeding

mummyhilya tos dulu! beda 2 hari jeng, Arraf 7 desember...selamat ulang bulan ketiga yaa, Hilya maniis :)

Iya sih, kalo malem dia biasanya ahak ehek tapi sambil merem, gue jejelin nen dia mau sih, usek2 lagi, nen lagi...tp ya sebentar2 keburu teler pules lagi. Kalo minum asip, teorinya sama juga? by demand aja? *OOT sih, maap*

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

23

Topic: Breastfeeding

natallia

Gw pernah denger ada istilah relaktasi. Kurang paham juga sih, cuman yang gw tangkep itu, meningkatkan kembali jumlah produksi asi dengan berbagai cara, antara lain: sesering mungkin dinenenin ama babynya, rajin massage, minum air putih yang banyak, asupan makanan yang cukup, dan mungkin bisa ditambah suplemen.

Mungkin untuk lengkapnya, bisa di google aja mom, ato dibaca di sini , atau di sini .

Hope to help yah...

24

Topic: Breastfeeding

gilz, kalo masih lecet juga kemungkinan latch-on (posisi perlekatan)nya belum bener walaupun kita ngerasanya udah bener. atau bayinya lagi tumbuh gigi nggak? *aduh sori gak bantu, blm pengalaman soalnya

anywy, kalo soal VCO dulu gue pernah pake setelah dioles dia akan kering sendiri (diangin2), secara medela purelan aja bisa langsung dimiin, harusnya VCO juga bs ya :)

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

25

Topic: Breastfeeding

soRella

iya mom aku takutnya gt, mungkin aku harus ke konselor laktasi kali ya biar masalah ini biar di bantu masalah pelekatan, ngebuka mulut godivanya biar mangap besar sshnya minta ampun