1

Topic: Exclusively Pumping

Baca thread ini sambil berlinang air mata (sambil pumping jg pastinya *multitasking sekali diriku,hehehe*)
Senang ternyata I'm not the only mom yg eping..
Baby Remy umurnya genap seminggu hr ini tp sejak usia 2 hari,bubu nya udh ngasi asip. Korban inverted nipple. Nyesel jg krn ga berusaha narik2 puting sejak hamil. Jadi pas usia 2 hari Remy demam n gula darahnya rendah bgt gara2 dehidrasi. Akhirnya kena sufor tiap 2 jam sampe besok. Setelah keluar RS, di rumah pun Remy tetep ga bisa nenen langsung. Yg ada dia ngamuk2 sendiri krn ga nemu puting. Ya udah sejak saat itu smpe hari ini,kerjaku pumping tiap 2 jam. Kejar tayang bgt krn makin lama nih anak minumnya makin kuat. Oia, aku ngasi dia asip pake cup feeder. Suami,ibu n adik2ku kusuruh belajar pake cup feeder semua. Alhamdulillah semua pd dukung tekadku untuk no sufor ke Remy.
Paling oke pumping pas baba nya Remy lg nyuapin asip pake cup feeder. Langsung nyemprot2 tuh asi di breastpump, hehehe..
It's only been a week.. Doain kuat eping ya sampe Remy at least 1 thn.. Hopefully dgn rajin pumping,nipple ku bisa keluar n Remy bisa nenen langsung..
Semangat ya buat mommy2 eping yg lain.. Jgn peduli kt org2 kita ga dpt bonding sm anak. Justru ini nunjukin betapa kita mau melakukan segalanya buat anak..

Being a mom is not just about exclusive breastfeeding, cloth diapering and homemade baby food.

My daily stories: http://annisasatriana.blogspot.com/
Follow me: @_annisasatriana

2

Topic: Exclusively Pumping

Ikutan sharing ya ...
Sekarang lagi dominan pumping untuk kebutuhan asix anak kedua (hari ini umur 15 hari, lahir 31 Oktober 2011 kemarin).
Anak pertama, lahir 4 Agustus 2007, full mompa (dulu belum disebut e-ping), dari hari pertama asi keluar, sampe sekitar 2 tahun 5 bulan. Caesar 4 Agt 2007 dini hari, tgl 5 Agt asi udah mulai keluar. Masalahnya adalah di flat nipples. Dan waktu itu, ngga cukup punya bekal pengetahuan dan keberanian untuk pergi ke klinik laktasi untuk memperbaiki si flat nipples tersebut.
Umur 1 minggu, Raikhal pulang ke rumah, sebelumnya sempet terapi blue light, dan saat terapi itu, pemberian asip di nicu rumah sakit tempat bersalin aku memang pake botol dot. Nyisain PR dobel, flat nipples dan terlanjur kenal botol dot (cuma pernah belajar nyusu langsung sebelum2nya dan diisi dengan kesel karena ga dapet2 puting ibunya). Sampe di rumah, harusnya belajar nyusu langsung, tapi kondisi udah hectic banget. Kunjungan tamu2 (yang kebetulan memang rata2 berhasil nyusuin langsung), kejar2an kebutuhan asi perah (belum punya breastpump, dan kemampuan perah pake tangan masih ala kadarnya), akhirnya bikin aku memprioritasin untuk yang penting asupannya asi dulu, masalah nyusu lgs akan diselesaiin kemudian. Aku ngga mungkin untuk ke klinik laktasi yang ada di rumah sakit tempat aku bersalin, karena saat itu, orang tua ngga ngebolehin kami naik kendaraan umum (taxi sekalipun) dan akupun ngga tega untuk biarin ortu (mertua) nganterin dari rumah ke rumah sakit. Waktu itu juga taunya ada klinik laktasi carolus, dan itu jaraknya kemanggisan - salemba. Amat sangat ngga mau ngerepotin orang tua. Suami ngga bisa cuti, karena pas banget Raikhal lahir, pas banget itu jelang hari pertamanya kerja di kantor yang baru dan masih ada nyelesaiin pekerjaan di kantor yang lama. Ngga memungkinkan utk minta cuti. Akhrinya aku ke carolus sendiri, tapi lebih utk belajar massage payudara dan belajar perah pake tangan yang efektif (makin hari makin ngga kekejar untuk perah pake tangan kalo tekniknya masih ala kadarnya).
Akhirnya, sejak hari pertama asi keluar itu ya full mompa aja. Kenalan sama Medela dari majalah Mother & Baby edisi Agustus 2007, lalu nyoba Medela Lactina di NICU pas Raikhal disinar. Akhirnya tgl 14 Agustus 2007, suami pergi ke itc kuningan, beli Medela Mini Elektrik, karena ternyata aku masih keteteran untuk perah pake tangan. Pake breastpump, untuk aku, mempercepat proses perah.

Saat itu aku udah nyaman bgt dgn full mompa, dan beneran ngga kepikiran lg utk belajar nyusuin lgs. Aku udah amat sangat bersyukur, karena asupan asi untuk Raikhal bisa dipenuhi dgn baik. Stok di kulkas, kontinu keluar masuknya. Ngga sampe berbotol2 ria, apalagi sampe bisa nyimpen di freezer, tapi di pintu bawah, semua lebih dari cukup. Selama masa asix, aku mompa per 2-3 jam. Kuncinya disiplin. Bulan2 pertama, usahain minumnya asi perah seger. Paling manajemen asip di kulkas sama yang diminum seger aja yang harus diperhatiin. Ngga bisa missed mompa, Begitu terus sampe akhirnya bisa full asi selama 1 tahun (lepas asix, mpasi dan tetep asi aja).
Pas 6 bulan pertama, aku tetep sedia satu kotak susu formula di rumah. Bukan bermaksud ga percaya diri ya, cuma berusaha nyadar kenyataan aja, kalo itu asip ga ada misalnya ya, trus Raikhal mau dikasih apa?
Lepas dari 6 bulan, susu formulanya pun nyetok 1 kotak yang sesuai usianya. Toh akhirnya sama ga kepake juga. Bikin aku kendor mompa juga ngga, tapi bikin aku feel save karena ngga ada ancaman "ngga ada susu".

Lepas satu tahun, masih tetep full mompa, cuma suka males, alias jadi 3-4 jam mompanya. Bohong lah kalo ngga ada rasa bosen. Cuma bosen itu langsung kabur kalo inget bahwa perintah menyusui di al quran itu adalah 2 tahun. Case closed, bosen minggat :). Udah mulai ngasih susu UHT untuk pergi2, dan pasteurisasi juga untuk di rumah. Sebelum 1,5 tahun masih dominan komposisi asi dibanding susu UHT/Pasteurisasinya, setelah 1,5 tahun mulai antara seimbang atau lebih sedikit komposisi asinya. Tapi tetep adekuat untuk usia Raikhal kala itu.
Akhirnya perjalanan genap 2 tahun juga, tinggal ngabisin sisa2 asi, alias tetep mompa, kadang bisa 5 jam sekali, terus sampe 2 tahun 5 bulan.

Sekarang, anak kedua, berhasil nyusuin langsung atw ngga?
Itu yang jadi beban pikiran aku. Anak kedua ini, lahir secara caesar dan kita jalanin Inisiasi Menyusu Dini. Kara (namanya), langsung bisa nangkep puting aku, dan semua suster/bidan di rumah sakit (beda rumkit sama yang pertama), bilang kalo Kara menyusu dengan baik.
Kolostrum juga udah keluar tepat diwaktunya.
Aku cuma 2 malem aja di rumkit, dan pas pulang ke rumah, balada itu mulai.
Aku ngga nemu gimana cara megang yang nyaman untuk aku, maupun nyaman untuk Kara. By theory aku hafal, tapi amat sangat kagok.
Kara pulang dengan bilirubin 13.30, dan pas kontrol 3 hari setelah pulang ke rumah, bilirubin malah jd 16.30. Sama DSA tetep disuruh pulang (karena usia bayi 5 hari, yang harus di-blue light kalo bilirubin 20/21). Sampai pada akhirnya, aku jadi give up. Aku kepikiran, Kara nyusu langsung, tapi 3 hari di rumah, bilirubin naik 3 poin. Aku harus gimana? Aku tetep mompa asi dari sejak pulang ke rumah, berapapun volumenya. Sampe akhirnya, aku coba kasih via sendok kecil (neneknya yang ngasih). Di kulkas mulai ada stok asip, yg justru bikin aku stres. Karena jd mikir, itu segitu yg diminum anakku trus berapa?
Rabu, 1 minggu setelah pulang rumkit, Kara kontrol ke dokter, berat badan naik 170 gr. Cuma itu ada intervensi botol dot, yup dr Seninnya aku mulai kasih ASI perah via botol dot.
DSA minta aku berani lepasin botol dot. Dan aku sampai hari ini, masih ngga berani sama sekali. Sampe siang ini, Kara masih minum pake botol dot, dan diselingi sama nyusu langsung ke aku (yang pada kenyataannya suka ngga kelihat kenyang/cukup).

So far, aku mompa per 3 jam. Kara masih minum asi perah segar juga (jadi ngga ngangetin yang di kulkas). Sebagian ASI perah di kulkas yang udah jalan 4 hari diminum sama abangnya (ini dibolehin oleh DSA).

Aku ngga tau apakah untuk Kara akan kita lewatin dengan full mompa lagi. Masih ada keinginan utk dominan nyusuin langsung, dan masih ada ketakutan bahwa keberhasilan ngga datang 2x, dan kalo sampe ngga berhasil kaya abangnya, aku takutnya ngga ikhlas alias kasihan Kara.
Jadi, untuk nenangin pikiran ini, aku tetep mompa, tetep disiplin mompa, tetep mastiin volume yang masuk ke Kara via botol, dan saat mood aku bagus, aku tetep belajar untuk nyusuin langsung. Mana yang nyaman untuk aku, dan yang nyaman untuk Kara. Karena sekian belas hari kemarin, aku nangis setiap hari mikirin sulitnya megang pas nyusuin.

Buat mama yang lagi ber-full mompa alias exclusive pumping, you know you can do it :)

Lina

3

Topic: Exclusively Pumping

Mama Lina Hebaaaaaaattt!!! sampe 2 tahun 5 bulan....rekor baru! so inspiring.

4

Topic: Exclusively Pumping

Aduuuhh ibu2 e-ping ini hebat bangeeettt.. *berkaca-kaca* mama lina, you are super mom! *hug*
Sedikit banyak bisa merasakan perjuangan mama2 e-ping ini karena aku sendiri juga udah resmi e-ping sejak 2 minggu yg lalu, meskipun cuman half e-ping dari pagi sampe sore karena kalo malem babyku (4mo) masih mau nenen langsung (dicurigai bingung puting/nursing strike karena babyku lagi teething juga).
Ngga mau ambil pusing, maksain anaknya nyusu langsung juga lama2 kasian. Toh pagi-sore di kantor juga udah biasa mompa. Cuman ini nambah di weekend juga, sabtu dan minggu :p yang penting masih bisa ASIX. InsyaAllah. Alhamdulillah, Allah tau hambanya sedang berjuang demi anak, pas e-ping skrg produksi asi malah makin banyak. Kuncinya emang disiplin pompa. Jenuh dan capek pasti ada tapi kembali lagi, semua demi anak.
Jadi makin semangat baca story mama2 e-ping semua. Merasa ngga sendiri :) thank you moms, thank you TUM *peluksatusatu*

5

Topic: Exclusively Pumping

Aduh, jadi semangat lagi abis baca ini thread.... Aku sih blm fully e-ping yah, tapi kayanya kalo mau anakku asix, aku harus e-ping deh. Anakku jg bingung puting, soalnya udh dikasih sufor pake botol dr RS, gara2 aku cesar dan asi gak keluar2 sampe hari ke 3.

Anakku gak mau nenen juga, skrg cuma mau sedot kalo lagi laparrr bgt, itu juga cuma 2-3 menit, abis itu udahan gak mau lagi, mendingan nangis keras2 sampai dikasih susu (asi/sufor) lewat botol. Yah, aku pikir mendingan aku pump itu asi, wlp sedikit (30ml/session), kalau 3x session dijadiin satu, cukup untuk 1x minum (skrg dia minum 90ml). Lagian, kan kalau sama sekali ga dinenenin atau dipump nanti produksi nya turun, jadinya dipaksain deh pumping 2-3jem sekali, walaupun tengah malam juga. Skrg anakku baru 3 minggu, nenen nya makin susah, sedotannya pun makin lemah, rasanya lbh lemah daripada medela swing yg aku pake :( jd kayanya aku bakalan full e-ping soon deh.

Skrg tekad nya lagi mau naekin produksi, udh mkn daun katuk, makan byk buah2an, dan jg supplement dr dokter buat nambahin asi. Tapi belakangan ini malah turun hasil pumping nya :( mungkin gara2 stress kali yah. Makanya baca thread ini aku jd semangat lagi deh abis byk motivating stories and helpful tips :), moga2 produksi nya naek lagi, dan sampe 100ml+ kaya mommies yg laen.

Tapi berhubung newbie, aku ada pertanyaan, emg bisa hands-free yah kalo pumping? Aku tuh mesti megangin botol nya yah, kalo gak botol nya jatoh dan susu nya malah tumpah kemana2. Terus juga kalo pumping aku nya mesti rada bongkok gitu loh, kalau gak susu nya malah ngalir ke arah yg salah (balik ke PD). Apa aku salah cara pake pump nya yah? Ini emg salah satu yg bikin aku stress bgt kalo pumping, soalnya kalau susu nya malah kemana2 aku nya jadi sedih dan marah, soalnya sayang bgt kan. Belum lagi pegel gara2 mesti bongkok terus, dan gak bisa kemana2/ngapa2in lagi gara2 harus pegangin botol terus.

Trus, 1 pertanyaan lagi (maaf kalau OOT, tapi banyak pumping expert disini, jadi pengen nanya :)) Mommies, kalau ngepump tuh berapa lama yah per PD? Kadang2 aku pernah pump sampe 20 menit per PD cuma dapet 20-30 ml, and udh 20 menit itu masih keluar 1-2 tetes per 7-8x sedot, itu udh diitung PD nya sudah kosong apa masih harus diterusin sampai gak keluar apa2 lagi yah? Soalnya kalo diterusin sedot kayanya tetep aja msh ada yg netes sekali2 dan gak tau kapan mesti berenti dan pindah ke PD satu lagi Kan gak mungkin juga aku 1 jam lebih pumping, nanti anakku terlantar demi beberapa puluh ml asi doang.

Any tips will be appreciated :)

6

Topic: Exclusively Pumping

sophia.. aku eping dari baby 1 mgguan.. aku juga pumping dgn badan agak bungkuk.. ya ga bungkuk2 amat shh cm biar asinya turun n ga balik lagi ke arah aja.. kuncinya sih jgn stress yaa.. maki sering di pumping makin sering berproduksi jg kan... rilex aja kan qt lagi ngasih yg terbaik buat baby

alhamdulillah dr awal pumping cm dapet 40ml dgn penuh perjuangan dan waktu pumping yang lamaaa banget sekarang bs dpt 300ml tiap sesi pumping per 3jam dgn sesi 15mnt per PD.. aku coba rilex aja yakin aja bisa terus ngasih asi dgn cara ini.. aku cb pumping sambil tangan yang satunya lg pegang2 bb kek.. browsing2.. :D atau kalo pumping lg dket baby yaa sambil mandangin baby aku biar ga berasa n botolnya cepat penuh hehehehe... trus kalo aku pas ud cm netesnya sedikiittt banget ya aku stop aja.. aku istrahat.. aku simpen dulu hasilnya.. nanti pumping lagi..

maaf ya kalo ga banyak membantu..

7

Topic: Exclusively Pumping

sophiachan wrote:
Aduh, jadi semangat lagi abis baca ini thread.... Aku sih blm fully e-ping yah, tapi kayanya kalo mau anakku asix, aku harus e-ping deh. Anakku jg bingung puting, soalnya udh dikasih sufor pake botol dr RS, gara2 aku cesar dan asi gak keluar2 sampe hari ke 3


@sophiachan: anak kita umurnya deketan ya, anakku lahir 31 Okt kemarin :) *salam kenal :)*

Coba ikutan rembukan ya ...

Intinya, lepasin stresnya dulu (udah tau kok kalo stres bikin mandek, ya kan?). Stres nih kalo menurut aku stres mikirin volume ASI dan cukup apa ngga. Karena kalo stres pikiran soal ASI, badan jadi ngga happy. Sementara, yang kita perluin ya happy itu. Apalagi baru punya bayi, kalo menurut ibuku, kita harusnya lagi happy-happynya. Jadi, yuk jangan kepikiran berapa2 volumenya dulu, stay focus :),yang penting, susuin & perah aja dulu.

Hisapan bayi lemah? Kalo ini, aku baru ngerasain hisapan bayi ya pas anak kedua ini. Lemahnya mungkin karena terbuai ngantuk. Newborn kan? Kilik2 kakinya, mukanya, dll. Dan, yang aku tau, kalo cuma mentil emang ngga pake usaha, jadi kunyah2 lalu ngantuk lagi. So, bukan hisapannya yang lemah, tapi mungkin karena ngantuknya. Lihat latch on-nya deh. Aku bukan ahli soal latch on, karena sampe hari inipun masih jibaku apakah latch on Kara (anak kedua) bener apa ngga. Tapi, paling bener sih coba ke konsultan laktasi. Aku ada nomor contact bidan yang pernah dinas di Carolus, terakhir aku ke bidan itu untuk mastiin kalo aku masih bisa usaha nyusuin langsung. Kalo mau contact numbernya, PM aku aja ya.

Waktu perah: paling bagus kalo waktu perah bisa disiplin, misal per 3 jam. Kalo hitungan matematis, seperti mom bilang, pasti dapet lebih banyak, karena ibaratnya 1+1=2, kalo dari per 3 jam mundur misal 1 atau 2 jam, dapetnya lebih banyak dari 1, tapi mungkin mentok di 1,5 aja.

Itu sebabnya, waktu perah yang 1 jam itu memang "lama". Coba dilihat "teknik" megang botolnya, posisi adaptornya, valve-nya, membran-nya. Membran yang koyak, meskipun koyak sedikit, itu ngurangin daya hisap. Lalu valve, ada retak/pecah ngga, itu juga bisa ngurangin daya hisap. Posisi ulir adaptor ke corong pompa jg harus kenceng.
Kalo aku, pas lagi perah, sambil seperti kita peras baju (tapi lembut) di bagian atas payudara, jadi kaya nambahin daya dorong bareng sama hisapan pompanya *kebayang ngga ya posisinya*. Pertama mulai dari misal sisi kiri, lalu kanan, balik lagi ke kiri, terakhir balik lagi ke kanan. 4 tahun yang lalu dan sekarang rasanya sama aja, untuk satu sesi mompa aku butuh waktu 10-15 menit. Jarang ya yang pake kilik2 cari LDR, pokoknya selesai 2 putaran kiri-kanan, ya mompa selesai.

Ohya, posisi botol. Saya juga selalu megang botolnya, ngga yang free-hand :). Berhubung aku pakenya medela mini elektrik, jadi ngga bisa share soal medela swing. Mungkin mom yang lain bisa cari tau solusinya. Sementara nunggu, mungkin mom bisa telfon ke service centre medela. Coba tanya ke mereka, gimana cara rakit swing-nya, mungkin ada yang salah. Atw ke babyshop tempat beli (kalo memungkinkan). Or coba lihat di youtube pake keyword medela swing.

Semoga bisa ngebantu (sedikit) ya :)

Lina

8

Topic: Exclusively Pumping

Waaahh.. Seneng banget nemu banyak yang senasib.. Walopun aku ga full pumping. Baby ku baru umur 17 hari, tapi dari hari kedua udah aku kasih ASIP pake botol dot gara2 nipple ku rata. Aku coba nenenin terus alhamdulillah sekarang yg kanan udah bisa dinenenin. Tapi yg kiri aku pumping terus, aku kasihnya gantian. Klo lagi cape banget or ngantuk, baru aku kasih ASIP pake botol. Klo akunya lg seger buger sih aku nenenin langsung.

Kalo kaya gitu bakalan bikin bingung puting ga yah? Semoga sih ngga. Soalnya aku juga stress sendiri jadinya kalo harus menyusui pake yg kiri. Udah rata, pecah, luka lagi. Malah jadi nangis bareng deh sama baby ku..

ABC is Ambu - Baba - Cifa
http://kembanggeulis.com

9

Topic: Exclusively Pumping

Buat mama2 yg ngerasa anaknya susah latch on, isepan kurang kuat, coba bawa ke dr. Asti, konselor laktasi di KMC deh.. Jgn2 bayinya tongue tie ky bayi ku (tongue tie ada thread khususdnya kl mo ceki2)
Aku ex eping krn alhamdulillah anakku udh bisa nenen lgs. Mslh anakku dulu krn dia tongue tie jd ga bisa latch on yg bener. Stlh tongue tie nya diatasi, jd bisa nenen lgs. Pumping sesekali aja buat stok stlh mulai kerja lg.

Being a mom is not just about exclusive breastfeeding, cloth diapering and homemade baby food.

My daily stories: http://annisasatriana.blogspot.com/
Follow me: @_annisasatriana

10

Topic: Exclusively Pumping

Aku e-ping selama 2 bulan.awalnya karna si kecil malas minum,tidur muluw walopun uda digelitikin.akhirnya,agar ga dehidrasi dkasih ASI lewat dot. N keterusan pumping karna anakkuw bingung puting.Aku salut ama ibu2 yang e-ping.karna slama aku e-ping dulu,bawaannya males,harus steril lah smuanya,konsisten pump tiap 3 jam,lalu disusuin ke si kecil.tapi karna mengingat pentingnya ASI,dilakuin aja tiap hari.Namun aku tetap usaha nyusuin langsung tiap hari,walopun sering ditolak :( Hingga suatu hari,out of the blue,si kecil mau nenen mpe 30 menit!Sejak saat itu,aku susuin langsung tiap 2 jam.Kalo anakkuw ngga mau,aku kasih dot.Alhamdulillah skarang anakkuw uda nenen langsung,kec kalo aku kluar.smoga bingung
putingnya ga kumat *fingers crossed

11

Topic: Exclusively Pumping

mama suhu e-ping yang hebat-hebat...
mau nanya nih, aku lagi dinas luar kota dan terpaksa jauh-jauhan sama bebi. sehingga terpaksa e-ping pula...

sekarang ujung nipple suka ada bekas susu putih-putih. itu harus dibersihkan yah...?? pake apa yah...??

kemaren pas aku nyusuin langsung, ngga ada putih-putih itu...

makasih mamas... :)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

12

Topic: Exclusively Pumping

mrs doyi wrote:

sekarang ujung nipple suka ada bekas susu putih-putih. itu harus dibersihkan yah...?? pake apa yah...??



bekas putih2 susu pada nipple biasa saya bersihkan dengan air pelan2. atau baby oil waktu massage. jadi aliran asi lebih lancar. =)

13

Topic: Exclusively Pumping

Hi ibu2 fellow pumpers, hanya ingin sharing perkembangan terakhir. Sekitar usia 8 bulan sesudah berhasil mengisi freezer asip aku memberanikan diri utk mengurangi memompa dari 5 menjadi 4 kali krn dgn 4 kali sudah menghasilkan jumlah seimbang dgn pemasukannya. Udah enak, santai... Eh bulan ke 9 puting kanan ku luka dan menganga tiap kali dipompa jadi mau gak mau agar bisa sembuh dengan sempurna aku terpaksa bermarmet ria di puting kanan selama seminggu. Yak produksi ku turun.. skrg jadi ngerasain deh yang namanya baru naro botol asip di kulkas eh udah diminum.. jebolin tabungan asip namun gak bisa nabung lagi huhuuu. Jadi skrg aku kembali lagi ke memompa tiap 3 jam dan mempraktekan tips2 power pumping dan memompa di tengah malam dgn harapan produksi ku bisa naik. Semoga bisa bertahan 3 bulan lagi menuju target 1 tahun banzaaaiiiiii!!

14

Topic: Exclusively Pumping

Moms..
Boleh nanya ya
Aku udah eping dari hari ke-3 babyku lahir aliasannya puting rata.
Singkat cerita babyku skarang umur 18 hari dan PD kananku bengkak+merah banget sampe aerola-nya juga bengkak selama hampir 2 minggu terakhir.
Demam,meriang iya,dan yg bikin sakit hati supply PD kanan turun drastis sampe cuma 10ml (sebelumnya bisa 60-100 ml)
Massage,pompa terus dll udah,tapi masalah ini belom beres2 juga.
Orang2 pd bilang harus susuin lgsg,ada yg bilang jg jalur susuku di puting kanan terlalu masih sedikit.
tapi masalahnya babyku slalu marah kalo disusuin lgsg ke pd kanan n begitu bisa nempel selalu tidur.
Pliis..ada yg punya solusi buat masalah ini ga?
Thx before yaa moms

15

Topic: Exclusively Pumping

Baca thread ini jadi semangat buat mompa ASI lagi, sejak satu bulan lalu my baby (4bln) gak mau nenen langsung (sepertinya bingung puting) , sekarang ASI ku berkurang drastis. Biarpun sudah minum booster ASI dan pelancar ASI tapi sepertinya blm berhasil juga. Jadi males pumping karena jarang LDR, bener gak sih mom kalo baby nya gak nenen langsung dan hanya dipompa mempengaruhi produksi ASI jadi sedikit? Soalnya yang aku rasain klo baby nenen langsung sepertinya PD cepat penuh, berbeda dg hanya dipompa. Sampai skrg aku masih berharap produksi ASI masih bs meningkat, n my baby mau nenen langsung.

16

Topic: Exclusively Pumping

faeza mae
produksi asi akan bertahan bila terus dikeluarkan. memang paling manteb kalau nen langsung yah. tapi kalau ternyata terpaksa e-ping, mama harus tetap semangat. menurut saya, mungkin berkurangnya asi mama karena mama terlalu memikirkan baby yang ngga mau nen, akhirnya kurang relax dan asi ogah-ogahan keluar. coba lebih santai, main-main sama baby. terus tanamkan kalau asi kita adalah yang terbaik buat bayi kita.

kalau masih keluar dikit, coba istirahat dulu, makan enak, me-time, becandaan sama baby. lakukan apa saja yang bikin mama hepi. semoga produksi asinya cepet meningkat yah... HTH... *hugs hugs

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

17

Topic: Exclusively Pumping

mrs doyi wrote:
faeza mae
produksi asi akan bertahan bila terus dikeluarkan. memang paling manteb kalau nen langsung yah. tapi kalau ternyata terpaksa e-ping, mama harus tetap semangat. menurut saya, mungkin berkurangnya asi mama karena mama terlalu memikirkan baby yang ngga mau nen, akhirnya kurang relax dan asi ogah-ogahan keluar. coba lebih santai, main-main sama baby. terus tanamkan kalau asi kita adalah yang terbaik buat bayi kita.

kalau masih keluar dikit, coba istirahat dulu, makan enak, me-time, becandaan sama baby. lakukan apa saja yang bikin mama hepi. semoga produksi asinya cepet meningkat yah... HTH... *hugs hugs


Thanks ya mom buat pencerahannya jadi tambah semangat buat pumping, sampai saat ini aku masih yakin bisa kasih ASI buat baby ku walaupun skrg cuma sedikit semoga nanti bisa banyak lagi. Apalagi baby ku alergi susu sapi. Yg sering membuat jengkel adalah kurangnya dukungan dari keluarga (biasalah mereka lebih mengedepankan sufor daripada ASI).

18

Topic: Exclusively Pumping

Mamas just share hari ini Edo tepat usia 1 tahun, selam itu juga ak sudah e-ping. meskipun pada usia Edo 7 bln 2 minggu, sdh nggak ngatasin mimik nya Edo jadi pake tambahn sufor, alhamdullillah masih bisa kasih asi lebih banyak.

God sent an Angel which is call Mother

19

Topic: Exclusively Pumping

Happy Birthday Edo....
tetep semangadh pumping y mama edo,,,

..How Wonderful My Life is since U in My World..

20

Topic: Exclusively Pumping

geezta... aku nggak tahu apakah saran ini bisa dicoba atau tidak, karena sebenarnya penggunaan nipple shield masih pro dan kontra. Putingku juga rata, tapi sejak Audrey lahir (sekarang 4.5 M) aku pakai nipple shield. Penuh perjuangan memang karena harus ada bantuan suami/mamaku untuk megangin nipple shield yang suka lepas saat Audrey ngamuk...sekitar 1 bulan aku pakai itu + pompa, supaya puting terpancing keluar.

Lama-lama aku bisa narik2 puting keluar, karena putingnya udah lentur dipompa. Kalau kasus kamu pake demam / meriang, mungkin ada baiknya coba ke konselor laktasi supaya lebih aman&tenang..tapi untuk sementara, think positive, massage terus, pompa terus, coba nipple cream Pur***n dari M***la ...aku sempet crack nipple, ampuh pakai itu. Dan jangan lupa suka olesin ASI ke puting, lebih ampuh lagi :)

cepet sembuh ya :)

21

Topic: Exclusively Pumping

Dear momma - momma...

Mohon dukungan dan penguatannya, Hari ini tepat Daniesh berumur 11 bulan, which means tinggal sebulan lagi menuju S2ASI (Horeee),,,tapi tetep sebagai e-ping mommy dengan stok ASIP yang mulai pas2an a.k.a mulai kejar tayang terselip perasaan ragu, deg2an, takut,,(campur aduk deh),,bisa nyampe S2ASI g ya????...but anyway seperti biasa balik ke mantera wajib para ibu menyusui "ASI ku cukup untuk anakku, ASI ku cukup untuk anakku" sedikit bisa menaikkan kepercayaan diri bahwa ASI ku cukup untuk anakku sampe S2 bahkan S3 ASI asal keep pumping and pumping continously..walopun sindrom "sampekapanmompateruskayakgini" sering kali datang mengganggu dan tak bisa dihindari,,kl udh mulai terserang sindrom bosen mompa itu biasanya ayahnya daniesh akan mengingatkan bahwa Daniesh g pernah minta untuk disusuin ASI, bahwa Daniesh g pernah minta saya untuk e-ping,,,,biasanya setelah itu saya langsung tersadar bahwa semua yang saya lakukan adalah pilihan saya,,,ya pilihan saya untuk tetap memberikan ASI untuk Daniesh dengan cara apapun,,
Setiap pilihan dalam hidup yang kita ambil pasti lengkap dengan konsekwensi yang harus di jalani,,walopun kadang tidak mudah (bahkan seringnya sulit apalagi jika lingkungan tidak mendukung) tapi tetep harus optimis y mom,,bahwa SAYA BISA,,SAYA PASTI BISA,,!!!!

..How Wonderful My Life is since U in My World..

22

Topic: Exclusively Pumping

semangat ibunya Daniesh!!!! Allohu akbar!!^_^
alhamdulillah...aq jg masih full asi (by eping ) utk baby raihan (7m3w) dan 2 anak susuan rutin yg masih asiX. sejak punya anak susuan aq jd makin rajin pumping. semoga raihan bs lulus S3 dan saudara2 susunya bs lulus S1 ^_^. Memang pengalaman eping ini mendatangkan byk hikmah yaitu asi yg begitu berlimpah. alhamdulillah...

23

Topic: Exclusively Pumping

Semangat semua! Just want to share, posting terakhir saya tent produksi yg menurun akibat puting luka saat memompa dan harus merah pakai tangan. Aku kemudian mencoba meningkatkan frekuensi memompa dari 4 kali jadi 6 kali sehari dan sesekali power pumping (klo lagi sempet). Alhamdulillah produksi sudah berhasil meningkat walaupun tidak sebanyak masa2 kejayaan dulu saat eping 6 bln. It took me a month to see results. Tapi menurutku yg paling ngaruh dlm meningkatkan produksi adalah rajin bangun antara jam 1 - 5 pagi utk pumping, mungkin krn itulah adalah saat dimana kadar prolaktin di tubuh kita paling tinggi. Sekarang sdh bln ke 10 aku eping. HTH

24

Topic: Exclusively Pumping

ukthi_karina subhanalloh,,jadi malu rasanya mau berkeluh kesah ttg e-ping kalo ngeliat ukhti yang e-ping untuk 3 anak sekaligus!!!! salut banget ukhti,,,semangat terus pumping y ukhti biar Hak anak - anak kita bisa terpenuhi..amin,,

Jellybe4ns makasih banyak untuk posting yang diawal2 dulu dimana mom nerangin cluster pumping a.k.a power pumping, aku dah coba dan alhamdulillah berhasil,,,waktu produksi ASI ku sempet turun sam pe sepertiganya langsung aku power pumping tiap 2-3 jam sekali dan dalam waktu g nyampe seminggu dalam kasusku perlahan2 produksi ASI nya balik lagi,,,

..How Wonderful My Life is since U in My World..

25

Topic: Exclusively Pumping

Just want to share mamas!!!!

Alhamdullillah kemaren tanggal 15 Maret 2012 genap daniesh berusia 1 tahun...yeaayyyy...which means lulus juga S2 ASInya walo via e-ping,,,

so buat para e-ping mamas,,semangat terus y,,,KITA PASTI BISA!!!!!

..How Wonderful My Life is since U in My World..