1

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Wuih, manteps niy threadnyah. Pas banget sama sikon saya sekarang. Pas bulan Februari kemaren resmi menyandang titel SAHM, mudah2an sih segera berganti jadi WAHM.Baru sebulanan ini sih bisa mulai konsisten online lagi cari info sana-sini buat membidik peluang, soalnya skrng babyku udah 3 bulan, jadi bisa lebih anteng.walopun masih tetep bulak-balik, netbook-baby-netbook-baby, tapi setidaknya otak ini ga bakalan beku karena rutinitas yang stagnan.
Banyak juga sih yang nawarin buat ikutan MLM ini-itu, tapi entah yah, dari dulu, saya memang tidak interest untuk itu. Secara pribadi sih, saya emang lebih tertarik buat jualan secara online sih,soalnya waktunya jauh lebih leluasa, udah gitu untuk onlinepun skrg bisa lebih hassle free, kemanapun dan dimanapun selama coverage sinyal bagus, kita tetep bisa "kerja". Meski belum punya olshop, selama 2 tahun terakhir ini udah jualan secara OL diforum jual-beli tetangga, dan karena saya cukup konsisten dengan produk yang saya jual, makanya meski saya ga sering bumping thread saya, tetep aja dalam seminggu itu selalu ada beberapa orang yang ngehubungin saya buat nanyain barang. Makanya karena sekarang waktu saya secara kuantitas lebih luang jika dibandingkan pas masih “nguli” dulu, saya jadi lebih semangat lagi buat usahanya.Mudah-mudahan dalam waktu dekat, bisa segera pnya Ols sendiri.

2

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

wah, pas banget nih baca thread ini dr awal sampe akhir jd bikin semangat lagi untuk mencapai financial freedom. :)

sharing dulu ya, saya pas jaman kuliah smpet ga sengaja gantiin temen ngajar privat pelajaran SD, eh trus dpt sampingan ngajar privat akuntansi (padahal saya juga br aja lulus dr jurusan ini waktu itu, hahaha)

skrg stlh lulus dan bekerja di salah satu instansi, sy malah kepengen brenti (tp ga nahan penggantian biaya dinasnya, hiks) dan jd WAHM aja, soalnya susah nyari ART di kota saya ini.
sblm menuju kesana, saya mencoba dulu jualan clodi. dikota tmpat sy tinggal skrg br ada 1 toko clodi yang kmrn sy intip mreka ga banyak pilihan clodi yg lucu2. org2 disini pun blm ngeh ada clodi, jadilah pertama2 saya kampanye dulu ttg clodi ini. mudah2an responnya bagus.

untuk promosinya, slain ke temen2 kantor dan suami, kita usahain buka lapak juga di public place (misal, sabtu-minggu pagi di area pantai) supaya org ngeh bahwa ada clodi juga dimari. hihihi
oiya, promo via mobil sndiri jg okeh kayaknya, tp saya baru mau rencana bikin desain stikernya utk kaca belakang (kalo dicat mobilnya blm rela aja sih). :)

Uwais skrg udah ga bola lg, tp sekarang uwais tinggi. gapapa yah, yang penting sehat. :)

3

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

setelah baca thread ini paling enak memang buka ol shop yaah...tapi dngn menjamurnya ol shop ini masih efektif ga yah? gmn menurut pendapat para mamas dan urban papa?

4

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

mrsHafidz: tergantung produknya. istilahnya pake "blue ocean strategy", cari pasar yang belum banyak diminati, jadi ngga berdarah2 saingannya :)

5

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

mrsHafidz wrote:
setelah baca thread ini paling enak memang buka ol shop yaah...tapi dngn menjamurnya ol shop ini masih efektif ga yah? gmn menurut pendapat para mamas dan urban papa?


Banyaknya olshop menunjukkan bahwa demandnya juga banyak, jadi tinggal pinter2nya business owner buat nyusun marketing strategy. Beberapa hal yang saya pelajari dari beberapa tahun berjualan online baik di ebay, etsy maupun web sendiri, yang pertama kali menarik konsumen adalah FOTO produknya! Baik sisi excellentnya maupun cacat produknya harus tercapture di foto...hehe jualan juga kudu jujur dongs, apalagi online :)

6

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Akhirnya saya bisa full WHAM kalo dulu ambil ancang2 sebelum jadi WHAM dgn gabung di bisnis networking dan jualan dimsum. Akhirnya yg bener2 saya tekuni adalah bisnis networking. KArena bisnis itu bisa di handle secara online jadi memudahkan banget utk saya yg masih pnya 2 balita.

Dari bisnis networking ini saya bs dpt penghasilan 2 digit yg mana itu jaauuhhh lebih besar banget dr gaji kantoran saya dulu, selain itu saya juga dapet cash award di luar penghasilan bulanan dan juga free travelling ke bali di bulan maret lalu. Seperti mimpi bahwa apa yg saya tulis di dream board satu persatu terwujud :)

Modal untuk terjun di bisnis networking adalah passion, kalo kita udah dapetin passionnya maka kita sudah siap untuk menjalani "advanture"nya. kalo buat saya sih ga penting apa kata orng saat saya menjalani bisnis ini, yang penting saya bisa melihat senyum2 bahagia dari orng2 yg sayangi :). Dan hasil dr bisnis networking ini uangnya bisa saya putar kembali ke bisnis lain atau investasi. setelah saya bisa ngerasain gimana bahagianya pnya time freedom dgn jd WHAM insya allah sekarang sedang bergerak menuju financial freedom start from 40yo :) *pasang iket kepala*

Kemudian bisnis dimsumnya?masih jalan..tp on slow record. kendalanya karena belum punya karyawan jd agak2 gempor kl nngerjain pesanan di atas 100 bungkus :D

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

7

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

mom's kangen ney ma TUM, n baru muncul sekarang karena unyil Asyam baru bisa ditinggal-tinggal,
aq kemarin sempat jualan menspad,tapi sekarang berhenti, yah nawaitu n semangatnya kurang kali ya...palagi waktu itu awal2 lairan,jadi masih sibuk ma baby, tapi sekarang mau mulai lagi, jualan apa aja deh yang penting bisa dapet penghasilan n aktifitas tambahan hehehe N cara jualan favoritq masih tetep OS, salah satunya bisa at home, jadi waktunya gak kurang buat little boy.. mau tannya nih, kalo mau buka lapak disini gimana yak caranya??? (OOT lagi, hehe)
mom's DAVARA siiiiiipppp...pm aja yak...

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

8

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

menyimak dengan tekun ;) inspiratif sekali mamas TUM.btw ada yang punya pengalaman gak buka side job kantin di sekolahan?ditunggu sharingnya kalau ada ya mamas.Trims

9

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

hi mommies,

saya mau sharing pengalaman dan hasil pengamatan saya ttg jualan online :)


Kalau sistem Dropship dan Reseller kan sudah dibahas,
ada 1 lagi nih, namanya sistem PO (Pre-Order)

mommies mgkin pernah atau bahkan srg lihat org2 jualan dgn embel2 "Pre-Order"

nahh sejauh ini, saya simpulkan bahwa ada 2 macam sistem Po.
yg pertama, penjual order barang dari luar negri (impor)

nah contoh pre-order ini:
Barang (misalnya baju) di upload foto2 nya di bbm atau social network atau blog. trus ditulis "Open PO September, Mid November"
maksudnya:
Pembeli bisa memilih baju2 yg mereka mau selama bulan September ini, barang di DP dulu dan akan tiba di Indo pertengahan November.

Keuntungannya, si penjual hanya memesan barang2 yg sudah pasti laku karna hanya barang2 yg sudah di DP customer nya aja yg di pesan ke supplier dia.


nah PO yg satu lagi sih barang nya uda ready di supplier si penjual, tutup PO nya biasanya stiap 1minggu. jadi si penjual ngumpulin dl brg2 yg mau di beli customer trus di order ke supplier dia stiap akhir minggu nya.


Kerugian sistem PO ini:
-barang bisa tiba lebih lama dr estimasi (kalau impor dr luar negri)
-biasanya customer DP 50%, kadang ada customer yg cancel alias gak lunasin.


cukup sekian, semoga bs membantu mommies2 yg berniat jualan ol ya :)

10

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Sejak resign dari kantor 3 thn lalu, terus terang aku selalu bingung mau nyoba bisnis apaan. Selain karena pengalaman bisnis nol, aku tipikal orang yang susah fokus ke banyak hal, apalagi kalau anak sakit, susah banget mau bagi2 pikiran ke yg lain.

Tadinya pingin jualan online, tp kendalanya kalau anak ada yg sakit, jd ribet mau ngatur waktu kapan harus buka internetnya agar ttp bisa melayani customer. Belum lagi mengantar pesaan ke tempat pengiriman barang dan belanja barang baru, suka malas harus sering2 keluar rumah ninggalin si kecil yg masih bayi.

Terus pernah juga diajak bbrp kali bisnis mlm sama teman. Tp passionku bukan disitu.

Sebulan lalu tiba2 suami cerita ttg bbrp teman kantornya yg mencoba berbisnis kayu jati di kampung. Memang menanam kayu jati bukan bisnis yg bisa dipanen dalam waktu cepat karena pohon jati baru bisa dipanen setelah 15 tahun. Pas lagi bingung mau nyoba atau enggak, dapat cerita dari pamannya temanku kalau beliau bisa naik haji hanya dengan menjual 3 buah pohon jati yg umurnya sdh lebih dr 10 thn. Hyaa, jd mulai tertarik deh. Apalagi bisnis menanam pohon effort tenaga dan waktu yg kukeluarkan tdk besar, resiko jg rendah.

Waktu aku coba ngobrol dg bapak mertua ttg bisnis menanam kayu ini, dapat masukan kalau punya bbrp lahan jgn ditanam jati semuanya, coba tanam juga pohon albasia. Albasia bisa dipanen 5-7 tahun sekali. Jadi istilahnya return modalnya lebih cepat.

Ga disangka bbrp hari lalu ditawari tetangga di kampung lahan seluas 1.4 ha (1400 m2). Sdh ada tanaman jati 8 biji dan albasia 100 batang, harganya 65 juta. Langsung tertarik deh buat nyoba bisnis ini. Akhirnya melepas bbrp tabungan emas untuk beli tanah itu. Perawatannya aku titipin ke orang tua. Sebulan sekali nyuruh orang buat bersih2in tanaman liar di bawah pohon jati/albasianya.

11

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Wah inspiratif banget thread ini...
Seperti kebanyakan ibu-ibu disini, saya juga sedang muter akal untuk memiliki bisnis kecil-kecilan.
Ada niat untuk buka toko offline jualan clodi kayak BundaAidan, tp masih takut rugi ehehe.. karena belum semua org aware dengan clodi. Share dong BundaAidan kelanjutan bisnisnya, itu clodi berarti dibeli dulu dalam jumlah banyak yah untuk setiap jenis? Promosi yg udah dilakukan apa aja? Ada tips?

TFS all :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

12

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Wahh, ternyata ada forum ini, pas bgt nih buat aq yg kebetulan lg mo mulai bisnis d rmh.

Sejak melahirkan denzel 1 thn yg lalu, aq berhenti kerja kantoran,rencana mo cr kerja lain d dkt rmh dgn jam kerja yg lbh fleksibel, tp ternyata gampang2 susah, pas udah nemu calon kerjaan yg br, malah ga tega ninggalin si kecil, apalagi dgn 1 mba, bs pengsan dia, mo cr tambahan mba, lbh susah lg, haahha (kok jd curhat :-p)

Anyway, akhirnya selama nunggu tambahan mba yg pas d hati dan tawaran kerja yg cocok, aq mulai cr2 usaha bt nambahin uang jajan, karna biasa dpt gajian n py uang sendiri, hehehe.

Pilihan pertama yg paling mudah adalah bisnis OL, produk pertama yg kepikiran adalah tas n baju :-) (perempuan bgt yah), walopun untung ga seberapa, tp pemikiran bs muterin uang sendiri ternyata menyenangkan.

Belum cukup smp dsitu, aq cb buka usaha mie ayam gerobak hasil kerjasama ama teman, berhub bentuk kerjasamanya francise jd ga terlalu repot dan byk kerjaam, tinggal terima laporan tiap bulan. Tapi kok msh belum ngerasa ngejalanin bisnis sendiri yah.

Akhirnya, mudah2an lancar dan langgeng :-) aq lg mulai buka usaha penyewaan mainan anak2, memang bukan bisnis yg unik dan fantastis, tp aq rasa ini adl "passion"ku, berawal dr kado2 mainan u babydenzel dr kerabat dan handai tolan, ditambah napsu belanja mainan anak yg tdk terbendung, terjadilah penumpungan brg yg mulai tak masuk akal, akhirnya "nyontek" ide dr ruko sebelah, kenapa ga buka penyewaan mainan sekalian :-) jd mainan yg sdh ada lbh bermanfaat dan rasa bersalah karna napsu belanja berlebihan jd berkurang, heheheh.

mudah2an ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi stay at home me, doakeun dan wish me luck yah......

mmuuuaaaccchhhh

nb: bt urbanpapa, counseling u "buka usaha baru"nya masih terbuka ga? klo ada mo daftar dong, hehehehehee

thx

son - they tease u constantly, ignore everything u say and yet, irrationally, u love them completely.....

13

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

hmm, pada hebat ya para moms d sini..
jd bingung mau bk usaha apa ni..
pengenny ya jg bs stay d rmh buat jg baby klo tar dah lahiran..
heehe...
dr kecil dl jarang dagang ya, cm pernah jualan krt natal pas sd..
prnh jual bolpen ga laku..
jual tupperware malah stok numpuk..
(edited: do not promote or sell any products in this thread.thx -mods-)
mauny si ol shop yg tiap hr bs kirim paket ya.. hehehe
malah sng bgt klo tiap hr hrs paketin brg berarti kan laku tu brgny..
pengen buka tmp spa si, coz ga bs gunting2 menggunting n make up, hehhee..
tp suka bgt ama perawatan bdn..
pengen franchise tp modal lom ckp..
klo ada mom d sby yg mau joinan, aq open bgt ni..
kita bcrain model usahany.. hehehe..

14

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

udah lama ga mampir ke tread ini..
dulu sering baca wktu lg hamil. mikir2 pengen juga kerja di rmh.. anak ga ditinggal..
alhamdulillah kesampean..walopun baru buka OS aja:)
tp kendalanya, pengen promosi sana-sini, posting sana-sini, ninggalin jejak, tp ternyata susah juga ya.. apalagi klo affa (2th)dah matiin power netbook:(
kali aja dy ga mau lama2 dicuekin. hehe..

adakah masukan dr mamas yg stay at home mom gmn caranya promosiin OS kita, tp anak ga ngerasa dicuekin?:)
oia, klo yg buka di ebay gmn caranya ya? blm bner2 ngeh sama cara kerja dn pmbayarannya (eh, boleh ga ya mamod tanya ini? klo tq boleh, gpp di hapus:))

15

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

deffitha
Klo menurut saya, memang bekerja dari rumah itu g gampang apalagi klo di rumah ada bayi atau balita. Saya juga jualan online, tapi hampir mati suri karena bener2 g kepegang :(

Apalagi sejak kelahiran Abrisham (5m)..selesai sama arza (2y)..eh adeknya minta diurus.. Adeknya dah bobo',gilirannya nemenin arza. Pernah sih coba curi2 waktu pas anak2 melek, tapi jadinya saya feeling guilty bgt..
Kan saya di rumah harusnya ya buat mereka..memaksimalkan masa2 emas mereka.. tugas utama saya ya itu..

Jadi, saya ya baru bisa online pas malam hari saat anak2 sudah tidur.. tapi memang resikonya jualannya g terlalu rame lagi. tapi saya yakin klo kita sudah melaksanakan tugas utama kita dengan sebaik-baiknya insya allah rejeki g kemana..

Sepertinya postingan saya g membantu samsek ya.. malah jadi curhat :D

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

16

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

yg tau perselleran advice dong, itu kalo soal harga gmn? kita tinggin, rendahin ato samain ma suppliernya?
kemarin kepikiran mau jual baju merk ternama, tapi khn mereka sdh pnya web ato fb sndiri, nah kalo aku tinggin harganya trz mereka cek di web dan komplain... msh bingung... tips and tricknya slain yg disebutkan diatas
tq

akhr-akhr ni kepikiran buat cari 'objekan' scara aku dlu jg pernah kerja. pengen ngrasain punya duit sndiri.
pernah ngelesi anak smp-sma, trus ngajar TPQ di masjid dket rumah, dan trakhr sblm nikah kerja di kontraktor waste-water treatment.
pokoknya tetep smangat!!!!

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

17

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

riska

kalo beli utk dijual lagi, biasanya kan dapat potongan harga khusus tuh.
jangan lupa dihitung ongkirnya.

anggaplah baju nya 100.000/pc, ambil 1 lusin diskon 20%, trus misalnya free ongkir. berarti 1 baju itu modalnya 80.000

kalo pun dijual dgn harga yg sama dgn web yaitu 100.000, kan sudah untung 20.000 per baju :)

sekedar masukan,
kamu jg bisa tetap jual lbh mahal drpd harga di web dan tetap berpotensi laku.

misalnya baju ini berpusat di Jakarta, sedangkan kamu di kota lain, misalnya Padang.


anggaplah kamu jual bajunya 110.000

calon pembeli yg di Padang pasti lebih prefer beli sama kamu mom,

karna baju (110) + ongkir sesama kota (biasanya skitar 5-8ribu) = 118.

sedangkan kalo dia beli di jakarta
(100) tambah ongkir (20ribu) = 130.


mengertikah mom penjelasanku ini?hehe

point nya adalah, kalo mau jualan, mesti dicoba dulu mom, nanti seiring berjalan nya waktu pasti mom lbh mengerti tips & trick nya.

jangankan baju mom, sedangkan harga minyak goreng aja di supermarket A sama supermarket B di kota yg sama bisa berbeda, hehe.


semoga membantu ya mom :)

18

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

baru nyimak niy, pengen banget jd full time mommy yg jg bisa berpenghasilan. kmrn sempet ada ide mo buka ols baby shop ajah. tp kok kayan udah banyak jg,jd ga pede mau buka. ada yg punya masukan ato share how to start -nya? PM boleh deh Mom.

mommy of little prince named Azzam

19

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

nyoba nyambi bisnis networking bareng akyuh yuk mommies...
asal semangat n komit, insya Alloh kita bisa gajian kayak yang kantoran...
semuanya via online jadi tinggal cr waktu luang, bisa nyambi nenenin, nyuapin mandiin si kecil...
ga pake tipu2... :D
kalo mao tanya2 boleh via PM ya moms...

me juga lagi semangat2nya nih biar bisa resign seresign2nyah :D

20

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Moms..gw inget pernah posting di thread ini tahun 2009. Di situ gw nulis bhw gw pengen jadi WAHM skitar 2-3 taon lagi. Dan sekarang, udah 2012 dan cita2 itu masih belum tercapai (lagi) hikkss..

emang sih gw udah mulai nyoba2 bisnis dengan agak serius tanpa meninggalkan pekerjaan tetap gw di kantor, tapi rasanya agak gimanaa gitu krn ternyat yg gw rencanain ga berjalan mulus..tapi namanya juga usaha ya, semangat aja deh..

@candymon..wah..jualan di etsy juga ya.., gw baru mulai jg nih. Share pengalaman dan tips2nya dong..

cheers,
z

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

21

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Ikutan share.. jadi WAHM+punya balita itu ternyata nggak gampang, kebetulan saya freelancer web dan nulis, dari jaman kuliah dulu sudah banyak job2 bikin web, lumayanlan 1 bulan 1 web bisa buat jajan..sampe sekarang punya anak juga masih ada job, walaupun nggak sederas dulu seblom punya anak.. (krn emang sudah nggak sempet masarin), susahnya adalah kalau lagi ada complain dr client nggak bisa langsung ditanganin, harus nunggu baby tidur dulu /nunggu malem baru ngerjain job.. jadi range kerjaan yg biasanya bisa 3 hari slesei, sekarang sampe 1 mingguan baru selesai.. akhirnya sekarang memutuskan untuk pending dulu cari proyek, malah sekarang nyoba buka warung kelontong / sembako di rumah..hasilnya walaupun nggak sebanyak dari ngerjain website, lumayan buat biaya makan sehari2.. O iya, saya juga masih kerja kantoran tp cuman 1 minggu / bulan..

22

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Pengeeen tp karena skg lagi d luar Jawa (Tarakan ), so bingung mau mulai usaha apaan. Mau jualan tp d perantauan ini hanya sendirian, mau online tp ongkos kirimnya ntar yg ada kemahalan semua... Gimana enaknya yaaaa

23

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

@Ummina Hanifa Husna: mungkin kalo punya hobi nulis, bisa nulis dan coba kirim ke penerbit2?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

24

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

aku baru resign sekitar 9bulan lalu buat jadi ibu rumah tangga. full di rumah. tapi diitung-itung, justru setelah resign, rejeki makin banyak. mungkin karena banyak waktu luang buat mikir & merencanakan apa yang kita suka. oia, saya di rumah tanpa ART, tanpa BS, tanpa orang tua, tanpa MIL. capek..?? pasti...!!! :p

karena aku suka design & bisnis, aku merintis usaha nursing line bareng temen. terus, aku lulusan arsitektur, jadi mulai design interior. awalnya design interior untuk apartemen sendiri, yang kebetulan untouchable selama satu tahun. akhirnya aku design dan sewain. sejauh ini, baru dua usaha itu sih.

masih banyak sih rencana ke depan. seperti pengen ngajar yoga, bikin mukena, 'main' trading online, bisnis homemade snack. tapi maunya yang home base. jadi bisa sekalian main sama anak. :D

bismillah semga semua terwujud. amin... :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

25

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

@zataligouw : iyaa.. kadang2 aku juga nulis artikel.. kebetulan ada client langganan yg sering mintak tolong untuk nulis artikel di webnya dia.. walaupun nggak segede kalau ngerjain web, honornya lumayan buat beli diapers hehehe.. sekarang kepikiran untuk nulis2 di media