1

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

adisanita sejujurnya saya paling tertarik punya bisnis sampingan kos kosan atau kontrakan. tapi sampai sekarang masih bingung urusan permodalannya yg gede banget itu. Btw boleh sharing gak mom gmn dulu awal memulai bisnis kos-kosan jadi punya 4 pintu seperti sekarang.

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

2

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Urban Papa wrote:
Moms, punya online shop itu kita gak harus stock barang loh, bisa juga jadi reseller. Teman saya ada yang menghasikan uang secara online, tapi gak pernah stock barang. Ia mengajak kerjasama pemilik online shop lainnya, dengan cara mereka mengalokasikan beberapa stock barang ke dia dan dia jual secara online via online shop dia sendiri. Salah satu media yang efektif adalah dengan cara blasting, atau mengiklankan dagangan anda via twitter. Tidak intrusif seperti di FB (kesel gak sih di tag ke barang).


dl aku pernah juga kepikiran mau jualan olshop, tp tidak dengan cara ini (ga harus stock barang). Soalnya aku pernah punya pengalaman ga menyenangkan beli di olshop, uang sdh kukirim tp barang sampai berminggu2 kemudian barangnya blm juga sampai. Wkt kutanya baik2 penjualnya malah kesel. Bete nggak sih, kan yang harusnya marah2 tuh aku bukan dia. Akhirnya aku tahu juga si penjualnya type olshop yg ga nyetok barang, alias cuma kerja sama dg yang punya stock barang/reseller.

Sejak kejadian itu jadi sadar, kalau mau jualan olshop ya sebisa mungkin tidak pakai cara ini krn resikonya mengecewakan pembeli lebih besar, selain bisa bikin kepercayaan orang untuk beli di olshop lain yg jujur, yg mmg selalu jualan stock barang yg bener2 miliknya jd hilang.

3

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

davara wrote:
adisanita sejujurnya saya paling tertarik punya bisnis sampingan kos kosan atau kontrakan. tapi sampai sekarang masih bingung urusan permodalannya yg gede banget itu. Btw boleh sharing gak mom gmn dulu awal memulai bisnis kos-kosan jadi punya 4 pintu seperti sekarang.


Mama Devara, kalau bisnis kost2an atau kontrakan, hasil BEPnya itu, emang lama bgt, kira-kira 10 th lah, karna emang investasi jangka panjang, jadi cocok buat yg persiapan pensiun, biar nanti pas pensiun, ada pasive income setiap bulan.
Awalnya dulu sih, dibantu sama bapak mertua, jadi terus terang saya dan suami ga ngeluarin modal sama sekali,dan sekarang ini niatan mau nambahin 4 pintu, krn masih ada lahan di tempat kontrakan skr, sudah coba kirim2 aplikasi kredit, tp sementara dari bank NISP Syariah, BTN, cuma dptnya 60-80 jt, sedangkan kebutuhan saya lebih dari itu, mau pakai duit sendiri, belum cukup,hehe.
Kalau bisa pake uang bank, lebih baik kan, yah optimisnya sih, dari rencana 4 pintu yg mau ditambah, bisa keisi semua, jadi pembyaran cicilan bisa melalui bayaran bulanan uang sewa itu, dan 10 th kemudian, bisa lunas, baru deh buat kita semua hasilnya, tp kan untung, bisa pakai uang bank, bukan uang kita sendiri.

Apalagi kalau di Depok, kayaknya prospeknya cerah kan buat kost2an? nyicil beli tanahnya dulu aja, nanti baru bikin kost2annya pakai uang bank, syukur2 bisa uang sendiri jg.

Love you my fam, today, tomorrow and forever :)
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

4

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

*ngacung* aku jg pernah tu jualan online jd reseller gitu.skarang sih udah nggak.dan aku bilang sih mendingan enggak juga.alasannya macem-macem sih
- klo mau konfirmasi barang ada/ga agak ribet,krna cust nunggu konfirm dr kita padahal kita msh hrs konfirm lg ke supplier.iya klo pas supplier selalu siap sedia,sering2nya sih enggak.otomatis cust jg nunggu lebih lama.
- soal pengiriman kita jg ga bs ngecek lgsg,cust pengennya cpt dikirim eh supplier ga ngirim2.yg kena ya kita deh..
- supplier ga teliti,salah kirim barang kita yg kena.
- dll
pernah kejadian pas reseller baju anak,cust pesen size "x" udah konfirm ke supplier katanya ada.ok,cust bayar,aku terusin bayarnya.eh pas mau dikirim trnyata di 1 seri baju itu size "x" ga ada.ya supplier ga ngira sampe kaya gitu sih,krna asumsinya kan klo 1 seri gitu ya semua size ada.akhirnya dia mau gantiin,tapi kan ya ga enak lah sm cust.

pernah jg reseller kue gitu,eh pas jadwal kirim supplier lupa.bener2 lupa aja gitu..ya ampunn.mana jadwal dia tu penuuuh terus.jd ga bisa minta kirim besoknya,hrs nunggu jadwal kirim yg kosong n waktu itu dptnya seminggu berikutnya.ujung2nya ya kita juga deh yg jadi ga enak sama cust.

IMO,klo mau jd reseller ya gpp sih.tapi cari supplier yg bener2 bs dipercaya,kenal baik n kalo bisa yg rumahnya deket jd kalo sampe ada apa2 bs didatengin.

5

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

ploves wrote:
Cuma penasaran aja....tiap sabtu liat loker di koran ada yg ngiklanin : vacant buat ibu rumah tangga, pensiunan, dll sebagai data entry. Ada yg tau itu terpercaya atau enggak??


Iya nih..ada yg punya info gak ttg data entry di koran K*MP*S..beneran gak tuh?abisnya menggiurkan,50 lembar-->8juta
TIA moms and dads

~Just simply enjoying my mom-of-Att@R-and-Azz@M moments~
Add me on facebook, follow me @fifinelaraissa

6

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

attarzam wrote:
[quote=ploves]Cuma penasaran aja....tiap sabtu liat loker di koran ada yg ngiklanin : vacant buat ibu rumah tangga, pensiunan, dll sebagai data entry. Ada yg tau itu terpercaya atau enggak??


Iya nih..ada yg punya info gak ttg data entry di koran K*MP*S..beneran gak tuh?abisnya menggiurkan,50 lembar-->8juta
TIA moms and dads[/quote]

musti dicek dulu, bener apa ngganya, dan yg penting, jangan mau kalau disuruh transfer sejumlah uang sebelum kerja, dengan berbagai alasan, mana ada belum kerja, udah disuruh trf duit.

Pernah soalnya, adik ipar juga gitu, masukin lamaran utk data entry, penghasilan brp juta perbulan, tp begitu di interview, ga taunya untuk trading saham online gitu, dan kita harus main sendiri, paling tidak 5000 dollar modal awalnya, males banget ga sih?
hati2 lah, karena skr banyak penipuan yang berkedok mencari pegawai, MLM padahal moneygame, dll.

Love you my fam, today, tomorrow and forever :)
Be a better person and giving as much as possible

Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

7

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Attarzam, Adisanita

Iya..gw jg baru tau (hsl googling) klo lowongan berkedok mencari data entry itu ujung2nya disuruh nyari investor yg targetnya min. 250 jt sebulan. Udah dikibulin..suruh ikut training macem2.. Waspadalah..!! Waspadalaaaah...!! *gaya Bang Napi XD

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

8

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Urban Papa wrote:
Moms, punya online shop itu kita gak harus stock barang loh, bisa juga jadi reseller.


Ada tips gimana caranya mencari reseller selain di dunia maya? Sy pengen start jualan online kecil2an, tp ngga tau mo mulai dari mana. Mohon pencerahannya.

9

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

wah..ikutan sharing aaah...
aku juga dulu pernah berfikir apa yang yang bisa kita hasilkan dari rumah tanpa meninggalkan anak-anak terlalu lama...dengan modal yang sedikit...
mmhmmm... akhirnya dari hobi ngeblog..kebetulan didaerah sekitar tempat tinggalku banyak yang suka membuat topi...mhmmm kenapa tidak aku jual...akhirnya aku tanya-tanya sama tetanggaku yang suka menjahit topi,,,mulai dari proses produksi, bahan-bahan dan harganya..akhirnya aku membuka blog terima pesanan Topi Blognya konveksitopi.blogspot. awal mulanya tiap ada yang pesen saya langsung serahin ke pembuat segala macamnya, mulai pemilihan bahan dan sebagainya...tapi lama-kelamaanbahan-bahan yang diinginkan suka susah katanya dicari, jadi membuat harga jadi tinggi, bordirnya kurang memuaskan,waktu juga jadi lama walaupun gak pernah keluar dari target...akhirnya sekarang aku tangani sendiri..mulai belanja kain, bordir...dan perlengkapan membuat topi aku belanja sendiri....jadi kualitas bisa terkontrol...dan harga pastinya lebih murah doong...dari topi itu juga akhirnya banyak yang pesan selain topi ...Bet, logo bordiran dan sekarang saya sedang ada pesanan membuat sabuk/gesper buat sekolah...tadinya mau saya lempar ke tukang pembuat cenderamata...karena belom pernah nyoba bikin..tapi tukang pembuat cenderamata malah ngasih tahu saya cara bikinnya dan bahan-bahan yang digunakannya apa...ya akhirnya saya bikin sendiri deeh dirumah...untuk percobaan saya bikin 5 pcs dulu..setelah diketahui bagaimana supaya menghasilkan yang bagus akhirnya....jadi deeh alhamdulillaah...tapi kok pesanannya tambah banyak yaaa...asalnya pesan 400 Pcs nambah jadi 1.200 Pcs...wah kelabakan...akhirnya saya cari deeh orang yang bisa saya ajarin....yang bisa teliti karena pekerjaannya memerlukan keuletan dan ketelitian...nambah deeh dirumah 2 pegawai...hehee...soalnya kalo di kerjain sendiri repot banget...belom pesanan topi....dari beberapa klien yang pesan 1000 - 2.500 untuk minggu-minggu ini harus kelar, dan juga dasi sekolah...(untuk dasi sekolah untung kakak saya pengalaman membuatnya jadi gak harus belajar dan diajarin dulu.....
Belom acara Sophie (martin) Paris...mhmmm saya juga menjadi member sophie (martin) paris....Web saya : membersophieparis.co.cc..tidak akan dilepas dari sSophie ini soalnya kalo dari Sophie ini juga saya tidak usah keluar modal yang banyak....dengan berjualan OL Sophie....karena kalo jualan secara konvensional saya kurang bisa menawarkan ke orang....Alhamdulillaah setelah membuat blog dan web Sophie (martin) Paris...bonus saya tambah melesat....dan saya bikin web saya tersebut memudahkan saya mencari downline dan downline saya langsung mempunyai web replika..jadi downline saya pun dengan mudahnya mencari downline karena di SOphie tuh biar sukses ada dua kunci Belanja dan Jaringan..jadi saya juga membuat website tersebut memudahkan bagi yang ingin kerja di rumah tanpa keluar..dari segi belanja sophie (martin) Parisnya tinggal sms saya...cari downlinenya ya tinggal disebarin aja web replikanya....gampang deeh....

jgn link ke situs bisnisnya ya .. thx, mods

Bundanya ALfi waVi ama gheviRA

10

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Suka rada heran dan iri [in positive way] deh kalo ada orang bisa ulet ngejalanin mlm kayak Bundaalvira, yang nglibatin banyak member/jaringan, kayaknya saya nggak bakat nih, tapi kalo jualan online sih sukkaa a a :D

11

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

cindymon wrote:
Suka rada heran dan iri [in positive way] deh kalo ada orang bisa ulet ngejalanin mlm kayak Bundaalvira, yang nglibatin banyak member/jaringan, kayaknya saya nggak bakat nih, tapi kalo jualan online sih sukkaa a a :D

wh saya juga tadinya masuk member sophie tersebut cuma tergiur discount 30 persen aja....untuk menghemat pengeluaran saya beli tasnya...(kebetulan saya pemakainya).... trus coba-coba jualan OL...eh banyak yg pesen... itu waktu dulu 2 tahun lalu...kalo ada yg pesen suka agak susah juga dapetnya....ya akhirnya saya stop 1,5 tahun ...yang mau daftar member juga saya tolak...coz saya "marah" ke sophie...soalnya kalo belanja k tempat lain suka di suruh pindah upline... setengah tahun yll upline tempat saya daftar menjadi BC...dia mengajak saya aktif lg coz katanya barang gk akan sesusah kemarin...akhirnya saya aktif lagi setengahtahun ini...yang pesan banyak dan yang jadi member tambah banyak apalagi setelah bikin web mlm yg otomatis downline saya punya web replikanya....jadi tambah bonus...(ternyata keuntungannya bukan disc 30 persen...ternyata ada bonus-bonus..lain...dong...di transfer tiap bulan alhamdulillaah....dan lumayan bisa naik peringkat

saya juga kalo konvensional kayaknya gak kepikiran deh harus gimana...:)

Bundanya ALfi waVi ama gheviRA

12

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Urban Papa
Sistem yang seperti itu namanya "dropship". Sekarang lagi ngetren tapi masih jadi perdebatan juga karena ada yang kurang setuju.
Dalam islam klo mau jual beli; barang yang mau kita jual harus jadi milik kita dulu, klo dropship kan barang tersebut belum jadi milik kita.
CMIIW
dan sperti mamanyazayyan bilang, lebih ribet karena kita harus 2 kali kerja. Berhubungan dengan costumer dan juga supplier buat nanya stock. Modal untuk sms jadi banyak padahal klo sistem dropship untungnya g banyak.
Selain itu deg-degannya g nahan..apa barang yang dikirim benar, kapan dikirimnya..ribettt. Better nyetok aja walopun sedikit tapi kita tahu kondisi barang secara detil. Karena kadang ada konsumen yang tiba2 minta diemail gambar aslinya.

Klo soal kita review salah satu produkjualan kita trus kasih link gitu emang efektif banget.

kiwiaddict
Maaf klo kurang membantu tapi klo cari supplier yang bukan di dunia maya kayaknya kamu harus sering hunting ke pusat2 perkulakan gitu bukan? tergantung juga mau jualan apa.
IMO, klo mau jualan online enakan cari supplier by online juga..bisa nanya2 dan bandingin harga tanpa perlu capek2; tinggal sms dan email. Selain itu bisa nambah kenalan dan jaringan jadi ljualan ebih cepet laku.
Klo mau jualan, tentuin dulu mo jualan apa baru cari suppliernya.

Oiya, klo yang sedia barang dalam jumlah besar dan bisa dibeli secara grosir namanya: SUPPLIER. dan kita yang beli dalam jumlah tertentu untuk dijual lagi namanya: RESELLER.
CMIIW

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

13

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

moms and dads, mungkin ini OOT, tapi siapa tau ada yang berprofesi sebagai guru private bahasa inggris khusus conversation. Sebab gue lagi mencari untuk bos gue (usia dia sekitar 37 thn). Kalau sekiranya ada moms atau dads disini atau mungkin temen/sodaranya yang emang berprofesi itu,....boleh ya info2 ke gue. :)
Thanks before and after nih

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

14

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

aku udah ada niatan sih mau jualan beberapa produk menspad gtu, secara ditempatku ternyata masih belum banyak orang yang tau hal begituan (karena kota kecil kali ya, hehe) nah aku bingung ney mau order ndiri/ DROPSHIP(minjem kata2 dari PIYUT hehe) , tapi butuh modal yang gede, mau pake cara os, tapi gak tau caranya (rada gaptek sih masalah ngeblog n os,hehe) jadi bingung mau mulai dari mana???
mohon bantuan pencerahannya dunk..

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

15

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Mamas, mungkin ada yg berminat jual baju anak santai buat di rumah, ceritanya dulu sebelum hamil aku jualan di rumah, sekolah, trus klo ada acara ngumpul ama temen ato arisan RT, sejak hamil disuruh stop dulu ama misua, akunya juga ga mood banget belanja soalnyaa...jadi di rumah sekarang msh ada stok baju2 stelan kaos anak ama kaos2 abg gitu, kali diantara mamas ada yg mau nerusin...pm yaa, foto2nya bisa liat di FB Ruri nurbani, harganya obral deh mulai 8rb

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi

16

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

agata,,kalo OLS bisa bikin wordpress dulu aja atau melalui blog sebagai pemula,,
ato bisa juga jualan disini,mama's mall (tapi ada rental feenya tiap bulan).

17

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

agata
ato bs mulai dr fb...kyknya itu yg mnurutku lbh gampang buatnya utk new comer....;)

beberapa hr yg lalu saya lewat daerah cikini,dan menemukan daycare+playgrup gt jd 1...hmmm spertinya tertarik utk membuka usaha sprti itu,,,biar bs skaligus anakku ada disitu bermain bersama teman2nya....:D

namunnnn....
terbentur lg mslh MODAL...brp besar ya utk membuat usaha daycare gt???ada yg tau ga moms disini...???;D
infonya yahh....:)

mama love habibie.....:*

http://misskembang.blogspot.com/

18

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

ifa,,krim email aja ke [email protected].

19

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

buwie wrote:
Mamas, mungkin ada yg berminat jual baju anak santai buat di rumah, ceritanya dulu sebelum hamil aku jualan di rumah, sekolah, trus klo ada acara ngumpul ama temen ato arisan RT, sejak hamil disuruh stop dulu ama misua, akunya juga ga mood banget belanja soalnyaa...jadi di rumah sekarang msh ada stok baju2 stelan kaos anak ama kaos2 abg gitu, kali diantara mamas ada yg mau nerusin...pm yaa, foto2nya bisa liat di FB Ruri nurbani, harganya obral deh mulai 8rb

mom mesti add friend dulu nih, aq dah send req y dari Anggraini ElHakim, mau liat2 dlu and PMin aq carana gimana kalo mau nerusin heheh, lokasi dirimuh dimana

--- nyanyian qilla sebelum tidur : nyanayyuunyununana" ---

20

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

choco n mabhy makasih masukannya, aku coba deh sarannya (sambil belajar juga sih..hehe)

buwie aku dah PM

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

21

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

agata

kalo modal belum besar, boleh banget nyoba sistem dropship.
tapi pastikan dulu si empunya barang fast response.
karena kalau kita jualannya di dunia maya... dibutuhkan response yang cepet ke customer.

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

22

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Mamas n papas.. Kalo bikin Daycare/Playgroup itu gak perlu izin departemen pendidikan kan ya? Terus kalo daycare gak haris S1 kan nanny nya? (Kalo skrg aja guru SD minimal S1)

23

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Mamas n papas.. Kalo bikin Daycare/Playgroup itu gak perlu izin departemen pendidikan kan ya? Terus kalo daycare gak harus S1 kan nanny nya? (Kalo skrg aja guru SD minimal S1)

24

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

setelah join di dbcn dan after 2,5 bulan gw bisa dapet bonus yg lumiyin.akhirnya sebulan yg lalu gw mulai buka usaha baru yaitu...dimsum Fayfa.

Dimsum Fayfa ini adalah online shop untuk dimsum yg di buat secara homemade,tanpa msg dan pengawet. sistemnya adalah open PO per week days dan akan di delivery on week end. yg berbeda dari dimsum Fayfa ini dalah sizenya yg jumbo,krn gw suka kesel sendiri kl makan dimsum dgn size mini padahal baru ajah nikmatin eh udah abis.makanya gw bikin dgn size yg rada over :D. Dan packagingnya pun reusable,di package dalam kemasan yg frozen dan microwave friendly. jd customer bs nyimpen di freezer tnpa hrs memindahkan ke wadah yg lain,kemudian kl mau manasin tinggal taro ajah di microwave. trs kl manasin pk kompor juga bisa,krn kita ngasih free klakat kayu.see...bener2 mendatangkan kenikmatan bersantap dimsum di rumah :)

bisa intip2 fbnya di : dimsumm fayfa atau di twitternya @dimsumfayfa

tekad gw tahun lalu adalah di tahun 2011 gw sdh bisa untuk finansial freedom,spya gw ga perlu ngantor lg tp ttp dapat pemasukan tiap bulannya. :) mudah2an akan terwujud

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

25

Topic: Penghasilan Tambahan Bagi Stay At Home Moms

Haloo smua, mo sharing jg skrg penghasilan tambahan sy sbg full time mama dari jual brownies diet dan baju.
Brownies diet ini ga sengaja berkembang jadi bisnis kecil"an, sebetulnya mau dikembangkan lbh besar ... harapan sy bisa sesukses Amanda hehee... tapi msh banyak kendala terutama msh ada baby yg nempel bgt dan 2 sista nya yg msh sngt butuh perhatian.
Berkembang ga sengaja krn suka suami seorg body builder pemula dan sy jg aktif di gym, jd banyak bereksperimen di menu rendah gula dan lemak, akhir na sukses dengan resep brownies diet (promosi dikit check FB [email protected])
baru melayani made order krena semua" sendiri dari belanja, timbang", bikin adonan dan manggang.... bisnis makanan model bgini capekkkk luar biasa, tp dari segi keuntungan cukup lumayan loh mamas, promosi via fb agak keteteran krn g slalu online jd lbh menggandalkan bb dan testimonial mulut ke mulut,
sempat buka stand di acara kejuaraan binaraga dan.... agak kapok krn menyiapkan 60 loyang brownies sendiri, dan ga ludes pula mau nangissss wktu bw pulang sisa brownies ke rmh, akhir na dibagi" dan dijual murah hahaa... bagus sih pengalaman model gini buat preparing klo mau buka stand lg ^^
truss...
dagang baju, kecipratan jg sama olshop yg bejibun, krn sebag besar teman" jg pada buka butik jadi iseng coba jualan msh via fb tp ya itu keteteran krn jarang online, akhir na via bb (autis krn cari duit) hasil nya sangat lumayan
klo liat mamas di sini bnyk yg punya pegalaman ga enak ya jualan secara online, sy jg pernah kena hit n run, barang sdh dipesan ehh main kabur aja, padahal sy sudah bayar sm suplier, kekihh bgt
sekarang mulai belanja grosir, karena kebetulan ada saudara di jakarta yang bermain grosir, jadi agak terbantu u/ dapat stok barang yang lbh murah.
Sy jg menerima dropship reseller, nahh.... klo ada mamas yg pernah punya pengalaman pahit dng dropship, sy ada sedikit saran:
-pastikan mamas mengenal baik suplier mamas, krn teman biasa nya lbh di utamakan drpd reseller yg kenal sepintas
-pastikan jg klo suplier mamas menyetok barang jualan nya, karena ada jg olshop yang mengaku suplier tetapi mereka sendiri tdk menyetok barang sehingga terjadi miss order, barang yg tadi dinyatakan ada ternyata sdh terjual dsb

pastikan juga untuk mulai membuat pembukuan sederhana, supaya kita tau perputaran modal nya ^^, klo sy sengaja bikin rekening khusus untuk laba, jadi setiap laba dr transaksi yg sdh deal langsung sy transfer ke rekening tsb ^^ dan tidak diganggu gugat sampai akhir bulan, nah di awal bln berikutnya laba tersebut bisa untuk menambah modal lg ^^ begitu seterus nya...
stok yg dikit lama" membukit
diberlakukan jg u/ jualan brownies sy, klo yg ini laba nya biasa sy belikan alat baking, siapa tahu someday usaha" ini berkembang jd bisnis yg besar^^