1

Topic: Jam Tidur Bayi

Hai mamas... Mau tanya dong, anakku barra ( 2m 20d ) kalo bobok siang suka gak nyenyak.. Sering kaget2an, jadinya suka kebangun.. Tp ini kalo siang aja.. Sudah dikasi suara2 yg statis kaya' suara air, suara vacuum cleaner dll itu tp tetep aja masih suka kagetan... Pengennya ditengkurepin tp karena barra blm bs bobok sendiri, jd kalo abis digendong dan ditengkurepin suka kebangun... Bingung deh jadinya gimana..
Karena kasian suka gak nyenyak bobok siangnya, akhirnya suka digendong.. Tapi pengen biasain bobok sendiri.. Gmn ya mamas? TIA

2

Topic: Jam Tidur Bayi

ikut sharing
waktu enzo dante masih bayi juga tidurnya lama, ga ada masalah deh. mungkin krn wkt mrk bayi kan anaknya blm bisa ngelawan kyk skrg ya, jadi ya nurut2 aja.
waktu setelah pulang dari RS abis lahiran enzo, kebetulan bgt lg ga ada ART/BS, jadinya tidurnya pake pampers. dan aku kan memang waktu itu LDL ya sama suami, jd emang ngapa2in sendiri. kebantu banget pake pampers, dan ga takut bayinya ruam jg, krn pampers emang bahannya lembut gitu.
tapi mungkin krn dr bayi udah biasa tidur nyenyak, sampe sekarang susah bgt dibangunin :p

skrg sih yg susah itu matchingin jadwal tidur kita sama anak2 pas bulan Ramadhan. aku biasa bangun jam 3 pagi, masak2/ngangetin makanan sahur, makan, mandi, shalat, dan langsung beres2 rumah ( cuci piring, cuci baju, nyapu, ngepel), mandiin & sarapan anak2, ke warung sayur, jalan pagi/sepedahan.

nah abis itu akunya yg ngantuuuk tak terkira, sedangkan anak2 pas banget lagi seger2nya.. wuaah susaah banget nahan kantuknya :)
kasian kalo aku tidur, anak2 ga ada yg ngawasin main bareng.

jadinya ya aku ikutan main walopun sambil teler2, trus abis anak2 makan siang, baru deh aku tidur.. lamaa hihihi..anak2 juga krn tidurnya dikelonin jadi tidurnya lama. dan agak repot pas mau nyuruh tidur malem, krn mereka blm ngantuk. padahal aku perlu tidur cepet biar besoknya ga kesiangan sahur.

haha curhat gini yaa
gimana mama yg lain, share tipsnya dong

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Jam Tidur Bayi

Mom raficka - Awalnya Wira (3m) juga gitu; kalo siang masih suka kaget. Tapi lama-lama jadi terbiasa. Yang penting emang konsisten sih mom :) Soal tengkurep, aku awalnya juga takut, tapi lama-lama jadi badak, hihi. Misalnya dia udah tidur pas aku gendong, aku tengkurepin dia kebangun ya gapapa. Aku biarin dia tengkurep. Paling dia celingukan bentar terus karena emang udah ngantuk jadi bobo sendiri :)

Soal menidurkan anak ga perlu digendong dulu awalnya juga berat, karena Wira maunya digendong. Biasanya kalo dia udah ngantuk (udah mulai garuk-garuk telinga) aku tengkurepin. Biasanya sih dia ga jadi ngantuk dan malah angkat-angkat kepala. Tapi lama-lama dia jadi cape. Sekarang udah 3 bulan, keliatan kalo dia udah cape dan mau tidur itu pake melamun dulu, hehe. Tapi kadang dia senewen, dan pas ditengkurepin malah nangis sambil marah-marah. Kalo gitu, aku gendong dan aku susuin dulu biar dia tenang. Kalo udah bener-bener tidur, baru aku tengkurepin :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

4

Topic: Jam Tidur Bayi

diannyakakak bayi itu wajar kalo bangunnya masih 2-3 jam sekali untuk nyusu karena emang lama tidurnya belom bisa seperti orang dewasa. yang penting abis disusuin dia tidur lagi, itu mah normal banget. jangankan anakmu yang baru 8m.. anak pertama gue karena masih ASI, tetep begitu dulu sampai dia disapih umur 2thn. hehe.. jadi perjalanan masih panjang untuk bisa nikmatin tidur 8hrs straight :) *pukpuk*

raficka yep, ini juga termasuk normal. anak gue juga dulu gitu. tidur siangnya kaget2an. susaah banget bisa tidur lama karena kalo ada yang brisik dia kebangun. biasanya emang jadi gue tengkurepin, kalo emang ga tengkurep sendiri gue taro di dada gue.. jadinya mamanya ga bisa ngapa2in deh. bisa lama bobonya kalo jalan2 di mall karena dingin dan enak diayun2 di stroller, atau sambil dikekep (digendong). tapi nanti lama2 juga gapapa kok.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Jam Tidur Bayi

sLesTa wrote:
diannyakakak bayi itu wajar kalo bangunnya masih 2-3 jam sekali untuk nyusu karena emang lama tidurnya belom bisa seperti orang dewasa. yang penting abis disusuin dia tidur lagi, itu mah normal banget. jangankan anakmu yang baru 8m.. anak pertama gue karena masih ASI, tetep begitu dulu sampai dia disapih umur 2thn. hehe.. jadi perjalanan masih panjang untuk bisa nikmatin tidur 8hrs straight :) *pukpuk*


Mom Slesta mau dong share pengalamannya, gmn ngajarin anak biar tetap tenang tidur sepanjang malam.
Karna mom, anak ku (14m) sampai sekarang masih suka bangun tiap 2-3 jam buat nyusu. Meski siang dan sorenya dia makan banyak, tetap aja malem2 bgn buat nyusu. Pernah sekali saya pergi keluar kota untuk urusan kantor 3 hari 2 malam, anak saya akhirnya 'lembur' juga slama itu. Padahal eyang utinya udah berusaha mimik-in dia pake ASIP, tapi tetap bangun dan nyari2 nenen. Masih normal ga ya mom? Saya jadi was-was gimana nanti nyapihnya ya...

6

Topic: Jam Tidur Bayi

hi mamas, mau tanya dong

klo untuk 12m tidurnya berapa lama ya?
babyku zee udah mau 12m, berat badannya cuma 8kg masih asi dan mpasi tidak masalah, dia doyan makan macem2.

udah konsul ke dokter katanya mungkin tidurnya kurang. zee biasa tidur pagi jam 9an itu 30-50menit, tidur siang jam 12an atau jam 13 sama juga 50menitan. tar sore tidur lagi jam 5an hanya 30menit. trus tidur malam jam 20.30an sampai pagi jam 6 pagi. Bangun nenen bisa 3-4kali, tapi ya mau tidur lagi. apa masih kurang tidurnya?

trus kata dokternya, untuk tumbuh kembang dibutuhkan tidur yang sangat nyenyak, jadi kata dokter mungkin babyku tidurnya kurang nyenyak sehingga tumbuh kembangnya gak maksimal.

ada yang ngalamin juga? please share

7

Topic: Jam Tidur Bayi

inirr terus terang gue juga gak tau, karena anak gue baru bener2 bisa tidur sepanjang malam setelah dia umur 2thn dan udah gak nenen lagi. tiap anak beda2 sih, soalnya ada anak yang bisa sleep thru the night walopun masih ASI. sayang nya anak2 kita yang tetap bangun malam untuk nenen. sebenernya nenen itu sebagai comfortnya, bukan karena dia laper. jadi walopun makannya udah banyak, dia akan tetap bangun.

faktor lain juga kayaknya masalah sleeping arrangements. kalau anak yang dari kecil dibiasakan untuk tidur sendiri dan self soothing, dia biasanya kalau kebangun tengah malam, akan balik tidur sendiri lagi. sayangnya gue juga ga tau gimana praktisnya karena gue menjalanin co-sleeping sama anak gue.. jadi ya dia tetap bangun 3 jam sekali untuk nenen. walopun padahal cuma asal doang nenennya.

anak kedua sekarang ini gue mencoba untuk gak co-sleeping. tapi sulit banget buat gue yang ngantor. karena udah terlalu capek untuk mindah2in pas tengah malam gitu.

tapi pas urusan nyapih dulu sih, anak pertama gak masalah tuh. lancar2 aja. pake hypnoparenting dan akhirnya pindah dengan minum susu UHT sebelom tidur. sekarang juga masih minum susu UHT sebelum tidur, tapi gak sampe dia tidur minumnya. jadi minum sebelom tidur, trus abis itu masuk tempat tidur, berdoa, say good night, baru akhirnya terlelap. oiya anak pertama gue sekarang udah 4thn.

syahdiar kalo dari jadwal tidurnya kok kayaknya cukup ya. rasanya ga ada yang perlu dikuatirkan. tapi kalo emang karena berat nya yang jadi masalah, mungkin sih bukan karena tidur. mungkin juga emang faktor genetik yang bikin dia bertubuh mungil.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Jam Tidur Bayi

Kappachan & slesta :
Siang ini dicoba, pas mau bobok digendong dulu.. Pas udah bobok, ditaruh dan ditengkurepin, nangis trus dielus2 sbentar dan berhasil bobok.. Dan alhamdulillaah bisa lumayan lama tanpa kaget2an... Ah, senang!
Thank you mamas.......
Selanjutnya mau belajar bobok'in barra tanpa digendong, semoga berhasil... :D

9

Topic: Jam Tidur Bayi

Mamas.. Shraing jam bobonya Tara (2m 5d) ya...
Thanks God dari sejak lahir Tara ga susah bobonya. Malah mommy nya yang khawatir kalau kalau Tara kurang minum asi. Tapi, karena waktu konsul sama dsa dibilang ga masalah, asal anak tetep aktif, jadi tenang. Yup betul kata mamas berpengalaman yang kalau siang dikasih lampu terang dan suara bising lalu kalau malam lampu temaram dan suasana tenang supaya bayinya terbiasa. Tara juga begitu. Sengaja kalau siang pintu kamar dibuka jadi sering digangguin sama kakak-kakak sepupunya. Lalu dengar mereka teriak2 dan suara panci di dapur. Malam, langsung lampu kamar mati dan nyalain lampu kecil. Alhasil sampai sekarang kebiasaantidur Tara jadi bagus. Tiap malam bangun kadang sekali atau 2 kali untuk minum asi. Itupun dijam-jam tertentu (jam 11,1,atau 3).

Raficka,
Coba Barra kalau bobo dikasih musik terus biar ga kagetan. Ada yg bilang musik jg bisa bantu. Jangan terlalu pelan musiknya.

Mom of Nusantara and Gilimantra

10

Topic: Jam Tidur Bayi

SLesTa, ahh anak kita samaan ya umurnya, lahiran bulan Jan jg? *eh maap OOT :D * Ternyata emang begitu yaa, kalo ada kakaknya.. si adek jd tidurnya btr-btr hehe berisikk sih.. Apalagi anak pertamaku Tian demen bgt ngomong keras-keras, nyanyi keras-keras *sigh* Si adek cuman bisa tidur lama kalo kakaknya lagi sekolah ato lagi tidur siang hehe.. Untungnya kalo malem, si kakak tidurnya udah sepanjang malam ga pake kebangun2..

Inirr, sama kayak SLesTa, anak pertamaku baru bisa tidur sepanjang malam setelah lepas dari nenen (umur 2 tahun an, sebulan sebelum adeknya lahir). Sebelumnya mah masih bangun 2-3x untuk nenen dan bukan karena haus tapi untuk ngempeng aja biar bisa bobok lg. Jadi kayaknya masih wajar kalo bayi ASI suka bangun bbrp kali di malam hari either dia emang haus krn ASI lbh mudah dicerna sehingga lbh cpt haus/lapar, or hanya cari kenyamanan dg nenen :)

11

Topic: Jam Tidur Bayi

Mau ikut share juga.
Anak pertama, he he udah gak terlalu ingat. rasanya sih dulu itu kalau siang tidurnya agak susah dan harus sambil gendong, setelah 3 bulan gw back to work, gak ingat gimana si oma nanganinnya. Malam tidur jam 8an sampai pagi. Walaupun asi, tapi udah dilatih dari umur 8 bulan untuk tidur sepanjang malam tanpa bangun nyusu. Jadi waktu belum disapihpun EL sudah bisa tidur through out the night, disapihnya sendiri waktu umur 2 tahun.

Anak kedua, masih gress nih, masih ingat banget berhubung Amy baru 3 bulan sekarang usianya. Bulan pertama guampang bgt tidurnya, tidur melulu, bangun nyusu terus tidur lagi. Bulan kedua, ini bikin pusing 7 keliling. Bukan sekedar bangun-bangun kalau malam, tapi begadang ronda gak tidur. Dia bisa gak tidur dari jam 8 malam sampai jam 5 pagi. Aduh udah pusing bngt rasanya, ya kawatir dgn pertumbuhannya plus kawatir dgn kesehatan jiwa mamanya juga, pusing mboook gak tidur. Sampai bingung kok bisa ya, salahnya dimana coba? Udah disusuin, digendong2 gantian dengan neneknya dll, gak tidur juga. Kalau ditotal banyakan jam dia bangun daripada jam tidurnya.

Bulan ketiga, karena saya sudah tak tahan lagi, akhirnya aku tega-tegain pada suatu malam, sekitar jam 3 pagi stop menggendong, taro di kasur dan membiarkan dia menangis sampai akhirnya dia tertidur sendiri. Yang begini berlangsung sampai 3 malam, taro di kasur, gak gendong walaupun dia menangis, sampai dia tertidur sendiri. Kasian sih, tapi gimana ya. Akhirnya malam keempat dst, kalau sudah malam, taro di kasur bisa tertidur sendiri tanpa digendong, tanpa menangis. paling ah eh ah eh aja. Bisa tega-tegain begini karena si oma sudah pulang kampung, kalau gak pasti si mama kena marah. Well tapi it worked.

Tentunya karena Amy full asi dia masih terbangun tiap 2-4 jam sekali untuk nyusu, tapi langsung tidur lg. Sekarang tidur malam dari pukul 7 sampai antar pukul 5-7 pagi.

Bangun pagi, mandi main-main sampai 2 jam lalu ngantuk lagi dan bisa tidur 3-4 jam. Kalau untuk tidur pagi dan tidur siang, masih dibantu dengan disusuin dan digendong baru bisa tertidur, kalau ditaro aja di kasur gak tidur-tidur dia. Tidurnya ditengkurepin supaya lebih nyenyak tidak kagetan dan tidak terlalu terganggu suara-suara. Nah dari siang sampai sore ini kadang-kadang dia tidur hanya 30 menit, walau bisa juga tidur sampai 1,5 jam. Kalau cuman tidur 30 menit ini loh yang bikin bingung, kawatir dia kurang tidur dan ngajak mainnya sampai mati gaya ha ha ha belum lagi di rumah ada si 3 tahun dan no maid, duh duh gak bisa kerja apa-apa ***curcol dikit***

Dipikir-pikir bulan kedua tidurnya sempat kacau mungkin karena double standar antara mama dan oma kali ya, membiasakan hal-hal yang berbeda, Amy jadi bingung. Poor her.

Dengan kondisi sekarang sih jumlah total jam tidurnya kurleb 14 jam sehari. Kurangkah?
Yang jelas gw bersyukur deh sekarang Amy bisa tidur lebih baik.

Cloth diaper for my El, cloth menspad for myself, what will be for my husband??? Using with love and passion about the Earth.

12

Topic: Jam Tidur Bayi

momsiyu eh iya barengan ya? baru tau kalo dirimu baru melahirkan juga. iya sama2 lahir januari kalo gitu. selamat ya! kayaknya sifat anak2mu sama persis sama anak2 gue deh. heheh..

mrs_tasmin gimana sih ngajarin anak 8bln dan masih ASI untuk bisa tidur thru the night?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Jam Tidur Bayi

Raficka, Kalam jg masih kagetan. Biasanya kalo kebangun kaget sama gw dipegang dada nya, tangannya juga dipegang disamping kayak posisi bedong. Biasanya bisa balik tidur lagi.

Momisiyu, gw jg sama, ini kakaknya kalo ga triak2, ajrut2an di kasur disebelah adiknya, belom kalo naik mobil2an dengan segala macem mainan ditaliin dan ikut ditarik2, ya, belom lagi suara pembangunan renovasi rumah sebelah dan rumah depan. Pernah gendong 2jam tanpa hasil n kalau ditaro nangis. Bikin pengen ikutan nangis :p

Eka, sama...setelah pengalaman hafidz yang full pospak, dari semua merk gw paling suka pampers. Bahkan yg edisi ekonomisnya jg enak, walopun nampung pipisnya lebih dikit.

Bussy life...happy life...

14

Topic: Jam Tidur Bayi

Slesta perlu pihak ketiga yang bantu Mbak Shin. Waktu itu ada omanya, beliau yang gemes liat anakku masih bangun-bangun terus, padahal aku (saat itu) masih kerja full time. Jadi sebelum tidur make sure dia kenyang dan sudah disusuin, terus tidurnya sama oma deh he he he kalau malam-malam dia terbangun nyari nenen, omanya bilang "tidur lagi ya, kan sama oma gak ada nenen" sambil ditepuk-tepuk dan tertidur lagi. Begitu terus sampai akhirnya setelah seminggu udah tidur nyenyak sepanjang malam dan tidak nyari nenen lagi. Baru dibalikin tidur bersama kami lagi.

Cloth diaper for my El, cloth menspad for myself, what will be for my husband??? Using with love and passion about the Earth.

15

Topic: Jam Tidur Bayi

cindy wakakak aku kebalik kmrn ya di WA, kupikir si Fofo tu adiknya Herbie.hihihi. bisa gitu beda yah,..tapi kejadian juga sih di aku skrg..

Rara (3yo) bobonya tergantung aku sama daddynya, kalau kami pulang kantor jam 9, n siap tidur jam 10, ya pasti dia tidurnya jam 10an jg. intinya nungguin pulang. mungkin karena terbiasa tidur bareng.

adiknya, Jojo (10mos), lebih teratur.tiap hari bangunnya antara jam5-6, lgsg mandi. nanti tidurnya jam8. cuman bedanya si Jojo pas siangnya lebih rewel, harus digendong baru nyenyak.

Kalau Rara mah sama kayak Lana and Herbie, tidur siangnya lama dan ga gampang kebangun. hehehehe.

Eka
wah,,,itu pernah kejadian sama aku pas cuti hamil kemaren, kan hampir 1 bulan sama si kakak. walaupun aku ga puasa ya, pas dulu itu ga ada asisten, jadi aku ngerjain semuanya sndiri pas lagi hamil itu. nyuci, ngepel, masak, jadi harus bangun pagi bgt, nah pas raranya bangun dan segar dah beres semua. eh jadinya aku yang ngantuk banget.
solusinya...agak ga mutu ni...kalau udah bener2 ga kuat, minta tolong asisten Ibu mertua dateng atau nitip RAra sebentar ke tetangga.hihi ga nolong yah..

16

Topic: Jam Tidur Bayi

moms baca thread ini jadi mikir apa babyku bermasalah sama tidur ya?? (blm baca semua takut babyku keburu bangun)
moms kenapa ya, baby Tsaqiif (4m2w) tidurnya ga teratur, kalo siang habis mandi pagi bisa tidur kurleb 45 menit, mentok2 1jam, bangun trus main, mimik, jam1-2 baru tidur sebentar lagi,, rata2 45menit itu yg agak lama, padahal udah kenyang, main2 lagi tar mandi sore, mimik trus kadang tidur, kadang ngga, baru nanti malem (ini juga ga tentu jamnya) antara jam 7-9 baru bisa tidur, pdhl udah ditimang, udah mimik, lampu redup, tpi lama, oia rata2 pengen nempel (ngempeng) di aku, tp kalau tidur jam 9, jam 11-12 gelisah mau mimik lagi, terus jam 4 bisa mimik lagi, tar bangun jam 7-8pagi,,
jadi kalau dihitung rata2 tidur Tsaqiif 11-12 jam,, menurut mommys gimana nanggulanginnya ya?apa ga apa2 tuh? apa ada pengaruh krn ga sama ayahnya (ayahnya sekolah lagi) ya dari umur 2bulan? mohon pencerahan membangun ya,,

17

Topic: Jam Tidur Bayi

mau ikutan share juga ah.

baby ku (1m25d) sekarang alhamdulillah tidur malemnya nyenyak, dari jam 7 malem sampe jam 4 pagi, kebangun 2-3jam untuk nenen. nah, tapi dari jam 4 pagi itu susah banget untuk tidur lagi. udah dinenin, digendong-gendong paling tidur bentar trus kebangun deh. kalo siang hari mau tidur pasti nangis jerit-jerit dulu. kenapa yah? gara-gara tidur siangnya suka kebangun gitu plus nangis kejer jadi khawatir juga tidurnya gak cukup...

18

Topic: Jam Tidur Bayi

ikut.curhat ya mama...mumpung baby rayn (2m) msh bobok....ehhh mom dewiamel yg katanya mata anakny kebuka stngahkalo bobok..gak pa2 koq mom..itu normal..biasanya kalo kayak gitu turunan maybe ada keluarga yg boboknya jg giRaynar babyku jg gitu koq..kalo bobok matanya masih stngah kebuka kadang masih keliatan putihnya doang tp ya lama2 nutup sndiri itu dia kayak papa persis. Suamiku jg gitu kalo bobok..so i think it's ok lah.

kalo raynar boboknya malem malah lelap bgt kalo ak bilang diaa cmn bangun sekali ato dua kali.Jadi kalo uda jam 7 mlm ak biasain pakein pampers sama celana panjang n itu udah jd tanda buat dia kalo waktunya bobok. Biasanya ak nenenin n raynar mimiknya sambil merem2 gitu trus boboklah dia...bngun lg skitar jam 1-2 buat nenen plus ganti pampers gak sampe 30mnt bobok lg sampe pagi :). Kalo siang sih ak bebasin dia mo bobok jam brapa aja yg penting ud bobok aja paling enggak 1-2jam. oohh iya..waktu bobok raynar jg ak itung shari dia musti bobok min 13jam.

19

Topic: Jam Tidur Bayi

oh ya aku baca-baca juga ke sini nih soal tidur bayi.
www[dot]babycenter[dot]com/baby-sleep-basics
gak semua hal bisa diterapkan/dipahami (apapun alasan kita as parents), common sense matters, tapi nolong bgt utk ngerti kebutuhan kebanyakan bayi mengenai kebiasaan tidur mereka. tapi jeleknya jd was was kalau anakku gak seperti "kebanyakan" bayi :p

Cloth diaper for my El, cloth menspad for myself, what will be for my husband??? Using with love and passion about the Earth.

20

Topic: Jam Tidur Bayi

sLesTa wrote:
eh bakal ada experts yang jawab pertanyaan2 urban mama yaa.. gue mau nanya duluan ah:

bu dokter Rini, anak pertama saya sekarang sudah 4thn, waktu kecil saya selalu co-sleeping. akibatnya sampai gede, susah sekali dilepas untuk tidur sendiri. makanya untuk anak kedua saya (skrg 6bln), saya mencoba untuk tidak co-sleeping. walopun susah karena saya juga ngantor, tapi saya dan suami saling bantu mengusahakan supaya anak saya dipindahkan ke cot setiap habis menyusui. waktu masih infant sih ga masalah, tapi makin kesini, kalo dipindahin dia jadi bangun2 terus. kira2 gimana yah dok? kuatir juga jadinya dia kurang tidur malem2.. plus saya juga jadi kurang tidur banget karena bolak balik bangun. ada cara yang baik kah untuk mengajari supaya anak belajar untuk tidur sendiri dari bayi?
wrote:


Dear Ibu Slesta,
Untuk proses penyapihan tidur pada bayi dan anak, memang tidak dimulai sejak awal kehidupan. Sebagai patokan bahwa dalam 6 bulan pertama bayi mendapat ASI, sebaiknya bayi ada didekat ibunya, sehingga bayi dapat sesegera mungkin untuk menyusu pada ibu. Setelah diberikan MP ASI, bayi dapat sesekali dipindahkan untuk tidur sendiri di tempat tidurnya. Lakukan secara berkala, jangan sekaligus. Secara bertahap, dari hari ke hari kemundian nantinya setiap hari dalam seminggu. Bila dalam kondisi sakit, jangan dipaksakan untuk dipisah.
Secara umum anak dapat tidur sendiri di tempat tidurnya pada usia sekitar 2 tahun, atau 2 tahun lebih. Biasanya pertama-tama akan pisah tempat tidur, tetapi satu kamar, dan nantinya baru pisah kamar

21

Topic: Jam Tidur Bayi

eksinads wrote:
@slesta shinta, nanti ini dibalas oleh seorang professional ya? Karena saya pengen bener-bener nanya pola tidur anak saya :P heuheuh

Alika 5bulan, 2 minggu.

1. Kalau siang, Alika bobo hanya 30 menit sekali bobo. Wajar gak ya? Jadi jam 7.00 pagi mandi, setelah itu bobo 1 jam. Tapi bobo siang selanjutnya hanya berlangsung 30 menit. Jadi selama 12 jam saya kerja, bobonya 1 x 1 jam, 2-3 x 30 menit. Total 2-2.5 jam. Kalau malam sih tidurnya 8-9.5jam. Cukup gak ya tidur totalnya per 24 jam? Trus kenapa ya hanya tahan tidur selama 30 menit?

2. Sekarang Alika bobo masih harus digendong2 sampe tidur trus baru ditaro. Sebenernya ini praktek yang kurang bagus gak sih buat anak bayi? Apakah harus dilatih untuk bisa tidur sendiri? Mulai berapa bulan & bagaimana cara melatihnya? Beberapa teman saya melatih dengan membiarkan anaknya menangis sambil ditemani. Sampai anaknya capek sendiri lalu ketiduran. Bolehkah metode ini dijalankan? Apakah ada dampak psikologis pada bayi? Kalau boleh, mulai berapa bulan boleh dilakukan?

Thanks ya Shinta :) Semoga mendapatkan jawabannya hehehe


Untuk kecukupan tidur bayi usia 5 bulan antara 10-12 jam dalam 24 jam. Tidur siang memang seharusnya tidak 30 menit, antara 1-11/2 jam, bisa 1-2 kali. Coba perhatikan lingkungannya, apakah panas ? apakah bising atau suasanya kamar tidur yg tidak menyenangkan. Bila kondisi itu terjadi dapat menyebabkan anak mudah terbangun. Salah satu cara supaya anak tidur lelap adalah dengan memijatnya sebelum tidur

22

Topic: Jam Tidur Bayi

momsiyu wrote:
Mau ikutan nanya juga ke Bu dokter :)

Bu dokter, saya jg punya masalah yg sama dg SLesTa (usia anak mau 7 bln). Sejak sebulanan ini tidur malamnya selalu terbangun tiap 1-2 jam sekali. Memang sih setelah ditimang/dinenenin, sebentar aja sudah tertidur kembali dan saya taruh kembali di boxnya. Padahal sebelumnya kalau tidur malam bisa sampai 3-4 jam sekali baru terbangun.

Kalau saya perhatikan, anak saya terbangun kalau dia mau pindah posisi.. gerak-gerak trus buka mata deh (tidak tertidur lagi). Posisi tidurnya sudah saya buat nyaman spt ditengkurapkan atau terlentang tapi tetap saja gampang terbangun dan minta digendong/dinenenin. Saya coba untuk tidak mengangkatnya dari box dan hanya mengelus-elus punggung atau menepuk-nepuk -maaf- pantatnya, tapi tidak berhasil karena dia bakalan nangis jadi terpaksa saya angkat karena kawatir akan membangunkan si kakak yg juga tidur sekamar. Malah repot kalau bangun dua-duanya hehe..

Oya waktu terbangun itu, anak saya suka menarik-narik/menggosok-gosok telinganya sambil marah-marah, itu kira2 kenapa ya dok?

Sebenarnya saya ingin mencoba untuk membiarkannya tidak diangkat dari box jika dia terbangun tapi tangisannya itu super keras, jadi ga mungkin kalau dibiarkan :( karena bakal membangunkan kakaknya juga. Mohon sarannya ya dok, terima kasih :)


momSiyu, Bila anak terbangun setiap 1-2 jam sekali, pasti ada masalah. Perhatikan apakah bayi sakit, atau tempat tidur yg tidak nyaman ? atau suara yg bising ? atau ada gangguan di sekitar tempat tidurnya, atau bayi lapar ?
Pada keadaan yg tidak menyenangkan, pasti tidurnya akan terganggu, Jadi penting ibu cari tahu apakah penyebabnya. Untuk gangguan / sering menggaruk-garuk teling juga perlu dicari sebabnya, mungkin bagian kulit dekat teling bermasalah

23

Topic: Jam Tidur Bayi

PatriciaMow wrote:
Ikutan nanya juga deh ke Bu Dokter...

Dok, Josh (9bln) itu kalo tidur heboh sekali, guling-gulingan kesana-kemari, kadang-kadang sampai naik ke atas guling/bantal, malah sambil merem bisa duduk sebentar baru rubuh ke kasur lagi. Malam tidurnya antara jam19-21. Kalau bangun jam5/6 biasanya lanjut sampai sarapan & mandi (jam8-9) baru tidur lagi.
Nah, sekarang ini dia kadang suka bangun & main jam3/4. Baru tidur lagi jam 6/7. Tapi biasanya kalau udah begini dia rewel spt ngantuk sepanjang hari. Disusuin/digendong ga mau tidur, diajak main rewel.
Padahal kalo ditotal, durasi tidurnya sama-sama sekitar 14-15jam, dan jam tidur siang yang lainnya kurang lebih sama (setelah makan siang & setelah mandi sore sebelum makan malam)
Ada hubungannya sama jam tidurnya yg kegeser kah? Dan kalau tidur guling-gulingan itu sebenernya bayi tidurnya pulas ngga ya?
Terima kasih Dok...


Mom, bila bayi tidur masih bergerak-gerak kesana kemari, berarti tidurnya belum pulas atau disebut tidur yg tidak dalam. Ciri bayi tertidur pulas, kalau kita sentuh bulu matanya, tidak akan bergerak. Untuk kebiasaan terbangun pada tengah malam, berarti ada gangguan, dan itu pasti akan memberikan dampak anak menjadi rewel pada siang harinya. Ada baiknya ibu mencari tau penyabab bayi terbangun pada malam hari, atasi penyebabnya, sehingga bayi dapat tidur dengan normal.

24

Topic: Jam Tidur Bayi

dirAndra wrote:
moms baca thread ini jadi mikir apa babyku bermasalah sama tidur ya?? (blm baca semua takut babyku keburu bangun)
moms kenapa ya, baby Tsaqiif (4m2w) tidurnya ga teratur, kalo siang habis mandi pagi bisa tidur kurleb 45 menit, mentok2 1jam, bangun trus main, mimik, jam1-2 baru tidur sebentar lagi,, rata2 45menit itu yg agak lama, padahal udah kenyang, main2 lagi tar mandi sore, mimik trus kadang tidur, kadang ngga, baru nanti malem (ini juga ga tentu jamnya) antara jam 7-9 baru bisa tidur, pdhl udah ditimang, udah mimik, lampu redup, tpi lama, oia rata2 pengen nempel (ngempeng) di aku, tp kalau tidur jam 9, jam 11-12 gelisah mau mimik lagi, terus jam 4 bisa mimik lagi, tar bangun jam 7-8pagi,,
jadi kalau dihitung rata2 tidur Tsaqiif 11-12 jam,, menurut mommys gimana nanggulanginnya ya?apa ga apa2 tuh? apa ada pengaruh krn ga sama ayahnya (ayahnya sekolah lagi) ya dari umur 2bulan? mohon pencerahan membangun ya,,


Untuk usia 4 bulan, jumlah tidurnya kurang ibu, Dari cerita ibu, sepertinya bayi ibu tidak kenyang, karena selalu terbangun untuk menetek, tetapi hanya sebentar, kemudian tertidur lagi. Kemudian baru sebentar tidur, terbangun lagi. Coba ibu perhatikan cara menyusuinya, apakah sudah benar ? apakah menyusu selama 20-30 menit terus menerus. Bila hanya 5 menit daja, berarti bayi tidak akan kenyang karena kandungan ASI dalam 5 menit pertama tidak banyak mengandung lemak. Lemak baru akan muncul setelah menetek selama lebih dari 10 menit. Dengan bayi kenyang, akan mempengaruhi proses tidurnya, akan menjadi lebih lelap

25

Topic: Jam Tidur Bayi

diannyakakak wrote:
Moms, mo nanya..kalau anakku zia 8m2w kebangun tiap 2-3 jam waktu malem buat minta nyusu.. Itu termasuk gangguan tidur bukan ? Dianya sih gak bener2 kebangun melek gitu, kalo aku susuin palingan 5 menit juga udah tidur lagi ..


Ibu, unutk bayi antara usia 6-12 bulan, pada malam hari masih terbangun antara 2-3 kali. Tetapi bila hanya sebentar dan hanya menyusu serta kembali tertidur, tidak menyebabkan gangguan tidur. Coba perhatikan asupan makanan / minuman menjelang tidur atau sepanjang siang dan malam hari, mungkin kurang mencukupi kebutuhannya, sehingga malam hari sering terbangun karena lapar