1

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Akhir nya gigi Drey tumbuh di usia 5 bulan 2 hari.
gak ada pakai acara demam ato rewel tapi 1 harian kemarin tidurnya cuma sebentar doang.
gigi bawah yang numbuh duluan baru 1 sih, mudah2an ja Drey gak pakai acara gigit-gigit PD

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

2

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Dari kemarin bolak balik baca tret ini krn Aira (11m) belum tumbuh gigi, padahal gusi nya udah keras soalnya udh bisa mamam mpasi nasi lembek dan buah potong. Daaaan ternyata diumurnya yang 11m2w nongol lah itu 2 gigi bawah, seneeeeng....ga pake demam atau rewel, tau tau dah ada putih aja. Ini skrg lagi penasaran kapan panjang nya ya gigi itu? Kayaknya udh seminggu masih segitu segitu aja nongolnya *hihihi emak bawel

3

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Babyku juga belum tumbuh giginya (7m 1w) he he tapi sudah lebih suka MPASI yang lebih kental, nggak mau yang cair lagi. Gusinya sih sudah keras, suka gigit-gigit dan samar-samar di gusinya seperti ada putih-putih calon gigi (ngarep). Ya kutunggu saja sampai mutiaranya itu nongol he he. Keponakanku ada yang 9 bulan baru nongol, ada juga yang umur 40 harian sudah nongol. Memang beda-beda sih ya.

4

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Babyku 6 bulan lewat tumbuh gigi bawah satu..2 minggu kemudian tumbuh lagi satu disebelahnya..lucuuu klo baby tumbuh giginya..kecil2 putih gt..untungnya ga pake demam rewel dll. dari pas umur 3 bulan sih suka gigit2 jari sampe 4 jari masuk mulut semua.jd di kasih teether, jd mayan kurng gigit jarinya..

5

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Baby Moza 8 bulan 3 minggu baru mencungul satu giginya bagian bawah, dan pakai demam, akhirnya dikasih Tempra campur di makanannya, karena kalau langsung di-pipet ke mulutnya, dimuntahin T_T Tadi pagi sudah mereda panasnya, masih anget2 sedikit, mana pas masih batuk-pilek pula X-(

•·(?'?'?)•"

6

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Mamas, help me please...

Mas Aryo (6m19d) disinyalir mau numbuh gigi. Udah ngalamin demam, sekarang gigit2 melulu, rewel berkepanjangan. Aku raba pake kain kasa n cek mulutnya ternyata di gusi kanan bawah ada bagian yang bengkak dan samar2 ada putih2 (sepertinya ini gigi).

Nah, apa yang harus dikasih ya biar gusinya nggak bengkak n bikin dia lebih nyaman? Udah browsing2 teething gel, tapi kok banyak artikel yang nggak recommend untuk kasih teething gel karena takutnya ada kandungan benzokain.

What should I do? :( *emak2 bingung n galau*

TIA Mamas...

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

7

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

winda.reds kalo emang demamnya tinggi n rewel kasih obat aja mam kayak paracetamol gitu, biar nyaman jg dede nya.

Kalo Aiko 6m15d skr jg lg theeting, lgsg 2 gigi di gusi bawah, giginya udah nongol dikit jd kl lg nenen trus dy gemes n digigit beuuuuhhh rasanya mantap! Tapi Alhamdulillah Aiko ga demam n rewel cuma yah jadinya makin suka gigit2..

8

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Drey 6m 2d udah 2 gigi bawah nya karna udah hampir 1 bulan jd udah lumayan panjang, tapi alhamdulillah bgt yang aku takut kan gak terjadi drey gak pernah gigit-gigit kalau lagi mimik. lega bgt rasanya.

paling kalau lagi ngantuk drey suka gigit tangan sendiri kalau kena pas gigi nya nangis deh. lucu bgt liat nya :)

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

9

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

ryuu, 9mo29 d uda 4 giginya...
gigi awal baru erupsi setelah 6mo++ tapi setelah itu susul2an...
pas teething emang lucu... gigit2 dimana2... drooling dimana2~~~

10

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Hi moms...
Babyku satria(8m) dari semalam demam 37 c sampai saat ini, BAB sudah 4 kali hari ini, rewel, cepet marah, dan keluar liur terus(ngeces), ada yg pernah ngalamin nda moms baby-babynya? Mohon pencerahannya...

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

11

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Akhirnya giginya Stallion keluar juga di umur 11 bulan pas. Mungkin demam pas kena flu singapura itu tanda2 mau tumbuh giginya. Btw moms, emang kemampuan makan bayi (nasi lemek - bubur - tim saring) ngga berdasarkan gigi ya?

Stallion's mommy

12

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

pioslady
anak pertama saya tumbuh gigi pertama di usia 12bulan+2minggu. kemampuan mengunyahnya sudah lumayan bagus saat itu. sekarang di usia 22bulan, giginya juga masih belum selesai tumbuh. pertumbuhan gigi murni genetik (saya baru tumbuh gigi juga di usia 12bulan). tapi kemampuan mengunyah makanan, adalah motorik. jadi tentu butuh stimulasi.diajak dan dibiasakan mengunyah aja yah.. ;)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

13

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

alo para mom, mampir ah ke thread ini, babyku 6.5m, uda tumbuh gigi bwh 2 skaligus.. heheh, yg bgn depan tu..tar info2 selanjutny untuk gigi2 selanjutnya..

14

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

mrs doyi oooh jadi meskipun blm ada gigi, kemampuan ngunyah itu sesuatu yg harus diajarkan ya ... Ada tips ngga rangsang anak yg blm ada gigi utk mengunyah itu spt apa ...

Stallion's mommy

15

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Piouslady..kalo aku stimulasi anakku ngunyah lwt makanan semi keras spt biskuit bayi. Klo pun ngga kekunyah, lama2 lumer sndiri di mulut..
Anakku pas udh berusia di atas 8 bulan sesekali aku kasih nasi dengan kuah yg banyakkkk...jadi dia terangsang utk ngunyah..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Hehehe betul juga 'teori' lumer biskuit-nya mbak ZataLigouw :)
Tambahan aja Piouslady, biasain anak makan dg metode BLW jg ngelatih ngunyah bangettt, kasih aja potongan-potongan buah, sayur, karbo sebangsa umbi2an dan kentang, dll :)

.: a momma who (keeps) learning about mothering from and (just) for baby Ei :.
The moment a child is born, the mother is also born.
She never existed before. The woman existed, but the mother, never.
A mother is something absolutely new ~ Rajneesh

17

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

zataligouw & momma bi ok deh, makasih banyak ya moms masukannya :)

Stallion's mommy

18

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

aahh nyangkut juga di thread ini :D
alhamdulillah jd lmy tenang setelah baca2 disini, kirain menik (12m) lambat tumbuh gigi nya. awal keluar gigi umur 9m, 2 gigi seri bawah. nah sampe sekarang da setaun, gigi nya ga nambah2 jg. brarti msh normal aja ya moms?

mamanya si cumoo heu..heu..

19

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

olaaa~ ikut sharing..

baby Qavi baru masuk 4 bulan, udah mulai drooling dari 3 bulan, sekarang kliatannya mulai teething, kalo lagi gatel jarinya masuk ampe 4 biji, hihii.. lucu deh..

tapi kasian juga 2 hari ini tidur malemnya jadi rada keganggu, baru mulai tidur, 15 menit tiba2 nangis bangun lagi, dimasukin jari aku anteng lagi.. jadilah baru tidur jam 11 atau 12an.. besok mau beli teether deh, lumayan juga sakitnya ngasih jari buat digigit2 Qavi, hahaaa.. :P

twitter & instagram: @prytaaa
http://itsmellslikecoffee.blogspot.com/

20

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Akhirnya gigi baby Moza sudah muncul 3 butir lagi, 2 di atas depan & 1 di bawah depan. Cuma yg satu di bawah depan ini tumbuhnya miring, seperti melintang.... :/ Pakai demam pula....

•·(?'?'?)•"

21

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

Hai moms,
ikut nimbrung ahh... anakku yg pertama Ashwin tumbuh gigi dr 10bln langsung berturut2 smpe skr 2y8m udh lengkap. Nah adiknya DHiwa dr 6blnan udh nongol giginya smpe skr 9m16d udh ada 7 giginya boowww... heheheee.... atas 4 trus bawah 3.
Apa ini pengaruh ya krn waktu hamil kedua amat sangat rajin mengkonsumsi susu, sehari bisa smpe 3x hihihi...
Tapi ya itulah anak2 itu unik dgn membawa perkembangan mereka masing2, jgnkan sama anak sebaya mereka, sm sodara sndiri aja beda kan perkembangannya...

TFS smart moms... :)

22

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

ok, share juga...

sama dengan bundanyaaira dan piouslady, si abang 'Ayyasy numbuh giginya mulai 11 bulan. dan sejak itu, gejalanya adalah batuk-pilek-slight fever, trus tumbuh gigi. batuk-pilek-slight fever trus tumbuh gigi. Sekalinya demam yang agak tinggi dan dianya rewel triak2 sampe perlu dikasih parcet gara2 grahamnya numbuh. Sekarang usia 22 bulan, 4 gigi depan atas bawah sudah tumbuh lengkap, lalu taring muncul satu (ada taring yg lain tp masih seiprit numbuhnya), graham sudah numbuh 3 buah.

Hasil googling, kenapa batuk pilek, karena kebiasaan anak masukan tangan ke mulut. Dan memang si abang, setelah diperhatikan, masukin jari ke mulut, mungkin karena gatel gusinya. Karena jari ga selalu bersih, akibatnya bisa memicu batuk pilek itu. Jadilah, kalo si abang batuk pilek, lalu tangannya masuk ke mulut, dan 'emoh' makan; okeh, si abang mau tumbuh gigi :D tapi kadang, orang sekitar khawatiran dan udah nyuruh urut lah, priksa ke dokter lah :D Pernah baca juga, kalau anak tidurnya ga nyenyak di malam hari (yang biasanya nyenyak), ada kemungkinan jg karena mau tumbuh gigi (pernah baca googling).

@ashwindhiwa
kata dokter umum di kantor, asupan kalsium semasa hamil memang bs mempengaruhi kecepatan tumbuh gigi bayi nantinya. Kalau kurang asupannya saat hamil, bisa lambat juga tumbuhnya. cmiiw

@piouslady
setuju sama mom Momma Bi, aku nerapin blw ke abang selama 2 bulan masa2 awal dia mulai makan. Hasilnya jago ngunyah, perkembangan motorik tangannya juga bagus :)

I used to say, I and Me. Now it's Us, now it's We
Big Melting Pot... All mixed up in one big bowl

23

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

weh.... ternyata tumbuh gigi urusan genetik juga ya....Demya udah 22 bulan gigi baru enam depan doang dan barua akan mau tumbuh gigi graham.....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

24

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

melasari iya aku masih struggling sama BLW nih, secara di rumah Stallion cuman ma BS, ntar kalo aku kasi BLW dibilang kelolodan lah, makannya ngga banyak lah ... jadi udah deh lama2 aku bawa santai aja ... alhasil Stallion belum pinter ngunyah sih ... coba deh ntar kalo BSnya mudik, aku cobain BLW.

Wah ternyata bener ya konsumsi kalsium saat hamil bisa membantu pertumbuhan gigi anak lebih cepat.

Tapi aku denger2 lagi, katanya anak yg telat tumbuh giginya, giginya malah lebih awet daripada yg tumbuh giginya cepet.

Kayaknya kalau gigi sudah tumbuh 1, bakalan terjadi drama ya hahahaha ... yg demam berulang kali, yg susah makan, yg susah tidur, yg batuk-pilek ... soalnya gigi2 berikutnya juga pada ikutan mau tumbuh.

Sekarang gigi Stallion udah 2 di bagian bawah depan di umur 11,5 bulan ...

Stallion's mommy

25

Topic: Gigi... Kapan Ya Tumbuhnya?

nizam udh 7m7d blm ada tanda2 mo numbuh gigi...tp baca2 tret ini kyny msh normal ya...