1

Topic: Imunisasi

pyuth aq merk rotarix koq 3x ya sama dokterny.. hmm, temenku ada yg nawar pas yg ketiga ga usa n memang d bolehin si..

berakibat apa ya klo 3x, kyk kelebihan dosis gt kah? hahaha

oh ya, ttg rotavirus, kata dsa ku prnh mengena d hillary clinton wkt keliling indonesia..
smp pingsan n ga sadar n kyk bengong gt, spt diare emang penyakitnya..

2

Topic: Imunisasi

offira
kalo sama DSA-ku, karena di umur 2 bulan udah ada jadwal combo Hib-DTP-Polio & BCG, jadinya vaksin rotavirus (+PCV) baru dikasih pas 3 bulan.. aku ga ngerti sih boleh apa ga itu vaksin semua dikasih sekaligus bareng.. hehe coba konsul lagi aja sm DSA nya :)

Yuti Kinasih
a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

3

Topic: Imunisasi

setauku vaksin simultan (sekaligus) lebih bagus dari vaksin satu2 gitu.. pernah guw tanyain di twitter...


Potential advantages of combination vaccines include 1) improved vaccine coverage rates (32), 2) timely vaccination coverage for children who are behind the schedule (33,34), 3) reduced shipping and stocking costs, 4) reduced costs for extra health-care visits necessitated by deferral of vaccination, and 5) facilitation of additional new vaccines into vaccination programs.


sumber : CDC http://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/rr6002a1.htm

4

Topic: Imunisasi

selly_03
aku sih sama DSA nya udah langsung dibilang dr awal karena pake rotarix jadi 2x aja.. dari yang aku baca2 juga gitu, rotarix 2x rotateq 3x.. hehe kalo dampaknya sih ga tau apa ya :D mudah2an aja jadi semakin imun anaknya.. aamiin :p

iya bener, kalo sampe kena rotavirus diarenya lebih hebat, bisa sampe dehidrasi parah.. beda sama diare biasa

Yuti Kinasih
a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

5

Topic: Imunisasi

selly_03
rotarix memang cuma perlu 2 dosis saja. jadi emang bukan soal nawar/nego. itu kyknya dokternya lagi siwer sama rotateq :D DSA saya jg dulu pernah bilang 3x tp setelah diingatkan beda rotarix & rotateq jd ngeh dianya..
kalo udah kadung 3x ya mau diapain lagi? AFAIK vaksinasi bukan obat, jd kalopun berlebih krn human error ya ngga usah diapa2in juga. kecuali kalo berlebihannya sampe 10x lipat ya bahaya banget lah (sampe pernah ada kasus newborn yg langsung sepsis gegara vaksin BCG salah dosis).
next time kitanya aja yg lbh aware dgn soal imunisasi ini.

tentang vaksin campak, sebaiknya sesuai jadwal. sampai umur 9 bulan, biasanya masih ada antibodi maternal yg bisa melindungi bayi dari campak. kalaupun divaksin sebelum itu, selain respons imun bayi yg belum baik utk memproses vaksin campak, vaksinnya bisa dinetralkan oleh antibodi tsb, jadi ya tetep perlu diulang lagi di usia 9 bulan (atau minimal sebulan setelahnya).

6

Topic: Imunisasi

Moms, vaksin cacar diberikan pas umur 1 tahun ya? kalau lebih 3 minggu gpp kah ?
Soalnya di sini ternyata ngga ada vaksin cacar, sedangkan aku baru ke Jawa 3 minggu lagi. Stallion udah setahun tgl 31 kmrn.

Stallion's mommy

7

Topic: Imunisasi

piouslady
varicella ya? ga pa-pa. jgn lupa MMRnya.. :)

8

Topic: Imunisasi

Thx mom avee iya varicella, soal MMR semoga ada di sini

Stallion's mommy

9

Topic: Imunisasi

mom, kalau imunisasi campak dilakukan 4-5 hari sebelum umur bayi 9 bulan, boleh ga ya?
aku ada rencana imunisasi nindy sebelum 9 bulan, tapi masih kuatir boleh ga-nya..
makasih mom infonya :)

bundanya si chubby anindya

10

Topic: Imunisasi

resty hrsny ga masalah krn baby uda campak d umur 8m.. no problem.. ga ada reaksi apa2 jg..

11

Topic: Imunisasi

ohh gt, iya atuh, makasih mom infonya.. :)

bundanya si chubby anindya

12

Topic: Imunisasi

avee tentang vaksin campak, sebaiknya sesuai jadwal. sampai umur 9 bulan, biasanya masih ada antibodi maternal yg bisa melindungi bayi dari campak. kalaupun divaksin sebelum itu, selain respons imun bayi yg belum baik utk memproses vaksin campak, vaksinnya bisa dinetralkan oleh antibodi tsb, jadi ya tetep perlu diulang lagi di usia 9 bulan (atau minimal sebulan setelahnya).

yahhh br bc tlsnmu, benarkah seperti itu? hiks3x..

13

Topic: Imunisasi

selly_03
AFAIK, yang saya dapet dari googling di milissehat, jawabannya begitu (maaf ga bisa kasih link, krn ngga bisa dilihat oleh non-member milis).

however, efek negatif untuk anak sih nggak ada. rujukan saat ini, dibolehkan pemberian vaksin campak antara 6-9 bulan, terutama untuk daerah yang jelas2 ada wabah campak atau alasan2 penting lainnya (misalnya akan terpapar dengan lingkungan yg diragukan imunitas campaknya).
tentunya dengan risiko antibodi maternal yg akan mengurangi efektivitas vaksinnya.

karena itulah disarankan vaksin kembali setelah 9 bulan atau minimal 1 bulan setelah vaksin campak pertama (yg sebelum 9 bulan).

ga usah kuatir sih... :) kalo mau diulang vaksinnya ya bagus. tapi kalaupun nggak diulang, mungkin dengan alasan tidak rawan kena campak (walaupun alasan ini tdk disarankan, hehe), bisa langsung MMR di usia 12 bulan.

btw, malah ada penelitian terbaru yg bisa mengindikasikan bahwa MUNGKIN akan ada rekomendasi vaksin campak dimulai sebelum 6 bulan terkait kadar antibodi maternal ibu2 sekarang yang makin berkurang krn suksesnya vaksin campak. ntar bisa jadi vaksinnya malah 3x: 4.5bln, 9bln, & MMR 12 atau 15bln).

kalo saya sih akan ulang lagi aja just to be on the safe side...ke puskemas/posyandu jg bisa. asal minimum intervalnya dipenuhi & dosisnya sesuai, ga ada istilah overdose buat vaksin.

14

Topic: Imunisasi

avee
Ahahahaha, soal imunisasi rotarix / rotateq, saya juga punya pengalaman DSA baby Moza di Malang kayaknya juga lagi siwer antara rotarix / rotateq. Pas baby Moza di Surabaya untuk imunisasi dpt-polio-HiB yg kesekian, saya juga melihat di kartu riwayat imunisasi baby Moza yg saya bawa dari Malang, kalau sebentar lagi baby Moza ada jadwal imunisasi rotavirus yg ke-3, lalu saya menanyakan ke DSA yg Surabaya ini, kapan tanggal yg tepat untuk imunisasi rotavirus yg ke-3, kemudian DSA Surabaya ini menanyakan merk apa yg dipakai untuk imunisasi rotavirus, saya jawab : yg merk Rotarix. DSA Surabaya ini lalu menginfokan kalau pakai Rotarix cukup dua kali saja, tidak usah imunisasi yg ke-3, tapi kalau pakai merk Rotateq memang sampai tiga kali. Akhirnya, pas saya ke DSA yg di Malang ini, saya infokan seperti yg diberitahu DSA Surabaya, lha DSA yg di Malang ini tetap kekeuh harus tiga kali, tapi saya tetap bilang tidak usah aja untuk yg ke-3 ini. Wah, wah, untung saja saya sudah dapat info yg sebenarnya sebelum terlanjur >_<

•·(?'?'?)•"

15

Topic: Imunisasi

Momy mau Tanya ttg luka imunisasi BCG ITU skit g ya? Luka anaku tadi nanahnya pecah abis ITU rewel

AQ lupa kejadian pas anak pertama gmn

16

Topic: Imunisasi

Moms, mau nambahin info ttg vaksin influenza, kata DSA di Manokwari, sebaiknya vaksin influenza diberikan antara bulan September - Oktober, dah setiap tahun vaksin influenza tersebut diperbaharui sesuai dengan jenis influenza yang terus bermutasi.

Eh ya trus habis vaksin cacar, (9 bulan ya), jarak ke vaksin MMR harus 6 bulan persis. jadi bukan berdasarkan umur 15 bulan, misal pas vaksin cacar umur anak sudah 9.5 bulan, vaksin MMRnya juga jadi mundur jadi 15.5 bulan.

Stallion's mommy

17

Topic: Imunisasi

piouslady
maksudnya vaksin campak bukan ya? seinget aku yang suka disandingin sm MMR itu campak, dan emang jadwalnya di 9 bulan.. klo cacar (varicella) di 12 bulan..

Yuti Kinasih
a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

18

Topic: Imunisasi

Anakku sampai umur 18bln belum vaksin cacar. Kebetulan dsa disini bilang vaksinnya nanti sesudah 2tahun. Jadi binggung juga beda2 pendapat.

19

Topic: Imunisasi

pyuth eh iya maap, campak ... suka kebolak balik antara campak n cacar

shizuku setauku dan ngikutin kartu imunisasi sih, cacar umur setahun pas.

Stallion's mommy

20

Topic: Imunisasi

elzahra wrote:
Momy mau Tanya ttg luka imunisasi BCG ITU skit g ya? Luka anaku tadi nanahnya pecah abis ITU rewel

AQ lupa kejadian pas anak pertama gmn


kayaknya tergantung babynya ya mom. Soalnya kk dan dd ga ada yg rewel meski pecah.

satu lagi. 2 bulan lalu saya dikejutkan oleh jendolan di selangkangan Nay. Sy observasi, hasilnya ga mengecil dan ga membesar pula. Nay jg ga rewel atau kesakitan. Ga juga smakin besar klo Nay nangis atau ngamuk. Jdnya bisa dipastikan itu bukan hernia. Alhasil kmrn pas jdwl vaksin hep B saya tanyakan ke dsa dg hati dag dig dug.. ternyataaaaaa..... itu adalah KIPI dr BCG.. dooeeeng!!! Br ngeh klo Nay BCGnya mmg di paha makanya jendolannya di selangkangan. Klo BCGnya di lengan, jrndolannya muncul di ketiak, nah klo di ketiak kan ga tll mencolok.

LEGAAAAAAA.... hehehehe

@NoonKey
Istrinya Apah, Umahnya Anami dan Nayyara

21

Topic: Imunisasi

Umah Nunki ok, sekarang sich udah sembuh, mgkin karena posisi suntikannya di paha luar bergesekan ketika disusuin

22

Topic: Imunisasi

Mamas ada yg pernah vaksinasi meningitis untk toddler yg diminta untuk persyaratan umrah? anak sy 23 bulan, akhirnya dokter di halim tidak memberikan vaksin tsb.

Tapi jadi concern masalah daya tshan tubuhnya selama di sana ( yg lain kan sdh divaksin, lha yg masih bayi malah gak terlindungi).

Pernah ada saran dari DSA gimana memperkuat bayi kita yg mau diajak pergi ke daerah rawan meningitis?

Anak sy sih sdh imunisasi HiB dan IPD.

23

Topic: Imunisasi

mommies... anakku abis imunisasi DPT combo hib yg gak panas, trus mlamny kyak ada lendir gtu di hidungny.. jd agak bunyi grok2 gtu klo napas, trus kdang2 jd btuk klo lg heboh grok2ny... tpi anakku kok kykny gak kganggu, soalny mimikny ttp kyk biasa, ttp cria jg tu..
mommies2 ad yg puny pnglman sma gak kyk aku?? please help.. gak tega ni soalny dgr bunyi grok2ny ituu.. huhu

24

Topic: Imunisasi

moms, mau nanya sekalian sharing nih.. apa ada yg suka cek-cek ke http://www.nvic.org/Vaccines-and-Diseases.aspx juga kah buat cari info ttg vaksin ini? kalo gasalah nemu link ini dulu di babycenter.

kalo DSA babyku sih ngga mewajibkan PCV sama rota, sisanya yg wajib aku ambil semua (tapi hep b kayanya mo aku skip juga buat 3rd shotnya ntar)

Nah kalo aku sih pertimbangannya dari NVIC ini sih, enaknya bisa cek2 juga, vaksin yg merk apa pernah ada KIPI-nya apa.. jd bahan pertimbangan mau ambil vaksin yg mana aja dengan ngebandingin resiko baby kena penyakit vs si adverse reaction-nya. beberapa yang si adverse reactionnya jauh lebih serem dari kemungkinan baby-nya kenya penyakit itu biasanya aku skip aja imunisasinya.

Sekalian mo nanya juga, bekas suntikan bcg di lengan babyku kan pernah keluar nanah banyak tuh selang 1,5 bln abis disuntik, tp sekarang kalo pas mandi masih suka keluar nanah dikit2 gitu dan kayak masih aga basah lukanya. Padahal pas kemaren Ayala umur 4 bulan ke dsa sekalian vaksin yg lain udah lumayan kering tuh ga pernah keluar nanah lagi. apa ada yg pernah ngalamin yang sama jg moms?

25

Topic: Imunisasi

Obefya wrote:
Mamas ada yg pernah vaksinasi meningitis untk toddler yg diminta untuk persyaratan umrah? anak sy 23 bulan, akhirnya dokter di halim tidak memberikan vaksin tsb.

Tapi jadi concern masalah daya tshan tubuhnya selama di sana ( yg lain kan sdh divaksin, lha yg masih bayi malah gak terlindungi).

Pernah ada saran dari DSA gimana memperkuat bayi kita yg mau diajak pergi ke daerah rawan meningitis?

Anak sy sih sdh imunisasi HiB dan IPD.


Kebetulan kasus kita sama nih, in sha Allah mau pergi unroh dalam waktu dekat dan lagi pusing soal si vaksin meningitis ini.

Dari hasil nanya teman dan blog walking, kalau untuk anak di bawah 2 tahun sih ga masalah apalagi kalau udah HiB dan Pcv. Tinggal minta surat keterangan dari DSA teus dibawa ke tempat orang tuanya suntik meningitis.

Nah anakku umurnya 3 tahun, jadi agak bingung perlu apa nggak suntik meningitis lagi. 2 minggu lalu baru suntik Pcv karena kata DSA nya balita cukup dengan PCV dan HiB. Hari ini aku sama suami ke kantor kesehatan Soetta untuk sumtik meningitis dan dibilangin kalau diatas 2 tahun wajib suntik meningitis dan dapat buku kuning. Tapi masa iya kemaren baru suntik pcv dan sekarang suntik lagi? Takutnya ada efek samping aja kl overdose vaksin meningitis.

Ada yang punya pengalaman?

There is no such thing as "the best way" in parenting, it is either my way or your way.

www.me-and-mr-d.blogspot.com
@CutFika