1

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Ini cuma mo curhat saja yah.....
Ini juga kedua kali nya ke dsa yang berbeda dan disuruh utk beli makanan instan... apa mommy disini pernah ngalamin nya??

Waktu Marianne umur hampir 6bulan, aku ke dsa yang biasa dan menanyakan makanan apa yang ok buat mpasi awal (berhubung agak2 lupa dgn anak pertama dulu dikasih makan apa awal nya). Disuruh lah beli makanan instan di supermarket, katanya itu aja cukup. Merk beli apa aja, terserah. Bingung dunk gua, kenapa kok disuruh kasih instan. Akhirnya aku beli 1 box saja instan food yang di sedu air panas, dan sisa nya masak sendiri. Itu pun cuma awal 2 minggu pertama di campur selang seling makan nya dgn instan dan bikin sendiri. Belakangan bikin terus dan sudah mulai ber texture skrg bubur plus lauk nya kayak salmon, ayam, wortel, labu siam, dll... pokoknya ber variasi makanan untuk Marianne yang gua masak.

Anyway, kemarin ini Marianne sempat demam, kebetulan dsa yang biasa aku dtg in tuh lagi cuti, jadi nya nyari2 deh dsa pengganti. Untung nya Marianne dibilang tidak kenapa napa, dan demam nya juga mungkin krn tumbuh gigi ato org jawa bilang mo pinter.
Dsa ini langsung ngomong "Ibu, anak ibu kebanyakan vitamin A. Ibu kebanyakan kasih makan wortel, labu merah, tomat, bayem merah, dll". Bener juga sih, emg di menu Rianne selalu aku selang seling wortel ato bayem merah. Karena baca kan bagus tuh bayem merah, wortel dll. Lagian mikir juga supaya mata nya tidak berkacamata seperti orang tua nya.
Aku tanya ke dsa tsb, terus kira2 yang bagus apa dok?? Dia langsung bilang, kasih instan food aja. Beli di supermarket merk heinz, promina, milna, dll, dsb. Bingung kan aku. Trs dsa tsb kasih tau kalo produk2 tsb sudah ada ahli nutrisi nya, jadi komposisi yang terkandung di dalem produk2 instan itu sudah terjamin dgn Zinc brp persen, vit A brp persen, vit B brp persen, dll. Apalagi kalo merk luar negri, BPOM nya tdk bisa dibayar kyk di indo, jadi mereka sudah pasti bagus nya dan ahli nutrisi nya bagus punya, dan bukan berarti produk indo tdk bagus, karena katanya mereka juga hire org luar untuk meneliti produk2 mereka.

Yang dsa tsb ngomong tuh masuk akal sebenernya. Aku juga bilang "Kan dok, ada pengawet nya kalo makanan instan itu". Kata si dsa tdk ada, kalo ada pengawet nya, pasti sudah dilarang apalagi menyangkut baby.
Ahh jadi bingung deh. Pulang dari RS, aku langsung beli produk2 makanan dari Heinz, milna, promina, dll. Tapi tetep sampe rumah cuma ditaruh, aku masakin lagi deh. Instan cuma utk pagi hari saja. Tapi coba deh mommies tlg tanyain kalo misalnya pada ke dsa, bagaimana produk2 makanan instan tsb? Apa emg skrg dsa tuh rekomen seperti itu?? Kalo cuma 1 dsa doank aku anggep angin berlalu saja, tapi ini 2 dsa loh yang ngomong. Dan ini dari RS yang menurut ku cukup ternama yah di jkt, bukan RS pinggiran ato RS asal2an.

Sekali lagi, ini cuma curhat dari seorang ibu yang bingung. Masuk akal yang dikatakan dsa tsb, tapi hati kecil tuh masih tetep pgn masakin buat anak ku. :D

2

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

hai Joan,

Anakku dulu awal MPASI juga dijadwalin DSA pake bubur susu instant, well, setelah baca sana sini, share sama temen2, kenapa tidak dianjurkan pakai makanan instant? sebenarnya vitamin dalam makanan kotak tersebut cukup lengkap, tetapi makanan instant bisa mengacaukan kepekaan lidah bayi untuk sebuah makanan.. misalnya kita kasih bubur rasa ayam bayam, rasanya pasti tidak sama dengan kalo kita masak bubur+ayam+bayam fresh. Teksturnya juga pasti ga sama...
Untuk pengawetnya, mereka gunakan gula/garam, coba cek di samping kemasan, pasti ada tuh kandungan2nya, biasanya sih gula yah, nah, gula ini yang kurang baik buat tubuh bayi terutama dibawah 1 tahun karena bisa memperberat kerja ginjal... :) Jadi bukan berarti ada pengawet berbahaya sih.. Justru kandungan vitaminnya cukup lengkap di makanan instant, karena seperti mom Joan info, sudah diteliti diluar sana...

Jika kita mau bikin makanan sendiri, tujuannya supaya anak bisa kenal rasa dan tekstur asli dari makanan. Supaya kalo gede, karena sudah terbiasa sama makanannya, maka ga jadi pemilih...Dan supaya vitaminnya lengkap, harus banyak2 divariasiin makanannya.. Begitu sih yang saya baca.. HTH..

3

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Shindi Lim: nah... ini kenapa dsa menyarankan utk kasih instant food? Emg aku liat ada komposisi gula nya di dalem produk2 makanan instan. Tapi kenapa menyarankan. Itu yang aku masih bingung. Aku sih tetep masakin utk anak ku sampe skrg. Kalo kepepet banget baru instan dikasih. Dan Marianne anak ku tuh lbh suka masakan ku daripada bubur instan.
Cuma kata2 dsa kemarin tuh kayak menyakitkan... (lebay.. :p). Dia bilang "Ibu jangan terlalu pede deh untuk masak dan anak ibu suka. Padahal anak ibu tuh bosan dengan makanan yang ibu masak!"
Pengen gua cekek2 tuh dsa... hahahahha... Belum tau aja suami ku doyan masakan ku... :p

4

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Joan,
Mungkin lain kali pas berkunjung ke dsa musti bawa sampel masakanmu... Hahaha..

5

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Bacanya seru de..
Anakku aq ksh makanan instan pas udah ga mau maem masakan rmh. Anakku gampang bosen,minta ganti menu tiap hri.

6

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Ya ampun Mba Joan..dsa-nya tega bgt ya komennya hehe..tetap semangat ya ksh homemade MPASI..meskipun katanya kandungan gizi dimakanan instant itu sudah pas takarannya tp kandungan vitamin & mineralnya tdk alami dan kemungkinan adalah premix yang ditambahkan..jd gmn juga jauh lebih baik dan lebih mudah diserap tubuh adalah kandungan gizi yang alami :)

7

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Joan, kalo aku langsung blacklist itu DSA. hahahahha

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

8

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

hm.. anak tetangga kebiasaan dikasi yang instan instan, ga mau lagi makan masakan rumah. mungkin rasanya beda kali ya. umurnya sebulan lebih tua dari Shaq , masih kasi bubur instan. Shaq (13m7d) udah makan menu keluarga padahal.

Lia Chan
Shaq and Sean's Mom
http://qeixalya.blogspot.com/

9

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

sampe sgitunya tu dokter ngomong menyakitkan ttg our choice to give the best food for our baby.. Ga usah di masukin ke hati mom Joan omongan tu dokter.keuntungan mpasi homemade itu kita bs masakin bubur bayi dgn bahan2 makanan yg ada di rumah kita,jd ga perlu "menu khusus" lg.semua bahan makananan bs kita ksh mulai dr sayur,buah,serelia,protein hewani,nabati,telor,santan,minyak dll and no gulgar for <1y..eh tp kita jg hrs cermati riwayat alergi keluarga dan makanan yg rentan berpotensi menimbulkan alergi

Alhamdulillah, Dsa anak2ku pro mpasi homemade. but sometimes kl aku pergi2an suka ksh anakku makanan instan siih.tp sebisa mungkin bikin sendiri lah.
Pernah jg ktemu dsa lain waktu dsa langgananku cuti. dia tanya si dedek ud makan apa aja.and aku jwb mulai dr start mpasi,ud saya ksh hampir semua jenis bahan makanan.eeh dsa nya kaget and blg anak di bwh umur 9bln,mpasi nya cukup bubur susu saja. jgn dulu di ksh makanan yg lain2, coz nanti anaknya sakit2an *laaahh*...sepulang dr RS,aku blg ke suamiku kl aku ga mau blk lg ke dokter itu.

10

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

uniliachan: Emg gak mo kesana lagi. Tapi kalo dsa ku yang biasa pergi udah kagak pernah nanya2 kasih makan apa aja sih. Mungkin dsa ku juga liat anak nya sehat dengan makanan yang aku kasih.

citravk & lik4: Iya tega banget. Padahal anak ku kagak begitu suka instan. Aku sih tetep kasih homemade mpasi. Toh anak ku yang pertama gak pernah ku kasih instan bukti nya sehat2 aja. Ya waktu kemarin masih sebel2 nya dibilang anak nya bosen dengan makanan ku, jadi disuruh makan instan. Padahal anak ku tuh lagi sakit demam, tau sendiri kalo anak sakit kan males makan, apalagi lagi radang tenggorokan. Dan tuh dsa bilang anak ku sehat gak sakit sama sekali, padahal udah demam selama 3 hari. Akhirnya hari ke 5 aku ke dokter lain karena pas itu hari minggu, dan dsa ku yang biasa kagak ada. Abis itu di RS tes darah, tes urine, tapi untung nya cuma radang tenggorokan saja. :)

11

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

ih seriusan itu dsa rekomen makanan instan,joan? maksud gw kalo sebagai tambahan,apalagi kalo kita lagi jalan2 atau gimana masih mending, tapi kalo sebagai makanan sehari2 nggak banget deh..

iya setuju sama uniliachan, blacklist aja tuh dsa hehehe...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Salam kenal para mama…
Mau cerita sekaligus nanya nich, ya mungkin aja ada yg bisa bantu saya.
Tgl 5 juli umur tisya genap 6 bulan. MPASI pertamanya tak kasih pisang ambon (tanpa tengahnya) diblender pake ASIP, hasilnya tisya cuma melet-melet aja dan gak doyan. Reaksinya kayak orang yg mau muntah, bisa bayangin gak para mama?? Akhirnya pisangnya saya kerok dan dia mau.
2 hari kemudian ganti pepaya hongkong, dia mau makan kalo encer tapi cuma beberapa suap aja. Ya mungkin gak ada 1 sendok makan.
2 hari kemudian tak kasih pear kukus, reaksinya kayak orang mau muntah juga.
Kenapa ya mama anakku koq kayak gitu?tiap kali disuapin beberapa kali suap aja dia uda gak mau, reaksinya kayak orang yg mau muntah gitu. Apa dia belum mau makan, masih adaptasi atau apa ya? Apa memang seperti ini reaksi anak yg baru makan?

13

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Mama Tisya,
sekedar berbagi informasi.. Joel dari awal makan juga tidak pernah lancar (bahkan sampai hari ini sudah 10m+ lohh) hahaha...

Dulu pada saat baru memulai mpasi sama seperti itu juga.. Cuma memang tidak sampai seperti orang mau muntah.. Hanya sering dilepeh, saya baca sana sini, katanya karena masih ada gerak refleks lidah si anak, sehingga bukan dia tidak mau makan, tapi memang refleksnya masih menolak, jadi ya sabar2lah saya saat memberi makan..

O yah, Joel juga tidak suka dengan makanan yang saya campur ASIP, sehingga hanya beberapa kali saja, kmd, sudah saya kasih makanan tanpa ASIP.

Kadang jika tekstur terlalu kental memang bisa bikin anak agak mau muntah.. Dicoba2 saja kembali, coba sesuaikan tekstur mencari2 yang pas dengan anak juga beri dengan suapan2 kecil , jangan dipaksa agar Tisya tidak trauma, karena mpasi kan cuma pendamping, asi masih jadi sumber nutrisi utama..

HTH ya mama... Semangat!

14

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Makasih mama shindy…
Ini tadi tisya masih mamam pear kukus, tapi gak tak suapin ke dia, melainkan tak masukkan botol tak kasih ASIP yang agak banyak dan dia mau…
Ya mungkin dia belum biasa makan mungkin ya, yang dia kenal cuma rasa ASI makanya kalau disuapin cuma dikit aja masuknya
Dasar mamanya ini yg terlalu antusias…

15

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

ia.. perlahan2 saja mom... perlahan tapi pasti yah.. :D
semangat!

16

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Katanya kan kalau kita kasih 1 jenis makanan temponya 2-3 hari utk mengetahui alergi atau tidaknya, gimana ini mom?tisya itu kalo uda 2 hari uda gak mau mamam, tutup mulut, ya mungkin dia bosen. Trus gimana menyiasatinya?apa utk melihat alergi itu 1 hari saja cukup?
Utk baby seumuran tisya (6m6d) seberapa sich porsi makan yang wajar?tisya sekali makan buah itu cuma seukuran jari aja. Itu udah cukup apa belum ya mom?
Yang uda dia makan pisang ambon, pepaya hongkong, pear kukus, melon kinanthi kukus.
Seumuran tisya gini boleh mamam apalagi ya?

17

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mama tisya,

Maaf sebelumnya bukan promosi... Coba mampir ke facebook group : Homemade Healthy Baby Food atau yahoo milis : Mpasirumahan
Disana banyak informasi seputar pemberian makan buat bayi


Sedikit yang saya kutip :

Untuk perkenalan awal mp-asi, paling lama 2 minggu pertama disarankan dikenalkan bubur dan pure buah tunggal (dari satu jenis bahan) dengan frekuensi makan 1-2 kali sehari. Masa pengenalan ini digunakan untuk pengenalan variasi sumber karbohidrat, sayuran dan buah.


Paling telat minggu ketiga sudah harus dikenalkan aneka protein, baik protein hewani maupun protein nabati, dan sumber lemak tambahan dalam bentuk bubur halus/saring yang diberikan bersama dengan karbohidrat dan sayuran dengan frekuensi makan 2-3 kali sehari dan mulai dikenalkan 1 kali cemilan/makanan selingan.

Terkait dengan keberagaman bahan makanan, jika orang tua memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, ada baiknya melakukan “tunggu 2-3 hari” saat mengenalkan makanan baru pada bayi, khususnya makanan pemicu alergi pada orangtuanya. Jika tidak ada riwayat alergi dalam keluarga, disarankan memberikan variasi makanan setiap harinya agar anak mendapatkan variasi nutrisi sejak awal pemberian mp-asi.

Makanan pemicu alergi pada umumnya : telur, ikan laut, kacang-kacangan, beberapa buah-buahan golongan berry, tomat, jeruk dan jambu biji.

18

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mama tisya wrote:
Katanya kan kalau kita kasih 1 jenis makanan temponya 2-3 hari utk mengetahui alergi atau tidaknya, gimana ini mom?tisya itu kalo uda 2 hari uda gak mau mamam, tutup mulut, ya mungkin dia bosen. Trus gimana menyiasatinya?apa utk melihat alergi itu 1 hari saja cukup?
Utk baby seumuran tisya (6m6d) seberapa sich porsi makan yang wajar?tisya sekali makan buah itu cuma seukuran jari aja. Itu udah cukup apa belum ya mom?
Yang uda dia makan pisang ambon, pepaya hongkong, pear kukus, melon kinanthi kukus.
Seumuran tisya gini boleh mamam apalagi ya?


Kalo dulu baby temenku sih alerginya langsung kelihatan tuh. Kena colek daging ikan di kulitnya aja langsung merah-merah. Tapi mungkin itu kasus yang parah ya ^^;

Soal porsi makan, sharing aja nih. Waktu babyku umur 6m, DSAnya bilang sekitar 1-2 sendok makan aja dulu per sekali makan selama sebulan (DSAku nganjurin babyku sehari 2x makan), lalu pelan-pelan ditambah sedikit demi sedikit. Baby ku ngikutin anjuran dia sih beratnya di kurva 50% terus hehe.. Ga kelebihan, ga kekurangan, padahal sampe umur 9m kemarin makannya cuma 2x sehari plus ASI sesekali :p

19

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Moms mau nanya dnk....untuk beli kacang polong dimana ya? Krn liat di carrefour, kacang polongnya udh dibuka dan di freezer Lagi nyari yg bnr2 msh fresh Thanks alot

20

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Para mamas, ketinggalan saty pertanyaan lagi. Mggu lalu beli buah plum merah dan apricot di total tp kok pas dicoba asam ya? Jenis plum dan apricot apa yg manis untuk mpasi baby 7 months? Atau cara pilihnya salah ya? Adakah tips memilih buah tersebut Mohon pencerahannya Thanks

21

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Mamam nya tisya per hari ini melon kinanti 1 iris nambah lagi 1/2 buah apel royal gala. Semuanya tak kukus dulu. Tapi mamamnya tidak aku suapin melainkan tak campur asi.
Melon 1 iris utk 2x. Per porsi langsung dicampur asi hingga 50ml. Sekali sedot langsung abis.
1/2 buah apel royal gala juga utk 2x.
Ngasihnya tak selang seling, sekarang asi, 1 jam kemudian buah itu.
Aku gak tau cara ini benar apa salah, tapi melihat tisya nyaman dgn cara ini ya udah…
Karna kalau tak suapin pake sendok itu lidahnya dijulurin buat mengeluarkan sendok itu dari mulutnya. Ya mungkin refleks lidahnya belum berkurang.
Mungkin juga dia masih adaptasi sama makanan selain asi.
Gimana ya moms?apa yg tak lakukan ini benar atau malah salah?lalu aku harus gimana?

22

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Tambahan: mamamnya tisya tak campur asi itu trus dimasukkan botol

23

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

mama tisya kalo anaknya alergi, biasanya itu langsung keliatan kok. sebenernya proses 2-3 hari mengonsumsi makanan yang sama itu, selain melihat alergi atau tidak, juga untuk membiasakan si anak dengan tekstur dan rasa yang baru.

kalau saya biasanya menunggu kira2 2 hari saja, dipersingkat tapiiii anaknya makan 2-3x sehari. lalu teksturnya yang tadi encer, pelan2 dirubah jadi agak kentel dan lebih jadi bubur.

cara mama yang dicampur dengan ASI lalu disedot, sebenernya bagus untuk memperkenalkan rasa ya, tapi tidak memperkenalkan tekstur makanan padat yang sebenarnya. kalau anak masih ada reflex yang mendorong sendok, berarti memang anaknya belom siap. sebaiknya tetap menggunakan patokan 2-3 hari untuk mencoba 1 jenis makanan, tapi misalnya hanya dikasih 1x sehari saja. tidak mesti dia sampai makan habis, tapi untuk si kecil belajar proses makan.

pada dasarnya makan mpasi tidak menjadikan anak punya tambahan makanan, karena sampai 1thn, makanan utamanya tetap ASI kok. jadi proses dari 6bln sampai 1thn itu adalah proses belajar mengenal tekstur dan rasa baru. karena makin lama kan teksturnya makin keras, jadi memang diperkenalkan pelan2 dari buah, sayur, ikan, ayam, daging, dll.

buat saya, dengan diperkenalkan utuh satu2 begitu, anak jadi lebih mengenal rasa utuhnya tanpa perasa dan ini nanti akan keliatan sekali bedanya, dimana anak akan jadi less picky eater. makanan tidak perlu penuh dengan bumbu dan rasa, mereka tetap suka karena sudah terbiasa di expose dengan makanan dengan rasa sebenarnya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

24

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Marlina kamal wrote:
Moms mau nanya dnk....untuk beli kacang polong dimana ya? Krn liat di carrefour, kacang polongnya udh dibuka dan di freezer Lagi nyari yg bnr2 msh fresh Thanks alot


sebenarnya makanan yang ditaro di freezer itu juga gakpapa kok. karena pada dasarnya itu adalah makanan fresh yang kemudian di stop dengan dimasukkan di freezer. memang kalau ada yang fresh available ya lebih bagus, tapi kalo tidak ada, frozen food (selama bukan frozen food yang processed ya) sebenarnya justru the next best thing.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: MPASI/MPASU (Makanan Pendamping ASI/Susu)

Mom slesta makasih info and masukannya…
Barusan aku sama papanya buka puasa, tisya ribut pengen pegang makanan. Trus tak kasih pisang, eeee…sama dia dimasukkan mulutnya tapi gerakan mulutnya masih kayak ngenyot dot gitu. Lucu yaa…
Mencuri-curi waktu sekalian aja tak suapi pisang ambon dikerok gitu.
Kalau tisya kayak gini brarti dia tipikal anak yang gimana ya?apa dia lebih suka buahnya dibentuk finger food gitu ya mom?Apa tisya lebih nyaman dengan metode baby led weaning ya mom?
Bingung aku!!!