1

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Sekitar tempat tinggalku banyakan ART harian soalnya deket kampung hehe..

ARTku yang sebelom ini orangnya udah agak tua (45 tahunan). Suka sok tau dan defensif banget, kalo dikasih tau cara ngerjain sesuatu pasti selalu ngejawab balik, kayak mesti say the last word (padahal dia ga diomelin). Lalu mentang-mentang dibayar harian jadi suka menunda pekerjaan (cucian ga setiap hari digosok sampe kelar, kadang ga ngepel). Selain itu dia juga suka telat dateng, dan pulang sebelum waktunya (baru 2 jam udah ngabur, padahal perjanjian awal 4 jam).
Baru kerja 3 minggu juga udah berani minta pinjem duit 2 bulan gaji. Saya kasihnya 1/2 bulan gaji aja dan nunggu hampir akhir bulan dulu (kalo dia kabur, dia yang rugi).
Untungnya di daerah sini banyak banget pembantu harian, jadi ga pernah kuatir abis stock (malah kebanyakan mereka yang pada dateng ngelamar, tinggal sebarin gosip lowongan lewat word of mouth).

BS juga baru ganti ni, tapi kalo BS sih dari yayasan. BS yang sebelumnya (51 tahun) keliatan sekali sayang anak dan suka ngajak main. Orangnya kecil tapi kuat dan aktif. Hebatnya lagi, dia sering puasa (setiap weekdays puasa!). Tadinya kami kuatir juga liat dia sering puasa (apalagi kalo makan, dia ngambilnya sedikiiit banget, sampe sering kita kasih tambahan buah dan cemilan), takut dia nanti jadi sakit/tepar, karena jagain baby kan bukan pekerjaan sepele. Ternyata dia kuat dan fresh banget tiap hari, kuat jasmani dan rohani (ngga pernah lupa sholat 5 waktu). Orangnya juga ga mau nganggur, kalo baby lagi sama saya ato udah tidur, dia langsung beres-beres rumah, masak, nggosok, cuci baju, ngepel dll. She's an epitome of health & energy! Akhirnya kebanting banget dah performa si ART harian yang tadi itu.
Sayangnya BS ini terpaksa pulang (suaminya malas kerja dan ga pernah ngasih uang ke anak, meski untuk keperluan sekolah).

Kalo BS yang baru ini (40 tahun), pengganti sementara, malah males. Bayiku sering fussy kesel kebosenan, ga pernah diajak main atau ngobrol, cuma digendong aja sambil BSnya bediri ngelamun. Ga dapet stimulasi. BS ini kerjanya kayak robot low batt ngerjain chores...
Tidur jam 7 malam sampe jam 5 pagi. Kayaknya anak sekolah aja ngga sebanyak itu tidurnya.
Ngajak jalan pagi aja males, akhirnya sebelom kami pergi kerja, suamiku yang bawa baby jalan-jalan saat aku siapin makanan baby. Sementara itu BSnya duduk-duduk di sofa ruang tamu sambil main HP (sebelum ada dia, kirain BS muda aja yang suka main HP).
Kalo nyuapin makanan buat baby juga selalu penuh banget sendoknya (makanan bayi sampe ke gagang sendok), biar cepet kelar kali... Akhirnya ga dikasih suapin baby lagi.
Kadang saya jadi mikir apa karena berat badannya jadi bikin dia males gerak (rada obese sih orangnya).

Kuharap kau kembali, BS lamaku :( jadi curcol panjang di Urban Mama

2

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

aku masih tinggal sama mertua, disana ada 2 ART. Si mbak yang cuci gosok & ngepel dan Si Mpok yang bantuin mertua masak & beres2. Mereka berdua PP, paling di rumah cuma 4jam aja.
Si Mpok ini orangnya suka iri & suka heboh sendiri kl di dapur (barang2 sering pecah). Mertua sih maklumin karena memang umurnya sdh 50an.

Sedangkan aku memperkejakan BS, si teteh (dari Cianjur), dia tugasnya cuma fokus buat asuh anakku (14m). Si teteh ini umurnya masih 20 tahun tapi sebelumnya sudah pernah 3 kali kerja ngurus baby. Sejauh ini sangat puas sama si teteh, orangnya ramah, nurut, & bersih. Sama anak juga ceria banget (diajak nyanyi, ajak main, ajak jalan2). Anakku seneng bgt sm dia. Kmrn si teteh sempet cuti 1 bulan. Pas dia mulai kerja lagi, anakku kayak kangen2an gitu. Hahaha... lucunya.
Nah, si teteh pernah cerita. Dia ga bisa kerja lagi habis lebaran, karena mau jagain mertuanya yang lagi sakit. Peer banget ini cari BS baru.

Cara ngadepin ART yang konflik, coba di ajak ngobrol bareng dulu deh. Tanya maunya mereka apa, trus cari jalan damai yang mengenakkan semua pihak.

ainasofia & aisyavira's mommy

3

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Hai para mommy,

Ikutan nimbrung ya, secara aku newbie disini. Udh baca2 segala macem thread di berbagai forum tentang ART, mau nangis lama2 susah bgt cari ART yg cocok :(
Udh gonta ganti ART beberapa kali, dan diumah tuh aku punya baby 1 baru 5 bulan. Mau cari ART yg rajin dan bersih beberes rumahnya, jujur dan baik sifatnya (gk galakan dia drpd kitanya).
Kalo ada info2 tentang yayasan terpercaya boleh dong aku minta di email ke [email protected]
Tq yaaaa...

4

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

hi mama2...
gimana setelah hari raya kemarin... apakah asisten udah kembali? semoga ngga ada sms/telp ngga balik ya... :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

5

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Alhamdulillah, Si bibi kemarin datang... *sujud syukur* Setelah 2 minggu ijin. Biasanya kalo lebaran, ijin pulangnya 10 hari. Tapi kemarin karena cucunya baru lahir, jadi minta nambah. Dikasih tambah 5 hari, biar bisa gendong cucunya dulu :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

wiwit,
alhamdulillah bibi udah datang lagi yaaa wit :) aku pun sama, asisten udah balik... malah lebih cepet seminggu. dia izin 2 minggu malah cuma 1 minggu ternyata.

alhamdulillah sehat... seneng deh ada yang bantuin. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Pasti lega banget ya ninit dan wiwit yang art-nya udah balik lagi...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

8

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Teh ninit & mbak wiwit yay! akhirnya art dan bibi sudah datang ya..
Kebayang senengnya pas dikabarin kalau art mau dateng kerumah :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

9

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Waahhh seneng bgt ya moms kalo si mbak udah balik lagi habis mudik lebaran kmrn... Art aq juga udah balik setelah 10hari ijin merayakan lebaran kebetulan dpt art muslim :) daann kebetulan lagi Lebaran kmrn itu bertepatan juga dgn hari raya Galungan dan Kuningan Hindhu... wahhh kebayang kan repot juga ga ada si mbak yg biasanya bisa bantu handle anak2 pada saat hari raya gini...

Tapi yg penting skr mba udah balik lagi... yeeyy....

10

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ashwindhiwa
horeee senangnya udah pulang lagi :) semoga cocok dan langgeng yaa.
kebayang pas hari raya Galungan dan Kuningan kemarin agak menantang yaa karena ART mudik :) tapi lancar2 kaaan...

cindy, ella...
iya tenang nih udah ada ART, sangat membantu buat jaga anak2 kalo gw harus pergi2.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

moms,

mau nanya rata2 pakai ART atau suster yg tinggal dirumah atau yg pulang pergi? rada puyenk nih urusan ART susah nemu yang pas. kemarin udah dapet tiba2 ngga jadi gara2 anaknya dikampung ngga mau ditinggal

12

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mamaberrry
aku pake art yang pulang pergi. Dulu ketika masih ngantor, ART ini juga yang bantuin mertua jagain si kembar. jadi selesai bersih-bersih, gak langsung pulang, tapi temanin mama mertua jagain kira & kara. Kalau sekarang sudah resign, selesai beberes bisa langsung pulang. Enaknya sih cuma bayar gaji bulanan aja, gak harus nambah keperluan yang lain-lain. Hanya kadang-kadang kalau kita ada rejeki lebih kita belikan sesuatu, atau kita lagi keluar kota juga ikut dibawain oleh-oleh. Begitupun sebaliknya, kalau ART ini pulkam, balik juga selalu bawa oleh-oleh dari kampung halaman, entah itu buah atau sayuran. Alhamdulillah cocok banget sama ART ini. Kalau kerja cepet, dan bersiiih banget. Rasanya lebih bersih dia drpd kalau kita sendiri yang bersihin. Gak macam-macam, dan paling gak suka ditelp kalau lagi kerja. Tapi kalo cuci baju semua disikat, jadi baju cepet banget belelnya. Dan boros sabun. haha.. tapi ya sudahlah yaa.. No body's perfect. Makanya kalau ada diskonan sabun cuci di supermarket, kita suka kalap. Karena musti stock banyak, cepet banget habisnya. Atau kalau ada baju macam batik, kebaya, dan sutra-sutra kita cuci sendiri. Daripada hancur kena sikat :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Saya malah ditinggal kabur ama suster yg baru kerja 2 hari
Ampun deh!
Ambil suster dari satu yayasan yg ada suster pertama gak bisa apa2, digantilah ama suster ke2 dan suster ke2 lupaan mulu walaupun kl dimintain tolong apapun lumayan ngerjain. Trus bilang gak betah padahal pas lg masa infal dr tgl 20-24 itu saya sekeluarga ke spore dan bisa dibilang dia magabut (makan gaji buta)
Akhirnya si yayasan bilang mereka udah punya pengganti dan ditukerlah si suster dengan yg namanya sr Khusnul Kotimah 19th
Sebelumnya saya juga ada ambil suster dr yayasan yg sama buat keponakan saya yg tinggal di satu rumah juga namanya sr Ratna
Eh yg ada kmrn sabtu subuh mereka berdua kabur

Duh suster jaman sekarang yg memang gak ada yg genah atau semua permainan yayasan aja
Kalau ada yg mau bisa tinggalin email saya bisa kirim foto mereka supaya moms yg ada disini bisa ati2
Thanks

14

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mommydear: ya ampun pusink ya urusan suster. jaman sekarang banyakan yg kabur drpd ngga. bikin deg2an kalo kita tinggal kerja, kalo dirumah sih masih ada yg ngawasin

15

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Iya pusing banget mamaberry, masalahnya yayasannya bilang mau tanggung jawab cariin pengganti tp pas ditanya kapan penggantinya ada dia gak bisa mastiin
Sepertinya bisa jadi permainan yayasan juga

16

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

astaga mommydear, bisa janjian gitu kabur barengan.. *pukpuk*
Semoga menemukan yang pas dan awet ya!
Iya.. bikin deg-deg'an suster sekarang! Dan dapat yang cocok dan awet itu seperti mencari jodoh..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Amin mba' Wiwit, bener lebih susah drpd cari jodoh sepertinya, saya masih menanti penggantinya, sambil tetep cari2 ART dari yayasan lain, ada saran dari mommy2 disini mungkin ada yg punya channel ART hehehe

18

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Akhirnya setelah baca2 thread ini, jadi pengen ikutan nimbrung hahaha...
Saya dong termasuk yang dalam penantian mencari ART yang bisa cocok. Dulu udah ada yang cocok, dari gak bisa kerja apa2 tapi mau diajarin. Udah bisa eeeehh dijodohin dan mau kawin. Akhirnya kita lepas, mpe si mba menitikkan air mata segala.

Trus ada juga yang PP, udah cocok ehhh harus jaga bibinya karena pamannya udah meninggal dan dia dulu disekolahkan sama pamannya. Jadi balas budi gitu...padahal walaupun gak ngurusin anak tapi lumayan deket sama anak saya. Sampe sekarang masih sering sms-an nanyain kabar anak.

Tapiiiii..udah pernah juga ditinggal kabur ART yang ABG dan malu ama pacarnya karna jadi ART, trus ada juga yang bilang ijin neneknya meninggal padahal pas dicek neneknya udah meninggal dari kapan tau (langsung PHK), trus baru 2 hari bilang gk betah karena gak biasa ngurus rumah, trus ada lagi yang stress gara2 baru diselingkuhin suaminya, ada lagi yang nyolong, ada lagi yang..aduhhh banyak hahahahaha.. intinya ya bersyukur ajalah gk ada ART, berarti masih kuat ngerjain semuanya sendiri walaupun pinggang encok, mata ngantuk, rumah kayak kapal pecah yang penting semuanya aman dan sehat :P (menghibur diri ini sayahhh hahaha)

Lagi sambil nanya2 ART ke orang sih, tapi gak mau buru2 juga takutnya nanti malah nyesel jadi dinikmati sajalah :) Kalau ada mamas yang punya channel ART ok boleh jugalah dibisikin ke saya hehe

19

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ikutan nimbrung ah di thread ini

emang urusan ART dan BS itu banyakan pusingnya hihih...waktu mau lahiran pake BS ex punya temen, jadi ceritanya temen udah gak mau pake BS nya lagi padahal saya suka banget liat cara kerja dia, akhirnya saya telpon dia dan ternyata dia udah keluar dari yayasan karena gak tahan banyak potongan. Singkat cerita pake BS itu dan masih bertahan sampe skrg, oh ya BS ini gak nginep di rumah jadi dateng pagi pulang malem. Nahhh skrg cerita soal ART, di rumah nyokap ART nya udah kerja 14 taon tapiiii setaon terakhir nich ART makin males aja kerjanya, sibuk telponan mulu pake HP, udah sounding diberhentiiin aja tapi nyokap maksa mau pake dia. Lebaran kmrn minta pulkam padahal udah pulang ke tiga kalinya dalam taon ini dan nyokap abis juga kesabarannya akhirnya disuruh gak usah balik aja tapiiiii ternyata nich orang pulang bawa kabur bberapa dagangan baju anak aku huhuhu, bener2 gak nyangka dia bongkar2in barang di lemari. Moral of the storynya emang gak bisa terlalu percaya d sama orang meskipun udah kerja lama hihi

20

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

evaws
Dramanya lengkap sekali. Kalimat penghiburannya nendang bangeeettt.. Aku yang ngerasain ditinggal ART libur 15 hari aja ngerasain encoknya. Padahal udah dibelain baju di laundry, karena ga ada mesin cuci di rumah. ART yang ini gak mau pakai mesin cuci, jadi lama-lama mesin cucinya keropos dan digigitin tikus, jadi mesin cuci pun pensiun. Kalau ART pulang ya di laundry, cuci saja. demi penghematan juga. Setrika seperlunya. Pel juga seperlunya. Tapi tetep saja pinggang encok dan kalau malam rasanya kaki kayak habis lari 10K. *lebay* Ternyata paling capek itu beresin tempat yang habis dipakai main anak. sehari bisa bolak-balik 4x. diberesin, 5 menit kemudian berantakan lagi, dan seterusnya sampai anak tidur, baru aman.

lide
Iyaa..ya... ikut lama itu bukan jaminan. Kayak BS kakak sepupuku. Dulu awalnya rajiiin sekali, dan anaknya yang gak neko-neko. Diajarin juga dari awal yang belum bisa apa-apa sampai akhirnya jadi cekatan. Sayang banget deh kakak sama si BS ini. Apa yang dia beli biasanya juga beliin buat BSnya. Kakak beli baju, BS pun ikutan beli baju. Semua kerjaannya beres dan menyenangkan lah. Tapi katanya akhirnya si BS ketahuan suka ambil baju-baju atau barang-barang kakak. Baju baru beli tiba-tiba hilang. lama-lama curiga, dan dibongkarlah lemari BS. akhirnya diberhentiin, meskipun si BS nangis-nangis.
Semoga menemukan "jodoh" yang awet yaa.. sebenarnya kalau kerjaan beres dan menyenangkan, memberi lebih pun juga gak akan keberatan yaa..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

21

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Iya ya moms, saya akhirnya today dapet gantinya dari si yayasan nih, pake drama pula yayasan bilang si suster yg pernah kerja sama saya bilang kalau mereka dikasih makanan basi atau makanannya gak diperhatiin
Padahal yg suster sebelum yg kabur itu baru kerja cuma dari tanggal 8 juli sampai 29 juli, dimana dia dikasih pegangan makanan dari mulai telur, abon, sosis etc jd kalau mau makan tinggal masak sendiri trus di masa infal dr tgl 20-24 saya di spore saya tinggalin ransum lagi dr mulai indomie, kornet etc trus ditinggalin duit 200rb buat 3 org atur makanan alias masak buat mereka. Pas anak saya udah masuk sekolah di tgl 27 saya kasih duit 75rb buat 5hr incase dia gak sarapan
Yg kabur itu masuk tgl 28 dan besoknya lgs dikasih duit 40rb buat 2hr incase dia perlu beli apa2 selama di sekolahan trus setiap siang dibawa ayah saya makan di bakmi GM karena kebetulan anakku demen bakmi dan malam dia diajak pergi dan makan di resto pula bareng dengan kita
Masih bisa ngeluh dikasih makanan basi
Dan kl kabur kog ya si ibu yayasan bisa bilang kl susternya ngadu begitu,
Kabur mending cuma nenteng baju sendiri eh yg ada nenteng baju suster milik saya sampai 5 stel pula
Ampun saya ama suster dan ART ini
Kalau dipikir2 lbh ribet ngurusin makanan mereka daripada makanan kita sendiri
Kl mau makan enak ya masak toh dikasih duit buat masak eh yg ada komplen soal gak disediain makanan
Tobat

22

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mommydear
Sedih yaaa.. *pukpuk* teganya bilang seperti itu. Rasanya kalau mau cari BS/ART di yayasan, minta yayasan garansi kalau ARTnya kabur kurang dari 1 tahun, administrasi kembali. ada gak ya kira-kira?! Habisnya kalaupun dapat gantinya juga susah cari yang beda. Mostly juga kelakuannya sama aja kayak gitu. Adaaa aja dramanya. Jadi semacam permainan oknum yayasan dengan oknum BS/ART.
Aku bilang oknum karena gak semua kayak gitu ya..
Eh tapi ada gak sih yayasan yang kasih garansi kayak gitu? heuheu... *cubit diri sendiri*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

23

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Pengen nyari baby sister jg. Tp ga tega jg ninggalin baby.. :'(

24

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

puyenk deh drama2 ART & BS ini. untung mamiku mau bantu jagain, tapi tetep harus cari ART/BS sihh

ada ngga sih yayasan yg BSnya bisa PP aja ngga usa tinggal bareng kita? males aja kalo drama 24/7 ngga nahan dehhh

25

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mommydear, gw juga pernah duluu banget punya pengalaman mirip kayak gitu. Si mbak nggak doyan makan dan pendiem bgt, ditawarin apa2 nggak mau, jadilah gw kasih aja uang, terserah dia mau beli makanan apa. Pas gw tinggal beberapa hari, mertua dateng ke rumah dan menemukan kulkas isinya dikit banget, dan bertanyalah dia ke si mbak, "kamu nggak ditinggalin bahan makanan?,' si mbak menggeleng. "Trus kamu makan apa selama ibu sekeluarga nggak di rumah?," dan dijawab dengan pendek "nggak tau.." Wuaa, abislah gw ditelpon sama ibu mertua, diomelin dan dibilang nggak manusiawi. Gw jelasin lah situasinya lwt telpon, ibu mertua ngerti, tapi tetep aja dong udah sempet gak enak situasinya?

Pas pulang ke rumah, gw tanyalah si mbak baik2 (tapi emang nahan kesel, sih). Gw tanya, "kenapa kamu nggak bilang ke mertua saya kalau kamu saya tinggalin uang makan?," dengan enteng dia menjawab, "abis nggak ditanya..," nah looo...

nggak lama kemudian si mbak gw balikin ke yayasan, karena ternyata selain suka lemes karena nggak mau makan, dia juga sangat tidak komunikatif, beberapa kali ada masalah karena sifatnya itu. Yasudahlah, daripada makan hati (karena gw tipenya nahan2, gak mau marah2) ya terpaksa ganti mbak. Alhamdulillah yang berikutnya bagus dan awet banget...

mamaberrry, kayaknya kalo yayasan nggak ada deh yang sistemnya pulang pergi. Kalau mau ya ke perusahaan yang nawarin jasa bersi2 gitu, tapi itu biasanya per jam ya, bukan perhari. Mungkin urban mama lain ada yang tau?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/