1

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

sLesTa iyaaa...aku jg paling males liat orang2 yang ngajak mbanya ke mall dan pas makan, saat makan pun mreka harus sambil gendong/jaga anak (padahal kan bisa gantian, slama mbanya makan, ibu/keluarga lain bisa pegang anaknya dulu). Malah aku pernah denger mba yang ngga boleh duduk satu meja dengan keluarga tempat dia kerja..harus di meja lain *geleng2*

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

zataligouw wah.. Bs ditiru jg tuh :)

Btw,ttg makanan anak,aku jg capeek deh ngebilangin si mbak,jangan kasih nasi menggunung dan lauknya malah dikit.
Klo kata suamiku,kek cara makan orang kampung,nasi buanyaaak lauknya dikit.hehehehe..

Akhirnya aku akalin,tiap x mau makan,bawa anakku n nasi nya ke aku,biar ngajarin anakku doa makan.
Jadi aku bisa liat takaran nasi n sayuran yg dimakan anakku :)

-You can`t spell CARENZA without Care-
@Thesusanos

3

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mama shinta, zata,
Saamaa nih, kalo pergi bareng suami & anak2 di sabtu-minggu malah ga bawa si mbak; biar dia istirahat ato jalan2 sendiri aja.
dan iyaa..gak suka kalo liat keluarga yg ngebiarin mbaknya nonton sementara mrk makan2 & ngobrol2, gak ada acara gantian.

Aku pernah ketemu nanny yg lagi nyuapin bayi di dlm toilet mall :( anaknya digendong2 pake jarik, mainan cuci tangan-ngeringin tangan sambil disuapin. Emang sih toiletnya sepi, tapi toilet gitu loh.. Dan wkt ditanya sama janitor toilet itu, si mbaknya yg bilang kalo itu yg nyuruh justru majikannya. Karena anaknya gak mau makan kalo gak sambil main air!
Oh tidaaak...

Kalo urusan nyuapin anak, harusnya sih jd prioritas org tuanya ya, kalo emang org tuanya ada. Emang berapa lama sih, dan bayi jg makannya ga banyak2 amat juga. Tar kalo bayinya udah selesai, baru deh kasiin mbaknya, suruh jalan2 keliling2 ato naik kereta2an di mall biar gak ganggu kegiatan mama papanya yg mungkin lg ada meeting ato ngobrol2 sambil makan.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

sharing ya mamas..

Setelah kelahiran putri pertamaku 9 bln lalu, akhirnya aku dan suami memutuskan pakai ART pulang hari. Awalnya aku agak kurang setuju dengan gaji yg diminta si mbak karena 2x lipat dari gaji ART di rumah org tuaku dulu. Namun suamiku berpendapat lain. Kata suamiku, di kompleks kita memang pasarannya segitu, lagipula kelihatannya si mba bisa kerja. Akhirnya kita jadi mempekerjakan si mba. Tak terasa sudah 8 bln si mba bekerja, dan aku makin sayangggg sama dia. Orgnya jujur, bersih, rajin, pintar, humoris, dan cekatan. Saking sayangnya aku sama si mba, baru kerja 6 bln udah kunaikin gajinya, plus aku sediain Indomie dan Energen di rumah. Tapi ngga pernah diambil sama si mba..malu kali ya. Ah, aku jadi makin sayangggggg! Jarang2 dpt mbak kaya gini <3 lop u pull, mba!

5

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ih iya, aku juga suka ngedumel dalem hati klo liat keluarga yg bawa mbak nya ke mall, tapi pas mereka makan mbaknya gak ikut makan juga..

Kalo aq ke mall pas ajak si bude (ART) ku, biasanya aku suruh dia makan duluan, trus aku nyuapin anakku, baru stelah dia beres, giliran yg makan,,, ato klopun mengharuskan aku duluan yang makan, ART ku nyuapinn anakku, baru stelah aku beres, dia yg qta tungguin buat makan,,,
Jatohnya emg lama sih, ya resiko mau gimana lagi,, tapi seringnya bude duluan yg makan, baru aku, soalnya aku gak bisa makan diburu2,hihihi

Karna ART ku masi tetanggan sama ibu mertua di Desanya ibu mertua, jadi ya perlakuannya qta anggap sodara aja, manggilnya juga "bude". Makan n all toiletries aku yg nanggung..
Pulsa tiap bulan aku jatah, yah gak banyak2 juga, cuma biar dia gampang kasi informasi di rumah klo ada apa2..

Alhamdulillah dia telaten sama anakku, kata tetangga, anakku klo kluar pasti lagi makan.. Gak tau nih,, si bude seneng banget ngasi makan anakku, & anakku mau juga, *makannya banyak ternyata..

6

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

zata cuma bisa ngakak baca "makan roti"
monastella selamat ya, lucky you :)

skrg komposisi di rumah jg udah tenang, ada 1 mba n 1 BS. mba di rumah nginep bawa anaknya umur 2,5th tiap weekend pulang ke tempat suaminya. alhamdulillah perkerjaannya bagus, rapi, rajin bgt sering mengerjakan hal yg ga disuruh. walopun anaknya tiap jam 5 pagi udah nangis atau teriak2 tp ya anggep aja utk weker bangun sholat subuh hehe. skrg tiap beli cemilan, makanan, alat tulis/buku bahkan baju/piyama/topi utk atha dan kae ga lupa beliin jg utk anak mba biar ga rebutan dan semua senang.

kl pergi ga sama suami ajak mba+anaknya jg, tp kl pergi sama suami itu mba ga mau ikut mungkin sungkan/malu kali ya. pas makan ya kl kebetulan makan barengan, BS makan duluan dan gw nyuapin kae makan setelah itu baru gantian suami/BS yg jagain kae. tp kadang kl kebetulan pas gw lg makan yg cuma disuka sama suami, gw dan BS (alhamdulillah skrg dpt BS pemakan segala) misal steak, atha kae ga suka steak. jd ya gw ma suami makan duluan, baru BS makan. mungkin orang2 di sekitar kita mikirnya kasian bgt tuh anak2nya ga dikasih makan :D nah setelah itu baru pindah resto utk anak2 makan misal ke kfc, ya gw ma suami dan BS ga makan lg. dan mungkin di sekitar kita ada orang yg ngeliat trs ngebatin kasian bgt tuh BS dan ibunya saking iritnya ga makan :P

intinya dont judge a book by a cover mamas, kita kan ga tau kondisi saat itu seperti apa? barangkali emang mba/BS udah makan, atau emang ga suka sama makanan yg ada di resto itu. maaf bukan maksud menggurui tp banyak ko majikan yg baik dpt art/BS yg kurang baik ataupun sebaliknya. semoga mamas disini yg belum beruntung bisa dpt art/BS yg baik, sayang anak dan langgeng selalu ya. amin :)

bab ? atha ? kae ? nda

7

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

hi all,,aku baru gabung nih disini,salam kenal ya :)
oh iya,,aku lg butuh ART nih,,ada yg punya info gak ya???
thx before

8

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ratna mama audrey,
Mama, coba kunjungi thread yayasan baby sitter deh.. mungkin ada yayasan yg deket dengan domisili mama.. Semoga membantu :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ndatha wah.. Sama kek aku niy..
Kalo makan steak,anakku gak mau.jd biasanya aku mkn berdua ama hubby,ntar pindah tempat makan yg si mbak n anakku mau makanannya :)
Ya selama kita makan steak,otomatis org bs mikir klo si mbaknya gak dikasih makan. Hehhehehe..

-You can`t spell CARENZA without Care-
@Thesusanos

10

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Eka - setuju bgt urusan suapin makan anak harusnya jd prioritas ortu khususnya mamanya, dan untuk kasus suapin didalam toilet yg dia bilang d suruh majikanya belum tentu bener juga. Bisa aja itu bisa-bisanya si nanny biar emang makanannya abis cepet jadi tugas nyuapin kelar.

ikut sharing waktu gue ikut jemput anaknya teteh pul sekolah, si mbaknya asik henpon2an sementara si anak yg diasuh geret tas dgn susah karena berat, ibu-ibu disitu lgs bilang: "mbak bawain tasnya tuh, kesian ampe diseret gitu.." trus si mbak dgn santai njawab: "biar aja, maunya dia bawa sendiri kok.." sambil terus jalan. *sigh*

slesta - iya gue juga ga suka yg pas nyuapin pake ditiup2 apalagi sempet ditempelin dulu ke bibirnya buat ngerasa masih panas apa ngga, selama ini ngajarinnya cukup di aduk2 pake sendok ato dipisah2in pake sendok biar dingin dari pada ditiup ato tempel2 kebibir.

Sekarang setelah 6 bulan tanpa ART, udah dapet mbak lagi dan udah 3 bulan kerja dirumah. mudahan bertahan lama ngeliat anaknya ga aneh2 dan yang paling penting El (3tahun) mau diasuh sama dia.
percuma kalo punya yg baik, cekatan dll tapi anaknya ga mau ditemenin main kan? hihi

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

11

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mommies, sharing juga ya :)

Sekalian apdet cerita nih, hihi. Sebelumnya ini ada yu' yang bantu-bantu di rumah. Aku pernah cerita di sini, hehe. Sama yu' yang ini, aku yang spaneng terus. Pernah 'bercanda' sama aku tapi kelewatan, dan sikapnya serampangan bin ngeyel. Waktu liburan Idul Adha kemarin itu, dia mudik dan ga balik-balik lagi. Acara resign-nya lewat SMS, itu juga diwakili suaminya. Yowes lah. Malah aku ngerasa agak lega.

Abis itu dapet yu' baru; dan dia ini bawa anaknya yang masih umur 3 taun. Nah, yang ini ga bertahan lama juga. Sebenernya lebih ke anaknya si yu' ini. Dia ini sangat deket ke ibunya, sampe suka histeris kalo liat ibunya gendong Wira. Kalo ga ada aku dan suami di rumah, anak ini tergolong kalem. Tapi begitu ada aku dan/atau suami, langsung nangisnya meraung-raung nyari perhatian ibunya. Walhasil banyak kerjaan si ibu yang kesita karena anaknya minta perhatian ibunya.

Yang aku kurang sreg, anak ini kalo minta sesuatu dan ga dapet saat itu langsung berteriak-teriak dan nangis sambil guling-guling di lantai. Langsung lah aku khawatir. Utamanya karena aku ga pengen Wira ngeliat contoh seperti itu dan ngerasa dia juga bisa seperti itu. Abis konsultasi kanan kiri sama tante dan famili, akhirnya yu'-nya ini aku pulangin aja setelah 2 minggu kerja. Rupanya yu'-nya ini juga udah ada niatan pengen mundur karena dia ngerasa ga enak dengan situasi anaknya. Yaaaa, jadinya ya sama-sama ngerti juga sih, hehe.

Abis itu, dapet info dari temen suami soal penyalur ART/PRT dan dia ngerekomendasiin. Akhirnya nelpon ke ibu penyalur ini dan ketemu lah dengan yu' yang sekarang ini.

Alhamdulillah, yu' yang ini kompak banget sama Wira. Sangat sayang, dan dia juga ramah. Insya Allah klop :) Orangnya juga rajin dan nerima saran dan masukan soal menu makanan Wira. Ga yang ngeyel gitu. Semogaaaaaaa bisa awet dan cocok sampe lama :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

12

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan - boleh minta cp penyalur ART/PRTnya ngga mom..
thx before

13

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kapachan.
aku jg mau dong, kalo blh minta no penyalurnya. makasih.

14

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Moms mo sharing ya...
Slm ini kalo sy kerja,kiara (2d to 7m) sy titipin ke tetangga yg ga irt.udh sepuh,umur 60an.dia maunya kiara dimomong di rmhnya.cos ada anak2nya yg bs bantuin momong.si eyang ini baek,telaten,n syg ma kiara.tapi....dia comel bgt.kalo lg sm sy suka njelek2in anak tetangga yg sama2 dititipin di rmh dia.sy jd mikir jgn2 kiara jg dijelek2in di blkg sy.prnh wkt lebaran sy udh kasih THR.eh...dia blg ke tetangga2 sy ga kasih THR,sy pelit,dll dsb.pdhl sehari sblm kerja sm sy,dia minjem uang n janji dibalikin kalo pensiunan suaminya kluar.dia jg wanti2 jgn crita2 ke tetangga2 lain kalo dia minjem uang sy.eh...tnyata mlh dia sndiri yg fitnah mcm2.sebel.uangnya jg ga balik2 smpe skrg

15

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

nah kan..banyak juga cerita bagusnya tentang ART..seneng deh bacanya :)

utk yg cari nanny..spt kata Kira Kara, kunjungin thread yayasan baby sitter. Aku dah buka, lumayan lengkap kok..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mom lukluk & ika saptarini - aku udah kirim lewat PM ya mom :) Kalo butuh lebih banyak referensi, coba cari di thread Yayasan Baby Sitter :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

17

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ZataLigouw iya. ga adil jg klo cm cerita yg jelek2 aja ttg ART :D
si mbak dulu sebelum kerja di rmhku,kerjanya jadi tukang masak di warung nasi di daerah trunojoyo.katanya siy dulu rame banget orang2 kantoran pd makan siang disitu.
dan bener,masakannya enak2 ^^ mulai dari ikan pesmol sampe ke steak tuna dia masaknya enak.
jadi yah kalo kerja nya kadang suka ga beres aku diemin aja. manusia kan ga ada yang sempurna :)

-You can`t spell CARENZA without Care-
@Thesusanos

18

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mom kapachan...aku juga mau donk no telpnya....

tengkyuuu

bunda hanif.....

19

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Alhmdulillah... selama ini dapat ART yg baik2 aja. pertama pas lg hamil, mbaknya kalem, rajin, beRsih bgt lo ngerjain kerjaan RT. bliaunya jg mau diajakin nginep kalo pas pak suami shift malam cz kdang2 suka takut sndiri dan suka pusing2 *maklum lg hamil tua* mbaknya ni pulang cz dia mau nyekolahin anaknya di jkt. uh smpet ribet gak punya ART sminggu apalagi dah lairan. Alhmdulillah... untungnya dpt lg dari tetangga dan smpai skrg.

q jg bilang ke mbaknya fair2an, kalo ada yg gak q suka lgsg q tegur, Alhmdulillah... nurut aja dan dia jg bilang kalo kerasan ma q.

menurutq ART diperlakukan baik dan wajar,insy4w1 langgeng

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

20

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Alhmdulillah... selama ini dapat ART yg baik2 aja. pertama pas lg hamil, mbaknya kalem, rajin, beRsih bgt lo ngerjain kerjaan RT. bliaunya jg mau diajakin nginep kalo pas pak suami shift malam cz kdang2 suka takut sndiri dan suka pusing2 *maklum lg hamil tua* mbaknya ni pulang cz dia mau nyekolahin anaknya di jkt. uh smpet ribet gak punya ART sminggu apalagi dah lairan. Alhmdulillah... untungnya dpt lg dari tetangga dan smpai skrg.

q jg bilang ke mbaknya fair2an, kalo ada yg gak q suka lgsg q tegur, Alhmdulillah... nurut aja dan dia jg bilang kalo kerasan ma q.

menurutq ART diperlakukan baik dan wajar,insy4w1 langgeng

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

21

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Alhmdulillah... selama ini dapat ART yg baik2 aja. pertama pas lg hamil, mbaknya kalem, rajin, beRsih bgt lo ngerjain kerjaan RT. bliaunya jg mau diajakin nginep kalo pas pak suami shift malam cz kdang2 suka takut sndiri dan suka pusing2 *maklum lg hamil tua* mbaknya ni pulang cz dia mau nyekolahin anaknya di jkt. uh smpet ribet gak punya ART sminggu apalagi dah lairan. Alhmdulillah... untungnya dpt lg dari tetangga dan smpai skrg.

q jg bilang ke mbaknya fair2an, kalo ada yg gak q suka lgsg q tegur, Alhmdulillah... nurut aja dan dia jg bilang kalo kerasan ma q.

menurutq ART diperlakukan baik dan wajar,insy4w1 langgeng

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

22

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

wahhh...byk yg minta no tel penyalur k kappchan, mau jg dongggg...... *MukaMemelas

dah ampir 7 bln ini cr art bt bantuin mba yg ada d rmh. skr aq py 1 mba, awalnya kerja ngurus rmh, ikut aq dr 3 thn lalu, setelah aq melahirkan, dia bantuin aq urus babydz, tnyata dia cekatan ngurus anak dan sayang bgt ama babydz, akhirnya aq kasih dia pegang anak plus urusan rmh. lama2 kasian jg dia kecapean, karna babydz makin lama makin aktif (now he's 15m), makanya aq rencana cr mba lg khusus bt beres2 rmh, biar mba ku yg lama fokus ngurus baby.

#eh, curcol :-)

son - they tease u constantly, ignore everything u say and yet, irrationally, u love them completely.....

23

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ZataLigouw
Aku sedang bingung sekali. Dikau kan sepertinya punya pengalaman2 bagus dengan ART. Aku punya ART sudah 6 bulan ini. Waktu Musa masih 4 bulan, kan masih tiduran saja, jadi g masalah mbaknya ngasuh sambil nonton TV. Sewaktu Musa dah merangkak, Musa sering jerit2 waktu bersama si Mbak. Pas aku lihat, Musa sedang digendong, padahal pengin turun, sementara mata si Mbak konsentrasi ke TV.
Terus sejak tetangga punya ART baru, si Mbak sering ngajak Musa ke rumah tetangga. Pulang untuk makan, balik main lagi, pulang lagi pas aku pulang kantor. Terus terang aku g suka anakku ikut nonton TV dan kebanyakan main di rumah tetangga. Aku bilang ke si Mbak, silahkan kalau mau nonton TV atau main sendiri. Tapi dianya g mau, g jawab sih, tapi g pernah melaksanakan. Kalau main, selalu ngajak anakku, nonton TV juga gitu.
Yang paling membuatku miris, Bahasa yang digunakan kasar sekali. Untuk semua hal itu, aku sudah dari memberi petunjuk, sampai memperingatkan.
Terakhir kali aku complain, dia ngambek. Sekarang suasana rumah jadi g enak. Aku berpikir untuk memberhentikan saja, karena tutur katanya yang kasar itu memang spontan, g dibuat2. Takut anakku niru, karena sudah kelihatan
gimana ya?

24

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ibunya_musaid haduh paling gak enak tuh kalo nanny-nya bersikap kayak gitu. imo, kalo emang udah ga sejalan gaya pengasuhannya sama mama, mendingan diberhentikan saja. kasian musa kalo dibiarkan dengan nanny kayak gitu, apalagi kalo berkata kasar. emang serba salah ya, apalagi buat kita yang bekerja di kantor. mau ngeberhetiin tapi mesti cari lagi, tapi kalo tetap sama yang ada, pengasuhannya gak pas dengan cara kita.

tapi daripada keterusan, sebaiknya sih di stop dari awal.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Kalau gaji art sekarang berapa ya mom? Aku lagi cari info 'pasaran gaji' art sekarang, karena mo ambil art 1 lagi. Gaji art aku yg lama 1,1 blm termasuk uang jajan perbulan. Sebulan cuti sehari. Moms yg lain gimana?