1

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ajeng amanda Gue share pengalaman gue ya...

Gue tinggal di Surabaya, dan udah make jasa ART yang sekarang dari Nara umur 4 bulan (sekarang Nara umur 2.5 taun). Dari awal udah gue terangin kalo gue butuh ART yang sekaligus jaga anak, tapi untuk masak (baik buat anak atau gue/suami) itu urusan gue, dan kalo gue di rumah ya gue yang pegang Nara. Kalo ga salah dulu gue kasih gaji awal 700rb + 200rb buat bantu2 uang sekolah anaknya di kampung. Pelan2 gue naikin (sekitar 50rb gitu) kalo gue rasa udah waktunya dikasih kenaikan (sekitar 1 taun sekali). Keperluan lainnya gue beliin (perlengkapan mandi, handuk, jajanan semacam biskuit, kopi, indomie) kecuali kalo dia tiba2 mau nyetop tukang bakso yang lewat, nah itu baru dia pake uangnya sendiri.

Biasanya kalo gue kerja Nara bakal sama ART plus ART nyambi nyuci (pake mesin, kadang gue bantuin juga dan cuma 2 hari sekali karena cucian ga banyak), setrika, beberes. Begitu gue pulang (jam 1830an) ya udah ART gue bakal ngilang ke kamarnya sampe besok pagi. Kalo gue lembur ya Nara tetep sama ART, dan ga gue kasih uang lembur lagi. Lagian begitu suami gue balik Nara bakal sama suami gue, jadi ART bisa langsung istirahat walopun gue belum pulang.

Oya, gue masak biasanya di wknd, jadi Sabtu/Minggu ART bakal ke pasar dan nyetok bahan2 buat 1 minggu, trus gue masak dan simpen di kulkas. Jadi kalo wknd sih ART gue bisa santai2 lah... Cuma ke pasar, bantuin masak, nyuci peralatan masak, abis itu dia istirahat ato ngobrol sama ART tetangga (dia ga suka pergi2, mungkin karena dia udah lumayan tua jadi ga doyan jalan2). Di hari kerja ART cuma gue telfon aja kasih tau mana yang diangetin/digoreng buat makan malam hari ini (menjelang gue pulang kantor). Kalo masakan biasanya dia bikin sendiri, pasti gue kasih lauk yang gue makan tapi umumnya kurang cocok sama selera dia jadi ujung2nya dia modif lagi (kasih cabe dsb) dan pas wknd itu dia pasti juga belanja buat kebutuhan makanan dia (uangnya sekalian dari gue).

Insya Allah Maret ini gue melahirkan anak ke-2, otomatis kerjaan ART nambah (karena bantu megang bayi 1 lagi plus cucian juga nambah) jadi gaji pasti gue naikin lagi (belum tau mau jadi berapa). Yang jelas gue bakal make jasa ART pulang-pergi untuk beberes dan nyetrika, supaya ART gue yang nginep bisa lebih fokus ke bayi aja (Nara mulai sekolah bulan Juli ini jadi at least dia ga terlalu ribet lah). Pengen nyari ART yang nginep juga (jadi ga pake ART pulang-pergi) tapi belum nemu, jadi gue mau nyoba pake ART pulang-pergi dulu.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

2

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Ndatha, dhita & otty thanks ya buat sharing nya, seengganya jadi udah ada gambaran deh. :)
Soalnya kemarin sempet tanya2 temen kantor. Ada lho yang gaji awalnya 800 ribu. Ternyata daerah tempat tinggal itu memang mempengaruhi standar gaji ya walaupun sama2 daerah jakarta.

Buat CNAP, temenku juga ada yang dibantuin sama sodara deketnya. Biasanya ya dikasi sesuai rate yang berlaku disana. Sambil sesekali bawa makanan dari luar atau bantu belanja bulanan. Biar budhe nya seneng. Hehe..

3

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Ndatha,fanny,ajeng, hmmmm....*manggut manggut*
begitu ya...oke klo gitu,ntar ddiskusikan lg gmn enaknya.
thank youuu

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

4

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Ajeng
sama2 bu, mau nambahin aja nih. kemungkinan gaji awal ART 800rb yg kerja sama temen itu udh berpengalaman. karena gaji awal ART 450-500rb di komplek gw itu, anak umur max 15th baru lulus SD/SMP dr kampung sama sekali belum ada pengalaman bekerja. dulu pernah ada yg mau kerja di rumah, udah pengalaman 1th minta gaji awal 650rb. tp better lah, kl dr yayasan malah ART belum berpengalaman gaji awal udah dipatok min 600rb.

bersyukur bgt kl punya sodara/bude yg mau bantu2 seperti CNAP, karena hari gini saking susahnya mencari ART beda tipis emang kaya cari jodoh :P

bab ? atha ? kae ? nda

5

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Moms,
numpang sharing....sory kalo salah tempat
aku sudah pake BS sejak Fave umur 1y2m sampai sekarang 23m tapi kontraknya mau berakhir awal april

dari awal aku sdh tanyain mau lanjut apa gak terus dia jawab lihat nanti terus dijawab perpanjang terus dijawab lagi gak perpanjang sampai aku sduah sibuk cari-cari dari nopember kemarin tapi tiba-tiba akhir Desember dia minta dianterin daftar paket C, kebetulan BS q cuma lulus SMP aza, dan paket C itu mulai feb besok sampai juli/agustus

kemaren surat2 fc ijasahnya sdh nyampe tp aq gak tahu dan dia diem-diem aza
malemnya aq tanya kelanjutanmu gimana dijawab gak tahu
sekolahmu gimana dijawab ya jadi lah
trs berarti perpanjang ke yayasan? dijawab gak usah keluar aza nanti sodara aza yang ambil ijasah dan bilang aza lebaran pulang
nah makin mumet kan
secara aq sudah mulai gak sreg makai dia

Fave masuk kategori speach delay karna kurang stimulus dan BSnya tuh rada males ngomong kalo gak disuruh-suruh, senengnya pegang HP sampe naik motor pun dibonceng masih asyik update status
kalo aq pulang langsung sibuk onlen dikamar serasa sdh selesai tugasnya

sekarang kemungkinan aq sudah dapet calon ART tapi gimana cara mutusin dia berhenti jd BS
mama q dan mertua q kurang setuju pakai dia karna kurang komunikasi ngomong dan terkesan cuek plus nantang
tapi suami q keberatan lepas dia kalo alesannya dia masih mau lanjutin paket C

jadi bingung moms
ada saran.....

~ MeLa naiBAHO ~


Mommy Favian Matthew Macarios Simatupang

6

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mau cerita juga nih, aku punya 2 ART, tinggal di gresik jawatimur
[list=*]

  • [/*]
    ART 1 umur 40th (tetangga) udah kerja hampir 3 tahun, datang pagi pulang sore, awalnya job ya dia bersih2 masak, tetapi krn pengasuh bayiku 2x ganti dan selama pergantian biasanya cukup lama akhirnya dia merangkap mengasuh bayi, dengan konsekuensi pekerjaan rumah dikesampingkan ataupun klo sempet dia kerjakan,
    [list=*]
  • [/*]
    ART 2 ,setelah 3 bulan kosong akhirnya dapat juga pengasuh ( masih tetangga juga dari kampung ortu) umur 70th ( hemm tua ya ;P ) tapi hati saya tenang itu sangat penting buat saya, krn dia udah dekat dengan keluarga kami di desa dan toh ada ART 1 yg bisa bantu2. awalnya rencananya seperti itu setelah kami observasi selama 2 minggu kita putuskan job dis ART 2 di alihkan dengan job dis ART no 1 kenapa , walupun si emak ini pengasuh tapi fisik emang tidak bisa dipaksakan untuk ngasuh bayiku sangat kurang kuat dan kurang cepat apalagi ken sangat aktif. akhirnya tugas ART 2 dialihkan menjadi mencuci baju semua saya, suami dan ken, masak buat orang dewasa, sterika dan bersih2 rumh bagian belakang.
    sedangkan kalau memasak untuk makan ken semua aku yang kerjakan,
    gaji :
    ART 1 ( pagi datang siang istirahat jam 12-jam 1 dia plg ke rmhnya,sore/malam plg/sampai sy sampai rmh) = tugas mengasuh ken dan bersih rmh bagian depan,setrika baju saya dan suami gaji per bulan 700rb, THR 1x gaji, bingkisan hari raya berupa uang 250rb.
    ART 2 menginap = tugas bersih2 rmh bagian belakang,mencuci baju seluruh keluarga (3orang),setrika baju ken,mencuci peralatan makan & botol ken, memasak buat keluarga gaji per bulan 600rb, THR 1x gaji, Bingkisan hari raya berupan uang 250rb.
    yang diatas adalah jumlah pasti yang mereka terima, selain daripada itu klo ada rejeki insyaallah kita juga bagi.
    oya saya nggak pernah bikin peraturan mereka libur berapa x dan uang lembur, krn saya selama inipun klo mereka mau tidak masuk krn ada urusan saya juga mengijinkan, sedang klo sabtu minggu terkadang kita keluar bareng jalan2 semua pembantu juga kita ajak ( apabila tempat ter sebut mereka belum pernah kunjungi), tapi terkadang gantian juga sabtu art 1 minggu art2 yah pokoknya liat situasi tempat yang akan kita akan datangi. disaat kita ajak art 1 berarti tugas art 2 kerjakan semua pekerjaan rumah dan sebaliknya, jadi pulang enak rumah bersih hee :)
    sebenarnya awal mula mau ngasih gaji ART bingung banget krn saya juga tidak tau rata2 gaji art/pengasuh di lingkungan rmh, sempat saya mau ngasih gaji sama toh mereka saling bantu ngasuh ken, tapi suami menolak dan harus art 1 yang ngasuh ken krn art 2 secara fisik kurang mampu. makanya art2 hanya ngasuh ken klo jam istirahat art1. ken emang saat ini sangat2harus diawasi.

    kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.
  • 7

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    setuju.ama ndatha ...nyari ART kyk nyari jodoh saking susahnya :p

    -wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

    8

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    Mamas, saran dong biasa kl negur ARTnya gmn ya? Sorry culun bgt pertanyaannya :(
    Gw pake ART pulang hari nah ceritanya abs nemuin coklat di lemari ilang. Sbtlnya ga masalah dg brg yg ilang, tp ini udh yg keberapa kali. Minumin sirop ampe abs, ngemilin nutella *minta ditabok bgt*, nyatut duit2 kecil kembalianbelanja. Dan kl di konfrontir dia "nyalahin" mertua gw..emang sih mertua suka minum sirup&makan roti pake selai, tp mertua gw dtg seminggu paling sekali doang :(
    Mau negur keras kuatir dia "ngejahatin" anak2. Mana kdg2 dia ikt megang yg bayi jg..apa lemari makanan gw gembok aja?
    Advise-nya mamas..TIA

    mother | wife | baker wanna be

    9

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    mami yo, kalo digembok, kesannya pelit banget, mom.. pengalaman sy, untuk makanan yg emang diperkenankan dikonsumsi oleh ART, bilangin ke dia, "mbak itu ada ini, ada unu di kulkas, sama ada eno di meja makan, kalo mau ambil aja ya.. tp nutella sm coklat di kulkas jgn disenggol, soale itu pesenan khusus bapak/si sinyo..."

    10

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    mami yo, Biasanya di keluarga MIL dari awal tempat makanan yang boleh dimakan sama ART dan khusus keluarga udah dibedakan Mom..
    Dibilangin dari awal kalo makanan yang dikulkas dapur ini kalo mau dimakan silahkan, atau kalo mau ambil monggo... Tapi kalo makanan yang khusus KI-KA ada di kulkas dalam jgn diambil yaaa.. atau ditaruh meja dapur dan ditaruh di kulkas.. jadi ada public area dan private area.
    Kalo ditempat saya kalo makanan ada di meja makan dalam, gak ada yang berani nyenggol kalo gak diijinin MIL. Bahkan saya kalo mau ambil harus pamit dulu.. hihihi.. Tapi kalo ditaruh di meja makan belakang, berarti bikin/beli nya banyak jadi bisa buat sapa ajaa.. hehe..

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    11

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    mami yo - hadeeeuh.. emang sih ya masalah art gini gampang-gampang susah, ada yg diomongin tebel muka ada yg baru diomongin dikit, tersinggung dan minta pulang. gue udah kenyang deh ama semua hihi,,,
    dari yg pulang baik2 setelah bertahun2 (2thn tepatnya krn dia mau nikah) sampe yg cuma 2 hari doang trus pgn pulang ampe pingsan bohongan!!!

    jadi.. untuk masalah makanan.. dibilangin aja *pake nada santai* kayak mami yo ngomong seperti biasa. yang ini boleh dimakan, yg ini jgn y khusus punya bapak or ibu or baby. jelasin aja. *persis saran mama-mama diatas*

    terussss kalo dia berdalih ina ini inu dll etc sbg.. bilang aja: oke oke.. yang sudah ya sudah.. apapun alasannya kedepan jgn diulang. *tetep nada santai*

    soalnya ga semua ART bisa di baikin dalam artian, kadang dibaikin dia ngerti dan tambah rajin kerja ada yg dibaikin ngelunjak dan makin turun etos kerjanya.

    so.. have fun ya momi yo.. rugi mikirin urusan ART dalem-dalem *sumur kali dalem* hihihi

    *peluk dulu momi yo ah*

    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch

    12

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    cinta wrote:
    setuju.ama ndatha ...nyari ART kyk nyari jodoh saking susahnya :p


    iya, ART emang jodoh2an ....

    Akhirnya aku dapat juga ART+BS yang bisa diandalkan dan dijadikan teman. Allah mmg adil, pas aku jauh dari suami, dikasih "teman baru" yg jujur + kerjaannya bagus. Jadi aku bener2 merasa terbantu. Dulu2 waktu masih serumah sama suami, blm pernah dapat ART/BS yg seperti ini.

    Entah ada hubungannya atau tidak, sebagian dari zakat penghasilan suamiku kukasih ke si ibu, buat tambah2 uang belanjanya+biasa sekolah anak2nya. Soalnya si ibu sdh ga punya suami. Awal2 kerja dl, kerjanya biasa2 saja. Makin lama jadi makin bagus+sayang sama anak2.

    13

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    huaaa.. pengen curhat masalah ART nih..

    Aku pake ART yang sekaligus BS buat jagain cifa.. sejak cifa 2 bulan sampe sekarang 6 bulan..
    Awalnya baik sama ibu ini.. beliau berumur 50an.. dulu kenal pas aku masih kuliah 6 tahun lalu di Bandung.. sekarang kami tinggal di Jakarta..

    Masalah pulang, aku ngasih ketentuan di awal kalo dia boleh pulang 2 minggu sekali, ongkos di luar gaji. Tapi kenyataannya paling tiga minggu - sebulan sekali pulangnya. Makanan ikut kita.. sabun mandi, shampoo dll ikut kita juga.. Pokonya yg aku pake, dia juga pake.. kecuali sikat gigi.. Di awal juga aku beliin HP buat komunikasi kita.. Gaji nya pas awal aku kasih 700rb, sebulan kemudian dinaikkin jadi 800rb.. *dan sekarang nyesel naikin gajinya dia*

    Nah.. masalah mulai timbul di bulan ke-3 dia kerja. Dia pulang bilangnya 4 hari, eh ternyata sms minta perpanjangan libur seminggu karena suaminya sakit.. oke aku kasih, dan terpaksa aku cuti 3 hari pertama, lanjut cifa dititip di daycare karena ga mungkin aku cuti terus-terusan.

    Lanjut makin ke sini, aku makin kesel karena beliau makin susah dibilangin. Kerjaan rumah bisa dibilang ga selesai. Padahal rumah cuma kontrakan petak yg ga seberapa luasnya.
    Nyuci kan pake mesin cuci front load (dia ga usah cape2 pindah2in cucian).. eh sekalinya mesin cuci mogok, dia misuh misuh karena harus nyuci pake tangan. huhuu.. Jadinya aku heboh benerin si mesin cuci ini.
    Piring kotor sering ditinggal tidur di wastafel.. dan aku ga suka.. karena kalo malem aku bangun sering pumping.. risih aja kalo masih banyak piring kotor di wastafel.. jadilah daku mencuci piring dulu saat ngantuk2 habis pumping malem..
    Aku pulang kerja, langsung ngibrit masuk kamar, tutup gorden.. entah tidur atau main hape.. padahal kan abinya cifa pulang sering malem.. dan aku masih perlu bantuan karena aku belum solat, makan, bersih2, dll.. daaann.. bangun tidur pun duluan aku dong.. jadi si rumah kotor pun yaa dia mah enjoy aja..

    Nah.. udah kurleb sebulanan ini, dia jadi rajin nyatut uang belanja. Kenapa..? soalnya dikasih uang belanja berapa pun ga pernah kembalian. Pernah sekali waktu aku intip tempat naro uang kembalian, ada uangnya 7000, trus aku tanya "ada kembalian ga?" dia jawab ada 2000.. trus aku kroscek sama harga belanjaan besok2nya.. dan dia sering ga bisa jawab detail. sampe akhirnya aku mau coba ngetes..

    Aku taro uang 10rb di kantong celana.. trus kumasukin mesin cuci.. dan ternyata pas tuh celana udah rapi disetrika, aku cek kantong tuh uang ga ada.. jadinya muncul lah keraguan di hati ini.. berarti si ibu ga jujur. Penasaran aku coba lagi naro uang numpuk di meja deket tv.. sepuluh ribuan, lima ribuan, sama dua ribuan.. ternyata berkurang satu lembar lima ribuan.. bukan masalah uangnya yaa.. tapi kejujurannya itu yang dipertanyakan.. aku ga mau anakku diajarin ga jujur..

    Curhat masalah ini ke misua ya dia cuma bilang mau gimana lagi.. kita masih butuh dia.. secara misuaku ini ga bisa banyak bantu di rumah.. apalagi dia sering ke luar kota.. dan aku juga kerja.. pyuh.. ya sekarang aku cuma pasrah aja nerima keadaan kaya gini dan coba meminimalisir ketidakjujurannya..

    Cukup deh.. makasih yaa udah baca curhatan ga penting ini..

    ABC is Ambu - Baba - Cifa
    http://kembanggeulis.com

    14

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    kembanggeulis,
    heuheuheu..
    i feel u mom.. gak nyari aja yg lain aja tuh ateu? walopun kita dah percaya bgt sm si ibu *eh skrg mah jadi ragu ya? tapi kan klo penyakit hati disimpen terus menerus bahaya juga.. ato gak, dirimu kan sudah deket sama si ibu, ngomong heart to heart *jiaahh bahasanya - ke si ibu, klo saya bgini2 bu.. kemaren bgini2.. kok ibu bgini2.. kaliiii dia mau jujur ato paling gak liat reaksi dia..
    utk masalah kerjaan juga di omongin, tapi yah baik2 ngomongnya, knp? krn itu hak qta buat komplain krn qta dah gaji dia. tapi ya dengan bahasa yg bisa diterima dia..

    eehh aq serasa dah jago aja ya ngurusin art, padahal nemu aja belum...
    huaaaa *ikutan curhat :'(

    15

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    @bundanadianra
    nongol mulu ih.. hehee..

    aku malah kepikirannya daycare ajalah rumah sekepretan ini.. cuman agak ribet klo abinya keluar kota aja sih.. cari yg baru juga gak yakin bisa lebih baik.

    diriku termasuk orang yg males negor.. tadi pagi sengajà negor "tidurnya pules bu?" udah.. cukup.. daripada makan hati..

    ABC is Ambu - Baba - Cifa
    http://kembanggeulis.com

    16

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    iiihh gak suka yah aq balesin postnya?? *pundung :(

    emg sih cari yg baru susah, *kayak aku gak nemu2*.
    klo babynya bisa ditinggal di daycare ya bersyukur berarti.. ada alternatif lain..

    eh aq mau cerita dikit juga nih, sekitar sebulan yg lalu *lupa2 inget*. Jadi waktu itu dah sempet dapet pengasuh plus art. Nah awal2 ceritanya mau trial dulu nih, perkenalan dulu sm anaknya. Soalnya anakqu gak mau langsung deket sama orang yg baru dikenal, pasti gak akan mau dipegang. Pendekatan dululah rencananya selama 1minggu.
    Hari pertama berjalan sukses n agak ajaib, soalnya anaknya dah mau langsung diajak gendong, di ajak jalan2 ke belakang rumah mau. Good. *hati emaknya senag bin legaaa..
    Hari kedua masih sama dengan kemarin, makin mau anaknya. *emaknya tambah senang..
    Nah hari ketiga nih, si ibu gak dateng, katanya mau nganterin + jagain cucunya mau berobat. karna anaknya dia kerja semua gak ada yg bs nemenin. okelah gpp.. Anakku kembali di jagain sm mbah utinya.
    Hari keempat, si ibu gak dateng lg, bahkan anaknya si ibu ini juga malah nyari2 ke rumah nanyain si ibu, ealahhh... ternyata si ibu kabur gara2 banyak pikiran antara dia dan anak2nya... :(
    hmmmhh... nasib.. padahal dah dapet pengasuh yg lumayan n diandra jg gak takut sama si mak mpit (namanya si ibu) ini,, eehh malah dianya yg kabur..
    skrg daycare gratisan deh di rumah mbah uti..

    susye2 gampang yak nyari art.. #dilema working mom nih :(

    17

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    nyari ART emang susah bgt,,,slm ini aku pk ART buat ngurus rmh (itupun cuman dtg seminggu 2x coz dia bilang g bisa tiap hr) tanpa masak (yg msk mamah aku) & tanpa urus anak (aku full time mother),,
    minggu depan aku pindah rmh ke rumah aku & dah nemu ART baru yang PP job desc nya urus rmh & masak...gaji aku ksh 160br/minggu,,,mdh2n jujur, kerja nya bgs.amiin

    18

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    hai mamas, mau sharing, art ini emang kebutuhan penting buat mama dgn anak di jaman skrg ini. biasanya kita cari art dari kenalan2 gt, cm sy punya pengalaman jelek sm agen penyalur ini. waktu itu pernah hubungi agen, mintol art yg nginap buat di rumah, jadilah datang si mbak ini, uang ambil minta Rp500rb, plus gaji 600rb minta dibayar di muka, eh rupanya si mbak cuma 4 hari di rumah, abistu kabur aja doong. usut punya usut ternyata agen ini "hobby" menyalurkan si mbak ini ke orang lain buat ngincar uang ambil gt. jd semacam sindikat gt. mudah2an kita smwa berhati2 ya mamas.

    19

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    hatzsiahaanbolak-balik punya temen atau tetangga yang pny pengalaman sama. Bener deh, harus ekstra ati2.

    20

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    @metameta iya kan? sy jg ngerasa bnyk yg punya pengalaman gini2. makanya mesti ati2.

    21

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    @Kembanggeulis,
    IMHO, kejujuran itu no. 1, mending cari yg baru aja, baru 3bulan uda ngelunjak tu ART, *kadang2 ART yg lebih tua emang suka agak2 membangkang, alias ga mau dengerin kita2..

    Kaya ART aq dulu juga gitu, uda agak tua, baik awalnya, lumayan jujur awalnya, n aq juga kurang suka negor.. Santai2 aja, nah krn itulah dia mgkn jadi makin berani..

    Aq bilang, kalo di rmh masak, aq ga pake vitsin, koq ya pas dia cerita, di rmhnya ibuknya n dia ya ga pernah pake vitsin... Percayalah sy... Eh.. Taunya pas dia aq berhentikan (pas pulang kampung aq suruh ga usa balik lagi) pas beres2 dapur, nemu donk 1 bungkus *jina*oto, disembunyiin di bawah t4 yg jarang kelihatan n jarang kesentuh... Itu bungkusan yg agak gede, n uda tinggal separoh.. BT bgt...

    Oh.. Pernah sekali aq marah ama dia..
    Aq nyuruhnya baju rmh ga perlu diseterika, pas suami pulang, ada kemeja-nya yg baru abis dicuci n dia mau masukin ke lemari tanpa di seterika, aq tanyain "loh bik, itu kemeja ga di seterika??" Dijawab "lah.. Cuma 1 ini aja koq" -maksudnya cuma satu aja ngapain di seterika... Aq lgsg hardik "ya meski 1 kalo kemeja ya harus di seterika" dg rada ketus, n dia pun cemberut.. Menrengut...

    Sama suka tak kasi tau, kalo golden aq, jangan dikasi sisa2 nasi n lauk pauknya (kecuali kalo aq yg kasih) sering bgt aq lihat di t4 airnya ada nasi2 yg jatuh, berarti si golden abis makan nasi... S4 aq tanyain, tapi ga ngaku...

    Ah... Jadinya malah curcol deh...
    Yah, skrg ga ada ART, rumah super duper berantakan, tapi aq ga makan ati buat ngedongkolin org... Heheheheh
    N makanan tetep terjamin kesehatan n kebersihannya...

    So.. Smangat mama2 yg ART-nya rada2.. Heheheheh... Menegur itu perlu.... Kalo dirasa perlu.. Drpd dongkol sendiri, n si ART ga nyadar2..

    22

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    Sebulan ini lg diiming-imingi bgt sm yg namanya ART. Awal april aq lahiran anak kedua sekalian pindah rumah dr rmh ortu. Karena lahiran caesar kedua,rencana cr ART utk bebersih rumah,cuci bj,angkat2 air utk mandi (ini penting),dan kerjaan rmh lainnya. Pengennya gak ambil dr yayasan,jd nitip2 ke orang aja.
    Sebelumnya uda ada yg mau kerja disini dr Batu,buntutnya batal dg alasan gak jelas,pdhl ortunya uda ksh ijin kerja di jkt. Trs dpt info,,ada ibu2 yg mau kerja dr tasik,,dihubungi ke no hp(anaknya) susahhhh benerrr. Yg lg sekolah lah,,disms gak dibales,ditelp gak diangkat. Kalopun diangkat,,bilangnya ibu gak ada (dg nada ketus). Yasudah,,dicoret dr daftar.
    Bbrp hr sblm lahiran,,tanteku telp tanyain msh butuh art gak... O,pastinya donk. Uda telp begini begitu,,deal dg uang gaji,pulsa,jajanan,dll,,,sepakat kalo jumat(6/4/12) bakalan dijemput sm nyokap di tebet (rmh tante). Sampe di rmh (aq msh di rs,persiapan check out),disuruh bersih2 rmh sm nyokap. Nyokap kmbl ke rmhnya. Ni anak (katanya) uda biasa sendiri di rmh. Aq smp rumah,,dia emg lg bersihin teras. Uda ngobrol2,tanyain ini itu,aq ke kmr utk pumping (krn anakku msh nginep di rs). Pas mo ke rs lg,,tb2 dia ijin mo ngomong sesuatu. Dia tny kerjaannya itu apa aja. Aq jelasin nyapu,ngepel,cuci bj pk mesin,ngelap2,dan semacamnya. Kalo urus anak,,itu bagianku. Yah,,palingan kalo aq mandi,,dia ngejagain anak sbtr. Masak jg gak,krn aq mnt tolong bude di jawa utk bnt2 sementara. Jd beliau yg masak. Eh,,,terus dia blg,,kalo dia gak betah bgm... Ya ampun,,,,cm 3jam loh uda ngomong begitu. Alasannya,dia br sekali kerja di jkt ikut orang (single), rumah kontrak,belum pnh kerja sm yg sdh berkeluarga. Katanya dia mo coba dl. Oke... Ini anak pertamaku lg diajak jalan sm tantenya. Pulang uda malem,langsung tidur. Besoknya,sabtu siang, pas suamiku anter asip ke rs,,dia ketok pintu kamar. Minta ijin pulang. Alasannya macem2,,mulai dr dia msh lemes (hbs tipus) pgn istrht di kampung,cr kerjaan di kampung aja sekalian nemenin ortu,gak sanggup bersihin kaca rmh (plis deh,,,aq blm nyuruh ngerjain koq. Dikerjainnya jg pk tongkat pel ajah,gak perlu naik2 tangga),bingung krn byk barang (namanya jg br pindahan,aq bth dia utk bantu taro2 barang sesuai tempatnya),smp akhirnya dia blg,,ada anak kecil,pas dia istirahat,ntar keganggu!!!. Oke,,,silahkan pulang.
    Tp tnyt sambil tunggu kakak iparnya jemput,,dia bersihin 2kamar mandi,ngelap perabotan dapur,dll. Sbnrnya pekerjaannya lumayan rapi dan pny inisiatif utk ngerjain sesuatu. Tapi koq kayaknya kerjaannya gak mau repot yah? Rasanya maunya rumah itu uda rapi duluan trs dia cm melanjutkan saja. Sktr 2mingguan lwt,dia sms aq. Tny uda dpt orang yg bnt2 gak,boleh gak kalo dia kmbl kerja tp msh di kampung. Berhubung aq rada bete jg dg alesan anak kecil dan gak mau dimainin lg sm dia,,aq blg dia sanggup gak kerja di rmh yg ada bayi dan balita,,yg sewaktu2 bs nangis/rewel bareng2,atopun gantian,,sanggup gak min 6bln. He...lama gak dibales,,ujung2nya dia gak berani kerja disini. Alamakkkkk...niat kerja ga seh??? Biarin ajah drpd ntar dia main fisik ke anakku,aq gak tau. Kebetulan sabtu pagi itu Zhiezhie lg rewel,susah diajak ke kmr mandi,tantrum. Mungkin Zhiezhie uda ngerasa kalo ni calon art ga deket sm anak kecil. Biasanya Zhiezhie lgs mau sm orang (dl pnh lgs deket sm art umur 15th,yg ini umurnya 19). Pas dia dijemput pun,Zhiezhie ogah2an disuruh salaman.
    Kejadian terakhir,br semingguan. Diinfoin sm tmn nyokap,ada temennya bibik yg bersihin rumahnya,,cari kerjaan. Dia ga nginap krn pny keluarga. Yasudah,hayo saja... Uda dikasih tau sm si tante kalo brkt pagi pulang jam 3-4an. Jumat sore dtg si calon art dan bibiknya tante. Ngomongin kerjaannya (bs masak),jam kerja,mnt libur hr minggu,mnt gaji 700rb (aq nego 550rb,gak mau. Deal di 600rb),,katanya sabtu lgs kerja. Sabtu pagi dia sms,belom bs kerja hr ini alasannya mo ke sekolah anaknya. Oke,,kerja hr senin aja. Minggu malem tb2 sms,,bilang,,kalo gak bs kerja,aq disuruh cr orang lain ajah. Aq tny knp,,alasannya gak boleh sm suami.. Ya ampun,,,jd dr kemaren2 gak ijin dulu??? Gerah bgt deh sm yg model beginian.
    Yasudah skrg mah pasrah sj dan ikhlas. Katanya kalo qt pasrah dan ikhlas,malah ditunjukkin jalannya. #ngarep dpt art dr langit :D #
    Btw,,pernah baca status temen di fb. Katanya,,, lebih susah cr art drpd cr selingkuhan. Hahahahaha....

    Garnetzhia and Ametysha are my little angels

    23

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    natalie, bc ceritamu sama waktu aku nyari art, waktu msh numpang d rmh mamah, awalnya bilangnya mau tuh art,,pas mau kerja bilang g jadi ,,,,ribet amat.
    skrg aku dh pindah k rmh aku (mamah jd ikut d rmh aku) & dh dpt art. kerja dah 1 minggu. tp g cocok. sering gelawan kl d kasih tau, misal bi tolong bersihin ini, dia jawab besok aja ya neng.bi nyuci bajunya di kucek dulu eh dia main cemplungin aja ke mesin cuci, dh ditegur & di ksh tau, besok2nya tetep jg. kerjanya jg kurang bersih ,,kyk ngepel/ lap kaca ,,g kinclong masih buram.berhubung baru pindah rmh mash byk yg mesti di beresin, kepaksa msh pake dia coz nyari2 lg susah & butuh waktu.

    24

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    Habis baca cerita mamas dimari, Dan mengalami srndiri susahnya Cari art... Jadi inget buku 23 things they don't tell you abt capitalism; things #4. Suseh yaa buk, hidup di negara tanggung. Industrialis bukan, agraris sudah enggak.
    Cari art/bs suseh... Tapi daycare yg memadai (harga bersahabat, kualitas acceptable) masih jaranggg.
    Smg cepet dpt art semuanyaaaa (tms saya)

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    25

    Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

    natallia,
    Turut berduka atas penderitaanmu jeng.. hehe.. semoga beneran nemu ART dari "langit" yach..

    Saya beruntung dapat BS yang sayang sekali sama KI-KA. Kalo 2 hari saja dia ijin gak masuk krn sakit(BS+ART di rumah pulang-pergi, gak nginep), begitu masuk langsung peluk KI-KA penuh haru, kangen katanya.. bahkan pernah aku ajak KI-KA pulang ke kampung halamanku sekitar 5hr'an, eh dia nangis krn kangen..
    Kurangnya, karena dia gak nginep, dan baru bisa datang siang Jam 9-10an, jadilah kerjaan rumah pagi saya harus handle sendiri bersama MIL dari pagi-pagi sekali sebelum brkt kantor. tapi kalo mau ganti cari yang lain, kita sudah terlanjur cocok sama yang skrg, kerjanya cepet, rapi, bersih, dan sabar/telaten. So, no body's perfect. Selama kita bisa handle atau mengatasi kekurangan BS/ART di rumah, maka layaknya jodoh, akan sama-sama cocok.. CMIIW

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's