1

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mom Stella,
Ikutan nimbrung yach.. IMHO, ada hal-hal yang boleh di share atau dilakukan oleh BS mengenai anak. Misal, jagain anak main, bersih2 barang anak, nyuapin. Tapi urusan menidurkan anak, coba deh usahain Mom Stella lakukan sendiri. Buat saya, waktu paling berharga itu menjelang tidur bersama anak. Waktunya bacain buku, whisper hal-hal bagus, nyanyi'in lagu fav anak&ibu, dan banyak hal berharga yang sayang buat dilewatkan menjelang tidur. That's the precious time. Kalau sampai anak tidur bareng BS, bisa hampir pasti si anak bakalan attach banget sama BS. Mau tidur yang terakhir diliat BS, bangun tidur yang gendong dan pertama kali diliat BS. hhmm.. where is my mommy?? (maap kalo saya terdengar lebay). hehe :D
Untuk hal-hal yang dia mulai careless seperti beberes yang mulai gak pernah ada yang beres, lebih baik tegur dia. Tegaskan kalo mommy mau semuanya bersih, karena dia digaji buat melakukan itu. Kalo gak mampu, ya buat apa? Dot, sikat gigi semua berhubungan langsung dengan mulut & perut dimana sebagian besar kekebalan tubuh anak ada di dlm organ2 pencernaannya (CMIIW). so, kalau memang mesti ditegur ya harus ditegur. Kekebalan tubuh berhubungan erat dengan kesehatan dan nyawa (tuh kan saya lebay lagi..) hehe :D saran saya, lebih baik tegur dengan sungguh2. Kalau memang tidak ada perubahan, pertimbangkan untuk pilihan yang lain. Karena buat saya, sesuatu yang gak ada fungsinya kalo dipertahankan hanya akan menjadi tumpukan rongsokan di gudang.
Actually, soal BS ini kita musti tricky. Kita butuh dia, tapi jangan sampe dia tahu kita butuh dia. Kita musti bisa "merayu" dia melakukan hal yang kita inginkan. Membuat dia mengerjakan apa yang kita mau dengan baik, memperlakukan mereka layaknya saudara tapi tanpa membuat mereka ngelunjak. Berikan penghargaan untuk hal yang baik, dan tegur dengan tegas untuk kesalahan yang memang fatal. Ajarkan dengan benar dan sopan bagaimana mengerjakan sesuatu yg masih salah tapi tidak terlalu fatal, tanpa perlu dibentak2. No body's perfect kaan..
eh..eh.. maap kalo saya jadi lebay yach.. maap juga krn itu hanya sebatas opini saya. Tapi semua yang terbaik untuk anaknya pasti seoran mama tahu harus bagaimana.. Semoga mom Stella menemukan solusi terbaik yach.. Peluk buat allea yach.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mom Stella,
rasanya dada ikut sesek ngebayangin Allea jatuh dari high chair trus nangis sampe ga ada suaranya...*hugs Allea*.
Moga mom stella n keluarga sabar selalu yah....

3

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

thanks moms smua masukannya..puji Tuhan Allea ga knapa2, cuma kaget aja sih kayanya, tp ya ga mw kejadian lagi hehe

aku sih full time di rumah, cuma kondisinya lagi hamil lagi yg ga memungkinkan aku bisa urus Allea smua sendiri..
dan kondisi berikutnya yg bikin aku selama ini lembek sama art/bs adl aku tinggal sendiri awayyy from parents/in law, jadi aku takut bgt klo pas aku pergi ninggalin rumah gamblingnya adl anakku, makanya aku selama ini ga pernah negur keras, paling banter cuma nyindir2 aja, krn aku jaga perasaan mrk spy ga sakit ati dan balesnya ke anakku.

Emang harus diomongin sih kaya gn aku bisa makan ati sendiri tar malah ngaruh ke baby in the womb, tapi aku mw nunggu dket2 hari menjelang dy pulang lebaran biar andaikan dy tersinggung atau apa, masanya ga panjang lg bersentuhan sama anakku. Sementara yah harus lebih aware dan sering2 elus dada aja deh kayanya *senyum miris*

Emg yah dilemanya ga abis2 punya rumah tangga itu, harus berani ambil resiko, buat keputusan, dll hmmmm welcome to grown-ups life yah hehehe
*kangen masa kecil yg ga pusink ama soal2 khidupan* hahaha

Happily devoted to A & a!!

4

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mom Stella, aku gemeeeesssss banget baca cerita BS-mu itu. Ih keterlaluan deh. Aku dulu mirip2 sih ceritanya kayak gitu. Maksudnya mengalami dilema punya ART yang dah gak cocok tapi kepaksa harus dipertahanin karena lg hamil n kondisi badan rasanya gak sanggup banget deh kalo harus ngerjain semuanya sendiri tanpa bantuan ART. Tapi pas akhirnya aku gak tahan lagi n sampe sekarang anakku yang kedua dah 5bln aku tetep gak pake ART, aku nyeseeeeelllll banget kenapa gak dari dulu2 mecat si ART yang nyebelin itu. Ternyata pas dijalanin gak berat2 amat. Kalo bagi aku sih lebih berat tiap hari ketemu muka sama orang yang bikin kita sebel :-)

Logikanya kan, kita aja gak suka kok sama itu orang, kok kita percaya anak kita diasuh oleh orang itu? Bagusnya cari yang laen aja deh. Soalnya bener2 dah indikasi gak bagus banget tuh si BS.

Sabar ya mom Stella, semoga dapet BS yang lebih baik lagi. Yang ini bikin geraaammmmm *inget highchair :-(

Loving my little family so much!

5

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

stella mooom aku juga baru ngalamin nih, ARTku yang lama telaten sekali ngurus ga bs nginep dan kontrakannya tiba2 diputus ama yg punya.. akhirnya cari ART lain, eh baru 2 hari, anakku yg baru mulai MPASI masa dikasih es doger!!!! dengan alesan: biar ngga ngeces bu.. what!!!
akhirnya, tadi pagi (di hari ketiganya) aku saklekin kl aku cari ART itu utamanya yg cocok sama anakku dan aku ga liat itu ada di dia.. tiba2 dia bilang,"iya saya mah udah tua, udah cape ngurus anak" - LAAAH KO GA BILANG DARI AWAL??

hhhh.... pantesan hatiku ga tenang, jd selama 3 hr itu aku ga kemana2. segitu ada aku aja kecolongan, gmn ga ada? hmmph!

pokonya follow ur instinct deh mom! biasanya ampuh buat tau ART itu ok apa engga.. aku akhirnya manggil ART yg lama lagi, untung masih mau banget dia karena udah sayang sama anakku.. and i feel it!

hafidzan's ambu

being a mom is a truly adventure!

6

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

intanan, whaattttt????? es doger??? geram bacanya. inilah kenapa aku trauma sama art, di rumah gak ada yang ngawasin sih :-(

tapi sebenernya kalo mikir dari segi anaknya emang enakan diasuh di rumah sih, soalnya daycare rentan penyakit. walaupun emang anak2ku bawaannya lebih mandiri n mudah bergaul. tapi adalah masa2nya capek bolak-balik.

paling sebel kalo ada yg bilang, ihhh masa sih gak bisa dapet pembantu yg bagus? kayak salahnya di aku deh! hikssss.... yah, don't mind what other people thinks. kan aku yang jalaninnya.

semoga para art/bs yang pada ngawur itu diberi hidayah-Nya, aamiin, hahahaha...

Loving my little family so much!

7

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

mama_jadza iyaaa sebel banget yaa... pengen rasanya marah2 tapi udah kejadian, serba salah deh... emang susah cari yg cocok dan ga "macem2" mom! huff...

kalaupun bawa ke daycare masih 6 bulan gitu gpp kah? ko kayanya ga tega... untung sih skrg eninnya bisa dtg lg, tapi ya kepengenku sih jadi full time mommy buat anakku ajaaa... *nangis dipojokan*

hafidzan's ambu

being a mom is a truly adventure!

8

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

intanan, anakku yang kedua dah dari umur 2,5bln di daycare. Banyaaaakkkk banget yang mencibir dan mengecap "mama tega", hehehe, tapi aku tutup kuping aja deh. Soalnya di rumah cuma ada aku n anak2ku. Suami off 2mgg sekali, itu juga sibuk kuliah. Jadi gak ada yang ngawasin. Menurut aku lebih baik anak2 di daycare dengan ibu2 pengasuh yang udah jelas pengalaman, dan jadwal kegiatan yang jelas (makan, tidur, snack time, nyanyi, ngaji, dsb) ketimbang di rumah dengan ART yang gak tau kinerjanya gimana dan anak2 disuruh nonton tv melulu.

Tapi emang repooootttt banget deh. Dalem ati tetep berdoa bisa dapet ART yang baik, sabar, sayang sama anak2, jujur, nurut (penting tuh, hehehe). Tapi selama belom ketemu "jodoh", biarlah jadi emak rempong dulu ^_^

Loving my little family so much!

9

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Tambahin satu kriteria lagi mak... ga centil, bisa jaga nama sendiri dan majikan

saya ada 2 mbak dirumah,.. satu ABG blom nikah,.. satunya pernah nikah, udah janda umur2 25an gitu..
niatnya biar fokus 1 mbak 1 anak gitu.. anakku 1 toddler 1 baby..
kerja ok, pegang anak juga lumayan betah, happy dan care..
tapi ya ampyuuun dua-duanya kecentilan, ..
pernah ada tukang cendol agak bening lewat, mereka dua2nya ke depan,.. mereka yg heboh bagi2 nomor hp, nanya2 asal muasal si abang cendol, cekikikan..
Saya udah coba tegor mereka,.. manggut2.. iya2,.. tp minggu depan ada aja kejadian serupa..
yg paling parah, mereka pacaran di depan pager rumah, dan ga tau pacarannya gmn, diliat pak RT, ditegor, pak RT tegas bilang ga mau ada warga berbuat hal tidak senonoh di wilayahnya.. jegerrr! malu lah saya,.. selama ini ati2 jaga image mertua (maklum rumah nebeng mertua) tau2 kena tegor gara2 mbak..
skrg mertua akan di Batam beberapa lama, nunggu adik lahiran.
deg2an lah ini di kantor.. klo anak digendong2 dibawa pacaran gimana...? klo pacar diajak masuk rumah gmn..? dsb..
padahal mau cari blom tau gmn caranya cari pengganti cepet, 2 orang pula, dgn jaminan lebih baik pula..

puyeng,.. biasanya untuk asisten saya cuma berkriteria : sayang anak, rajin, pembersih, jujur..
lupa dgn kriteria : ga centil, bisa jaga nama sendiri dan majikan... :(

10

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

@mama jadza: waaaahhhh...senasib mom, tapi aku lebih tenang scr psikologis ngedrop anak di daycare (beda daycare pulak!), meski fisik rempong nya luar biasa tp hati & pikiran tenang. Maklum ada 2 anak, 1 toddler (22 mo) & 1 baby (4 mo), alhamdulillah..dikaruniai suami yg luar biasa mau turun tangan dlm pengasuhan anak. Kita naik bus umum lhoo dari rmh di cibubur ke lapangan banteng *lg berusaha ngumpulin modal buat beli mobil sndiri, mdh2an bs awal thn ini. Doain yaa*.

Anak pertamaku dr 2mo sampe 10mo di daycare ktr, cm wkt itu msh jd kontraktor di salemba, pas punya rmh sndiri berhenti dr daycare trus sempat nyobain pake pengasuh (pengasuhnya kk pertamaku dulu, dr kampung ibu), ehh..ternyata malah jadi trauma & pendiem mengarah ke speech delay (meski bdnnya bagus a.k.a gemuk tp jadi kelihatan gak bahagia, hikzz..) gara2 klo makan dipaksa dan tetangga blg sering dimarah2in trus pernah ngelihat dipukul gitu klo lg dateng cengengnya, pokoknya kasar deh. Gak nyampe 5 bln kupulangin, selang 3 bln dapet yg baru dr tante ehh..br 2 minggu malah ngutil barang2 dirmh (ampuuuunnn dah!) trus kecentilan pacaran sama tukang sayur (arrgggghhh..) *jadi curcol*

Akhirnya setelah sy & suami mempertimbangkan byk hal, kami sepakat pake daycare ajah (alhamdulillah byk daycare seputar ktr) & asisten yg pulang pergi cm utk nyuci nyetrika & bersih2. Lebih bahagia, krn pulang pergi ktr bareng. Si kakak pas kembali ke daycare+pre school makin pinter, ceria & bahagia. Tenangnyaa...hidup emak2 rempong! hihi.. ^_^

busy to be wife, mom, employee 'n entrepreneur
passion in early childhood education
work at Financial Services Authority

11

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

@mama windy: bener! bener! bener! tapi susaaaahhh banget nih sama kriteria yg 1 ini, BS & ART tetangga2 ajah centilnya minta ampyun dah. Dulu aku malah pernah ditawarin (utk gak diterima) ART+jd pengasuh umurnya 54 th tp masih enerjik & cerewet (serius deh), ehh..tnyata nenek2 kecentilan! secara umur dah sgitu msh pacaran jg ditelp, janda sih dah krg lbh 10 tahunan. Tapiiii kok bisa ya? Semalem doang sy pulangin bsknya, krn semaleman main telp sampe keluar2 rmh (di depan rmh) sampe jam 11 mlm, malu bo sama tetangga. Dia berhenti gara2 ditegur suamiku yg gak sengaja lg ngecek2 pintu rmh dah dikunci blm

busy to be wife, mom, employee 'n entrepreneur
passion in early childhood education
work at Financial Services Authority

12

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Curhat lagi nih mommies, huhuhu. Masih dengan ART yang bikin aku spaneng di entri sebelum ini, hahaha.

Jadi ya karena udah cape nyari dan emang udah mepet untuk jagain Wira (5 months) selama aku ngajar nanti, jadi lah emang tetep make si ART ini. Setelah kejadian yang dia ga mau ngasih Wira ke aku itu (walopun bilangnya becanda, tapi kok aku masih gatel pengen marah-marah ya?) ya lumayan lah, sejak itu kalo ada aku, dia ngasih Wira ke aku kalo pas itu dia lagi gendong.

Tapi makin lama ke sini kok makin ngelunjak ya... :| Apalagi sejak gajinya udah dinaikin (800 ribu, udah ditambah dengan makan di rumah, semua keperluan dibeliin, belum lagi ditambah THR) dan dikasih libur Lebaran sesukanya (akhirnya dia libur setengah bulan, itu juga setelah dibujuk balik ke Jakarta) dan ini juga diijinin balik ke kampungnya selama setengah bulan di Oktober ini lagi karena katanya anaknya mau merid.

Jadi aku mulai sering denger, dia kalo ngomong ke Wira itu pake kata-kata "lu". "Ngapain lu?" "Kesini dong lu" dan lain-lainnya. Aku ngerasa, "eh, gila ya! Gw aja ga pernah nge-lu-lu-in anak gw sendiri!"

Udah ada niat pengen negur, tapiiiii... Si mbak ini udah keburu ngambek. Kenapa? Gara-gara pernah ngebahas soal renovasi rumah. Jadi saat ini aku dan suami masih ngontrak rumah karena rumah kita yang udah dibeli waktu itu belum jadi. Sekarang udah jadi, dan rencananya mau direnovasi untuk nambah ruangan. Jadi kemarin tiba-tiba si ART ini nanya soal renovasi rumah nanti jadinya mau kaya gimana, ya udah aku bilang kalo entar nambah kamar ini, entar nambah ruangan itu. Terus tiba-tiba dia ngotot supaya rumahnya itu ditinggiin aja dan ditutup blas sama dinding di belakang. Kira-kira gini obrolannya.

ART: "Dinding ditinggiin aja bu!"

Aku: "Ga kali ya yu'. Saya sama bapak sama-sama ga mau ninggiin dinding. Biar udara dan cahaya masuk."

ART: "Ya tapi tetangga sebelah pake lubang angin!"

Aku: "Lah ya itu kan ibu sebelah. Kebetulan saya sama bapak ya pengennya tetep ada lahan terbuka di belakang."

ART: "Tapi lebih mending dinding ditinggiin bu! Ah payah sih, ga ninggiin dinding!"

Adoooh, pas itu aku pengen teriak, "YEEEEE, DUIT JUGA DUIT SIAPAAAA. RUMAH JUGA RUMAH SIAPAAAAAA. SIAPE LUUUUUU????" Huhuhuh. Tapi aku tahaaaaaaan. Spaneng langsung rasanya, hih.

Nah, ternyata abis obrolan itu... DIA NGAMBEK, mommies! Astaga, aku ga tau harus sebel atau ketawa. Mungkin dua-duanya ya? Hihi. Dan ngambeknya itu, dia ngediemin aku, wahahahaha. Jadi silent treatment gitu. Misalnyapun ngomong juga pake nada ketus. Hadeh. Aku juga jadi sebodo aja deh. Dan ngambeknya masih berlangsung sampe hari ini dong, hiahahaha.

Duh, bener deh ya urusan ART ini ribeeeeet. Suami sempet nanya, "mau ganti ART?" Aku bilang nggak dulu karena waktu udah mepet dengan jadwal ngajar dan yang namanya mempercayakan orang asing untuk menjaga bayi itu rasanya kaya nyerahin nyawa ke singa laper, hahahaha *lebay*

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

13

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

eh ya ampuuun.. udah cari lagi aja atau titip day care mom! umur segitu lagi nyerap segala sesuatu termasuk perlakuan orang2 di sekitarnya loh.. huhu akupun hari ini baru aja ganti ART baruuu (so far ini yg ke-6 dalam 3 bulan!) fiuh....

hafidzan's ambu

being a mom is a truly adventure!

14

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan buset deh tuh art.. sama kayak art di rumah mertua, kalo ngomong ceplas ceplos tapi untungnya ga ambekan..
setuju deh mending di daycare aja, soalnya lebih pasti anak diajarin yang baik-baik

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

15

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

setuju di daycare deh... drpd ngajarin hal yg gak bener di rumah.. apalagi mom gak berani negur, bisa makin bikin ngelunjak tuh.. *ikut geregetan* hehe :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan, gatel ih pengen komen. brentiin aja lah begitu dapet kesempatan buat ganti. kan cari ART demi kenyamanan kita ya. bukan malah bikin rumah jadi ngga nyaman.

pernah tuh dapet ART kayak gitu. tajem bgt mulutnya, ya dilawan aja lah :P. berakhir dgn dia nangis-nangis minta pulang karena katanya ibunya meninggal.

beberapa bulan kemudian, waktu mudik, ketauan kalau itu alesan aja. alesan kok ibu meninggal sih *amit2*

less ego, more heart

17

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

Mom intanan, bundaliffa, Kira Kara, Sidta - Iya niiih :( Dari awal nyokap dan tante udah ngasih tau aku, "ini yu'nya lebih tua dari kamu, Nin. Ati-ati ya dia nglunjak. Jangan mau diatur sama ART." Ini kali ya contoh konkritnya, huhu.

Lagi mulai nyari-nyari info daycare dan pengganti ART nih. Semoga dilancarkan ya mommies :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

18

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

kappachan,
haha.. ikut ngelus dada sambil ketawa baca ceritanya.
moga2 cepet dapet ganti yang baru ya bu!

19

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

puk puk semua mamas di sini :)
semoga urusan pembeti ini cepet selesai dan semoga ada solusinya yaaa *peluk*

setuju sama kira kara,
kalo urusan anak sebaiknya memang kita sendiri deh yg urus.
kecuali saat2 tertentu, sekali-kali kayak saat kita lagi sakit, ada urusan penting yg ga bisa bawa anak, dan sejenisnya.
repot mah udah pasti, tapi hati jd jauh lebih tenang kalo pegang anak sendiri.
kalo anak sakit ato rewel, krn kita sendiri yg urus, jadi tau sakitnya kenapa, rewelnya kenapa. dan bisa cepet ambil tindakan/ keputusan.

bahkan hal2 kecil kayak gunting kuku, bersihin idung & kuping, sikat gigi, itu juga idealnya sama kita sendiri.

dulu, waktu masih kerja kantoran, saya selalu pulang malem. anak2 udah rapi di tangan baby sitter. tinggal tidur bareng.
tapi sebelum tidur selalu saya bongkar baju & diapernya, saya rapiin dan kadang saya ganti. rambutnya dipakein hair lotion dan saya sisirin lagi. kalaupun baby sitter yg harus 'rapiin' anak2, saya juga liat.

proses bongkar2 ini sambil pijet2 juga, fungsinya buat ngecek, badan anak2 suhunya gimana, ada cowes2 ga, ada luka/lecet ato bentol ga.. kadang BS ga mau cerita kalo hari itu anak kita jatuh, luka ato apa. kadang krn mrk juga takut dimarahin.
trus saya tanya juga, masih mau makan malem ato udah kenyang.. krn kadang si BS ngasih makannya juga asal. yg penting makan, ga tau deh yg masuk segimana. jadi ya kalo BSnya bener, ya syukur alhamdulillah, tapi kalo ternyata BSnya ga bener, setidaknya setiap malem saya sempet ngecek, ngerapiin anak2 dan nawarin makan yg bener. dan BSnya juga jd segen, krn tau tiap hari saya pasti ngecek.

kalo istirahat makan siang juga gitu, saya suka pulang utk makan siang di rumah. walopun ga selalu, tapi memang ga suka bilang sama si BS kalo saya mau pulang. ceritanya sidak, inspeksi mendadak :)

pagi2, saya yg mandiin anak2, nyusuin dan ngasih makan. jadi berangkat ngantor anak2 udah rapi. defaultnya spt itu, tp kadang2 anak2 dibiarin tidur dan bangun siang misalnya krn semalem tidur late atau kecapean. ya memang rempong sih ye, tapi ya demi ketenangan lahir bathin deh :)

sekarang setelah jadi ibu rumah tangga, ART cuma nyetrika doang tugas utamanya, krn nyetrika itu kerjaan yg paling malesin buat saya hihihi
ARTnya pun yg pulang pergi. dan seringnya sih ART dateng itu ya rumah udah beres, krn suami kan perginya pagi2 buta, jadi saya hrs udah bangun pagi2 banget juga. nasib rumah di pinggiran yah :p
repot? banget! tapi puasss sih.. kadang2 doang si ART disuruh ngepel ato ngelap kaca ato bersihin rumput2 di taman. ya kerjaan2 yg malesin gitu deh saya delegasikan ke ART :)))

kalo untuk nyuci baju, krn pake mesin, jadi ga masalah dikerjain sendiri, lagi pula lebih tenang krn mesin cucinya terawat kalo dipegang sendiri.
paling soal jemur2 & angkat jemuran, nah itu bagiannya ART.

untuk cuci piring, saya jg cuci sendiri. karena kalo nyuruh ART, sabun2nya koq kayaknya masih pd nempel. trus cuci gelasnya ga dirogoh sampe ke dalem gitu hihihi..rempong deh si ibu.
paling yg dikerjain si ART adalah naro2 & nata2 piring dan gelas2 itu dr tempat tiris ke rak piring. teteup yaa..kerjaan yg malesin didelegasiin ke ART :p

nyapu && ngepel juga dikerjain sendiri, soalnya nyapu2 itu yaa..kalo ART sering lupa buat ngegeserin meja/kursi. jadi kolongnya sering kelewat, ga dirogoh gitu loh..sedangkan kalo ngepel, yg ada lantainya cuma dibasahin doang, bukan dibersihin..
tapi ada lah seminggu 1-2x yg ngerjain ngepel ini si mbak ART. kan kadang saya juga pegel2 gitu...

kalo ngosek kamar mandi, itu sih tugas mulia untuk suami tercinta :D
tapi, ya kalo saya lagi bersemangat '45 gitu ya sering juga ngosek2 kamar mandi. seneng gitu segala disikat :p dan setelah ngosek kamar mandi itu jadi keringetan, seger dan berasa terlahir kembali #apeuuu

hahahaha..curcol soal ART. udah yah.
semoga kita semua selalu jadi mama yg beruntung & bahagia with or without ART atau BS. amiiin :D

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

20

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

ahhhhh kembali kamar ini jadi makin berasa klo udah hampir 1th gak make ART yg nginep....semua urusan anak selama aku ngator dihandle ama nyokap (antara sedih dan bahagia)
Bahagia karena sudah pasti anak2 aman & nyaman bersama eyang putrinya....tp sedih krn nyokap harus ninggalin bokap di semarang sendirian demi cucu2nya

kalimat eka yang terakhir itu bikin semangat di tengah rasa patah hati dalam menemukan ART nginep buatku...
nyari asisten itu udah hampir kayak nyari jodoh *bahkan lebih susyahhhhh*



PS. aku menerima transfer ART ya moms plis.....*hihihi...usaha* :D

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

21

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

thread-nya udah panjang ajaaaa....

gw baru di tinggal ART :(

susah bener deh cari ART sekarang ini.... ga ngerti mereka orientasi-nya apa... padahal gaji udah oke, kerjaan ga berat- berat amat karena gw pake ART pulang hari yg tugasnya cuci gosok nyapu pel

Ikutan Cinta ah, gw juga trima transfer ART :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

22

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

masuk ke thread ini jadi pengen sharing nih hihi.

Sebenernya gw udah ga pake ART sejak mika 1,5 tahun lah, karena ada maslah sama ART gw yang ngebuat gw sampe sekarang ga mau pake ART lagi, trauma luar biasa haha. Iya padahal ART gw ini kerjanya bagus, gesit dan tanpa disuruh gimana-gimana langsung dikerjain, jagain mika juga telaten, jadi gw ga perlu repot lah. tapi eh tapi namanya juga masih muda dan janda yang nikahnya cuman 3 bulan, jadilah ART ini centilnya minta ampun, ya gw awalnya mikir biasa aja lah centil namanya juga anak abg ya mau gimana, cuman gw bilang kalo punya pacar, kalo mau pacaran jangan ajak mika, pokoknya ga boleh bawa mika kalo pacaran. Sampe akhirnyaaaa gw tau sendiri kalo dia Hamil dong sama satpam komplek gw yang udah punya anak dan bini. doenggg pening kan?. Jadi ceritanya dia bilang sakit dong, terus gw ajak ke dokter ga mau, dia muntah-muntah ghitu, gw ajak kedokter ga mau, maunya pulang katanya biar berobart aja dirumah. Ya udah lah gw bolehin dong, tapi sebelum dia pulang dia gw suruh belanja ke tukang sayur dan apa aja yg mau dibelnjain gw suruh tulis, ditulis lah sama dia di bukunya dia. Tapi sebelum belanja dia minta ijin mau jual emasnya dulu buat ongkos pulang, ya udah gw bolehin tuh. Nah karena dia belom ke tukang sayur dan gw lupa tadi gw nyuruh dia belanja sayur apa, gw cari bukunya di kamarnya dia dan ternyata itu buku hariannya dong dan disitu dia cerita kalo dia hamil dan lain sebagainya. Doengggg gw sama suami langusng mikir berarti dia ga sakit, tapi hamil. hiyaaa saaat itu juga tanpa dia tau kalo gw tau dia hamil, gw suruh pulang dan ga usah balik lagi. Pntesan banget gw kan selalu beliin dia pembalut tapi koq pembalutnya utuh, jadi bingung kan gw dan ternyata hamil booo.

nah semenjak itu gw ga pake ART lagi, karena waktu itu masih kerja, akhirnya mika gw masukin ke daycare, lebih aman dan terpercaya dan sejak di daycare perkembangan mika lebih pesat, langsung bisa ngomong dan tambah pinter, huwooo bersyukur banget deh. biar lah capek ga ada ART tapi

sampe akhirnya sekarang gw resign gw ga pake ART, kapokk banget nget nget. kalo pun gw ada kerjaan, pasti mika gw taro di daycare.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

23

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

waduh cerita dieta bikin mikirrrrr.....kebayang tuh pusingnya kyk gimana klo ngadepin yg gituan. btw...trs akhirnya loe confirm ttg kehamilannya ke art nya itu ato diem aja seolah2 loe gak tau? *penapsaran*

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

24

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

cinta, gw diem aja udah males duluan gw dan pengen dia ga balik lagi walaupun saat itu pusing ntar mika yg jagain siapa. Tapi untung ada daycare jadi terbantukan.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

25

Topic: Tentang Asisten Rumah Tangga & Babysitter

hai...mom, ikutan curhat akh tentang yang satu ini....
Tahun kemaren (lebaran ke lebaran lagi)..aku sudah gonta-ganti art/bs sampe 13 kali. Macem2 lah alasannya. Ada yang suka ngelamun mulu, shanice udah ngapa2in dianya cuek aja..., ada yang nyolong makanan/minuman shanice (aku paling anti kalau mereka nolong makanan/minuman anakku..., kalau punya aku siy..., masih aku tutup mata..., tapi kalau punya anakku....yang seharusnya dia suapin ke anakku, tapi malah nyasar ke mulut dia....hiiiy gak deh.selain gak higienis juga gk relaaaa...porsi makan shanice berkurang), ada juga yang gak bisa nidurin siang shanice...(akhirnya kita memutuskan, shanice yang menidurkan siang ama aku/suamiku/mertuaku), ada yang males...(kerjanya tidur tidur doang), ada yang sukanya ngeyeeellll mulu..., ada yang main hape mulu (akhirnya kita kalau nyari selalu bilang hape harus mau dipegang saya..., hanya saya kasih sabtu/minggu saat saya di rumah), ada yang baru sampe rumah udah minta pulang, kangen ama anak, dih macem2 dah...
duh rasa2 nyari art/bs yang cocok, yang sejodoh ama kita itu susyeeeh banget. beda sekali ya moms...sama art jaman ortu kita...rata2 awetan dan bener2 bisa dipercaya...udah kayak keluarga sendiri.

tahnu lalu memang merupakan tahun terberat saya..., karena shanice baru 1.5-2th dan sayanya juga lagi hamil, dan saya juga ngantor... alhasil...tahun kemaren, absenku bener2 kebakaran...sering gak masuk gara2 kasus art/bs ini.

so tahun ini, kita memutuskan ambil 2. satu urus shanice (2th3bln) satu urus bayiku, darren (4bln) untuk urus darren, saya sudah dapet bs yang lumayan baik...hanya untuk urus shanice ini, yang belum. awal lebaran, ambil art dgn gaji 800rb, baru 2 minggu minta keluar, alasannya dapet panggilan dr batam. emang siy, dia udah pengen banget gw out..., krn males, dan shanice juga gak mau bonding terus ama dia. Dapet ganti bs, masih kecil umur 19 th. gajinya 1.2jt...tapi kerjanya maleees banget. nyuci baju (pake mesin cuci) itu aja ketiduran2, ampe airnya mbuldak. setrikaan ditinggal2 ampe menggunung..., kerjanya nonton tv mulu. ngusur shanice juga gak bisa..., shanice bener2 gk mau ama dia, nangis jerit2...maunya ama mertuaku mulu. akhirnya mertuaku darah tinggi, dan sakit. mertuaku udah tua, soalnya udah 72th...gak kuat capek, sedangkan shanice aktif sekali.
akhirnya gw kembalikan ke yayasan..., karena pikirku ngapain juga aku gaji dia kemahalan tapi gak kerja apa2.
Eh.. baru terungkap kalau dia suka nyubitin shancie ampe merah2. pantesan aja shanice gak mau ama dia...lalu katra suster bayikua kalau malam, dia suka jampi2 (katanya dia keturunan dukun) biar akunya gak cerewet ke dia...., gak efek sih ke aku nya...tapi yang efek shanice. tiap malam (selama ada dia) shanice kalau tidur mlm suka ngigau nangis2. ampe aku kebingungan....lalu sepanjang hari shanice rewel...dan gak mau makan sama sekali.
begitu dia aku kembalikan ke yayasan..., shanice makaaan terus kayak orang kelaperan..., lalu gk pernah ngigau lagi tidurnya..en she back to normal....ceria lagi. itu bs hanya bertahan 2 minggu tuh...tau gitu aku balikin dari dulu.
sekarang hanya ada satu suster bayi...dia pegang rumah tangga ama 2 anak. rempong banget siy...makanya aku kuatir dia kecapekan dan minta cabut.
sekarang masih nyari art lagi buat urus shanice, tapi belum dapet2...huhuu. udah mulai susah, ya mom....

bener yang kira kara bilang..., semua yang terbaik buat anaknya..pasti seorang ibu tau. jadi no worries kalau harus memecat art/bs kalau kita sudah ngerasa gak sreg..karna kerjanya gak bener...karna pasti seorang mama tau ada somethings wrong dengan penjaga anak kita. kalau kitanya aja udah gak sreg...bagaimana bisa kita mempercayakan orang yang kita udah gak bisa dipercaya buat jagain anak kita.