1

Topic: Asuransi Jiwa

aduh, berhubung suami punya pengalaman pahit dgn perusahaan asuransi (gak inget nama perusahaannya, klo gak salah sistem endowment) jadi dia skeptis banget dgn masalah asji ini. Wkt itu kejadiannya bapak mertua mau narik sebagian uangnya (endowment ini mirip2 unitlink ga sih? Cmiiw). Entah gimana, susaaaah bgt rasanya berurusan dgn perusahaannya secara agennya tiba2 hilang ditelan bumi, gak bisa dihub. Pdhl jumlah yg mau ditarik juga gak banyak2 amat. Jadinya ya gitu deh, suami agak trauma dgn agen asuransi yg gak dikenal (maksudnya bukan temen ato saudara).
Salahnya gue, dengan bekal percaya2 aja sm temen kuliah dgn manfaat pr*link dari prudenti*l, suami&kathleen sempet ikutan unitlink ini selama kurleb 2 tahun. Baca sana-sini, ternyata kok ya baru sadar UP-nya kecil banget, apalagi ngapain juga bocah 1,5 tahun punya asji ;D ditambah kok ya pamer amat sih agen gue di status facebook-nya dikit2 beli laptop inilah jalan2 ke situlah (oalah, baru tau tnyt premi kita 35%-nya mrpk komisi si agen). Meweeeek. Jadi deh kita berhentiin unitlink dgn agen si temen gue itu *curhat*

Tapi ya balik lagi, hanya utk nutup unitlink 2 tahun (yg ditarik 'cuma' 9 juta) kok rasanya ribet banget dan dipersulit dengan alasan inilah itulah *ngurut dada*.

Me+hubby wonder, narik uang sekecil ini aja susahnya minta ampun, gimana dengan UP fantastis yg ditawarkan produk termlife ya? Aduh, gak menjawab pertanyaan, malah kepanjangan curhat. Hehehe. Gimana sih cara urbanmamas+papas disini memilih agen yg tepat, mengingat mereka kan kepanjangan tangan si perusahaan asuransi?

eka, boleh dong di-share program yg wkt itu diikutin sm alm mamanya. Mis.kira2 tau gak besar preminya+UP-nya? Agennya siapa (ada hub/gak)? Brp lama proses ngurusnya smp keluar uangnya? Apakah benar2 pertanggungan utk kematian dikeluarkan sebesar UP? Thanks ya..

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

2

Topic: Asuransi Jiwa

adey wrote:
Mamas, bisa dibilang saya termasuk yang agak apatis dengan asuransi jiwa. Suami saya tentara yg masih aktif dan beberapa kali mendapat tugas operasi militer. Sampai sekarang saya masih berpikir, buat apa punya asuransi jiwa kalau hampir semua resiko pekerjaan suami saya termasuk dalam resiko yang dikecualikan (biasanya tercantum di dalam polis asuransi). Mungkin ada yg bisa kasih pencerahan supaya saya bisa punya pandangan yg lebih baik? Thanks in advance!


Adey, mungkin jangan cari asuransi jiwa yang pekerjaan suami masuk dalam forcemajeur kali ya, tapi lebih ke investasi dana pensiun, biasanya cuma bayar selama 10 tahun, dan bila (amit-amit) terjadi sesuatu terhadap suami, asuransi akan take over pembayaran. Itu ada di Prudential, Takaful dan Commonwealth.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

3

Topic: Asuransi Jiwa

*menyimak*

thalia &sLesta Setau gw ada santunan dari pemerintah, apabila risiko terjadi saat tugas. Tapi kurang tau untuk nominalnya.

adey Kalau dari pengalaman beberapa teman yg menikah dengan orang militer, rata2 mereka menggunakan asuransi berupa investasi.. jadi bukan yang term-life gitu..

oo, jadi kalo suami istri bekerja sebaiknya keduanya asji ya?? Walaupun misalnya penghasilan istri tidak dipakai untuk pengeluaran rumah tangga? Apakah istri pun perlu asji?

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

4

Topic: Asuransi Jiwa

thelilsoldier gak ada mak..aq tau soalny sblm memutuskn jd ibu rumahan,aq kja dsna jg..cmn dcover jamsostek :(( nangis mewek.. Aq sdar ny jstru pas ngrus resign..huiks2

5

Topic: Asuransi Jiwa

bunnia imo, kalo dana pengeluaran RT tidak terpake dari gaji istri, ya mendingan ga usah pake asji. kasarnya, kalo sampe si istri gak ada, dana pengeluaran tetap di cover oleh suami dan ga berubah.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Asuransi Jiwa

sLesTa wrote:
bunnia imo, kalo dana pengeluaran RT tidak terpake dari gaji istri, ya mendingan ga usah pake asji. kasarnya, kalo sampe si istri gak ada, dana pengeluaran tetap di cover oleh suami dan ga berubah.


Dana rumah tangga belum tentu termasuk dana sandang loh. My wife contribute to my kid's clothes very much, harus dipikirin walau penghasilan istri tidak masuk pengeluaran rutin, tapi dipake apa.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

7

Topic: Asuransi Jiwa

Retnasihombing,
IMO, jgn keburu skeptis ma asji krn pengalaman unitlink ya, soalnya penting bgt, bisa proteksi buat anak dan keluarga kalo kepala keluarganya ada apa2 *ketokmeja*
Sharing aja, dl gw buka unitlink lewat bancassurance sdgkan laki gw buka lwt agent yg pas mo nutup udah ilang jg entah kemana, intinya dua2nya ngurus lwt cust service dan yaa emang SOP kali ya jd rada ribet tp ga sampe 2 minggu duit dah cair kok :)
Pas buka asji, intinya nyari perusahaan asji yg ga akan mungkin kolaps dlm jangka wkt kita buka polisnya :)

Adey,
Kaka gw juga tentara dan krn alesan itu jdnya dia ga bs buka asji makanya dia buka buat istrinya.. Dan untuk anak dia pake investasi lewat reksadana gitu deh untuk pendidikan, baik yg short maupun longterm (SMP-kuliah).

Bunnia,
Menurut gw jg ga perlu ya kalo suami udah buka.. Karna laki gw udah buka asji dg UP yg bs menggantikan kebutuhan keluarga kalo something happens to him *lagi2ketokmeja*, maka gw hanya buka pure askes aja dg premi yg sangat murah jg.. Untuk anak rencana jg mo buka askes ini, kebetulan pas udah 6 bulan skrg.. Untuk askes, kerasa bgt dr suami yg wkt itu patah kaki, pas kita reimburse ke perusahaan asji justru kita malah untung hehehe :)

Reborn since El was born
@inicrey

8

Topic: Asuransi Jiwa

crey, iya, rasanya SOP-nya kok belibet banget. Ada aja yg kurang. Kita gak pernah pindah alamat kok ya tiba2 dikirim formulir perubahan alamat hihihi, adaaa aja alasan mereka spy duit kita tertahan sedikit lebih lama di mereka *curiga*
Elo ikutan askes dimana kl boleh tau? Kira2 utk bayi/anak, premi askes baiknya brp ya sebulan? Thaaaanks!

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

9

Topic: Asuransi Jiwa

sLesta & crey Yaya jadi selama UP dari AsJi suami bisa menggantikan kebutuhan keluarga, istri ga perlu AsJi. Tapi perlu dipikirkan juga menurut urbanpapa kalo gaji istri terpakai untuk kebutuhan baju. Biar gimana baju kan masuk kebutuhan pokok (pangan, sandang, papan) kecuali baju yg dibeli adalah baju yg sifatnya sekunder-tersier. Cmiiw

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

10

Topic: Asuransi Jiwa

retnasihombing, crey,
masa sih susah? gue pernah nutup PruLink gampang banget kok. telp CS-nya, nanya dokumen apa aja yang diperlukan, trus dateng ke kantornya yang di mana itu, ambil nomor, trus tutup deh. Pencairan dananya keluar beberapa hari setelah itu langsung ke rekening. atau sekarang prosedurnya lebih berbelit-belit?

And thelilsolder is back. Fire!

11

Topic: Asuransi Jiwa

wahhh tambah rame ya :)

oiya ralat, proposal dari takaful yang diajuin ke saya preminya 3jt pertahun bukan 3,5jt (maap baru cek lagi nih).

alisahaqiqi : haiii ketemu lagi.. sama2 :) thx jg sharenya ya..

nies : yang dimaksud <35 th sebaiknya ambil yang 10 th itu adalah masa kontrak termlife atau masa pembayaran premi dan masa pertanggungannya. Kalau masalah asumsi UP = pengeluaran bulanan dikali 10 tahun, itu kan penggunaan patokan UP pada umumnya, kalau nies mau dikali 20 tahun ya terserah aja, tapi pasti preminya bakalan gede bgt, cek lagi apa iya harus segitunya? Kan pendapatan kita ga cuma untuk bayar premi asuransi aja (total rasio bayar premi maksimal 10% dari total pendapatan), sebaiknya sih diimbangi juga investasinya. Kalau investasinya udah ok (minimal 10% oendapatan), mnrt saya UP = pengeluaran bulanan dikali 10 tahun mah cukup aja.

retnasihombing, crey : pengalaman saya kalau nutup sih ga harus sama agen kok, bisa langsung datengin kantornya krn agen kan juga bisa pindah2 kerja, siapa tau dia udah ga kerja di asuransi itu lagi. Saya sih ga terlalu mengandalkan agen, biasanya agen cuma untuk proses awal aja.

Urban Papa : unit link emang ga berarti jelek banget. buat yang ga mau ribet, silahkan aja pilih unit link. tapi kalau mau yg efektif dan harga kompetitif, ya silahkan dipisah proteksi dan investasinya.

adey : setau saya, untuk beberapa profesi yang high risk preminya emang beda banget, dan ketentuan di polisnya juga beda sama orang yang yg profesinya ga high risk

--
@siskabundaraka

12

Topic: Asuransi Jiwa

Wah, udah rame banget... menyimak dengan serius... thanks mamas, infonya berguna banget...

Sekadar sharing, aku sempat punya pengalaman buruk dengan asji, kayaknya sih bukan masalah institusinya, tapi yang bermasalah orangnya... Pas nyokap meninggal, aku bongkar2 dokumen, terus menemukan history asji nyokap, ternyata sering banget tutup, buka baru, tutup, buka baru, sampai akhirnya asuransi yang ada tertanggungnya malah atas namaku, jadi ahli warisnya malah nyokap. Oke, gak masalah karena aku memang sudah bekerja dan gak ada orang lain yang masih dalam tanggungan nyokap. Urusan asji ini waktu pengurusannya sempat aku tunda karena tidak urgent, hanya mengganti nama ahli waris saja. Ternyata waktu itu agent-nya mendatangi aku, beberapa kali, menurut dia sebenarnya nyokap telepon dia dan mau buka asuransi baru. Aku bilang ya udah, mau ganti aja ahli warisnya, dia bilang gak bisa begitu dan harus bikin polis baru... kalo ganti ahli waris gitu ribet, pake surat notaris segala macam, aku sediain surat2nya, dia balik lagi, bilang gak bisa, dueng... kog ada yang aneh, akhirnya suamiku yang coba urus, melalui jalur customer service. Ternyata sebenarnya bisa dan sangat mudah...

Aku cuma membayangkan kalau seandainya saat itu posisiku mau mencairkan uang yang memang aku butuhkan, trus malah dibilang gak bisa, harus bikin polis baru dulu... kasihan banget kalau orang yang benar2 blank sama perasuransian ini...

Menurutku, jalur paling netral untuk memperoleh informasi untuk penggantian nama, pencairan dana, itu adalah jalur cust service, daripada melalui agent, kecuali kalau agentnya memang benar2 sudah sangat kita percaya.

Satu pertanyaan, kita bikin asuransi jiwa untuk jaga2 kalau ada apa2 sama kita, trus biasanya informasi bahwa kita punya asji ini itu, investasi ini itu juga kita berikan kepada siapa? Agar kalau misalnya benar terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, ahli warisnya bisa tahu.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

13

Topic: Asuransi Jiwa

retnasihombing:

Mau nambahin aja ni. Endowment sama unitlink itu beda. Kalo endowment, UP bisa diambil kalau setelah jangka waktu tertentu tertanggungnya masih hidup. Misalnya, jangka waktu asuransi berlaku sampai umur 45 tahun, Kalau sampai umur 45 tahun tertanggungnya masih hidup, UP-nya bisa diambil. Kalau unitlink & term life, UP hanya bisa diambil kalau tertanggung meninggal atau cacat total tetap. Tp biasanya sih jangka waktu unitlink tu sampai tertanggung umur 99 tahun. Jadi kemungkinan besar UP akan dikasih kecuali tertanggungnya (alhamdulillah) berumur panjang :) O iya, UP itu adalah ketentuan kontrak. Jadi kalau UP 500 juta lalu tertanggung meninggal ya dikasihnya 500 juta. Kecuali ada beberapa ketentuan seperti tertanggung bunuh diri, dll.

Klo untuk klaim, kalau agennya gak bisa dihubungi bisa langsung ke customer service asuransinya kok. Biasanya gak ribet prosedurnya asal semua dokumen yg diperlukan udah siap. Kayak tutup rekening bank aja. Tapi idealnya sih agennya bisa ikutan bantu ngurus prosedurnya. Kan mereka dibayar untuk itu.

Semoga bisa membantu ya.. Aku anak baru ni di sini hehehe.. jd nanti mungkin bakal banyak tanya2 juga di forum :D

14

Topic: Asuransi Jiwa

Urban Papa wrote:

Dana rumah tangga belum tentu termasuk dana sandang loh. My wife contribute to my kid's clothes very much, harus dipikirin walau penghasilan istri tidak masuk pengeluaran rutin, tapi dipake apa.


iya maksud gue gaji istri tidak berkontribusi dalam urusan RT itu, termasuk beli baju2 anaknya dan pengeluaran sekunder lainnya. misalnya, gaji istri hanya dipake ama dia untuk beli barang2 dia sendiri (tas, sepatu, make-up) dan udah ga ada sisa untuk beli barang2 laen, kecuali sesekali dan gak rutin, berarti gaji suami cukup untuk memenuhi kebutuhan RT tanpa ada sokongan dari istri.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Asuransi Jiwa

menyimak terus thread ini, seneng baca sharing & pengalaman mamas/papas, sangat berguna!!

Gabriella, awalnya Iyay (suami) juga antipati banget sama yang namanya asuransi krn punya pengalaman jelek juga, tapi mau gimana lagi krn kita butuh mau gak mau harus ikut asuransi. Awalnya kita ikut asuransi kesehatan krn Iyay kerjanya SAHD gak ada cover2an asuransi & gue FTM pastinya gakpunya askes jg, makanya mesti ikut asuransi kesehatan. Kebetulan ada keluarga jadi agen, langsung join sama dia krn pertimbangan biar urus-mengurus klaim jadi gampang, dan ternyata alhamdulillah terbukti waktu ngurus klaim rawat inap Lana. Kalau keluarga deket gampang diuber dan diomelin kali yak :p

16

Topic: Asuransi Jiwa

Nanya dnk..bdasarkan pngalamn mamas...slaen AI* ama M***L**E yg non syariah n oke prospek ny apa lg sih? *ptanyaan anak baru tau asji*

17

Topic: Asuransi Jiwa

ud lumayan panjang threadnya..ikutan nyimak aja krn baru mau daftar asji. Dulu2 ga berasa perlu krn sama2 kerja dan blm punya anak :)

Temen gw ada yg bayar premi asji 25jt setahun,kalo dari pembahasan di atas brarti dia ikut yg wholelife kali ya?

@medyratri

18

Topic: Asuransi Jiwa

medy heh?? 25jt pertahun..brasa bgt yaaaa...ooo kl wholelife sgtu ya byrnya...gede jg ya kl dbanding termlife yg 3-4jt per thn

19

Topic: Asuransi Jiwa

d1andra7:

untuk milih asuransi yg cocok tinggal disesuaikan sama kebutuhannya aja.

Term life (jangka waktu 10-20 tahun):
Keuntungan: premi cenderung lebih murah dibandingkan produk lain.
Kekurangan:
- kalau saat jangka waktu selesai tertanggung masih hidup, UP tidak diberikan ke tertanggung & tidak ada nilai tunai
- kalau jangka waktu selesai tertanggung masih hidup, jangka waktu bisa diperpanjang, tapi kadang ada kenaikan premi. Kadang malah jd lebih susah prosesnya karena perlu medical check up, krn kondisi kesehatan skrg & 20 thn lg pasti berbeda.

Whole Life (jangka waktu sampai umur tertanggung 99 thn atau seumur hidup):
Keuntungan:
- UP kemungkinan besar akan didapat ahli waris tertanggung krn jangka waktu berlakunya polis bisa seumur hidup.
- Ada nilai tunai yang bisa menambahkan UP. Tapi nilai tunai hanya bisa diambil berbarengan dengan UP
Kekurangan:
- premi harus terus dibayar seumur hidup juga. tp ada juga yg bisa sekali bayar di awal kok. Tapi (kemungkinan) pengaruh ke besar premi dan UP juga.

Endowment (Dwiguna):
Keuntungan:
- Jangka waktu mirip term-life. Bisa 10-20 thn. Bagusnya kalau jangka waktu polis habis dan tertanggung masih hidup, uang pertanggungan akan diberikan ke tertanggung
Kekurangan:
- premi lebih mahal

Unitlink:
Keuntungan:
- Ada nilai tunai yg bisa menambahkan UP dan perkembangan nilai tunai bisa dipantau lgsg oleh pemegang polis/tertanggung
- Nilai tunai bisa diambil sebelum UP, tp sebaiknya sih diambilnya setelah umur polis udah agak lama biar nilai tunainya lumayan
Kekurangan:
- sedikit lebih mahal dr term-life (klo dibandingkan whole life & endowment kurang tau ya huhu...)
- Nilai tunai baru 'berasa' setelah umur polis rada lama. Kira-kira setelah 5 tahun lah.

Klo yg 25jt pertahun itu kemungkinan besar ngejar UP yg tinggi, makanya preminya besar juga. Hehehe.. panjang ya? semoga membantu..

20

Topic: Asuransi Jiwa

mamarumi makasiiii yaaa...aq ijin copy pnjelasannya ya.mau aq email ke suami...makasi bgtttttt

21

Topic: Asuransi Jiwa

wihiw... mamarumi udah masuk sini aja ;) *kayanya bentar lagi aku pm utk belajar lebih lanjut deh*

*shakashakesmyworld*

22

Topic: Asuransi Jiwa

d1andra7: sama-sama. intinya sih asuransi tu perlu, terutama untuk pencari nafkah yg anaknya masih kecil. Tinggal dipilih aja produknya sesuai keperluan

fifu: hheeyyy, iya ni baru masuk. lagi nyari2 resep MPASI sama survey clodi hahaha.. baru aja bertanya2 dlm hati, "dikau user name-nya apa ya?" hehehe.. :D monggo klo mau belajar. aku jg baru belajar ni haha.. salam buat Shaka..

23

Topic: Asuransi Jiwa

wah dah banyak yg kasih masukan, thanks ya!
thalia: kalo gak salah, memang ada santunan dan pastinya masih ada uang pensiun. tapi jumlahnya disesuaikan dgn kebijakan pemerintah yg berlaku.
urbanpapa & slesta: boleh juga idenya buat pilih2 asuransi yg laen. nanti coba ku diskusikan dgn suami. kayaknya kalaupun aku yg ikut asuransi mungkin akan pilih term-life atau yg 1 tahunan aja kali ya. fyi status aku bukan karyawan tetap (contract based) dan belum tahu apakah 5-10 tahun ke depan masih beruntung dapat kerjaan.
buat rara: kalo ke lombok mampir ke rumah tante aja, di sini satu komplek isinya tentara semua. nanti bisa kenalan sekalian foto2 sama tentara 2 kompi.

not so urban person at this time

24

Topic: Asuransi Jiwa

moms, gajiku cukup untuk sandang, tapi selalu di tabung ke deposito atau investasi oleh istri, dan dia suja beli baju anak2 sendiri. Yang dimaksud disini kan diluar rutinitas atau kebiasaan yg berubah oleh karena terambilnya sebuah jiwa.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

25

Topic: Asuransi Jiwa

Retnasihombing,
Sorry baru sempet bales. Gw ikut di C**na, dan rencananya bulan ini El akan kita ikutin juga ke asuransi kesehatan. Maklum, baru boleh join minimal umur 6 bulan. Sebenarnya kan gw dan El udah tercover ama asuransi kantor, tapi setelah diliat2, ternyata plafon untuk rawat inap hariannya masih kurang kalo mo dirawat inap di RS yg deket rumah (kelas yg bagusan). Nah makanya ama suami UP asuransi kesehatan cuma diambil deltanya aja. Preminya ga mahal kok, untuk paket UP yg santunan per harinya 1 juta gw cuma bayar 850rb / tahun. Untuk El pun sama segituan (apa lebih muran dikit yah, lupa...). Nanti gw update deh stelah masukin punya si El...

Bunnia, 'neng chika,
Kbetulan budget bulanan keluarga gw udah termasuk dengan kebutuhan anak (termasuk sandang), jadinya pada saat ngitung kebutuhan UP asuransi, hal ini udah termasuk juga dalam perhitungan nya. Yang diilangin dari list pengeluaran adalah pengeluaran pribadi (transport, makan di kantor, dll), dan hasilnya ternyata kalo gw ga ada *ngetok2 meja* ga akan mengganggu cash flow keluarga. Kebalikan kalo suami gw yg ga ada *lagi2 ketok meja*.

Thelilsoldier,
Iya bener, gw yg ketuker ama proses klaim. Sorry, hehehe. Waktu itu suami gw patah kaki, klaim ke AXA lebih gampang dan cepet dibanding Prudential. Kalo untuk nutup ga ribet kok, cukup datang langsung ke Prudential yg di sudirman, trus cair deh duitnya dalam 1-2 minggu.

D1andra7,
Sayangnya gw cuma tau itu doang sih, hehehe. Tapi balik2 lagi ke kebutuhan UP kita dan kemampuan premi rutin kita juga. Kalo udah tau, baru cari produk yg tepat ke perusahaan2 asji yg oke. List perusahaan2 ini bisa kok digoogling, biasanya majalah2 bisnis dan ekonomi (seperti investor) suka ngeluarin list asuransi jiwa terbaik tiap tahunnya berdasarkan kelas2 tertentu.

Mamarumi,
Kalo pengalaman gw sih premi unitlink masih lebih mahal dari wholife, endowment, apalagi termlife. Makanya suami gw skrg cuma pake termlife dan rencananya nanti kalo udah jatuh tempo mungkin mo switch ke whole life aja. Btw gw sangat2 setuju kalo asuransi jiwa itu sangat2 penting untuk pencari nafkah. Ayooo berasuransi...

Reborn since El was born
@inicrey