1

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

awal2 khawatir juga ma baby ku yg sering di gendong, tapi apa daya, karna ortunya kerja jadi anakku siang di asuh nenek kakeknya. Agak ribet mo minta tolong ini itu atau ngelarang gak banyak di gendong, karna si nenek juga ngasuh satu cucu lain yang ampun2 lengketnya ke nenek jadilah anakku gendong mulu biar praktis kmana2 or ngerjain macam2. klo gak ke nenek ya si kakeknya yang gendong, paling2 klo lagi gak bobo di pangku sambil nemenin cucu yang satunya main.
Jadilah saat weekend tiba aku and suami gantian gendong juga, karna dia klo nangis udah kayak anak korban KDRT sangking kencang dan mendayu dayu hehehe :P. syukurnya klo malam anteng aja dan cepat bobonya.
karna umurnya juga masih dibawah 6 bulan berarti aman aja nih gendong2an hehehe.

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

2

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

thaliahehehe... aku juga percaya ga percaya sih.... katanya sih takut ada masalah sama 'lokasi pembuangan'.... alias hernia... kan kalo nangis pake 'tenaga dalam'... gitu katanya..... untuk pastinya musti nanya sama dokter kali yahhh..... mudah2an cuma 'mitos' sajahhh....

MaureenKane Mommy of Muljogunos family

3

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Fatih sekarang 6 month, dulu waktu masih baby banget gampang banget tidurnya... Begitu msk 3 weeks, fatih kena kolik.. Akhirnya musti gendong terus, sampai2 tidur juha digendong, soalnya lbh kawatir kalo ditaruh kebangun, nidurkannya lg butuh perjuangan extra... Semenjak itu jd kebiasaan, kalo tidur ditaruh sepelan apapun mesti terbangun, jd kudu mangku kadang ampe sejam lbh baru mau ditaruh.. Sampai skrg kalo mau tidur mesti gendong dl, kadang itu juga gak sukses msh ajah dia nangis ngejerit, ngantuk berat tp gak bisa2 tdr, jalan terakhir mesti buatin sufor n dia ngedot, langsung tdr.. Khawatir jg kalo bakal keterusan sampai bsr... Spertinya mau nyoba cold turkey d... Mudahan sukses

4

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Like this topic!
Kalau dari buku yang pernah gue baca (The Baby Book), bayi yang didekap sehingga bisa merasakan detak jantung ibunya akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri. Jadi gue pilih metode Co-sleeping deh. (Sebenernya sih gue yang gak pede kalo tidurnya gak peluk Nata *hehehe)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

5

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Dear Mamas,
nanya donk, mulai usia brapa yah baby kita boleh digendong samping. digendong pake kain dgn kaki yg ngangkang di pinggang gitu. *smoga ga oot ya mods :D* tx

ibunya wiksa :)

6

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

yenarosa - kalo dari pengalaman sih, begitu anaknya leher udah kuat dan udah bisa duduk, bisa tuh digendong kayak gitu. tapi kalo diawal2, gue gendongnya ga disamping, tapi di depan, soalnya lebih enak... begitu tambah berat dan dan kaki tambah panjang, makin susah buat gendong kayak gitu di perut. baru deh dipindahin ke samping, biar dia bisa duduk di pinggul kita... bikin jadi lebih ringan.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Wah legaaaaaaaa...aku pikir Baby Qson (5 mos) ajah yang kalo tidur harus digendongan. Lagian ibuku bilang, Baby Qson tidak seperti bayi-bayi yang lain. Bayi yang lain (menurut Ibuku) sambil dinenenin ajah nanti tidur sendiri. Jadilah aku juga bertanya-tanya kenapa Baby Qson harus digendongan. Mending kalo digendong ajah, ini perlu tambahan adegan, seperti jalan harus cepat, diayun-ayun yang rada kenceng, bahkan sampe harus jalan-jalan keliling kampung dulu (ini favoritnya Baby Qson). Meskipun ada sisi positifnya seperti aku gak perlu nge-gym untuk nurunin berat badan setelah melahirkan, tapi tetap saja itu melelahkan. Sekarang ajah dengan berat badan 7,9 kg udah bikin tangan kesemutan, gimana kalo berat tubuhnya bertambah seiring dengan bertambah usianya?
Aku juga punya pertanyaan neh, gimana dengan perilaku bayi saat dia nenen? Baby Qson sejak usia 3 bulan udah gak bisa dinenenin sambil dipangku soalnya dia pake “tenaga dalam”. Jadinya harus sambil tiduran. Kalo tiduran pun ada saja tingkahnya bisa sampe muter-muter posisi tidurnya. Makanya setelah dia nenen ngos-ngosan kaya abis olahraga. Is it normal?

8

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Nice topic
Aku juga dimasalah yg sama neh mums, My baby Erol (5 bulan) kl siang bobo maunya di dipangku(pake bantal) sambil pahaku ngayun2 gituu.. Wiih bobonya pules bngett, kadang bobo sampe 6 jam (disbelieve), KL kmudian ditaruh malah kebangun & ku harus menina bobokkannya lg mulai dari awal (dininaboboin kdg mpe sejam baru bener2 bobo)..huuh.. Kl bobo malam seh mau aja dia di Put Down. Skrg malah *maaf* pantat&pinggangku sering sakit , mungkin krn klamaan duduk kali ya....

Tiap hari sbelum berdinas(mangku Erol seharian smile), ku dah nyiapin maksi, minuman, bacaan, laptop, cemilan dimeja depan kursi yg jadi singgasana memangku Erol setiap harinya, maksudnya kl laper or haus ga usah bdiri lagi buat ngampil mknan/minum..biar Erol ga keganggu tidurx jg krn ku harus duduk-berdiri.. the same case sama Mbak Airin 712.. ku kadang nahan pipisss sampe Erol kebangun hahaha..:)

Usulans diatas akan kucoba satu persatu.... moga ku sukses dehh
Thanks mums for sharing this topic.... smile)

My boy's the journey of my live..

9

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Hai,

Si Jo juga nieh, baru semingguan ini ga mau ditaruh sama skali di tempat tidur, (Jo bru 40 hr) bingung juga, tiap ditaruh, 5 mnt kemudian bisa bangun, nidurinnya lagi susah, akhirnya car satu2nya ya dikasih mimik aja (asi) trus disendawain ampe dia tidur, sekarang jadinya tidur di atas badanqu deh sambil tengkurep... Smua trik dr temen2qu untuk tidurinnya sih udah dipraktekin, cuma tetep aja bangun lagi klo ditaruh, ada trik lagi yg bs dishare??? Secara umur segini aq ga mungkin biarin Jo nangis..(Katanya kan ga boleh biarin baby nangis) please help...

10

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Hey Mei...
I feel you :).. Kai juga waktu msh seumur Jo tidurnya hrs di atas dadaku atau papanya. Awalnya sih bingung juga.. Padahal kt awalnya pingin biasain Kai tidur di box, jangankan di box, ditaro di tempat tidur aja nangis. Jadinya aku biarin aja Kai tidur di badanku, soalnya kl tiap 10-15 menit bangun kita yg kecapean.. Pas umur 2 bln-an(skrg Kai 4,5 bln) Kai udh mau ditaro, setelah nyusu aku biarin Kai tidur di badanku atau bantal menyusui dl sampai lelap udh gitu ditaro. Biasanya bangun lg sktr jam 12 mlm dan 3 pagi untuk nyusu. Ditaro di box memang blm mau, tp aku dan suami pikir kita akan latih Kai utk tidur di box kl udh diatas 6 bln. Jadi ga apa-apa kok... Beberapa bayi memang sensitif... Baca buku Menggendong anak itu perlu deh... Abis baca buku itu aku jd gak merasa bersalah krn gendong Kai terus dan jd sangat menikmati masa2 Kai tidur di badanku...

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

11

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

wah sama nih, anak gue juga bermasalah banget sama yang namanya tidur. Baru bisa tidur kalo disusuin (nenen), susunya dicabut bangun doi. Tiap malem bangun berkali-kali dan baru bisa tidur lagi yah kalo dinenen lagi. Asli gue sampe semaput tiap pagi kurang tidur.

Akhirnya baca bukunya Elizabeth Pantley: No Cry Sleep Solution (NCSS), katanya emang bayi pada umumnya gak tau gimana caranya tidur sendiri jadi mereka selalu butuh "cue". Segala hal yang terjadi sesaat sebelum mereka jatuh tertidur akan dianggap cue sama mereka. Jadi kalo anaknya sering disusuin sampe tidur dia bakal mikir tidur itu baru bisa terjadi kalo nenen dulu. Hal yang sama juga terjadi dengan gendong, rocking, elus2, tidur di dada, musik, dll. Pokonya apapun yang terjadi disekitar dia sebelum tidur deh.

Kalo kita merasa kebiasaan tidur anak kita "salah", ngebenerinnya harus dengan cara menciptakan cue baru. Misalnya anak disusuin, pas udah kriyep-kriyep dipindahin ke box/kasur, sambil pasang musik atau tepok2 atau apapun yang kita suka. Nanti lama2 anaknya mikir kalo tepok2/ musik itu pertanda dia harus tidur.

Kira2 gitu deh, lebih lengkapnya ada di buku NCSS atau join milisnya NCSS di yahoogroup. Gak segampang yang diomongin sih karena biasanya awal2 percobaan anaknya jejeritan begitu dilepas susunya. Tapi beberapa anak dengan temperamen tenang berhasil mengalami perubahan dalam waktu dua minggu.

Kalo mau cara cepet bisa pake metode Ferber. Si Ferber ini "mengijinkan" anak utk nangis (atau membiarkan anak nangis) tapi tentunya dengan beberapa aturan. Banyak yang anggep ini metode "tega" yang meng Cry It Out kan si anak. Tapi setelah gue baca bukunya ternyata gak kok. Banyak poin2nya yang mirip sama No Cry Sleep Solution.

Tinggal pilih aja sih metode yang paling baik.

Sori kepanjangan nulisnya. Sekedar sharing aja tentang dua buku ini, bener2 bagus banget untuk dibaca buat para ortu yang matanya udah kaya panda tiap hari.

12

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

seerika thanks for sharing! Mau cari bukunya ah. Krn gw jg ngalamin yg sama bgt kayak lo, IntanDian, dan mei jordan (dah pernah share jg tp di thread breastfeeding).

Gw malah berharap anak gw (9 weeks) bs tidur dengan digendong aja. Kalo skrg mah bnr2 harus posisi mimik (baik mimik beneran ataupun cuma ngempeng).

Just curious, soal cue itu, kl lo dah coba? akhirnya berhasil dgn cara apa? masih ga terbayang nih gmn praktekinnya.

13

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Hi . o C i ., artinya tiap bangun pagi pegel-pegel dong ya. Gue gitu soalnya, badan encok karena semaleman tidurnya miring terus sambil nyusuin. Kangen banget tidur telentang.

Kalo di buku NCSS ada yang namanya Gentle Removal (atau Pantley Pull-Off). Ini untuk membiasakan anak tidur tanpa ngempeng secara pelan-pelan (baik ngempeng di dada ibunya, botol susu ataupun pacifier). Kalo mau cara cepet ya cabut aja empengnya dan biarin anaknya nangis sampe ketiduran sendiri (Cry-It-Out), tapi NCSS kan memang tujuannya utk sleep training tanpa acara tangis-tangisan.

Gentle Removal kira2 seperti ini:
Kita nyusuin anaknya, pas dia udah mau ketiduran dicabut susunya. Biasanya anaknya nangis, kasih lagi susunya tunggu beberapa saat (30-60 detik misalnya), trus cabut lagi. Begitu terus sampe anaknya menyerah.
Kalo di bukunya si Pantley bilang biasanya lima kali pasang cabut anaknya bakal menyerah dan akhirnya pasrah tidur tanpa ngempeng.

Tapi pada kenyataannya (kejadian di gue dan juga banyak orang lainnya di milis2) banyak bayi keras kepala yang harus "berantem" pasang cabut empeng ini sampe 60 kali baru akhirnya menyerah dan tidur tanpa ngempeng.

Kalo ini dilakukan setiap saat, lama-lama frekuensi pasang cabutnya akan berkurang sampe akhirnya cukup sekali aja gentle removal trus anaknya tidur sendiri. Kalo gue begini hampir sebulan baru akhirnya anak gue bisa tidur tanpa ngempeng. Kalo liat di milis ada yang berhasil dalam waktu seminggu, dua minggu, ada juga yang sampe empat bulan.

Waktu anak gue sakit gue biarin dia ngempeng selama yang dia mau...abis sembuh keterusan deh maunya ngempeng terus sampe pagi. Gue praktekin gentle removal lagi. Sekitar dua mingguan akhirnya berhasil.

Tp gentle removal ini gak membantu waking ups during the night sih. Bagian ini gue masih bermasalah, anaknya masih bangun 5 kali setiap malem, tapi untungnya disusuin sebentar trus gue taro tidur lagi anaknya mau.

Pada intinya, di semua metode sleep training, jangan biarkan melakukan sesuatu (nyusuin, gendong, dll yang kira2 bakal nyusahin kita) sampe anaknya tertidur. Boleh misalnya nyusuin anaknya sampe dia ngantuk dan hampir tertidur, cabut susunya trus biarkan dia jatuh tertidur sendiri.

Ini berlaku juga buat posisi tidur si anak. Kalo si anak tertidur di gendongan ibunya, pas dia terbangun dan ngeliat dia udah pindah tempat anaknya bakal bingung dan nangis. Kalo pas dia mengantuk kita udah taro dia di tempat yang bener dan membiarkan dia jatuh tertidur di situ, nanti pas anaknya terbangun dan mengenali keadaan sekitarnya, dia akan jatuh tertidur lagi dengan sendirinya (kecuali kalo lapar atau ada sesuatu yang bikin gak nyaman)

14

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

. o C i ., gue baru liat kalo bayinya baru umur 9 minggu ya. Gue makin menyarankan buat baca buku NCSS itu. Dia ada dua section, buat bayi dibawah 4 bulan dan buat bayi di atas 4 bulan. Makin muda bayinya semakin "mudah" dibenerin masalah tidurnya.

Temen gue ada yang berhasil meng-gentle sleep training anaknya dari usia yang masih muda banget (7 weeks). Sekarang anaknya (4 mo) gampang banget ditidurin.

Oh iya, satu hal yang penting juga biasakan punya ritual sebelum tidur dari usia sedini mungkin. Misalnya mandi, pijit, pake piyama, minum susu, bobok. Ini salah satu cara menciptakan "cue". Lama2 anaknya ngerti kalo udah mandi, pijit dll-nya itu artinya waktu tidur telah datang.

15

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Wah seerika, Interesting! Thanks so much!
Mmg sih gw blm punya jdwl teratur. Smua msh ngikutin mood dia. Ritual sblm tdr yg lo blg could be a start. Gw akan coba praktek-in.
Bukunya mudah2an ada dijual di Indo ato S'pore ya. Thanks again!

16

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

thalia
tengkyu say, jadi baby usia kira2 6-7 bulan kali yah. siph2!!

ibunya wiksa :)

17

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Dear mamas,

blakangan ini megumi (1bulan 7 hari) punya bbrp kbiasaan baru, salah satunya hrs d gendong sbelum bobo (pdhal dulu wkt newborn kl udh nenen, tidur, langsung d taro jg gpp), n parahny kl siang hrs d gendong truz, kl d gendong bobo d taro paling 15-30 menit bangun lg. Apa yg musti saya lakuin y mamas?menggendong truz sampe skitar 2jam(dgn harapan kl makin gede usiany bisa bobo g hrs d gendong) or d biasaain biz bobo d gendong truz taro (dgn resiko bangun lg), soalny saya kwatir dya kurang tidur kl bentar2x gitu coz katany tidur perlu bgt y bwt pertumbuhan dya. Please share y mamas

18

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Trnyata bnyk yg pnya masalah sama. Maika (2.5mos) dr newborn jg klo bobok hrs dgendong. dan klo posisi gendongnya g pas,,bs nangis cranky lah dia. Dan lg,,sirep 1jam dgendongan,,bgtu dtaroh box,,cm btahan 10mnt lsg bangun lg. Semuanya berawal dr uti-nya yg hobi gendong. maklum,,cucu ptma jg. Tp lama2 ksusahan sndiri klo dia kcanduan gendong. Akhirnya klo utinya brgkt krja,,aku biasain dia tidur sndiri. Nyusu dlu smp kenyang, diajak maen smp capek trs pindah k box,,kadang pake ngoceh2 dlu smbl ngenyot jempol,,tp lsg bs bobok sndiri. Aku cm ngintip dr jauh, jgn smp dia ngliat aku, ato bakal mewek mnta gendong.

tapi trnyata hal itu g brlaku klo malem. tetep aja mnta gendong dan smpat2nya nangis pdhl mata uda merem. Hohoho.....

..::a yummy mommy wannabe::..

http://soundofmee.wordpress.com

19

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

whohooo senangnya banyak teman senasib hehehe kirain cuma anak gw aja yang begitu *sigh

Baby audrey (40 hari) karena cucu pertama dan oma-nya udah puluhan tahun ga gendong bayi jadi begitu punya cucu kayanya seneng banget dan gatel gitu pengen gendong-in melulu. Jadilah sejak umur sehari baby audrey udah "bau tangan" terbiasa mesti digendong dulu sebelum tidur. Gendongnya juga milih-milih pertama mesti gendong dengan kepala dibahu dulu sambil dibawa muter-muter ke seluruh rumah ga boleh berhenti sampe mata-nya mulai kreyep2an, nah kalo dah gitu boleh digendong tiduran sambil bobok sampe bener-bener merem. Kalo dah bobok digendongan juga mesti hati-hati banget naro-nya karena kadang pulasnya menipu hehe begitu tangan dilepas horeeee dy bangun lagi dan mulai lagi deh dari awal. Untungnya kalo malam itu tugas bapaknya, kadang bolak balik begitu bisa sampe jam 12 malam. Kalo siang senangnya ada trik khusus abis di kasi mimik, sambil disendawain di gendong dengan kepala dipundak sambil muter-muter, efek kekenyangan mimik ASI kan bikin fly tuh hehe jadi gendongnya ga lama-lama matanya dah kreyepan, tetep sih kalo langsung di taro matanya langsung bersinar lagi, akhirnya diakalin dengan dibobo-in di dada sambil gw juga tiduran dan elus2 punggungnya waah langsung pulas deh dalam sekejab dengan catatan asalkan AC pool karena bobo-an di dada kan lumayan gerah, kalo tegangan listrik lagi turun AC suka ga dingin yah nasib gw sama dengan bapaknya kalo malem lama banget bobo-in nya. Itu juga kalo berhasil, seringnya sih kalo AC ga dingin akhirnya sampe waktunya mandi yah cuma gendong-taro-gendong lagi-taro lagi doang sampe ga sempet makan,dan boro-boro sempet pipis.

Karena baru 40 hari yah kan masi piyik gapapa manja dikit tar kalo makin gede dy juga makin teratur dan sapa tau gampang di bobo-in hohoho

my lovely baby audrey v(^_^)v

20

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

NImbrungn yaa, pendatang baru di TUM nih,,

Hazel (skg 8 bulan) dari umur 3 bulan tidur tanpa digendong. Dua bulan pertama dari kelahirannya kami menumpang di mertua, nahh karena Hazel cucu pertama dari pihak suami jadilah dia digendooongggg terus sama Utinya. Sangking sering digendong ma uti, malah dia bakal nangis kalo mama nya sendiri yang gendong..

Umur 3 bulan kami pindah n belajar hidup sendiri tanpa saudara ataupun prt. Wahh Hazel semakin pintar, malah dia tanpa digendong bisa bobo sendiri.. ditaruh aja dikasur, ntarbakal gulang guling n akhirnya ketiduran sendiri. Kuncinya baby harus dalam keadaan kenyang n dia tidur atas kemauan sendiri (bukan karena mama-papa nya yang mau dia bobo). Oia, kita juga ngebiasain ga gendong Hazel pake jarik...tapi pake tangan aja (biar ga ketagihan gendongan, hehe...)

@emaknyahazel

21

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Anakku bisa tidur dalam gendongan maupun dinenenin. Selain itu, bisa juga tidur sendiri. Tapi klo susah memulai tidur, bisa bikin emakbapaknya stres, nangins kejer gitu pake segala cara ga mau. Biasanya kalo udah capek nangis tidur sendiri.

22

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Hi mamas, seru juga ya baca thread ini, jadi inget cerita mamaku dulu waktu aq masih bayi.....kata mama aq termasuk anak yang tidak rewel, tidur pun mudah hanya dengan ditaruh di box baby kemudian di pukpuk pantatnya (kalau nangis) atau diliatin aja sama kita sambil duduk, berbeda dengan adik2ku walaupun mamaku menyikapinya sama antara satu dengan yang lain......artinya setiap anak punya sifat yang beda.....
aku pun menerapkan metode dari mamaku berhasil ke anakku sekarang....
Betul kata Thalia di halaman awal dengan cara seperti dikutip buku yang Thalia baca.
akhirnya Shabrina tidur kadang tanpa aq timang, gendong, keloni bahkan ketika dia sedang asyik mainan gigit2tan dia bisa langsung tertidur lelap.....namun sebelumnya buat dia keletihan.....tapi resikonya kita juga ikutan jadi letih mum....

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" :D

23

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

Pengen banget nyobain cara seerika yg NCSS ato resepnya thalia yang #1 atau #2. Alula selama ini tidur pake metode co-sleeping alias ngempeng sama emaknya. Alula klo liat gw pake daster....haduuuhh.... excited bangetttt!! -_-" klo baru pulang kantor, trus say hi ato ngajak maen masih pake baju kantor, dia lempeeeeng aje... coba klo dah rapi mandi dan pake daster, huuiihhh langsung ngamuk2 minta digendong sama gw -_-"
sebenernya sudah dibikin habit, say goodnight sama semua orang (aunty-nya, papapnya sama 'mbak'-nya) trus masuk kamar, matiin lampu, nyalain night lamp trus puter CD lullaby trus di taruh di tempat tidur,klo gw kelamaan buka kancing daster atau ga langsung bobo di samping dia.... uwiihh ngamuk2 pasti....langsung diem klo langsung disodorin 'kendi' :)
dia minimal tertidur stengah jam (walau ga liat jam, gw tau stengah jam dari CD-nya yang udah abis :p ) tapi sering juga sampe sejam-an baru tidur. ntar bisa kebangun lagi jam 12 ato jam 1 sama jam 4 ato jam 5an (minta disumpel sama 'kendi' :p ).
Kadang suka ga tega sama mbaknya klo gw pulang agak malem, karena klo ga pake metode co-sleeping, yaaa dia maunya di gendong2 dulu sampe tidur. Tapi, jam 10-an gitu dia kebangun... ya nyari kendi mak-nya.
Nah, bulan depan rencananya kantorku mo outing keluar jakarta dan nginep minimal 1 malem (blum fix mo kemana outingnya), kayaknya emang harus buru2 nerapkan metode selain co-sleeping. Biar semua bisa tidur dengan tenang :)

still learning....day by day....

24

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

drRee,
thanks banget buat infonya...
sebelum Andrea 3.5 bulan, boboknya harus digendong, setelah baca saran dari mu, Andrea jadi bisa tidur sendiri... senangnya :D

Jd dibiasain ditaro kasur pas dia masih ngantuk2 berat gitu, akhirnya guling sana guling sini, bobo lah dia...

Sekarang udah hampir 6bulan kayaknya mulai kumat lagi manja nya, sering pas mau bobok malem nangis minta gendong, biasanya aku siasatin dengan bobok disamping dia sambil bacain buku bantal (sambil diliat bareng), Andrea seneng banget, ga jadi nangis deh... setelah selesai baca, buku bantalnya "dimakan" ama dimain2 in ama dia sampe capek dan bobo sendiri :D

my Easter Princess, Andrea Christabelle...
mommy loves you.. can't get you out of my mind

25

Topic: Menggendong Bayi sampai Tidur, is that ok?

waaaaa suka ama topiknya, soalnya pas banget nih ama Tanisha yg susaaah banget tidurnya.
Kalo siang, tidur sampe sejam aja udah alhamdulillah banget. Kan siang aku mesti kerja, jadilah si mbak mesti gendongin dulu tapinya kalo ditaro di kasur suka bangun, jadi ya gitu deh bolak balik gendong. Kalo malem si aman, tinggal buka kendi emaknya langsung lep deh. Tidur nyenyak banget, palingan cuman sekali atau 2 kali bangun malem. Agak2 seneng sih soalnya mamanya bisa tidur nyenyak di malem hari hehehe tapi siang tuh jadinya rewel banget.

Kepikirin nih nyobain cara Serika dengan NCSSnya... mesti pelan2 sih ya, semoga berhasil...

a mother of three beautiful daughters
http://my-arvia.blogspot.com @arumcahyani