1

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

mom slesta and mom otty,....

makasiih banyak penjelasannya..... sangat membantu... jadi udah ada bayangan..
kemaren2 rasanya semua barang mau dibawa, takutnya ga dibawa, ntar dibutuhkan... :)

thanks a lot..

2

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

tisyonk, thanks bgt utk infonya yah.. Lumayan deg2an nih menjelang keberangkatan ke UK. Krn kita naik Emirates jd dr Jkt tengah malam (00.30) makanya bingung jg kalo mau bw nasi tim takut basi. Kyknya mau gak mau dikenali ke makanan instan yah...
Udh gitu krn udh merangkak & jalan, takut dianya pengen jln2 di pswt. Plus dia suka teriak2 bersenandung gitu, takut aja kalo nanti dmarahin ama satu pswt trus dikasih parasut keluar dr pswt =)
Ntar kalo sukses ke UK, kpn2 ta mampir ke Norway deh hihihi

-Cindy-

3

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Semakin tenang setelah baca thread ini krn dpt banyak tips dr mama Slesta dan mama Otty ;) utk rencana liburan awal desember nanti. Sebenernya Miguel udah sering banget bolak balik jakarta-Bandung-Jakarta dari umur 2bulan, dipesenin dokter anaknya sama sih, banyakin cairan dan kalo bisa pas dimobil jangan kena matahari langsung. Naaa awal Desember nanti trip pake pesawat yg pertama kali buat Migu, mudah2an lancar jaya dari take off ampe landing :) wish me luck ya mamas.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

4

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

rencananya Ethan mau travelling ke KL n sg, masih luamaaa sih, ntar 8 bulan lagi, hehehe flightnya sih kayanya ga masalah ya kan deket...yg bingung tuh katanya kl msh kecil (ntar 8bulan lg Ethan15bulan), kan makannya ga banyak msg ama gula garam kan....kira2 makanan apa yg bisa dibawa buat bekal ya?selama 7 hari, n mak nya ga pny n ga demen ama travel cooker... selain abon ayam/sapi homemade..ada saran lain moms? thanks ^^

Mamanya Ethan, 4 months, n really enjoy breastfeeding time :)

5

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

senengnya nemu thread ini.... krn kebetulan desember nanti rencana mau ikut ayahnya biz trip ke Bali. pd saat itu Rasha udah 12 bulan. ini flight pertamanya keluar kota plus naek pesawat jd agak2 excited dan juga nervous nih emaknya.

tp masih bingung mikirin soal mpasinya. so far rencananya sih baru 3 hr 2 malem (berharap di extend lagi :p ) oh iya mamas disini ada yg udah pernah nginep di Grand Hyatt Bali ga? katanya sih letaknya di nusa dua. kira2 di dkt situ ada supermarket utk kl mau beli sayur atau buah gt ga? masih ga terlalu rela kasih makanan yg ga homemade soalnya. walau kmrn udah belanja biskuit dan heinz baby food. just in case ga bs masak di hotelnya.

every parents has their own parenting style. and every child has their own developmental timeline.

6

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

siska pasti bisaa.. selama kita siap & nyantai.. dan happy juga, si anak juga bakal happy kok.

yuli berarti pas jalan2 ethan udah di atas setahun kan? menurut gue sih ga usah kuatir karena umur segitu harusnya udah bisa makan apa aja. dulu malah gue pas naia udah setahun, jaraaaanng bawa makanan homemade. beli jadi aja atau pas makan bareng. tapi mesti kreatif dan pinter milih. misalnya naia suka banget pasta, jadi kalo jalan2 tujuan kita ya cari pasta atau yang ada mie/bihunnya. trus kalo lagi di hotel sarapan gitu, gue kasih roti, susu, dan kadang bisa pesen omelet, dimakan pake nasi (ini mah krn naia sarapan mesti pake nasi soalnya heheh).

jadi ya kreatif aja sih kitanya, ga usah kuatir.. namanya juga jalan2.. enjoy aja! trick gue kalo udah jalan2, kan ga mungkin kita nungguin ampe makan si anak abis. mesti buru2 ngejar waktu etc. biasanya gue bawa bekel aja, jadi gue bawa makanan to go, tiap jam gue sodorin ke naia, jadi dia basically ga brenti2 makan deh.

ririnungu kalo nanya ttg bali, silakan ke thread liburan ke bali aja ya. tapi basically tips gue sama kayak yang gue kasih tau ke yuli di atas. rasha udah 1thn pas jalan2 kan, harusnya udah gampang banget kok. makanan di luar itu sesekali gapapa dikasih krn imo anak pun kadang perlu ter-expose dengan itu, biar perutnya kuat. hehhe.. ini mah gue cuek abis yaa?

tapi so far, gue udah pergi ke 6 kota sejak naia masih umur 40 hari, dari naek pesawat, mobil, kapal.. ketemu winter, panas, ujan, etc. alhamdulillah so far pengalaman jalan2 selalu happy. tapi yaa emang ga semua anak sama jadi selama kita tau banget anak maunya apa & well-prepare, insya Allah sih gakpapa kok.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

yuli Err... Kalo gue sih udah 15 bulan gitu makanannya santai banget, dengan pertimbangan ini kan liburan jadi ngapain gue bawa repot? :p Kalo mau pas pesen makanan bilang aja ke restonya, jangan pake MSG dan garamnya dikurangin karena ini buat bayi. Toh ini cuma sementara, abis dari liburan bakal makan makanan yang biasa lagi kan... Tapi itu gue sih, kalo lo memang maunya tetep homemade ya harus cari hotel yang ada dapurnya supaya bisa masak2, ato pake cara gue untuk bikin makanan dalam cup kecil yang tinggal diangetin. Tapi kalo untuk 7 hari sih itu berarti lo harus bawa makanan banyak banget.

ririnungu Kalo mo gitu mendingan dari sekarang nelfon ke hotelnya, tanya di kamarnya ada microwave/dapur ato ga. Ato bisa cek dulu di web mereka, trus nelfon untuk konfirmasi. Paling gampang sih bawa slow cooker karena semua tinggal dicemplungin dan ga butuh kompor lagi.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

8

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Bhumi baru mudik nih. Pas pergi kemaren usianya baru 3 bulan. Banyak dapet info dari thread ini dan ngobrol ama tisyonk (a.k.a tisa) juga.

Perjalanan CPH-DOHA-JKT pas pergi makan waktu 22 jam. 16 jam perjalanan pesawat, 6 jam transit di Doha. Ini bersama suami.

Jadi, ternyata menurut dokter disini, anak bayi <2 tahun memang ga akan terganggu sama cabin pressure, karena rongga di telinganya belum sempurna bener. Jadi sebenernya bayi-bayi ini g akan terganggu pas take-off dan landing. Dan terbukti sama Bhumi dan 2 bayi lainnya di pesawat (1 usia 2 bulan dan satunya 13 bulan). Mungkin itu juga sebabnya Nara -nya Otty dan Ib'ham nya Tisyonk baik-baik saja. Kalau berdasarkan pengamatan saya sih, bayi2 ini rewel karena bosen nunggu. Kan ritual nya sebelum take off atau landing banyak tuh. harus duduk, harus pake seatbelt. jadilah dia mungkin bosen. Tapi kalau mau disusuin silahkan aja. soalnya pas sama bhumi, bhumi lebih milih ngeliatin lampu daripada nyusu dan dua kali mendarat dia ketiduran.

Trus, trus...bassinet, begitu kita pesen tiket infant, langsung kok dapet. pas check in biasanya ditanya ama petugasnya, dan biasanya g bisa OL chekinnya. Dan pas dipesawat biasanya ditanya kok ama pramugarinya, mau pake ato g.

Kegiatan pas transit...tidur.

Pas pulangnya, saya cuma berdua sama Bhumi (16 jam perjalanan + 2 jam transit) dan beneran menyenangkan ternyata. Saya milih make baby carrier (babybjorn) daripada stroller. Pake backpack, dan tas kecil (koper-koper gede masuk bagasi). Karena cuma berdua, sedikit mungkin saya pake barang2 yang harus dijinjing. Dan ternyata karena saya cuma berdua, semua orang helpful dan sukarela. Njaga Bhumi saat saya sarapan (padahal saya udah selesai sambil mangku Bhumi, cm dia g tega saya makannya dikit), ngajak main bhumi, dan pramugarinya dengan sukarela ngambilin tas, mbawain ke toilet dan ngasih prioritas ke saya untuk turun.alhamdulillah.

dari perjalanan kemaren,
- ada tempat duduk yang ternyata super pewe. kalo sama suami yaitu kursi (kalo pesawatnya Airbus-330) 10 (C-F) ,karena spacenya lebih gede (ini lkasinya ditengah). Kalau sendiri, mending milih yang 10B/10G (yg disebelah jendela) karena lebih enak kalo harus keluar masuk mau ke toilet (dengan kasus pake bassinet).

trus ya pastinya dibawa santai... :)

oh ya ttg jetlag, cindycaudwell, hihihi..pas ke Indo, Bhumi lebih cepet balik jam tidurnya dari pada emak bapaknya, begitu juga pas balik. asal dibikin tidur sesuai jadwal malam dan siang. dan karena emang masih banyak waktu tidurnya, Bhumi saat itu g lama keganggunya.

smoga bisa membantu ya. :)

9

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

slesta, haduh maap gw salah kamar. kmrn buka 2 thread skaligus jd mabok posting di yang mana. hehehehe... baiklah soal hotel nanti lgs gw pindah kamarkan :)

sebenernya pengennya sih ga bawa peralatan perang mpasi itu. tp itu cm just in case aja. soalnya saat biz trip itu rasha baru sminggu berusia 1 tahun dan blon pernah kena makanan non homemade. jd bawa slowcooker spt saran otty lebih utk siap2 kalau2 rasha ga mau maem smua makanan di hotel (duh smoga ga kejadian). kepikirannya sih sminggu sblum berangkat itu mau geber table food. kalo emang ok, tuh slowcooker ga jd dibawa deh.

winD
kira2 itu kursi super pewe alias kursi nomor 10 berlaku juga buat budget airlines ga yah? hmmm kayak air asia atau lion air gt.

every parents has their own parenting style. and every child has their own developmental timeline.

10

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

akhirnya kelar juga menyimak thread ini :D
intinya mamanya hrs nyantai yaa...
Cuman karna El udah makan dan kita blum punya lunch jar, mending beli ya buat bawa2 diperjalanan?
trus tips dari Slesta soal psesn makanan di resto yg no salt, brilian juga. Cuman, seberapa yakin ya kalo beneran ngga dikasih garam?

trus nanya juga dong, kalo di hotel, kita bisa masak kan dalam kamar? (pake slow cooker)? ato harus ijin pihak hotel dulu ya?
TIA :D

Reborn since El was born
@inicrey

11

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

crey Ga usah dipikirin beneran ga dikasih garam ato MSG ato ga, daripada lo pusing sendiri :D Kalo kelupaan ya anggap aja bonus buat anaknya hihi...

Slow cooker bisa kok dipake di dalam kamar hotel, ga usah ijin gpp deh (soalnya gue ga pake ijin :p).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

crey
yup, harus dibawa santai. mau senang2 travelling ko malah repot :)

share aja, dl atha pas travelling sblm umur 1th pasti bawa lunch jar n panci electric yg ukuran keciiiillll bgt (krn ga punya SC size kecil, bawa yg 1.2l males kegedean). pas mau masak ga usah ijin ke hotel, anggep aja sama kyk masak air di kettle electric yg disedian dr hotel :P. jd pagi2 udh bikin nasi tim dg tinggal nyemplung2in bahan yg udh sengaja dipotong kecil2/masak stgh mateng dr jkt. trs tinggal dimasukkin ke lunch jar beres deh. oia jgn lupa bawa roti/cemilan yg agak berat, jaga2 kl anak mogok makan nasi timnya.

pas udh umur 1thn lebih gw kyk slesta n otty. lebih flexible, makan sama yg spt yg kita makan aja. pokoknya makan di rest yg bersih bukan jajan sembarangan n bukan junk food. tinggal pesen 1 menu buat gw sharing ma atha, tp kl bpknya ngidam junk food paling atha gw kasih french fries aja.

bab ? atha ? kae ? nda

13

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

otty,
kikikikik, iya yahh, bonus buat El (yg penting bukan kita yg ngasih ya :p)
thanks ya...

ndatha,
iya tadinya nyantei pas mikirin makanan (which is lg program penggemukan) br deh rada2 ketar ketir hihihi...
Lunch jar dirimu recommended ga? Boleh tau merknya apa?

Reborn since El was born
@inicrey

14

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

crey Kalo mo ngebahas lunch jar di thread peralatan perang MPASI aja ya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

otty, siap graaakkk! :D

Reborn since El was born
@inicrey

16

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

ririnungu, kayaknya g, biasanya untuk yang long haul (perjalanan panjang).dan biasanya kan kalo airasia atau lion air kan pesawatnya g besar, biasanya sih spacenya hampir sama, kecuali mau duduk di wilayah emergency exit (ruang kakinya paling lebar). dan ini ada di websitenya mana aja kursi yang HOTseat.

waaaah...ternyata no.10 itu g umum. dibeberapa airlines nomernya beda. Mungkin cluenya diganti, kursi PeWe nya di yang terdepan setelah kelas bisnis, dan pilih yang ditengah atau dipinggir sisi jalan.itu lebih umum. pas diliat di website ini http://www.airlinequality.com/Experience/seat_plans.htm#SIA , ternyata beda2 untuk tiap airlines.

oh ya,kalau berencana mau dapet kursi ini, harus dipastiin duluan, karena ini idola juga. biasanya sih langsung ke airlinesnya untuk mastiin dapet tempat ini. walaupun prioritas untuk pemegang tiket infant.

17

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

crey bener kata otty. yang penting kan udah minta ga pake garam, setelah itu cobain aja. kalo asinnya berasa banget, tinggal minta ganti. kalo gak berasa ya udah berarti ga dikasih garam. kalopun ternyata dikasih sedikit, ya gapapa kok, kan bukan berarti terus2an, tapi pas liburan aja. exposurenya masih lebih kecil kok itu :) bawa santai aja. buat gue, jalan2 sama anak itu artinya gue juga liburan. which means, terserah aja mau makan, mau tidur, etc. lewat dari rutin seperti biasa, walopun tetep dicoba untuk ngikutin. kadang ikut kadang enggak, tapi gue gak ngoyo mesti ngikutin daripada gue stress juga, yang ada liburan malah sebel, gak seru kan? :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

Iya gw jg sm kyk slesta..gpp kl lwt dr rutinitas
Mana aka kan agak susah makan..yaa kl dia ga mau mkn di resto yg gw makan ya udah :p paling gw take away sambil seseekali disuapin pas jalan2. Kl ga mau jg sudahlah gw ksh cemilan hihi

Yg penting pas liburan kt enjoy ajaaa..ga usah mikir rutinitas macem2.

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

19

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

slesta,
aku padamuu :D yg kaya gini nih gw anut hihihi :D bener banget ya, jalan2 ama anak ya kita harus liburan juga... thanks yaa :D

fabfashion,
sipp2, thanks yaaa :)

Reborn since El was born
@inicrey

20

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

crey hehe.. iya.. kalo gak gitu rugi, masak liburan kita juga ikutan capek? gak mau dong aah.. hihi.. good luck ya! just enjoy it..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

21

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

mau nanya lagi, kalo di pesawat cuamn berdua anak, enaknya duduk di window ato lorong yah? sebensarnya aku pribadi siy sukanya window, karna bisa nyander.. tapi mikirnya, kalo lorong, misal anaknya pengen liat2 ke tempat duduk laen, ato pengen jalan2 di pesawat, kayanya lebih enak lorong. sarannya dong moms / dads... thank u :)

22

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

dinantix Menurut gue sih lebih enak di lorong, soalnya gampang mo keluar-masuk.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

23

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

dinantix - kalo anaknya masih dibawah 2 taun, lorong aja. lebih gampang... tp kalo udah gedean, suka pengen ngeliat di jendela lho...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

24

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

mom thalia, trims ya advicenya... iyah pikiranku juga gitu.... ntar anakku 14 bulan lagi suka2nya jalan... trus mau liat2 di jendela...

mom otty,.. trims yah advicenya... kalo lorong alesannya juga gitu,.. kalo window alesannya kaya yg thalia bilang..

dan akhirnya, tapi udah city check in, dapetnya 5C, paling depan lorong....
masih deg2an niy... mudah2an perjalanan besok lancar.... long journey..... :)

25

Topic: Travelling with Infant: Dos & Don'ts

dinantix - sip, semoga lancar perjalanannya yaaa! :D

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia