1

Topic: Baby Instant Food

shinod, gue termasuk yang ngasih wortel dingin... gue pernah coba apel, tapi dia terlalu ada rasanya, dan lebih mudah patah (chipped), jadi kapok ngasih sebagai teether. takut banget keselek.

kalo wortel dingin, wah, andalan tuh!! taro bbrp di lemari es, kalo mo dipake, potong sekitar 10 senti, trus serut kulitnya ampe bersih, langsung kasih aina. demen banget. potongannya jangan yang kecil ya. makin tebel makin bagus. soalnya, gunanya kan bukan buat dimakan. tapi buat dingin2in dan teken2 gusi aja.

kalo udah anget, buang atau kita makan, hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Baby Instant Food

kalo yoghurt termasuk baby instant food?
gue termasuk sering ngasih yoghurt waktu Raka masih baby (7 bulan-an)

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Baby Instant Food

gue sih gak consider yoghurt sebagai instant food, soalnya gue kasih yoghurt bukan sebagai pengganti meal, tapi sebagai snack nya naia & tambahan asupan kalsium selaen susu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Baby Instant Food

thelilsoldier, hehe, kalo gue sih engga anggep itu sebagai instant food... mirip kayak susu gitu deh. ga bisa bikin sendiri pula :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Baby Instant Food

hmmm mau tanya...kalo kasih yoghurt itu baiknya mulai usia berapa ya? ada merek tertentukah yg bagus buat baby? tengkyuuu!

coffee is one of my best friend...

6

Topic: Baby Instant Food

mommyaira setau gue, yoghurt itu di recommend sekitar umur 7-8bln. dulu gue kasih naia yoghurt yang merk baby yoplait karena itu emang buat babies yang di bawah 1thn. tapi berhubung nyarinya gak gampang (even in spore) dan harganya mahal jadi akhirnya gue kasih petit miam. sebenernya ada lagi merk laen yaitu yoBaby tapi gue jarang liat di spore. kalo yang petit miam itu sebenernya untuk anak yang udah umur 1thn, jadi gue kasih ke naia setelah gue tau dia terbiasa makan dairy food (whole cow milk/cheese di makanannya).. skitar umur 9bln+.

sebenernya yoghurt itu juga bisa jadi first food untuk baby, tapi kadang yang suka masalah itu karena yoghurt kan made out of cow's milk, kadang suka bikin lactose intolerant untuk anak bayi.

oh sama satu lagi, untuk bayi di bawah setahun, yang jadi problem untuk milih yoghurt nya itu adalah kadar gulanya. jadi make sure if it's not made for babies, kasih yoghurt yang contains no sugar, yang plain gitu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Baby Instant Food

thx for da info mbk slesta!!!aira emang skrg udah mulai makan...aku kasih tepung GASOL berbagai rasa (beras cokelat, beras merah, ubi diselang-seling...bentar lagi mo dicobain yang tepung pisang :P)...nah untuk snacknya kan selama ini masih buah aja...pengen tau gitu kalo yoghurt idealnya kapan ngasihnya....sip lah kalo gitu...

coffee is one of my best friend...

8

Topic: Baby Instant Food

thalia
wortel dan apel utk digigit itu perlu dikukus dl gak?

~Life is good~

9

Topic: Baby Instant Food

shinod, kalo buat teether sih engga (tapi jangan pake apel. lebih gampang copot). waktu itu aina blum 6 bulan, jadi cuma teether aja. ga dimakan beneran. jadi emang nyari yang keras2 gitu... kalo dikukus kan jadi empuk.

kalo untuk makanan (MPASI), baru dikukus dulu... detailnya MPASI pake makanan gede2 gini, ada di thread MPASI BLW. baca2 aja dulu disitu ttg makanan apa aja yang enak buat dikukus.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Baby Instant Food

kmaren ini gue ke foodhall pim2... ngubek2 ke dilorong makanan bayi nyari gerber... ternyata oh ternyata gak ada... dan gue tanya sama pelayannya... katanya gerber udah lama gak masuk situ... gue tanya alesannya. dan dia jawab : "gerber gak ada izin BPOM-nya, bu"

oalah...gue sempet beli online gerber pula... jadi ngeri...

kalo heinz ada, mereka ada BPOM-nya...

******dooooohhh.... susu mengandung melamin, botolnya mengandung BPA, makanan bayi gak dapet izin BPOM, emang paling bener ASI & MPASI deh... (tidak bermaksud mendiskriminasi mamas yang tidak bisa memberikan ASI yah...)

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

11

Topic: Baby Instant Food

kalo aku sih memang lebih pro MPASI/MPSUFOR home made...pertimbanganku adalah karena lebih alami dan tidak mengandung bahan2 yang kita gak tahu berisiko jangka panjang atau tidak buat si kecil, apalagi untuk baby2 yang gagal ASIX (my baby) atau gk kena ASI sama sekali..sekarang ini makanan paling instan untuk anakku adalah havermut, itu pun aku pilih yang harus dimasak dulu...pas ngasih dicampur sama pure buah atau sayur yang sesuai dengan usianya, kasih kaldu jg rasanya jadi lebih oke (sebaiknya kaldu dikasih setelah usianya 7bln)..tepung beras putih pun aku bikin sendiri, selain itu masih pake GASOL...met bereksperimen ya moms!

coffee is one of my best friend...

12

Topic: Baby Instant Food

anakku mau 8 bulan tanggal 18 februari ini...so far semenjak mengenal MPASI, dia totally ga suka namanya baby instant food...gak tau kenapa, susah banget buat suapin dia segala macam jenis instant food...mau yang local maupun yang luar udah aku cobain ke big anakku,tapi tetep dia gak mau dan dilepeh2in ataupun dimuntahin...

akhirnya aku pun mutusin untuk rajin hunting menu2 MPASI , join milis2 yang ada tentang MPASI homemade...

kadang ribet sih, kalo udah mau pergi2 kan maunya yg gampang2 ajah, tapi demi anak lah jadi rajin mencoba bikin, walopun masih sering gagal dan ujung2nya mamaku yang bantuin masaknya...

? ? ? Mommy Big ? ? ?

13

Topic: Baby Instant Food

Anakku rafa ga cocok bgt ma instant food..alergi bgt..jd bersyukur bgt..enak khan bikis senidiri..good boy :)

14

Topic: Baby Instant Food

mommyaira wrote:
..sekarang ini makanan paling instan untuk anakku adalah havermut, itu pun aku pilih yang harus dimasak dulu...pas ngasih dicampur sama pure buah atau sayur yang sesuai dengan usianya, kasih kaldu jg rasanya jadi lebih oke (sebaiknya kaldu dikasih setelah usianya 7bln)..tepung beras putih pun aku bikin sendiri, selain itu masih pake GASOL...met bereksperimen ya moms!



Betul klo gak mau repot bikin havermut quickcook dicampur pisang, Lana suka bgt :)

aku juga sih mams paling anti yg namanya Instant Food, MPASI Lana pasti homemade. Plus anti pemberian garam & gula ke makanan Lana, pengennya sih sampe 2yr baru mongasi garam dan gula (Now Lana 14mos).

15

Topic: Baby Instant Food

rasraf wrote:
Anakku rafa ga cocok bgt ma instant food..alergi bgt..jd bersyukur bgt..enak khan bikis senidiri..good boy :)


Samaaa :(
Bumi jg alergi instant food. Kl abis makan yg instant2 lgsg napasny grok2. Tp aku memang udah ga pernah kasih. Waktu itu 2 minggu pertama MPASI aku aksih selingan biskuit dan Farley dan lgsg deh alergi.

~Life is good~

16

Topic: Baby Instant Food

BundanyaLana wrote:
[quote=mommyaira]..sekarang ini makanan paling instan untuk anakku adalah havermut, itu pun aku pilih yang harus dimasak dulu...pas ngasih dicampur sama pure buah atau sayur yang sesuai dengan usianya, kasih kaldu jg rasanya jadi lebih oke (sebaiknya kaldu dikasih setelah usianya 7bln)..tepung beras putih pun aku bikin sendiri, selain itu masih pake GASOL...met bereksperimen ya moms!



Betul klo gak mau repot bikin havermut quickcook dicampur pisang, Lana suka bgt :)

aku juga sih mams paling anti yg namanya Instant Food, MPASI Lana pasti homemade. Plus anti pemberian garam & gula ke makanan Lana, pengennya sih sampe 2yr baru mongasi garam dan gula (Now Lana 14mos).[/quote]

yup, bener bgt bun...jgn dikenalin gula garam dulu mpe usia 2thn...lagian kalo kita masak sendiri makanan buat si kecil, terus pas disuapin dia lahap kayanya ada kepuasan batin tersendiri gitu hehe...ya emang agak repot, tp gk semerepotkan yang dibayangkan...dan yang jelas kita tahu persis apa yang dimakan sama baby kita... :)

coffee is one of my best friend...

17

Topic: Baby Instant Food

Mommyaira : setujuuuu...*toss dulu mam :D

18

Topic: Baby Instant Food

Alhamdulillah..akhirnya my baby Andra udah mulai makan bubur... karena dia ada riwayat alergi kmrn pake milna goodmill yang hypoallergenic... dan alhamdulillah juga dia makannya doyan n lahap..kalo sampe telat nyuapin teriak2 :)
Belum sempat nyoba bikin sendiri..karena dari hasil konsultasi ama dokter spesialis anaknya kebetulan disaranin pake yg instan,krn kandungan2nya ada jelas rinciannya, seperti susu formula. kalo buah takutnya kena pestisida dll..blum lagi rasanya.. tapi mungkin menurut saya apapun baik ya asal anaknya doyan n ga alergi. bukan brarti instan food ga baik..or yg bikin sendiri ga baik... masing2 ada trade offnya :)
belum sempat nyobain biskuit yg impor2..masih lokal aja..udah doyan juga kok anaknya..hehehe...

:) Keep Shining! :)

19

Topic: Baby Instant Food

Abis baca2 thread ini,jadi penasaran ama mamas yg anti baby instant food.. Gue ngebayangin sih repot kalo anti2 bgt ama baby instantfood,apalagi pas travelling (mudah2an nanti anak gue ga alergian ya). Nah,kalo kita termasuk orgtua yg sering berada di luar rumah+ngajak anaknya itu gmn ya bikin homemade foodnya?Trus kalo ga dicobain baby instant food nanti dia jd picky eater gitu ga? Tipsnya please share ya mamas..khususnya anaknya yg alergi sama baby instant food.. TIA mamas!

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

20

Topic: Baby Instant Food

nyanya Kalo gue sih bukannya anti instant ya, tapi prefer homemade daripada instant. Jadi semisal kepepet banget ga bisa masak, ya bakal ngasih makanan instant daripada anak gue kelaperan.

Gue kerja, n tiap hari Nara gue tinggal sekitar 12 jam. Jadi malem2 gue masakin aja pake slow cooker, detilnya bisa diliat di MPASI, banyak kok ibu2 yang pake cara kayak gue. Kalo pergi2 ya cara masaknya sama aja, tapi setelah mateng gue taro di lunch jar supaya tetep anget n bisa dikasih siang/sore. Untuk cemilannya kasih buah yang ga usah dimasak, misalnya pisang/alpukat/jeruk. Kebetulan tiap wknd gue pasti pergi, kadang ke mall ato malah keluar kota, n Nara pasti diajak. So far cara itu berhasil buat gue n Nara :)

Analogi yang gue pake sih gini: Indomie emang enak n gampang buatnya, begitu juga dengan bubur ayam instant yang banyak dijual di supermarket. Tapi apa gue mau makan itu terus tiap hari?? Ga kan... Pasti mendingan yang dibuat sendiri daripada yang dibuat pabrik. Although gue ga nolak juga sesekali makan Indomie, terutama karena kadang emang bikin pengen :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Baby Instant Food

nyanya setuju ama otty. gue juga gak anti ama instant food, kalo kepepet ya digunakan. tapi at the end akhirnya anak gue yang gak suka karena di rumah selalu makan makanan homemade. jadi sekalianya jalan2 gue kasih instant, dia ga mau.

don't worry nyanya.. overtime lo pasti bakal nemu kok selahnya. gue pun, during travelling, mikirnya ya udah kasih instant aja. tapi ternyata gue malah jadi kreatif. contohnya yaa.. mumpung masih fresh, pas kemaren gue ke tokyo, di pesawat naia dapet baby meal, tapi instant dan dari jar gitu. boro2 diliat, pas gue sendokin aja naianya langsung buang muka. ya udah lah.. akhirnya pas gue dapet meal gue, ternyata berupa steamed fish with saffron rice. gue cobain, ga pedes. ya udah itu aja gue kasih naia. abis lah ama dia.. tinggal mamanya manyun ga dapet makan.. heheh..

trus selama di tokyo pun begitu. bingung mau ngasih makan apa. tapi naia suka fish, jadi deh gue beli bento yg isinya fish atau gak beli pasta. sampe di hotel pun gue sempet masak bikinin dia telor orak arik buat bfast. atau ya cereal. tapi yang paling hit sih naia makan onigiri (rice ball) dan dia kan suka banget ama ikura (telor ikan.. mentah!) dan emang sering makan. jadi deh dia kayak pesta ikura tiap hari... ga ada abisnya makan ikura onigiri. hihihi...

tapi ya ini contoh pas anaknya udah gede yaa.. waktu masih kecil more or less mirip. gue nya aja kreatif nyari makanan yang kira2 bisa dimakan (dr masak sendiri, atau pesen makanan yang aman buat anak di bawah setahun). prinsip gue, namanya liburan, makan instant gapapa sekali2. begitu balik, everything's back to normal! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Baby Instant Food

Otty, Slesta thanks tipsnyaaa! Iyaa..gue juga sepikiran. Prefer homemade,tp ga ada salahnya nyoba instant apalagi kepepet. Cuman gue salah nangkep istilah anti ini berarti ya..
Otty, segera meluncur ke thread MPASI ah,Ty..hehehe.
Slesta, wih,malah jd kreatif gitu seru ya,Shin? Iyaya,pasti nanti nemu selahnya.
Thanks again mamas!

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

23

Topic: Baby Instant Food

sama ky shinod gw ke foodhall nyari heinz teething biskuit ga nemu2...:/ penasaran deh soalnya nara suka gigit yang keras2 nih....

24

Topic: Baby Instant Food

nisanara Heinz teething biscuit itu Farley ato bukan sih? Soalnya kemaren liat di supermarket, Farley ternyata dari Heinz ya?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

25

Topic: Baby Instant Food

entah juga ya 0__0 katanya yang keras kaya kayu gtu..sedangkan farley bukannya jenisnya yang lumer dimulut ty? yang kalo dicampur susu gampang juga?