Health & Fitness / Body & Minds

Articles

Yuk,  Cerdas Salurkan Emosi agar Mama Tetap Waras

Yuk, Cerdas Salurkan Emosi agar Mama Tetap Waras

Suatu ketika, saya merasa sangat marah dan frustrasi dengan keadaan yang saya hadapi. Ditekan sana-sini, letih, dan harus menghadapi tangisan anak setiap saat. Bila biasanya saya bersabar menghadapi kerewelan anak saat sakit, kali itu emosi saya memuncak.

As You Get Closer to 30

As You Get Closer to 30

Usia 20-an merupakan the peak moment. Badan sedang bugar-bugarnya, energi melimpah, namun sayangnya sebagian besar belum ada yang mulai memikirkan masalah kesehatan yang akan terjadi kala usia mereka makin bertambah.

Kesetaraan Gender dalam Pengasuhan Anak

Kesetaraan Gender dalam Pengasuhan Anak

Stereotype berbasis gender seperti ‘laki-laki tidak boleh cengeng seperti anak perempuan’ atau ‘perempuan harus lemah lembut’ masih sering didengar di kehidupan masyarakat Indonesia. Ketidaksetaraan gender yang terjadi umumnya dimulai sedari dini, dari perbedaan pola asuh ke anak laki-laki dan anak perempuan.

Berkenalan dengan Gangguan Kecemasan Berlebih (Anxiety Disorder)

Berkenalan dengan Gangguan Kecemasan Berlebih (Anxiety Disorder)

Seperti biasa selepas makan malam, saya dan suami menemani anak-anak membaca buku. Saat itu, suami mengeluhkan perut kembung. Awalnya dipikir masuk angin saja, karena memang suami baru pulang dari dinas luar kota. Satu jam kemudian, ia berkata “Mah, tolong antar aku ke UGD, sekarang”. Semenjak kejadian malam itu, suami terkesan lebih “rapuh”.

Kuatnya Pengaruh Pikiran Bawah Sadar

Kuatnya Pengaruh Pikiran Bawah Sadar

Pemahaman tentang pikiran bawah sadar membuat saya lebih berhati-hati dalam memperlakukan dan merespon anak. Ini karena pengalaman masa kecil akan membentuk kepribadian buah hati.

Things Happened for A Reason

Things Happened for A Reason

Things happened for a reason, itu adalah salah satu kutipan yang paling saya sukai dari dulu hingga sekarang. Kalimat itu juga hampir mirip maknanya dengan kutipan dalam Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa “Allah tidak akan menciptakan sesuatu yang sia-sia”. Kalimat-kalimat tersebutlah yang membantu saya melewati vonis kanker payudara pada tahun 2013 lalu.

It's Time For Spring Cleaning

It's Time For Spring Cleaning

Membersihkan seisi rumah dengan spring cleaning ini cukup mudah dilakukan sekaligus melegakan. Namun tanpa Mama sadari kadang ada beberapa bagian yang sering terlupakan, atau sebenarnya perlu juga untuk dibersihkan a la spring cleaning dan dapat dimulai dengan 'membersihkan' hal-hal berikut ini.

Luangkan Waktu 15 Menit per Hari untuk Mewujudkan Impian

Luangkan Waktu 15 Menit per Hari untuk Mewujudkan Impian

Begitu ingat pada mimpinya, seorang ibu malah merasa bersalah dan khawatir akan menelantarkan kewajibannya. Karena itulah seorang ibu cenderung menyingkirkan passion-nya. Hal ini sebetulnya tidak sehat karena akan membuat ibu tidak bahagia. Ada kebutuhan aktualisasi diri yang tidak terpenuhi.

5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Operasi Elektif

5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Operasi Elektif

Menghadapi kenyataan kalau harus dioperasi, bukanlah keinginan semua orang. Namun kalau takdir berkata lain, apa mau dikata? Sekecil apapun operasinya, operasi dan kondisi lanjutan sesudahnya adalah keadaan yang tidak bisa dianggap enteng. Melibatkan banyak rasa khawatir, banyak doa, dan pula banyak anggota keluarga yang akan terlibat terutama saat proses pemulihan.

Tetap Tenang Ketika HPL Lewat

Tetap Tenang Ketika HPL Lewat

41 Minggu? Bagaimana jika kehamilan selalu lewat dari HPL? Cemas dan degdegan pastinya, tetapi harus berpikir positif dan tenang agar dapat melahirkan dengan bahagia. Berikut beberapa tips yang Urban mama dapat lakukan ketika HPL lewat.