1

Topic: Tips Setelah C-section

Mama Weni : kadang si bekas luka masih suka nyut2, terutama kalo kecapean. mungkin akunya juga yang terlalu parno hehehehe, padahal perlu juga ya olahraga ringan secara rutin biar badan sehat.

Mama thalia : thanks for the info, mama. jadi yakin mau coba berenang, coba durasi 30 menit dulu deh biar badan nggak kaget :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

2

Topic: Tips Setelah C-section

kalau aku bukan nyut2 mom tapi kadang agak gatal gitu rasa nya.

selamat berenang deh kalau gitu :)

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

3

Topic: Tips Setelah C-section

mom, aku juga lahiran dengan SC.
alhamdulillah SCnya berjalan lancar. Waktu SC anastesinya dengan metode epidural. setelah baby keluar, tali pusatnya dipotong terus sama DSOG langsung diletak didada buat IMD. IMDnya lamaaa. baby nyari puting sendiri, terus IMD lanjut terus sampai operasi selesai dan akunya disorong untuk ke recovery room.
untungnya efek anestesi di akunya minimal banget. selama IMD ga ada mengigil dan juga mual muntah. mungkin karena udah excited duluan dengan lahirnya si baby ya.. total IMD kemarin ada 1jam-an.

jangan khawatir baby bakal hypotermi, karena suhu tubuh ibu secara natural akan di set untuk membuat bayi hangat. kalo pun merasa kedinginan, kan sekarang udah ada thermal blanket yang dengan canggihnya bisa ngangetin badan pasca operasi. :) . minta aja nanti untuk dipakaikan sama susternya.

oya, aku SC tanggal 27 april kemarin jam 08.30 pagi. sampai jam 15.00 di recovery room. terus, setelah bisa miring kiri-kanan dan kebas di kedua kaki ilang, akhirnya dipindah ke kamar biasa.

malamnya udah bisa nyusuin dengan posisi tempat tidur semifowler (dibuat sandaran ~ 45')
Besok paginya, infus dan kateter di lepas. terus udah disuruh ke kamar mandi buat mandi. tujuannya memang harus mobilisasi sesegera mungkin. makan juga gak ada pantangan (selagi memang tidak terbukti alergi dengan makanan tersebut). makan dengan protein tinggi diperluin banget untuk mempercepat proses penymbuhan luka.

sampai sekarang juga masih pakai gurita, ngabantu banget untuk support otot-otot perut.

selama ini ga minum dan gak bakal minum obat-obatan china ataupun jamu-jamuan. soalnya ga jelas kandungannya apa. jadi serem aja.

di rumah sakit hari kedua pasca operasi mencoba jalan pelan-pelan keluar sambil liatin baby yang lagi dijemur. emang terasa agak nyeri. tapi, rasa nyeri itu bukan penghalang buat mobilisasi. aku kemarin minta dimasukin analgetik suppositoria (dimasukin leawat anus) sama DSOGnya buat meminimalkan nyeri. memang naik turun tempat tidur nyerinya "nendang banget" tapiii tetap harus semangat demi baby dan cepat sembuh.

hari keempat udah diijinin pulang sama DSOGnya. Waktu ganti perban, lukanya alhmadulillah kering luarnya, cuma disudut tempat nempelnya plester waterproof itu ada lepuhan kulit. ternyata kulitku alergi dengan kandungan plester yang ternyata dari amnion. nyeriinya lumayan, sama dokter cairannya diaspirasi sampai kempes kemudian diolesin salep. mudah-mudahan cepat sembuh.

sekarang genap seminggu aku postSC. alhmadulillah udah bisa ngurusin bayi. mulai dari nyusuin, ngegendong, gantiin popok semuanyaa.. jalan walaupun masih pelan tapi yang penting udah bisa mandiri, dan ga ngerepotin orang rumah. Naik turun tempat tidur yang kadang masih suka ribet, tapi pelan-pelan kemajuannya udah ada.

hihihi, maap ya kepanjangan.. biar moms yang lain juga ikutan semangat walaupun abis dioperasi. ;)

4

Topic: Tips Setelah C-section

Aku juga sc pas melahirkan babyrai, soalnya posisinya melintang kepala di kiri dan bb nya 3872 grams

Pengalaman abis sc :

Jam 11 selesai sc dan di ruang observasi sekitar jam 1an, aku langsung niat belajar bergerak menyamping kiri kanan, supaya bisa cepet pulih, kembali kekamar dan ketemu anak..sambil dibantu suster pertanyaan aku cuman satu.. "Ga akan kebuka kan sus, jaitannya?" Susternya bilang ENGGA , so hajar sus, kita belajar menyamping kiri dan kanan..jam 3 udah di pindahin ke kamar lagi jam 4 udah ribut nanya bayi..
Jam 5 bayi dibawa kekamar aku mulai belajar menyamping lagi biar bisa belajar kasih nen. Malamnya udah belajar setengah duduk buat nen dan badan pegel juga kalo tiduran mulu.

Besoknya jam 7 pagi infus dibuka karna tangan bengkak, jam 8an kateter dibuka, soalnha aku ga tahan sama sakitnya, jam 10an langsung belajar duduk, diri dan jalan karna pengen pipis.

Jadi total kurang 24 jam aku udah bisa jalan sendiri. 3 hari di rumah sakit, pulang kerumah, besoknya bingung kok rasanya nyut nyutan lagi, ternyata obygn ku dengan teganya ngasih pain killer hanya buat sehari..
3 hari dirumah nyut nyutan dan ngomel ngomel sendiri sama obgyn yg tega ngasih pain killer hanya sehari, hari ke 4 nya udah ga nyeri ato nyut2an sama sekali, hanya kalo pas bersin ato batuk yg rasanya kram di sekitar jaitan.

Pas kontrol pertama, seminggu setelah pulang, gitu ketemu obygn aku, kata kata pertama adalah "dokter tega bgt ngasih pain killer hanya sehari!" Si obgyn hanya ketawa tawa sambil bilang "kalo ga kaya gitu kamu ga akan sembuh dan bergantung terus sama obat.. Nyatanya sekarang udah ok kan? Ga sakit lagi?"

Dan benar lho moms, karna dari awal tubuh aku dibiarin belajar kembali normal tanpa obat penghilang nyeri, gitu pulang dari rs aku udah bisa ganti popok di tempat tidur, duduk diri jalan gendong anak semuanya bisa, less than 2weeks semuanya udah normal lagi, bahkan aku udah bisa mandiin babyrai sambil jongkok.. Jadi aku ga ada ngerasain tiduran ditempat tidur ga bisa ngapa ngapain karna sakit operasi,

Hanya minum obat dari obgyn, dan karena obgyn aku juga paling ga suka kasih obat kl ga perlu bgt, jadinya minum obat seperlunya aja, ga ada minum jamu ato obat cina, aku percaya bgt sama ilmu kedokteran karna pasti udah diteliti terlebih dahulu.

Intinya sih kalo kita yakin kita bisa, pasti bisa..aku bisa normal postsc secepat itu karna aku yakin dan niat harus bisa ngurus babyrai sendiri..

the happiest mommy in da world with a great husband and a lovely daughter.. :D

5

Topic: Tips Setelah C-section

Perawatan caesar dulu yah ikut anjuran dokter aja:
1. Pas mandi walau udah ditempel plastik anti air tetep di dobel lagi pake plastik bening biasa diselotip lagi disekitar area jahitan.Usahakan tdk kemasukan air.
2. Minum obat resep yg diberikan dokter.
3. Banyak maem tinggi protein supaya luka cepat tertutup, susu tinggi protein boleh dikonsumsi.
4. Jika punya bakat keloid ya pakai cream anti keloid
5. Jgn angkat/olahraga dengan beban berat atau yg bisa membahayakan jahitan
6. Usahakan belajar duduk atau jalan sedini mungkin setelah operasi,sakit memang,tapi klo bunda males hanya tiduran terus tdk mau gerak kanankiri luka jahitan semakin sakit cepet lama sembuhnya.
7. Tetep rutin cek ke dokter sesuai dgn yg dijadwalkan.
8. Mandi tetep air hangat saja,supaya tdk masuk angin.
9. Keramas ok aja kok bunda,setelah pulang dr RS saya keramas, langsung keringkan pakai hair dryer. Buktinya juga gak kenapa2x. Tetap sehat,malah bersih.
Bunda boleh mengkonsumsi obat atau jamu2xan yg lain selama pasti bener2x aman dikonsumsi lo ya...ingat jika bunda memberikan ASI eksklusif perlu dilihat aman tdk buat baby kita. Kalau saya ikut anjuran dokter dan maem yg bergizi aja, krn cuma mikir ASI lancar buat baby.Semoga membantu.

6

Topic: Tips Setelah C-section

Sharing juga moms..
aku juga melahirkan SC tanggal 6 Mei kemarin. KPD plus 3hr kontraksi cuma pembukaan 1, minggu sore masuk RS tengah malem buta secara jam12 malem teng operasi..jam00.16 baby ku lahir setelah itu IMD, recovery jam3an dah ke kamar perawatan.
Habis itu tidur jam5 dibangunin suster mau disuntik obat sama ganti infus, ga disibin (aduh bahasa indonesianya naon yak?) soalnya blm 12jam post SC. Jam7 dedek dianter ke ruangan langsung disuruh nenenin sambil miring ( T.T sakiiittt?!) sama ibukku yang juga perawat di RS itu, sakit banget tapi demi bisa menyusui baby ku yang ganteng sambil komat-kamit meringis-ringis, nahan nangis miring lah aku, jam11 dokter visite suruh belajar angkat kepala sama miring,sore di mandiin suster udah bisa miring sendiri boo bangga.com hahahahaha
Besok paginya mimpi buruk dimulai..belajar bangun dr ranjang RS sakitnya amit-amit, disinilah aku mau para ibu2 yang kemarin sinis sama aku gara2 lahiran SC itu melihat kalo yang namanya melahirkan itu sama saja, ga mentang2 SC trus tinggal merem tiba2 baby keluar trus habis itu bisa tralalatrilili jalan ke mall atau main voli *emosi* maaf OOT..susternya yang ngajarin bangun&jalan sendiri galak boo (noted:emakku sendiri :p)..harus bisa&berani demi dedek katanya..
Ahkirnya jalan2 lah aku walau dengan meringis-ringis tiap 5langkah tarik napas..siangnya show ke pak dokter udah bangun sendiri&jalan2,udah mandi sendiri, gendong dedek, gantiin popok,dll..daaann kata pak dokter besok boleh pulaangg..ihiiyyy..rabu siang pun pulang kerumah sambil gendong dedek,*kibas rambut wangi*Total cm hampir 3hari di RS..nyampe rumah pun bisa langsung gendong dede,naik turun tempat tidur,mandiin sendiri..seminggu habis itu pun kontrok ulang jahitan bagus,udah lepas perban,suruh tetep pake gurita&korset/stagen..sama makan yang bergizi&protein tinggi biar jahitan dalamnya cepet kering.
Intinya setelah C-section itu kita harus yakin kalo kita bisa mengalahkan rasa sakit bekas operasi,jangan takut jahitan bakal kenapa2,yakin kalo kita bisa ngurus baby kita sendiri,soal makanan aq ga terlalu pantang,semua asal sehat,bebas msg,banyakin sayur&minum air putih, asi juga sama langsung keluar,aq ga minum jamu-jamuan apalagi obat china soalnya punya riwayat sakit maag lumayan parah..so far nothing happen,udah pasang IUD malahan hehehehe..semoga membantu ya mom..*sory kalo panjang benerr :-)

love my both sa3a1 <3

7

Topic: Tips Setelah C-section

betul bgt mba.intinya sc ga boleh manja ga gerak,justru hrs byk gerak.ak ngalamin sendiri dg bdn lsg akyif,rasa sakit abis opetasi lbh cpt ilang n bdn lsg kerasa pulih, setiap cara melahirkan anak ke dunia adalah rahasia Tuhan hehehehe,ak letuban kering pas bukaan 3 terpaksa sc tengah malam jg,yg penting baby sehat dan selamat.

Vivi - Ordinary Mom with Extraordinary Kids

8

Topic: Tips Setelah C-section

Selain banyak bergerak ( tapi inget alarm tubuh ya kalo udh ngerasa cape&sakit ya istirahat, kalo memaksakan malah makin kerasa sakitnya) jangan lupa (khususnya yang ada bakat keloid) 2 minggu post sc suntik keloid ke dsog nya, kalo saya sih disarankan sama dsog, mau ada bakat/ ngga ya gak ada salahnya buat disuntik keloid di bekas jahitan sc nya, daripada tiba2 muncul keloid&gateel.. Kalo gak disaranib ya gak ada salahnya tanya/ minta suggest dulu ke dsognya ya.
Waktu sc pertama suntik keloid juga, ternyata muncul keloid keciil banget sih cuma gak gatel dan pas sc kedua diambil juga keloidnya dan disuntik keloid juga kemarin setelah 2minggu sc..

Trus jangan tahan pipis kalo udh kebelet pipis, karena kan luka jahitan dalem belom kering, dikhawatirkan infeksi saluran kemih..

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

9

Topic: Tips Setelah C-section

wah, sharing-an dari eka syahrini, offira, siawcu, betajoseph, vivilaksmi, dan bundaliffa lengkap sekali.. gw jadi inget waktu sesar2 dulu (udah 3x niyy..). Sepertinya, kemauan keras untuk cepet sembuh dan bisa segera menyusui dan mengurus bayinya memang dorongan terkuat buat kita nahan sakit, dll, ya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

10

Topic: Tips Setelah C-section

Jadi inget dulu abis SC, perawatnya lupa kasih painkiller ke aku dari malem sampe H+1 SC siang hari.
Aku pun nggak nyadar, sampe besok siangnya baru liat kartu obat.

Tapi Alhamdulillah berhasil melalui sakit pasca operasi di malem pertama gara2 fokus cari posisi nyusuin berbaring yang pas (dengan kateter yang ngeganjel).

It was a miracle :)

BTW tips2 aku mirip kaya mama siawcu n terbukti emang bikin cepet pulih. Belom sebulan SC aku bisa ke kampus di Bandung buat herregistrasi, sampe petugas TUnya aja bingung hihihihi.

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

11

Topic: Tips Setelah C-section

Mau ikutan kasi tips juga :

Setelah 24 jam lepas kateter dan lepas infus, udah boleh belajar berdiri lalu jalan. Saya pernah dikasi warning sama dokter anestesinya pantang banget untuk bangun dari posisi telentang, kemudian langsung duduk, yang benar itu dari posisi telentang, miringkan badan ke kanan, duduk pelan2, baru kemudian turun tempat tidur.

Waktu itu, saya mikirnya, karena udah lewat dr 24 jam, jadi boleh dong bangun dari posisi telentang ke posisi duduk. Hasilnya ? saya kena serangan sakit kepala luar biasa selama 2 hari.

Padahal udah dikasi peringatan bahwa bekas suntikan anestesi itu berbeda2 pemulihannya pd tiap orang, jd untuk jaga2 sebelum 24 jam gak boleh banget tuh bangun dgn posisi kaya gitu. Intinya gak boleh ada gerakan yg mengakibatkan tekanan pada tulang punggung yang bekas suntikan epidural itu, karena bisa mengakibatkan sakit kepala seperti yang saya alami.

::Daughter of Great Parents::Wife of Great Hubby::Mom of Gorgeous Baby::

12

Topic: Tips Setelah C-section

Dulu habis sesar, aku malah disuruh makan apa aja. Terutama putih telor. Biar cepet sembuh jahitannya.
Tp aku jg minum obat cina, yg mana pantangan semua protein.
Alhamdullilah, seminggu pulang dari rs udah bisa lepas perban.

13

Topic: Tips Setelah C-section

Aku SC pas melahirkan 'Naara Biru' 18 april 2014 kemarin. hari ke-2 di RS udh bisa ke toilet jalan dipapah sama suami. seminggu kontrol dah bagus jaitannya. tapi skrg kok malah suka nyut2an ya dan agak perih di jaitannya cenut2an gitu. apa krn kecapean krn aku gk punya pembantu dan ngurusin baby Naara dan kerjaan rumah sendiri. Mau nyoibain ngolesin jelly gamat ke bekas lukanya. mudah2an jahitannya bisa cepet kering dak gak berasa sakit lagi :(

14

Topic: Tips Setelah C-section

Vini hujan, cenat cenut emang suka kerasa apalagi kalo kecapean.. Aku aja sampe skrg kalo super cape pasti tiba2 perih perutnya anak udah 9m
Pengalaman waktu anak pertama sih sampe dia 2 taunan kadang2 suka kerasa cenatcenutnya

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

15

Topic: Tips Setelah C-section

Aku csec tanggal 14 april kmaren, pas hamil bb naik 24 kg, ampe skrng bb cuma turun 11kg sajaaa. Utangnya masih banyak. Kayanya harus olahraga deh, pdhal aku urus anak sendii, tapi emang ga cuci baju bersig2 rumah sendiri krn ada pembantu. Moms yg pengalaman, paca csec kapan ya boleh olahraga? Obgyn bilang 2w pasca csec boleh olahraga, tapi kok w ga yakin.ehehe. Thx infonya moms

16

Topic: Tips Setelah C-section

Boundiz , ikutin aja alarm badan.. Gw 2w abis sc gak bisa olahraga hahaha sekitar bulan ketiga baru mulain beneran lari/ renang.. Kalo masih 2wan mah jalan kaki aja sih sama jalan di mol #eh hehe

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

17

Topic: Tips Setelah C-section

Iyaa nih emang intinya gak boleh cape yg kebangetan bgt ya bundaliffa :D eh tapi ada untungnya juga sih segala ngurusin sendiri hihihi aku pas hamil aik 15 kilo, skrg baby Naara baru 1 bulan udh turun 11 kg tanpa olahraga apapun, perut pun gak pake korset krn gak yakin aja takut ngaruh ke bekas jaitan sc .. Hhehehe

18

Topic: Tips Setelah C-section

Vini, pantesan gak pake korset.. Itu ngaruh loh ke jaitan, aku lepas korset malah perih perutnya jaitannya juga.. Mungkin itu salah satu alesannya

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

19

Topic: Tips Setelah C-section

bundaliffa: sekarang muncul lagi nih setelah 3 bulan post SC nyut-nyutan banget+agak perih, bagusnya pake obat oles apa ya?

20

Topic: Tips Setelah C-section

Vini Hujan, gw juga pernah kayak gitu dan nanya ke dokter, tapi kata dokter perih2 dikit itu biasa, namanya juga abis dioperasi, paling jaga kondisi aja agar selalu fit dan jangan terlalu capek dulu yaaa..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

21

Topic: Tips Setelah C-section

vini pasca sc 3 taon lalu, aku dikasi obat oles lanakeloid, kata dokternya selain buat menyamarkan keloid, juga buat penyembuhan luka nya. dirimu pake itu juga kah?

pengen ikut sharing tapi udah agak lupa pasca sc 3 taon yang lalu, hihihihi. sekarang udah hamil lagi 22w, sekalian inget2 pengalaman lalu, pengen nya sih vbac, tapi jaga2 kalo musti sc lagi

22

Topic: Tips Setelah C-section

Bundaliffa
Hahaha jalan di mall olahraga paling bikin semangat!

Vinihujan
Gw malah ga pernah lepas korset ampe skrg pasca sc 4 bulan. Klo ga pake korset kerasa gimana gtu jaitannya

23

Topic: Tips Setelah C-section

Idem sama Boundiz, sampe sekarang pasca sc 4bulan masih pake gurita kalau dirumah n korset kalau kerja..ya walaupun guritanya libur kalau pas weekend hihihi.. Masih berjuang dengan perut yang mbuncit sampe masih dikira hamil rek'

Dan emang gurita itu bantu banget ya, pokoknya abis sc jangan lepas dari gurita deh pasti lumayan terbantu mau ngapa2in..nyerinya gk gitu terasa, terbukti gw bisa naik turun tangga dirumah secara kamar ada diatas hehehe.

oh iya moms, udah 4bulan pasca sc udah boleh olahraga dong ya? kalau sit up boleh gk ya? rada males lari pagi soale :p

24

Topic: Tips Setelah C-section

waduh mom evaws ih ud berani pake korset yaa??

share aja nih aku sejak melahirkan caesar perutku juga guedeee banget tapi karna kata dokter ga di bolehin pake korset krna kan terlalu ketat ya, cuma emank di kasih gurita pas awal seminggu setelah melahirkan tp setelah nya krna ud rempong sm urus baby jd ga sempet make2 gurita :p...dan percayalah perut akan kembali dengan sendirinya, emank ga kembali persis seperti wktu blm punya anak dulu sih :p ..klo olahrga kya mending yg ringan2 dulu deh karna kan caesar ga boleh kecapekan sdkit pst nt kerasa nyeri2nya lg :)

working mommy, wife, and mother of my princess Athaya

25

Topic: Tips Setelah C-section

ikutan share juga, kalo pengalamanku malah ditambengin aja..

operasi +18 jam udah turun bed ke kamar bayi yg beda lantai

operasi +2 weeks udh pake bengkung tiap hari

intinya selama kita masih berasa nyaman jangan dicegah.. Konsul ke dokter juga kalau ada indikasi2 yg aneh..

ohya dokterku jg tidak menyarankan pakai obat2 cina atau herbal.