1

Topic: Breastpump Experience

atikutik

Iya kalo spectra corongnya kadang bikin bleber.. kalo avent electric corongnya enak.. cuma kalo suara lebih mending spectra 9+ sih..

Aku malah ngefleain avent.. tau gitu kita tukeran ya.. hehe

2

Topic: Breastpump Experience

rrriris avent yg di flea udh laku? klo belum ide bagus tuh tukeran aja sama atikutik :D

-one kind word can change someone's entire day-

3

Topic: Breastpump Experience

atikutik..aku juga pake spectra 9 yg advanced. emang susah kalo double pumping dan corongnya emang bikin suka netes2 gitu deket PD nya. akhirny aku ga bikin double pump. single pump aja

4

Topic: Breastpump Experience

btw, rrriris boleh tau ga kenapa avent electric-nya di flea?
sempat tertarik sama avent comfort electric, kepikiran anak kedua ntr atau in case si pigeon silent turun mesin (halah motor kali turun mesin..hehe) pengen coba si avent comfort single electric itu..
klo avent comfort yg electric dibandingin sama yg manual lebih efektif mana buat ngosongin PD ya? reviewnya donk.. :D

-one kind word can change someone's entire day-

5

Topic: Breastpump Experience

bundanaisya

Soalnya aku prefer yang dobel pump, di kantor kamar laktasinya 2 kamar tapi yang make 5 lantai.. Jadi sebisa mungkin cari yang dobel pump, dobel pump yang kurang dari 2 juta nyarinya.. Akhirnya make spectra 9+ ini

Kalo antara manual electric, aku lebih suka yang electric.. Lebih cepet kalo di aku.. Kalo sambil nyusuin juga lebih enak yang elektrik sih.. Tinggal disangga pakai tangan bagian dalem.. Hehe

Belom laku nih aventnya.. Tapi udah keburu beli spectra 9+.. Hehe

6

Topic: Breastpump Experience

medela freestyle recommended deh,udah 5bulanan ini dipake pumping di rumah&kantor. Harmony juga enak, tapi ya itu lama2 pegel yaa hihi, sama aga lama karena kudu gantian kiri kanan. Pas yang sebelah dipumping yg 1 ditadah dulu pake milksaver.

7

Topic: Breastpump Experience

bundanaisya nah itu dia aku gak kuat kalo suctionnya pigeon level maksimum payudaraku jadi lecet mak :D

8

Topic: Breastpump Experience

Forum ini hanya untuk sharing session,jika ingin menjual barang,sila menuju Flea Market setelah 10 post. -mod-

9

Topic: Breastpump Experience

iya ya minnitities, aku jg ga tahan di level suction max klo lama2, sebentar doank paling diawal2 pumping aja :D

-one kind word can change someone's entire day-

10

Topic: Breastpump Experience

Holaaa dear Mamaaas...

Duuuh.. kangen pake banget berinteraksi di TUM. Lepas my baby Bella 6 bulan H+1, langsung masuk kerja, melewati masa-masa sulit menyempatkan diri menyusui Bella, dan frekuensi menyusui pun terus menurun bersama dengan hasilnya yang ikutan menyusun.

Anyway, Bella sudah hampir 1,5 tahun dan berhubung hari ini saya ada pengalaman menyenangkan dengan salah 1 merk breastpump, saya kepikiran mau posting. So, permisi posting yaaa..

My 1st bp experience was Little Giant electric hadiah dari sepupu yang sukses cuma dipake 3x saja karena sakiiit T.T

My 2nd bp was Avent single electric yg bisa manual dan bisa nyimpen ritme. Kisah sewa yang sukses karena diperpanjang terus sampai saya dapat kerjaan. Sama sekali tidak sakit dan proses asip pun lumayan lancar.

My 3rd bp was Unimom, nyobain punya temen di kantor, sebagai peralihan sebelum memutuskan mau beli bp apa. Biasa aja sih, lebih prefer Avent karena ritmenya bisa disimpan di memory, jadi ngga ribet.

Akhirnyaaa setelah gugling sana-sini,baca fitur2 pompa asi dari banyak web, dan nanya temen2 sesama ibu menyusui, saya memutuskan membeli Spectra Baby Cimilre S1 Hospital Grade!

Harganya lebih murah 400ribuan daripada website, ngga sakit, sedotannya mantap, ritme LDRnya terbukti tokcer, tapi...

Selalu ada tapi ya ngga sih, Moms???

Bener banget corongnya masih suka rembes asi, asi masih sering trap dibawah cushion (avent juga gitu sih, walau ngga parah), dan kadang kalau pasang valve ngga dalam kondisi benar2 kering, pada saat pumping valve bisa tiba2 nyemplung kedalam botol yang berisi asip T.T

Karena hal-hal tersebut tergodalah saya untuk membeli Avent Comfort Single Electric, plus karena pertimbangan motor Avent lebih kecil ukurannya jadi untuk mobile oke banget, karena Specta Cimilre S1 kan hospital grade jadi motor pompanya besaaar yaaa big_smile

Tapiiiiiiii... bener kan ada tapinya lagiiiii....

Ternyata, menurut saya, isapan Spectra jauuuh lebih mantap dibandingkan isapan Avent, walau valve paruh bebek Avent jauh lebih baik dibandingkan valve Spectra yang sering nyemplung kedalam botol asip.

Jadi, yang saya sering lakukan sekarang adalah memakai corong Avent dengan pompa Spectra, and it's amazing ^o^/

Isapan pompa Spectra-nya mantap, valve corong Avent-nya juga mantap. Pumping has never been this comfort!

Btw, saya tadi pagi konsul sama Spectra Baby (yes, you can consult with them via phone), saya ngeluh soal valve yang gampang nyemplung dan tanya bagaimana cara membersihkan selangnya.

Walau selangnya tidak perlu dibersihkan tapi sempat kejadian 1 kali saat valve tidak menurunkan asi kedalam botol, jadi asi terjebak di corong akhirnya tumpah keluar corong dan ada sedikit naik ke membran closed system dan tersedot kedalam selang.

Walau asi tidak sempat masuk ke motor -fiuuuh- tapi asi yang masuk kedalam selang meninggalkan jejak2 butiran asi, dan walau selang saya ada 2, saya jadi tidak bisa double pumping.

CS Spectra tidak menyarankan membersihkan selang, mereka menyarankan saya beli baru (namanya juga dagang ya Moms...), tetapi mereka dengan senang hati menawarkan memeriksa bp Spectra Cimilre S1 saya untuk dicek dan dibersihkan motornya. And here's the good news: selama proses pembersihan motor pompa yang +/- memakan waktu 3 hari, mereka akan meminjamkan saya pompa asi Spectra pilihan saya, yang tentu saja saya memilih Spectra 9+ Advance (yes baby!!!)

Btw, saya berniat melego Avent Comfort Single Electric milik saya nih, nantikan postingannya di Flea Market ya bagi yang tertarik hehehe :D :D

A daughter is a little girl who grows up to be your best friend. La vita e Bella \^o^/

11

Topic: Breastpump Experience

Nah setuju banget sama mom srina, spectra cuma sebel kalo asi mlrber dan harus agak bungkuk.. avent natural comfort emang enak corongnya..

jdinya pake corong avent di spectra-nya dobel pump atau gak?

12

Topic: Breastpump Experience

Ngga mom rrroris soalnya waktu beli avent-nya yang single pump jadi cuma dapat 1 corong beserta botolnya.

Mau beli corong avent 1 lagi beserta kelengkapan lain seperti valve, membran dan cushion-nya dimana ya yang murah meriah? Spare parts avent mahal euy T.T

A daughter is a little girl who grows up to be your best friend. La vita e Bella \^o^/

13

Topic: Breastpump Experience

Setelah menjadi silent reader dari smenjak hamil 7bulan, mau coba kasi review...
kmren waktu baby Keisha 6hari,kuning n masuk rs lagi untuk disinar jadi harus pumping n nyetor asip slama 3hari.

BP pertama yang dipake medela lactina yg ada di RS soalnya ga nyiapin BP waktu dateng k RS. Hisapannya mantep n ga sakit tapi ya pastinya ga akan beli itu lah ya.. Berat n muahal bo..

BP yang kedua sebenernya udah disiapin dari sebelum lahiran. Setelah baca review dari TUMforum dan tanya sana sini,pilihan jatuh pada Medela Swing Maxi. So far puas sih, hari pertama n kedua dapet 110-150ml tiap satu sesi pumping. Bahkan hari trakhir bisa dapet 250ml,padahal baby K skali minum 60ml doang. Alhasil pas pulang sisa ASIPnya masi banyak.
+ hisepannya ga sakit,even buat yg lagi lecet put**gnya
+ tenaganya lumayan (ga bs kasi perbandingan sih,blom coba yg lain)
+ 2phasenya sukses bikin LDR

- Ribuuuuuutttt, ngok ngok ngoknya itu aga bikin ilfil
- Pricey

BP ketiga Minel lungsuran kaka
Sakiiiiittt tapi emang hisapanny kuat sih,hasilny juga lumayan tapi perihnya itu ga nahan.

Sebenernya masi pnasaran pengen punya yg manual sih,tapi ga tega minta sama pak suami,soalnya udah beli swing maxi yg lumayan menguras dompet.

14

Topic: Breastpump Experience

Yunitaramdhani, wow asinya langsung banyak..
Kalau swing maxi ama minel lebih kuat mana hisapannya?
Thanks :)

15

Topic: Breastpump Experience

Moms, ada yang udah pernah coba Claire Breastpump ga? Koq harganya murah meriah and wara wiri di online shop gitu. Kaya minel ga ya? ato harus di release pencet tombol.
Huhuhu.. pengen beli elektrik breastpump yang ringkes kaya minel tapi ga pengen minel karena gada silikonnya dicorong dan berisik hihihi.. Kalo ada yg udah coba Claire minta tolong reviewnya yaah.. Tengkyu yaah

16

Topic: Breastpump Experience

salam kenal bunda.. q newbie.. lagi galau nich bund. sejak dek bayi sariawan rewel bgt nyusu nya. PDku yg dblakang puting nan jauh d dalem sana jadinya mrongkol" semacam sekumpulan kerikil. udah q masage..dikompres..mandi sauna ala rumahan(hehee) dan rajin merah pake tangan tiap 2jam. bahkan pernah intensif tiap jarak 1jam. tapi gak ilang2 tu mrongkolnya.terutama yg kiri. jadinya galau berat. soalnya bayiku sariawanya dr umur 3bulan. dan sekarang umurnya 5bulan. jadi hampir 2bulan itu mrongkol di dalem PD. tiap sore sampai pagi badan rasanya meriang, punggung berasa kaku dan kpala cekot2 sakit bgt. sekarang q niat pengen beli BP. tp merk n tipe apa ya yg optimal bisa ngosongin PD?

17

Topic: Breastpump Experience

bunda hanisa, sepertinya emang perlu di pompa untuk bantu ngosongin PDnya, saya dulu jg sering kejadian begitu bahkan pernah kejadian sampe demam tinggi..
klo untuk tipe & merk BP cocok2an ya mom, maaf ga ngebantu :D
klo pengalaman saya pribadi pake BP avent manual comfort & pigeon silent electric efektif ngosongin PD.
sudah banyak dibahas berbagai merk & varian BP di forum ini (terbukti dari banyaknya page yg ada).
silahkan baca2 di page2 sebelumnya mom :)

-one kind word can change someone's entire day-

18

Topic: Breastpump Experience

bunda hanisa

kalo ditanya breastpump yang optimal ngosongin PD, jawaban nya gak ada. Secanggih2nya BP dan secocok2nya kita sama BP gak akan seefektif mengosongkan PD kayak hisapan mulut bayi. Sudah 2 bulan masih ada sariawan di mulutnya mak? Babynya pasti gak enak juga kan nenen dengan kondisi sariawan gitu. Umur anak saya 2.5 taon dan masih nenen sampe skrg, saking lasaknya udah bbrp kali nich PD pernah ketendang dia pas tidur sampe ngilu gak karuan, solusinya ya tahan2 ngilu kasih PD ke bocahnya, dia yang berbuat, dia juga yang bisa ngobatin hihi

19

Topic: Breastpump Experience

iya bunda.. ini beberapa hari sibuk browsing tentang BP..
awalnya niat nyewa.. tapi temen2 banyak yg nglarang. krn dkawatirin bekas dipake orang yg punya penyakit menular. awalnya tergiur sama medela swing. tapi harganya yg mahal palagi banyak yg ngeluh asi srg masuk selang. ada yg nawarin little giant elektrik. tp barusan juga dbilangin sama tmen kerja. elektrik lok udah lama tarikanya jadi kurang kuat plagi yg kurang bermerk dan murah. trus temenq juga nyaranin mompa yg plg bagus pkek tangan tp lok dsambi kerja dan pengen cepet cari yg manual aja. ada temen rekomen pigeon manual. tapi pas qgoogling qmalah tertarik sama avent manual. kyaknya bentuknya ergonomis bgt plagi ada bantalan silikonnya. tapi skarang dilema..
antara avent manual standar sama avent manual comfort. pilih yg mana y?..

20

Topic: Breastpump Experience

bunda hanisa,

mungkin tidak ada salahnya dipastikan ke dsa apakah itu sariawan atau jamur. anak kedua saya di awal menyusui mulutnya muncul 2 titik putih dan saat imunisasi, setelah diperiksa, ternyata jamur. kondisi ini tidak saya alami saat anak pertama.

menurut pengalaman saya yang suka penasaran maksimal dengan BP :), pigeon manual dan avent comfort menghasilkan hasil perahan yang kurang lebih sama. nah, kalau little giant, maaf, tidak pernah coba :)

di awal memerah, mindset sering berpikir kalau pakai BP A atau B pasti banyak. Padahal tambah sering memerah, makan makanan bergizi, dan tambah rileks kita, hasil perahanpun semakin bertambah. Jangan membandingkan (walau ini sulit bagi saya hahahaha) hasil perahan kita dengan ibu lain apalagi yang memang asi nya limpah ruah. Dulu saya sangat terobsesi bisa stok banyak asi di freezer dan kulkas bawah karena sering termakan dengan share foto yang positif dari ibu-ibu lain yang bisa memenuhi freezer bahkan sampai sewa freezer . Ternyata, baby malah ga suka dengan asi yang disimpan di freezer. Bayi lebih suka asi stok simpan di kulkas. Saya cicipi sendiri rasanya memang lebih enak hasil simpan di kulkas bawah. sejak tahu mengenai preferensi bayi, saya usahakan selalu ada stok asi sampai dengan 7hari ke depan di kulkas bawah supaya tidak kejar tayang (buat saya stress soalnya kalau sampai kejar tayang :) )

Mengenai sewa atau tidak, bagaimana keputusan bunda hanisa. saya pernah coba sewa unimom forte karena ga cocok sama swing maxi yang saya rasa tarikan terlalu pelan. seluruh permukaan yang bersentuhan dengan asi dan PD saya sterilkan dengan alkohol dan saya cuci ulang semua. tapi sebaiknya memang meminjam punya saudara atau kenalan yang kita tahu riwayat kesehatan dan kebersihannya.

oiya, kalau BP manual saya pakai pigeon dan avent comfort. kalau eletrik,medela minel. hope it helps ya

21

Topic: Breastpump Experience

kalau pengalamanku pake minel mom, hasil juga lebih banyak. tapi sebaiknya pake minel kalau sudah sering pompa manual, soalnya minel itu tarikannya kenceng. kalau belum pernah mompa pake BP dan langsung pake minel, tobat dehhhh (pengalaman anak pertama).

tikatiara wrote:
Yunitaramdhani, wow asinya langsung banyak..
Kalau swing maxi ama minel lebih kuat mana hisapannya?
Thanks :)

22

Topic: Breastpump Experience

Thanks mom amelpasaribu :)

23

Topic: Breastpump Experience

bunda hanisa
Mungkin avent manual comfort lebih nyaman krn saat pumping ga perlu terlalu ngebungkuk (kata mba sales nya avent).
Menurut pengalaman saya, kalau manual standard harus rada bungkuk biar asi ga beleber tumpah, imho ;)

24

Topic: Breastpump Experience

hai mom salam kenal...
aku mau crita dlu nih. 1st BP aku itu medela harmony. over all puas bgt sama medela ini, krna ada 2 phase, selalu dpt Ldrnya. Pernah nyoba pake minel *dipinjemin temen tapi gak cocok, malah jadi sakit
krna lama2 capek jg pake manual jadinya kmrn beli spectra9+ deh. tapi setelah dicoba trnyta ga cocok, sakit dan asi ga kluar byk. akirnya balik lgi pake manual.
moms disini ada yg gtu jg gak? apa klo biasa pake manual trus pake electric suka gtu ya? jadi mau jual aja deh ini spectranya :(

25

Topic: Breastpump Experience

Dear Mamas,

Hi, kali ini saya balik lagi untuk review Spectra 9+ yang sudah saya coba saat Spectra hospital grade saya dibersihkan oleh CS Spectra Baby Indonesia.

Hmmm.. mesinnya kecil banget ya, bener2 top bgt kalau mau dibawa kemana-mana, suctionnya juga lumayan mantap; untuk mom bebey kekuatan hisapnya bisa di-setting kok, turunin aja level kekuatannya agar ngga sakit ;)

Tapiii.. ternyata cinta saya masih setia sama Spectra Cimilre S1, si babon yang jempolan :D

Soalnya ritme hisapannya terlalu lambat menurut saya, jadi LDR agak lebih lama, dan pada saat deep suction itu lambat sekali, walau sudah diotak-atik settingannya tetap ngga bisa niruin pola nyusu baby Bella...

So, ngga jadi beli Spectra 9+ deh hihihi.. tapi lagi tertarik sama bp TomTip yang Closer to Nature nih, ada yang sudah pernah coba? Enak ngga sih??

#dasaremak2konsumtif #biarinajasih #yangpentinghappy hahaha :lol:

A daughter is a little girl who grows up to be your best friend. La vita e Bella \^o^/