1

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

hi urban mama & papa,

gara2 pembahasan ttg debt trap di tret sebelah, jadi gak afdol kalo akhirnya ngomongin credit card juga sebagai salah satu faktor penyebab orang jadi suka ngutang :)

jadi kita buka aja yuk bahasan ttg credit card.

di tret debt trap gue share ttg pengalaman pertama gue punya credit card yang akhirnya gue terjebak dengan utang kartu kredit.


kalo di gue kejadiannya adalah debt trap karena credit card. nah buat yang tau gue sekarang dan gimana gue handle financial planning keluarga gue, pasti bingung kok gue ternyata pernah kena debt trap? credit card pulak? padahal gue termasuk an frequent users of credit card sampe sekarang.

tapi justru kejadian ini yang bikin gue jadi melek sama financial planning, belajar instrument financial, etc.

kejadiannya waktu gue masih baru masuk kuliah. jadi masih IJO deh heheh.. berhubung lulus sma gue langsung ke luar negeri (sendirian, gak dianter pulak) jadi gue bener2 learn everything the hard way. salah satunya waktu itu di US selalu offer credit card buat anak2 sekolah. dikasih keringanan selama dia sekolah di university tsb dan dapet limit cukup lah.. gak gede sebenernya hanya $500. in a way sebenernya ini bagus, krn gue jadi bisa belajar untuk build up my credit rating (di US, setiap orang punya credit rating, jadi kita mesti ati2 sama utang kalo gak mau susah nanti2nya). tapi karena gue belom ngerti cara kerja credit card, ya udah gue belanja, bayar hanya minimum amount. namanya juga baru punya credit card, tinggal sendiri dan jauh dari orang tua ya.. jadi bablas.

to cut the story short, akhirnya gue berhutang sampe $6K dari beberapa kartu kredit. ini setelah beberapa tahun. ironically, karena gue dulu belajarnya finance, akhirnya gue sadar kalo ada yang salah dengan financial management gue, especially utang2 credit card ini. akhirnya gue cari2 info dan menemukan kalo gue melakukan balance transfer ke satu credit card, gue akan dapet 0% interest sampe utangnya lunas. jadilah gue transfer semua kesitu, dan tiap bulan gue sisihkan duit untuk bayar. kalo misalnya minimumnya gue mesti bayar $100, gue bayar $150, biar cepet lunas. trus gue disiplin, ga boleh telat bayar, dan gak belanja2 pake kartu tsb juga ga boleh utang pake kartu lain. krn begitu ada bad record, perjanjian 0% itu ilang.

kebetulan gue juga udah mulai kerja, jadi alhamdulillah, akhirnya lunas deh utang2 itu. banggaa banget krn bisa melunasi utang2 sendiri dan dari duit sendiri... dan setelah itu gue jadi ngerti banget ttg cara kerja credit card dan learn the hard way about financial planning.. yang akhirnya jadi asal usul gue bisa melakukan plan yang sama untuk diri gue dan akhirnya keluarga.

wrote:


tapi honestly, setelah kejadian tsb, buat gue credit card bukanlah musuh. kalau kita bisa memakai dengan benar sih jadinya malah menguntungkan banget. makanya sampe sekarang gue ga pernah meninggalkan punya kartu kredit. malah jumlah kartu kredit gue kayaknya lebih dari 7 deh. yang penting gue bisa menggunakannya dengan bertanggung jawab.

salah satu alesan kenapa gue ttp pake kartu kredit sampe sekarang juga pernah gue bahas di BLOG gue, dimana gue punya kartu kredit dengan tujuan masing2.

mari dibahas yuk, mama & papa! :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Slesta aku jg termasuk yg pro cc....Sempet pake 2 cc tp akhirnya yg 1 aku tutup krn merasa cukup dg 1 cc aja. Nah cc yang aku pertahankan ini krn walopun limitnya ga gede tp free annual fee....trus tiap jatuh tempo aku langsung bayar lunas tagihannya. Jd so far aku terbantu dg cc ini krn bs ngutang sampe paling g 1 bln trus g kena interest sama sekali.

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

3

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ih, tretnya pas nih. kmrn baru terima my first CC. eh, bukan yg pertama bgt sih. dulu pernah jg dapet krn jd nasabah suatu bank, walopun ga apply jd ahirnya ga pernah diaktifin & ga dipake sama sekali. terus, ada masa2 ga tertarik sama sekali dgn CC. merasa i can still manage with my debit card & ga pingin (baca: takut) berhutang krn takut bablas.
skrg, tiba2 aja pingin punya CC. udah kena racun promo2 & diskonan nih. hahaa :D tp justru pingin punya CC supaya bisa cut-down my family expenses. selama ini kan pengeluaran udah dibagi2 berdasarkan posnya. kalo belanja dibayar dgn cash ato debit. niatnya sih CC ini mau dipake utk gantiin debit cardnya kalo pas ada offering/disc. syaratnya, udah dibudgetin & begitu tagihan keluar lgsg bayar lunasss!
doakan saya berhasil yaa! :P :D

4

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mrs. tody, riri iya emang urusan credit card ini mesti hati2 banget. untuk yang gak bisa manage & kontrol keuangan (dan juga nafsu belanja) credit card jadi musuh besar. tapi kalo bisa kontrol & manage keuangan, justru malah jadi temen banget.

walopun kartu kredit gue banyak banget, gue punya krn perlu untuk pos2 pengeluaran gue. dan selain itu ya untuk diskon2 & promo sih, penting banget! heheh.. tapi gue kontrol kalo mau belanja yang di luar dari jatah bulanan, gue gak akan pake kartu kredit. ato gak gue pake hanya 1 kartu kredit. jadi gue bisa ngecek gue udah spend berapa, apa gue mesti stop ato masih ada ruang buat dibelanjain.

dan satu lagi, semua kartu kredit ini gue keep track online, jadi gue tau gue udah spend berapa, jumlah pengeluaran yang dipake untuk next payment berapa. walopun limitnya misalnya sampe 10 juta, tapi tiap kartu kredit gue kasih limit masing2.

misalnya kartu A untuk belanja groceries. gue kasih limit, harusnya uang belanja itu hanya 3jt per bulan. nah jadi gue cek, kalo udah deket2 segitu, gue mesti stop belanja. kalo pun ternyata mesti belanja, ya gue mesti tau, kenapa bulan ini jadi naek belanjaannya. apa yang sedemikian mahalnya jadi gue overlimit. etc.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Aku juga termasuk yg pro CC. Skrg punya 4 kartu kredit. Tapi cuma 1 yg aktif dipake. Sisanya dipake cuma kalo ada promo2 ajah. heheh
Dan pasti langsung dibayar lunas waktu jatuh tempo. Bahkan ada 1 yg aku bayar sebelum jatuh tempo. Tapi berhubung pernah kelupaan, akhirnya aku bayar berbarengan dengan jadwal pembayaran CC yg lain.
Apalagi kalo ada promo cicilan 0%. Heheh, lumayan banget tuh ngga terlalu mengganggu cashflow bulanan :)

Mommy of Khiara, Faza n Farah
@mamaarza

6

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Pro sama cc karena emang berguna banget untuk keperluan keperluan tertentu ya, seperti kalo harus masuk RS dimana asuransinya yg metode reimbursement misalnya, jadi memang gak berasa pakai uang sendiri.

Aku punya beberapa cc yang seperti moms diatas penggunannya dipilah pilah, ada yg memang untuk promo promonya, untuk groceries, untuk emergency dan lain sebagainya dan selalu dibayar lunas pada saat due date menghindari penumpukan hutang, bunga dan lain sebagainya.

hmm tapi emang kalo punya cc kadang kadang menggoda sekali ya apalagi seperti kata mamaarza yg cicilan 0 persen itu ... hi hi hi hi jadi suka tergoda beli barang konsumtif yang gak bener bener perlu wkwkwkwk ...

7

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Sekarang gue punya 5 CC :D Dan jujur sama kayak slesta gue ga ngerasa harus musuhan sama CC asalkan pemakaian dan pembayarannya teratur.

1 CC annual fee-nya dibayar pake poin, ini yang limitnya paling besar dan gue rasa perlu untuk "pegangan" gue kalo lagi traveling. Untuk kebutuhan RT juga gue pake yang ini.
1 CC annual fee-nya dibayarin kantor dan lumayan banyak promo restorannya, makanya gue keep
1 CC annual fee-nya free seumur hidup, cuma gue bawa2 aja tanpa dipake. Just in case CC yang lain lagi error (kadang suka gitu kan).
1 CC untuk promo maskapai murah & bayar bensin, annual fee masih gratis
1 CC annual fee free lagi, paling banyak promo restonya dan biasanya gue pake ini untuk belanja pribadi.

Kalo ternyata ntar yang free itu harus bayar, ya pasti salah satu ada yang gue tutup sih, tinggal diliat aja mana yang kurang menguntungkan promonya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

8

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Ga nahan pengen komen.. jujur dulu gw dulu tuh tipikal yang ogahhh banged punya CC...mungkin krn lingkungan kantor yg sering dapet masalah dgn CC buat makin big No no sama barang yg satu ini. Pas gw baca salah satu thread di TUM jg dan finally gw ngerti, apply lah gw.. baru setahunan ini lah.. dan skrg gw jadi best friend bgt deh ama CC, nggak ngerepotin kantor utk minta advance dulu kl biz trip ke luar kota, tinggal pake trus reimburse kantor dan bayar lunas CC nya. so far gw jg enjoy redeem point belanjanya (bs ter record sgala blanjaannya).. krn ujung2nya pas lunasin jg jadi ngeh kmrn blanja apa ampe segitu...cuma again emang kudu disiplin yaa..strategi gw sih, kl yg utk belanja barang konsumtif such as baju,sepatu,makan di resto yg ga ada promosi CC nya, gw prefer pake debit card ajah..so far gw cari CC yg bebas iuran tahunan seumur hidup,byk promonya, dan pointnya bisa diambil dr belanja bulanan. Totally gw cuma punya 2 CC, dan ga niat nambah lagi dan itupun sistemnya kalo dipake artinya sebulan kemudian dilunasin

9

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Klo gw dulu justru TAKUT sama yang namanya CC karena ngga begitu ngerti cara kerjanya. Gw kan orangnya curigation, jadi suka mikir there must be a catch between this really nice credit offer...Karena ngga ngerti itulah gw lebih suka sama debit card karena tau jelas sisa uang gw ada berapa dan ngga musti pusing reconcile pemakaian CC udah berapa dan musti inget-inget bayar CCnya, jangan sampe lupa etc.

Nah pas udah kerja dan ada biztrip, baru deh ngerasa perlu karena pas check in ke hotel ditanyain CC..hehe. Yaudah gw baru deh usaha ngertiin cara kerjanya CC dan apply.

sekarang gw punya 1 cc atas nama gw dan 2 CC yang jadi tambahan CC suami. Semuanya dipake cuma untuk promo restoran atau diskonan lain. Emang suka menggoda ya klo pas lagi ada promo-promo dari toko baju favorit atau resto. Tapi gw dan suami memitigasi kebocoran dengan budget bulanan. Klo budget buat makan di luar atau belanja baju masih ada, trus kebetulan ada promo pake CC ya ALHAMDULILLAH, hihi. Klo budget udah abis, yaudah gigit jari aja liat promo-promo itu...haha.

dan karena ngga mau rugi kena interest, seluruh pemakaian CC bulanan langsung dibayar full begitu tagihan dateng.
oya salah satu kegunaan CC yang sangat berguna buat kita adalah one bill buat bayar telp, hp, listrik dan tv kabel. Gak usah pusing bayar satu-satu lagi deh.

metariza.com | mother of two |@metariza

10

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Gw kenal CC sejak kuliah, waktu itu dikasih CC tambahannya nyokap, pesan nyokap, pegang aja, siapa tahu butuh, kalau ada yang sakit atau ada apa-apa pas mama gak ada di rumah atau gak ada di Jakarta, soalnya waktu itu nyokap sering keluar kota dan di rumah gw ada opa dan oma... Gw sih takut buat pake, jadi kalau gak perlu ya gue gak pake. Gw juga diminta untuk bawa CC ini pas gw ditugaskan ke luar negeri. Setelah kerja dan akhirnya gw punya CC sendiri, gw kembaliin CC tambahan itu ke nyokap, tapi sama nyokap gak boleh, gw tetap harus disuruh pegang CC tambahan itu. Alasannya, limit CC baru gw kan gak gede, jadi kalo ada apa2, misalnya ada yang sakit, dan butuh DP gede, kamu pake CC tambahan itu. Oke, jadi CC tambahan itu tetap gw pegang. Karena gw jarang pakai CC gw sendiri, ya limit CC gw sendiri itu terbatas banget. Ternyata apa yang diomongin nyokap itu kejadian pas nyokap masuk RS, waktu itu harus DP gede banget, karena udah gak bisa masuk kamar yang biasa (masuk kamar Intermediate), nyokap gak punya asuransi kesehatan yang sistemnya tunjukin kartu bisa langsung masuk, dan harus DP 10 hari ke depan. Sebenarnya gw agak panik, karena DP itu di atas limit CC gw (gw gak bareng suami saat itu, jadi gak bisa pake 2 CC) dan gw gak bawa ATM tabungan gw, yg gw bawa cuma ATM buat cadangan dana sehari2 yang isinya sedikit. Ternyata gw inget2 lagi di dompet ada CC tambahan dari nyokap itu dan akhirnya gw pake itu buat bayar DP.
Setelah nyokap gw meninggal dan gw sedang membereskan semua administrasinya, salah satu yang gw lakukan adalah menutup CC utama nyokap. Ternyata CC tambahan juga langsung ikut ketutup dan karena di CC itu ada tempelan asuransi, yang kalau pemilik kartu meninggal dunia, utang dianggap lunas, jadilah DP RS itu dianggap lunas.
Setelah kejadian tersebut gw jadi mikir, pentingnya CC itu buat gw, setidaknya untuk kejadian2 darurat, seperti ke dokter, rumah sakit, dll. Apalagi karena di kantor gw sistemnya reimburse.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

11

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Sama ama Metariza, dulu takut ama CC, ngikut ama ortu yang konvensional: mending cash aja... Jadi kalo beli sesuatu yg agak pricey, nabung sedekade *lebay* baru bisa beli hihihi...
Pengakuan: baru punya CC thn 2005 hihihihi...
Itupun akhirnya bikin karna baru ngerti cara kerja CC dan bisa nyicil 0% juga, promo buat nonton, makan, belanja, dll. Cuman dari dulu yang diwanti2 ama Tofan: CC tuh buat pengganti uang sementara, jadi pas jatuh payment due date: harus dilunasin, jadinya terbiasa deh :)
Sekarang punya 4 tapi 2 ga diaktifin, keburu sebel ama CSnya hihihi...

Oia, sekalian nanya: perlu ga sih limit gede?
Karna kalo gw, justru minta limit yg biasa2 aja karna takut bablas, walo buat yang sering travelling mayan juga sih ya daripada pake cash...

Reborn since El was born
@inicrey

12

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Gw punya 2 CC dengan limit yang mayan.. Tujuannya waktu apply dulu sih buat emergency dan buat jaga2 kalo lg pergi ke LN..
Semenjak makin banyak promo yang related dengan CC sempat juga tergoda buat nambah CC.. Tp syukurnya gw married dengan suami yang punya 7 CC hahaha.. Jd gw ga perlu apply2 lagi :p (mertua gw bahkan punya 12 CC .. Semuanya tanpa masalah )
So far sih amat sangat terbantu dengan CC ini.. Praktis, semua transaksi ter-record, sering dapet promo.. Alhamdulillah belum pernah kena jebakan bunga, karena apa yang gw gesek itu gw tau kalau sbenernya gw punya enouh cash buat bayarnya :D

Enjoying Motherhood

13

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

crey kalo aku limit cc maksimal sebesar gaji sebulan, kalopun ditawarin naikin limit aku tolak, soalnya takut bablas n g bs ngelunasin hehehe. So far itupun ud lebih dari cukup, paling aku pake setengah dr limit aja....

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

14

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Crey,
gw justru takut limit gede-gede...kadang bank suka inisiatif tinggi naikin limit kita. Bukannya takut kebablasan aja, tapi klo ada carding kan bete kenanya jadi gede. Gw sama suami sepakat yang limitnya gede cuma 1 CC aja, buat keperluan klo sampe biztrip/liburan ke luar negri buat bayar hotel kan lumayan gede atau buat belanja selama liburan/biztrip.

dengan alasan yang sama (takut sama cyber crime), klo belanja online pake CC (misal beli buku di amazon atau beli tiket pesawat) kita pake CC yang limitnya paling kecil dan cuma CC itu aja. biar gampang ngetrace-nya klo sampe ada yang ngebobol. *parno abis ya?*

metariza.com | mother of two |@metariza

15

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

metariza samaan dong, kalo buat belanja online pasti selalu pake CC dengan limit yg paling kecil heheh.

Crey, Menurutku penting untuk punya at least 1 CC dengan limit gede. Jaga2 untuk pengeluaran besar yg tak terduga. Contohnya di aku sih, biaya persalinan itu ditanggungnya sama kantor, bukan dari asuransi kantor. Jadi pasti sistemnya reimburse. Untunglah aku punya 1 CC yg berbaik hati naikin limit setiap 6bln sekali :D, jadi bisa buat bayar biaya rumah sakit waktu persalinan. Dan seperti metariza, juga suka buat bayar hotel kalo lagi liburan/ biz trip ke luar negeri.

Mommy of Khiara, Faza n Farah
@mamaarza

16

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

moms, mau tanya nih, CC keluaran bank mana ya yang paling flexible kalau di pakai buat trip ke LN, terutama europe gitu. Maklum saya si buta dari gua hantu untuk masalah CC ini.

Trus tips2 apa biar CC ga dibobol orang, soalnya ada temanku yg dulu suka iseng (tp dia ahli banget nih) bobol CC orang lain, tp dia sih milih korban2nya orang LN gitu.

17

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

indriani budi utami,
menurutku sih yg paling oke buat trip ke LN ya citibank (eh boleh nyebut bank gini enggak ya ?). so far pake ini aku+suami ga pernah ada masalah klo pas trip ke LN.
buat transaksi kyk amazon.com, booking online hotel dll yg di LN so far jg aman2 saja.

btw aku+suami termasuk yg pro CC, selama begitu tagihan datang lgs dibayar lunas. sekarang jg lebih praktis krn bisa one bill buat bayar2 tagihan2 spt pln,tv kabel,asuransi dll.

bunda shafa-hafiz-reefa

18

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

nyomot dari thread sebelah,

eka wrote:


Sama kayak slesta,
gw juga gak memusuhi CC, hanya penggunaannya yg diakalin.
jadi memang hanya pake 'keuntungannya'.
gw juga tetep seneng belanja pake CC, tapi berusaha untuk nyari smarter way-nya.
kayak pake kartu mandiri untuk belanja di hypermart, kartu citi untuk belanja di giant & isi bensin, bca card untuk makan di resto or ngopi di starbuck, dll. lumayan banget, malah kadang belanja gratisan krn redeem points.



gw pake 3 CC, tapi yg aktif cuma 2.
yang 1 hanya untuk jaga2 kalo yg 2 itu error ato kalo kepepet :p
dari 3 CC itu, 1 annual fee disubsidi kantor *melirik otty*, sedangkan yg 2 itu free annual fee thn pertama.
1 CC yg untuk jaga2 itu yg limitnya paling kecil, free annual fee juga dan bikin dalam rangka 'ditawarin temen' hihihi...

2 CC yg aktif itu fungsinya untuk 'lucu2an' buat bayar yg nominalnya kecil2 kayak ngopi2 atau makan di resto dan untuk belanja2 yg ada diskonan kalo pake CC itu.
sedangkan yg 1 lagi untuk yg 'seriusan' kayak beli tiket pesawat, bayar hotel, perjalanan ke luar negeri, dll yg jarang2/nominalnya agak besar.

Indriani,
kalo menurut gw sih CC yg dipake untuk 'seriusan' itu keluaran MasterCard. Visa juga bisa sih. Tapi gw lbh ngerasa nyaman dengan MasterCard. Kalo bank-nya gw pilih yg bisa diakses dari ATM, karena agak ribet juga kalo pas mau bayar harus datang langsung ke bank tertentu.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

19

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Sebenarnya apa sih bedanya yang Visa sama Mastercard? Trus kenapa lebih nyaman yang MasterCard?

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

20

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Duh gue lupa penjelasan beda antara Visa dan Mastercard, dulu pernah dijelasin sama temen gue. Intinya di Eropa lebih umum pake ... sedangkan di Asia lebih umum pake ... (asli lupa, takut ketuker euy). Katanya sih itu beda jaringan aja (entah apa maksudnya jaringan).

Tapi so far sih gue pergi2 ga masalah pake dua2nya. Mungkin slesta bisa ngasih penjelasan lagi?

yang selalu kangen sama si pipi gembil

21

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ngomong2 soal annual fee, sebenernya ada triknya untuk bisa selalu free. yang pasti kalo dapet surat dari CC, jangan dicuekin. make a point of checking trus kalo kenapa2, telpon ke cust servicenya dan tanya. soalnya kalo didiemin ini yang akhirnya bikin bank jadi ada late fee, interest charge, etc.

nah, kalo gue biasanya kalo ada annual fee yang di charge ke CC, gue langsung telpon dan bilang gue mau tutup aja. hari gini banyak kok bank2 laen yang mau nawarin kartu kredit. trus kalo dibilang mau nutup gitu pasti mereka akan nanya kenapa dan akhirnya paling gak annual fee nya dijadiin free. heheh.. kalo di spore sih ini hampir semua CC gue pasti gini. suami gue rajin nelponin begitu ada tagihan annual fee.

unfortunately sekarang di indonesia malah gue ga bisa begini. soalnya kalo mereka beneran mau nutup, gue emang bakal susah buat apply kartu kredit lagi karena gue gak tinggal di indonesia. tapi ya jadinya emang CC di indonesia gue cuma ada 1 biji sih. heheh..

indriani untuk kartu kredit di luar negeri, sebenernya apa aja selama itu visa dan mastercard bisa2 aja kok. dan emang sebaiknya sih kartu kreditnya keluaran dari bank asing kayak citibank, hsbc, stanchart, etc.

tips and trick supaya kartu kredit gak dibobolin orang, ya pake kartu kredit hanya di tempat2 yang jelas seperti di dept store, hotel, etc. sekarang kan semuanya udah pake sistem mesin dan chip. jadi sebaiknya hindari yang charge kartu kredit pake digesek (yang manual jaman dulu itu loh). trus ya itu, mesti selalu cek billingnya. liat pengeluarannya itu untuk kemana aja dan emang bener gak. kalo misalnya ada pengeluaran yang gak dikenal, langsung telpon aja soalnya itu termasuk fraud. harusnya credit cardnya bisa remove dari bill kita.

oiya satu lagi, credit card dari bank2 asing gitu sekarang udah canggih2 krn mereka punya fraud alert. jadi misalnya nih, kita jarang pake CC, trus kita pake dan dipake secara online. biasanya mereka akan telpon atau sms ato kirim email to make sure transaksi nya valid. jadi lebih proactive dan gak nunggu keluar di billingnya, in case ternyata emang beneran dipake orang. makanya emang sih sebaiknya pake kartu kredit bank asing dengan tujuan itu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Iya betul kata Otty, pernah dijelasin kalo ngga salah di europe lebih umum pake visa. sedangkan asia pake mastercard. cmiiw.

pengalaman pertama gue pake CC pas SMA, di kasih CC tambahan sama ortu gue. salah 1 prinsip ortu gue dulu kalo 1 anak di kasih fasilitas, berarti yang lain juga di kasih tambahan CC yg sama termasuk kakak2 gue. Gue pribadi sebenernya pake CC itu kalo mmg lg perlu aja. Sblm pakai jg pasti ijin dulu sama bokap. Prasaan masih aneh aja waktu itu sama yg nama nya kartu kredit dan belanja bisa gesek. Jadi untuk pake juga rada2 takut. Ngga lama setelah itu, CC gue di tarik lg sama bokap, ternyata kakak gue pake sembarangan buat beli onderdil mobil segala...jd gue kena imbasnya CC itu ditarik juga :( *sigh

Sekarang2 ini, gue punya 16 kartu kredit. Ngga tau knp, setiap di tawarin, gue ngga pernah nolak. Prinsip gue, selama gue bisa manage dan bisa bayar tepat waktu, knp ngga.. Yg gue khawatir adalah justru gmn kalo dompet gue ilang? Kebayang aja ribet nya mesti blokir-in 1-1. Jadi akhir nya, 2mggu yg lalu, gue sortir dan gue gunting2in, skrg sisa 6 aja :D

Gue jg baru tau ternyata mau nutup kartu kredit itu ribet yaa.. telp call center, disuruh nunggu nya lama benerrr dan jd ngerasa dipersulit..

Ninay & Java's Mamma
@yuvitedjo

23

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Gue pake cc yang ada promo2nya. Misal, belanja di supermarket X dapet cashback 5% dari total belanja. Setelah gue itung2, cashback dari total belanja bulanan gue masih lebih besar dr biaya annual fee-nya, berarti menurut gue masih menguntungkan. Bener gak pemikiran gue ini? Ini sih pikiran bego2nya gue aja. :p soalnya sebenernya gak ngerti2 amat ttg cc.

Trus cc gue dan suami gak ada yg sama, biar kalo makan dapet kesempatan banyak promo, hehe. Pokoknya selama ini alhamdulillah selalu konsisten bayarnya, semua tagihan yg rutin, (kaya listrik, air, groceries, telepon, hp, tv, internet) itu autodebit dari 1 rekening sebelum jatuh tempo. Untuk promo2 cicilan yg seneng2 misal makan, belanja, kita harus disiplin transfer uang cicilan tsb dr rekening yg memang rekening untuk alokasi biaya "senang2" ke rekening yg akan di-autodebit (rekening pengeluaran bulanan)

Pokonya pemahaman gue gak secanggih sLesTa deh.. Gue aja baca postnya sLesta musti berulang2 biar agak mudeng. Hehehe, yg gue tau pokoknya harus dibayar tepat waktu.. Mau dong belajar banyak ttg cc yg bisa menguntungkan kita. ;)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

24

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

otty, yuvitedjo sebenernya mastercard itu lebih accepted globally, sedangkan visa itu lebih umum dipake di US. jadi asia & eropa emang lebih banyak pake mastercard. citibank adalah the largest issuer of mastercard, sedangkan visa lebih banyak di issue oleh bank of america.

tapi sebenernya keduanya ga ada yang beda. yang beda hanya mereka 2 perusahaan yang berbeda. tapi rates, etc. semuanya sama kok. cuma mungkin yang ngebedain itu dari marketing dan advertisement. mastercard ads nya lebih keren daripada visa, makanya mastercard lebih ngetop globally daripada visa :)

just fun facts (yang mungkin udah pada tau). cara ngebedain visa dan mastercard itu diliat dari nomer kartunya. kalo dimulai dengan angka 4 berarti itu keluaran visa. kalo dengan angka 5 berarti punya nya mastercard. sedangkan angka 3 miliknya amex.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

slesta iya biasanya cm thn pertama aja yg free annual fee jd pas thn kedua aku bilang mau ditutup aja trus akhirnya dikasih free lg d begitu seterusnya akhirnya sampe skr g kena annual fee hehehe

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang