1

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mia nah itu dia. makanya aneh kok ada bank yang maen kirim CC dan udah aktif. mesti dilaporin tuh kalo ada yang begitu deh.

heheh baca ceritanya mia jadi nambahin tips deh. kalo berani punya kartu kredit emang mesti dipake. kalo cuma punya2an untuk emergency, sebaiknya tetap dipake 1-2 kali, soalnya kalo ga gitu tar bakal lupa.

kalo emang bener2 gak pengen punya CC ato ga bakal dipake, ya mendingan ga usah punya aja, daripada tar lupa2 gitu, malah ribet urusannya.

bunnia eh pertanyaan apa yang belom terjawab?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

slesta bener banget! harus dipake, walo cuma seratus ribu doang seengganya inget kalo punya utang hehehe jadi keingetan bayar :D :D

~Aysha's mom~

3

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

bunnia - ih, mahal amat tiap bulan di-charge? kalo gue sih, bakal telpon ke CCnya nanyain ini charge apaan... bisa diwaive apa engga, etc etc.

trus, soal ngancem, coba aja ngancem... bilang aja, kalo ga bisa di-waive fee-nya, saya cancel aja deh, soalnya kemaren dapet tawaran dari bank lain yang kebetulan lebih bagus... (apa kek, bluffing2 dikit).

kalo ga bisa diwaive juga, ya ga usah dicancel aja.... tutup telponnya, hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

thalia, bunnia kalo gak salah emang ada salah satu kartu kredit keluaran bank lokal di indonesia yang charge fee nya itu per bulan. ini cara mereka supaya ga ada yang minta free annual fee. tapi jadinya misalnya feenya itu setahun 300rb, nah ama bank ini di charge tiap bulan 25rb. karena per bulannya kecil banget, kadang kita ga sadar kalo ada charge ini tiap bulan, apalagi kalo tiap bulan selalu dipake.

gue juga baru tau ttg ini krn kemaren dikasih tau ama temen gue. gue ga punya kartu kredit bank ini makanya ga tau. dan mayan kaget ada yang ngecharge dengan cara per bulan gitu. licik ya? hihi.. tapi pinter juga.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

sLesTa - oalah, aneh2 aja usaha buat nyelipinnya. tapi tetep bisa diminta buat di-waive kan?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

slesta setau aku g cuma satu, banyak malah bank yg annual fee-nya dibebankan bulanan... Aku sering tuh dpt tawaran, tiap bln cm bayar segini kok bu..aku itung2 kalo setaun gede jg....Emang cara gaet nasabah pake trik macem 2 siy hehehe

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

7

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mrs tody oh ada lagi yang laen ya. soalnya waktu itu dikasih tau ada satu bank lokal gitu, ga tau kalo ada bank lokal lain juga.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

thalia Bank itu ga bisa minta free, gue sempet bete gara2 apa gitu lupa akhirnya gue minta tutup aja sekalian. Dan memang mereka dengan santai bilang "maaf kita ga ada program free buat monthly fee" :p

Dulu bank ini sempet ngeluarin program free annual fee seumur hidup sekitar 3 taun yang lalu, pas mereka lagi ulang taun ke berapa gitu dan cuma untuk permohonan yang disetujui di bulan itu - soalnya dulu temen gue kerja di sana dan dia nawarin makanya gue inget.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

sebenarnya benefit buat bank dengan memberi kita CC apa?
gencar banget kasih promo, gencar banget minta kita apply, ampe rela kasih hadiah dan poin. terus kita mintanya free annual fee melulu...
maaf kalo pertanyaannya dodol. :D

??Dianara??

10

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mrstody, sLesTa, thalia aduh, gue jadi merasa tertipu nih :'(
walaupun sebenernya cc ini ngasih cashback kalo gue belanja di suatu supermarket gitu, di mana gue selalu belanja bulanan di situ, dan cashback-nya nutupin monthly fee-nya itu. tapi tetep aja ngerasa rugi jadinya setelah baca2 thread ini.

coba deh akan gue telpon minta di-waive.

Tapi heran, banyak banget juga loh yang pake cc bank itu, menyebalkan juga ya..

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

11

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Mamas, kalo nama bank yang ngluarin CCnya disebutin aja gimana (dengan beberapa huruf disensor)?
Biar saya dan mamas lain yang belum punya CC bisa lebih aware kedepannya kalau berencana apply CC :D

metariza
Kakak iparku yg kebetulan kerja di bank bagian credit approval sering ngingetin aku masalah Sistem Informasi Debitur (SID) dari BI. Karena banyak nasabahnya yg mau ngajuin KPR sering kepentok karena namanya muncul di blacklist BI. Bahkan untuk tunggakan 200rb aja bisa jadi 5 star blacklist.
Waktu itu sih kasusnya sepele, salah satu nasabahnya ada yg menolak bayar annual fee krn dia ngerasa masih dapet hak free annual fee. Kemudian tagihannya didiemin aja. Dan masalahnya baru muncul ketika dia mau ngajuin KPR dan gak di approve krn udah di blacklist.

namila
Bisa jadi CC itu free annual fee selamanya tp ngecharge interest yg gede banget.
Kalau pengen bukti hitam di atas putihnya minta ke CSnya aja. Pasti ada lah secarik kertas yg menjelaskan CC #... atas nama.... free annual fee selamanya

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

12

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

rika79
interest CC tuh gede loh..
dan mereka bisa menarik keuntungan yang amat sangat banyaaaaak :D

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

13

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

thalia

Maap pertanyaan amatir bgt - di waive itu diapain yah? :)

Mother of Universe

14

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

koeliz wrote:
thalia

Maap pertanyaan amatir bgt - di waive itu diapain yah? :)


maksudnya dilepasin, direlain, alias dihilangkan :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

15

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

IKutan yaa..

Sama..gua belum lama pegang CC. Karena menurut gue CC adalah Kartu Utang. Sementara, gue sejak kecil diajarin untuk tidak pernah ngutang, dan jangan ngutangin orang. Aslik. Daripada ngutangin disekolah-kuliah dulu, gue mending ngasih. Gaya ya? :)
ANyway..beneran..gue dulu anti CC, karena gue ga mau ngutang. Kalo ada uang beli, kalo ga mampu ya ga beli.
Punya CC pertama soalnya kartu tambahan suami. Ngendon di dompet setaun. Dan CC pertama atas nama sendiri, dibuat hanya karena, mau irit :P. Tiap nonton ama pacar+suami, suka iri sama orang yang ada diantrian CC ama ada program Buy 1 Get 1 buat nonton di 21 ama XXI, ama bisa upgrade size di St*rbu*ks. Hehehhe. Kebetulan nasabah bank itu juga, apply, approved.
Dan akhirnya buka mata, kalo lagi ke mall, cari makan, cari yang ada promo diskon 30-50% pake CC yang kita punya.
Dan alhamdulillah, gue+suami sama prinsipnya. Ga mau utang. Jadi begitu ada tagihan, pasti dilunasin.

Kalo mo ngomongin pros and cons, berikut dari sisi gue :
1. Kalo lagi entertain klien..atau ngajak makan calon partner dan segala hal yang berhubungan ama kantor kalo dulu biasanya kan pake uang cash sendiri, ntar di reimburse, kan saldo ATM berkurang tuh, mana baru dibayar pas gajian.
Nha, kalo pake CC, duit kita aman, yang bayar langsung kantor, kasih aja slipnya.
2. Promo2 yang ditawarin dengan beberapa merchant sangat menguntungkan, so..make sure..cari CC yang ada promonya sama kegiatan/tempat yang sering dikerjain/datengin, contohnya : diskon beli makanan, cashback, diskon masuk tempat2 bermain anak (penting buat emak emak )
3. Ngejaga cashflow juga. Kalo ujug2 amit2, kudu masuk RS, baik dicover ato nggak sama kantor, duit yang kita kluarin buat bayar semua biaya perawatan obat2an dan lain lain, ya bisa dicicil. Ga harus blek dibayar ama seluruh tabungan kita.
Ya, ga hanya RS sih,kalo mo beli TV baru, beli Kulkas, hehhe..biar tetep bisa piknik, cari yang free installment, atau bunga 0% setaun, barangnya dapet, dan ga perlu convert dari makan daging ke ikan asin :P
4. Beli apps di IStore, sama booking ticket pesawat :)
5. Buat check-in di hotel.
6. lupa..apa lagi ya.

Cons nya :
1. Jebakan Batman, seolah olah punya duit ga terbatas.
2. Resiko disalahgunakan / fraud
3. Iuran bulanan yang ga ketauan.

So, CC uda bukan musuh gue, tapi jadi sobat gue ama suami. :)

Boleh share ga CC dan promonya? KAlo ga boleh didelete aja ya mod :D

1. BC* > buy1get1 nonton di 21,
buy1get1 di st*rbu*ks (promo khusus), dan upgrade size (promo tetap)
2. CIMBNi*g* > diskon 30% di resto2 setiabudione ama PIM, ada poincintanya diredeem ama barang.
3. BN* > kalo lagi diskon matahari, buset dah!
4. Meg*Vi*a > COffebean, dan resto2 PIM dll.
5. Cit*ba*k, St*nch*at > cashback di pombensin.

itu yg gua tau yaa.. :D

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

16

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

rika79 wrote:
sebenarnya benefit buat bank dengan memberi kita CC apa?


kalau menurut aku sih, benefitnya ada pd kebanyakan orang yg menggunakan cc-nya betul2 untuk fungsi kreditnya (tagihan gak dibayar lunas). dari situ bank ngambil interest yg gede bangettt..= income buat bank
makanya, kita yg harus 'lebih pinter' dari bank. yaitu dg pemakaian cc yg terkendali dan bertanggung jawab.

17

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

fanny, rika79 hihi sebenernya it's more than that. in accounting system, when a bank give a loan (in terms of loan or credit card), it's called an asset from their POV. and they can collect interest on it. so banks issued a credit card, actually they loan the 'money' to the credit card companies to finance the charges of transactions done by the customers (us). sementara credit card companies, ngecharge ke merchants plus ada yang namanya interchange fees. jadi setiap kita pake kartu kredit itu, sebenernya merchant di charge sekitar 1%-4%, tergantung dari credit card companies nya (mastercard, visa, amex). makanya inget kan dulu di awal2 sering banget toko tuh kalo kita bayar pake CC, mereka bakal charge kita 2%-3% supaya ngecover fee yang mesti mereka bayarin ke credit card companies. jadi mereka bisa terima full. nah makin kesini makin jarang yang ngecharge, karena merchants udah include itu di pricing barang mereka.

nah the bigger a bank issued a loan to credit card companies, the bigger their assets so that means the bigger they are worth (on paper). and notice, ketika mereka 'loan the money' itu sebenernya mereka ga bener2 ngeluarin duit kan? karena toh akan dibayarin ama customersnya itu utang ke merchant. tapi mereka dapet bayarin tiap ada transaksi for the sake that they are the issuer of the credit card where they've done their job to check the credit history of the customers before they issue the credit card.

walopun fees dari credit card owners (kita2 ini) juga termasuk dalam scheme income mereka. dan bener kata fanny makanya kita mesti pinter2 untuk manage supaya kita ga kena charge fees dan interest yang gede itu.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ibu ibu..mau tanya dong..krn basic gue bukan banking..gini neh kok dsini pada punya CC lebih dr 1 ya, emg bisa?setau aku di indo kan ada BI checking..yang mengijinkan 1 orang maximal punya 2 CC, apa peraturan nya dah ganti ya?maaf kalo ga nge-update..
kalo ditanya apakah sudah punya CC ato blm, yg pasti aku n suami sebisa mungkin ngehindarin penawaran CC..bukan krn takut ga bisa byr cicilan seh..tp krn takut boros aja n tergiur dgn diskon2..tp mikir2 kesini..butuh juga untuk tiket pesawat..krn aku n suami beda kota..ahh serba salah deh..bingung apply ato ga..

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

19

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mirip ama dinimaya..
Ada ga sih CC yang all in one ? tanpa annual fee, bunga rendah, banyak diskonan, bisa buat beli tiket pesawat & redeem mileage, & diterima banyak merchant... hehe..

Mother of Universe

20

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

taun kemaren 'jatuh miskin' gara2 kartu kredit karna kurang paham cara kerjanya. Hiks. Akhirnya, Alhamdulillah bulan ini bisa ngelunasin kartu kredit 2 biji dan Insya Allah mo belajar dari kesalahan kemaren2 dengan MAU BELAJAR soal CC di thread ini. Thanks mama yang udah pada sharing :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

21

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

@metariza: met, mau tau dong met CC yang pandu gak pake tapi tetep dicharge. Kemaren ada temen nawarin CC M*** karena gak tega aja liat marketingnya (mana temen lagi), dan memohon-mohon biar dapet point dan target dia, terpaksalah tuh isi form-nya. Dan berniat kalo CC ini diapprove dan dateng ke kantor pen langsung digunting biar gak tergoda makenya. Tapi kalo baca cerita dirimu, serem juga ya, ngerusak trade checking kita banget kalo bisa sampe di SID dapet kol 5 :(

22

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Mama2 yg ahli di bid cc,

Mau nanya sekalian minta saran nih.....
kalo misal mau "ngancem" cc biar free annual fee itu musti nunggu tagihan dateng ya? Trus gmn donk cr ngomongnya?
Soalnya aq pernah nih mau nutup cc pas tagihan annualfee dateng, trus disuruh bayar dulu tagihannya fee-nya baru boleh tutup, jadinya aq ga jadi tutup deh n tetep bayar annual fee-nya (oon bgt), trus pas mau tutup yg lain juga gitu, malah disuruh datang ke card centrenya, mbayangin bank yg cape antri itu aja uda males, ga jadi lagi deh tutup ccnya... Nah ini tar bulan mei annual fee mo dateng nih, musti siap2in kalimat2 yg tegas ni... Meski pernah kerja di bank, utk masalah2 beginian aq lumayan lemot deh (n tipikal susah nolak orgnya), n ga terlalu pinter dalam urusan ancam mengancam... Huhuhuhuhu lemah....... padahal kalo ngomel2 ke suami paling jago... :p )

Thanks ya

23

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

dinimaya gw lama kerja di bank tp kok ga inget ya ada peraturan max 2 credit card itu?

Imo mengenai SID,yg gw ingat 4-5 th yg lalu BI bikin aturan bahwa kalo ada customer yg telat bayar hrs lsg dimasukkin ke black list.Sebelumnya 3kali mangkir baru msk blacklist.

Nah tapi kalo cust melakukan pembayaran,itu akan di lift up kok..jd gak bad debt forever..makanya kalo punya CC/KTA jgn pernah telat bayar ;)

@medyratri

24

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

weh canggih2 amat deh pengetahuan mengenai cc nya ibu-ibu ini. Jadi melek cc juga niy :)

Just sharing experience. Jadi dulu niy aku punya temen deket semasa kuliah (dia udah kerja duluan), dan dulu dia pernah bilang mo apply cc tapi emergency contact person nya dia minta ijin pake alamat aku en nomer kontak aku. Secara temen deket, seingat aku aku iyain ajah gag pake pikir pusing. Lagiyan aku juga kan masih belia dan ranum gitu lho *ehh opo seehh* jadi gag ngerti blas yang namanya cc2an ini. Dan aku juga pernah liyat temen aku yg laen juga ada yg begitu, jadi gag ada pikiran curiga samsek.

Masalah terjadi, sewindu kemudian (yes...SEWINDU ibu-ibu) di kala eike udah beranak pinak dan udah lost contact samsek juga sama dia. Tau-tau rumahku ditelponin seseorang yg ngaku nyari si A ini dari bank H*B*. Dan dia nanya ke aku keberadaan si A karna utangnya sebesar puluhan juta (oemjiiii!!!) belum kunjung dibayar sampe detik itu juga. Shock dong...secara sapa yang ngutang trus kog aku yg disuruh bayar. Pas aku tanya kenapa ditagih ke aku, dia bilang mereka punya data contact person yg bisa dihubungi soal A ini adalah aku. Daaarrrrrrnnnn!!!!

Flashback deh ke taon2 sebelumnya, kedunguan dan kepolosan aku yg udah disalahgunakan. Debat kusirlah sama si pihak bank ini kalo aku gag ada hubungan sodara samsek sama si A, telepon selesai, back to my business. Aku pikir dengan penjelasan aku gag ada hubungan apapun dengan A dan udah lost contact begitu lama udah diterima dengan baik sama bank (yah emangnya bank sebego itu ya :p). Eh ya gag dooonggg...sakses aku ditelpon berkali-kali dan kali sampe bikin gengges orang serumah. Untungnya masih dalam tarap sopan santun walopun nyecer.

Aku juga sempet naik pitam. Strategi terakhir aku inisiatip langsung telpon ke pihak penerbit cc nya untuk klarifikasi dan komplein pencemaran nama baik (sok seleb dong kitaaa :p). Aku juga bilang silahkan lihat debt track record aku kalo emang gag percaya. I'm clean and I have nothing to do with that bast***'s debt. Ya pokonya setel Jerry Maguire mode lah. Sempet siy ngotot2 juga pihak banknya, tapi semenjak itu alhasil mereka udah gag nelpon2 edan lagih.

Lesson learned, ogaaaahhhh namaku dipake sama siapapun (apalagi dalam hal berhutang) meski itu orang yang cukup deket sekalipun.

Pertanyaannya, kira-kira ni urusan udah selesai apa aku perlu reconfirm balik ya ke pihak H*B*nya? Males banged kan tau-tau dikirain udah selesai, eh ternyata ada lagih ntar yang bikin pingin pasang kuda-kuda Thai boxing :)

Desperately want to be 'Emak Asik' for her children
Suka nyampah di @ http://meettheprabandono.blogspot.com

25

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Indahprabandono,setau gw bank yg lo maksud itu punya cs khusus cc,mungkin kalo mo aman dan ada waktu, bisa dtg dan komplain lsg. Jadi at least kalo ada gangguan lg,lo bisa explain kalo udh ketemu lsg ama csnya yg namanya si 'a' misalnya.

Gw sendiripun terganggu dgn ulah debt coll yg nagih hutang yg BUKAN hutang gw.Parah bgt :( Nanti deh kapan2 gw share. Selain emosi jiwa kalo inget2, ntar bisa disemprit krn oot juga :p

@medyratri