1

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

CC punya dari bank N*aga, tadinya ga mau, karena buat suami "haram hukumnya" bayar pake CC :D, tapi karena harus (fasilitas yg nempel di KPR g kita pake), plus katanya free annual fee, jd ya sudahlah. akhirnya kepake buat aktivasi account paypal, tapi tetep ga pernah ada tagihan ke CC, hehe. oya, waktu perjanjian awal, katanya free annual fee selama 2 tahun, tapi ternyata dah lebih 2 tahun dapet free annual fee seumur hidup, ga tau kenapa alasannya, ato pernah dijelasin tapi akunya lupa :P. yg ga enaknya emang kalo ditelponin penawaran fasilitas2 gitu, jdlah no telp ga terdaftar di kontak hp yang dicurigai dari marketing CC ga diangkat, e, pernah nelpon ke kantor, dah deg2an kirain ada tagihan apa, ternyata engga, cuma mo promo aja, heu :(

bunda cacha dan hafidz

2

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

fabsfashion wrote:
peachmargarita
itu promo2 segala macem jebakan batmen deh buat gue
enak2 keseringan pake CC buat promo makan di resto, pdhl sbnr nya ga pgn2 banget makan disitu cuma karena promo 50% jadilah makan disitu hehe
tau2 pas dateng tagihan bikin bangkrut juga ya

eh tapi ya gue tuh agak kesel ama H*B*. suami punya CC nya, trus ya astaganaga boneng gue ditelp mulu promo product2 nya mereka. dari mulai KTA sampe berbagai macam tabungan. sampe ganti no hp, ditelp ke rmh mertua tiap hari. mertua gue kesel trus blg "emang anak saya punya utang apa?kok nelp tiap hari?"

dipikir2 kasian si yang bagian nelp2 orang itu pasti sering kena semprot ya :p


Gyahaha si bank H itu sama bener ya, emak gue tiappppppppp harrriii ditelponinnnnnnn...disuruh2 belanja promo ini itu, eh giliran pernah sekali telat bayar 1 hari aja diterornya makjeng!

*jadi makin ga pengen punya cc*

3

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Gue pernah lho ditawarin KTA dari bank H itu seriiiiing banget, dan tiap ditawarin selalu gue bilang "maaf mas, saya belum berminat, tolong jangan telfon saya lagi" yang tentunya dicuekin sama mereka. Setelah telfon ke-5x dalam 1 minggu, akhirnya gue bete dan gue langsung nyerocos "mas tau ga, ini udah telfon ke-5 dan saya udah bilang berkali2 untuk berenti nelfon saya, tolong remove nama saya dari daftar promo KTA" dan akhirnya dia jiper. Abis itu kalo ga salah gue ngurus ke call center untuk nge-remove nama gue dari daftar kontak promo, dan sekarang hidup gue jadi lebih tenang :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil

4

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

otty eh.. bisa yah kayak gitu? tapi kalau kita juga pemegang CCnya mungkin gak bisa kali yah? Kalo emang bisa mah gw juga mau nomer gw dihilangin dari contact number promotion mereka. Ngeselin banget euy...

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

5

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

rachanlie Di gue bisa sih, itu kan CC atas nama gue. Emang suka keterlaluan sih promo2 itu, kadang juga gue biarin mereka ngomong sama angin abisnya udah gue tolak baik2 tetep nyerocos. Gue tau sih mereka juga nyari uang, kerja, tapi kan ga bener juga kalo sampe ngeganggu gue kerja.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

6

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Ehhh emberan, mereka kalo nelpon tuh amat sangattt pemaksaan :D

Gue sih skrg kalo ditelp buru2 aja bilang "MAAP SAYA TIDAK TERTARIK" plek tutup telpon. Rasanya emang gue kejem dan ga etis yah tapi mereka juga ga etis, kan unwanted calls :(

Kadang2 pengen juga sih punya cc, beneran kadang2 gue suka mikir, ga punya cc tuh agak ribet ya, ga bisa beli2 promo online / airline, beli domain + hosting selalu minjem emak gue, tapi pada saat yg bersamaan, gue memang ga mau punya cc.

Sedikit cerita, tahun lalu gue punya AE kantor namanya R. Si R ini seumur gue, at that time gue gaji dia 3.5 juta plus komisi kalo berhasil mendapat project.

Si R ini tuh awalnya keliatan jetsetter banget, necis dllsb, motornya motor gaul modif, dan HPnya lebih keren dari HP gue hahaha. Gue cuma punya Nokia e61 dulu sblm punya BB Bold 9000.

Terusss, si R ini mendadak mau minjem duit ke gue, sebesar 15 juta. Gue ga kasih karena dia baru kerja di gue sebentar, belom juga dua bulan udah mau minjem duit aje. Ga ada bond / jaminannya pulak.

Gue tanya buat apa, katanya "Buat bayar kartu kredit Bu..." Haaahh? Diikuti dengan segala cerita sok2 memelas bahwa katanya kartu kreditnya dipake oleh mantan pacarnya untuk bayar rumah sakit dan ga pernah dibayar balik...saat itu gue agak kesian dan mikir mungkin bisa dipinjemin setengahnya kali ya sekitar 7.5 jutaan gitu.

Tapi suami gue yang juga partner utama gue di company kita, menolak tegas, kata dia, utang kartu kredit itu kita ga pernah tau buat apa ya...dan juga orang ini baru kerja sebentar di kita jadi kita juga belom bisa trust dia.

Singkat cerita, ni orang kerja di gue total 7 bulan ya. Selama itu dia gajinya habis buat nyicil utang + bunga kartu2 kreditnya yg bermacam2.

Trus sempet pula diwarnai kejadian ga menyenangkan, jadi gue kan sebagai bos yang baik ngebeliin dia BB Gemini, akhir bulan Mei, supaya dia bisa lebih enak kontak klien. Bokk, BBnya dibeliin Jumat, hari Seninnya dia ngaku ke gue tuh BB dicuri pas dia lagi nginep di Puncak, katanya sekeluarga HPnya dicuri semua. Anehnya, pas gue minta balik kotak / dus + charger, handset dll, dia bilang "ikut dicuri", nahhh aneh kan, dicuri kok sama kotak2 dan charger + perlengkapannya segala. Gue mulai curiga.

Akhir Juni nih orang resign, dan gajinya gue potong untuk ngeganti BB yang ilang.

Habis itu dia neror2 gue berusaha minta duit karena ternyata duitnya kurang buat bayar cicilan2 kartu kreditnya, dan marah2 ga jelas buntutnya ngaku kalo dia ngerasa gaji di gue kekecilan, dan BB itu yang dia bilang "ilang" ternyata bukan ilang, dia gadai / jual ke orang buat nombok utang kartu kreditnya.

Sampe 6 bulan setelah tu orang resign, kantor gue masih suka ditelponin debt collector bahkan ampe didatengin oleh beberapa orang yang ternyata diutangin sama nih orang, dan ngasih alamat kartu kredit ke kantor gue pulak, plus ngaku2 bahwa kantor gue itu milik keluarganya dan gue ibunya -_-

Total utang kartu kredit dia itu sekitar 30 jutaan lebih ya kalo dari gue itung2 karena setiap debt collector nelpon gue ditagih2, gue bilang aja tuh orang udah resign dan kantor ini punya gue bukan punya ortu dia! Capede.

Selain utang kartu kredit + bunga2 itu, dia juga ngutang ke banyak orang sebesar 20 jutaan juga.

See, mengerikan sekali ya jerat kartu kredit ini.

Sejak itu gue gak pengen apply2 lagi meski kadang2 masih menyimpan ketergodaan latah pengen promo2 resto :D

7

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

kartu kredit enaknya banyak promo ditambah fasilitas2 buat d airport.. tapi kl ga bs nahan diri tagihannya bs bengkak gara2 promo di mana-mana..
pake kartu kredit bisa2 tambah boros.. krn ga krasa diskon2 trus bayarnya cm tanda tangan..hehe

8

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Telat banget nih baru gabung, penasaran mau apply CC karena mulai merasa perlu jika ada keperluan darurat, dulu sebelum nikah pernah punya CC tambahan B*A dari ortu, tapi karena cuma pemberian, ga pernah tahu cara kerjanya CC, tp sekarang udah ditutup karena CC karena ortu ngerasa gedeanadminnya daripada pemakaiannya, jadi CC saya ditutup.

Sudah khatam baca thread ini, dan mudah-mudahan moms disini masih ada yang mantengin yaa :p

Sebenernya saya termasuk yang pro untuk CC, hanya saja, belum berani ngajuin karena dulu takut tergiur :p, tapi sekarang sudah diniatin banget cuma dipakai untuk keperluan darurat.

Hmm mungkin gak ya jika pemakain CC dibawah 1juta, minta free annual fee :D dengan limit yang juga ga gede-gede banget. Trus bisa ga ya minta free fee annual fee nya di awal pembuatan CC, dengan alasan bakal jarang dipake hehehe (alasan yg lebih oke ga kepikiran nih)

*Colek mom slesta and moms lainnya yang expert dengan CC :D

It takes a village to raise a child-African proverb

9

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

MrsLazuardi sekarang kan banyak loh promo cc yang free annual fee seumur hidup tanpa syarat apa2 selama pengajuan kartunya disetujui. aq ajah pake cc 3 semuanya free annual fee seumur hidup dan jarang banget dipake. hehee

Cherry Riandiana

10

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Mom cherry
Boleh sebut merk ga? :D
Sudah berapa lama pakai CC yg free annual fee seumur hidup?Sama sekali ga ditagih tuh ya annual fee nya?

It takes a village to raise a child-African proverb

11

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mrs lazuardi justru yah kalo mau apply CC trus bilang minta free annual fee karena jarang dipake, malah di charge dong. karena ya rugi bank nya udah ngasih free annual fee trus jarang dipake heheh..

on the other hand, bener juga kata cherry sekarang banyak kok CC yang nawarin free annual fee, jadi ga perlu pake bilang2 bakal jarang dipake. bilang aja ga mau apply kalo gak free :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

MrsLazuardi boleh sebut merk ya, aq bukan sales cc ko ibu moderator... so far yg gratis itu cimb niaga (promo dua tahun lalu sekitar 2009), mandiri (promo agustus 2011), bri (promo maret 2012) trus lg ditawarin permata shopping card free jg.. sama sekali gak ada tagihan annual fee nya hehee... kalo ada ya tak tutup aja, orang jarang dipake.
Promo itu ada yg aq kebeneran dapet lagi di mall ada juga di telp, tp menurut mereka promonya gak sepanjang tahun.

Cherry Riandiana

13

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

@slesta hehehe iya nih masi awam bgt sama CC dulu cuma terima jadi :p siip de ga bilang2 sama CSnya huehehe

@cherry wah bisa sewaktu-waktu berubah ga ya tuh, tanpa pemberitahuan, tiba-tiba ada tagihan gitu.. Waktu itu dijanjiinnya memang free fee annual fee seumur hidup ya? Atau free-nya ada jangka waktunya?

It takes a village to raise a child-African proverb

14

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Sebetulnya gue sampe sekarang masih cukup fren sama kartu kredit, alhamdulillah ga ada masalah apa2. Mungkin karena gue nyadar diri, walopun gue belanja tinggal gesek tapi otak gue juga ngitung kira2 berapa yang udah dipake. Jadi kalo udah lebih dari kemampuan gue ya ga bakal gue gesek tuh kartu.

Lagian sebetulnya kartu kredit gue dipakenya buat itu2 doang. Kartu ini buat bensin, kartu itu buat makan2 diskon, kartu yang lain buat bayar tagihan askes, jadi sebetulnya pemakaian tiap kartu segitu2 aja. Ada juga kartu yang limitnya paling kecil, itu yang gue daftarin buat paypal supaya kalo kartu gue disalahgunakan kerugiannya ga banyak (mudah2an jangan kejadian).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

15

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Mom Otty diriku email via TUM ke dirimu mom, sudah terima belum ya hehehe, kirain kalau saya post disini, ga kebaca, krn udah lama bgt threadnya :D
Sekalian mau tanya nih Mom Otty, kalau ga salah CC mom ada yg subsidi kantor ya annual fee nya? Itu krn kantornya yg kerjasama dgn bank penerbit, atau mom kerja di bank tsb? Thanks Mom Otty :)

It takes a village to raise a child-African proverb

16

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

mrslazuardi Oiya udah dibales ya. Yang annual fee dibayarin kantor itu karena itu memang ada di policy kantor, terserah kartu kredit apa aja dibayarin annual fee-nya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

17

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

MrsLazuardi selama ini gak pernah berubah ya selama ini, trus kalau berubah bilang ajah mau ditutup, karna perjanjian awalnya free annual fee. waktu itu dijanjiinnya free seumur hidup, klo free setaun aja sih semua cc di indo gt bkn rasanya..

Cherry Riandiana

18

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

sebagian besar cc di indo free anual free 1 tahun pertama. tapi tahun berikutnya biasanya bisa free juga kalau kita telp ke call center mereka.

??Dianara??

19

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Akhirnya katam baca tret ini. Koq pada gampang banget ya ngajuin CC? Malah tau2 dikirimin tanpa apply :p
Aku apply ke bank mandi sendiri dulu ditolak jadi males. Padahal dulu awalnya ditelfon2 dari mandiri kita direkomen, berarti ga ada masalah dgn black list kan ya? Perasaan juga ga pernah merasa minjem apa2 dari bank manapun. Cuman waktu dihubungin emang si cs banknya bukan ngomongin soal cc, eh malah nawarin asuransi axa mandiri! Heran deh, malem2 ada 3x telf. Aku sampe bilang ga minat, dan percakapan persuasif dimulai dari depan. Dan maksa banget!! Dan kaya Otty , aku diemin biar dia ngomong sama angin. Di telf2 lagi ga aku angkat. Ganggu banget!! Kemungkinan juga karena saldo di rekening ga cukup :p
Karena rekeningku di situ emang cuman transfer biaya hidup bulanan, I don't save ALL my money there lah yaw... Tapi baca2 pro-cons di sini jadi ngeri sama CC. keperluan cuman buat beli sepatu suami yg ga ada yg jual di indo,harus di amazondotcom, jadi ga punya niat ngredit. Udah paham sih,fungsinya utk alat pembayaran, kalo uangnya ga ada ya ga usah beli. Dan selama dibayar sebelum jatuh tempo ya ga akan ada masalah. Tinggal aku sadar diri masih suka ga disiplin waktu. Dikatain suami, "minjem CD aja telat2 koq balikinnya" *ketampar deh*
Jadi solusinya kalo mo pesen sepatu itu mending titip temen yg tinggal di LN en tungguin kapan ke indo yg entah taun apa, ato pinjem CC temen/sodara yg harus kudu langsung diganti biayanya. Kadang mikir misal liburan ke LN kayanya bakal helpful bgt ya nih CC. Cukup ngiler doang deh, sama mendisiplinkan diri dulu baru berani punya.

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

20

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Halo.. mau sharing. kalau aku punya 2 cc. yang satu dipake utk cicilan barang 0% dan 1 lagi dipake utk tagihan tv kabel, listrik etc, dan kebetulan krn limitnya lebih besar suka dipake suami dan gw kalau ada dinas yg harus nginep di hotel biar ga bawa uang cash banyak2. yang penting disiplin bayarnya dan bayarnya full bukan minimum payment. hehe..

21

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

IndriBracov..gw juga beberapa kali tuh ngalamin ditelp org nawarin CC yg maksa banget, udah gw jawab nggak mau, dia nanya, kenapa ngga mau?, gw bilang ya saya nggak mau aja, harus ya dijelasin detail?? hehehe..

Mama Faika..gw baruuu aja brusaha ngebiasain diri untuk selalu membayar tagihan CC full alias bukan minimum payment. Lagi mau belajar lebih hemat lagi, apalagi rasanya kebutuhan dan harga terus naik..jadi serem kalo gak jaga2 dan hati2..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Jadi dapet pencerahan CC di Indonesia. Sebelumnya karena sekolah di luar, aku pake cc juga dan memudahkan untuk transaksi, pesen2 online, dan poinnya bisa untuk cash back atau tuker reward barang hihi, enaknya waktu itu free annual fee lifetime.

Dari hasil browsing2 sementara, yang sekarang free annual fee (lifetime) baru n*ag* doank ya mamas.
Kalo ada info cc yang lagi promo free annual fee juga mohon infonya ya mamas. TIA.

23

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Hari ini pas break kantor, aku ke bank m*ndiri mau ngprint buku tabungan. Trus csnya nawarin promo cc free annual fee 3 tahun karena lagi ultah si bank. Karena free dan aku belum punya cc, jd aku apply aja hehe. Ntar dpt 2 kartu katanya, mastercard dan visa. Promonya sampai akhir bulan ini. Trus kata si csnya, "tar pas udah 3 taun, tutup aja mba :p". Yg berminat juga, tolong di cross check aja mamas. Gw tadi sampe berapa kali make sure ke si mba cs, "beneran free kan mba? No annual fee, no monthly fee?" sampe bosen kayanya gw tanya hehe.

24

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

Kabochacake, ktnya CC mandisendiri ini akan terus free annual fee asalkan ada tagihan listrik/telp/pam yg dibayar pake ini. Utk lebih jelasnya mgkn bisa lgsg tanya ma CSnya :)

bab ? atha ? kae ? nda

25

Topic: Credit Card: Pros vs. Cons

ndatha, wah kalo beneran gitu ya syukur deh mom, hehe, kalo listrik, air, telpon kayanya tiap bulan kan pasti bayar :D TFS